Bahaya Obat Herbal

:: Tulisan yang sangat bagus, dan menjelaskan dengan gamblang berbagai kesalah pahaman seputar penobatan "herbal" dan "thibbun nabawi" : 

"Ada anak kawan saya sudah positif demam tifoid (tifus) menolak antibiotic karena zat kimia, tetap diobati herbal terus masuk kondisi memburuk… Akhirnya takdir Allah pun berlaku, ia wafat. Innalillah… "

"Barangsiapa berpraktik kedokteran padahal ia belum dikenal menguasai ilmu kedokteran, maka ia harus bertanggung jawab." 
(HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, an-Nasai)

"Apakah pengobatan modern itu mengandung zat kimia? Ya, tapi, herbal juga zat kimia.

Nasi, air, gula, kopi, susu, semua zat kimia. Yang penting obat modern itu halal, tidak mengandung zat-zat yang diharamkan. Bahkan pada obat modern, dosis, efek samping, reaksi alergi sudah diketahui

Tapi sebagian besar herbal tidak diketahui dosis, efek samping, reaksi alergi. Selalu dianggap aman dan dianggap bukan zat kimia…

Saya tidak anti herbal, setiap malam saya makan garlic (kapsul bawang putih). Tapi bila kena infeksi bakteri saya akan minum antibiotika.

…saya yakin penyebab kesembuhan saya bukan pada garlic atau antibiotika, hanya Allah yang menyembuhkan hamba-hamba-Nya" (melalui obat & ikhtiar tsb)

Pilih Resep Nabi atau Resep Dokter?
Pernahkah Anda dengar orang bicara seperti ini: “Mau pilih resep Nabi apa pilih resep dokter?”, “mau herbal apa obat kimia?”, “mau vaksin apa ASI eksklusif?”, dan lain-lain. Seolah kedua hal tersebut kontradiksi dan hanya boleh memilih salah satu. Ya hanya boleh salah satu pilihan saja. Begitukah Islam mengajarkan? Mengapa itu bisa terjadi? Ya tidak tahu kenapa. Tapi saya ingin bahas sedikit ke muara ilmu pengobatan ya.

Post imported by Google+Blog for WordPress.

80 thoughts on “Bahaya Obat Herbal

  1. ia obat herbal memang terkadang lebihbagus  bagi tubuh kita jika penggunaan dalam jangka waktu yang lama, pengaruhnya ke masing2  tubuh jugaberbeda. jadi buat teman2 yang ingin mengkonsumsiobat herbal baik untuk menjaga stamina atu untuk pengobatan harap di tes dulu ke tubuh kita yaitu dengan mengkonsumsinya dalam jumlah kecil, setelah beberapa kali, kalau memang terasa khasiatnya baru bisa digunakan seperti aturan. tapi untuk penyakit yang sudah parah atau kronis ja

  2. Pada akhirnya hanya dari Allah lah takdir datang, namun artikel ini menarik untuk di jadikan pertimbangan dalam memilih obat.
    Terimakasih gan.

  3. sebenarnya ane kurang setuju gan, menurut ane obat herbal gk semua nya punya zat kimia, ane sering makan obat” china gitu gan, sehat koq sekarang aja ane sehat sentosa gan, tapi mungkin ada juga yang gk cocok makan nih obat, jadi itu harus liat orangnya sesuai apa ngak gan

  4. Ini tulisan yang lama saya tunggu memoderasi dua kutup tersebut Pak. Kesehatan tidak bisa disandarkan pada satu atau dua hal saja, tetapi holistik.
    Ijin reshare ya Pak. Jazakallah.

  5. betul nih. sama kasusnya kayak temen saya, syukurlah belum sampe "lewat". jangan mentang2 dengan alasan ikut sunnah malah mempertaruhkan nyawa anak. bahasan takdir gak usah disini deh tempatnya.

  6. menurut saya kalau memang ingin mengkomsumsi obat herbal sebaiknya di coba dulu,rasakan perbedaan yang terjadi ataupun reaksi apa yang di lakukan oleh tubuh kita terhadap obat herbal tersebut.jika reaksinya bagus dan menimbulkan khasiat kenapa tidak dilanjutkan.tetapi kalo tidak cocok ya dihentikan.

  7. Obat herbal memang ampuh, hanya diperlukan kesabaran karena biasanya memakan waktu yg agak lama dibandingkan obat2an modern..thanks for sharing…

  8. setiap penyakit yang ada di muka bumi ini pasti ada obatnya dan yang kita lakukan adalah ikhtiar dan berdo’a sedangkan masalah kesembuhan ada di tangan alloh swt.terimakasih atas artikelnya! bagus dan menarik!

  9. sangat bermanfaat artikelnya mas…thanks ilmunya ditunggu artikel selanjutnya yg lbh ajib 😀

  10. Kesehatan memang mahal ya. di saat sakit, tentu orang akan mencoba berbagai macam cara agar bisa sehat. yg terpenting adalah kita bisa menjaga pola makan yg baik dan tidak makan sembarangan.

  11. kenapa bisa begitu pak, bukannya obat herbal sangat bagus untuk tubuh? saya jadi takut untuk mengonsumsi obat herbal

  12. Saya sepakat bahwa herbal juga zat kimia, bahkan oksigen pun kimia yaitu O2. Tidak semua herbal itu baik. Misalnya jengkol itu herbal, tapi kurang baik buat kesehatan. Daun ganja juga herbal…bahaya buat kesehatan.

  13. Wah ternyata Obat Herbal Juga berbahaya yach, wah jadi bingung mau minum obat apa kalo sakit….yach berserah saja dech ke Yang Maha Kuasa, BTW thanks for Artikelnya…salam Kenal

  14. kurangnya pengetahuan tentang obat-obatan dan lebih diperparah sugesti informasi ke pada pasien dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab . “Barangsiapa berpraktik kedokteran padahal ia belum dikenal menguasai ilmu kedokteran, maka ia harus bertanggung jawab.”
    (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, an-Nasai)

  15. herbal itu sebenarnya kan buat pencegahan penyakita, memang bisa untuk pengobatan namun perlu proses yang agak lama. klo kondisi sudah parah ya tetap harus gunakan yang kimia krn dia lebih cepat

  16. Cara konsumsi obat herbal yaitu coba dulu dengan kadar sedikit,setelah beberapa hari reaksinya makin bagus tambah kadarnya sesuai aturan ,sebaliknya bila tidak cocok jangan diteruskan

  17. Menggunakan obat herbal bagus selama sesuai dengan takaran dan sesuai dengan penggunaannya. Di masyarakat kita sering salah anggapan bahwa obat herbal tidak ada efek sampingnya, sehingga dikonsumsi tidak sesuai takaran dan penggunaannya.

  18. semua takdir tuhan, obat herbal bagus klo emang untuk pengobatan tetapi penggunaannya harus sesuai dosis dan kalau bisa jangan sampai ketergantungan dengan obat herbal tersebut kalau emang nggak bener-bener membutuhaknnya…trmks

    salam kunjungan good luck

  19. Berikut ini adalah informasi tentang Pengobatan Penyakit Radang Tenggorokan Ampuh secara aman dan alami dengan menggunakan obat penyakit radang tenggorokan ampuh gold-g yang tidak berbahaya bagi tubuh obat herbal jelly gamat gold-g adalah salah satu obat herbal yang dikemas dalam botol dengan tampilan zat cair kental menyerupai jelly yang terbuat dari bahan alami tradisional sehingga tidak menimbulkan dampak negatif bagi tubuh dalam penyembuhan penyakit dan obat ini telah diteliti oleh para ahli sebelumnya dan terbukti banyak mengandung zat-zat atau kandungan yang baik untuk tubuh dalam mencegah dan mengobati berbagai macam jenis penyakit mulai dari penyakit yang kronis ( Berat ) sampai dengan penyakit yang ringan dan obat ini tidak menimbulkan efek ketergantungan pada obat serta aman dikonsumsi oleh semua umur mulai dari orang tua,dewasa sampai dengan anak-anak.

  20. Hati hati juga terhadap pengobatan alternatif jangan sampai seperti
    saudara saya bukannya membaik malah sebaliknya.thanks pa sdh share

  21. Terima kasih gan atas informasinya, sudah beberapa hari ini saya mencari informasi ini, ini sungguh sangat membantu saya . mulai sekarang saya akan bookmark blog ini agar saya bisa kembali dan melihat informasi yang terbaru.
    mungkin agan atau pengunjung blog agan juga membutuh kan infomasi dari saya, silahkan liat artilek saya yang sangat Mohon kunjungi website kami
    http://www.168sdbet.com
    Terima kasih

  22. I say thank you to the makers of this article, this article contains very useful information for readers, especially my own smeua. I’m waiting for other information that is not less interesting.
    Good luck to you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *