Rapat dengan netproject

Pagi ini tiba di kantor, dan tiba-tiba ditegur teman, “are you coming to this OpenLDAP meeting ?”. Hm, perasaan meeting hari ini soal desktop linux deh, tapi oh well, why not.

Ternyata benar 🙂 bukan soal OpenLDAP, tapi pengenalan soal Open Source dan Open Desktop oleh netproject. netproject adalah perusahaan konsultansi yang menjadi terkenal ketika Microsoft kebakaran jenggot karena Newham City Council hampir pindah dari solusi Microsoft ke solusi open source berkat rekomendasi dari netproject. netproject juga membuat laporan untuk European Union soal cara migrasi ke solusi open source.

Eddie Bleasdale, direktur netproject, memimpin langsung rapat tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang menarik dari rapat ini:

  1. Proposal paten software di EU (European Union) ternyata adalah karena tekanan keras dari pemerintah Amerika 🙁 dasar teroris.
  2. Kasus migrasi open source di Munich – ternyata keputusan migrasi tersebut berdasarkan hal yang politis, not based on good business/technical case. Menurut Eddie, saat ini mulai terdengar beberapa masalah dengan implementasi pada proyek ini. Duh, mudah-mudahan mereka tetap berhasil deh…
  3. pak Eddie pernah sekali memberikan presentasi mengenai open source ke para manager marketing Oracle se-Eropa; dan mereka semua sepakat bahwa MySQL (bukan DB2, bukan juga MS-SQL) adalah ancaman nomor #1 bagi Oracle

Cukup menarik….

Juga ada beberapa hal yang menarik yang lainnya, tapi sayang belum bisa saya beberkan sekarang. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi deh.

12 thoughts on “Rapat dengan netproject

  1. poin nomor 3 cukup menarik perhatian dani, jadi tadi muterin google bentar liat2 artikel, ketemu artikel tahun lalu dari CNN tentang interview CEO MySQL dan juga ketemu komentar2 dari para pendukung setia PostgreSQL
    Kayanya emang MySQL hanya standar database aja, bahkan ada pendukung setia postgre yang bilang mysql cuman ISAM not a real RDBMS. Tapi kenapa bisa menjadi ancaman buat oracle? again good marketing? easy to use? user friendly? hmm.. reminds me of microsoft?

    btw itu link ke situs saya jangan begitu dong malu ah pake nick jaman nge-IRC dulu, ganti nama aseli yah, trus alt-nya juga diganti sama yang bagusan dikit dong 😀

  2. MySQL itu bukan yang terbaik, tapi “good enough” 🙂

    Mirip spt berbagai produk Microsoft, kita tahu bahwa banyak produknya bukanlah yang terbaik. Tapi bagi kebanyakan orang, produk-produk tsb sudah “good enough”.

    Dan karena banyak developer yang kemudian jadi menggunakan MySQL – maka kemudian jadi banyak aplikasi yang berbasis MySQL. Sehingga kemudian banyak user yang jadi menggunakan MySQL juga. Dst.

    Link ke blog elu udah bagus kok 😛 he he

  3. im nurul frm indonesia. my friend will stay in munich for a year. she ask me to help her for a moslem community/ center in munich. would you like to help us? I need the address or maybe with the phone address. We look for an indonesian friend there. Please help us. mail me; ainfre@yahoo.com.
    Thank you very much.

    Best regards,
    Nur

  4. im nurul frm indonesia. my friend will stay in munich for a year. she ask me to help her for a moslem community/ center in munich. would you like to help us? I need the address or maybe with the phone address. Thank you very much.

  5. Kayanya emang MySQL hanya standar database aja, bahkan ada pendukung setia postgre yang bilang mysql cuman ISAM not a real RDBMS. Tapi kenapa bisa menjadi ancaman buat oracle? again good marketing? easy to use? user friendly? hmm.. reminds me of microsoft?

  6. karena banyak developer yang kemudian jadi menggunakan MySQL – maka kemudian jadi banyak aplikasi yang berbasis MySQL. Sehingga kemudian banyak user yang jadi menggunakan MySQL juga. Dst.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *