DOOM

Apa sama sekali belum ada yang menonton film ini ? 🙂 Anyway, berhubung saya sudah menunggu selama… 10 tahun? 12 tahun? Too long, basically 🙂 jadi begitu saya lihat poster film Doom di Plaza Senayan, saya langsung menyatakan bahwa saya akan menjadi salah satu penonton pertamanya di Jakarta. Apalagi ketika menyadari bahwa di Inggris film ini baru akan diputar pada tanggal 2 Desember; wow… my condolences, he he.

Di luar dugaan, ternyata partner saya tersenyum mendengarnya, dan mengatakan bahwa dia akan ikut menonton juga. Well, the more the merrier 🙂

Jadi, minggu lalu (24 Oktober 2005), kita mampir ke bioskop PIM2. Bioskop terisi sekitar 2/3-nya, not bad.

SPOILER ALERT: meneruskan membaca posting ini **mungkin** akan menyebabkan Anda membaca beberapa spoiler film ini.

Kami datang agak terlambat, tiba di adegan dimana tim Marinir yang dipimpin oleh Sarge sudah mendarat, dan sedang masuk ke markas UAC di Bumi. Settingnya cukup bagus, walaupun cara teleportnya tidak begitu mengesankan (masuk ke gelembung air – tiba2 muncul di Mars? 🙂 ) — anyway, setting film ini cukup mirip seperti situasi di Doom 3.
Tadinya saya berharap akan bisa melihat Cyberdemon dan Cacodemon a la Doom II 🙂 tapi mudah-mudahan mereka akan muncul di sequel film ini (fingers crossed).

Ada banyak komentar mengenai film ini, tapi yang sangat tepat saya kira adalah dua komentar pertama di IMDB.com.
‘Nuff said.

Quotes? One-liners? It got loads of them – check it out. There are much more here (ok, ok – still, some great quotes there).
Hilarious.

Film ini berjalan dengan tempo agak pelan pada awalnya, namun dengan semakin banyak hal yang ditemukan, tempo film terus meningkat.
Sampai akhirnya tiba di adegan dimana diperlihatkan dari perspektif tokohnya – seperti di gamenya 🙂 adrenaline rush! Adegan perkelahian utamanya juga cukup menarik dan unik.

Di luar dugaan, film ini punya plot cerita 🙂 ada beberapa yang orisinil dan ada beberapa kejutan yang sama sekali tidak disangka.
Very nice.

Walaupun tema film ini adalah action/horror, namun cukup banyak juga kejadian lucu di film ini.
Seperti, ketika Sarge berteriak kebingungan saat tertangkap oleh para zombie: “I’m not supposed to die!!”. Disitulah kita baru sadar, ternyata tokoh utama film ini bukan dia 😀
BFG = Big Force Gun… ?? ROFL. (note: kemudian “dikoreksi” oleh Sarge 🙂 )
Nano walls..
dst.

Film ini mendapatkan rating 18 di Kanada, dan cukup tepat, karena benar-benar banjir darah, dan banyak adegan mutilasi. Yah, seperti gamenya.
Sangat tidak disarankan untuk anak kecil.

Overall, film ini adalah salah satu adaptasi dari videogame yang cukup baik (sekelas dengan Resident Evil saya kira).
Kalau untuk sequelnya bisa dibuat tema demon/hell (gates of hell opened on mars, etc) dan bukannya mutant/zombie, maka saya kira film ini akan bisa menjadi lebih unik (rasanya film tentang zombie/mutant/alien sudah terlalu banyak ya)

5 thoughts on “DOOM

  1. Say selaku veteran Doom dan Doom 2 (sayangnya pas Doom 3 / Final Doom udah gak doyan maen PC game) agak kecewa dengan kurang bervariasinya monster2 yg disuguhkan di filmnya. Padahal sehari sebelom nonton, saya udah bela2in ngoprek2 tempat cd2 lama saya dan menemukan CD Doom pertama dan sempet main episode I nya: “Knee Deep In the Dead” dan masih hafal luar kepada beberapa kode cheatnya seperti IDDQD, IDKFA dan IDSPISPOPD. Tapi sutralah, secara umum (apalagi buat orang yg awam gamenya) filmnya is not so bad afterall. Besar harapannya untuk dibuat sequalnya yg lebih banyak memunculkan montster2 original Doom seperti: baron of hell, cyberdemons & spider mastermind.

  2. dulu seharian main produk id software semacam wolfenstein original, doom, doom 2, etc. tapi gak main doom 3 karena terlalu serem for my tastes :). nonton filmnya juga gak mau dengan alasan yang sama 🙂

  3. Hehehehe, ternyata nonton juga. Yup, film ini memang ditunggu saya rasa sejak tahun 93/94, dulu saya berharap sangat pemerannya adalah Arnold (yg sekarang sdh menjadi gubernur). Tapi, tdk menyesal kok midnight dengan film ini. Komentar saya, “Ini mungkin satu-satunya film yang paling mirip dengan game-nya!!”

  4. sy sih blom bsa koment, soalnya ini pc blom bs saya manainkan, mngkin karna bajaakan ya…. he..he

Leave a Reply

Your email address will not be published.