Gempa Indonesia

“Aku berdoa Pakdhe. Kalau toh memang harus terjadi gempa, ya semoga saja dilepaskan kecil-kecil saja. Jangan sekali jeglerr. Amien ā€¦”

Ini sebuah kutipan dari posting pak Rovicky yang berjudul Ramalan CNN dan kemungkinan gempa M9. Harapan saya juga sama dengan beliau, apalagi di Sumatera Barat ada banyak sanak saudara saya.

Karena kata pak Rovicky “WASPADA IS YOUR EARLY WARNING !!!!” ™ , maka kemudian saya memasang widget Tremor Skimmer 3 (TS3). Proses setup berlangsung singkat, dan kemudian widget tersebut langsung berfungsi secara otomatis, up to date dengan informasi-informasi gempa yang saya inginkan.

Ternyata, jadinya saya sering terkaget-kaget sendiri. Ada sering sekali gempa di Mentawai, Simeulue, dan di dekat Bengkulu dengan kekuatan lebih dari 5 skala Richter. Dan karena TS3 saya setup agar melakukan notifikasi verbal, walhasil makin kaget karena tiba-tiba laptop saya berkata bahwa “barusan ada gempa di dekat bengkulu dengan kekuatan 6,2 skala Richter”.
Yay šŸ˜€

Anyway, setelah saya memperhatikan trend selama 2 minggu ini, sepertinya doa pak Rovicky terkabul ya? Ada banyak sekali gempa di sebelah barat sumatera, namun tidak ada yang besar.
Mudah-mudahan terus demikian, sampai energi / stress di lempengan sumatera akhirnya habis tanpa ada gempa besar / tsunami. Amin! (ikutan berdoa juga)

Untuk yang ingin waspada juga, selain Tremor Skimmer 3 ada pilihan-pilihan lainnya seperti :

  1. Firefox Extension : eQuake Alert
  2. Yahoo Widget : Earthquake

Silahkan ditambahkan lagi jika ada yang belum tercantum.

Semoga bermanfaat !

19 thoughts on “Gempa Indonesia

  1. gw kemaren pasang EWS juga di kantor, dan di kamar, terus akhirnya dimatiin, kenapa? karena ga bisa tidur kalau ada gempa yang terjadi di sebuah tempat nun jauh disana, alarmnya bunyi terus…

  2. ati-ati ms nda’ jantungnya kumat hehehhe

    Seperti juga barang kreditan smoga aja gempa-nya juga bisa di kredit, tanpa tsunami tanpa korban jiwa… semoga

  3. Saya baru aja iseng bikin widget info gempa. Data dari BMG di-mashup dengan Google Maps. Sederhana sih, masih eksperimen soalnya. Bisa di-copy paste dari blog saya (www.media-ide.com)

  4. Mohon ijin Nyuplik sebagian isi dan komentar buat ditulis ulang. Biar semua masyarakat tau informasi berguna ini.

  5. 1 1/2 tahun yang lalu pernah pakai di kantor yang lama. Lucunya waktu itu jakarta pernah gempa. Karena kantor ada dilantai 5 jd gempa cukup terasa. Hanya kita heran kok firefox kita tidak bergetar? Ternyata ada delay time sekitar 20 menitan.. Berarti tidak uptodate donkk.. Sayang khan klo ada tsunami bisa sampai dulu airnya… :p

  6. Rasanya tidak tepat kalau disebut ramalan CNN. Sebenarnya sebelum, (beberapa hari sebelumnya) CNN mengeluarkan berita tersebut, di MetroTV telah mewawancarai ahli geologi dari BPPT dan beliau bilang gempa di Indonesia bisa sampai 9 SR. Tapi tidak tahu kapan terjadi. Si pewawancarainya sampai harus mengulang kata “9 SR, pak ?”, “9 SR, pak ?”

    Setahun yang lalu BPPT dan BMG telah memprediksi gempa Bengkulu akan terjadi, tapi itulah ga tahu kapan.

    Mungkin CNN adalah media lebih “wah” jadi lebih menonjol.

  7. @sh0nn: Software2 earthquake alert biasanya memanfaatkan data dari USGS (United Sates geological Survey). Untuk kita di Indonesia, sulit untuk memperoleh data realtime karena gelombang kejut gempa disini memerlukan waktu utk mencapai seismograf di stasiun2 USGS. Perkecualian kalau software2 tsb juga sudah terkoneksi dg stasiun pemantau dari BMG, misalnya.

  8. Iā€™d prefer reading in my native language, because my knowledge of your languange is no so well. But it was interesting! Look for some my links:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *