Hoax: Tanaman Hias Penyebab Leukemia

:: Hari ini mendapat posting terlampir dari Whatsapp, menyatakan bahwa sebuah tanaman hias (Pohon Dolar) adalah penyebab Leukemia. Nada tulisan yang #soktahu tersebut langsung membuat saya waspada, karena, penyebab Leukemia sampai saat ini masih belum diketahui : https://en.m.wikipedia.org/wiki/Leukemia

Lalu saya menelusuri sumber fotonya. Ternyata dicomot dari sini 🙂 http://m.itrademarket.com/rumah_hidroponik/5542661/pohon-dollar.htm dan saya jadi tahu bahwa namanya adalah "Pohon Dolar".

Nama latinnya adalah "Zamioculcas zamiifolia", dan tanaman ini tidak berbahaya : https://en.m.wikipedia.org/wiki/Zamioculcas

Entah kenapa begitu banyak orang gila yang suka membuat hoax seperti ini.
Mari, jangan ikut-ikutan gila menyebarkannya – kita bukan orang gila 🙂 dan kita kenal baik dengan Mbah Google 🙂 "cek dulu sebelum forward berita " (y)

======
Copas dr tetangga:

Copas bahaya tanaan hias
BAHAYA PENYAKIT LEUKIMIA !!!!

Anak perempuan mertua saya (umur 31 thn) baru meninggal semalam disebabkan oleh leukimia. Almarhum semasa hidupnya meneliti utk gelar Master in botanical di kampus USM mengkaji sejenis tumbuhan ini. Rekan satu tim research beliau sdh meninggal setahun yg lalu mengidap penyakit leukimia juga. Almarhum dpt bertahan hingga semalam. Memang hsl penelitiannya telah disahkan oleh pihak kampus USM dan pihak Kementrian Kesehatan bhw leukimia itu dpt ditimbulkan dari tumbuhan tsb. Jadi cerita D Hizzad Bole penyebab kanker darah (leukimia) ternyata terbukti.
Di Cina sdh cukup lama diketahui tentang bahaya tanaman ini, tapi hanya diberitakan suratkabar Cina saja. Sedangkan ditempat kita tanaman ini dirawat & dijadikan tanaman hias di rumah..

PERHATIAN & WASPADA.
Jika ada tanaman ini dirumah, silahkan secepatnya musnah dengan membakarnya sebelum tanaman berbunga. Karena dari bunganya menyebabkan kanker darah (leukimia)



Post imported by Google+Blog for WordPress.

84 thoughts on “Hoax: Tanaman Hias Penyebab Leukemia

  1. saya juga dapat pemberitahuan itu.. juga punya tanaman tsb. wah sayang.. bagus… tapi lebih baik sedia payung sbelum hujan.. terpaksa lebih baik dari pada kena penyakit mengerikan itu.

  2. etdah  yg bener??  kalaupun iya pasti ada beberapa alasan bagaimana getah dari tanaman mengkontaminasi darah manusianya,  ada juga yg bilang tanaman bunga eophorbia penyebab pembengkaan kelenjar getah bening jika tertusuk durinya itupun kalau duri ada getahnya terus masuk ke darah nooh kan..   tapi juga belum ada literatur yg penyatakan penyakit tersebut berasal dari tanaman tersebut

  3. sejak berita tsb tersebar, saya masih tidak percaya karena tidak ada penjelasan secara ilmiah kandungan apa yg dikeluarkan tanaman tersebut kok bisa menyebabkan leukimia? alhamdulillah kalau cuma HOAX. Termasuk tanaman lidah mertua yang dikatakan bisa menyebabkan TBC sampai sekarang belum ada penjelasan secara ilmiah. Di rumah banyak dan belum sempat memusnahakan karena berita tersebut… ternyata hanya Hoax

  4. Pulang liburan tanaman dolar sy yg sudah berpot-pot, dan sudah kita tanam 7-8 th, habis semua dimusnahkan oleh senior2 di rumah, penyebaran hoax di medsos sangat mempengaruhi kalangan senior, karena mereka tidak bisa ngecek google, gampang panik, suka heboh berita kepo. Sedih dan gak bisa ungkapkan kekesalan…..

  5. Sy tdk tau benar atau tdk..tp sy dan kekuarga cb utk membuktikan sendiri..apa kebetulan atau benar wallahualam..km br pindah rumah dan mmg sekelilig ditaami bunga dollar ini..mmg ada yg berbeda..sering pusing..mual.dan lemah…padahal km sdh diyatakan sembuh dr berbagai penyakit dg memiliki mesin kangen water..stlh baca..percaya tdk percaya km buang semuanya..yg paling terasa..pusing dan mual sdh mulai hilang..sesak nafas jg hilang…apaitu kebetulan ya..krn mmg blm ada penjlsan ilmiah nya..

  6. @amri amri lha seumpama gini, kalau iya bner gitu kan kita jga gk tau apa kandungan tanaman itu bila adanya berlebihan? Kan semua yang berlebihan itu gk baik. Seumpama.. 1 parfum kn enak, lha kalau ada banyak parfum gimana? Bukannya sama2 bikin mual dan baunya jadi gk enak lgi? Think about it

  7. Pembuat berita tsb penjual bunga yg punya kompetitor jualan tan hias jenis itu. Biar g laku maka ngaranglah dia…. gitu meureun ceritanya hehehehe… maap, ngarang sih….

  8. Setiap punya hak mau percaya atau tidak
    Tapi kalau semua penyakit mematikan penyebabnya ajari Tanaman Hias….sedih juga sih, kasihan penggemar tanam Hias nya dong,apalagi pedangnya….aneh,semakin canggih teknologi,semakin pintar seseorang…semakin hilang akak sehatnya

  9. njir -_- saya punya tanaman gitu udah bertahun tahun malahan ada yang sampe gede tapi sampe sekarang saya ga kena penyakit apa apa gara gara taneman itu, ini mah emang hoax aja kali, siapa tau dia bikin hoax kaya gitu terus nanti buka usaha tanaman sehat anti leukimia :v

  10. untung gak ada tanaman yang bisa menyebabkan hamil manusia sendiri, hahahaha kalu ada siapa yang jadi bapaknya kan susah, wkwkwk

  11. kl mmang bnr berita ini brrt tnaman ini lma klamaan bakal musnah dong…pdahal tanamn ini ckp bagus loh…yh…mudah2 an aja ada bukti yg bnr2 mnyatakn bhwa tanaman dolar ini bahaya ato tdk

  12. Coba dihubungi pihak terkait yg dicantumkan di berita hoax tsb (pihak kampus & menkes) yg katanya sdh mensyahkan bhwa Zamia pnyebab leukimia. Apa bnr tdk..jgn2 cm asal mmbuat brita sj org tsb.

  13. pembawa leukimia atau tidak itu bukan hak kita untuk menentukan .. karan hidup dan mati sudah ada yg mengaturnya ,,
    kalo menurut saya malah bunga dollar ini membawa keberuntungan karna setiap tumbuh tunas baru di saat itu lah usaha mulai lagi berkembang ..

  14. ini yg komeng diatas pada baca isinya gak sih ?
    dah jelas judulnya juga "hoax" gitu lho kok ya masih bingung .. biasakan baca kontentnya baru kasih komentar bro

  15. kalau kasih info yg benar dan masuk akal dong. sertakan alasan yg ilmiah dan terbukti. jgn suka bikin hal hal yg meresahkan orang. karna saya jg banyak pohon dolar tsb.

  16. Kalo pd punya pohon dolar tersebut, praktekin ajj sih lgsg… jadi nya kaaya apa, jika kalian yg pd punya pohon dolar tersebut msh tdk percaya. camer ane, punya pohon gtuan, dia nyantai ajj…

  17. kenapa tdk sekalian aja buat berita..pohon mangga,jambu..bisa bikin patah tulang ( kalau jatuh)..atau tanaman anggrek bisa bikin stress dan tekanan darah naik..(kalo hilang).hahahaha

  18. Di tempat tinggal gue udah mulai nge hizt berita beginian. Sampe² warga² udah pada kayak ayam mau bertelor ngebakar taneman unyuk² ini. Dan gak sedikit warga bilang gue gak waras karna gue masih ngotot gk percaya dan tetep melihara tanenem unyuk ini. Nah gue mau percaya begimana?? Gue udah tumbuk ini taneman, gue elus elus, gue peluk, gue cium(kyknya gak gue cium deh) tiap hari gue buat mainan sama kakak gue! Tapi kok gue sama abang gue gak khoid yaa?? Gue check up bolak-balik juga gak ada itu gue terjangkit leukimia apa itu!! Ini nih yang buat berita beginian nih minta di kulitin ama jarum pentul terus kulitnya di bentuk jadi tanaman dolar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *