Software Portable

Walaupun sering bepergian ke berbagai lokasi, sebetulnya saya sering malas membawa laptop (kembali ke laptop? mbuh..). Walhasil laptop saya jadi awet dan kondisinya tetap mulus (atau mungkin juga karena saya belikan sleeve-nya?).

Nokia E70 sudah sering membantu di beberapa perjalanan, sehingga saya bisa meninggalkan laptop saya. Kalau saja ada Open Office di handphone ini….

Ternyata ini bisa πŸ™‚

Sejak beberapa waktu yang lalu, saya telah memasang Portable Apps.com di handphone ini.
Dengan card MicroSD sebesar 1 GB, sudah lebih dari cukup untuk menyimpan seluruh aplikasi yang ada di situs tersebut. Open Office, Firefox, 7-Zip (compressor favorit saya), Video Player (VLC), html/css editor (nvu), PuTTY (penting πŸ™‚ ), Photoshop (eh ralat, gimp) – bahkan anti virus (clamWin) juga ada.

Hidup open source !
Kini handphone saya makin powerful – cukup membawa handphone dan kabel USB-nya, maka kemudian saya bisa menggunakan aplikasi yang saya perlukan dimana saja.

Jelas ini banyak manfaatnya, tapi yang paling menarik mungkin adalah untuk demo “rusak”-nya Internet Explorer ke client — beberapa client protes bahwa sebuah website extranet yang kami develop tampilannya jelek. Cukup bermodal portable Firefox yang ada di handphone ini, maka kami bisa menunjukkan bahwa sebetulnya ini gara-gara “bug” CSS di Internet Explorer.
Setelah itu biasanya mereka berhenti protes dan dengan senang hati kami pasangi Firefox πŸ™‚

Lalu saya menemukan Portable Open Source. Wow…. ada banyak pilihan lagi disitu. Webserver, Wiki portable, kamus gratis, security software, software keuangan pribadi, CD burner. Dan games.

Saatnya untuk membeli card memory yang lebih besar lagi πŸ™‚

Referensi :
[ PortableApps.com ]
[ Portable Open Source ]

40 thoughts on “Software Portable

  1. Wah, portable opensource ini yang saya belum tahu.
    Sepanjang percobaan saya clamwin portablenya kurang ampuh pak.

  2. wah baru tau kalo portable apps bisa jalan di symbian 9
    cara instalasinya sama saja ya dg instalasi di UFD?
    kira2 portable python bisa diinstall juga ga ya πŸ™‚

  3. ni yang dimaksud beneran jalan diatas symbian atau MicroSD di E70 tadi ‘cuma’ jadi alat penyimpanan? *pake bawa kabel USB segala soalnya πŸ™‚

  4. gua sekarang pake PPC 6700. Aplikasi standard ada MSWORD*, MSEXCEL*, MSPOWERPOINT*. Lumayan membantu dari pada nenteng leptop.

    *mobile edition

  5. @Didats – lazimnya memang begitu kan, kita mengalah, dan lalu membuat website kita IE-compliant.
    .
    Tapi begitu pikir2, ah, iseng ah coba sekali-sekali “memberontak” πŸ˜€
    .
    Konsekuensinya ya musti menjelaskan ke client-client.
    .
    Lha, ternyata mereka bisa maklum πŸ˜€ tapi memang tidak cukup dijelaskan, namun juga harus didemokan.
    Nah, disini gunanya Firefox portable, he he.
    .
    Lumayan deh, sekalian jadi makin memasyarakatkan Firefox, hihihi.
    .
    @Dhika – thanks untuk klarifikasinya πŸ™‚
    .
    @Azil – iya, praktis memang. Walaupun kecepatan input memang menurun drastis. Jadi ingat, ada yang sudah pernah coba keyboard laser itu apa belum ya ? Kalau bisa responsnya cepat (mendekati full keyboard), tertarik juga nih.

  6. menarik juga aplikasi portabel ini,
    sayang flashdisk saya cuma 128mb πŸ™

    saatnya beli flashdisk lebih gede lagi nih πŸ˜€

  7. Saya kira portable apps tersebut jalan di symbian…, ternyata πŸ™ , wah saya baru tau portable open source-nya…, thanks pak info-nya…

  8. mo numpang tanya pak…
    kira2 anti virus portable yg ampuh apa ya ? kebetulan sy bru beli HD ext. yg sering diajak mengembara. apa cm clamwin aja anti virus portable, atau ada AV portable lain yg lebih ampuh ?
    makasih…

  9. GPS Navigation System as Mobility Solutions makes smart and affordable solutions for road and traffic information. It includes a range of potential real-time applications for traffic information services. But it also supplies historical information to aid the development of traffic policy, and improves the efficiency of the road network at every level.

  10. aplikasi portable bisa jadi tren loh di masa depan
    di tengah mobilitas tinggi dan gempuran virus-virus
    bandel aplikasi portabel memang sangat membantu

  11. akhirnya dapat ide juga untuk manfaatin w960i 8GB saya. lumayan banyak untuk di benami bermacam macam aplikasi portabel.

    suwun mas

  12. Thats a great article that you have written. We are always searching for nice articles to be shared with our clients in order to make them understand better.

  13. Bagi teman – teman yang pernah mengalami harddisk, flasdisk, MMC rusak
    – no detect- partisi hilang- terformat- fdisk- virus- corrupt
    – delete- hidden..dllÒ€¦..bisa dikonsultasikan atau di recovery data
    bisa datang ke ertech komputer.
    Alamat nya: jl.karang rejo x/36 surabaya (daerah ketintang)
    Hub : 031 72357968/081330029001
    Saya dulu pernah menyelamatkan harddisk no detek
    Disini memang benar ok banget.masalah harga bisa di nego,
    Trims ertech berkat ertechcom dataku kembali normal.
    Semoga sukses…..teman2Ò€¦!!

  14. Γ ΒΈΒ£Γ ΒΈΒ±Γ ΒΈΕ‘Γ ΒΉβ‚¬Γ ΒΈβ€šΓ ΒΈΒ΅Γ ΒΈΒ’Γ ΒΈβ„’Γ ΒΉβ‚¬Γ ΒΈΒ§Γ ΒΉβ€‘Γ ΒΈΕ‘, Γ ΒΈΒ£Γ ΒΈΒ±Γ ΒΈΕ‘Γ ΒΈβ€”Γ ΒΈΒ³Γ ΒΉβ‚¬Γ ΒΈΒ§Γ ΒΉβ€‘Γ ΒΈΕ‘Γ ΒΉβ€žΓ ΒΈβ€ΉΓ ΒΈβ€’Γ ΒΉΕ’, รัà¸őทำเวà¹‑à¸ő, Γ ΒΈΒ£Γ ΒΈΒ±Γ ΒΈΕ‘Γ ΒΈΒ­Γ ΒΈΒ­Γ ΒΈΒΓ ΒΉΒΓ ΒΈΕ‘Γ ΒΈΕ‘Γ ΒΉβ‚¬Γ ΒΈΒ§Γ ΒΉβ€‘Γ ΒΈΕ‘Γ ΒΉβ€žΓ ΒΈβ€ΉΓ ΒΈβ€’Γ ΒΉΕ’, Γ ΒΈΒ£Γ ΒΈΒ±Γ ΒΈΕ‘Γ ΒΈβ€”Γ ΒΈΒ³Γ ΒΉβ€šΓ ΒΈβ€ΊΓ ΒΈΒ£Γ ΒΉβ‚¬Γ ΒΈΛ†Γ ΒΈβ€ž, Γ ΒΈΒ£Γ ΒΈΒ±Γ ΒΈΕ‘Γ ΒΈβ€”Γ ΒΈΒ³Γ ΒΉβ€šΓ ΒΈβ€ΊΓ ΒΈΒ£Γ ΒΉβ‚¬Γ ΒΈΛ†Γ ΒΈβ€žΓ ΒΈβ„’Γ ΒΈΒ±Γ ΒΈΒΓ ΒΈΒ¨Γ ΒΈΒΆΓ ΒΈΒΓ ΒΈΒ©Γ ΒΈΒ², Γ ΒΈΒ£Γ ΒΈΒ±Γ ΒΈΕ‘Γ ΒΈβ€”Γ ΒΈΒ³Γ ΒΉβ€šΓ ΒΈβ€ΊΓ ΒΈΒ£Γ ΒΉβ‚¬Γ ΒΈΛ†Γ ΒΈβ€žphp, Γ ΒΈΒ£Γ ΒΈΒ±Γ ΒΈΕ‘Γ ΒΈβ€”Γ ΒΈΒ³Γ ΒΉβ€šΓ ΒΈβ€ΊΓ ΒΈΒ£Γ ΒΉβ‚¬Γ ΒΈΛ†Γ ΒΈβ€ž php+mysql, Γ ΒΈΒ£Γ ΒΈΒ±Γ ΒΈΕ‘Γ ΒΈβ€”Γ ΒΈΒ³Γ ΒΉβ€šΓ ΒΈβ€ΊΓ ΒΈΒ£Γ ΒΉβ‚¬Γ ΒΈΛ†Γ ΒΈβ€ž java, Γ ΒΈΒ£Γ ΒΈΒ±Γ ΒΈΕ‘Γ ΒΈβ€”Γ ΒΈΒ³Γ ΒΉβ€šΓ ΒΈβ€ΊΓ ΒΈΒ£Γ ΒΉβ‚¬Γ ΒΈΛ†Γ ΒΈβ€ž jsp, web design, webdesign, j2me, iphone, project, web project, web program, web programing, รัà¸őทำseo, รัà¸őทำ seo ,seo ,เวà¹‑à¸őà¸Βͺำเรà¹‑จรูป, เวà¸őà¸Βͺำเรà¹‑จรูป, internet marketing, im, sem, การà¸‒à¸Β₯Γ ΒΈΒ²Γ ΒΈβ€Γ ΒΈΒ­Γ ΒΈΒ­Γ ΒΈβ„’Γ ΒΉβ€žΓ ΒΈΒ₯Γ ΒΈβ„’Γ ΒΉΕ’, online internet marketing, seo specialist, internet marketing specialist, online internet specialist

    FDG : http://www.FreedomDreamGroup.com

  15. I would like to thank you for the efforts you have made in composing this article. I am going for the same best work from you in the future as well.

  16. MTS to MOV Converter is a powerful and easy-to-use MPEG to AVI converter, which enables you to effortlessly convert MTS to AVI, MTS to MPEG, MTS to MP4, MTS to 3GP, MTS to WMV, MTS to RM, MTS to RMVB, MTS to FLV(flash), MTS to VCD/SVCD/DVD, MTS to iPod MP4, MTS to PSP MP4 and so forth with high quality. It supports adding watermarks,subtitles to the videos.
    MTS to MP4
    MTS to WMV
    MTS to MPG

  17. Ada yg tau cara membuat aplikasi portable untuk laptop tdk,,,? supaya gak beken berat, ringan dan instant (gak perlu instal) ghitu…??

  18. Terima kasih gan atas informasinya, sudah beberapa hari ini saya mencari informasi ini, ini sungguh sangat membantu saya . mulai sekarang saya akan bookmark blog ini agar saya bisa kembali dan melihat informasi yang terbaru.
    mungkin agan atau pengunjung blog agan juga membutuh kan infomasi dari saya, silahkan liat artilek saya yang sangat Mohon kunjungi website kami
    http://www.168sdbet.com
    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *