Luas Indonesia terancam berkurang, digerogoti oleh Singapura

Dari Suara Harian:
Luas Wilayah RI Terancam Berkurang


Luas Wilayah RI Terancam Berkurang

Jakarta, CyberNews. Luas wilayah Indonesia akan makin berkurang jika Pulau Nipah semakin tergerus dan tenggelam akibat sangat kuatnya arus yang disebabkan kegiatan ekspor pasir laut dari Indonesia ke Singapura.
“Pulau Nipah sangat strategis karena merupakan pulau terluar batas wilayah laut Indonesia dengan Singapura. Jika pulau itu hilang maka luas laut kita berkurang karena batasnya bergeser masuk,” kata Peneliti Pusat Pengkajian dan Penerapan Teknologi Inventarisasi Sumber Daya Alam (P3TISDA) Dr Nani Hendiarti, MSc dalam diskusi di Jakarta, Jumat.

Pulau Nipah saat ini, ujarnya, terancam semakin hilang dari pandangan dan luasnya pada pasang tertinggi sudah sama dengan lahan hasil reklamasi yang dilakukan Depkimpraswil pada 2002 seluas 1,82 hektare, sedangkan pada saat surut terendah masih tersisa 73,57 hektare.

Nani mengatakan, Pulau Nipah sebenarnya sangat kokoh karena terdiri atas batuan tua dan tak mungkin tergerus, namun aktivitas ekspor laut di perairan sekitarnya yakni Pulau Karimun dan Batam membuat arus sekitar semakin keras, dan menciptakan ketidakstabilan di perairan tersebut yang semakin mengikis keberadaan Pulau Nipah.

Komposisi komponen laut di perairan Nipah yaitu 50 persen pasir laut, sisanya material halus yang kembali dibuang ke laut sehingga menimbulkan endapan lempung di dasarnya dan merusak perairan sekitar.

Selain itu dari 50 persen pasir laut yang diekspor, 16 persen di antaranya merupakan kwarsa, bahan pembuat kaca yang nilainya lebih tinggi daripada pasir.

Menurut Nani, selain dengan jalan reklamasi pulau yang menjadi batas terluar dengan Singapura itu, cara lain untuk mengatasi semakin hilangnya Pulau Nipah yaitu dengan menghentikan kegiatan ekspor pasir laut.

“Yang lebih memprihatinkan dampak pada penurunan kualitas atau perusakan lingkungan perairan di kawasan itu karena rehabilitasinya membutuhkan waktu sangat lama yaitu bisa lebih dari 100 tahun,” katanya.( ant/Cn07 )

7 thoughts on “Luas Indonesia terancam berkurang, digerogoti oleh Singapura

  1. SAYA PINGIN TAHU TENTANG PERINCIAN BATAS WILAYAH PULAU NIPAH

  2. saya ingin tahu luas indonesia secara global dan jumlah penduduknya.

  3. saya juga ingin tahu tentang:
    1. perincian batas wilayah pulau nipah, kondisi dulu dan sekarang (kan ada three junction tu…).
    2. pulau-pulau yang mengalami reklamasi oleh Singapura (pulau jurong, pertambahan wilayah, dsb).
    3. tindakan pemth Indonesia sampai saat ini.
    4. saran anda kepada pemth Indonesia dalam menghadapi kelicikan Singapura (militer/non-militer).
    5. bagaimana prosedur ekspor pasir laut, kok bisa pemth kita dengan begonya jual aset negara dan baru akhir-akhir ini teriak-teriak kemalingan.

  4. lgian ci,,,,
    dlu pmrinthnya,,,,
    ngapain cba pke ada reklamasi2an segala,,,
    kn dmpknya jdi merugikn bangsa sndiri,,,
    dah tw indonesia lgi sekarat,,,
    arrrggghhhhh……..
    ue kcewa sangadh sma pmrnth n rakyat indonesia yg mo ja di bodohin sma tetangga yg pdhl timbang se upil,,,
    knp indonesia bsa kya gto,,,
    pdhl klo dilht dri aspek wlyh and kekayaan alam indonesia lbh brpotensi wat jdi negara maju,,,,
    yah pnybbnya mungkin gra2 kwalitas pnddk indonesia yg kurang,,,
    tu jg gra2 pmrintah jga yg kbnykn jth yng shrusnya wat ngbiayain pnddkn,,,
    cb pmrintah di indonesia g serakah n maruk,,,
    indonesia tuh menyedihkan bgtttttt,,,,,,,,,

  5. VLC Converter is so far the most easy-to-use conversion program to convert vlc files with super speed and lossless quality. If you happenly want to convert vlc files, I strongly recommend you this powerful VLC converter.

    If you need a VLC to MP3 converter, I strongly recommend you this powerful VLC to MP3 converter which can extract audio from vlc files and convert to audio formats like mp3, wma, wav, etc.
    vlc to dvd Creator is an easy-to-use DVD authoring software and the best VLC to DVD converter to convert VLC to DVD, burn DVD disc, DVD folder and ISO file from all popular media formats like MP4, AVI, WMV, MOV, MPG, MPEG, DAT, MKV, FLV etc.
    The almighty vlc to mp4 converter is specially designed for VLC users to convert vlc to mp4 and other video and audio formats like avi, wmv, mpeg, mpg, flv, mkv, mp3, wma, wav, etc with super speed and lossless quality.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *