Hollywood Menyesatkan Kita Tentang Orang Tenggelam

:: Mungkin ada orang yang mencaci maki ibu ini, karena asyik dengan handphone nya sementara anaknya tenggelam. Padahal, ada kemungkinan bukan demikian hal yang sebenarnya terjadi lho.

Yang banyak orang belum tahu adalah, selama ini kita dikibuli oleh Hollywood. Orang yang tenggelam itu #tidak heboh ! Mereka malah cenderung diam saja, karena, sedang panik berusaha untuk bisa terus bernafas.

Kenali ciri-ciri orang tenggelam yang sebenarnya :

https://youtu.be/X1mVcSUttX4?t=73

http://lifehacker.com/5578943/recognize-the-real-signs-of-drowning-and-save-a-life

Perhatikan video tersebut, lifeguard menyelamatkan anak yang tenggelam itu dari belakang, karena aman – yang sedang panik tenggelam jadi tidak bisa menenggelamkan penolongnya.

===
Jadi, bisa saja sebetulnya ibu itu melihat anaknya sedang tenggelam, namun, dia tidak tahu. Karena selama ini kita diajarkan film & TV bahwa orang tenggelam itu panik & menjerit-jerit – sedangkan anaknya cuma diam saja 🙁

===
Seperti ditulis oleh Mario Vittone : http://mariovittone.com/2010/05/154/

The new captain jumped from the deck, fully dressed, and sprinted through the water. A former lifeguard, he kept his eyes on his victim as he headed straight for the couple swimming between their anchored sportfisher and the beach.

“I think he thinks you’re drowning,” the husband said to his wife. They had been splashing each other and she had screamed but now they were just standing, neck-deep on the sand bar. “We’re fine, what is he doing?” she asked, a little annoyed. “We’re fine!” the husband yelled, waving him off, but his captain kept swimming hard.

”Move!” he barked as he sprinted between the stunned owners. Directly behind them, not ten feet away, their nine-year-old daughter was drowning. Safely above the surface in the arms of the captain, she burst into tears, “Daddy!”

How did this captain know – from fifty feet away – what the father couldn’t recognize from just ten?

Drowning is not the violent, splashing, call for help that most people expect. The captain was trained to recognize drowning by experts and years of experience. The father, on the other hand, had learned what drowning looks like by watching television.

If you spend time on or near the water (hint: that’s all of us) then you should make sure that you and your crew knows what to look for whenever people enter the water. Until she cried a tearful, “Daddy,” she hadn’t made a sound.

As a former Coast Guard rescue swimmer, I wasn’t surprised at all by this story. Drowning is almost always a deceptively quiet event. The waving, splashing, and yelling that dramatic conditioning (television) prepares us to look for, is rarely seen in real life.

===
Bacaan yang bagus : http://listverse.com/2014/06/02/10-disturbing-facts-about-drowning/

Anyway, inilah sebabnya mengapa ada lifeguard / penjaga di kolam renang di luar negeri.

Orang awam mayoritas tidak tahu ciri orang tenggelam, DAN tidak tahu cara menolong yang benar – sehingga kadang malah turut jadi korban juga.

Lifeguard / penjaga kolam sudah dilatih khusus untuk ini semua.

===
Jadi pertanyaan yang seharusnya ditanyakan adalah : dimana lifeguard di kolam renang di hotel tersebut ?

Jika ada lifeguard yang bertugas di kolam tersebut, anak tersebut bisa terhindar menjadi korban.

Inilah pertanyaan yang seharusnya ditanyakan. Bukannya malah langsung menyalahkan ibu si korban dengan membabi buta.

http://m.harianindo.com/2016/04/12/98412/ibu-sibuk-dengan-ponsel-2-anak-tewas-saat-berenang/


Ibu Sibuk Dengan Ponsel, 2 Anak Tewas Saat Berenang
Surabaya – Dua anak tewas di kolam renang Hotel Novotel. Mereka tenggelam. Orang yang seharusnya men…

Post imported by Google+Blog for WordPress.

50 thoughts on “Hollywood Menyesatkan Kita Tentang Orang Tenggelam

  1. benar sekali klo orang dalam kondisi panik mau tenggelam sulit sekali untuk berteriak. makanya jangan telat bulet2 semua yang media elektronik tampilkan

  2. Itulah bedanya luar negeri dengan Indonesia. Masyarakat di luar negeri sudah lebih maju mengenai pola pikirnya, sehingga mereka akan selalu memahami bahwa life guard itu adalah posisi penting dan tidak main-main. Sementara di Indonesia, posisi life guard seperti biasa saja, dan mereka kadang tidak memiliki sertifikat yang benar-benar menunjukkan keahliannya kalau dia adalah seorang life guard

  3. Di luar negeri, profesi sebagai life guard adalah profesi yang mahal, dan mereka dibekali dnegan pelatihan-pelatihan dan sertifikat-sertifikat yang valid. Di kita profesi ini belum populer, dan terkadang karyawan yang berprofesi ini kurang educated dan dibayar murah

  4. I don’t think the title of your article matches the content lol. Just kidding, mainly because I had some doubts after reading the article.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *