Bitcoin makin populer :: terutama setelah krisis ekonomi di Cyprus – mendadak banyak…

Bitcoin makin populer :: terutama setelah krisis ekonomi di Cyprus – mendadak banyak yang menarik uangnya dari bank, dan membeli Bitcoin sebagai gantinya. Nilai Bitcoin langsung melonjak drastis. 

US Treasury mulai memperhatikan Bitcoin, dan mulai mencari cara untuk me regulasinya. Bulan lalu, total nilai Bitcoin menembus US$ 1 Milyar. Makin banyak trader & vendor yang menerima pembayaran dengan Bitcoin. Jumlah transaksi Bitcoin naik 50x lipat dibanding 2 tahun yang lalu. 
Dan, mainstream media mulai membahas Bitcoin. 

Bagi banyak pihak, sifat "decentralized" Bitcoin adalah fiturnya yang paling menarik. Bitcoin bebas dari tirani pemerintah, karena, tidak ada institusi pusat yang menjalankannya. Semuanya dijalankan bersama-sama, cukup dengan menjalankan software Bitcoin di komputer masing-masing.

Salah satu contoh kasus paling menarik terkait soal ini adalah kisah E-gold.

Pendiri E-gold berusaha menyediakan alternatif dari mata uang biasa, yaitu  dengan membuat mata uang berbasis emas DAN online. Berbeda dengan koin emas, E-gold bisa transaksi non-fisik (ecommerce, cashless, wireless, dst)

Beberapa tahun kemudian, pemerintah Amerika memberangus E-gold, dan menjebloskan pendirinya ke penjara : http://www.forbes.com/sites/jonmatonis/2012/10/04/bitcoin-prevents-monetary-tyranny/

Yup, tindakan yang sangat semena-mena.

Nah, Bitcoin terbebas dari masalah ini, karena sifatnya yang "decentralized". Bitcoin adalah cryptocurrency, dan asalnya dari kita, untuk kita.

Bahasan yang agak teknis terkait soal ini bisa dibaca misalnya disini : http://www.americanbanker.com/bankthink/how-cryptocurrencies-could-upend-banks-monetary-role-1057597-1.html?zkPrintable=1&nopagination=1

Berikut ini adalah artikel ringkas mengenai beberapa aspek dari Bitcoin. Ditulis dalam bahasa yang cukup mudah dimengerti, namun tetap membahas Bitcoin secara cukup mendalam. 
Bagi yang tertarik dengan Bitcoin, saya bisa menyarankan untuk membaca artikel ini. Selamat membaca.

http://www.forbes.com/sites/timothylee/2013/04/07/four-reasons-bitcoin-is-worth-studying/

Four Reasons Bitcoin Is Worth Studying – Forbes
As Adam Ozimek points out Bitcoin has so far largely been greeted with eye-rolling by professional economists. One reason is that the cryptocurrency’s most enthusiastic advocates tend to subscribe to …

Post imported by Google+Blog for WordPress.

4 thoughts on “Bitcoin makin populer :: terutama setelah krisis ekonomi di Cyprus – mendadak banyak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *