Boikot Trend Micro

ScriptumLibre.org melaporkan bahwa TrendMicro telah menuntut Barracuda Networks karena menggunakan ClamAV, software anti-virus open source, di dalam produknya.

Barracuda/ClamAV dituduh telah melanggar paten Trend Micro; yaitu karena melakukan pemeriksaan virus di server SMTP/FTP.

Padahal ini adalah hal yang wajar – tentunya kita semua ingin menangkap virus sebelum virus tersebut berhasil masuk ke jaringan kita bukan ?
Ini adalah suatu kewajaran, dan sangat tidak layak untuk dipatenkan.

Analoginya, bayangkan jika saya memegang paten atas “roda mobil yang bundar”.
Akibatnya, setiap perusahaan mobil jadi harus membayar royalti ke saya, kecuali jika mereka menggunakan roda yang tidak bundar di mobilnya 😀

Ini bukan perlindungan terhadap hak intelektual, namun pemerasan.

Just say no to software patents.

Just say no to Trend Micro, let’s vote with our money, seperti komentator Slashdot yang satu ini :

I’ve been evaluating their client server product for SMB for a week now. I need about 75 licenses to replace our aging Symantec Corporate 7.

I was a couple of days away from purchasing 75 licenses for one company and 10 for another, but then this. I vote with my dollars and if my research shows their claims are BS, they just lost 85 x 2-year licenses.

Solusi alternatif ?

Jika tidak menggunakan Trend Micro, lantas apa dong ?

Untuk server :

Mari kita dukung ClamAV dengan menggunakan berbagai produk mereka di server kita.
Saya sendiri sudah menggunakan ClamAV selama bertahun-tahun di server saya, dan sangat menyenangkan: install & forget. ClamAV berjalan secara otomatis, tanpa membebani server terlalu banyak, dan meng update dirinya secara otomatis juga.

Untuk desktop :

Saya pribadi sudah lama merekomendasikan NOD32 (*) kepada kawan-kawan saya. Softwarenya “ringan”, kerjanya cepat, dan deteksinya juga akurat.

Informasi lebih lanjut

Detail lebih lengkap bisa dibaca di artikel Linux.com

Ajakan

Mudah-mudahan ini bisa menjadi peringatan kepada para vendor, bahwa siapa saja yang nekat meng abuse sistem paten di dunia IT akan segera mendapatkan hukumannya. Mari – sebarkan informasi ini seluas-luasnya !

(*) Tapi sepertinya sedang ada masalah dengan NOD32 cabang Indonesia – beberapa minggu yang lalu saya mencoba membelikan lisensi untuk seorang client saya. Sampai saat ini saya masih belum mendapatkannya. Jika Anda ingin membeli lisensi NOD32, mungkin langsung ke eset.com saja untuk sementara ini.

22 thoughts on “Boikot Trend Micro

  1. memangnya hanya Clamav saja yg melakukan itu, bukankah untuk suatu AntiVirus modern sudah biasa apabila me-scan SMTP/FTP ?

    lalu mengapa TrendMicro hanya menuntut clamav saja

    btw bagi mereka pengguna KDE dan tidak mau pusing berurusan dgn terminal, bisa diisntall Klamav, versi GUI Clamav untuk KDE

    sy sendiri di Fedora menggunakan anti virus ini sejak 3 bulan lalu

    _____________________

    untuk versi windows, setau sy ada juga yg murah licensenya yaitu BitDefender AntiVirus, harganya 50.000. sy mendapat info ini di iklan InfoLinux edisi Januari kalo tidak salah

    tentu saja ada lagi yg lebih murah dari BitDefender, Avast, versi homenya gratis wkwkwkwk

  2. eh, dulu pertamakali kerja gue bantu sales jual TrendMicro dan ehem SERTIFAIT loh *wakakak* Sempet bingung juga dengan metode nyeken di server (smtp/ftp), akhirnya JUAL TERUS biar dapet BONUS. hihihi…
    Setelah gak jualan TrendMicro, gue bisa bilang TrendMicro s**k. hihihi gak yang buat desktop atau server, makan resource gede banget.
    Waktu pertama kali implemen, pernah diomelin client gara – gara gue atur untuk skeduled-scanning pas jam 12 siang. Secara blablabla.

  3. @adit – setahu saya Trend Micro sudah menuntut McAfee & Symantec, dan kedua-duanya sudah membayar “uang preman” kepada Trend Micro 🙂
    .
    @doeljoni – Makasih kembali mas 🙂
    .
    @azil – scammer ! 😀
    .
    @Markus – Free AVG saya bisa rekomendasikan, cukup bagus. Kalau Antivir saya pernah kena masalah dulu, kalau versi terbarunya sekarang saya kurang tahu – mungkin ada yang lainnya yang tahu.

  4. He..he..he… saya kira cuma kantor saya yg bermasalah dengan Trend Micro. Beberapa waktu yg lalu, tepatnya tgl 13 Februari 2008 – update-an Trend Micro bermasalah dengan E-mail client ThunderBird, sehingga di kantor saya semua yg menggunakan Thunder Bird sebagai e-mail application tidak bisa membuka e-mail karena di block oleh Trend Micro. Saya yg kebetulan lagi sakit dan berada dirumah, terpaksa datang ke kantor untuk urusan tersebut karena banyaknya komplain. Dan TrendMicro Indonesia saat ditanya hal tersebut menyatakan tidak tahu menahu karena katanya ‘selama ini’ tidak masalah. Sore hari setelah ada komplain dari berbagai penjuru negeri, baru Trend Micro mengakui kesalahannya dan mengirim update-an terbaru nya. Memang Trend Micro sering ngaco ….

  5. Pak, jika anda membeli NOD32 di indonesia, pastikan di tempat yg benar. Data anda tidak ada di kami sebagai authorized reseller NOD32, atau bapak menggunakan nama /perusahaan lain ? Silahkan kontak kami di http://www.nod32.web.id

    Service kami adalah delivery next day termasuk lisensi dan media kit (CD & BOX). Reseller seperti anda (menjual/installasi di customer anda) pasti kami perhatikan.

  6. Halo pak Yudhi, trims untuk respons nya.
    .
    Saya bukan reseller (saya tidak mark-up biaya lisensi NOD32 sama sekali), hanya membantu client saya untuk mendapatkan serial number / lisensi, itu saja.
    .
    Ketika itu saya mencoba membeli lisensi dari situs Anda (www.nod32.web.id), yaitu dengan klik tombol “Beli Online” :
    https://secure.shareit.com/shareit/checkout.html?productid=300166021&language=English
    .
    Sampai sekarang masih belum ada respons dari shareit.com
    .
    Demikian untuk informasi.

  7. @sufehmi
    Seperti yang sudah diketahui, pembelian online akan melalui pikah ke 3 untuk melalukan checking Credit Card. Bila ‘pass’ maka kami akan mendapat copy transaksi, bila fail maka tidak akan ada transaksi. Untuk kasus yg dialami di atas, mungkin fail.
    Bila tidak nyaman transaksi dengan CC, mungkin bisa kontak langsung ke kami via email/telp. Cara konvensional yg lebih meyakinkan untuk bertransaksi di indonesia 🙂

  8. @yudhi – ketika itu malam senin, sekitar jam 4 pagi 🙂 dan lisensinya sudah diperlukan untuk besoknya.
    Singkat cerita, akhirnya saya membeli dari reseller NOD32 di Hongkong.
    .
    Sedikit lebih detail; di shareit.com itu saya pakai Paypal, yang biasanya tidak pernah masalah dimanapun (berbeda dengan CC). Dan kalau ada problem, biasanya shareit.com akan mengabarkan (saya kebetulan juga merchant di shareit.com untuk salah satu produk saya)
    .
    Tapi untuk transaksi tsb sampai sekarang saya tidak mendapat kabar apapun dari shareit.com
    .
    Sekarang saya pribadi jadi menghindari shareit.com, dan lebih memilih Paypal untuk transaksi digital sebagai merchant maupun buyer.
    .
    Untuk informasi.

  9. Hub Kami distributor Nod32.Kami akan memberikan License dan media kit dalam waktu max 3 X 24 jam.Fusion Dinamika

    Nb: 3 hari jam kerja

  10. sebagai pengguna trend micro karena keharusan (lisensi perusahaan) saya memang kecewa banget ma TM, udah lambat baik scanning maupun loading juga sering ga kedetect virus2 yang sebenernya standar seperti brontok..

    NOD is very recommended

  11. Best iPhone 4S Transfer can help users transfer various mainstream media files to PC, such asmusic/movie/Pictures/TVShows/Podcast/iTunesU/eBooks/Camera Roll/Ringtone/SMS/Contacts/Voice memos/Camera shot, etc. Also, it enables you to copy all iPhone 4/white iPhone 4. Furthermore, it has wonderful Backup Function to change all your SMS, Contacts files to database files for safety.

    iphone 4s ringtone maker, a best assistant for iphone 4S users, can make iphone 4s ringtone from popular video, dvd or audio files including AVI, MPEG, WMV, MP4, FLV, MKV, H.264/MPEG-4, DivX, XviD, MOV, RM, DVD, RMVB, MP3, WMA, AAC.
    Newly released iPhone 4S will be greatly welcomed among young fans, so you may have got one and can’t wait to transfer iPad video files to iPhone 4S? If you have all your iPad songs in your iTunes, transferring music from iPad to iPhone 4Swould be pretty easy – just sync the music to your iPhone 4S.

  12. Hebat, orang-orang IT pada ngomong nih….kerenn sekali blognya sob, alexanya 100 ribuan, pasti punya ribuann pengunjung per hari…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *