Menjalankan bisnis – 2/3

“Menjalankan bisnis muslimah”, artikel ke 2 dari 3 seri merintis usaha muslimah, yang telah dimuat oleh majalah Alia. Terimakasih kepada redaksi majalah Alia yang telah mengizinkan publikasi ulang artikel ini disini.


Menjalankan usaha muslimah – bagian I
Oleh: Helen Sufehmi

Kata orang, memulai sesuatu adalah yang paling sulit. Pada edisi yang lalu, kita telah membahas mengenai cara untuk memulai usaha kita sendiri. Betapa berat dan pelik berbagai urusan yang perlu kita persiapkan.
Tetapi begitu usaha telah mulai berjalan – banyak orang yang terjebak. Dikiranya sudah bisa merasa lega dan mulai hidup tenang.

Kenyataannya, pada saat ini sebetulnya kita seperti seorang pendaki gunung yang sedang berada di kaki sebuah gunung. Perjalanannya masih panjang, dan penuh dengan bahaya. Jika ia lengah di perjalanannya disini, maka bisa-bisa dia terjerumus ke dalam jurang.
Demikian pula dengan kita yang baru memulai ini – sekarang belumlah saatnya untuk bersenang-senang. Pendakian kita baru saja dimulai, maka kita harus mempersiapkan fisik dan mental kita untuk suatu petualangan yang melelahkan. Yaitu menghadapi segala tantangan di perjalanan, untuk mencapai puncak gunung tersebut, dan menjadi penakluknya.

Jadi, sebetulnya apa sajakah yang perlu kita lakukan di petualangan yang satu ini ?

I.Pembukuan

Percaya atau tidak, ada banyak sekali orang yang menjalankan usaha tanpa melakukan pencatatan, yang biasa kita kenal dengan istilah pembukuan.
Akibatnya seringkali cukup mengenaskan.

Satu contoh; ada sebuah usaha dagang yang beromset milyaran rupiah, yang tiba-tiba hampir bangkrut.
Ketika diteliti, ada beberapa hal yang ditemukan :

1. Cashflow (perputaran uang) tidak lancar, karena:
a. Pembayaran kepada supplier : cash / tunai , tetapi :
b. Pembayaran dari customer : bertempo / hutang beberapa minggu
c. Lalu, sisa uang yang ada terlalu banyak tertanam di proyek-proyek “mercusuar” – ekspansi usaha yang melampaui batas kemampuan, tapi bergengsi tinggi.
2. Piutang (hutang customer) terlalu banyak yang tidak tertagih / macet.
3. Gaya hidup direktur terlalu mewah

Apakah perusahaan tersebut menjalankan pembukuan ? Ternyata ya, pakai komputer pula. Tetapi – pembukuan tersebut hanya berupa sekedar pencatatan, tidak dijadikan pedoman untuk mengambil keputusan-keputusan / mengawasi situasi perusahaan.
Walhasil, banyak tanda-tanda masalah terlewat begitu saja – sehingga terkesan bangkrutnya itu mendadak.

Nah, usaha yang menjalankan pembukuan saja masih bisa bangkrut dengan cukup spektakuler. Bagaimana kira-kira yang tidak menjalankannya ?
Bisa kita bayangkan sendiri.

“Pembukuan itu kan rumit sekali”, ini alasan yang sering kita dengar. Memang, pembukuan yang ideal, General Ledger, bisa sangat memusingkan dan merepotkan. Bahkan bagi akuntan yang berpengalaman sekali pun.
Tetapi, esensinya sebetulnya mudah – yaitu mencatat pergerakan uang. Dan ini hanya berupa 2 hal; uang masuk, atau uang keluar.

Berangkat dari sini, maka kita bisa buat pembukuan yang sederhana, khusus untuk UKM (Usaha Kecil dan Menengah).

…..


Artikel selengkapnya bisa di download dari sini.

46 thoughts on “Menjalankan bisnis – 2/3

  1. alhamdulilah saya sudah menerapkan pembukuan sederhana di toko saya, dan alhasil saya bisa monitoring cash flow saya.
    sekarang usaha saya memerlukan armada truk untuk mengangkut minyak curah yang jaraknya sekitar 20 km dari tangki menuju tempat saya, selama ini kami menggunakan truk sewaan dari pelabuhan dengan charge 600 rb sekali jalan, rata-rata kami mengangkut minyak 2 kali dalam seminggu, jika dijumlahkankan kira2 sebulannya 4,8 jt per bulan atau setara dengan cicilan truk untuk 3 tahun. dp truk sekitar 40 jt. menurut teman saya yang bermanhaj salafy kredit diharamkan apapun bentuknya, gimana penjelasan menurut bang fehmi? tq

  2. @sir alex – menurut teman saya yang bermanhaj salafy kredit diharamkan apapun bentuknya, gimana penjelasan menurut bang fehmi? tq
    .
    Kita sekarang sudah punya bank ISLAM — yang justru berdiri tegar ketika bank-bank riba pada berguguran seperti daun kering.
    .
    Silahkan bisa memanfaatkan produk pembiayaan dari salah satu bank Islam yang ada.
    .
    Semoga sukses selalu.

  3. Betul sekali pak! memulai memang paling sulit. karena butuh keberanian lebih. Senada kayak pribahasa ini:

    “kesuksesan itu di tengah samudera, maka yang bisa mencapainya hanyalah orang yang berni meninggalkan pantai..”

  4. mantabs…smakin menuatkan hati untuk resig dari kantor dan mulai berwirausaha… thanks

  5. Well with your permission allow me to grab your rss feed to keep up to date with future post. Thanks a million and please keep up the fabulous work.

  6. Keep your Contacts and SMS safe! Actually, the contacts and SMS have more values than a cell phone’s own value. You can pay money to buy a new iPhone, but cannot buy your lost contacts and SMS back. So it’s important for you to backup your contacts and SMS in iPhone. And we recommend you backup contacts and SMS regularly. Our backup software can help you take a snapshot for your contacts and SMS. Your important personal information will be never lost.

  7. Pasal Great! SWF untuk iPhone Converter adalah sebuah utilitas berguna yang sempurna dapat mengkonversi Macromedia SWF file dan proyektor video Flash untuk iPhone untuk pemutaran SWF pada iPhone. Selain itu, tidak hanya bisa SWF rip ke MP3, AAC, M4A, WAV file audio, ia juga mendukung batch mode SWF untuk iPhone konversi. Dan mode manual yang memungkinkan menangkap Flash interaktif untuk konversi.

  8. VLC Converter is so far the most easy-to-use conversion program to convert vlc files with super speed and lossless quality. If you happenly want to convert vlc files, I strongly recommend you this powerful VLC converter.

    If you need a VLC to MP3 converter, I strongly recommend you this powerful VLC to MP3 converter which can extract audio from vlc files and convert to audio formats like mp3, wma, wav, etc.
    vlc to dvd Creator is an easy-to-use DVD authoring software and the best VLC to DVD converter to convert VLC to DVD, burn DVD disc, DVD folder and ISO file from all popular media formats like MP4, AVI, WMV, MOV, MPG, MPEG, DAT, MKV, FLV etc.
    The almighty vlc to mp4 converter is specially designed for VLC users to convert vlc to mp4 and other video and audio formats like avi, wmv, mpeg, mpg, flv, mkv, mp3, wma, wav, etc with super speed and lossless quality.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *