7th Asia Green ICT Conference

:: Pagi ini saya hadir di acara konferensi GreenICT ke 7 di Denpasar, Bali. Diadakan di Hotel Kartika Plaza, acara ini dibuka oleh Bpk Bambang Heru Tjahjono, Dirjen Aplikasi Informatika, Kementrian Komunikasi dan Informatika.

GreenICT adalah gerakan yang menuntut industri TIK untuk lebih memperhatikan lingkungan. Dengan tujuan akhir menciptakan masyarakat pengguna TIK yang dampak lingkungannya kecil (low environmental footprint).

Tindakan pertama adalah mengurangi penggunaan energi oleh TIK itu sendiri. Sebagai contoh; Server menyumbangkan emisi karbon cukup besar, yaitu 23%

Tindakan kedua adalah memanfaatkan TIK untuk melakukan penghematan energi. Misalnya: implementasi paperless office, dst.

TIK menyebabkan emisi karbon sebesar 2,5% di tahun 2015. Diperkirakan akan naik menjadi 4% di tahun 2020, jika tidak dilakukan tindakan apapun.

Industri TIK diperkirakan mengkonsumsi sekitar 10% dari seluruh suplai listrik. Jumlah yang cukup besar & signifikan. Dan angka ini terus bertambah sekitar 10% setiap tahunnya.

Dikutip dari http://www.circleid.com/posts/20130409_ict_industry_soon_to_be_the_largest_source_co2_emissions/ dan http://rackforce.com/green_it.html :

Currently it is estimated that ICT consumes around 10% all electrical power growing at about 6-10% per year

the (ICT) industry is on the path to become the largest consumer of electricity and therefore one of the largest contributors of CO2.

New studies suggest that the growth in wireless networks could be the single largest component of that growth in CO2 emissions from the ICT sector.

Ya, ini info yang menarik – ternyata konsumsi listrik berbagai perangkat #wireless, seperti perangkat hotspot, BTS untuk handphone, dst; mengalahkan konsumsi listrik dari bahkan perangkat Server / datacenter.
Memang, setiap perangkat tersebut mungkin hanya sedikit mengkonsumsi listrik. Namun, karena jumlahnya ada banyak, dan terus bertambah banyak dengan cepat, maka ternyata konsumsi listriknya menjadi sangat signifikan.

Jadi, sekilas ini, ini adalah beberapa tindakan yang dapat menghasilkan pengurangan emisi karbon dari ICT dengan signifikan :

# Virtualisasi : mengurangi jumlah perangkat Server yang dibutuhkan.

# Solar-powered wireless devices : menggunakan panel surya sebagai sumber suplai listrik untuk perangkat-perangkat wireless.

# Menggunakan perangkat ICT yang lebih hemat listrik : kemarin saya membeli switch 1 Gbps merk TP-link, dan cukup surprise ketika menyadari bahwa switch tersebut hemat energi 🙂 Mari kita dukung yang seperti ini.

Tentu saja masih sangat banyak hal-hal lainnya yang juga bisa dilakukan. Di level kebijakan pemerintah, dampaknya juga bisa jauh lebih signifikan.

Konferensi ini cukup banyak memberikan perspektif dan wawasan bagi saya. Terimakasih banyak kita ucapkan kepada para penyelenggara & pembicara yang telah berbagi di acara ini.



Post imported by Google+Blog for WordPress.

121 thoughts on “7th Asia Green ICT Conference

  1. sy sangat terbantu dgn artikel ini, Terimakasih atas infonya gan
    sungguh sangat menarik dan bermanfaat
    salam kenal..

  2. server menyumbang emisi juga gan? Baru tau saya. Hehe. Mohon informasi lebih lanjut tentang hemat energi gan. Sepertinya saya tertarik untuk bumi yang lebih layak untuk manusia,

  3. perangkat hotspot, BTS untuk handphone, makan banyak listrik karena on terus, wajar tp juga kaget bacanya… btw makasih sharingnya

  4. kebutuhan telekomunikasi di Indonesia memang menjadi hal wajib mengingat bentuk negaranya adalah kepulauan sehingga tidak mudah untuk bepergian hanya melalui jalan darat menggunakan mobil semata.

  5. gak nyangka ternyata industri TIK menyumbang emisi karbon yang lumayan besar.. semoga kedepannya industri TIK lebih memikirkan dampaknya dengan mengelola industri seperti langkah-langkah di atas.

  6. sebenarnya lumayan bingung,,tapi gk apa lah nambah pengetahuan ya mas,mas sekali2 tentang seo donk mas artikelnya 🙂

  7. Konferensi yang cukup menarik mas Harry, banyak sekali wawasan yang bisa saya ambil disini.

    Senang bisa berkunjung di website mass Harry. Saya memang bukan orang hebat, tapi saya belajar dari orang-orang hebat seperti mas Harry.

  8. informasi yang bagus sekali
    informasi kek gini masih banyak yang belum tahu
    terima kasih atas sharignya ya..
    semoga tambah sukses

  9. I think ICT is already the biggest consumer of electricity already… It’s amazing how much electrical equipment needs be set-up in order to run that sort of business…

  10. Saya bangga dengan anda, Anda punya kesempatan untuk mangharumkan nama Indonesia. Teruskan Perjuangan kami di belakang mendukung

  11. Very interesting information. All these points will help to increase environmental clean and increasing agriculture productions. I suggest to arrange all the Asian countries like these kind of conference to make awareness to the peoples

  12. Le Bye Bra est une solution simple pour améliorer rapidement et efficacement la poitrine de la femme sans avoir besoin
    d’une intervention chirurgicale ou même d’un soutien-gorge!

  13. I was very pleased to seek out this web-site.I needed to thanks to your time for this glorious learn!! I undoubtedly having fun with every little bit of it and I’ve you bookmarked to check out new stuff you weblog post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *