Potensi 3G di Indonesia

Ikhlasul Amal berkomentar mengenai 3G di blognya. Menarik, dan wajar sekali jika kita berharap besar dengan teknologi baru ini. Inikah “disruptive technology” tahun ini, seperti email & web yang kemudian merevolusi Internet ?

Sayangnya, 3G bisa jadi menjadi teknologi berikutnya yang cuma sekedar potensi, namun gagal dieksploitasi secara maksimal. Bagaimana bisa ? Bisa saja, jika justru operatornya sendiri yang mensabotasenya.

Kawan saya bercerita bahwa skema bagi hasil berbagai operator mobile phone saat ini sangat timpang, dan mencerminkan kerakusan yang menjatuhkan. Bisnis sebagai content provider (baca: aplikasi kreatif, games, dll) profitnya sangat kecil, karena sebagian besarnya adalah untuk operator.
Kalau kita lihat provider content pada saat ini, jumlahnya tidak sebanyak yang seharusnya, dan variasinya juga tidak berkembang.

Potensi 3G ada pada content. Jika digabung dengan layanan billing (yang, lagi-lagi, skema bagi hasilnya lebih bagus); maka 3G bisa menjadi suatu gebrakan besar.

Contoh yang sangat bagus dalam hal ini bisa kita lihat ke NTT Docomo, operator mobile phone di Jepang. Karena skema bagi hasilnya sangat menggiurkan, otomatis provider content bermunculan dalam jumlah yang sangat banyak. Setiap minggu ada saja inovasi baru yang muncul.
Dan walaupun sekilas kita kira NTT Docomo telah melakukan kebodohan (karena menyerahkan sebagian besar profitnya kepada content provider), namun sebetulnya justru untung besar; karena (profit kecil x volume transaksi besar) = profit besar.

Mari sekarang kita berharap agar operator-operator yang ada mau memanfaatkan momen ini (launching 3G) untuk mengevaluasi ulang skema bagi hasilnya dengan content provider.
Jika kemudian bisa diadakan skema bagi hasil yang menarik, maka bersiap-siaplah menikmati inovasi dan terobosan-terobosan baru berbasis 3G !

Sementara menunggu itu, saya menikmati dulu fasilitas video call gratis 😉

139 thoughts on “Potensi 3G di Indonesia

  1. sekarang bagaimana kalau perhitungannya,

    profit besar x volume transaksi besar? pasti profit sangat besar :mrgreen:

    *sekarang di operator yang gak bisa 3g*

  2. Azil – maunya operator yang sekarang kan seperti itu 🙂 ternyata yang terjadi justru (profit besar x volume transaksi sangat kecil) = ???
    .
    Entah berapa profit mereka; namun yang jelas pada situasi seperti ini, kita tidak bisa mengharapkan adanya banyak inovasi.

  3. Ya.. tak pikir jg bagus pangsa pasarnya . Orang indonesia kayaknya lebih dekat ke HP-nya dibanding ke TI ( internet ) . Asal contentnya bagus .. dan murah ( apalagi gratis ) pasti berbondong2… slurp

  4. jadi kalo sharing profitnya menarik, mau ikutan bikin start-up content provider? 🙂
    keluhan seorang pengembang content provider lokal : kalo ama operator indonesia bayarannya ditunda2 mulu, maka dia mendingan bikin content buat operator di jepun sana dengan teman disana sebagai marketernya, bayarannya lebih pasti dan komit.
    btw, video call gratis? mbok ya coba video call ke saya.

  5. pengembangan teknologi di Indonesia memang selalu berorientasi fitur. Menampilkan fitur baru spt video call jauh lebih menarik daripada memperbaiki service fasilitas yg sudah ada skrg. Di jepang sendiri video call sudah beberapa tahun belum populer2 juga karena memang banyak yg enggan menampilkan wajah mereka dan repot kalo terima telponnya sedang ada kesibukan lain (mis. jalan kaki).

  6. hehehe.. artikel 3g yang menarik.

    sayangnya kelihatnnya 3g di eropa/amerika adem ayem aja tuh. hehe. terus 3 tahun lagi ada 4g. indonesia udah ketinggalan lagi.

  7. @hebiryu – masalah mereka sama dengan di Indonesia; kurang content. Padahal contoh yang bagus & sukses sudah ada (NTT Docomo). Tapi tetap saja pada tidak mau mengadaptasi model tsb.
    .
    Saya sekarang sedang mencoba melakukan beberapa terobosan disini. Mudah-mudahan berhasil.

  8. apa to mas ? bagi-bagi dong. hehehe..

    judi bola pake 3G ? wah pasti sukses tuh di Indonesia. hehehe..

    setelah liat CV keliatannya kita mirip2 neh. kamu dari MSc system design aku dari MSc information technology.

  9. Salam kenal.
    Tentang 3G, saya pingin melihat bagaimana pemanfaatan teknologi ini lebih jauh, tidak hanya sekedar rich content seperti video call, TV, news dll. Saya pakai 3G sejak 2 tahun lalu, dan hanya dg hitungan jari saya memakai nya untuk nonton FOX news, dan video call itupun karena iseng.
    Adakah peluang untuk business-2-business?

  10. Pak Harry, ngomong2 berapa sih market nya layanan data via wireless mobile di indonesia ?

  11. udah cobain Mobitrek Indonesia? Mobile social networking berbasis WAP, ada di http://m.mobitrek.com/ gratis dan bisa ketemu temen2 baru dari dunia cyber mobile. Kaliajah yg pake 3G bisa menikmatinya

  12. sebelumnya, salam kenal dulu dari australia buat pak harry!
    saya rasa sama juga dengan di australia, bisnis content provider untuk 3G saya rasa masih kurang bisa berkembang pesat. So far yang masih pegang peranan besar dan keuntungan besar pihak operatornya.

    Dari analisa saya , kelihatannya fungsi 3G yg utama spt video call, malah kayaknya jarang dipakai, kecuali kalau gratis lain lagi ceritanya 🙂

  13. Saya pakai 3G sejak 2 tahun lalu, dan hanya dg hitungan jari saya memakai nya untuk nonton FOX news, dan video call itupun karena iseng. Adakah peluang untuk business-2-business?

  14. Pangsa pasar Indonesia selalu bagus untuk teknologi baru. Persoalannya adalah, ada gak provider yang benar-benar serius MAMPU memberikan layanan TERBAIK YANG NYATA. Karena kita sebagai konsumen sampe bosen selalu dibohongi dengan kehebatan layanan yang dijanjikan dalam iklan, namun kenyataannya NOL BESAR.

  15. Ya.. tak pikir jg bagus pangsa pasarnya . Orang indonesia kayaknya lebih dekat ke HP-nya dibanding ke TI ( internet ) . Asal contentnya bagus .. dan murah ( apalagi gratis ) pasti berbondong2. Pangsa pasar Indonesia selalu bagus untuk teknologi baru. Persoalannya adalah, ada gak provider yang benar-benar serius MAMPU memberikan layanan TERBAIK YANG NYATA.
    ———————————–
    Artikel Kesehatan | Download PDF JawaPos | Practical Lessons in Yoga | Review | BitDefender | Cheap Softwares | CNN | Natural and Technology

  16. My husband spent 3 months in Indonesia mostly on business but his “hosts” made sure he got vacations in Bali and a few other great spots. He could not speak highly enough of the relaxation, friendliness of the people and the food!

  17. At the moment the 3G service is still quite expensive. But it is more and more popular in many countries. I think in a near future most of the people can afford to use it.

  18. 3,5 G sudah jalan,, di rumah, sinyal hape saja ilang2,,, hehehe…
    Walau bagaimanapun, teknologi harus terus berkembang,,, 🙂

  19. Wah..maaf..agak kurang nyambung..:) 3G-nya sich paham..Ichlasul amal juga kenal..Tapi kalo istilah teknis lainnya gak paham..Tapi salut buat blog ini yang memiliki konten bagus banget..salam kenal..

  20. ah everyone things 4g is different than 3g but in reality its all on the same network, its all he same people so dont go thinking its some new ground breaking technology..

  21. I am impressed by the way you covered this topic. It is not often I come across a blog with captivating articles like yours. I will note your feed to keep up to date with your approaching updates.Just striking and do uphold up the good work.
    amlyilthesis example

  22. Nice post and this fill someone in on helped me alot in my college assignement. Thanks you seeking your information

    thank for you…

  23. Youre so cool! I dont suppose Ive read anything like this before. So nice to find somebody with some original thoughts on this subject. realy thank you for starting this up. this website is something that is needed on the web, someone with a little originality. useful job for bringing something new to the internet!
    If you want get dollar klik here : success ezine

    – Regards Clara denisty –

  24. Superb article ,I really appreciated with it, This is fine to read and valuable pro potential,I really bookmark it, pro broaden read. Appreciation pro sharing. I like it

  25. Superb article ,I really appreciated with it, This is fine to read and valuable pro potential,I really bookmark it, pro broaden read. Appreciation pro sharing. I like it Java Romania

  26. meskipun diatas sudah dijelaskan secara rinci tap aku kurang nerti tukh atau aku yang lemot yakh….soalnya aku liat yg coment kata2nya bener sangat sesuai dengan penjelasan diatas..

  27. Sepertinya layanan 4G belum menunjukkan tanda kehidupan, saya maksud di Indonesia. Informasi tentang ini juga sangat minim. Mungkin kemauan dari para stakeholders emg gak ada dan dapat dimaklumi. Hla wong 3G yang belum semua daerah bisa menikmati aja, udah bikin pusing pemerintah dgn banyak alasan.. ckckck

  28. Saya ucapkan terimakasih kepada pembuat artikel ini, artikel ini berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk smeua pembaca khususnya saya sendiri. Saya tunggu lagi informasi-informasi lainnya yang tidak kalah menarik.
    Sukses selalu untuk anda

    kunjungi web kami untuk menambah ilmu
    http://www.168sdbet.com
    terima kasih

  29. Update deh ah….pakai 4G mantap sinyalnya kenceng banget layanannya tersedia Ok….sip Gan
    Mampir ya Agan – agan ke web ayee….
    ini Link nya http://www.vilaistanabunga.info
    sapa tau ada yang butuh villa buat liburan…..sorry malah promosi…
    Lam Kenal Gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *