Film baru dari Garin Nugroho

Dapat email dari sebuah milis mengenai film baru dari Garin Nugroho yang berjudul “Rindu Kami Padamu”.

Disini bisa terlihat jelas bagaimana film adalah pedang bermata dua – di satu sisi dia bisa merusak masyarakat, namun di satu sisi dia juga bisa menjadi alat perbaikan masyarakat yang sangat powerful. RKP kelihatannya adalah contoh yang sangat baik dalam hal ini.

Walaupun film-film bagus (pada saat ini) akan selalu terancam tidak laku, karena masih bobroknya kondisi kita pada saat ini, mudah-mudahan akan terus ada pihak-pihak yang mau memproduksinya.

Hmm.. kira-kira film ini akan diputar oleh monopoli twenty-one atau tidak ya ? Kasihan nih kalau cuma bioskop independen yang memutarnya..


Tadi pagi jam setengah enam-an sempat simak di radio Pro 2 FM Jakarta yg bekerjasama dgn Radio MQ-FM bandung. Yg menarik ada himbauan dari KH Abdullah Gymnastiar(Aa Gym) untuk kita jika hobi melihat Film ada film yang sangat bagus sekali untuk di tonton,yaitu “Rindu Kami Padamu” garapan Garin Nugroho yg tidak di ragukan lagi kemampuannya dgn karya2nya “pasir berbisik” , “Daun Diatas bantal” dll yg memperoleh penghargaan nasional maupun International..
AA yg sudah melihat film tersebut karena diajak PWI. Film RKP memang belum di launching dgn durasi 1,5 jam.

Berikut kalimat yg AA ucapkan yg saya dengar via walkman.
“Selama sepanjang saya melihat film ini dari awal sampai akhir, air mata menetes terus karena setiap pernak-pernik kehidupan dalam film ini sangat menyentuh perasaan. Emosi kita akan teraduk-aduk ketika melihat tayangan ini. Ada kehidupan anak-anak di gang-gang sempit. Ada seorang istri yg sering dipukul oleh suaminya tapi tetap menyuruh suaminya membasuh tangannya untuk berwudhu agar tidak menzoliminya lagi.
Sementara putra sang ibu tetap rajin ke Surau untuk menghamparkan sajadah bagi ibunya yg sering di aniaya oleh sang suami.

Bagi para pendakwah ada ustaz yg menjaga sarang burung merpati dan tidak rela sarang burung tsb rusak. Film ini ada di dunia nyata tidak seperti film-film lain yg penuh dgn mimpi, mobil mewah , hyper market, mal dan kehidupan remaja di caf, discotik dan sebagainya. Memang ada remaja dgn wajah seperti dalam tayangan sinetron dan film2 tsb tapi itu hanya sebagian kecil. Sebagian besar masyarakat kita adalah kehidupan di gang-gang sempit, anak-anak pasar , anak-anak jalanan . Saya(kata AA) menghimbau agar yg suka ke bioskop tontonlah tayangan ini agar bisa mengetahui mana tayangan bermutu. Sehingga dgn mengetahui tontonan yg bagus akan tahu mana film yg tidak ada unsur manfaatnya.

Bagi yg tidak ada rezeki untuk nonton ya jangan dipaksakan. Yang jelas kita bangsa dan masyarakat Indonesia sangat butuh akan alternatif film yg bagus . Film ini yang untuk semua umur. Mudah-mudahan para pejabat & politisi dapat menonton tayangan ini agar dapat mengambil kebijakan yg bagus untuk negri ini. Film ini memang tidak sempurna tapi sangat bagus jika kita menontonnya”

“saya memang pernah di minta untuk berkomentar ttg film baru setelah film Buruan cium gue( saya tebak film Virgin). Tapi saya tak mau sebab itu kan menambah laku film tsb di pasar, sebab orang kita suka pada hal yg penasaran. ” imbuh AA

(maaf jika ada kutipan yang salah dari yang saya dengar sebab tadi dengarnya sambil nyetir kendaraan.)

8 thoughts on “Film baru dari Garin Nugroho

  1. Mohon alamat kantor Garin Nugroho.Dan Bagaimana kita bisa mendapatkan film Rindu Kami Padamu?Terima Kasih.Yakin Usaha Sampai.

  2. Tlg dunk mail ini sampai ke Mas Garin.
    Aku cuman mau tanya sama teman” yang baca tulisan saya ini. apakah benar, film Garin Nugroho yang sekarang ini masih sama bagusnya (dlm hal produksi pembuatannya) dengan film dia yang terdahulu. Ex: Surat tak terkubur, Bulan tertusuk ilalang, dll.
    saya akan lebih suka ketika mas Garin untuk sekarang ini rehat dulu dalam pembuatan film. Karena hasil akhir yang dihasilkan jauh dari kata memuaskan. seakan” film yang dibuat hanya mengikuti jaman perfilman sekarang saja. bedanya hanyalah, kalau film Garin Nugroho diputar campus to campus dan tidak di bioskop, sedangkan film lainnya diputar di bioskop yang komersil. Jangan sampailah nama kebesaran Mas rusak akibat film yang mas produksi sekarang kwalitasnya menurun terimakasih. MAturnuwon.

  3. Dear Mas Garin,

    Saya Lina tinggal di venice saya dnegar mas akan ke sini , karna 4 sept ada penayangan filmnya tlg kabari kalo jadi datang , saya siap bantu jika ada yg diperlukan kebetulan saya dekat sekali rumahnya dengan venice, jika bisa menghubungi saya di hp + 393384987534 rumah + 390415902011

    Trimaksaih syaa menunggu balasan suratnya

    Salam

    Lina Bellato Tambunan

  4. film rindu kami padamu bagus secara gagasan tpi tdk berhasil secara film, terlalu melelahkan. film garin itu memiliki karakteristik yang khas pada masing-masing film, misal: bulan tertusuk ilalang gambarnya bagus, nggak ada film indonesia gambarnya sebagus itu, surat untuk bidadari idenya luar biasa, puisi tak terkuburkan konsepnya bagus, tiga film itu favorit saya dari garin, terutama puisi.. saya benar-benar dibuat membuat film imajinasi sambil nonton film “bercerita”tersebut,apalagi pas berliana berkata”Tuhan menciptakan mata indah ini untuk melihat kehidupan”menikam!!

  5. saya cuma mau ngasih tau aja kalo film terbarunya garin nugroho judulnya UNDER THE TREE (DI BAWAH POHON) segera tayang di bioskop2 jangan lupa nonton yah……!!! saya sih yakin filmnya pasti bagus dgn di dukung pemain2 yg bagus kayak marcella zalianty, dwi sasono, dan nadia shapira. ktanya sih mau di ikutin ke festival2 film internasional, duh jadi gak sabar pengen nonton film nya.

  6. Saya sangat membutuhkan penjabaran mengenai:
    1. konsep film Rindu Kami Padamu (RKPDMU)
    2. proses pembuatan film RKPDMU
    3. karakter para pemain dalam film RKPDMU
    Saya mohon bantuannya, ini untuk bahan penelitian saya. Saya tunggu balasannya ke E-mail saya: farah.i2m@gmail.com. Terimakasih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *