Menkominfo : “Tolong ada perusahaan open source” — ini dia pak :

Pada berita di detik.com yang berjudul Menkominfo Minta Adanya Perusahaan Open Source, Menkominfo dikutip mengatakan :

Ia mencontohkan, dukungan yang dimaksudnya seperti konsultasi pemakaian dan bantuan pengoperasian. “Kalau help and support seperti itu saja tak ada, mau tak mau pengguna terpaksa mandiri,” tambahnya

Untuk itu, Sofyan menyarankan para pengembang open source di Tanah Air agar membentuk perusahaan. Tujuannya, lanjut dia, selain bisa memberikan bantuan pelayanan pada pengguna, kalangan open source juga bisa turut serta dalam tender legalisasi software yang digelar pemerintah.

Berikut ini adalah daftar beberapa perusahaan konsultan open source :

  1. Nurul Fikri
  2. Rimbalinux

Perusahaan yang tercantum disini adalah yang qualified untuk sampai mengikuti tender pemerintah (surat perusahaan lengkap, resources open source mencukupi, dst)

Jika Anda mengetahui perusahaan lainnya, silahkan dapat berbagi informasinya dengan berkomentar di posting ini. Terimakasih.

29 thoughts on “Menkominfo : “Tolong ada perusahaan open source” — ini dia pak :

  1. dulu ada linuxindo, ada inixindo, ada trabas. gak tau kalo bajau sekarang masih punya produk opensource gak yah?

    lucu emang nih, kemana aja ya pak sofyan ini. Apa tulisan pak Rusmanto masih belum dibaca beliau kali ya? 🙂

  2. RAB, kemana nihh Owo Sugiana??
    sibuk bikin e-voucher terus 😛

  3. Emang bukannya gitu mas dari dulu suka asbun? Ketika MoU dengan Microsoft juga mengeluarkan pernyataan yang menurut saya sifatnya fantasi (seperti kalo pake Linux pemerintahan ga jalan dst).

  4. @Oskar – fantasi sih sebetulnya enggak juga ya, kalau besok pindah semua ke Linux saya kira memang betul pemerintah gak akan jalan. Masalahnya, ini kan skenario yang impossible, he he 😀
    .
    Migrasi ke Linux itu perlu perencanaan yang matang, eksekusi yang disiplin dan teratur, serta dukungan yang solid.
    .
    Kepada semua komentator, terimakasih untuk tambahan informasinya. Mohon agar dapat menyertakan alamat website perusahaannya juga, agar yang memerlukan dapat menemukannya dengan mudah. Thanks!

  5. @milisdad – terimakasih untuk tambahan informasinya.
    .
    @Emanuel – lha saya kira itu perorangan. Ternyata sudah jadi perusahaan ya? Welcome !

  6. @Emanuel – saya berencana untuk merekomendasikan Sisfo Kampus ke seorang kawan, tapi membuka sisfokampus.net hanya ada halaman kosong. Mungkin sedang di renovasi ya ? Trims.

  7. Mas Harry,

    Bukannya halaman kosong, tetapi server tempat kami hosting amat-sangat dodol. Sering down. Kami sedang berencana pindah hosting dan sekarang sedang mencari-cari provider yang reliable tetapi tetap murah 😀

    Mohon sering dicoba, semoga pas sudah online lagi. Salam.

  8. Open source ???!!!!!!%%%%@#$^)***~!!…….. penghargaan berupa materiil dari kerja susah payah membangun program itu di mana mas ? Ingin teknologi yang bagus dan stabil kok gratisan. Maksa deh loe …………………..

  9. @Udin – tanya saja sama Linus, sudah hidup enak apa belum dia ? He he..
    .
    Atau gak usah jauh-jauh, nih mas Emanuel juga “jualan” produk yang open source. 😀
    .
    @Emanuel – halo mas, saya pribadi bisa rekomendasi Dreamhost.com (webhoster) atau LayeredTech.com (dedicated server). Saya sudah pakai kedua-duanya selama bertahun-tahun, dan pelayanan mereka sangat bagus.
    .
    Atau, mau saya kasih account Dreamhost gratis? Saya masih ada space kosong sekitar 150 GB nih 🙂 Kabarkan saja. Trims.

  10. tambahin lagi pak, PT Ametis Technology , kita baru berdiri thn 2005 awal , kita yang muda-muda juga mungkin bisa dikategorikan perusahaan berbasis opensource, produk kami yang pertama pun menggunakan teknologi opensource dan dinikmati cukup banyak orang plus kelebihan dan segala kekurangannya dikarenakan keterbatasan SDM dan duit :p
    linknya https://register.net.id ^^

    jasa lainnya mungkin meliputi software engineering dgn software open source , linux OS ..etc lah, teknologi kan berkembang jadi kami jg harus berkembang.

  11. @udin ….. mindset pedagang kaki limanya tolong dihilangkan, brp banyak seh software yang dibuat oleh lokal dan dihargai? rata2 dibajak semua tuh , jadi kita mesti lihai dalam mengantisipasi kondisi tsb, jgn jualan software tapi jualan service ^^ , toh klien juga rata2 ga minat ama source code.. yang penting aplikasi jalan bisnis lancar dan ada yang tanggung jawab maintain.

    kalo masalah penghargaan berupa materiil yah, brp seh yang anda dapat dari produk propietary? dan brp banyak uang yang mengalir ke luar negeri karena produk tsb rata2 milik asing?

    kalo visi opensource berhasil, coba bayangkan brp uang yang kita hemat sehingga tidak keluar negeri karena membeli microsoft, oracle, sap , asaba etc deh… kan ga lucu kalo departemen pertahanan dan keamanan kita pake software yang meliputi ERP yg mungkin jg termasuk securitynya memakai produk negara lain ^^ istilah kata , mana aman :p China , Colombia dan beberapa negara lain saya baca sudah mengembangkan aplikasi untuk e-gov sendiri sehingga tidak bergantung dengan vendor asing.

    disini dibutuhkan kerjasama semua pihak , dan kesabaran.

    ps: hehe… jadi sotoy neh -_-” , kalo ada salah maaf, harap di koreksi …

  12. (L)MigrasiLinux
    Dimotori para aktivis KPLI Tangerang (wilayah Banten dan sekitarnya). Bisa di tengok di http://www.migrasilinux.com Masih baru berdiri, tapi dengan beberapa personel yang telah bergelut sebagai penggiat Linux. Mohon do’a dan kerjasama dari sahabat semua untuk terus mendukung Linux dengan baik dan lebih baik lagi.

  13. Open Source is great!!! Tapi sayang Microsoft sudah menanam akarnya dengan kuat. Belum semua software2 bagus ada penggantinya di Open Source. Seandainya sudah, Microsoft bakal gulung tikar.. jualan koran mungkin hehehehe

  14. g open source di Tanah Air agar membentuk perusahaan. Tujuannya, lanjut dia, selain bisa memberikan bantuan pelayanan pada pengguna, kalangan open sour

  15. MTS to MOV Converter is a powerful and easy-to-use MPEG to AVI converter, which enables you to effortlessly convert MTS to AVI, MTS to MPEG, MTS to MP4, MTS to 3GP, MTS to WMV, MTS to RM, MTS to RMVB, MTS to FLV(flash), MTS to VCD/SVCD/DVD, MTS to iPod MP4, MTS to PSP MP4 and so forth with high quality. It supports adding watermarks,subtitles to the videos.
    MTS to MP4
    MTS to WMV
    MTS to MPG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *