Tutorial Fusebox

Fusebox adalah framework untuk PHP/ColdFusion yang cukup populer. Setahu saya, detik.com dan Kompas dibangun dengan menggunakan framework ini. Mungkin ada lagi, silahkan berkomentar di posting ini.

Mengapa menggunakan framework ?
Framework dapat menghemat waktu development secara sangat signifikan. Selain itu, juga memungkinkan Anda untuk menggunakan ulang code yang sudah dibuat sebelumnya dengan sangat mudah. Dan, sebuah proyek development jadi dapat dipecah menjadi komponen-komponen yang kemudian ditugaskan ke developer-developer yang berbeda lokasi sekalipun, dan tetap tidak masalah.

Keuntungan terbesar framework justru setelah development selesai – ketika suatu saat perlu dilakukan maintenance terhadap sistem (penambahan, koreksi, dll), maka jadi dapat dilakukan dengan mudah. Dimana biasanya biaya maintenance suatu sistem bisa jauh lebih mahal daripada biaya development nya.

Kelebihan Fusebox dari berbagai framework PHP lainnya (ada sekitar 70 buah lebih) adalah kemudahan pemakaiannya.
Fusebox semata-mata mengatur / merapikan alur development, tidak lebih tidak kurang. Karenanya file-file inti / core Fusebox hanya berukuran sekitar 32 KB saja.

Posting ini akan dilanjutkan lagi, berikut dengan file tutorial memulai pemrograman dengan framework Fusebox.

6 thoughts on “Tutorial Fusebox

  1. Good work! I always like to leave comments whenever I see something unusual or impressive. I think we must appreciate those who do something especial. Keep it up, thanks
    HelenĀ Olsson.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *