Hikmah dibalik MoU

Kemarin adalah salah satu hari yang paling menggembirakan bagi saya karena banyak hal. Pertama, karena saya (akhirnya!) bisa bertemu dengan banyak aktivis open source, yang sebelumnya baru saya kenal secara virtual saja. Kedua, karena pemerintah ternyata mempunyai itikad baik untuk menampung aspirasi komunitas dan mendukungnya. Ini hampir tidak pernah terjadi sebelumnya saya kira pada bidang IT. Ketiga, karena kami semua memiliki ikatan yang kuat, yaitu keinginan untuk memajukan Indonesia melalui open source.

Komunitas menjadi makin kompak bersatu, dan saya kira ini adalah salah satu hikmah dibalik MoU kemarin ini.

Terimakasih kepada semua yang telah berpartisipasi, khususnya kepada mas Wandi yang telah mengundang kami ke acara tersebut.

Kesimpulannya; sering-sering lah pemerintah bikin MoU, sehingga kita juga jadi sering kumpul-kumpul *gdubrak* 😀

11 thoughts on “Hikmah dibalik MoU

  1. Hehehhe, dari dulu juga gw senang banget kalo si MS itu merasa “kuat” biasanya orang yang merasa kuat itu kurang sensitif terhadap kekuatan lain di sekitar dia. Makanya kalo ada sweeping, MOU dll sbg: yang paling diuntungkan adalah: Open Source 🙂

    Ntar jadi ke Menristek gak nih ?

  2. Respon yang bagus dari aktivis open source. Tapi harus tetap dipikirkan langkah apa yg akan diambil M$ stelah ini. ingat kata pepatah, pecatur yang baik blah blah blah… 🙂 ini salah satu contoh taktik M$ menghadapi para blogger.

  3. Mas Harry, salam kenal ya. Dulu sempat bertemu sebentar di Birmingham. Saya juga peminat open source lewat wordpress. Cek my new web. journalist-adventure.com

  4. OK, then Open Source Community should develop themselves and s/w to deter proprietary ones…

    C’mon guys!, don;t waste too much time..

  5. Nggak seru aah, biar tetap gak ketemu darat aja lebih asyik :p *kidding* Ayo, Indonesia open source-kan semua, termasuk open government juga… 🙂

  6. @Asep – halo pak, saya sedang di B’ham saat ini 🙂 rencananya hari Rabu akan ke London bertemu dengan calon client. Kalau pak Asep sedang tidak terlalu sibuk, nanti saya coba mampir. Nomor HP saya selama di UK adalah .
    .
    @Zul – biar gak kopdar yang penting bisa tetap kontribusi, iya gak? Lewat internet pun juga bisa. Mudah-mudahan kemarin enggak kena angin beliung yang melanda Eropa. Salam kenal dari saya.
    .
    @All – mudah-mudahan makin sering ada kopdar para aktivis OSS, menyenangkan sekali !

  7. ah sayang sekali saya tidak bisa ikut datang kemarin ini. Btw, mas Harry tgl 30 sudah di jakarta kan? Kalau ada waktu saya mau arrange meeting dengan salah satu anggota Edubuntu Council, Jerome Gotangco yang kebetulan lagi mengikuti Asia Source II di Sukabumi

  8. @Belutz – Oi, ya saya insyaAllah sudah di Jakarta lagi. Monggo kalau mau meeting. Tapi kalau untuk Edubuntu, mungkin lebih pas pak Toosa ‘kali ya? Saya soalnya justru belum sempat oprek-oprek yang satu ini, hehe. Thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published.