Open Source = National Security

Dari berbagai argumentasi yang saya sampaikan kepada para client, tentang mengapa sebaiknya mereka memilih solusi yang open, salah satunya (terutama client pemerintah / departemen) adalah security.
Pada solusi yang open, antara lain kita dapat melakukan source code auditing, sehingga kita dapat yakin bahwa software tersebut memang aman, dan tidak ada “titipan” dari pemerintah asing.
Hal ini sulit (kalau tidak bisa disebut mustahil) dilakukan pada software tertutup / proprietary.

Dan ini bukan hanya khayalan / fantasi saya saja. Kasus seperti sabotase pipa gas Rusia adalah salah satu kasus yang paling spektakuler.

Namun, yang perlu dicemaskan adalah kasus-kasus yang low profile, atau tersembunyi. Seperti, pencurian data-data rahasia secara diam-diam. Dan ini, lagi-lagi, bukan hanya skenario khayalan, namun sudah terjadi secara rutin dengan adanya Internet — ada beberapa mafia identity theft yang secara rutin mencuri data-data pribadi Anda dan kemudian menjualnya di black market.
Bagaimana kalau yang tercuri ternyata kemudian adalah rahasia negara? Pastinya akan dapat dijual lebih dari mahal dari detil kartu Visa Gold, yang dihargai sekitar US$ 100 di black market.

Mudah-mudahan dengan pertimbangan ini (dan lain2nya), maka pemerintah kita akan semakin bersemangat untuk go open.

12 thoughts on “Open Source = National Security

  1. Open source akan menjatuhkan nama perusahaan karena mereka akan dicap sebagai perusahaan yang tak punya duit, tak mampu beli propietary.

  2. Opensource menjatuhkan nama perusahaan ? Ah, yang beneeer. Perusahaan saya banyak uang tapi pakai open source dan tidak merasa jatuh performance maupun image-nya. Yang terjadi malah sebaliknya. Sewaktu supplier atau customer datang dan tahu pakai Open Source, mereka bilang, “Wah hebat ya IT-nya, mau setup-setup…”

    Open Source = Tanpa Duit, nggak juga ah. Open Source kan bisa gratis dari sisi uang, bisa juga berbayar…

  3. @galih – open source bukan hanya semata soal duit 🙂
    .
    Banyak MNC yang sudah pindah ke OSS setelah mereka menyadari berbagai kelebihannya – reliable, terbuka, tidak menjadikan mereka “sandera” dari vendor tertentu, bebas dari forced upgrades, dll.
    .
    Dan, seperti yang dibahas di artikel ini, aman.

  4. @galih – justru perusahaan yang tidak menerapkan open source mungkin agak malu juga ketika perusahaan lain tahu bahwa mereka hanya bisa menggunakan satu merek tertentu yang terkenal akan kelemahannya.

    @Harry – Sebenernya kami berharap banyak pada aksi Dirjen Postel dan Depkominfo secara umum. Bagaimana mas Harry?

  5. @Amri – banyak lho yang mereka kerjakan di balik layar 🙂 jadi kita musti sabar.
    .
    Yaitu sabar membantu mereka berjuang untuk mencapai tujuan yang baik ini. Dan sabar menunggu buah dari perjuangan ini.
    .
    Mudah2an kita termasuk ke dalam golongan orang2 yang sabar 🙂

  6. Wow,great! This article is really excellent! You must see !

    Blu-ray Burner software is a powerful and best video Blu-ray DVD burner and Blue-ray burner tool.It can help you burn videos to Blu-ray Disc (BD) and also enable you to burn all these videos to Blu-ray disc and create your own Blu-ray movie.

  7. Sedih juga ya.. sudah tahunan berlalu tapi Open source untuk ketahanan negara sepertinya belum mendapat perhatian serius dari pemerintah kita… Sejauh mana yah kita mesti bersabar 😀

  8. MTS to MOV Converter is a powerful and easy-to-use MPEG to AVI converter, which enables you to effortlessly convert MTS to AVI, MTS to MPEG, MTS to MP4, MTS to 3GP, MTS to WMV, MTS to RM, MTS to RMVB, MTS to FLV(flash), MTS to VCD/SVCD/DVD, MTS to iPod MP4, MTS to PSP MP4 and so forth with high quality. It supports adding watermarks,subtitles to the videos.
    MTS to MP4
    MTS to WMV
    MTS to MPG

  9. I was more than happy to search out this internet-site.I wanted to thanks on your time for this wonderful learn!! I positively having fun with each little little bit of it and I have you bookmarked to take a look at new stuff you weblog post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.