Pelestarian (pengawetan?) data

Ketika dulu CD-R mulai meluas pemakaiannya, saya sempat merasa gembira sekali. Saya pikir, selesai sudah rutinitas meng copy ulang data-data dari disket tua (baca: berumur beberapa bulan) ke disket baru. Hal ini musti dilakukan, karena disket termasuk ringkih. Beberapa bulan saja datanya sudah bisa tidak terbaca lagi – kalau tidak jamuran, maka karena kerusakan fisik akibat terlalu sering digunakan.

CD-R terkesan solid, dan memberi ketenangan bahwa data kita akan tersimpan aman disitu selama bertahun-tahun. Apalagi dengan klaim berbagai pembuat CD-R, bahwa data kita akan aman di disc buatan mereka selama 10 / 20 / 50 tahun.

Namun setelah beberapa tahun, fakta yang sebenarnya mulai terungkap :

1. CD tidak boleh terkena sinar matahari langsung
2. CD mudah tergores. Walaupun goresan pada sisi bawah (yang berkilau) belum tentu akan menghancurkan CD, goresan pada sisi atas (“label”) dapat langsung melenyapkan data Anda.
3. CD tidak boleh disimpan di tempat yang lembab
4. Banyak CD-R murahan yang hanya dapat menyimpan data Anda paling lama satu tahun saja
5. Kotak penyimpanan CD, yang plastiknya mengandung asam (acid), dapat memperpendek umur CD
6. Menulis di atas CD dengan spidol yang bukan khusus untuk CD dapat merusak data Anda

Kini CD sudah mulai digantikan oleh DVD, namun pertanyaannya tetap sama – bagaimana cara untuk mengamankan data kita dalam jangka waktu yang lebih lama ?

1. DVD-R atau DVD+R ? Jawab: DVD+R
Mengapa? = “inferior error correction, inferior ‘wobble’ tracking, and the fact its data writing methods look like an un-needed halfway point between CD-R and DVD+R

2. DVD+R yang terbaik kualitasnya ? Jawab: Taiyo-Yuden.

3. Tidak ada DVD+R dengan merk Taiyo-Yuden di pasaran !
Jawab: Coba cari DVD+R merk Fuji yang buatan Jepang, Panasonic, jenis-jenis Verbatim & Sony tertentu,

4. Selain Taiyo-Yuden, apalagi yang bagus dan harganya lebih terjangkau?
Jawab: CD/DVD produksi Mitsubishi Chemical Company (MCC), Maxell, dan TDK.

5. Bagaimana cara akurat untuk mengetahui sebuah disc adalah produksi Taiyo-Yuden / MCC / dll ?
Jawab: Pilih salah satu dari beberapa software yang dicantumkan di halaman ini.

Beberapa informasi menarik lainnya :

1. Tape backup TIDAK reliable. Saya kebetulan sudah mengalami ini sendiri 🙁 tape backup berumur kurang dari satu tahun, sudah tidak bisa di restore lagi.
ALWAYS test your backup.

2. Masa depan: Holographic storage.
Menurut Star Trek, tahun 2200 baru nampak teknologi holographic storage, syukurlah ternyata tidak lama lagi kita sudah bisa menikmatinya.

Moga bermanfaat.

Referensi: [ 1 ] – [ 2 ]

47 thoughts on “Pelestarian (pengawetan?) data

  1. itu gak salah ketik ya? DVD-R ato DVD+R.. trs dibawahnya CD-R and DVD+R?

    Apa gw yg bego.. 😀

    makasi infonya eniwei.. 🙂

  2. untuk data-data penting yang ukurannya nggak begitu gede (scan ijazah, scan akte + identitas diri lainnya, project template, source code/libraries) saya malah anti pake backup cd/dvd.

    Semua saya taruh di account gmail atau box.net 😀

  3. Kalau saya, akhirnya .. setelah menyadari .. beli hardisk besar dan saya khususkan untuk menyimpan data. Alhamdulillah sudah berjalan lebih dari 10 tahun (tentunya sudah beberapa kali mengganti hardisk karena masalah kapasitas) data saya tetap tersimpan dengan baik.

  4. #Andry,

    nah sekarang setelah Internet mati mendadak karena sea cable putus, anda tinggal bengong aja kan? heheeheh
    Ya itulah, bagaimanapun saya tidak akan pernah merasa aman menyimpan suatu backup di tempat yang secara fisik tidak terjangkau oleh saya

  5. paling aman itu mungkin harddisk. lagian jaman sekarang udah murah.

    CD/DVD? terlalu repot terutama kalau datanya banyak.

  6. selama ini saya masih sering menggunakan cd,tetapi setiap cd susah dibaca saya selalu mem-back up datanya .kerusakan pada cd sering terjadi karena berjamur atau terkena goresan…

    infonya sangat informatif mas,makasih………

  7. If the hard disk dumped into the water, it completed the destruction of work? Degaussing machine is really foolproof do?, Or set fire to the entire platform with the hard drive, really be able to completely destroy data?

  8. sudah bisa tidak terbaca lagi – kalau tidak jamuran, maka karena kerusakan fisik akibat terlalu sering digunakan

  9. back file CCTV di kantor saya sudah beralih ke externalhardisk…pertimbangan efisiensi saja, krn banyaknya keping dvd yg dipakai dibanding harga external HD sangat berbeda. Selain itu external HD lebih bandel.

  10. c’est dr?le on voit bien qu’avec les aubergines, ?a devient tout de suite ultra gourmand, et légèrement plus calorique qu’avec les autres légumes mais c’est si bon!

  11. datanya sudah bisa tidak terbaca lagi – kalau tidak jamuran, maka karena kerusakan fisik akibat terlalu sering digunakan.

  12. saja datanya sudah bisa tidak terbaca lagi – kalau tidak jamuran, maka karena kerusakan fisik akibat terlalu sering digunakan

  13. Trima kasih atas tips2 merawat CD, karena sampai saat ini saya juga masih setia menggunakan CD untuk menyimpan file saya meskipun ada flashdisk yang sekarang harganya sudah mulai murah..

  14. Trima kasih atas tips2 merawat CD, karena sampai saat ini saya juga masih setia menggunakan CD untuk menyimpan file saya meskipun ada flashdisk yang sekarang harganya sudah mulai murah..

  15. you issues in this sense is obviously a very good site is full suits me very carefully, but with are more intensive follow-up will have mixed commentss and are you teacher mothers ?

  16. Beckup data dengan menggunakan CD/DVD memang masih sangat dibutuhkan terutama perkantoran dan sekolah. setiap bulanya data diupdate dan dibeckup melalui CD dan dikirim langsung ke Dinas. jadi pihak kantor tidak mmengetik lagi tinggal copas aja. praktis.

  17. Best Private Proxy Store – DreamProxies.com – Order Private Proxies and Get 50 OFF in addition to Cost-free Proxies!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *