RT-TV

Banyak dari kita yang sangat prihatin dengan kualitas acara di berbagai TV saat ini. Menyerempet-nyerempet pornografi, acara gosip artis yang tidak ada gunanya, sinetron yang tokohnya cuma sibuk berkelahi / berselingkuh di keluarganya, drama “religius” yang vulgar / berdarah-darah dan tidak jelas kebenarannya, dst. Mengenaskan.

Syukurlah kini sudah ada alternatifnya – TV amatir.
Ada yang harga pemancarnya Rp 20 juta, ada juga yang cuma Rp 10 ribu!

Jadi, kita bisa patungan dengan tetangga-tetangga kita yang prihatin juga dengan situasi ini. Modali 1 set pemancar dan 1 VCD player, lalu siarkan VCD-VCD yang isinya “aman” bagi keluarga kita.

Kita sebut saja produk ini dengan sebutan RT-TV : Rukun Tetangga TV 🙂

Berikut ini beberapa informasi peralatan pemancarnya.
Semoga bermanfaat.

Setahu saya pemancar TV 20 Watt harganya sekitar Rp. 20 juta-an
bisa dilihat contohnya di http://www.pemancar.com

komunitas “underground” yang cukup besar utk TV komunitas ini
adalah TV Edukasi yang di motori oleh teman-teman
di SMK STM dll .. mereka punya banyak pemancar TV ilegal
& terkoordinir :)) ..

Jadi strategi-nya adalah strategi gerilya
tidak bikin satu yang besar seperti RCTI / SCTI dll ..
tapi bikin banyak kecil-kecil
& membuat jaringan di antara mereka ..

Kalau boleh saran jangan lupakan
radio komunitas yang jumlahnya juga ribuan ..
yang memancar di band FM broadcast

Sekian dulu
Onno

Nah, yang di bawah ini jauh lebih murah lagi. Mudah-mudahan kualitasnya tidak semurah harganya 🙂

From: A Nizami

Wa’alaikum salam wr wb,
Setahu saya, di pasar Jatinegara (dekat jembatan
penyeberangan samping gereja) ada pedagang kaki lima
yang menjual pemancar tv mini sehingga jika satu orang
memakai vcd/dvd player, gambarnya bisa ditangkap di
tv2 lainnya. Beberapa villa/hotel sudah menggunakan
alat ini karena lebih praktis tidak menggunakan kabel.
Jaraknya antara 30 meter hingga lebih.

Harganya mulai Rp 10 ribu per set.
Mudah2an ini nanti bisa jadi program MIFTA untuk
menyebar alat ini di berbagai pesantren yang ada.
Minimal pengurus pesantren bisa memfilter saluran tv
mana yang akan dibroadcast.

Wassalam

278 thoughts on “RT-TV

  1. gue kok pernah di-spam sama MIFTA ini ya…
    anyway, siaran kualitas vcd kan gak gitu bagus, gimana kalo dipasang ke video output dari video streaming? woohoo, seharian nyetel star wars 1 sd 6 dan lotr 1 sampai 3, tanpa iklan….
    tambahan, DIKNAS udah mulai duluan lho siaran TV untuk pendidikan (not TPI), dan benar-benar swadaya, sampai bikin studio siaran kecil sendiri, total biaya 60 jeti, dan penyiarannya per titik pemancar numpang ISP buat ngirim file video digitalnya.

  2. #1 – community always rules… tapi, menyatukan orang-orang menjadi komunitas, itu yang susah 🙂

    #2 – rumah elo dimana 😀 kebayang deh, pada urunan DVD, trus disetel ganti2an non stop sama hansip RT (daripada bengong toh, mendingan jadi programme director)… bwahahaha

    #3 – yah itu lah pisau, bisa digunakan untuk kebaikan, bisa juga untuk kejahatan.
    tapi, kalau komunitas kita kuat & kompak, yang beginian tidak akan bisa berkutik saya kira 🙂

  3. Tapi mesti hati2 soal penggunaan frekuensinya, terutama UHF krn juga dipakai untuk komunikasi lalu lintas udara. Salah pakai frekuensi, bisa membahayakan keselamatan orang lain.

  4. Kompleks kami di Bandung jg sdh ujicoba RTTV-channel sejak akhir 2004. Kami belum pakai pemancar krn emang belum yakin soal izin2 frekuensinya. Kami narik kabel coax ke rumah-rumah. Acara dipancarkan dari rumah saya, pakai converter AV-to-RF, disalurkan lewat kabel itu tadi. Source-nya dari kamera yg dipasang di depan pintu gerbang kompleks (live 24 jam on), DVD player (DVD/VCD dari koleksi para warga & dokumentasi kegiatan kompleks), PC (saya pakai aplikasi WinDVD full screen to TV, dual monitor, S-Video dari VGA card masuk ke converter AV-to-RF), beberapa kali saya relay acara TV lokal, dan kadang2 pakai handycam utk acara live-nya. Acara2 itu bisa diatur dengan A/V switcher, sebelum masuk converter. (Bagusnya sih pakai video-mixer, tp saya belum siap merogoh kocek sendiri utk barang seharga itu)
    #10 Saya pakai WinDVD. Source disiapkan di PC, bikin playlist di situ, play. Udah, bisa sampai berjam-jam non-stop. Utk jaga2, aktifkan tombol repeat, shg kalau bahan2nya udah abis diputer & operatornya ketiduran, acara akan mulai lagi dari awal. Begitu bangun pagi, switch A/V ke kamera di depan gerbang kompleks. Sorenya, sepulang kantor, jalankan play list berikutnya yg udah disiapkan. Dst. RTTV-channel tetap “mengudara” 24 jam sehari 🙂
    (Saya jg ada pengalaman mem-broadcast RTTV-channel ini ke Internet, shg ketika kami di Malaysia & Taiwan masih bisa memantau keadaan kompleks. Sayangnya, akses internet 24 jam yg murah-meriah belum bisa kami selenggarakan utk seluruh warga kompleks).
    BTW, saya tertarik juga dg pemancar TV yg murah meriah itu. Bagi2 pengalamannya, dong. Kalau materi acara kami sudah layak tayang ke khalayak, mengapa tidak kami coba ya?

  5. MENYEDIAKAN PEMANCAR FM, AM DAN TV(UHF&VHF) RAKITAN PROFESIONAL, PEMANCAR FM 100,300,500,1000,3000,5000 WATT, PEMANCAR TV(UHF&VHF) DENGAN MODUL BUILD UP, ANTENA(SIERRA,OMB,VEE,5/8 LAMBDA), EXCITER FM, MODULATOR TV, HIBRID TELEPONE, AURAL STL(FOR LINK,OB VAN, SIARAN LUAR), SOFTWARE ON AIR MATRIX(TAMPILAN BAHASA INDONESIA),PROTEKSI PETIR INTERNAL&EKSTERNAL DAN SEMUA KEPERLUAN BROADCAST, HUBUNGI CHOKIE 0813-2039-5654 ATAU KUNJUNGI WEBSITE KAMI

  6. Kami dapat membantu rekan2, untuk membuatkan pemancar TV RT.
    tentunya dengan harga yg relatif murah.

    (hanya TIGA JUTA LIMA RATUS RIBU RUPIAH + ANTENA +KABEL 20 M)

    Dengan kualitas baik dan Harga sangat murah
    Call;; 081315189411; 08881001871; 021-9204779; 021-47882616 (DIDIT/doni)
    didit_hertz@telkom.net

    TERSEDIA JUGA
    “Pemancar FM setereo” (lokal/Builtup)
    Dengan teknologi PLL
    Tersedia 30W, 50 – 75W; 150W; 500W; 1000W, 2000W
    Dengan kualitas baik dan harga sangat murah

  7. pEMANCAR YG DIJATINEGARA, jangkauanya cuma 10 meter doank,
    aku sudah buat untuk tv komunitas di band VHF high 10 watt
    menghabiskan dana sekitar 2 juta setengah.
    sudah banyak yg pakai lho.

  8. 10 watt jangkauannya sekitar 5 km lebih,
    malahan di daerah cilacap dengan ant yng tinggi bisa 20 km lebih
    dengan kualitas gambar yg baik

  9. biaya perijinan untk mendirikan sekelas tv rt sangat murah cukup ke kecamatan dan lapor ke KPID stempat, biayanya total sekitar 1 jt-an.

    hampir sama dengan radio kounitas

  10. Kami menyediakan pemancar FM dari 30Watt s.d 250Watt dan juga menyediakan kit pemancar fm seperti pll, stereo encoder, power amplifier dan antena. Paket pemancar FM stereo digital up/down 50watt antena ringgo coax RG8 tunggal 30 meter harga 4.5jt. kunjungi di http://www.pemancar.fm atau tlp ke 08122139166

  11. Salam hangat buat semua.

    saya mohon informasi tentang bagaimana cara mendirikan sebuah station tv lokal di daerah kabupaten/kotamadya, pertanyaan saya :

    1. apa saja persyaratan yang harus di penuhi untuk mendapat ijin dari pemerintah di kabupaten atau kotamadya

    2. Mohon daftar peralatan yang di gunakan sebuah station tv lokal yang sederhana dengan power output utk siaran hanya sekitar 100 – 500 watt saja ?

    3. apa saja peralatan yang di pakai / di gunakan pada ruang studio control utama-nya ?

    4. apakah operational station tv sama dengan operational station radio

    5. saya pernah bertanya kepada salah seorang staff tv swasta nasional apakah bisa mendirikan dan mengoperasikan station tv dengan cara cara sederhana ( seperti station radio lokal ) dan modal yang tidak terlalu besar, dan di jawab tidak bisa karena untuk mendirikan sebuah station tv lokal yg sangat sangat sederhana di butuh kan dana / modal yang besar ( di atas 1 miliar rupiah ) , apakah informasi tersebut benar ?

    Mohon masukan dan saran dari semua rekan rekan di sini terims

  12. AWASS PENIPUAN…..
    Keinginan mendirikan sebuah stasiun TV-RT sebuah gagasan yang baik, namun regulasi di Indonesia belum memungkinkan untuk melakukan itu. Sesuai dengan UU Penyiaran No 32 thn 2004 memang mengadopsi tentang Stasiun Televisi Komunitas akan tetapi prosedure tetap harus dilakukan dan TIDAK seperti yang ditulis oleh rekan DIDIT sebelumnya yang mengatakan cukup melalui kecamatan lalu KPID. Pelanggaran atas peraturan dan perundang-undangan yang berlaku diancam hukuman yang lumayan berat sampai dengan 10 tahun kurungan atau susider 1 Miliar Rupaih.

    Para pemerhati dan peminat TVA (Televisi Amatir) bila ingin memiliki perangkat transmitter/pemancar televisi agar terlebih dahulu mempelajari betul spesifikasi peralatan yang ditawarkan mengingat pada forum ini banyak sekali informasi yang beredar tetapi tidak dapat dipertanggungjawabkan secara teknis, misalnya peralatan yang pemancar TV VHF 10 Watt (ditawarkan oleh sdr. DIDIT) dikatakan dapat menjangkau jarak 10 km merupakan informasi yang menyesatkan, karena secara teknis pemancar tv VHF dengan daya pancar 10 watt secara teoritis hanya dapat menjangkau jarak maksimal 2 km, itupun dengan harus dengan faktor ketinggian menara/tower transmitter diatas 70 meter.

    Bila ada peminat atau pemerhati yang ingin mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya tentang tata cara perijinan serta tempat2 yang menjual perangkat pemancar televisi yang dapat dipertanggungjawabkan dapat menghubungi kami pada ariessebayang@yahoo.com.

    Demikian juga kami mnghimbau agar rekan2 dalam memberikan informasi harus dalam konteks teknis yang dapat dipertanggungjawabkan karena setiap promo yang tidak sesuai dengan faktanya dapat dijerat sesuai Undang-undang perlindungan konsumen dengan sanksi hukuman badan sampai dengan 5 tahun penjara.

    Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.

    Ir. Aries E. Sebayang
    Konsorsium Industri Televisi Indonesia (KIT-Indo)
    Ketua Umum

  13. Kepada Sdt. YUDI, sedkit informasi yang dapat kami berikan atas pertanyaan anda, antara lain :
    1. apa saja persyaratan yang harus di penuhi untuk mendapat ijin dari pemerintah di kabupaten atau kotamadya
    JAWAB :
    KETENTUAN DIATUR DIDALAM UU PENYIARAN NO 32, ANTARA LAIN : HARUS BERBADAN HUKUM KHUSUS, MENGAJUKAN STUDY KELAYAKAN, MENDAPATKAN ALOKASI FREKUENSI DARI INSTASI TERKAIT (GUBERNUR/DISHUB PROPINSI SETEMPAT), DST
    2. Mohon daftar peralatan yang di gunakan sebuah station tv lokal yang sederhana dengan power output utk siaran hanya sekitar 100 – 500 watt saja ?
    JAWAB :
    SEBUAH STASIUN TELEVISI SEDERHANA PALING TIDAK MEMILIKI:
    A. PERANGKAT TRANSMISI (PEMANCAR, ANTENNA, COAX, TOWER, DLL)
    B. BASE STATION,
    – MASTER KONTROL SYSTEM (VIDEO/AUDIO MIXER, VIDEO/AUDIO PLAYER, MONITOR, KOMPUTER, DLL)
    – STUDIO SYSTEM (CAMERA, TRIPOD, LIGHTING, AUDIO CONTROLLING, DLL)
    – EDITING SYSTEM (NON LINEAR EDITING/KOMPUTER, LINEAR EDITING/ANALOG)
    – TRANSPORTASI
    3. apa saja peralatan yang di pakai / di gunakan pada ruang studio control utama-nya ?
    JAWAB :
    SDA
    4. apakah operational station tv sama dengan operational station radio
    JAWABAN:
    – SANGAT JAUH BERBEDA, KARENA OPERASIONAL STATION TELEVISI JAUH LEBIH RUMIT DAN MAHAL DIBANDINGKAN DENGAN STASIUN RADIO. SALAH SATU CONTOH, PERLINDUNGAN COPY RIGHT ATAS FILM JAUH LEBIH KUAT DARI PADA MUSIK KARENA HARGA BELI HAK TAYANG FILM JAUH LEBIH MAHAL DIBANDINGKAN MUSIK (100 KALI LEBIH MAHAL) SEHINGGA PENANYANGANNYA TIDAK BOLEH ASAL PUTAR SAJA MENGINGAT SETIAP FILM YANG BEREDAR DIINDONESIA ADA YANG MEMEGANG COPY RIGHT-NYA DAN MEREKA MEMANTAU SECARA KETAT KEBERADAAN FILM2 TERSEBUT.
    5. saya pernah bertanya kepada salah seorang staff tv swasta nasional apakah bisa mendirikan dan mengoperasikan station tv dengan cara cara sederhana ( seperti station radio lokal ) dan modal yang tidak terlalu besar, dan di jawab tidak bisa karena untuk mendirikan sebuah station tv lokal yg sangat sangat sederhana di butuh kan dana / modal yang besar ( di atas 1 miliar rupiah ) , apakah informasi tersebut benar ?
    -JAWABAN:
    WALAUPUN TIDAK SEPENUHNYA BENAR, NAMUN DAPAT DIKATAKAN BAHWA BIAYA INVESTASI MENDIRIKAN SEBUAH STASIUN TELEVISI RELATIF MAHAL AKAN TETAPI BILA DILAKUKAN POLA PENGATURAN KEUANGAN YANG EFISIEN MAKA BIAYA INVESTASI DAPAT DITEKAN SERENDAH MUNGKIN.

    MENURUT PERHITUNGAN KAMI, BIAYA INVESTASI DAPAT DITEKAN HINGGA 300 JUTA-AN DENGAN CATATAN DILAKUKAN PENGATURAN KEUANGAN SECARA KETAT.

    DEMIKIAN KAMI SAMPAIKAN, SEMOGA DAPAT MEMBERIKAN INFORMASI AWAL BUAT SAUDARA.

    INFORMASI SELENGKAPNYA DAPAT MENGHUBUNGI KAMI PADA ariessebayang@yahoo.com

    Ir. Aries E. Sebayang
    Konsorsium Industri Televisi Indonesia (KIT-Indo)
    Ketua Umum

  14. Pak Aries, terimakasih banyak untuk masukan-masukannya. Saya yakin akan dapat banyak berguna bagi para peminat TV amatir. Trims.
    .
    Monggo diteruskan diskusinya.

  15. Dear all,

    Pak Sebayang,..bisa diinformasikan kira2 tempat2 kita membeli peralatan untuk broadcast/studio standar untuk stasiun tv lokal. Kalo ada rekomendasi di luar Indonesia, sebaiknya yang murah dan mudah jika kita beli di mana,Pak?
    Dmk..terima kasih sebelumnya 🙂

  16. assalamu’alaikum
    pak harry, saya minta tolong apakah bapak punya gambar rangkaian pemancar televisi VHF (kalau ada yang menggunakan oscilator Phase Locked Loop). Ini akan saya gunakan sebagai bahan untuk penelitian dan penyusunan skripsi saya. saya menggunakan VHF karena frekuensinya tidak terlalu tingi dibandingkan dengan UHF. Dan situs mana saja yang didalamnya menampilkan desain/ rangkaian pemancar televisi VHF.
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih
    mohon dikirim ke e-mail saya (sipu_t@plasa.com)
    wassalamu’alaikum

    Puas
    Semarang

  17. Saya sdh bikin pemancar televisi lokal di Purwokerto, Batam, pontianak, bandung dan sebentar lagi Insya ALLOH Bali dan Solo. bagi yang berminat ingin konsultasi atau memesan pemancar televisi dapat berhubungan dengan saya Feddy melalui email Hilmy_firdaus@telkom.net. atau di (0281)7604548

  18. saya lagi butuh bahan untuk artikel mengenai:
    1.SKEMA DIAGRAM DARI SEBUAH STASIUN TELEVISI, PERANGKAT TRANSMISI (PEMANCAR, ANTENNA, COAX, TOWER, DLL), BASE STATION,
    – MASTER KONTROL SYSTEM (VIDEO/AUDIO MIXER, VIDEO/AUDIO PLAYER, MONITOR, KOMPUTER, DLL)
    – STUDIO SYSTEM (CAMERA, TRIPOD, LIGHTING, AUDIO CONTROLLING, DLL)
    – EDITING SYSTEM (NON LINEAR EDITING/KOMPUTER, LINEAR EDITING/ANALOG)
    – TRANSPORTASI
    TERIMA KASIH ATAS JAWABANNYA

  19. Kepada yth Bpk Salim, (mohon maaf atas keterlambatan balasannya)
    Sebelum membeli sebuah perangkat transmisi TV ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan, terutama yang berkaiatan dengan produk lokal (buatan dalam negeri) tanpa bermaksud merendahkan produk dalam negeri, al:
    1. Produk Lokal (dalam negeri) umumnya memiliki kelemahan :
    a. Stabilitas Frekuensi nya tidak baik sehingga kadang2 sulit ditangkap oleh televisi bila menggunakan auto scan.
    b. Linearity nya tegolong amatiran sehingga sulit mendapatkan kedalaman video yang betul2 rata, sehingga sering terdengar bunyi dengung pada pesawat penerima saat warna putih ditampilkan.
    c. Tidak memilki protecting terhadap
    – VSWR,
    – No Signal Input Video,
    – Temperature Sense,
    – Dan over drive/current,
    sehingga perangkat tidak memilki “rem” bila terjadi mal fungsi
    d. Umumnya dibuat secara amatiran tanpa memperhatikan kaidah teknis karena alat bantu serta penguasaan teknologi yang dimiliki sangat minim.
    e. Umumnya berumur pendek (dibawah 2 thn) karena sistem pembuangan panas tidak baik.
    f. Power Out yang ditawarkan adalah power semu. misalnya pada brosurnya 300 watt tetapi kenyataannya cuma bisa 150 watt dengan dalih agar perangkat bisa lebih awet.
    2. Produk Lokal Lebih Mahal.
    Produk Lokal yang tergolong baik sampai dengan kekuatan 1KW adalah buatan LEN atau daya sampai 300 watt, buatan Bp. Wagimun di Bandung. Namun bila dibandingkan dengan perangkat produk LN dengan kualitas profesional maka harga produk lokal lebih mahal, misalnya perangkat Transmitter UHF 1.5KW (pemakaian 1KW) dari daratan Eropah cuma Rp. 150 jt sedangkan produk lokal 300 watt (pemakain 200 watt) dengan kwalitas yang lebih rendah ditawarkan kl Rp. 50-80 jt.

    Mengingat kurang etis memaparkan promosi dalam media ini, bila bapak sangat membutuhkan keterangan lebih jelas dapat menghubungi kami di 0819 11 44 57 44.

    Seringnya kami mendapatkan keluhan dari anggota kami (pemilik stasiun tv lokal) tentang buruknya kinerja peralatan yang dimiliki yang umumnya adalah produk lokal, maka kami menghimbau kepada pembuat, perakit perangkat pemancar tv bila ingin meningkatkan kualitas buatannya agar tidak segan2 menghubungi kami untuk mendapatkan bantuan teknis baik peminjaman alat bantu ukur maupun informasi teknologi radio frekuensi.
    Demikian kami sampaikan semoga informasi kami dapat berguna.

    Ir. Aries E. Sebayang
    Konsorsium Industri Televisi Indonesia (KIT-Indo)
    Ketua Umum

    ariessebayang@yahoo.com

  20. Mohon dikirimkan daftar harga dan bentuk antenna untuk pemancar TV serta pemancar TV nya.
    Dapat pula hub kami di nomor telp : +6281-7475-1166

  21. Bagi temen2 penggemar broadcasting dan pingin bikin link audio video microwave kwalitas ekspor tapi dana terbatas Harga seduluran saya punya solusinya dengan memakai modul eks import. jarak bisa mencapai 90km lebih asalkan terbuka tanpa hambatan dengan digital dan sudah sy gunakan utk lik tv lokal sy di beberapa daerah silahkan hub sy Ir Fedy virdaus .SH di (0281) 7604548.

  22. saya kesulitan untuk menaikkan daya pancar tv vhf dari 50 watt ke 100 atau 150 watt.
    Saya sudah memakai transistor C2694 daya yang keluar cuma 30 watt. Apa memang transistor ini tidak bisa dikerjakan di frekuensi itu atau ada hal lain. Mohon info tipe transistor apa yang bisa untuk menaikkan daya di frekuensi ini dan mudah didapat dipasaran.

  23. bagaimana bisa memperlusa menambah daya pancar supaya lebih jauh dan wattnya gede keluarnya, dari sistim Walki talki mini mainan anak, tolong dong buatkan rangkaian penguatnya, (pes jenis ini adalah hadiah pembelian sandal homy ped) dan sekarang sedang digandrungi coba keluarkan di kelurahan kami sebagai pengganti intercom karena pesawat walki talki mainan anak ini dipasaran harganya cuma Rp. 15.000, coba dong buatkan produc yang bisa lebih jauh jangkauanya tapi dengan harga yang miring otomatis akan laku terjual. terim kasih

  24. PLS BroadcastFM Electronics produksi p e m a n c a r FM Rakitan Berkualitas mulai 100W-5Kw/Branded Italy-USA.
    (Excter,BosterMOSFET/Tube,Heliax,Antenna,Studio Audio,Link UHF,KIT MODUL,dll)
    Untuk : PEMDA,SWASTA,KOMUNITAS,DLL.
    Garansi&Handal
    (Insert: TX500W MOSFET)
    Hub: Adhi 031-5947542-08155055757

  25. Yth Bpk Ir. Aries E. Sebayang
    Salam kenal dari saya Arsuhara Yopa nasution.ST.pa aries e.sebayang sebelumnya saya perkenalkan diri nama panggilan saya yopa saya berasal dari tanjung uban bintan utara propinsi kepulauan riau, saya sangat membutuhkan informasi tentang radio pemancar fm, saat ini saya sedang melakukan survey mengenai radio pemancar fm dikarenakan di daerah saya akan membangun stasiun radio pemancar fm mini untuk jarak 20 km, didaerah saya belum ada stasiun radio, melalui salah satu lembaga Lsm saya bermaksud untuk mendirikan stasiun radio FM dengan maksud agar penyebaran informasi di daerah kami dapat didengan sampai kepelosok desa yang sulit dijangkau.saya sangat tidak mengerti mengenai perangkat Fm, meskipun saya lulusan dari fakultas teknik tetapi jurusan saya teknik industri. sekarang saya berada di bandung, saya sudah mensurvey peralatan pemancar Radio FM stereo di daerah cikapundung bandung dengan kekuatan 50 watt dihargai 5 juta rupiah sudah dalam kondisi siap pakai. saya sangat membutuhkan informasi ini dari bapak atau bapak mempunyai informasi tempat yang menjual peralatan tersebut . sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawabannya ……

  26. Yth Bpk Yopa Nasution.,
    Kalau di Cikapundung-Bandung, yang saya tau memang ada beberapa produk lokal tetapi ada satu yg bisa saya rekomendasikan yaitu produknya bp. Hendra… no tel. 0224207590/hp 08122346133Psr. Cikapundung Baru Blok M 11, Lt 2, Jl. Abc Bandung…
    Ada bebarapa catatan saya thd pemancar buatan lokal dengan harga 5 jt-an tadi :
    – Bila merubah frekunesi pemancar dibutuhkan pengesetan/tune terhadap amplifier yang relatif sulit buat kalangan awam.
    – Running powernya hanya sampai 70% dari yag di tawarkan.
    – Tingkat harmonisasi (spleteran) cukup banyak sehingga dapat mengganggu pengguna frekuensi lainnya
    – Daya tahan yang lemah karena penggunaan komponen yang kurang baik
    – Tidak memiliki kontrol pengaman terhadap panas, Vswr dll
    – Kualitas suara yang dihasilkan tdk terlalu jernih
    – Kedalam suara relatif rendah (terutama akan dirasakan pada bass yang terasa datar)

    Sebagai 2nd opinion bapak bisa buka website merk STD di http://www.stdbroad.com (produk china) dengan harga relatif hampir bersaing dengan produk lokal denga mutu yang jauh lebih baik.

    Rasanya bapak akan kesulitan meng-cover area dangan radius 20 km (diameter 40km) dengan perangkat yang hanya berdaya 50 watt. Diperlukan menara yang tinggi (min 60 m) dengan jumlah antenna min 4 buah (single pole, T) agar penutupan area radius 20 km dapat dilakukan dengan baik.

    Dengan mempertimbangkan tingkat optimalisasi anggaran saya sarankan bapak untuk menaikkan power pemancar menjadi 250 watt sehingga tinggi menara dapat diturunkan menjadi 40 meter saja. Setahu saya, Pemancar FM 250 watt komplit (TX 250 watt, antenna 6 buah, Anttena splitter 6 way, Coaxial andrew 7/8″ 65m, Antenna Coaxial Jumper 6 bh, serta Connetor) harganya cuma Rp. 17 jt-an produk Bp. H. AIM (Pondok Kopi -JKT), atau bapak Komeng(Pondok Gede-JKT) juga memiliki kualitas yang cukup baik.

    Sebagai tambahan untuk studio, saya sarankan bapak pakai mixer audio 12 ch with audio processor (1,5jt)+ Composser Limiter (1,3jt)+ Mic (150rb) dr Merk Behringer. Alat ini di bandung agentnya dijalan SOKA atau di Jakarta.

    Demikian Informasi yang bisa saya berikan, bilamana bapak masih memerlukan tambahan dapat menghubungi kami di 0819 11 44 57 44.

    hormat kami,
    ir. aries e. sebayang

  27. Numpang iklan Pak sufehmi, bagi rekan-2 yang membutuhkan pembangunan tower triangle untuk keperluan TV lokal/komunitas atau wireless internet/RTRW net, bisa kontak saya di 0818-0861-4223. segera hubungi yaa……terima kasih . Oiya pak Sufehmi numpang tanya, kalo mau cari pemancar tv UHF mini yang harga dibawah 100 ribuan dimana ya kalo di jakarta…

    0818-0861-4223
    021-9130620

    salam,

    FAUL HUDA

  28. saya sudah pernah order yang mau pemancar TV pilih yang sudah terjamin spare-partnya jangan yang rakitan lokal takut banyak masalah kalau mau coba lihat di :www.icom-indonesia.com
    mudah-muhan ada solusinya

  29. saya sudah pernah order yang mau pemancar TV pilih yang sudah terjamin spare-partnya jangan yang rakitan lokal takut banyak masalah kalau mau coba lihat di :www.ficom-indonesia.com
    mudah-muhan ada solusinya

  30. kalau mau pemancar TV saya bisa bantu dengan harga murah tapi lihat dulu alat-alat yang kita gunakan biar bisa tahu seperti apa sih alat yang kita gunakan ,ini semua spare part asembling buil-up bukan sembarangan rakitan lokal biasa
    cek di : http://www.ficom-indonesia.com

  31. kalau mau pemancar TV saya bisa bantu dengan harga murah tapi lihat dulu alat-alat yang kita gunakan biar bisa tahu seperti apa sih alat yang kita gunakan ,ini semua spare part asembling buil-up bukan sembarangan rakitan lokal biasa
    cek di : http://www.ficom-indonesia.com mudah mudah bisa membantu anda untuk pengadaan pemancar tv

  32. salam kenal,
    mohon bantuannya dari bapak – bapak semua,
    saat ini saya menggunakan kabel coax untuk siaran tv saya, kira – kira peralatan studio apa saja yang cocok untuk tv skala kecamatan seperti yang saya jalankan, sambungan kabel dari rumah ke rumah. saya kesulitan untk menggabungkan gambar dari komputer dengan camera, dan juga kalau dari komputer kirkira harus pakai card atau alat apa saja agar tampilannya bisa tampil dipesawat tv, saat ini saya pakai pineacle, cuman hanya bisa tampil ke tv bila menggunakan programnya, sedangkan untuk tampilan dari program lain tidak bisa ke tv,
    mohon bantuan bapk2 sekalian.
    salam dari maluku utara

  33. oh, juga mohon saran kira – kira apa saja yang harus saya siapkan dan penuhi untuk mendirikan stasiun tv di daerah saya, kebupaten kepulauan sula maluku utara, dan sekiranya ada yang bisa membantu mungkin juga bisa memabntu dalam menyediakan alatnya bisa saya kerja sama, kalau boleh sekalian dengan harganya, sekedar gambaran daerah yang mau saya pancar siaran ini, geogerafisnya datar dan memanjang kurang lebih diameter 5 – 8 km utara selatan dan 1 – 2 km timur barat. kira – kira untukdaerah seperti itu spesifikasi pemancar dan alat seperti apa saja yang saya butuhkan dan biayanya berapa.
    sekali lagi mohon bantuan bapak – bapak sekalian.
    salam dari timur indonesia

  34. yth, bung Abdurrahman duwila.
    Dari penjelasan bapak saya menangkap tv station bapak menggunakan sistem kabel, atau dikenal dgn CATV. Saya coba jawab pertanyaan bapak,

    1. Untuk menggabungkan camera dengan komputer SECARA LIVE (LANGSUNG) diperlukan alat capture (di komputer) yang real time agar computer dapat berfungsi sebagai video mixer. Sebagai contohnya pada perangkat keamanan CCTV. Selain perangkat tsb juga diperlukan software khusus. Saat ini sudah ada dijual/dipasarkan perangkat serta software seperti yang bapak inginkan hanya sayang harganya belum terjangkau utk tv station kecil, berkisar USD $ 7.000. Sehingga salah satu cara yang paling murah saat ini utk menggabungkan input video adalah menggunakan video mixer, yang harganya relatif murah, (K/L Rp. 5 juta).

    2. Atau untuk menggabungkan camera dgn computer juga bisa dilakukan secara RECORDED alias melalui proses editing.

    3. Sepanjang yang saya tahu, pemakain pineacle sebagai card sudah cukup bagus karena support dualview serta ada tv outnya, sehingga bapak sudah bisa menampilkan apa saja dikomputer bapak ke TV, misalnya menggunakan program Windows Media Player, WinAm, DVD Player, Adobe Primier, Vegas,dll. Kalaupun anda tdk bisa menampilkan gambar ke TV kecuali harus menggunakan program bawaan pineacle mungkin anda harus mensetting ulang perangkat VGA card anda.

    4. Untuk mengcover wilayah anda dengan cukup baik, maka diperlukan pemancar dengan kekuatan minimal 100-200 watt (CW) dengan ketinggian tower 45meter. Perkiraan biaya peralatan utk pemacancar 200 watt berikut antena dengan kualitas baik diluar harga tower K/L Rp.125 jt-an.
    Band frekuensi yg digunakan bisa VHF ataupun UHF.

    Demikian kami sampaikan semoga informasi tsb dapat berguna
    salam
    aries sebayang

  35. Salam Kenal
    Saya mau Tanya kepada bapak2 tentang standar peralatan stasiun televisi di baik itu untuk studio,MCR maupun Transmisi.tolong kirimkan jawaban di (dien_achandra@yahoo.com)

  36. mas saya butuh informasi, harga transmiter 100 watt buat tv komunitas di Banten semurah mungkin dan lengkap seperti apa yang di tawarkan mas didit benar ga sih semurah itu saya tertarik sekali terima kasih
    Uib Sholahuddin
    uibnaz@yahoo.com
    Serang BAnten

  37. terima kasih sekali pak arie,

    kalau boleh mungkin bapak bisa gambarkan sedikit tentang video mixer seperti yang bapak sarankan diatas , dan kalau boleh apa bapak bisa membantu saya mendapatkannya / membelinya.

    oya, kalau untuk perizinan TV di daerah tolong bapak bantu bagaimana mekanisme pengurusannya.
    terima kasih sekali atas semua perhatian dan bantuan bapak
    salam dari maluku

  38. Untuk membeli video mixer secara On Line, bisa mengubungi bp. Haryanto, Gobal Tech, Surabaya. Tel.:0816 541 5508, Yahoo ID kho_haryanto2000. Beliau On Line 24 Jam. Beliau melayani pembelian luatr kota.
    Bila diskon yang di berikan tdk terlampau besar, mungkin anda perlu menyebutkan nama saya sebagai rekomendasi, mungkin diskonnya bisa ditambah.

    Terimakasih
    Aries Sebayang

  39. Mohon bantuannya pak aries atau bapak-bapak yang tau mengenai informasi televisi lokal yang dikelola pemerintah daerah, untuk keperluan studi banding. Terima kasih sebelummnya

  40. Selamat Siang Ibu Irene,
    Ada beberapa stasiun tv lokal di Indonesia yang dikelola Pemda, antara lain :
    SJTv, Kab. Bengkalis, Siak TV, Kab. Siak, KaroTV, Kab. Karo, ATV, Kota Batu., BanggaiTv, Kab. Banggai, WamenaTv, Kab. Wamena, dll.
    Namun sepanjang yang saya tahu kalau ingin melakukan studi banding sebaiknya ibu mendatangi ATV, Kota Batu, Malang. Hal ini saya anjurkan karena ATV adalah stasiun tv lokal milik Pemda yang sistemnya paling profesional (tanpa bermaksud ingin menjatuhkan nama tv lokal lainnya) dibandingkan dengan tv lokal lainnya milik pemda yang ada di Indonesia. Hampir 80% TV Lokal milik Pemda yang ada di Indonesia cukup kami kenal satu persatu.
    Selain itu, juga diseputaran Kota Malang banyak stasiun TV Lokal swasta lainnya (ada 7 stasiun) yang dapat dikunjungi.
    Kontak person ATV Bp. Syamsul Bahri Huda, Ka. Dinas Infokom Kota Batu, Tel.: 081 3340 55 955.
    Bilamana memerlukan keterangan lebih lanjut dapat menghubungi kami di 0815 113 48548.
    Terima kasih
    Aries Sebayang

  41. terima sekali lagi pak Arie.
    mohon mantuan bapak mungkin ada sarannya dalam mengurus perizinan bagi siaran tv saya ( bukan pemancar, tapi pakai kabel sebagai medianya )
    terima kasih atas bantuan bapak.

  42. terima kasih, pak arie, saya sudah menghubungi pak haryanto, tapi katanya mau difaks tapi sampai sekarang agaknya sulit masuk kata asisten pak hary, mohon bantuan bapak.

  43. Yth Bp Abd. Duwila

    Kalau melalui fax agak suli, mungkin bpk bisa minta dikirimkan melalui email saja pak.

  44. Saya mau tanya, bagaimana cara menggabungkan acara dari 2 vcd player kedalam 1 cable coaxial? Artinya ada pembeda frekuensi antara vcd1 dan 2 agar dpt mengalir di dalam cable coaxial. Alat apa yang digunakan?Dan bisa didapatkan dimana ya?

  45. mohon bantuannya, saat ini saya menggunakan vga card yang bisa TV out via kabel S Video merk NVIDIA yang 250 mb AGP 8x namun, gambar yang muncul di TV bila dipakai ke AV memang cukup bagus, tetapi bila disambungkan ke switcher buat CCTV hanya berwana hitam putih dan sangat noise padahal kalu disambungkan dari card pinacle hasilnya bagus (cuman kalau pinacle hanya bisa tampil khusus realtime nya pincale, tidak bisa yg lain seperti dvd atau window media player).
    Dan kalau dari TV outnya VGA card tersebut gambar di layar tv sangatlah kabur dan kalau terang warnanya sangat gelap terutama warnmerah yang sangat mendominasi)

    mohon bantuan dari bapak bapak bagaimana caranya agar tampilan bisa normal dan tidak berwarna merah. apakah mungkin saya yang salah dalam setingannya ?.
    mohon pencerahan
    salam dari timur Indonesia.

  46. mohon bantuannya saudara Pung, kalau boleh saya berminat sekali untuk bisa komuniksi dengan bapak, kalau boleh mungkin bisa lewat telp. minta no telp nya pak.

  47. teman-teman ada yang punya sofware palyer tv on air, saya kesulitan mencari, barang kali teman2 punya bisa berbagi
    thank
    Uib Sholahuddin A
    0818910707

  48. @abdurrahman duwila
    coba anda sesuaikan format gambarnya dulu ke PAL-B/G dari output AGP. kalo gak ada warnanya biasanya NTSC kebaca di PAL. sedangkan untuk saturasi warna dan contrast yang kurang sesuai coba pilih2 format PAL yang mendekati (coba2 dari PAL-B samapai PAL-G). kalau bisa sih keluarannya jangan S-Video tapi Composite Out. lebih mudah mengkonversinya (walaupun kualitas gambarnya tidak sebaik S-Video)

    @uib Sholahuddin
    untuk software beginian biasanya sudah di bundel dengan hardwarenya (harganya mahal banget). tapi saat ini untuk TV komunitas yang saya kelola menggunakan VLC (Video Lan Client) softwarenya gratis dan mensupport semua format yang umum digunakan seperti AVI, mpeg, DivX, mp4, mov, rm, dll. serta mendukung codec yang umum dipakai tanpa menggunakan plugins tambahan seperti DivX, x264, Xvid, dll
    bisa di download di http://www.videolan.org

  49. saya pernah diminta memperbaiki pemancar tv buatan LEN Bandung, ternyata setelah saya periksa isinya sangat sederhana yang paling saya sesalkan pemancar berkapasitas 300 watt UHF ternyata outputnya hanya 100 watt malah kurang dari itu dan exciternya tidak menggunakan sistem PLL malah sistem VFO sehingga sangat tidak stabil / sering berubah.
    Dan saya tidak heran mungkin ini yang namanya rakitan,tapi saya tidak mau kalau disamakan semua .
    Pada kenyataannya yang saya asembling sekarang , mungkin namanya rakitan sperti halnya computer rakitan ,tapi semua part pendukung seperti exciter dan amplifier kit saya datangkan dari vendor saya di LN.
    Maka saya bisa menjamin ketahanannya karena bukan hasil eksperimen yang tidak pernah berhasil lalu dijual.
    Untuk itu anda tidak perlu khawatir anda akan mendapatkan apa yang anda mau dengan puas , real seperti apa yang anda minta.
    anda mau yang pemancar TV asembling atau yang full buid up maka akan kita layani
    contact : web.www.ficom-indonesia.com

  50. Saya sekedar mengingatkan kepada rekan2 pedagang, perakit atau apapun itu untuk tidak menyampaikan informasi yang menyesatkan, karena setiap kata ataupun tulisan anda dapat menjadi bumerang bagi anda sesuai dengan perundang2an yang berlaku. UU Perlindungan Konsumen th 2003. Salah satu contoh adalah kasus Alkom Polri, dimana sdr. Henry Siahaan (suami yuni shara) sekarang menjadi pesakitan dengan dakwaan 5 thn ( kalau tidak salah) akibat peralatan yang ditawarkan tidak sesuai promosinya.

    Setahu saya belum ada satupun perakit pemancar tv di Indonesia yang mampu memahami dan membuat pemancar dengan standar profesional. Kalaupun ada yang menyebutkan pabrikan atau perakit lebih tepat sebagai amateur televisi.

    Untuk sdr hendra, semangat berdagang anda sebaiknya jangan terlampau berlebihan apalagi anda sudah mendeskrit kan salah satu produk (LEN) dimana setahu saya produk LEN masih jauh baik dari yang anda buat.

    Saran saya, biarlah pasar yang menentukan produk mana yang paling baik berdasarkan ujian lapangan, dan sdr. hendra, agar kualitas produk anda bisa lebih baik, maka sebaiknya anda menambahkan fasiltas sensor Video Limiter, Over Driven, Load Miss Match, Temperatur sense, Remote, No Signal Video Input, Black 80%, Pre corrector, dll

    Terima Kasih,
    Hormat saya
    Aries sebayang, 0815 113 48548
    cat.:
    Saya pernah datang ke tempat perakitan sdr hendra di daerah rawamangun dan melihat secara langsung fasilitas alat serta hasil produknya.

  51. assalamu’alaikum
    pak harry, saya minta tolong apakah bapak punya rujukan/bahan pemancar televisi UHF . Ini akan saya gunakan sebagai bahan untuk penelitian dan penyusunan skripsi saya. Dan situs mana saja yang didalamnya menampilkan desain rangkaian pemancar televisi UHF.
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih
    mohon dikirim ke e-mail saya (dien_achandra@yahoo.com)
    wassalamu’alaikum

    chandra
    NAD

  52. mohon di kirimin gambar skema vcd dari optik ke output
    terima ksih

  53. Om..tolong carikan artikel / definisi sekilas tentang pemancar AM dong???, aku tunggu kabar secepatnya yah?aku buat untuk tugas akhir

  54. Saya Minta informasi sekilas kepada semua tentang Perbedaan secara teknis antara Pemancar AM dan Pemancar FM, trims

  55. Ada yang bisa bantu informasi dimana bisa dapatkan antena dan booster reciever UHF/VHF yang bagus

  56. pak tlong kirimkan skema tv warna& cara perbaikan dong.saya udah cari di yahoo ato yang lain gak pernah ketemu.tlong ya pak,thank,s

  57. Boleh Numpang Isi : Kebetulan sAYA Nyambi aja di cv.skp Kebetulan juga menerima Jasa ”

    CV.SKP bergerak di Bidang:
    1. jasa proyek TV.Lokal dan Radio
    2. Installasi TV Kabel .dll.

    tapi saya tidak pengambil keputusan dalam proyek tapi mungkin saya disini bisa sedikit sumbang dan saran mungkin bisa menambah pengetahuan dengan bertukar informasi.

    kalau khusus Radio dari info dari PRSSN dan dinas Infokom untuk Kanal Radio dah di batasi 33 Kanal.

    Mungkin Data ini bisa Membantu Membuat Gambaran Rankaian Urut-urutan Piranti Untuk Perencanaan TV Lokal : Parameter dan Impedansi, VSWR. dll dari piranti di sesuaikan oleh Daya (Effektif Radiasi Power) :

    PIRANTI Perancanaan TV Lokal :
    . TV Modulators
    • Converters
    • Low Power Repeaters
    • Solid State Amplifiers
    • Solid State Transmitters etc…

    Saya Tertarik Membahas Prihal “Parameter Frekwensi”. untuk Pemancaran :
    Urutan Frekwensi Mulai dari :
    Sort Wave – (SW)
    Medium Wave- MW)
    Frekwensi Modulation – (FM)
    Very High Frekwensi – (VHF)
    Ultra High Frekwensi – (UHF)
    Super High Frekensi – (SHF)
    Extra High Frekwensi – (EHF)

    Mungkin Pengetahuan soal Frekwensi [penting di buat referensi dalam perencaran teknik Transmisi :
    . Sistem Pengarahan Antena (Bidirectorial atau OmniDirectorial) dan juga Menghitung Rugi-ruginya..

    .memang perhitungan untuk Feedkan Cable Coaxial penting juga
    .pemahaman karakteristik gelombang dan
    .perlunya mengetahui Medan (kondisi alam sekitarnya;Ionospher;Stratospher dll) karena unsur Bumi yang asumsinya datar sebenarnya salah karena mungkin juga adanya gaya gravitasi bumi. lebih pada Wave Propagation (perambatan Gelombang…karena sulitnya pengukuran kebanyakan di gunakan Perbandingan yang sesuai..

    Yang penting tahu Karakteristik Pemilihan Antena dalam beda Fase 1/4 – 5/8 dll satuan Lamda..karena sangat berpengaruh untuk keberhasilan dalam teknik pemancaran gelombang..

    karena sifat gelombang akan membesar seperti kue donat , seperti Balun (karena adanya pengarahan untuk vertikal atau horisontal menimbulkan adanya fase berlawanan dan juga perambatan secara paralel dan pertimbangan ground dan pantulan gelombangnya.

    ada istilah peak to peak dari puncak ke puncak dalam Amplitudo Modulation kalau di lihat dari Frekwensi Analyzer..

    tmk

  58. Ass Wer Wb
    salam kenal buat Bpk.Aries Sebayang Ir.
    Nama saya_Yahya email cv_skp@yahoo.co.id >
    surabaya. 0318710809
    Maaf baru tahuada forum seperti ini. saya kira bisa tukar informasi ke depan.

    cv.eskape;Banyuwangi Pimpinan Bapak Nurcholis. untuk Info Proyek bisa email saya (sdr,Yahya)

  59. dengan hormat,

    mohon kiranya diantara bapak/ibu/saudara dalam forum ini dapat membantu saya dalam menyiapkan permohonan pengajuan izin penyiaran. izin yang saya ingin ajukan adalah untuk siaran tv yang saya selenggarakan di daerah saya, dengan menggunakan tv kabel.
    insya allah saya ada sedikit biaya buat bapak/ibu/saudara yang dapat membantu dalam membuat permohonan izin penyiaran saya.
    atas perhatian dan bantuannya saya sampaikan terima kasih.

    salam dari timur indonesia

  60. Salam
    Pak aries e sebayang, Dengan forum ini para peminat TV, FM broacast mendapatkan informasi yang cemerlang saya setuju.
    namun begitulah bangsa ini….
    saya ingin berdiskusi dengan bapak aries mengenai kepentigan kedua belah pihak antara konsumen dan produsen.
    Banyak di negara ini profesinal yang menggeluti bidang ini, namun selalu di ganjal birokrat (Salah satunya POSTEL)
    walau produk mereka bagus secara teory ataupun hasil lapangan.
    saya ingin memberikan masukan pada bapak untuk reverensi ke konsumen untuk menggunakan product para profesional lokal.
    agar suatu saat nanti bangsa ini menjadi mandiri, dan syukur-syukur hasil produk mereka bersaing di dalam negeri ataupun di luar negeri.

    salam,

  61. ah gile, ini topik lama kok masih rame aja sih ?
    inget, ini bukan FORUM, tapi hanya comment di sebuah blog milik orang lain. jadi saya rasa sudah cukup sampe disini saja. kalo mau diskusi kan bisa di forum …

  62. salam buat semua,

    jangan gitu dong pak ian,
    kalo bukan disini dimana lagi kita ( terutama kami yang awam ini ) bisa saling bertukar informasi dan bertanya.
    tapi bagus juga kalo dibuatkan forum khusus untuk ini.
    mungkin bapak Ian lebih memahami membuat forum.
    terima kasih

  63. Halo Ian, saya tidak keberatan sama sekali kalaupun posting saya ini digunakan untuk berdiskusi mengenai pemancar TV.
    .
    Justru gembira 😀 , dan sambil berharap mudah-mudahan akan terus makin banyak bermunculan stasiun2 TV swadaya di penjuru Indonesia.
    .
    Kepada semua partisipan diskusi, saya ucapkan banyak terimakasih untuk kontribusi informasi Anda disini. Mari kita wujudkan masyarakat Indonesia yang swadaya di segala topik — termasuk media massa / TV. Terimakasih.

  64. saya rasa memang sih forum diskusi tentang beginian masih sedikit. diantaranya ada di http://www.pemancar.com kalo saya pribadi untuk kepentingan TV komunitas disini sih sudah bikin web dan ada forumnya juga.

    @mas harry
    saya rasa TV komunitas sekarang sudah mulai bermunculan (bukan hanya radio saja) tapi sayangnya banyak yang belum mengantongi izin dari pihak KPI (IPP) maupun postel (penggunaan frekuensi). maksud saya kalo diskusinya di forum (bukan di blog) kan lebih leluasa. gitu lho …

  65. pa harry, saya mo nanya kalo kamera P MD 10000 untuk studio tv bisa atau layak ga? terus kebutuhan-kebutuahan peralatan tv dari switcher, vtr, merek dan ukuran apa saja untuk komunitas
    Terma Kasih
    Uib Sholahuddin

  66. saya juga sama dengan pak Uib, akan sangan bermanfaat kalo pak harry berkenan membantu informasi alat – alat dan spesifikasi yang dibutuhkan untuk tv komunitas skala kecil.
    terima kasih.

  67. Kalau untuk TV komunitas di daerah saya sih semuanya serba sederhanya. alat-alatnya :
    1. 2 buah kamera panasonic MD-9000
    2. 2 buah handycam sony Mini DV HC-40e
    3. 2 buah handycam sony HDTV’
    4. 1 buah mixer video 4 ch mereknya ediroll.
    5. 1 buah mixer audio behringer 1832FX-Pro
    6. 2 buah komputer pentium 4 core 2 duo untuk post production.
    7. 1 buah komputer untuk video automation
    8. 2 buah DVD player
    9. beberapa buah microphone
    10. 12 buah walkie talkie
    11. Lampu, genset, kabel dll
    12. terakhir tentunya pemancar TV

    itu semua saya dan rekan – rekan yang mengembangkan. dananya dari warga dan dari usaha video editing, hasilnya lumayan….
    🙂

  68. Met kenal pak ian, sdh bagus ko perangkat2nya,.Audio & vidio dah standart,..Tapi semua kalo tv komunitas di dirikan tidak komersial artinya memang sudah di peruntukkan suatu kebutuhan sosial masyarakat komunitas pasti bagus, tapi kalo memang ada tujuan motiv bisnis untuk mencari Profit Laba,..ya lain lagi,..

    kalo dari kami cv_skp sebetulnya juga berawal sebuah stasiun TV komunitas juga berat pada masa itu untuk menangguyng beban obiaya operasi,..kalo di bilang pada tahun1999,..waktu adanya reformasi perubahan total terjadi,..termasuk dalam hal penyiaran TV,..

    cv_skp juga sebagai bagian perintis juga dan acuan pada tv2 lokal kelas D lainnya,..dan mungkin wilayah2 di Indonesia..pada waktu kami juga di undang oleh yayasan SET yang di pimpin garin nugroho,..untuk menampung aspirasi dari tv2 lokal di daerah,..kalo sekarang sih sudah :
    (120 Lebih stasiun TV lokal di Indonesia) dan untuk TV komunitas belum terhitung,..dan banyak lagi Ijin2 TV lokal yang ngantri…

    saya sharing tujuan tv komunitas dan TV kabel rakyat lebih tepat kepada apa dan arahnya bagaimana?
    mks yahya

  69. Tambahan : Untuk Persaiangan Bisnis TV Kabel di perkotaan di mana Cabel visioN (milik Bp.Peter Gonta) sudah jalan menginvestasikan program TV kabel ke tiap kecamatan2 di surabaya, karena saya dsempat mendapat penjelasan dari perwakilan Cable Vision,., dan juga ada ASTRO (TV Cable) dari Jakarta,..bisa di bilang sekarang Para Pengusaha dari Jakarta sudah banyak melirik Pasar 2 di luar jawa dan jawa sekitarnya,..; di lihat sebagian TV lokal yang ada di jawa timur di miliki pengusaha2 dari jakarta,…

  70. ya memang TV komunitas itu didirikan bukan untuk kepentingan komersial, sehingga sama sekali tidak ada pemasukan dari iklan. nah sebagai sumber dananya dari donatur, iuran warga dan beberapa “bisnis” yang secara langsung tidak ada kaitannya dengan TV komunitas tetapi memang mendanai TV komunitas tersebut. intinya sih hanya menggunakan resource yang ada dan dimanfaatkan semaksimal mungkin.

    sewaktu rapat EDP dengan KPID hal tersebut diperbolehkan selama tidak ada kaitan langsung seperti adanya pemasangan iklan, sponsor acara dll.

  71. oh iya, mungkin saat ini keberadaan TV komunitas bisa dibilang tidak sebanyak radio komunitas karena dari segi infrastruktur memakan biaya yang sangat besar.

    selain itu sepertinya untuk TV lebih rumit dan membutuhkan keahlian yang lebih. selama ini memang kami lebih banyak me-relay acara dari TV edukasi via satelit telkom-II, sedangkan untuk muatan lokal dll masih dibawah 45% karena masih dalam tahap pengembangan, nantinya komposisinya akan seimbang …

  72. salam kenal smuanya, saya seorang mahasiswa elektro, sedang coba2 buat exciter FM namun setelah selesai saya rakit dan saya coba pada penerimanya keluar suara seperti motor boat, ada yang bisa bantu ga? kira2 apa penyebabnya.
    mohon kasi infonya…
    terimankasih.

  73. mas terima kasih, tapi kira-2 peralatan tersebut bisa dapat dibeli di glodok atau dimana. dan 2 buah switcher 4 ch dan 1 buah logo displayer. itu juga berapa harga semuanya

    terim kasih

    Uib Sholahuddin A
    IAIN Banten

  74. Pak hary..saya minta bantuan bapak…apakah bapak punya skema unutk pemancar tv VHF untuk daya 5-10 watta..klo ada kirim ke email saya ya Pak…pak hary makasih bantuannya. email saya : virgo_boys_24@yahoo.com

  75. ada yang bisa bantu mohon spesifikasi transmiter video dari kamera ke video mixer atau tv. dan harganya berapa. karena saya buka usaha video shooting dan sering main dgn 2-3 kamera live on screen. terima kasih bantuanya.
    email saya :harisilhami@yahoo.com

  76. Wah, ramai sekali pembahasan masalah broadcast di sini. Ada yang menawarkan perangkat, ada yang memberikan masukan, ada yang mencari bahan skripsi dll.
    Saya senang mengunjungi website ini banyak ide dan share pengalaman.
    Pak Aries, anda dari Valcom ya … kalau ya pasti ingat saya deh …
    Buat rekan rekan kalau ada waktu mampir ke http://www.pemancar.com ya …

  77. asik juga bagi-bagi pengalaman,tadinya gak disengaja nyasar kesini,aku seorang pemula yg lagi nyari bahan untuk memperbaiki televisi warna.kalau rekan-rekan punya pengalaman dan sudi menyumbangkan ilmunya,kiranya saya di bantu untuk mendapatkan skema CRT televisi warna.Soalnya Starting resistor & transistor tegangan tinggi selalu jebol.tx

  78. Media (blog) ini menjadi ruang komunikasi dan share banyak hal untuk kebutuhan komunitas dalam memperoleh informasi. Harus diakui, secara radikal tv mapun radio komersial telah merusak mental, diajak pemersa untuk lebih banyak bermimpi. Dengan demikian media massa elektronik sebagai alat pencerahan publik menjadi sesuatu yang langka. TPI (televisis pendidikan indonesia) pun dapat kita nilai tingkat edukasi yang mereka tayangkan per jam, jujur aja masih jauh lebih baik seperti yang diperlihatkan tampilannya oleh Metro–terlepas dari orientasi mereka yang profit.
    Salam

  79. bos kirimin skema pemancar tv uhf + antena dan cara buatnya minimal 10 watt buat merelay tvri di daerah garut selatan yg susah nangkap siaran tv terima kasih sebelumnya semoga kita dapat membantu pembangunan di daerah terpencil….

  80. Tadi udah coba comment tp gagal terus, mudah2an ini berhasil. Aku cuman mau berbagi sama rekan-rekan yang mau bikin station TV bahwa kita bisa memakai software video mixer tanpa harus membeli hardware nya seperti DV Mixer Pro dan medialoop. Aku udah download software ini tapi cuman trialnya di : http://www.vanillaon.com dan aku sudah coba, hasilnya lumayan bagus, hanya saja masalahnya di pojok kiri layar itu selalu muncul “vanillaon” dan tidak bisa ditutupi. Jadi rekan-rekan yang mau mencoba silahkan download.
    Trus aku mau nanya nih ada gak yang punya full versinya? bisa dibagi gak? Soalnya mau beli gak cukup modal, harganya mahal, sekitar 700-an dollar. atau kalo ada yang punya aplikasi lain selain DV Mixer atau medialoop, dibagi yach… makasih atas kerjasamanya

  81. mohon bantuan bapak – bapak, saat ini saya sedang membuat siaran lokal di daerah saya menggunakan kabel coaxial yang disambungkan ke rumah – rumah pake booster (televes) dan modulator sebanyak 20 siaran tv yang direlay dari paraola receiver winersat, tetapi saat saya mau menghubungkan dengan komputer pake alat cctv ( ….guard) 4 chanel, tampilan dilkayar selalu muncul noise, semacam semut berbaris putih dan bila melepas sambungan dari computer, gmbar kembali normal. mohon bantuannya. terima kasih. salam dari maluku.

  82. Secara sederhana :

    Semua out put video atau grafik masuk ke input mixer/switcher video misalnya merek panasonic seri MC…… sedangkan output suara dari DVD,VCD, mike masuk ke input mixer audio.

    Selanjutnya output dari switcher dan mixer masuk ke input pemancar……langsung tayang…..ha..ha..ha !

    Bila pakai card vga computer dgn fasilitas TV out untuk tampilkan logo memang bisa tapi hasilnya jelek alias flicker

  83. Sekedar info bukan promosi …..waktu pameran audio visual di stand SONY ada beberapa camera misal D35, trus camera DV P170 ..dll….tapi ada yg baru sangat menarik yaitu sebuah mixer Audio Video yg sangat kecil ukurannya, kira2 sebesar dan mirip Laptop/ notebook berlayar 15 inchi, kalo tdk salah punya fasilaitas input audio video dengan lebih dari 8 input. Dengan software di layar nya saat itu menampilkan monitor2 kecil seperti CCTV realtime dari kanera2 yg di pajang dan yg kualitasnya bagus.

    Jika kita pake ini utk stasiun TV lokal …wah alat sangat mempermudah sekali mewujudkan impian. bayangkan …output dari kamera, video tape/DVD/Betacam, dan dari audio semua dapat diterima, mau kasi logo dan animasi ..sudah disediakan software dan contoh2nya.

    Tipenya AVS…….Mau tau harganya $ 19.000. US Dollar…….
    Bikin pusing kepala…..ha…ha…ha

  84. salam kenal dan sejahtera bagi kita semua
    tolong kirimi saya skema antena penerima uhv yang bisa menerima gambar yang bagus dong

    terima kasih.

  85. Tolong dong kalo ada yang punya materi monitor komputer beserta blok-blok diagramnya..
    saya udh nyoba nyari tapi gak dapet-dapet..

  86. salam kenal dan salam sejahtera ,komonitas tv sangat marak khususnya di daerah penggiran kota. saya lagi experimen pemancar tv uhf 2 watt hasilnya lumayan bagus. saya siap berbagi pengalaman pada rekan rekan. achmad malang .email: ksbfm@yahoo.co.id

  87. 4 tahun lalu saya pernah membeli pemancar dari Haris Sebayang. Rakitan lokal, lumayan bagus

  88. mas sufehmi saya mohon bantuannya, saya mo nanya untuk perencanaan sebuah stasiun televisi apa saja yang perlu dihitung,sperti frekuensi dll. tolong jawabannya dikirim ke email saya: http://www.dyee.83@gmail.com … makasih…..

  89. aslkm.
    pak sufehmi saya sangat2 hobby dgn elektronik dan mencoba utk membuat pemancar fm sendiri,tapi hasil nya kurang memuaskan,dgn daya pancar yg ada pada pemancar saya cuma 35 watt dengan mempergunakan 1 bh pendorong final yaitu 2sc2630.bagai mana cara nya supaya bisa utk janggkauwan nya bisa jauh,kalau sekarang cuma radius 3 km persegi,bisakah pak sufehmi membantu memberikan skema boster yang lebih besar utk daya pencar nya.terima kasih.
    amanah zulhit. ( YD5BDL )

  90. mas bisa bantuin saya ya. begini saya beli pemancar fm stereo 15watt PARAMOUNT tapi cuma 10mw. untuk rangakaian bosternya ngga ada atau untuk menaikkannya jadi 7w atau 15watt saya butuh rangkaiannya atau komponen apa saja untuk rangkaian itu. oh ya cara membuat lilitan ukuran 22uH gimana ya mas. thank’s.

  91. saya tinggal di belitang, oku timur, sumatera selatan dengan wilayah datar, bila ingin mendirikan stasiun televisi lokal yang memiliki daya pancar 20km2, berapa biaya keseluruhan dan peralatan apa yang dibutuhkan serta pesan alatnya dimana, tks

  92. Dimana saya bisa mendapatkan skema utk pemancar fm PLL tv VHF 200Mhz,booster pakai 2sc2782.
    Saya tanya tidak usah yg tinggi2 dulu nanti ndak malah binggung. Frek 200Mhz dulu.
    Antenna yg digunakan.

  93. Tepatnya di Grabag Magelang. Yang bikin pemancar namanya Ro’i. Mulai 2.5 Juta. Bahkan disekitarnya banyak tukang shooting yang pada saat acara umum dipancarkan melaluai pemancar hasil buatannya. Hp nya 081328 5 222 67. Mungkin anda bisa terbantu. Nuwun

  94. pak mohon bantuanya.saya sedang mencoba bikin pemancar TV.kalau Bpk punya skema pemancar TV VHF atau UHF.tolong saya dikirimi lewat hot.cell@yahoo.co.id yg kekuatanya sedang saja 10-20 watt. saya tunggu skemanya.trim.s sebelumya

  95. pak mohon bantuanya.saya sedang mencoba bikin pemancar TV.kalau Bpk punya skema pemancar TV VHF atau UHF.tolong saya dikirimi lewat hot.cellular@gmail.com kekuatanya sedang saja 10-20 watt. saya tunggu skemanya.trim.s sebelumya

  96. Ada juga website bagi professional nuavi.blogspot.com Dia bisa segala macam TV mulai dari pemancar biasa, tv satelit [uplink], digital atau kabel. Boleh coba bapak-bapak. Katanya kontraktornya RRI, TVRI dan TV Swasta Nasional. Good luck, Tq

  97. pak mohon bantuanya.saya sedang mencoba bikin pemancar TV.kalau Bpk punya skema pemancar TV VHF atau UHF.tolong saya dikirimi lewat hot.cellular@gmail.com kekuatanya sedang saja 10-20 watt. saya tunggu skemanya.trim.s sebelumya

  98. pak mohon bantuan, kami sedang merencanakan membuat stasiun TV amatir/ tv komunitas, untuk program siaran pendidikan di sekolah kami. mohon bapak kirimi kami rangkaian pemancar tv uhf 10 – 20 watt lengkap dengan spesifikasi dan datasheet komponennya. mohon dikirim lewat agusbudiutama@yahoo.com. terimakasih. (mohon maaf ada kesalahan alamat email pada pesan yang pertama)

  99. pak kirimi saya info bagamana sy bisa membuat atau mendapatkannya dmana booster penguat penerima receive radio vhf untuk saya pasang pada radio receiver repeater. kirim ke email saya. terimakasih atas bantuannya.

  100. Rencananya Saya mau Buat TV Lokal untuk didaerah saya…
    daerahnya dataran…20 KM..Biaya nya berapa ya? Terus dana nya dari mana? soalnya saya boro-boro buat stasiun TV, Makan aja susah…Kekeek

  101. kami menyediakan paket Pemancar FM Stereo dari 3Watt 7watt,15watt,30watt,50watt,100watt,180watt,300watt,juga menyediakan kit FM seperti stereo encoder, pll, power amplifier dan antena Bagi yang berminat Hubungi
    081210550358 (BP.ADE) HARGA BERSAING
    TERIMA KASIH

  102. Dijual pemancar TV VHF Channel 12 menggunakan Transistor Final C 1972. Rp 3 Jt
    Dijual Processor Quod ( Mixer Video Input 4 Channel, system Digital )
    sumber bisa dari VCD, Komputer atau Handycam. Rp 700 rb
    Dijual Komputer ( cpu ) untuk pemancar radio, dengan program drag list ; music, iklan dan
    presenter yg telah kita rekam,
    akan berjalan semalaman tanpa kita tunggu. Rp 4 Jt. ( Untuk TV Komunitas Rp 10 Jt )
    Hubungi Indra Vision 085228449990 ( Magelang )

  103. assalamualaikum
    salam kenal semua..

    kepada yth bpk Ir. Aries Sebayang
    perkenalkan dulu nama saya mirdha. saya dari aceh.
    saya adlah seorang mahasiswa teknik elektro di salah satu PTN di banda aceh.

    saya sejak dari pertam sekali msk di elektro bercita2 ingin membuat sbuah pemancar fm tapi sampai sekarang belum terwujud.
    saya sempat vakum selama 2 semester. karena itu sekarang saya mau mencoba lagi.
    saya hanya minta rangkaian pemancar fm sekitar 10w beserta komponen2nya kalau bisa dengan harganya ya pak.

    dikirim ke email : mirdha_elec@yahoo.com
    terima kasih banyak……

    assalamuaikum..

  104. Ass.
    Temen-2, perkenalkan nama saya bambang dwi p, saya sedang ingin memebuat RTTV di kompleks perumahan saya, mohon dibantu untuk segala informasinya. rencananya saya menggunakn transmitter tv 10 Watt. kirim ke firza24@plasa.com

    thanks

  105. Yth. Rekan2..

    Mengingat banyaknya permintaan dari rekan2 tentang rangkain pemancar TV dll. maka saya coba menulis beberapa hal tentang teknis maupun regulasi yang dapat di akses di http://ariessebayang.blogspot.com/

    Mengingat waktu kami yang terbatas maka kami upload tulisan kami lakukan secara bertahap sehingga para peminat agak sedikit sabar.

    Kepada sdr. Sufehmi, bila anda tidak keberatan saya ingin memasukkan blog anda kedalam link blog saya sehingga komunitas tv bisa mendapatkan data sebanyak-banyaknya.

    Terima Kasih

    Aries Sebayang

  106. Dear Pak Aries, saya justru sangat gembira bahwa Anda mau / bisa meluangkan waktu berbagi ilmunya untuk kita semua.
    .
    Atas nama rekan-rekan lainnya, saya mengucapkan banyak terimakasih.
    .
    Semoga RT-TV / TV independen terus semakin merebak di Indonesia, amin!

  107. mas mau nanya apakan ke ungulan dan kejelekan anten pengarah ,pemancar fm saya pakai anten vfa-58 dari aircom dan kebanyakan skrg di kota saya banyak teman2 menggunakan anten pengarah apa kelebihanya….

  108. Pak Aris yang saya hormati. Saya salut atas komentar Bapak tentang banyaknya keinginan teman-teman mengenai TV komunitas. masalahnya seperti kita tau di negeri ini, transparansi dari pihak yang diberi kepercayaan seperti KPID belum bisa di pegang. Misalnya alokasi frequensi yang masih tersedia. sementara bagi peminat jika mengacu UU PENYIARAN NO 32, harus menyiapkan infastruktur terlebih dahulu. pertanyaannya adalah mungkinkah kita menggunakan perangkat sementara dengan frequensi berbeda untuk uji coba, dan melihat respon publik, mengingat sebuah media publik terutama untuk publik, bukan untuk KPID. Terima kasih atas jawabannya.

  109. Saya Agus, di Lampung timur.Saya ingin sekali membuat stasiun TV lokal radius 50km,mohon informasi selengkapnya dan biaya yg dibutuhkan. hub saya di 081369094999

  110. saya lagii bikin nih pemancar buat vcd dan dvd gw ,biar tetanga 2 saya pada nonton juga bebarengan tampa harus kerumah saya, tapi lagii tahap percobaan nih buat jarak rendah dulu sekitar 10 meter,dan ternyata sukses ,,

  111. Mas, tolong rekomendasi pemancar FM apa ang kira-kira standard untuk pemakaian 1000 watts. Apa harus builtup bosternya…?
    Thank,
    Salam

  112. Kami menyediakan Module Exiter utk Pemancar TV VHF , yg sering dipakai Teman2 utk dikuatkan Powernya,

    sudah PLL , dengan LCD display, channel bisa tinggal di putar dari channel 9 – channel 12

    Power = 3 – 5 watt

    Hanya 2.7 juta

    Murah Sekali,, Buruan deh, stock tinggal sedikit..

    http://giantcommunication.indonetwork.co.id

    Please call 0818 0800 5248

  113. Salam Kenal utk semua kawan2
    Kami telah mengimport beberapa modul dan modulator dari Luar Negeri, dengan hasil yang sangat baik,

    bagi teman2 yang berminat untuk memiliki Pemancar TV atau FM , kalau dipersilahkan , saya ingin memberikan penawaran kepada saudara saudari semua ,

    dan yang lebih menarik, barang2 kami semuanya Ready Stock, dari pemancar FM dan TV dan juga peralatan amateur radio

    silahkan hubungi saya permadi 0818 0800 5248
    salam sahabat dari saya

  114. pak saya sedang menghadapi proyek akhir judulnya saklar wireless dengan jarak 500 meter untuk menghidupkan 3 beban (lampu, radio, kipas angin )dengan mengunakan FM.kl bapak tahu ada toko yang jual alat ini tolong emailke aq pak, kl tidak ada tolong kirim skema rangkaian penguat RF / BOOSTER untuk FM yang jarak pancarnya sampai 600 meter dan sekalian pak tolong bantu carike toko yang jual Penguat RF / BOOSTER Langsung jadi. tOLONG emailke ricky_purba_d3_telcom@yahoo.co.id. saya sangat berharap dari bapak

  115. Sy membutuhkan STL (studio Transmitter Link Built up> hub 0811381002

  116. Pak kmaren saya buat pemancar vhf pakai kamera cctv jangkauanya hanya sktar 15 meter, biar bsa lebih jauh lagi ditambah apa ya Pak, klo ada rangkaianya bsa dikirim ke ahmad_eta2005@yahoo.co.id . ditunggu ya

  117. Nuwun sewu pak harry dan temen2,kami dari SAM BROADCAST asli SEMARANG JAWA TENGAH menerima pesanan rakit lokal pemancar fm,pemancar tv,stl uhf,vhf dari low-high power,barbagai macam antena,tower,special harga khusus untuk radio komunitas,murah berkualitas,juga menerima service pemancar baik lokal atau built up utk dalam kota,luar kota,luar pulau,pengalaman kerja teknisi dari beberapa radio station komersial dan tv ,telp.=syam=085226140989,flexi=02470567599,fren=088802411389,jl.keruing barat dalam 1 no=84 banyumanik-semarang 50263,matur suwun pak harry dan temen2

  118. pak andhy atau temen2 yg lain butuh stl built up’ada sinteck brasil atau yg lebih murah’mirip built up tapi produk lokal juga ada,hub=SAM BROADCAST=Syam=085226140989,flexi=02470567599,fren=088802411389,jl.keruing barat dalam 1 no=84 banyumanik semarang 50263,terima kasih

  119. saya kemarin baru pulang dari Bukit Besuki kediri Pak Ir.Aris Sebayang dicari sama customer dari sana saya tak perlu sebutkan masalahnya disini nanti tidak etis pula,tapi yang jelas kata rekan Sdr.Joni dan Mike Pak.Aries ditunggu kedatangan nya di kediri untuk bertanggung jawab atas pemancar yang disupply sama Bapak Ir.Aris sebayang

  120. @Hendra – blog saya bukan tempat untuk menjelek2an kompetitor Anda.
    .
    Aries sebayang sudah mencantumkan berbagai informasi kontaknya disini – website, email, handphone.
    .
    Jika ada masalah, Anda bisa dengan mudah langsung menghubungi ybs.
    .
    Harap bisa menjadi perhatian Anda. Terimakasih.

  121. Salam sejahtera utk Bung Harry Sufehmi & segenap penikmat blog ini…
    Semakin banyak membaca tentunya semakin bertambah khasanah wawasan kita, asalkan yg dibaca terbebas dari virus… (virus iri & dengki).

    Perkenankan bila saya menawarkan jasa teknik & aneka ragam spare part utk keperluan FM & TV Broadcast, baik yg amateur maupun professional.

    Cakupan yg bisa ter-handle antara lain:
    -Repair & Programming HT & RIG produk Motorola, Icom, Alinco, Kenwood, Yaesu, Codan, Furuno, Furincom, HYT, BFDX, WeirWei, StarCom, Ucom, Alcatel, Standard, dll.
    -Upload & download data dari/ke EPROM/EEPROM/MCU.
    -Buka protect/unlock Level-1/2/3 EPROM, EEPROM, Microcontroller (PAL, GAL, PIC series).
    -Reseller Aktif component (transistor, dioda, Microprocessor, Microcontroller, EPROM, EEPROM, RAM, IC TTL/CMOS, IC Linear/Non Linear).
    -Reseller Pasif component (Resistor, Capacitor, Induktor, Transformator).
    -Reseller equipment PLL FM, FM Transmitter, FM Amplifier.
    -Reseller equipment TV Transmitter, TV Amplifier.
    -Reseller equipment FM/TV STL baik point to point, maupun via satelit.

    Bila terluang sedikt waktu silahkan tengok ke:
    http://indonetwork.co.id/bram-electronic

    Dengan senang hati akan saya layani segenap yang Anda inginkan via 0341-7008185 atau 0815.311.1774.

    Serta akan saya simpan segenap arsip yg telah Anda kirimkan via 0341-391521.

    “…63-tahoen jang laloe, segenap Pejoeang dengan Bamboe Roentjing bisa mengoesir pendjadjah dari boemi Indonesia…!”
    “Mengapa sekarang Senapan, Komputer dan Handphone tidak begitu berdaya mengurangi kemiskinan di negeri ini..?”
    Jawabnya, ada dalam diri kita masing-masing.
    Salam.

  122. wah,rame juga ya.sy coba buka,ternyata teman2 ngumpul di sini.

  123. Para pecinta electronic bisa surf ke http://iloveelectronic.blogspot.com dan yang suka dowload2an go to http://nichefree.blogspot.com.
    Salam electronic.

    Yang suka pemancar TV rakit lokal part & module import with best quality go to http://ficom-indonesia.com.

    Saya sudah coba pasang TV Lokal Relay di Kota Toboali Propinsi 2 unit 50W. Udah hampir 4 tahun masih ok! Recomended one! Saya lagi pesen untuk TV link for local coverage.

    Hebat juga nih blog. Salam buat Pak Harry Sufehmi, Ya!

  124. wah hebat juga daffa alias hendra ini.sudah install pemancar dimana-mana.2 unit sekaligus 50 watt

  125. Salam kenal dr Masohi, maluku tengah !
    Mengapa pemancar saya pd radio monitor berdengung ? Bagaimana cara mengilangkan atau paling tdk mengurangi dengungan tsb ? Dan mengapa pemancar saya frekuensinya suka lari2 ?Apa yg harus saya lakukan ? Dan satu hal lagi,pada pemancar Saya ditulis berdaya 7 watt dgn transistor final c1970, apakagh benar ?

  126. Mohon promo. Salam kenal saya Ronald. Bekerja di PT. PARADIGMA FILM’S, bertempat di Cipete Jakarta Selatan. Untuk anda yang sudah memiliki TV LOKAL dan mengalami stag dalam content program dapat konsultasi dengan kami. Anda dapat menghubungi kami di 081318409064 atau kirim email ke : mr.ronald_b@yahoo.co.id. Terima kasih

  127. pak hary….
    saya ingin tanya tentang pemancar fm paramount 10 mhw
    dan saya sudah beli komponen transistor c 2053 c 1970 dan c 1972
    tapi ketika saya pasang bosternya activ tapi panas dan frekwensi sangat lebar tidak fokus apakah salah gulungan kumparannya ? atau salah transistornya…saya minta tolong untuk fm tx merek paramount stereo transistor apa yg di perlukan dan berapa ukuran kawat,diameter,dan jumlah gulungannya….? atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

  128. Selamat berpuasa buat Teman-teman yang menunaikan ibadah Puasa.

    salam.

  129. sy kesulitan nyari tower buat di pasang di OB-van.ada yang bisa kasi informasi?

  130. Banyak juga, disini yang jualan kacang goreng, pinter lagi cara menjajakannya. Maklumlah mereka bukan yang mengoreng kacangnya. Jadi kacangnya digoreng sama orang lain.

    Pertanyaannya?

    Kalo produk kacangnya dikomplain sama pembelinya, sejauh mana anda bisa bertanggung jawab?

    Apalagi kalo pembeli mengembalikan KACANGnya, enggak bakalan dech dibalikin lagi tuh kacang.

    Ada yang mengerasa JUALAN KACANG?

    Mendingan jualan KEJU aja sekalian di WEBSITE GRATISAN

    Ibarat PEMANCAR, mereka cuma jualan BOOSTER/RF AMPLIFIER tanpa FILTER sama sekali.

    Mereka TIDAK MENGERTI SAMA SEKALI TENTANG REAL SPECTRUM FREQUENCY, tapi ngomong SPECTRUM ANALYZER segala.

    Sekali lagi CUMA JUALAN KACANG – BUKAN JUALAN SYSTEM PEMANCAR.

    YANG LUCUNYA JUALAN KACANG DI JAKARTA, GORENG KACANGnya DI TEGAL. Kalo enggak enak kacangmya yang jual kacang cuma memberi no. HP yang NGEGORENG KACANG

    “INI NAMANYA BISNIS KACANG GORENG”

    BERHARAP LAKU KERAS KAYAK JUALAN KACANG, 3 HARI KEMUDIAN KACANG UDAH ENGGAK ENAK TUH.

  131. Setujuuuu !!!!!!!!!!!!!!

    Teman2 yang mau beli pemancar TV dan FM, sebaiknya datang dulu ke kantornya, yang menjual barang tersebut,
    jangan seperti beli kacang,, Ya tau sendiri, yang jual kacang bilang, kacangnya bisa paling bagus, padahal kacangnya kacang hutangan dari orang lain,
    Kacang Bogor, dibilang Kacang Jepang, ya itu namanya penipuan donk,,
    Dan pasti si tukang kacang akan bilang kalau kacang penjual lain adalah kacang jelek, formalin, busuk, atau apalah,

    Coba, pembeli diharap datang dahulu ke kantor penjualnya,

    Lihat peralatannya, seperti:

    SPECTRUM ANALYZER ,
    SITE MASTER ,
    POWER METER ,
    Peralatan modul2 build up nya,
    APAKAH semuanya ada, dan ready stock,

    Lihat apakah Kantornya ada, atau hanya Fiktif, dan Tanya2 dahulu, ke beberapa Penjual pemancar, jangan Cuma Satu,, hehehe Berbahaya,
    Pasti Pembeli pada kaget, dan terkesima, sebab semua penjualnya pada pinter ngomong, Coba tolong dibuktikan dahulu, Datang dulu ke kantornya,, Lihat dulu peralatannya, Apakah memadai, atau hanya pinter ngomong,,

    lihat dahulu, apakah parts2 nya ada Ready Stock, jangan2 dia cuma Calo Kacang, hehehehehe

    Harap yang mau beli kacang emas, coba lihat2 dahulu, minimal, ke 5 penjual,
    datangi saja kantor dari ke 5 penjual itu,

    Maka anda akan terkesima, apa yang terjadi ,,

    Aya Aya Wae ini ,, hahahaha

  132. Para calon Pembeli Pemancar TV dan FM, tenang saja, kalau anda tenang dan santai, melihat2 semua penjual dulu, anda akan aman, kalau anda langsung datang langsung beli, maka sering terjadi penyesalan.

    http://www.alatkomunikasi.com (dlm Konstruksi 75%)

    Powered by Mynts ( pembuat website E-Learning Garuda Indonesia)

  133. Para calon Pembeli Pemancar TV dan FM, tenang saja, kalau anda tenang dan santai, melihat2 semua penjual dulu, anda akan aman, kalau anda langsung datang langsung beli, maka sering terjadi penyesalan.

    http://www.alatkomunikasi.com (dlm Konstruksi 75%)

    Supported by Mynts ( pembuat website E-Learning Garuda Indonesia )

  134. Ayo masih ada lagi yang mau jualan kacang?

    Punya spectrum Analyzer, bukan jaminan produk kacangnya bagus, lho. Saya katakan menjual “SYSTEM”. Kalo gitu, agar saya bisa menjadi penjual “KACANG YANG SUKSES”, saya mesti majangin:

    SPECTRUM ANALYZER ,
    SITE MASTER ,
    POWER METER ,

    (banyak juga jualan yang rongsokan di “PONCOL”, buat dipajangin sih bisa aja, apalagi difoto terus dipajangan di situs kacangnya}

    Jadi, kacangnya enggak bagus dijual juga, ITU SIH CUMA “JUALAN”, BUKAN “SYSTEM”. Asal enggak malu menjajakannya saja.

    Masalah situs gratisan itu tidak masalah buat jualan kacang, tapi yang penting bagaimana “PEMBELI KACANG” puas dengan layanan “PENJUAL KACANG”. Adanya “KACANG AFTER SALES SERVICE” gitu lho!, terserah itu untuk jenis KACANG REBUS, KACANG GORENG, KACANG KEJU atau sekaligus “KACANG ASIIIN” apalgi KACANGNYA GARUDA. Ha haa haaaaa

  135. Hi semuanya, apa ada rekan2 yg bisa memberikan informasi harga untuk Spectrum analyzer,site meter, Power meter Bird, Field streng meter dan analyzer ant? andhyez@gmail.com

  136. Pak Andhy, saya kebetulan ada sitemaster S331A mau saya jual, 30 juta , second, anda boleh check, alasan saya menjual ini sebab saya mau beli yang S332D ,
    S331A harga barunya, bisa mencapai 60jutaan,
    berguna sekali kalau anda ingin membuat antenna sampai 3000 Mhz,
    saya sendiri memakai utk membuat antenna link TV pada 1.2Ghz dan 2.4 Gz wifi

    utk Spectrum, saya menjual merek anritsu, begitu beli langsung dikalibrasi di luar negeri, dan nunggu 2 minggu,

    Kalau Power Meter bird, saya ada ready stock yang memakai Kancing broadband bisa sampai 1000Mhz, dan scalenya dari 15 watt sampai 1500Watt.

    Call me 081808005248

    or

    http://WWW.ALATKOMUNIKASI.COM

  137. Hati-hati dengan orang yang suka menjelek-jelekan orang lain, karena sesungguhnya hanya untuk menutupi kejelekannya sendiri.
    Hati-hati dengan yang menawarkan product dengan janji dan kata2 yang manis dan terbaik, seolah-olah product dia lah yang paling baik dan sempurna, karena biasanya productnya tidak berkwalitas.
    Hati-hati dengan orang yang sok tahu, karena orang2 spt ini tdk akan tahu detailnya tapi sok ngotot..
    Terakhir hati-hatilah membeli product kepada orang yang reputasi dan track recordnya tidak baik. silahkan tanya keteman-teman dulu mana penjual yang beneran dan mana yang cuma tukang tipu…
    Dengan senang hati kami akan membantu

  138. Dear Daffa, benar apa yang anda katakan:

    “Masalah situs gratisan itu tidak masalah buat jualan kacang, tapi yang penting bagaimana “PEMBELI KACANG” puas dengan layanan “PENJUAL KACANG”. Adanya “KACANG AFTER SALES SERVICE” gitu lho!, terserah itu untuk jenis KACANG REBUS, KACANG GORENG, KACANG KEJU atau sekaligus “KACANG ASIIIN” apalgi KACANGNYA GARUDA. Ha haa haaaaa”

    situs gratisan kaga masalah, tapi itu merupakan sebuah entity, kalo bagi saya gratisan merupakan awal, jika sudah berkembang sudah selaiknya anda memiliki entity sendiri…. market yang akan menentukan beli dimana, tapi kalau saya sebagai user, ingin membeli barang mahal dimana ada 2 orang menjual barang yang sama,dimana yang 1 memiliki entity, yang 1 lagi hanya bisa cuap cuap di situs gratisan, saya akan pilih yang punya entity…

    biarlah market yang menentukan….

    saya yakin portfolio, partner, principal, dan client akan sangat berpengaruh, bukan sekedar cuap2 sok ahli, aftersales bagus dll….

    anda mungkin bisa hidup dengan yang gratisan, tapi bila ingin menjadi besar harus ada entity sendiri…..

  139. Dear All , terutama pak Hendra ato pak Daffa,

    saya menemukan keganjilan pada website anda… :
    http://www.ficom-indonesia.com, pada menu profil perusahaan disitu dikatakan “PT. Ficom-Indonesia Tbk, adalah perintis perusahaan di bidang RF-design dan spesialist di bidang Pemancar TV dan FM Radio.”

    Kebetulan saya maen saham, tapi tidak pernah denger Ficom Indonesia,Tbk… itu ngaku2 perusahaan terbuka, tidak mengerti arti kata “Tbk” ato gimana pak, bisa tolong dijelaskan……

    soalnya akhir2 ini banyak website penipu…. saya takut sekali ditipu….

    Apalagi kalo liat no kontek personnya HP doank, baru kali ini saya nemuin perusahaan terbuka pake no HP, biasa hunting beberapa line…. malah menimbulkan pertanyaan di diri saya, jangan2 uda PT aja belum, kok ngaku2 Tbk…..

    tolong dijawab pak Daffa, terima kasih….

  140. Terima kasih Pak Harry, Pemancar TV UHF 50W yg sy pesan dr Anda bekerja dg baik, doain aja mudah2an proposal pemancar yg 600W goal dalam waktu dekat ini

  141. pusing oy …ada radio gelap muncul dengan frekuensi beda satu kisi aja haduh menganggu banget padahal masih banyak aja kanal kosong… ada yang jual boster 100watt ga yang murah lah infoin yah 085246321342

  142. Pak Hendy, Biasanya perusahaan seperti itu adalah perusahaan fiktif. Biasanya Presiden Director, Director, Manager, karyawan sampai office boy di handle sendirian…
    Apa ya bisa dipercaya ya ????

  143. sebaiknya tidak perlu beradu argumen mengenai masalah teknis, ada hal lain yang lebih krusial untuk dipikirkan mengenai aspek manajerial, sustainabilitas, aspek legal dll.

    saat ini sudah banyak TV kounitas bermunculan,
    ada madani tv di depok,
    Rajawali TV di bandung (www.rajawalitv.web.id)
    dll …

    Asosiasi televisi komunitas juga sudah terbentuk (www.atvki.or.id)

  144. saudara-2 ku semua kita jangan terlalu menjelek-jelekkan atau menjatuhkan pamor seseorang,yang penting sekarang apabila ada yang mau beli pemancar atau tidak biarlah konsumen yang menentukan.karena keberhasilan Pak Hendra sekarang sedang mendapat sorotan yang tajam karena keberhasilan project yang di kerjakannya.dan sekali lagi apabila anda merasa kurang puas dengan beliau anda langsung saja telp,kan ada alamat kantor maupun HP tertulis di http://www.ficom-indonesia.com

  145. Iya, pada ngurusin orang, masalah saham segala, karyawan. Nih orang kagak bener nih. Ini forum seharusnya bisa memberi solusi bagi informasi dan permasalahan teknis untuk pemancar.

    Hoi, Bung! kalo ngurus saham jangan disini. Kagak sekolah nih orang, katenya ngurusin BURSA SAHAM.

    Kayaknya kamu jualan kagak laku-laku, ya! Ciaaan deh lu!

  146. hati-hati dengan perusahaan yg mengatasnamakan RF DESIGN. Kemudian megumbar telah berpengalaman.

    di dalam dunia RF DESIGN, akan kental sekali istilah GAIN, RF RESPONSE, INTERMODULASI, HARMONIK, SPURIOUS,SWR, CABLE LOSS, IMPEDANSI, RETURN LOSS.

    Nah bagaimana kita mengetahui nilai parameter-parameter tsb diatas?
    Nilai tsb hanya bisa diketahui dengan penggunaan alat seperti :
    SPEKTRUM FRFEKUENSI, NETWORK ANALYZER, SITE ANALYZER,
    TEST PATTERN, RECEIVE DEMODULATOR dlsb
    Akan mustahil sekali, sebuah perusahaan yg katanya Berpengalaman, bahkan mengclaim diri ahli di bidang DESIGN RF, tetapi tidak mempunyai peralatan seperti saya sebutkan diatas.

    Untuk itu kepada rekan-rekan kiranya ketika akan berbisnis di bidang Penyiaran, akan baik sekali pabila memperhatikan :

    1. workshop yg dilengkapi perlengkapan instrument yang baik
    2. After sales, ketika barang yang kita beli ada masalah
    3. Bila dia menjual Barang built up, apakah dia itu sebagai sole distributor di indonesia
    4. Akan lebih baik, bila si suplier menjual pemancar yg dijual telah mendapatkan sertifikasi dari BALMON (UUD TELEKOMUNIKASI)
    5. Jangan terkecoh dengan WEBSITE. Kalau perlu datangi alamatnya

    demikian, semoga bermanfaat.
    Mohon maaf pabila ada berkenan.
    Mohon maaf lahir batin. Saya berharap rekan-rekan (termasuk saya) lebih memperhatikan ETIKA BISNIS. Dengan memperhatikan etika bisnis, semoga semua dapat berjalan dengan baik serta tidak saling meng CLAIM dirinya yang TERBAIK, BERPENGALAMAN, PERINTIS YG PERTAMA.

  147. Ya, saya pikir ini masukan yang cukup bagus. Apapun motivasi Anda, saya yakin Anda juga bergerak di bidang yang seperti Anda sebut.

    Apa sudah ada “ETIKA BISNIS” itu?, kalo asosiasinya aja belum ada. Buktinya saja pembeli masih pada kebingungan untuk mengambil keputusan pembelian.

    Jadi kesimpulan saya saat ini: Pembeli yang AWAM yang lebih merasa PUAS dengan kondisi real di Lapanganlah, yg menentukan apakah perangkat itu bagus atau tidak menurut anggapan mereka. Sederhana kata : TV-nya kayak punya RCTI atau INDOSIAR, baguus, enggak ngenganggu alias interference

    Karena bicara RF DESIGN, akan kental sekali istilah GAIN, RF RESPONSE, INTERMODULASI, HARMONIK, SPURIOUS,SWR, CABLE LOSS, IMPEDANSI, RETURN LOSS. tidak membuat para PEMBELI PERCAYA, WONG MEREKA AJA ENGGAK TAHU KOK?

    Mohon maaf lahir bathin, semoga ada solusi ke depan yang baik untuk semua. Jadi tidak pernah ada kalimat kita yang cenderung mendiskreditkan pihak lain.

  148. memang jika kita mau berbisnis yang paling penting adalah etika bisnis yang bermoral,yaitu tidak menebang kepala teman dari belakang, itu tidak lebih dari penjahat perang. sudah dibantu tapi juga ditikam dari belakang.mengenai istilah-istilah RF kita tidak perlu khawatir. peralatan pengukuran ada dimana -mana, di balmon apalagi kita siap di uji sampai dimana pengukuran jika diperlukan. jangankan alamat kantor dan workshop sekalian dengan referensi pengguna pun terhadap konsumen siap kita berikan agar bisa dicek langsung, bagaimana produk kita telah digunakan HUB.saya di 0818-624925.
    Jadi janganlah berputar kemana mana lagi berbicara apabila sudah merasa salah dan jatuh pamor ini akibat perbuatan kita sendiri.Maka berhati-hatilah jika bertindak jangan sampai salah langkah,nanti kita sendiri yang rugi.

  149. Kayaknya udah jelas posisinya, kenapa bicara mengenai ETIKA BISNIS.

    Ini ETIKA BISNIS – SALAH KAPRAH

    Bicara ETIKA BISNIS Langsung “10” bukan dari “0”

    Jadinya “RETURN LOSS”

    Abis SPECTRUM-nya di enggak analyze dulu, sebelum di TRANSMIT. Nanti bisa membawa SPURIOUS di 2ND, 3TH ORDER-nya.

    Syukur-syukur masih dapet ORDER, kali!

  150. Dear All,
    .
    Jika mengaku Tbk (perusahaan terbuka), tentu berarti bisa dibuktikan dengan keberadaannya di pasar saham.
    .
    Saat ini situs FICOM sedang tidak bisa diakses. Sebagai gantinya, klaim FICOM sebagai perusahaan terbuka bisa dilihat disini.
    .
    Saya kira penting klaim tersebut untuk diklarifikasi, dengan ini saya persilahkan.
    .
    Bersama dengan ini saya juga menghimbau agar kita semua bisa berdiskusi dengan santun.
    .
    Kepada semua yang telah berkontribusi di diskusi ini, saya ucapkan banyak terimakasih.
    .
    Kepada ian, saya ucapkan terimakasih secara khusus karena telah menginformasikan mengenai asosiasi tv komunitas. Saya doakan semoga sukses !
    .
    Terimakasih.

  151. BALMON atau BALAI MONITORING SPEKTRUM FREKUENSI DAN ORBIT SATELIT hanya bertugas melalukan survey kanalisasi peruntukan frekuensi. Menurut UUD Telekomunikasi pembagian spektrum Frekeuensi diatur. Menurut KM 15 2002 (utk FM) dan KM76 2002 (Untuk TV) kanal frekuensi sudah ditentukan. Badan ini bersama-sama dengan KOMISI PENYIARAN INDONESIA melakukan survey di lapangan untuk uji kelayakan sebuah lembaga Penyiaran. Jadi tugas mereka cukup lumayan sibuk. dengan demikian tidak serta-merta kita dengan mudah misalnya “minjem” peralatan. Dan memang lembaga RESMI tsb bukan digunakan untuk “PINJAM-MEMINJAM”.

    Untuk Pak Harry . Workshop anda di jakarta cukup baik. Oleh sebab itu hampir segala kebutuhan saya di bidang RF di provide olehnya.

    Contoh mengapa saya senang membeli barang di tempat tsb karena tersedia intrument yg baik jadi langsung cek, tak perlu “pinjam” dulu ke BALMON. Pallet RF selalu cek dengan spektrum miliknya. Saya cek GAIN, Bandwidth, dan power sinyc nya. Karena menurut saya, barang yang dijual harus sesuai dengan spek factory.

    Terima kasih.
    semoga bermanfaat, dan mohon maaf lahir batin
    Kami mengucapkan mari kita memaafkan antar sesama. Bulan Ramadhan beberapa hari lagi, tingkatkan amal ibadah kita.Jangan lewatkan RAMADHAN yg penuh berkah.

    Statement ini bukanlah dendam semata. Semoga ada hikmah yg dapat kita petik, dan memberikan pelajaran bahwa di dunia ini BUKAN KITA YANG PALING PINTAR, PALING BAIK, dan meng CLAIM HANYA KITA YANG BISA. atau PALING BERPENGALAMAN.

    Untuk pak Aris Sebayang salam dari kami. Saya akan support anda. Dari beberapa rekan di BLOG ini yg mengatakan anda dicari oleh temen2 di kediri, itu sungguh keliru dan kesalahan besar, apalagi anda seperti disalahkan tanpa sebab. Saya sedang ada pek di kediri pak. Dan saya menganggap anda “CLEAR’ di sana. Dengan demikian tetaplah berbisnis pak. Jangan ragu. Kami senang dengan siapapun sesama “pedagang” yang tidak menjelekkan apalgi “FITNAH”. Semakin bertambahnya para “pemain” broadcast di Tanah air ini, semakin semarak menumbuhkan perekonomian. Sehingga kita sesama masih bisa membantu memberikan pekerjaan kpd yg membutuhkan. Biarkan pada kompetitor yg “haus” akan mencela atau menjelekkan yg lain. Broadcast itu sempit. Dan saya percaya bagi “pemain” broadcast yg “haus” mencela umurnya pendek dan tentunya KAGAK BERKAH………..

  152. Pa kbr Pak Borman. Senang kita akan share nih. Bila berkenan pula,
    akan lebih baik anda pun share ke saya. Memang benar,
    audiensi tidaklah berpikir masalah ke teknis. Dia hanya tau
    bagaimana Gambar dan suara diterima baik. Statement saya
    kemarin adalah BAGI PARA DESIGN RF. Bukan masuk koridor
    audiensi penonton. Hal yng lumrah menurut saya bagi
    PARA DESIGN RF itu diwajibkan Mempunyai Instrument.
    Simple saja, bagaimana menurut anda ketika
    akan mendesign penguat RF yg mepunyai GAIN 30 dB.
    Input supaya tidak Over Drive atau “JEBOL” sebuah
    Pallet RF berapa dB? Bagaimana anda mengetahui akan
    nilai itu semua? hanya menggunakan Tester sajakah ?
    Nah…..Mudah-mudahan anda pernah melakukan proses
    Re CHANEL sebuah pemancar buitl up semisal merk dr ITALI.
    menurut anda apa yg perlu di adjust?apakah
    cukup hanya menggunakan TESTER dan power meter doangan??
    Sebuah pemancar mempunyai daya 1000 Wps. Menurut anda Pada saat kapan hal ini terjadi?input pattern 100 % colour BAR?Input sinnXX kah?Pada saat input linearity kah? atau pada saat balnk level kah ? Apakah input itu cukup pakai VCD or DVD doangan ?
    terima kasih.
    Semoga bermanfaat.

  153. Teman Saya sempat discuss bersama rekan dr TV Nasional. dia ber statemen : Pak pemancar bapak 1000 Watt. Ada pemancar 150-300 Watt loh pak. Keduanya sama memancarkan pada posisi tempat yang sama. Lalu dia berkata lagi, buat apa pakai 1000 watt. Cukup pakai yang 150-300W aja. Toh lebih murah. Bukankah yang 1000 dan 150-300 watt sama-sama dapat diterima di kota pada jarak 30KM.

    Inilah sebuah contoh, ada “PEDAGANG” mengeluarkan statement “PEMANCAR SAYA LEBIH UNGGUL dan HEBAT” ditambah lagi dengan : YANG 1000 watt aja bisa dikalahkan dengan yang 150-300 Watt. Buat apa beli yg besar 1000 Watt

    Menurut saya ini adalah sebuah statement yang keliru. Adalah benar memang ke-2 nya sama-sama dapat menerima signal pada posisi dan jarak yang sama. TAPI bila kita analisa dengan menggunakan FIELDSTRENGHT meter, yg 1000 Watt pasti lebih unggul. Yg 1000 watt kemungkinan akan mempunyai nilai diatas range 70 dBuV, sedangkan yg 150-300Watt hanya dibawah range 50 dBuV. Jadi gambar berbintik. Gambar berbintik inilah yg kadang dibuat seakan GAMBAR BENING PISAAN……..Kalaupun gambar bening, akan sangat PASTI pada jarak 100-200 meter kedepan atau kebelakang gambar bintik pula
    Jadi pada saat on air pertama BIASANYA ada kebanggaan pada si OWNER apalagi si PEDAGANG, wah hebat ya cuma CEPE GOCAP watt gambar bisa diterima jauh amat………..
    Begitulah ungkapan yg sering terjadi. Dan bisa jadi inilah yg bisa “MERACUNI” para pembeli.
    Biasanya target on AIR seperti itu, justru akan merugikan para penyelenggara Penyiaran (Owner).Jelas si marketing akan bekerja keras.
    Semoga bermanfaat, dan terpetik Hikmah. BAHWA KITA BUKANLAH YANG TERBAIK dan BENAR serta tidak mengclaim DIRINYA YG OK. Pula kitapun terhindar dari perilaku GERILYA BERBICARA KEPADA setiap ORANG bahwa si A jelek, si B Kurang OK dan SI C PAYAH pemancarnya.
    Ya Alloh, ampunilah kami bila ada kata-kata yg tidak berseuaian dan tidak berkenan. Maksud hati bukanlah untuk mencari permusuhan. Tetapi ini adalah sebagai ber WASIAT dalam HAL KEBENARAN, artinya selalu menyampaikan kebaikan kepada siapapun.
    Kamipun bukanlah yang TERBAIK, kami hanya sedang berikhtiar sesuai koridor yang di ridhoi Nya. Kamipun sedang belajar.
    Semoga ini akan menjadi TRIGER (pemicu), kita semakin baik dan TETAP BERSAUDARA……………………..

  154. Pak Hendra, sudah kalah Pamor, anda bilang menebang kepala teman, padahal anda sendiri yang tebang kepala teman, herannya, anda baru pemula di broadcast kok sudah menjelek2en orang lain yang lebih jauh professional dari anda. Pak Hendra anda sadarlah akan perbuatan anda,

    Kalau sudah begini, apa lagi yang bisa dibanggakan, Wedsite FICOM pun sudah ditutup karena salah besar sewaktu menyebutkan tbk. Kok perusahaan kecil bisa tbk.

    Herannya lagi, instrument saja disana ndak ada,

    itu instrument harga sekitar 100-200 juta pak, kok perusahaan anda ngak kebeli, kan proyek TV bisa milyaran,

    ah, TOlong dikoreksi semuanya ya Pak Hendra,

    Daffa juga tolong dikoreksi yah,

    Cobalah, kalau anda mau berbisnis, lakukan seperti layaknya orang business man, kalau anda kurang pinter didalam broadcast system, tolonglah anda lakukan business lain.

    Terima kasih.

  155. FICOM – website pemancar atau tinta ???
    kalau anda baru mulai 1-2 tahun, anda bukan perintis @@@
    tetapi pengikut,,,,yg menyesalkan lagi, anda pengikut tanpa modal, dengan cara anda membuat website sudah jelas, menandakan kesombongan yang tidak berbobot.
    1. dengan sombongnya mengaku tbk ( perusahaan terbuka )
    2. perintis RF design.

    terima kasih kepada Bp. Sufehmi ( karena saya telah mengetahui jika website Ficom sudah tidak beroperasi pada saat ini.
    kami teman2 sangat mengecam perbuatan anda.
    kami sangat menyesalkan atas perbuatan anda/ yang sangat tidak bermoral. Ficom selalu menjelekan yang lainnya.
    ini suatu pertanyaan besar!!!!!
    !!!!
    didalam dunia agama pun, Barang siapa yang menjelek jelekan orang lain, itu hanya kedok biar dirinya terlihat hebat, tetapi sesungguhnya manusia bodoh itu tidak mengetahui jika orang2 pada akhirnya akan membuka kedoknya, yang miskin akan ilmu, miskin karena hikmat, miskin karena sahabat, dan miskin karena kasih sayang..!!!!

    Semoga komen kami bisa bermanfaat bagi teman-teman, dan sekedar pembuka !!

    Mohon Maaf Lahir dan Batin untuk semuanya

  156. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Saya jadi enggak enak masuk ke milis ini. Kalo saya perhatikan pada saling mendiskreditkan satu sama lain.

    Ada yang lebih penting dari sekedar mencari kesalahan orang lain, menghormati “BULAN SUCI RAMADHAN”. Dimana setiap orang dapat menahan diri, apalagi notabene-nya semua berpuasa.

    Pointnya:

    1. Saling mendiskreditkan.
    2. Moderator alias pemilik millis juga ikutan.
    3. Seolah-olah forum ini tidak punya RULE OF GAMES-nya.
    4. Sikon sekarang adalah BULAN PENUH PENGAMPUNAN.
    5. Ada yang membawa dan membuat pengaduan KE ATVKI.
    6. Tulisan forum lebih banyak “KEBENCIAN”
    7. Kebencian dapat didasari:
    – Temen-nya dijelek-jelekan, sehingga tidak terima.
    – Bisnisnya merasa terganggu, padahal tadinya justru ditolong oleh orang yang dijelekkannya.
    – Ada yang merasa ingin jadi pahlawan, membuat pengaduan ke ATVKI.
    – Moderator hanya bisa bicara, tapi tak punya alat kontrol atas forumnya.
    – Secara Pribadi mengakui kesalahan, tapi cukup buat Dia sendiri dan Tuhannya saja. Karena dia pikir TUHAN ENGGAK BAKALAN NGASIH TAU KE SIAPA-SIAPA ATAS SALAHNYA.
    8. Mempermasalahan adanya Penulisan TBK pada suatu situs, padahal mereka tidak tahu apakah memang itu dipake dalam transaksinya atau tidak, yang ada hanya berusaha untuk mediskreditkan, atau bahkan mungkin supaya orang itu “MATI SAJA SEKALIAN”

    Yang perlu saya saran dan himbau:

    1. Mohon Moderator mem”BANNED” Subscriber-nya bila tidak sesuai dengan aturan main forum ini.

    2. Mohon MODERATOR menggunakan System Control Forum ini dan tidak perlu bicara panjang lebar apalagi harus ikut dalam hal ini.

    3. Tolong “HORMATI BULAN RAMADHAN”, minimal rekan-rekan semua dapat menahan diri.

    4. Perkara BISNIS REKAN_REKAN SEKALIAN, cukup dibicarakan offline saja. Karena itu menyangkut KREDIBILITAS USAHA ANDA.

    5. Saya yakin REKAN_REKAN pernah baik satu sama lain, karena ada kesamaan tujuan, dan saling tolong dalam menyediakan barang atas order Seorang REKAN. Dan masing kecipratan rezeki. Sekarang saatnya MENDIRIKAN SUATU ASOSIASI PEDAGANG PERANGKAT RF-nya, agar HAK dan KEWAJIBAN ANGOTA-nya dapat dilindungi.

    6. Kepada Sdr Asfhan, mohon kiranya menyadari juga bahwa seharusnya anda harus lebih menunduk karena pengetahuan teknis anda yang banyak dan itu sangat baik itu untuk SHARING bagi yang membutuhkannya dalam forum ini. Dan lebih jauh Bahwa anda pasti ada kekurangannya, sehingga harus berhubungan dengan Sdr. HARRY PERMADI menyangkut penggunaan Instrumens dan device, Sdr HENDRA yang dengan senang hati mau membantu problem anda menyangkut penyediaan palette. Lebih lanjut saya ingin sharing lebih banyak mengenai masalah pemancar TV kepada Sdr Asfhan.

    7. Kalo Bapak Moderator pernah berkata: “@Hendra – blog saya bukan tempat untuk menjelek2an kompetitor Anda.” Kenapa rekan lain tidak dilarang juga karena menjelekkan yang lain.
    Jadi mohon kepada ADMISTRATOR/MODERATOR Forum memang jadi “ADMINISTRATOR” itu saja. Tidak tebang pilih
    Dan saya tidak ingin ikut mencampur urusan PENGELOLAAN FORUM ini, karena FORUM INI SUDAH BAIK, seandainya masalah ini bisa dicegah.

    8. Kemana saya harus dapat mencari milis seperti ini yang cukup sarat informasi, bila REKAN_REKAN tidak mau membangunnya secara bersama-sama. Jadi Mohon Forum ini dipertahankan untuk menjadi lebih baik.

    9. Bagi Sdr. HENDRA, tidak ada yang mau bela anda, sehingga anda harus membela diri sendiri, ITU JALAN PATRIOT SEJATI. Kalo harus mati besok kenapa harus mati hari ini.

    10. Sdr IAN mohon konfirmasi ke Sdr Hendra sebelum membuat pengaduan, anda seharusnya tahu konsekuensi yang anda lakukan)

    Terimakasih atas perhatian semua REKAN_REKAN YANG TERHORMAT, LEBIH KURANGNYA saya mohon maaf, karena saya hanya manusia biasa yang pasti bisa salah. Salam Sejahtera dan Selamat Berpuasa

    Wassalamulaikum Wr. Wb

  157. Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Khabar baik, Pak Asfan.

    Terimakasih atas share or comments anda. Jadinya karena udah banyak penjelasannya, saya ingin juga menanggapi atau bahkan menanyakan beberapa hal, yang tentunya menyangkut pemancar TV rakitan:

    1. Setahu saya apabila anda menjual produk built up, mungkin tidak sulit bagi anda untuk mengadjust dengan adanya RE-CHANNEL. Karena setahu saya pemancar Built Up didesain broadband. Karena Low atau High Freq Cutt off sudah ditentukan. Atau bahkan Video Bandwidth 8 MHz for analog, 12 MHz for Digital sudah masuk pada range 0.1dB untuk Cheby, 1 dB untuk Butterworth Filter. Power out akan berbeda relatif pada masing-masing kondisi: Video Modulated or No Video Modulated. Mungkin anda terampil bahkan ahli dalam hal tersebut. Singkat kata Produk Built sudah dilengkapi dengan MANUAL BOOK-nya, gitulah kira-kira.

    2. Yang sebetul menjadi permasalahan apabila anda merakit, betul-betul pemancar TV rakitan, sejauh mana anda bisa menjelas tentang itu.

    – Apakah modulatornya: DSB Modulator, Double DSB, atau VSB atau cuma CATV Modulator (Designed for Cable nor for The AIR).
    – Apakah anda membeli Filter atau mendesainnya juga? apa jenisnya: Inter Digital Filter, atau sekedar LC Filter.
    – Apakah anda mendesain Power Amplifier atau membeli Palette Power Amp.

    3. Apabila anda sudah melakukan semua itu, apakah Perangkat anda akan atau sudah disertifikasi di BALAI BESAR …., BEKASI.
    (BALMON gitu lah) apakah lulus uji bila sudah. Karena untuk Perangkat FM setahu saya SPECTRA sudah punya SERTIFIKASI)

    4. Bagaimana anda harus membuat BOOK MANUAL PERANGKAT ANDA, apakah parameternya pengukuran anda dasari pada perangkat Spectrum Analyzer semata, yang menurut anda bisa pinjam di Pak Harry. Karena setahu saya Pak Harry memang punya itu. Bagaimana dengan Schematic Circuitsnya, apakah memang ada akses ke tempat barang itu dibeli.

    5. Apakah anda akan dan sudah menjual perangkat tanpa ada SERTIFIKASI RESMI dari BADAN YANG BERWENANG.

    6. Apakah dengan merakit pemancar TV, lantas REKAN_REKAN bisa disebut dengan RF DESIGNER, yang catatan hanya dengan merakit palette dan modulator CATV.

    7. Kami tidak menginginkan adanya konsekuensi Hukum dari perangkat yang tidak disertifikasi apabila terjadi sesuatu. (Karena Konsekuensi Hukumnya tertuju pada Perakitnya atau pembuatnya) kalo enggak salah untuk Perangkat FM dikenakan 2 Tahun Kurungan atau denda 10 Juta. Tentunya rekan-rekan tidak ingin dikurung, tapi 10 Juta juga besar lho.

    Jawaban anda sangat membantu kami (dalam hal ini, memiliki anggaran terbatas untuk punya perangkat yang cukup handal), dalam menentukan kepada siapa kami harus membeli perangkat baik FM maupun TV. Dan terakhir adalah kemudahan bagi kami untuk memenuhi persyaratan pendirian Stasiun TV. Terimakasih.

    Wasslamualikum

  158. KEDIRI jangan provokasi saya untuk membenci seseorang atau suatu LEMBAGA USAHA. Dalam hal ini saya bersikap NETRAL atas apapun permasalahan yang muncul. Permasalahan yang muncul “HANYA ANTARA SDR. ASHFAN DAN HENDRA”

    Jangan ikut-ikutan menambah-nambah yang saya anggap semua enggak benar. Bagaimana itu bisa benar menjelekkan orang lain pake bawa-bawa agama lagi.

    Lagi-lagi permasalahan itu DI DARAT, GITU APA KOPI GITU

    PRINSIPNYA BENAR _ TUJUANNYA SALAH= JADI SALAH
    PRINSIPNYA SALAH_TUJUANNYA BENAR=MANA MUNGKIN

    ASHFAN enggak PUNYA SITUS
    HENDRA PUNYA SITUS

    Jelaslah dicari kesalahan. Seperti saya kata: BIAR MATI SAJA ORANG ITU SEKALIAN, BIAR PUAS KALI!

    Yang pasti yang PERLU DIINGAT! KEDUA BELAH PIHAK BERADA PADA MASING MEKANISME “PERTAHANAN DIRI”.

    Jadi YANG KETAHANAN DIRINYA ENGGAK KUAT, BOLEH DIUJI, PASTI LEBIH BANYAK CUAAAP-NYA. Itu ilmu yang saya dapet dari DUNIA ANTA BERANTAH, YG tidak semua orang bisa sampe kesana. Karena masih begitu “banyak urusan dunia”, sehingga dia lupa siapa dirinya.
    Karena UNTUK SAMPE KESANA, kita harus “FULL RETURN LOSS”, “SWRnya KAFFA”, “SPECTRUM, SPECTRUMNYA: no interfere”, “NO SPURIOUS-NO HARMONIC”, “POWER EFFICENCY-PASRAH”, HANYA “SINGLE FREQUENCY”

    Bicara setinggi mungkin, sampe-sampe dia lupa KAKINYA MASIH INJAK BUMI TUH! Ya Enggak!

    Kalo kakinya ngengantung: TAH ETAH TA JURIIIIIIIIEG!

    Apa mau KAKI SUDAH SAMA BADAN DIDALAM TANAH?

    Udah males ngomongnya eta eta wae!

    SEHINGGA WAJIB KITA BERDOA:
    ” YA ALLAH, AKU BERLINDUNG KEPADAMU DARI DENGKI DIKALA ORANG ITU “SEDANG” DENGKI”

    Kalo enggak lagi “DENGKI”, saya yakin PAK ASHFAN dan PAK HENDRA sama-sama BAIK.

    Yang ada “CUMA SALAH PAHAM”, RASULLAH SAW mengajarkan: “BERSEDANG_SEDANG APABILA KAMU SEDANG MARAH, BOLEH JADI, DIA AKAN MENJADI YANG TERBAIK UNTU KAMU”

    SAYA tanya sama :

    PAK ASHFAN Masih Marah sama PAK HENDRA?
    PAK HENDRA MASIH MARAH sama PAK ASHFAN?

    Kemarin masih maen tuh kerumah masing-masing!

    Kalo udah enggak marahan lagi, kita “TUTUP TOPIK INI, Ya!”

    ” T O P I K I N I S U D A H D I T U T U P ”

    Jangan menulis yang macem-macem lagi, kalo “NULIS MACEM_MACEM LAGI, SAYA ANGGAP YANG MULAI DULUAN TIDAK PUNYA KETAHANAN DIRI”

    “BERBISNISLAH YANG SEDERHANA, TAPI PUNYA CARA BISNIS YANG KUAT”

    Nah Rekan-rekan Siapapun yang membaca komentar ini dan dari manapun anda berasal, apapun tujuan anda mau cari PEMANCAR TV atau FM atau TIDAK, Mohon jangan terpengaruh pada UCAPAN KOMENTAR dari siapapun.

    Karena Mereka masih tetap memberikan pelayanan yang terbaik, karena KEDUANYA PUNYA AKHLAK YANG BAIK, TIDAK MENIPU SIAPAPUN, TIDAK MERUGIKAN SIAPAPUN, APALAGI URUSAN NYAWA.

    ANDA AKAN MEMBUKTIKAN MEREKA MASIH YANG TERBAIK UNTUK URUSAN PEMANCAR TV!

    SESUNGGUHNYA LEBIH JAUH APABILA ANDA BERURUSAN DENGAN MASALAH SPECTRUM PEMANCAR-SECARA HAKEKAT ANDA BERADA PADA SISI “METAPHYSICS SPECTRUM”.

    Udah deh Om KEDIRI, entar kebanyakan, entar saya Di”BANNED” sama Administratornya- YTh. Pak Sufehmi.

    Tidak untuk dan tidak bukan menyalahkan siapa-siapa. Mudahan KEBERKAHAN RAMADHAN BERSAMA KITA SEMUA.

    BAYANGKAN SEKALIPUN ANDA BISNIS PEMANCAR TV walau bukan uang semata. DAN APABILA ITU DILAKUKAN DENGAN BAIK, ANDA SUDAH MEMBANTU UNTUK TABLIGH (menyampaikan), menyampaikan “KEBENARAN ITU”

    Salam sejahtera, Selamat Berpuasa! Semoga Ibadah puasa diterima hanya untuk SATU, DIA ALLAH ROBB-mu

    Wassalamualaikum Wr.Wb

  159. hmm … itu maksudnya apa ya sdr. borman “menyerang” saya dengan tuduhan2. ck ck ck … apa saya membuat aduan ? silahkan cek comment saya, saya hanya sebatas menginformasikan.

    saya tekankan disini :
    1. ini hanyalah sebatas comment disebuah blog milik orang yang kebetulan membahas tentang cikal bakal televisi komunitas. terus terang saya juga blogger jadi tau dimana batasan2 memberi comment.

    2. untuk berdiskusi masalah televisi komunitas sudah ada milisnya. silahkan kirimkan e-mail kosong ke tvkomunitas-subscribe@yahoogroups.com

    3 kembali saya tekankan, daripada berdebat masalah teknis masih ada masalah yang lebih krusial misalnya aspek legalitas, manajerial, konten dll. Kalo anda masih berdebat masalah teknis kapan majunya ? coba pikirkan aspek2 yang lain!!

    masih pengen membahas masalah teknis ? silahkan kunjungi forum Pak Onno W Purbo di http://opensource.telkomspeedy.com

  160. hmm … itu maksudnya apa ya sdr. borman “menyerang” saya dengan tuduhan2. ck ck ck … apa saya membuat aduan ? silahkan cek comment saya, saya hanya sebatas menginformasikan.

    saya tekankan disini :
    1. ini hanyalah sebatas comment disebuah blog milik orang yang kebetulan membahas tentang cikal bakal televisi komunitas. terus terang saya juga blogger jadi tau dimana batasan2 memberi comment.

    2. untuk berdiskusi masalah televisi komunitas sudah ada milisnya. silahkan kirimkan e-mail kosong ke tvkomunitas-subscribe@yahoogroups.com

    3 kembali saya tekankan, daripada berdebat masalah teknis masih ada masalah yang lebih krusial misalnya aspek legalitas, manajerial, konten dll. Kalo anda masih berdebat masalah teknis kapan majunya ? coba pikirkan aspek2 yang lain!!

    masih pengen membahas masalah teknis ? silahkan kunjungi forum Pak Onno W Purbo di http://opensource.telkomspeedy.com
    tuh di atas comment-nya Pak Onno yang dikutip oleh penulis di blog ini.

  161. Kayaknya disini banyak yang ganti2 nama, tetapi gaya bicaranya sama saja…..

    sebentar lagi pasti ketahuan.

    sampai2 Ian yg tidak tau apa2 , telah menjadi tumbal,
    Mr. ari dan Mr. yg punya blog juga,

  162. @Borman – Moderator alias pemilik millis juga ikutan.
    .
    Saya ngomong apa adanya (Ficom mengaku Tbk, saya minta buktinya).
    .
    What a troll.
    .
    Moderator hanya bisa bicara, tapi tak punya alat kontrol atas forumnya.
    .
    Sorry saja, saya disini berbagi dan mengorbankan waktu saya. Saya tidak digaji / dibayar sama sekali. Jadi maaf saja kalau saya tidak mau mengemongi para provokator disini.
    .
    Saya berusaha untuk menertibkan semua diskusi yang ada, tapi dengan pekerjaan full-time (weekend pun saya bekerja) dan 4 orang anak, itu tidak selalu memungkinkan. (dan Anda malah menuduh saya “tebang pilih”. Alangkah baiknya Anda)
    .
    Apalagi jika pada saat bersamaan muncul sekaligus banyak provokator & pemfitnah. Salah satunya adalah Anda.
    .
    Peringatan kepada Anda, Borman – bicara dengan fakta & bukti. Stop memfitnah. Atau Anda akan saya ban dari sini.
    .
    Mempermasalahan adanya Penulisan TBK pada suatu situs, padahal mereka tidak tahu apakah memang itu dipake dalam transaksinya atau tidak
    .
    Bukan cuma pemfitnah, tapi logika Anda pun tidak jalan. Apakah Anda idiot / keterbelakangan mental ?
    Alasan yang Anda berikan tidak relevan sama sekali.
    .
    Jika bisa mengklaim (Tbk) = bisa memberikan buktinya.
    .
    As simple as that.
    .
    Kepada semuanya, sekali lagi stop tuduhan tanpa bukti.
    Kalaupun menuduh, berikan bukti yang bisa diverifikasi. Kalau tidak, lebih baik diam. Atau saya yang akan mendiamkan. Terimakasih.

  163. @Kediri – Kayaknya disini banyak yang ganti2 nama, tetapi gaya bicaranya sama saja…..

    sebentar lagi pasti ketahuan.
    .
    Ya,… yaitu Anda, Kediri — alias Permadi, alias alatkomunikasi.com
    .
    Get lost. Stop wasting my time.

  164. [Borman]
    Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Khabar baik, Pak Asfan.

    [Ashfan]
    waalaikum salam Wr Wb. Kabar baik saja. semoga anda demikian pula. Selamat Berpuasa. sebelumnya sayapun minta maaf pabila ada kata-kata yg tdk bersesuaian, dan tdk berkenan. Semakin semangat ya pak, palagi saat-saat akhir ramadhan ini.

    [Borman]
    1. Setahu saya apabila anda menjual produk built up, mungkin tidak sulit bagi anda untuk mengadjust dengan adanya RE-CHANNEL. Karena setahu saya pemancar Built Up didesain broadband. Karena Low atau High Freq Cutt off sudah ditentukan. Atau bahkan Video Bandwidth 8 MHz for analog, 12 MHz for Digital sudah masuk pada range 0.1dB untuk Cheby, 1 dB untuk Butterworth Filter. Power out akan berbeda relatif pada masing-masing kondisi: Video Modulated or No Video Modulated. Mungkin anda terampil bahkan ahli dalam hal tersebut. Singkat kata Produk Built sudah dilengkapi dengan MANUAL BOOK-nya, gitulah kira-kira.

    [Ashfan]
    Anda sedikit keliru pak. Tidak semua TX built up itu Broadband. Dan adalah hampir sering sekali TX dari Built up itupun harus di Re chanel karena tergantung dari permintaan. Dan untuk digital itu bukan menggunakan 12 MHz. Bapak tergantung mau model digital yg mana. Untuk Indonesia sdh trial, menggunakan sistem DVB-T dan DVB-H. Dan saya sudah melakukan uji coba di RCTI menggunakan system DVB-T pada kanal 36 UHF kekuatan 500 Watt.Dan untuk Band Pass filter pada setiap melakukan Re Chanel perlu di TUNE ULANG secara manual, tentunya menggunakan alat ukur spektrum

    [Borman]
    2. Yang sebetul menjadi permasalahan apabila anda merakit, betul-betul pemancar TV rakitan, sejauh mana anda bisa menjelas tentang itu.

    – Apakah modulatornya: DSB Modulator, Double DSB, atau VSB atau cuma CATV Modulator (Designed for Cable nor for The AIR).

    [Ashfan]
    Saya selalu menggunakan exiter baik yang analog maupun yang system Agile Frekuensi tentunya sangat pasti pakai Saw Filter pad up converter untuk menekan Vestigial side band. PA nya saya merakit dari palet Screen service atau Aerocom dari pak harry. Sy gak pernah pakai CATV. Itu untuk system cable TV. Kalau kita cek pakai VM 700, wah…..type tsb “BERANTAKAN” pak

    [Borman]
    – Apakah anda membeli Filter atau mendesainnya juga? apa jenisnya: Inter Digital Filter, atau sekedar LC Filter.
    – Apakah anda mendesain Power Amplifier atau membeli Palette Power Amp.

    [Ashfan]
    Band pass Filter saya beli di COMTECH. Tapi kami pun pernah Design Filter berupa REJECTOR pada proyek RRI Cimanggis depok. Untuk mereject 2 buah pemancar berkekuatan 10KW dan 50KW. Kami mememakai alat NETWORK ANALYZER pak.
    Untuk jenis Bukan yang ke-2 itu. Nanti kita paparkan ya …….

    Kalau PA kami sering membuatnya pak. Untuk Televisi Nasional pun (TV ONE) kami provide 4 Lokasi pak. Dan TV lokal di berbagai daerah. Kami beri merk Astrodyne. Dilengkapi dengan PROTEK Over Current, voltage, SWR. Untuk Pallet saya selalu pakai SCREEN SERVICE italy dan terkadang aerocomm

    [Borman]
    3. Apabila anda sudah melakukan semua itu, apakah Perangkat anda akan atau sudah disertifikasi di BALAI BESAR …., BEKASI.
    (BALMON gitu lah) apakah lulus uji bila sudah. Karena untuk Perangkat FM setahu saya SPECTRA sudah punya SERTIFIKASI)

    [Ashfan]
    Begini pak, untuk Rakitan yg kami buat, kami jual tdk untuk di on airkan terus menerus. Tetapi semua dilakukan untuk Temporary. Silahkan cross cek terutama untuk ke TV Nasional (TV ONE). Akan tetapi semua menggunakan Filter. Oleh sebab itu saya seminimal mungkin tdk pernah menggunakan exiter buatan sendiri. Biasa pakai exiter SCREEN SERVICE

    Nah perlu bpk ketahui, Untuk Merk TX Built up sudah SERTIFIKASI SEMUA. Daya 1000 Watt sampai 10.000 Watt. Saya bisa buktikan itu semua

    [Borman]
    4. Bagaimana anda harus membuat BOOK MANUAL PERANGKAT ANDA, apakah parameternya pengukuran anda dasari pada perangkat Spectrum Analyzer semata, yang menurut anda bisa pinjam di Pak Harry. Karena setahu saya Pak Harry memang punya itu. Bagaimana dengan Schematic Circuitsnya, apakah memang ada akses ke tempat barang itu dibeli.

    [Ashfan]
    Sdh saya jelaskan, saya pakai exiter Italy pak. Factory test nya jelas sekali ada serta ada softcopy nya. Dan perlu anda ketahui, saya gak pinjam spekrtum dari pak Harry. Saya punya pak. Ada 3 Unit.
    Untuk Pallet sdh pasti jg ada factory test pula

    [Borman]
    5. Apakah anda akan dan sudah menjual perangkat tanpa ada SERTIFIKASI RESMI dari BADAN YANG BERWENANG.

    [Ashfan]
    Saya telah menjual lebih 50 Pemancar pak. Sejak tahun 2007-2008, buming TV Lokal di ndonesia membuat permintaan besar. Dan semua BERSERTIFIKAT. Saya akan email bukti tsb

    [Borman]
    6. Apakah dengan merakit pemancar TV, lantas REKAN_REKAN bisa disebut dengan RF DESIGNER, yang catatan hanya dengan merakit palette dan modulator CATV.

    [Ashfan]
    Begini pak, Design RF itu Luas. Bagaiaman dia bisa analisa bentuk Response frekuensi. Karena perihal Response frekuensi amat penting benerr. Dan amat jelas pula, kami pun meng claim
    Perusahaan kami pun bergerak di bidang DESIGN RF. Hasil pekerjaan sudah ada pak. Baik TV lokal dan Nasional maupun Radio

    [Borman]
    7. Kami tidak menginginkan adanya konsekuensi Hukum dari perangkat yang tidak disertifikasi apabila terjadi sesuatu. (Karena Konsekuensi Hukumnya tertuju pada Perakitnya atau pembuatnya) kalo enggak salah untuk Perangkat FM dikenakan 2 Tahun Kurungan atau denda 10 Juta. Tentunya rekan-rekan tidak ingin dikurung, tapi 10 Juta juga besar lho.

    [Ashfan]
    Amat jelas bos. Ini semua merujuk kepada UUD no 36 tentang Telekomunikasi.
    Oleh sebab itu : “HATI-HAI terhadap PARA PEDAGANG”

    Terima kasih ya. Perlu saya sampaikan, pada blog ini saya hanya menggunakan 1 nama saja. Tidak lebih. Yaitu Ashfan.

    Wassalamualaikum Wr. Wb

  165. Pak hendra, tetap semangat ya untuk akhir jelang Ramdhan ini. Apapun yng kita perbuat itu adalah merupakan ikhtiar kita. Semoga malam-malam ganjil 10 hari terakhir ini, anda disuguhkan berupa Hadiah dahsyat dari sang Kholik.
    Sekali lagi mari kita berjuang untuk tetap selalu melakukan perbaikan-perbaikan.
    Mohon maaf lahir bathin yaa. Yg disengaja maupun gak

  166. selamat siang,

    ada apakah yang terjadi di sini, oh…para calo sedang saling tendang. bila kita sadar akan status kita pasti kita ingat dengan semboyan ” jeruk makan jeruk”
    ” ya udah…….kita aduan kelingking aja, supaya damai…”.
    jangan membicarakan etika bisnis lawong aku ngak ngerti… tk aja aku di keluarkan….karena ngak bisa bayar spp,…jangan bicara aturan radio lawong balmon, postelnya aja bisa di suap,….lawong yang kerjanya bukan malaikat.
    kalo hari ini kita ngak dapet order mungkin hari esok….jangan merasa takut ngak kebagian ” katanya beragama atau bertuhan gitu lhoooo…kita harus yakin….itu kalo ngak yakin harus di yakin-yakinkan agar yakin”
    di jakarta aja orang di anggap mampu berpemancar ria tak pernah terdengar nama di internet giyu lho….
    ” yah itu hakekat hidup………”
    “jadi udah aduan kelingking satu kali lagi, agar afffdole…”
    “JALAN DI DEPAN MASIH PANJANG, KITA TIDAK CUKUP HARUS BERHENTI DI SINI. PENGETAHUAN RF SEMAKIN HARI-HARUS SEMAKIN BERKEMBANG KITA TIDAK CUKUP HANYA MENJADI CALO… YANG SEKARANG CALO PERTANBAH PENGETAHUANYA..AGAR TIDAK DI CACI…YANG PRODUSEN DAN EXPERIMENTER TETAP SEMANGAT, BANGSA KITA MASIH BUTUH ORANG ORANG SEPETI KALIAN. BALMON DAN POSTEL PERBAIKI KINERJA LIHAT SPECTRUM JANGAN LIHAT BERAPA BANYAK ISI AMPLOP…YANG MERASA PINTAR TOLONG AJARI YANG BELUM PINTAR….KALO ADA ORDER KEGEDEAN TOLONG BAGI TEMEN TEMEN, AGAR KITA SEMUA TETAP HIDUP WALAUPUN PADA DASARNYA TUHAN YANG MENGHIDUPI..”
    SALAM CINTA BUAT SEMUA…..

    salam

  167. saya pun demikian Pak Ashfan ,sangat tinggi semangat kita untuk ikhtiar mungkin banyak khilaf dan banyak tutur kata yang sakit untuk didengar .Mudah-mudahan ini sebaga cambukan kita untuk berkarya yang lebih besar lagi.tetep semangat dan banyak bersabar.mohon maaf lahir dan bathin.

  168. akhirnya ketemu juga situs ini,

    saya pemilik tv kabel, dengan nasabah 450 kk di sumbawa 99% dari kegiatan pertanian.. adakah solusi untuk penggunaan tanpa kabel tentunya (inefisien biaya-tenaga, tidak estetis, dll) dengan biaya terjangkau mengingat daerah kami termasuk desa tertinggal yang sisi lain sangat membutuhkan informasi juga hiburan.

    kemudian saya juga berniat mendirikan radio lokal sebagai sarana ICT, mohon rekan-rekan bisa memberikan solusi untuk saya. saya juga berniat untuk mengadakan siaran tv lokal (range terjauh 5 km), kegiatan desa dan sosialisasi dari dinas2. kami juga telah memiliki 2 buah laptop, 2 handy cam (nih juga masalah, gimana cara nyiarinnya ya?)…

    demikian, terima kasih.menyangkut biaya saya siap.

    tq rekan2, mudah2an desa ini bisa terjangkau ICT… selamat lebaran-mohon mf lahir batin..

    zulfikar76@yahoo.com

  169. salam Hormat,
    saya mohon informasi tentang perangkat sterio untuk pemancar FM, saya punya pemancar FM tapi kendalanya di Sterionya yang kurang bagus. mhn informasi tempat mendapatkan sterio fm yang komplit buat pemancar radio fm dan kira-kira berapa harganya

  170. Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Kepada Yth. Rekan-rekan di Forum Harry Sufehmi

    “Selamat Iedul Fitri 1429H”

    Minal aidhin wal fa idzin – Mohon Maaf Lahir & Bathin

    Sebagaimana manusia biasa, tak luput kiranya dari segala kesalahan dan dosa. Semoga segala kesalahan dan kekhilafan saya, baik disengaja atau tidak sengaja selama ini dengan tulus dapat dimaafkan.

    Wassalam

    Borman

  171. salam kenal, saya ingin mendirikan stasiun TV lokal dengan peralatan sederhana, mungkin ada yang bisa kasih gambaran ataupun penawaran alat dan bahan untuk referensi saya, silahkan email ke ahasasia@gmail.com terima kasih

  172. Produk kami adalah produk Transmitter yg bernama SCREEN SERVICE. Perangkat merk ini telah menyebar di seluruh Indonesia.Baik Televisi Nasional dan Lokal. Produk Itali yg mempunyai Sistem Digital (DVB-T dan DVB-H) dan Analog, mempunyai keandalan yg baik. Alamat website dpt dilihat di http://www.screen.it.
    Sekarang ini mempunyai factory di Itali dan Amerika latin.Target ke depan tahun 2009 akan ada factory TRANSMITTER SCREEN SERVICE di Indonesia (sedang tahapan persiapan). Ini akan menjadi Pabrik TRANSMITTER pertama di ASIA TENGGARA dan tentunya di Indonesia
    Selain transmitter Screen Service, ada pula nama TRANSMITTER ASTRODYNE rakitan Indonesia. Menggunakan Palet SCREEN SERVICE.
    Divisi lain dr perusahaan kami, adalah produksi POWER CONDTIONER. Yaitu sebuah system UPS dan STABILIZER yg high teknologi.input tegangan bisa bekerja meskipun adanya penurunan tegangan yg significan. seperti input jauh diabawah 220V.Output akan tetap stabil pada 220V.Semua menggunakan componen kwalitas tinggi. Untuk saat ini sedang di trial menggunakan tenaga kincir angin.station tv nasional dan Lokal sudah pakai. Keuntungan dari alat ini berteknologi tinggi akan tetapi harga murah.
    Silahkan anda mengunjungi workshop kami.
    KOMPLEKS PERINDUSTRIAN / PERGUDANGAN TAMAN TEKNO BSD SERPONG BLOK J3 N0 2
    contact person : ASHFAN 085885122544

  173. Pada tanggal 5 – 10 November di JHCC jakarta akan ada pameran BROADCAST ASIA. Akan dihadiri perusahaan-perusahaan International. Salah satunya adalah Trasnmitter dari kami SCREEN SERVICE dan POWER CONDITINERnya.
    Kami tunggu kedatangan Rekan-rekan di Jakarta. Semoga dapat menjadi tambahan informasi sebagai BROADCASTER.

  174. hello my name is carlos can you help me , to be looking for kits to me for transmitters of fm 88-108 broadcast to sell in my Spain country, I look for kit of amplifier of about 600 watios with appropriate excitter, thanks for your aid beforehand

  175. asss…
    mau tanya pak aris sebayang sekarang kemana??? kok tidak buat literatur lagi…ayo dong…please… ilmunya wong dibagi.bagi gitu….

  176. Saya teknisi tv kabel.saya perakit filter[BPF] untuk modulator agar chanel yg tidak dapat berurutan bisa jadi berurut [SSB].Mungkin ini bisa menjadi pertimbangan untuk kerja sama karena banyak tv kabel yang terlanjur menggunakan modulator non fix chanel sehingga tidak dapat berbuat banyak untuk pengembangan selanjudnya.Mungkin tada yang tertarik,saya ingin bekerjasama agar dapat diproduksi dan dijual dengan harga terjangkau.

  177. Teknisi..Bagi anda yang punya bosster televes 5310 atau 5308 yang tidak dapat digunakan lagi,saya menawarkan ke anda untuk saya modifikasi menjadi catv amplifier terbesar atau max output bisa mencapai 160dBmV.Hub 0430-22727 hp 081244074401,081244034414

  178. saat ini saya baru beli transmitter tv uhf dari canada dengan spek sbb:
    250 Watt Insight Power Amplifier Specifications

    The Technalogix line of Solid State VHF/UHF Digital Transmitters offers an unparalleled combination of features and reliability. The 100% Solid State modular design uses readily available RF components, enhancing ease of service. Our unique “Broadband” technology ensures HDTV-ready operation. Simplicity and physical size of the systems help meet the most critical space requirements.

    RF Characteristics
    Frequency Range Specified VHF(Ch 2-13), UHF(Ch 14-69)
    Frequency Response (one channel) ± 0.5 dB
    Frequency Stability ± 250 Hz
    Selectivity 60 dB (adjacent channel)
    Minimum input Level 0 dBmV
    Rated Visual Output Power 250 Watts VHF/UHF
    Rated Aural Output Power 10-13% of Peak Power
    IF Output Level +35 dBmV nominal
    Input Impedance 75 Ohms
    Output Impedance 50 Ohms
    Predominant Intermodulation Products
    +920 kHz

    >53 dBc

    -920kHz

    >53 dBc

    +2.66 MHz

    >53 dBc

    -2.66 MHz

    >53 dBc

    +5.42 MHz

    >53 dBc

    +7.16 MHz

    >53 dBc

    3rd Order Intermodulation Products
    -4.5 MHz

    >60 dBc

    +9.0 MHz

    >60 dBc

    All Others

    >60 dBc

    Harmonics

    >60 dBc

    Spurious Emissions

    >60 dBc

    NTSC Video Characteristics
    Input Level (for 87.5% modulation) 1.0 Vpp
    Differential Phase (at 87.5% modulation) ± 2 Degrees
    Differential Gain (at 87.5% modulation) 2 %
    Group Delay 60 dB below rated Power

    Aural Characteristics
    Frequency Response (Std Pre-emphasis) ± 1 dB
    Input Level for 25 kHz Deviation 0.3 Vpp
    Amplitude Modulation Noise >50 dB below Aural Power
    Frequency Modulation Noise > dB below Aural Power
    Harmonic Distortion (25 kHz Deviation) <1% 50 Hz to 15 kHz
    Intercarrier Stability ± 250 Hz

    Physical Characteristics
    Lightweight Enclosure
    TM-100 Modulator/TP300 Processor
    Power Amplifier
    Operating temperature
    Humidity
    Built in components

    70 lbs
    1U Enclosure- 1.75″ H X 13″ D X 19″ W
    5U Enclosure- 8.5″H X 25″ D X 19″ W
    0 to +45 °C
    90% non-condensing
    Bandpass filter, RF Isolator(UHF only)

    Electrical Characteristics
    Universal AC Input 88-264Vac, 47-63 Hz
    EMI Filtered max AC Power VHF 5.9 Aac at 115Vac at 250w ps
    3 Aac at 240Vac at 250w ps
    UHF 6.8 Aac at 115 at 250w ps
    3.4 Aac at 230Vac at 250w ps
    Modulator/Processor 0.4Aac at 115Vac, 0.2Aac at 230Vac

    so yang menjadi pertanyaan kami sudahkah ada rekan2 yang mempergunakan produk ini dan gimana hasilnya
    saya pingin sharing sama rekan2
    atas tanggapanya diucapkan trims

  179. dear all
    sampai saat saya belum bisa mengetahui apa yang disebut dBmV
    barusan saya membeli alat yang output nya adalah 60dBmV kalau
    di conversi ke milli watt menjadi berapa dan kalau dikonversi ke dBm menjadi berapa juga ya dan gimana cara perhitungannya konversi tsb?
    atas jawabannya rekan2 di ucapkan terima kasih
    salam

  180. Kalo baru beli, diamati aja ya, Pak, kalo punya yang lain bandingin aja.
    Kalo ngebandinginnya dengan yang merek sama, ya hasilnya sama aja. Tapi kalo dibandingin dengan buatan lokal masih kalah, mendingan balikin tuh pemancar.

    Mestinya nanyanya sebelum beli, itu harusnya. Kalo barang dari luar masih jelek juga, ya gambarnya atau pancarannya, cuma buang-buang devisa aja, Apalagi IDR lagi turun nilainya.

    Kalo mau tau konversi dBmV ke Watt, cari di searh engine ketik keywordnya, entar ketemu deh. Selamat aja, ya Pak punya pemancar baru!

  181. Menarik bicara televisi perkenalkan diri dulu ah ya mas, kalo masalah pemancar untuk rt/rw (komunitas) banyak sekali yng sudah mengisi dan mengobral jasa, secara sepintas kok malah jarang yang membicarakan program acara setelah pemancar jadi peralatan lengkap dari swicther, mixer audio computer graphik, hybrid telephone, nle, nah sdm untuk progam acara bagaimana? kalo sekedar putar dvd kenapa mesti repot2 di transmitkan, ya seperti punya ian pake md 9000 kalo bisa ya yg bagus lagi dan swicthernya yang sync frame aja lah jadi inputnya nggak repot2 cukup composite aja tapi apakah sudah terpikir bahawa produksi ternyata cukup besar biayanya dan sdm yang cukup mumpuni, memang mengasyikan bergumumul dengan peralatan yng keliatan gambar dan suara apalagi kalo ada yang bilang kerjaannya bagus weh….weh…weh tapi ya…..
    konsentrasi tetap nomor satu karena mata kuping tidak boleh meleng… he..he walau sekarang peralatan sudah mudah didapat semisal pakai play list , air speed dll. coba kita sama2 perhatikan pemancar bagus (mahal) antena bagus, peralatan bagus, diterima pemirsa bagus, tapi program acara jelek hayo…apa komentar pemirsa dilingkungan.. sekali lagi asyik kok kerja di tv karena masalah yang dihadapi tiap hari berubah/tidak sama bravo rt tv. nuwun bung harry

  182. kepada yth
    pemerhati dan pengusaha pertelevisian di indonesia

    melihat membaca posting komentar dari rekan2 semua perkenankanlah saya untuk ikut berpartisipasi serta bertukar pikiran tentang masalah perijinan dan pembangunan perusahaan pertelevisian dibidang komersial
    saya adalah salah satu pelaksana proyek penyedian sarana broadcasting yang telah memiliki pengalaman dibidang keradion dan teknik perncanaan pembuatan perijinan serta pengembangan usaha di bidang pertelevisian
    kami juga menawarkan kepada teman teman untuk penyediaan peralatan pemancar radio dan televisi builtup maupun lokal penyediaan modul2 pemancar.PLL dan semua perangkat pemancar an instrumentasi elektronik,jaringan dan pengerjaan bidang telekomunikasi dan elektronika
    untuk konsultasi lebih lanjut anda bisa menghubungi saya lewat email di adeslamet2003@yahoo.com
    atau profil saya di http://www.adeslamet.blogspot.com

  183. mhn info
    saya mencari pemancar built up 500 watt yang kualitasnya bagus tapi harganya tidak terlalu mahal.
    kalo pemancar AVR menurut bapak bagaimana !!!!
    trims

  184. Selamat buat pak Yuri, akhirnya anda mendapatkan pemancar yang anda inginkan. Saya mohon maaf jika belum bisa terjalin kerjasama yang baik.
    Tapi kok pemancarnya DVB pak, apakah mau trial pemancar digital ? Berarti receivernya nanti harus di beri decoder agar bisa menangkap pancarannya. Jika 250 Watt sama dengan 750 Watt analog kalau konversi kasarnya.
    Saat ini saya ada stok pemancar TV UHF 1 KW merk Technosystem type STU-31 harga masih di bawah 300 jutaan. Mungkin rekan yang lain berminat.
    Saya lagi eksprimen menggunakan bosster tabung untuk TV UHF. Jika eksprimen ini berhasil maka akan menjadi terobosan baru karena harga bosster nanti bisa jadi 1 KW hanya 35-40 jutaan saja tinggal di kasih input 4-20 watt peaksync saja.
    Selamat berkarya buat semuanya.

  185. saya membeli pemancar tv seharga 47juta dari pak didit ato dengan nama samaran doni.berupa antena yagi 1 dan bok pemancar tv uhf 300watt. setelah saya pasang jarak nya hanya kurang dari 1km. saya buka isinya hanya vidio sender yg di perkuat buster 2meter. saya minta penjelasan pak didit atau doni selalu tidak bisa dihubungi di no telp 081315189411; 08881001871; 021-9204779; 021-47882616.
    saya sangat putus asa dan tertipu.

  186. jual 1bh 2SC2782 230rb.butuh uang. rico 0251-7112346 / 08161972850

  187. Kami menyediakan Pallet2 utk Pemancar TV ,
    VHF dan UHF, Ready Stock,

    Utk FM, tersedia pallet 30 , 100 , 300 , 600 Watt in Stock

    Pemancar TV UHF 3-5w PEP Broadband 470-860Mhz = 13 juta

    Pemancar TV VHF 50w PEP + Antenna 4 bay + cable = 25jt

    Pemancar FM 300watt = 6.75jt
    Pemancar FM 600watt = 18jt

    Pemancar TV UHF 150w = Call

    Call 0818 0800 5248

  188. Pak Rahadian,

    Nomor telpon anda berapa ? ada yang ingin saya tanyakan,

    Terima kasih

  189. salam semuanya………….
    di daerah saya stasiun tv tidak ada yang bisa ditangkap, karna terhalang oleh bukit (bukit tidak terlalu tinggi). untuk warga yang berada di atas bukit dapat menangkap semua saluran tv. kebanyakan warga memakai parabola (bagi yang mampu). saya bermaksut ingin sedikit membantu warga saya dengan memancarkarkan kembali siaran tv yang ditangkap dari atas bukit (menggunakan receiver n transmiter). untuk power kecil aja, karna hanya untuk 1 ato 2 desa.
    putra7607@yahoo.co.id

  190. tahu info mendapatkan antena codan di indonesia ??
    hubungi saya ya…
    thx.

  191. Tolong carikan rangkaian tv polytron model minimax th 2004.
    Sebelumnya makasih

  192. Kami bisa bantu untuk pembuatan radio pemancar FM mosfet LCD Murah dan pembuatan pemancar tv, juga terima pesenan power.

  193. Jual dan Menerima Pesanan Pembuatan Pemancar FM. dgn Daya 250 mW s/d 500 Watt, Stereo / Mono. dengan harga bersaing.
    untuk konsultasi dan bertukar pengalaman.
    Alamat e-mail : muchlis102@yahoo.com
    hubungi no :
    SMS CALL NO : 0815-84130881
    HOT LINE NO : 0815-11275050 :

  194. Salam kenal…
    perkenalkan nama saya Suhadak saya kerja di staf barang MTsN Kota Pasuruan, saya dgn teman2 punya niatan bikin radio komunitas sekolah yang mana biayanya terdiri dari patungan dan swadaya teman2 tempat saya merupakan daerah GAPTEK jadi mohon kepada Bapak untuk memberikan sedikit pengetahuan gmn caranya bikin radio komunitas sekolah yang murah banget karena terbatasnya dana, terimakasih kesediannya dalam mengembangkan kota pasuruan. terima kasih

  195. bagaimana menghilangkan dengung di pemancar yang menggunakan BLF 278 ??? mohon infonya

  196. ingat …ingat,, FREKWENSI LEBIH BAHAYA DARI SENJATA API >karna meyangkut banyak nyawa manusia. jadi pergunakanlah secara bertanggung jawab,&ingat frekwensi bukan hanya untuk tv/radio(apalagi orong orong) masih banyak keperluan jauh lebih penting dari pada itu,memang punya jalur sendiri2, tapi ingat hukum kelipatan,,agar tidak mengganggu kepentingan orang lain .demi keuntungan/kepuasan pribadi ……..trims ferry(angkasa pura tower soeta)

  197. semua rekan rekan HATI HATI terhadap orang bernama DIDIT. penipu ulung. saya sudah transfer Rp 165juta untuk 24 unit pemancar TV UHF tgl 12april 2008.ternyata sampai hari ini tidak satupun selesai dengan ALASAN barang import.dan alasan naik dollar. ini no telp BAJINGAN DIDIT tidak ada yang aktif.
    081315189411; 08881001871; 021-9204779; 021-47882616 (DIDIT/doni)
    didit_hertz@telkom.net

  198. mas tlong kirim rangkaian bergambar pemancar tv mini yang harganya cocok buat ank kuliahan dunk..soalnya dah beberapa kali gagal
    thx

  199. FM TRANSMITTER BUILTUP/RAKITAN
    ** RVR – DB – PYRAMID – etc.
    ** EXCITER – RF SOLIDSTATE/TUBE AMPLIFIER
    ** ANTENNA VERTICAL / CIRCULLAR
    ** KABEL HELIAX — SPARE PART
    ** CONSOLE MIXER AUDIO — PROCESSOR
    ** PAKET MURAH DAN GARANSI
    HUB : ADHI 031-5947542/031-71655757/08155055757

  200. BIKIN FORUM AJA BANG…DARIPADA BLOG BIAR AGAK RAPI…LAMA2 KOMENTAR KAYA KERETA API – PANJANG KEBAWAH…GITU..

    JONI

  201. salam kenal kepada temen2 pengelola tv kabel di forum ini.saya musta usia 22 tahun bermeksud untuk mencri pekrjaan di bidang tv kabel,keahlian saya bisa merakit sentral sekaligus membuat jaringan untuk versi uhv atau vhf outdoor maupun indor,pengalaman saya di tv kabel sudah 2 tahun,jika temen ingin buat tv kabel atau cara teknisilatau mau tanya tentang tv kabel .hub 081536344256.atau email saya ,

  202. Saya berencana membangun tv komunitas di daerah kandanghaur indramayu karena di komunitas nelayan dan petani sangat awam dengan iptek dan siaran dakwah islam. mudah-mudahan rekan-rekan bisa membantu saya di dalam memajukan IPM dan SDM indramayu. Saya tunggu program anda via email : jangkartv@yahoo.com atau silahkan hubungi fauzi : +628170063222. Terima kasih

  203. Mohon bantuan bia ada yang tahu, apakah saya bisa minta alamat email p Ashfan, atau no hpnya.

    Saya pengin komunikasi dengan p Ashfan mengenai DVB T dan DVB S transmitter

    Apabila ada yang bisa membantu bisa diinfokan ke argoharsoyo@gmail.com

    Terima kasih

    Argo Harsoyo

  204. saya mendapat tugas mengenai perancangan station televisi lokal
    mulai dr
    -range frekuensinya
    -jangkauan station tv
    -perkiraan redaman dari Tx ke Rx
    -tipe cloaxial yg digunakan
    mohon bimbingan dan bantuannya…
    trimakasih

  205. mohon informasi harga built up 300 watt dan 500 watt buatan italia

  206. setahu saya tidak ada undang2nya utk pendirian tv rt,kalu emg ada uud nya tolong email ke saya,yg saya tahu adalah tv komunitas karna kamipun mendirikan tv&radio komunitas berdasarkan pasal 33 ayat 4 nmr 32 tahun 2002 yang suda evaluasi dengar pendapat di kpi pusat pada tanggal 29 april 2009,dan saya rasa peluang utk menyelenggarakan tv komunitas msh terbuka lebar..jika berminat kami siap membantu proses perizinan&pengadaan transmitter,dari mulai harga 15jt(100 watt uhf komplit antena&kabel)sampai 30jt (250 watt uhf komplit antena&kabel ldf5 7/8″35 mtr.hub.081381209091

  207. Terus terang saya disini mau mengugkapkan perasaan kecewa kepada Sam Broadcasting Semarang. Katanya menjual pemancar murah berkwalitas, tapi ternyata setelah saya membeli dengan harga 8,5 juta nggak tahunya benar – benar mengecewakan. Baru ON Air beberapa menit,langsung meletus. Setelah saya buka , ternyata dalamnya hanya berisi Trafo dan Kit BLF-278. Tanpa protektor sama sekali. Apa ini yang namanya pemancar murah berkwalitas ?

  208. Wow… makin asyik makin rame aja nih…., sampei sampai gak betah baca sampe akhir….

    saya juga gemar rakit-rakit pemancar untuk eksperimen… sekedar ingintahu….

    tapi kalo pemancar televisi, belum pernah….

    ada yang sudah punya skemanya??? mohon di bagi dong… syukur langsung ada link ke web yang sudah membahas tentang pemancar televisi…

    saya hanya ingin merakit pemancar televisi yang jarak jangkauannya berkisar antara 100 meter sampai 300 an meter aja..

    oya salam kenal semuanya…. tetap semangat…

    makasih.. ada yang baik hati…. saya tunggu di madi79@plasa.com untuk share ilmunya…

  209. Bapak bapak, Ibu ibu, semua yang ada di sini…. Mohon dong skema pemancar televisinya…. Yang kecil-kecilan aja…. Boleh khan…. terima kasih….

  210. Ni kok ndak ada yang comment lagi? pada hijrah kemana ya??

  211. ngomongin pemancar tipi, jadi keingat pas bikinin tugas akhir mahasiswa poltek daerah saya.
    awalnya gak nyangka bisa lumayan jauh mancar, coz target cuma beberapa meter. dalam skema yang diajukan anak2 sih pake final 1946c mitsubishi, aku sempet pesimis karena datashet nya klo g salah g bisa diatas 175mhz.
    yang pengen skema siapa tau bisa dipakai, ke email kami aja, saya dg senang hati bisa membagi. dwijayateguh@yahoo.com

    thx

  212. waduh tolongin dong kawan saya mau bikin power audio aplifear 5000 watt siapa ya yang nolongin gue tolong dikirim lewt emailku ……… adydaya@gmail.com……..

  213. TOLONG BANTU AKU YAAA KALO ADA SOAL GN JAWABANNYA GMN ???? :
    1. What is the maximum effective aperture of a microwave antenna with a directivity of 900?
    2. What is the maximum power received at a distance of 0,5 km over a free space 1 Ghz circuit consisting of a transmitting antenna with a 25 dB gain and a receiving antenna with a 20 dB gain? the gain is with respect to a lossless isotropic source. The transmitting antenna input is 150 W.
    BANTU AKU YA, SOAL INI DIKUMPULKAN BESOK SELASA TANGGAL 8 DESEMBER 2009,THX

  214. halo, diskusinya masih dibuka ?
    saya mau tanya ada yang tau crak aktivasi deejaysytem ?
    makasih atas bantuannya

  215. Om harry.. punya circuit repeater uhf keluaran sekitar 30 db..??
    thx B4 ya Om..

  216. saya mau tanya apa fungsi pallet amplifier dan bass filter?saya pnya pemancar tv vhf klo mo dipasang kedua alat itu mana urutannya.trims saya pemula.terima kasih

  217. dear all
    sampai saat saya belum bisa mengetahui apa yang disebut dBmV
    barusan saya membeli alat yang output nya adalah 60dBmV kalau
    di conversi ke milli watt menjadi berapa dan kalau dikonversi ke dBm menjadi berapa juga ya dan gimana cara perhitungannya konversi tsb?
    atas jawabannya rekan2 di ucapkan terima kasih

  218. Pingback: beli cctv
  219. anak-anak mesti diawasi kalau nonton televisi, soalnya tayangannya bermacam-macam mengajarkan anak-anak hal-hal negatif yang dicontohkan pelaku dewasa di televisi..

  220. Pingback: domains
  221. VLC Converter is so far the most easy-to-use conversion program to convert vlc files with super speed and lossless quality. If you happenly want to convert vlc files, I strongly recommend you this powerful VLC converter.

    If you need a VLC to MP3 converter, I strongly recommend you this powerful VLC to MP3 converter which can extract audio from vlc files and convert to audio formats like mp3, wma, wav, etc.
    vlc to dvd Creator is an easy-to-use DVD authoring software and the best VLC to DVD converter to convert VLC to DVD, burn DVD disc, DVD folder and ISO file from all popular media formats like MP4, AVI, WMV, MOV, MPG, MPEG, DAT, MKV, FLV etc.
    The almighty vlc to mp4 converter is specially designed for VLC users to convert vlc to mp4 and other video and audio formats like avi, wmv, mpeg, mpg, flv, mkv, mp3, wma, wav, etc with super speed and lossless quality.

  222. Pingback: penjernih air
  223. Wah saya malah baru tahu ada pemancar mini untuk area kecil. Bagus banget infonya pak. Tapi diskusinya jadi agak gontok2an, hehehe.. Agan-agan sekalian, semoga sukses bikin pemancarnya 😀

  224. Pingback: fico score
  225. Pingback: centrin tv kabel
  226. Having read this I thought it was really enlightening.
    I appreciate you finding the time and energy
    to put this content together. I once again find myself spending a significant amount of time both reading and posting comments.
    But so what, it was still worth it!

  227. My spouse and i got very peaceful when Emmanuel managed to do his survey through your ideas he had when using the web pages. It is now and again perplexing to just happen to be giving out helpful hints other folks might have been making money from. We grasp we need the writer to appreciate for this. Those illustrations you have made, the simple site navigation, the relationships you help to foster – it’s got most impressive, and it is aiding our son in addition to the family reason why the concept is pleasurable, which is certainly incredibly pressing. Many thanks for the whole lot!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *