Masalah BBM

Barusan membaca post Adinoto soal [ kelangkaan BBM ].
Saya setuju dengan poinnya, bahwa perlu dikembangkan sumber energi alternatif. Perlu dikembangkan lebih dari satu sumber energi alternatif, karena kalau terlalu tertumpu pada satu saja, maka efeknya pasti tidak akan baik karena berlebih-lebihan. Contoh; ada penelitian yang menunjukkan bahwa jika bumi terlalu tergantung pada sumber energi dari angin, maka iklim dunia bisa jadi berubah. Sedangkan ketergantungan bumi dari BBM sudah jelas kita ketahui dampaknya (polusi, terorisme oleh negara superpower ke negara lainnya, dst)

Tapi yang paling penting adalah agar pemerintah bisa segera kembali melaksanakan UUD ’45 dengan benar, lebih khususnya Pasal 33 ayat 3 : “Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat“.
Salah satu sumber masalah adalah dikuasainya sumur-sumur minyak Indonesia oleh asing, yang jelas bertentangan dengan pasal 33 di atas.

Namun ini memang berbahaya untuk dilakukan. Bukan cuma 1 – 2 kepala negara yang telah tewas karena berani menentang kehendak berbagai negara superpower, yang melindungi kepentingan bisnisnya. Jadi kalau presiden kita mau melakukan ini, maka dia perlu memperkuat BIN terlebih dahulu, agar tidak mengalami nasib yang sama seperti para presiden lainnya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.