Jakarta Amblas

Saya mendapat ini dari seorang kawan, yang saya tidak tahu apakah beliau akan keberatan jika saya sebutkan namanya disini (kabarkan saja ya pak), di sebuah milis.

Untuk para pakarnya, apakah ini (amblas s/d 35 cm) buruk ? Misal; apa efeknya ke pondasi rumah/gedung ?
Kalau dari kacamata orang awam, seperti saya, wah 35 cm itu lumayan signifikan ya.

Isi email ybs dan file kiriman beliau terlampir :

Kalau mau dibuat bombastis, mungkin itu judul dari Pidato Ilmiah Guru Besar – ITB, Prof. Hasanuddin Z. Abidin. Judul aslinya sih “Peranan Geodesi Satelit dalam Memahami Dinamika Bumi di Wilayah Indonesia”, tapi coba lihat isi di dalamnya, khususnya pada gambar yang saya sertakan dalam lampiran (attachment) email ini. Ada beberapa tempat di Jakarta ini yang turun 35 cm dalam setahun!

Berita buruk ya? Belum seberapa. Lihatlah beberapa tempat di Bandung … 1-2 cm/bulan! Sidoarjo? 0.5 – 2 cm per hari arah horisontal dan 1-4 cm per hari arah vertikal. Lebih lengkap orasi Prof. Hasanuddin Z. Abidin, lihat di http://www.pirba.ristek.go.id/det.php?id=478

Download :
[ Land subsidence in Jakarta ]

8 thoughts on “Jakarta Amblas

  1. Contoh nyata adalah tol ke bandara cengkareng mas. Kata pakar dari UGM, sejak awal dibangun sampai sekarang, tol sudah turun sekitar 1 meter. Jadinya ya pas hujan kemarin banjir terus.

  2. Contoh mikro yg sangat jelas ada di lahan parkir gedung BPPT yg ambles beberapa cm. Sekarang sedang diperbaiki. Siapa ingin lihat datang aja mumpung belum di rehabilitasi.

  3. Jakarta amblas Lapindo amblas |Timur Barat pulau Jawa sudah ketahuan amblas tinggal tunggu bagian tengahnya, segeralah pindah ke Selatan karena bagian Utara Jawa cepat atau lambat akan tenggelam, kadang pemerintah baru bergerak setelah ada kejadian, lamban, mencari2 alasan, bodoh dan konyol. Lihat sejarah dulu Jakarta indah, nyaman tata ruangnya cukup bagus tanya ke Belanda yang dah jajah 350 tahun mereka tahu yang terbaik untuk Jakarta ikutin ndak keminter wong merdekanya baru 65 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *