Drogheda, saksi kemuliaan akhlak Islam

:: Kemarin tiba pesanan saya dari Inggris, yaitu kaus klub bola Drogheda ๐Ÿ™‚ "klub bola apaan tuh?!", pasti banyak yang bertanya ๐Ÿ™‚ ini adalah klub bola di Irlandia, yang logonya adalah Bulan Bintang ๐Ÿ˜€ salah satu simbol Islam. Lho kok bisa begitu ? ๐Ÿ˜‰

Untuk mengetahui jawabannya, kita musti kembali ke tahun 1800-an. Ketika itu, Irlandia dilanda wabah kelaparan yang dahsyat. Dikenal dengan nama "The Great Hunger", sangat banyak yang menjadi korban. Sangat menyedihkan. Apalagi di saat musim dingin, tentunya banyak yang tewas.

Kabar ini sampai terdengar oleh Khalifah ketika itu, yaitu Sultan Abdul Majid, penguasa khilafah Islam saat itu, kerajaan Ottoman. Maka beliau segera mengirimkan bantuan untuk rakyat Irlandia, yaitu sebesar 10.000 poundsterling.

Ternyata, beliau diminta untuk menurunkan sumbangan tersebut – karena, Ratu Inggris hanya menyumbang sebesar 2000 poundsterling. Lha ๐Ÿ˜€

Maka, tidak kehilangan akal, Sultan Abdul Majid kemudian menyumbang 1000 poundsterling – dan 5 buah kapal penuh makanan ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜€

Rakyat Irlandia jadi sangat tertolong berkat bantuan yang sangat dermawan ini. MasyaAllah, alhamdulillah…. (y)

=====
Ternyata, rakyat Irlandia adalah orang-orang yang sangat tahu berterimakasih ๐Ÿ™‚ mereka selalu terus berusaha mengingat & membalas kebaikan tersebut.

Ketika Turki diserang oleh para diplomat dari negara-negara Barat di Perjanjian Lausanne di tahun 1923, wakil dari Irlandia malah terus menerus membela Turki.

Yahya Kemal Beyatli, dubes Turki, tentu saja jadi sangat tertarik, dan bertanya kepada dubes Irlandia tersebut – mengapa dia terus menerus membela Turki di forum itu ?

Dijawab oleh Dubes Irlandia, "Saya wajib membela Turki. Tidak hanya saya, bahkan semua pria & wanita Irlandia. Negara Anda telah menolong kami dengan sangat dermawan ketika kami kesusahan. Kami tidak pernah melupakan itu" ๐Ÿ™‚ (y)

Dikutip : "I am obliged to do it. Not only I, but all Irish men and women," said the Irish representative. "When we suffered from famine and disease, your Ottoman ancestors shipped loads of food and monetary donations. We have never forgotten the friendly hand extended to us in our difficult times. Your nation deserves to be supported on every occasion"

=====
Selain itu, simbol Islam, Bulan Bintang, dijadikan lambang kota Drogheda. Dan juga dijadikan lambang klub bola mereka, Drogheda FC.

=====
Saya tidak pernah tertarik sampai fanatik dengan bola & klub bola.

Namun, saya beli suvenir klub bola Drogheda FC ini – sebagai pengingat & nasihat, bahwa akhlak Islam itu sangat mulia, dan berlaku universal.

Terimakasih Sultan Abdul Majid. Dan terimakasih rakyat Irlandia, sesungguhnya Anda adalah orang-orang yang tahu berterimakasih. (y)

=======
Bahan bacaan :

http://www.irishcentral.com/news/new-evidence-shows-turkey-delivered-food-to-ireland-during-the-famine-156681255-237507681.html

http://archive.aramcoworld.com/issue/201501/an.irish.tale.of.hunger.and.the.sultan.htm

https://en.wikipedia.org/wiki/Ireland%E2%80%93Turkey_relations#History

http://www.todayszaman.com/national_ottoman-aid-to-the-irish-to-hit-the-big-screen_269871.html

http://www.fountainmagazine.com/Issue/detail/Gratitude-to-the-Ottomansรฏยปยฟ

Post imported by Google+Blog for WordPress.

6 thoughts on “Drogheda, saksi kemuliaan akhlak Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *