Arogansi Tim O’Reilly

Respons Tim O’Reilly mengenai masalah trademark “Web 2.0” cukup mengecewakan.

Pertama, tidak ada kesimpulan konklusif mengenai tindakan yang akan dilakukan terhadap sumber masalah – pengacara CMP. Tanpa surat C&D dari mereka, masalah ini tidak akan pernah terjadi. Dimana para blogger dikritik dengan pedas karena responsnya, Tim bersikap lunak terhadap CMP dan lawyernya.
Apa susahnya sih menyatakan “We will make sure this will not happen again in the future” ?

Kedua, kurangnya simpati terhadap posisi IT@Cork – organisasi non-profit, menerima surat C&D; karena akan sangat berat untuk menyewa lawyer, maka tentu saja akan berusaha melakukan segala cara untuk menyelamatkan dirinya. Disebutkan kurang simpati karena point pertama. Seharusnya Tim bisa memahami bahwa Tom mungkin melakukan kesalahannya (C&D dari O’Reilly – seharusnya CMP) karena panik. Ini malah menuntut meminta maaf. Memang haknya, namun ini tidak elegan dan jelas terkesan arogan. Bagusnya, Tom mau mengucapkan maaf kepada Tim.

Ketiga, O’Reilly tidak betul-betul bebas dari tanggung jawab – sebelum lawyer CMP mengirimkan surat C&D tersebut, Gina Blaber dari O’Reilly sudah menyetujuinya. Sudah jelas demikian, tapi tetap saja Tim mengeluh bahwa O’Reilly kena batunya disini. Whiner.

Keempat, Tim justru menghina bloggers dengan sebutan “mob”. Padahal ini, lagi-lagi, tidak akan terjadi jika tidak ada poin pertama. Tim tidak menyebut lawyernya (aka = sumber masalah) dengan kata yang buruk, malah blogger yang dikenakan.
Memang ada blogger yang salah dan patut disalahkan, namun para sumber masalah justru tidak dikenakan perlakuan yang buruk seperti itu juga.

Secara umum, respons Tim terkesan sangat arogan. Mengecewakan.

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Yang terpenting adalah bagaimana cara kita dalam menangani kesalahan yang telah terjadi itu.
Dalam hal ini, O’Reilly gagal dengan cukup mengecewakan.

Contoh poin-poin lebih lanjut bisa dibaca pada komentar-komentar di posting tersebut, seperti pada komentar dari
Dale Sundstrom,
Varun at May 30, 2006 07:35 PM,
weber_grill (warning: emosional),
IAMweb2.0TM,
J. Random Hacker,
Clyde Smith (May 30, 2006 09:46 PM — CMP juga telah mendaftarkan “Software Development” ??),
Dennis Howlett,
Tim Almond,
Anon at May 31, 2006 05:02 AM,
Anonymous at May 31, 2006 08:44 AM,
David Jones at May 31, 2006 08:36 AM, dll.

CMIIW, karena postingnya cukup panjang, dan semakin mendekati akhir terus terang saya makin kecewa membacanya.

1 thought on “Arogansi Tim O’Reilly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *