Survey : Pemilu 2009

Tadi barusan sekitar pukul 20:25 ini saya dikontak oleh staf dari Litbang Kompas. Surprise juga pada awalnya (dari mana mereka dapat nomor kantor saya ?), tapi kemudian tertarik dengan topiknya, yaitu survey tentang Pemilu 2009. Menarik !

Disclaimer : informasi yang saya tulis ini dari ingatan (bukan catatan tertulis), dan mungkin tidak persis / lengkap. NO WARRANTY WHATSOEVER 🙂
By the way, tidak ada disclaimer sama sekali dari penginterview saya bahwa interview tersebut tidak boleh dipublikasikan (baca: boleh dipublikasikan).

Pertama kali ybs menanyakan profil saya, yaitu sbb : Agama, Pekerjaan, Umur, Gender, Pendidikan terakhir, dst.

Now the juicy parts.

Catatan : yang ditebalkan adalah pertanyaan dari Litbang Kompas.

apa pendapat anda tentang calon presiden independen ? sangat setuju sekali.

apakah calon presiden independen akan sangat mengandalkan popularitas (instead of capability) ? ya, sayangnya ini salah satu potensi pitfall nya. Perlu ada perubahan sistem lebih lanjut agar dapat muncul calon yang capable, jujur, dan dari grass root.
Kalau tidak, bisa dipastikan bahwa masyarakat kita yang saat ini masih maniak artis / tokoh terkenal akan dengan spontan memilih orang yang tidak capable sama sekali 🙂

apakah calon presiden independen akan memungkinkan munculnya presiden yang bebas dari agenda partai (dan fokus ke agenda rakyat) ?
YA !!! 😀 Yes, yes, yes, and YESSSSSSS !!!
(keyword: memungkinkan)

apakah ada calon presiden independen yang menurut anda layak untuk maju di pemilu 2009 ? (sambil tertawa) ada sih, tapi saya yakin tidak akan terpilih (Aa Gym). Berhubung masyarakat kita masih emosional, belum rasional. Ngakunya beragama Islam, tapi egonya langsung naik begitu ketemu aplikasi agama yang tidak cocok dengan nafsunya 😀

Maka kemudian staf Litbang Kompas memberikan beberapa nama untuk kemudian saya komentari layak / tidak layak (untuk menjadi calon presiden berikutnya), yaitu sbb :

calon presiden yang layak untuk pemilu 2009 ? SBY, Sri Sultan, Hasyim muzadi.

calon presiden yang TIDAK layak untuk pemilu 2009 ? Amien rais (terlalu idealis tanpa kemampuan realisasi, mudah dikerjai lawan politik, dst), hidayat nur wahid (integritas sangat bagus, tapi masih agak ragu dengan kemampuan diplomasi & berpolitik), Gus Dur (satu kali sudah lebih dari cukup), Megawati (idem!), Din Syamsuddin (sepertinya masih agak emosional & egois: contoh; kasus di bandara changi), Prabowo, Sutiyoso, Jusuf Kalla (Danger, Will Robinson!), dst

preferensi calon presiden :
umur ? duh ageism mah basbang euy, tidak peduli umur, yang penting capable (sayangnya pilihan tersebut tidak ada)
ras ? jawa / luar jawa ? (yay!) rasisme euy, saya mah tidak peduli soal beginian (sayangnya pilihan tersebut tidak ada)
gender ? yay… hehe, tidak peduli gender (sayangnya pilihan tersebut tidak ada)
pendidikan formal ? TIDAK PEDULI SAMA SEKALI 😀 hihihi, anak kampung tidak sekolah juga tidak apa, yang penting bisa memimpin rakyat Indonesia dengan baik (sayangnya pilihan tersebut tidak ada)

OK, saya kira pertanyaan yang paling menarik (bagi saya pribadi) adalah itu. Silahkan berbagi pendapat Anda, apa saja yang menarik pertanyaannya dan jawaban Anda ?

Ngomong-ngomong, kembali ke partai, jelas secara logika saja pasti wakil rakyat justru akan mengurusi agenda partai. Kecuali kalau ybs sudah tidak sabar ingin di recall 😛

Dan kenyataan juga sudah terlalu sering membuktikan – WAKIL RAKYAT LEBIH PANTAS DISEBUT SEBAGAI WAKIL PARTAI !!!
(tuh pentungannya sampai ada 3 biji, hehehe :D)

Namun di lain pihak, perlu ada sistem yang robust **dan** masyarakat yang tercerahkan agar sistim calon independen bisa berhasil. Kalau tidak, maka kita seperti terlepas dari mulut harimau ke mulut anjing (yah, mati sih enggak, tapi tetap masih berdarah-darah juga, begitu)

OK, any comments ? (sambil pakai baju tahan api) 😀

28 thoughts on “Survey : Pemilu 2009

  1. Nunggu bangsa Indonesia tercerahkan pendidikannya, kalau pendidikan gak jalan2 percuma ajah ada calon Independen, orang2 kita lebih seneng sama sapa yang bisa ngasih duit lebih !

  2. Jadi inget, apa kabarnya dengan website aagymforpresident.com? 🙂

    BTW, ada kasus apakah antara Din Syamsuddin dengan bandara Changi? *tertarik*

  3. Kayaknya masih susah mencari presiden yg idela untuk bangsa dan negara ini 🙁 Apalagi kalau calonnya masih itu-itu juga 🙁

  4. @rezayazdi – ooo (bulet), simpel tho 🙂
    .
    @funkshit – iya, ini satu lagi potensi masalahnya. solusinya misalnya dengan meniadakan kampanye / kampanye menggunakan alokasi dana dari negara & setiap calon mendapat bagian yang sama.
    .
    @andri – ya, sudah terjajah belanda, lalu dijajah soekarno, lalu soeharto, sekarang dijajah sinetron (contoh ekstrim). terlena terus.
    Kapan Indonesia mau bangkit?
    .
    @IndraPr – Hehe, Din kena interogasi / geledah kalau tidak salah, lalu dia protes besar.
    .
    Saya tadinya simpati kepada ybs. Saya berharap ybs bersama Hasyim Muzadi bisa banyak berperan untuk mengangkat Indoneia kembali.
    Tapi, karena insiden ini, dan kemudian dia juga menjalin kerjasama beberapa waktu yang lalu dengan oknum elit yang sudah jelas berperan penting dalam merampok Indonesia besar-besaran; maka rasa simpati tersebut menjadi hilang.
    .
    @Audi – oops, jangan bilang-bilang nyokap, plis 🙂
    .
    @Riyogarta – iya, makanya dengan calon independen, mudah-mudahan akan muncul muka-muka baru yang memang kompeten dan jujur.

  5. sepakat dengan andri, masalahnya adalah tingkat pendidikan dan melek ‘politik”.
    kita ni agak gampang lupa ama sejarah, seringkali tidak mengindahkan track record, gampang termakan rayuan.
    bagi saya yang utama: jujur, punya keinginan kuat untuk membangun indonesia beserta segenap rakyatnya, bukan mencari kekayaan untuk pribadi dan golongan serta punya kepemimpinan yang kuat. leadership is not being nice (kayak SBY), tapi being strong (kayak lee kuan yew?).

  6. milih pemimpin dgn stok yg terbatas rada2 susah, jd tinggal itung2an aje manfaat ame mudhorotnye. Cuman emang ukurannye masing2 org beda2. Kalo ane bilang sih pemimpin gk usah pinter2 banget yg penting die bener orgnye. Sbb kalo nyari org pinter di indonesia byk… cuman byk yg gk bener, digunain buat gendutin perut! Ane pilih Khalid Misyal aje deh.. (hehe gk nyambung). Arti kate pemimpin yg gk takut ame konspirasi internasional!!!!

  7. Batasan calon independen itu yang bagaimana? Apa sekedar tidak mewakili partai tertentu? Pastinya yang mencalonkan diri jadi presiden itu punya pengalaman memimpin di organisasi tertentu, bisa jadi ada kepentingan organisasi yang terbawa.

  8. 3 calon dari ms harry Jawa semua nih;)) (rasis mode on!)

    kalo pemenangnya dari independen trus nanti di ruang sidang DPR yang (pengennya) terhormat apa ga’ dibante tu mas??

  9. @imcw – terimakasih ! saya sudah koreksi barusan.
    .
    @Dhika – being strong pada masa ini sulit tanpa menjadi diktator. Saya pribadi sih tidak keberatan jika presiden menjadi seperti Mahathir, menginjak-injak oposisinya namun di lain pihak memberikan kemakmuran kepada rakyatnya (bahkan ketika krisis ekonomi sedang melanda Asia). Tapi tidak semua orang setuju dengan yang demikian.
    .
    @mufti – betul, detailnya memang masih harus dirumuskan lagi, namun yang pasti musti bebas dari partai.
    .
    @ndahmaldiniwati – haiyah saya malah gak sadar, hehehe. DPR ? Ya, pasti dibantai lah. Makanya DPR nya juga musti dirombak, supaya betul-betul DPR dan bukannya DPP (Dewan Perwakilan Partai), ha ha.

  10. hayah saya pikir mas hary simpatisan partai #@^%S karena kemaren biokin tulisan mengenai menteri %#@^S, jadinya saya pikir mas hary bakal mili pak %$@^%# buat calon presiden, hiks bagus deh supaya jangan %#!^%%@ Sensor mode on hehehehe !!!

  11. weks ada yang lupa, setuju sama anak madrash deh cari pemimpin yang gak takut anceman dunia internasional, hiks jangan sampe blok cepu terulang kembali, katanya anti amerika tapi nyatnya mingkem mingkem aja pas cepu di gadai, yah gak usah galak galak kalem tapi meyakinkan kayak erdogan diturki, percuma toh dah galak nyatanya melmpem begitu diancem, hiks… maaf om cuman curhat mudahan gak disensor

  12. fakta!!!!!!!!!
    prestasi salah 1 mantan presiden kita,yang nanti mencalonkan diri lagi di pemilu 2009:
    1.menjual indosat dengan harga “sangat murah” ke singapura,yang notabene merupakan pencuri segala yang bisa dicuri dari indonesia.
    2.”memindahkan” perusahaan sony yang cuman satu2nya di asia taenggara ke singapura.
    3.tidak sportif,ketika kalah dari sby pada pemilu kemaren tidak mau mengakui dirinya kalah.
    4.terkait dengan kasus penjualan tanker juga dengan harga sangat murah.
    5.tidak bisa pidato(bisanya cuma baca teks)??????
    6.cuma punya ijazah sma?????????
    Sebagai orang yang sangat mencintai bangsa ini&peduli terhadap saudara2nya yang dilanda kemiskinan dan kelaparan,unttuk itu saya meminta pertimbangan teman2 pembaca sekalian untuk pintar2lah dalam memilih presiden,kalau bisa yang pintar,yang punya tekad buat memajukan negri ini.dan hal ini kalau bisa dishare juga sama yang lainnya,yang juga peduli akan nasib bangsa ini.makasih.

  13. jika wiranto terpilih menjadi presiden..ia akan menyerahkan kekuasaannya kpd panji gumilang!!!

  14. yang bagus buat capres 2009 klo gw bilang sih yang #sekarang udah buat bukti-bukti riil pembangunan dalam memutakhirkan warga negara indonesia tercinta, walaupuuun dia belum pernah menjadi presiden.
    #punya segudang ilmu, wawasan dan relasinya banyak terutama dunia internasional
    #udah pernah ngalamain ujian maha berat baik bencana, fitnah, boikot tapi tetap maju buat jalanin visi & mulianya.
    #akhlaknya mulia
    intinya sih yang point 1, dia dah ngasih bukti2riil sebagai seorang yang akan mensejahterakan dan memajukan negara.

  15. jadi pilih yang mana ya presiden 09 nanti???

    yang bisa ngebagiin hp teranyar kalo bisa…………. xaxaxaxaax

  16. yang layak jadi pemimpin negeri ini adalah :
    1. Punya keberanian (Strong eadership)
    2. Tegas dalam memimpin (Strenght Leadership)
    3. Punya empaty terhadap rakyat yang dipimpinnya
    4. Punya trackrecord yang mumpuni
    5. Punya pengalaman dalam memimpin dan berhasil (Gubernur, Walikota atau apa saja)
    6. Siap berinvestasi dalam dunia pendidikan
    7. Siap Menggantung para KORUPTOR
    8. Punya wawasan luas (Visi Kebangsaan)
    9. Siap mempertahankan NKRI
    10. Siap mengkader generasi (estafet kepemimpinan) selanjutnya
    11. Siap Mengembalikan Negeri ini menjadi NEGARA YANG TERHORMAT, BERMARTABAT dan DISEGANI.

    Karakter itu semua saat ini hanya tercermin dari SUTIYOSO (BANG YOS). Jadi selayaknya BANG YOS memimpin Negeri ini tahun 2009-2014.

  17. @nurjaman – 3. Punya empaty terhadap rakyat yang dipimpinnya
    4. Punya trackrecord yang mumpuni

    .
    Sutiyoso ? Satu kata : BANJIR 🙂
    .
    Itu baru satu kata lho. Masih banyak kata-kata lainnya. 🙂

  18. kalau saya pasti milih panji gumilang.,dia seorang pendidik.pasti dia bisa mendidik bangsanya ini,.amien.,,

  19. eh cicit-cicit & cucu-cucu!!! elo² pade ngerti nape…. kite² nih (mayat pemimpin) nyang udah nyungsleb duluan ke kuburan…. aduuuuh meen… atiiiit banget siksaannye…. ude deh elo² pade nih lakonin aje kebaekan ye… peduli ame rakyat nyang udah ane (ama temen² mayat presiden nyang laen) sengsara-in, kudu peduli ame sesame …., nyang penting jangan elo obok² agamanye…., jalan deh bebarengan…. bangun ni negri…. elo pade berantem…utan kite abis no dibabatin ame tetangge (jauh n deket), kalo menurut radio nerake nih…nyang bakal acup cini nih (hell) banyakan dari golongan gitcu deh….. (pemimpin negare…), oh iye jangan lupa nyang korupsi tuh….kalo elo pade punya bukti..laporin deh biar dibalikin duit negare bakal ngempanin nyang miskin², nyekolahin anak negeri ama nyantrenin preman deh ama we-te-es biar insap. Udah dulu ye jam istirahat udeh abiis, malaekat nyamber nyowo ude pade tereak² no…. maapin ane!! ari gini baru bisa nasehatin, kemaren kemane ye…? au ah gelap!

  20. Saya milih Inul saja!!! Karena Inul itu …..
    1. Wanita, Cantik, Bahenol
    2. Suaranya bagus, pasti kalo pidato juga bagusss!!!
    3. Suaminya bermata “sendu”!!!
    4. Sudah Naiki “Haji”
    5. Jujur dan ngga “Eklusip/Tertutup” (dadanya)
    6. Komitmen, biar belum punya anak tapi tetap berjuang
    ngebor teruuuus! Sampe dapet, artinya berkemauan kuat
    gitu loh!!!
    7. Udah ah minuman saya abis nih, mabok lagiiiii mabok lagiii!

  21. yang bagus tuk jadi presiden ke depan:
    Aku sepakat kalo KH Hasyim Muzadi
    Karena beliau bisa memimpin NU dengan b aik
    Bisa menyatukan ulama2 sedunia
    Dengan kemampuannya yang terkenal sebagai ” Problem Solver” bagi konflik yang berkepanjangan. Dan bukan menjual2 Islam untuk kepantingan sesaat.
    Beliau lebih nasionalis
    Religius
    Smart
    dan piawai.
    Serta tidak mudah terpancing…………..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *