Mengapa Spammer Harus Dihukum Berat

Spammer tidak “hanya” menyebabkan ketidak nyamanan bagi mereka yang menerima sampah dari mereka. Spammer juga bisa menyebabkan kerugian finansial yang SANGAT besar bagi orang lain.

Contoh; saya pernah berdiskusi dengan seorang kawan di salah satu ISP terbesar di Indonesia. Dia mengeluh mengenai banyaknya resources yang musti mereka alokasikan untuk memerangi spam. Tidak cukup satu server anti-spam, musti ada beberapa, dan semuanya bekerja keras 24 jam memfilter spam. Dan personil-personil khusus untuk menangani berbagai masalah yang terkait dengan spam.

Ada seorang client saya yang mengeluh karena link Internet mereka, 256 Kbps dengan biaya sekitar Rp 10 juta / bulan, performanya sangat lambat. Saya tanya kepada mereka, apakah mereka menghosting sendiri mailserver perusahaan mereka? Ketika dia jawab ya, saya jelaskan itu dia penyebabnya. Spam & virus yang menyusup di email telah menghabiskan bandwidthnya.
Saya kemudian sarankan ybs untuk menghosting email mereka di luar (OpenIXP / datacenter lainnya)

Ed – salah satu customer saya yang lain mengeluh bahwa link Internet 1024 Kbps mereka ternyata ludes 80% nya oleh spam & virus. Wow.
Akibatnya, ybs jadi di komplain oleh direktur perusahaan nya. Kasihan sekali.

Spammer bahkan telah menyebabkan kerugian finansial terhadap mailing list berbayar tertua di Internet, This Is True, yang dibuat oleh Randy Cassingham.

Suatu hari Randy menemukan bahwa Yahoo memblokir semua email dari “This Is True”. Sekitar 22.000 pelanggannya di Yahoo jadi tidak menerima emailnya lagi sama sekali — email dari “This Is True” langsung lenyap begitu saja. Email tersebut bahkan tidak muncul di Spam Folder.
Bersama dengan itu, 15% uang berlangganan dari para customer tersebut juga otomatis menjadi lenyap, dan Randy dimaki-maki oleh para pelanggan yang sudah membayar namun tidak mendapatkan emailnya.

Untungnya banyak orang kemudian muncul membantu Randy mengatasi masalahnya. Sekitar 1 minggu kemudian, milis “This Is True” sudah kembali diterima oleh Yahoo. Ada sedikit insiden tambahan ketika Gmail.com kemudian turut membuang email dari “This Is True” (seperti yang saya guraukan di komentar saya disini, alamak). Namun untunglah tidak sampai serius seperti pada kasus Yahoo 🙂

Namun tidak semua orang akan seberuntung Randy. Korban seperti Randy dikenal dengan istilah collateral damage, pihak-pihak yang sebetulnya tidak bersalah, namun terjebak menjadi korban dalam peperangan untuk membasmi para spammer. Beberapa komentator di situs Randy bercerita bagaimana mereka juga mengalami nasib yang serupa, namun tidak bisa berbuat apa-apa.

Sebetulnya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, namun ini memang sangat memakan waktu, tenaga, dan pikiran. Dan tidak semua orang memiliki kemampuan teknis untuk melakukannya :

  1. Setup SPF : Sender Policy Framework memungkinkan server penerima email Anda untuk mendapat kepastian bahwa email yang mereka terima memang asli / benar dari Anda, dan bukan spam. Namun tidak semua mailserver mengenali skema SPF ini, seperti pada kasus Yahoo :
  2. Setup DomainKeys : Yahoo menggunakan skema DomainKeys ini. Pada kasus Randy, dia sudah menggunakan SPF selama bertahun-tahun, tapi dia belum memasang (belum tahu mengenai) DomainKeys. Saya kemudian sarankan dia untuk memasangnya, karena masalah dia adalah dengan Yahoo. Jika Anda mengalami masalah juga dengan Yahoo, maka DomainKeys bisa menjadi solusinya.

(masih ada berbagai trik-trik lainnya, namun 2 yang saya sebut diatas tersebut adalah yang akan dapat paling banyak membantu Anda secara signifikan)

Jadi jika suatu hari Anda menemukan perusahaan Anda berada pada posisi yang serupa seperti Randy, silahkan bisa dicoba trik-trik tersebut diatas. Semoga membantu.

Oh ya, spammer sucks !
Mudah-mudahan bisa segera ada peraturan yang menentukan hukuman berat bagi para spammer di Indonesia. (Top Info – I’m looking at you !)

Ed – MatahatiPromo.com sudah mengkoreksi kekeliruannya. Salut, dan semoga teladannya ini bisa dikuti oleh para marketer online lainnya !

51 thoughts on “Mengapa Spammer Harus Dihukum Berat

  1. Eh, saya barusan memeriksa headers di spam dari Top Info. Ternyata sepertinya spam Top Info ini dikirim dari [ Jatis ] ….. ?
    .
    Header tsb terlampir.
    .

    Return-Path: highqualityinfo5@gmail.com
    Received: from mail-gx0-f31.google.com (mail-gx0-f31.google.com [209.85.217.31])
    by mx.google.com with ESMTP id 8si4477432ywg.6.2008.08.15.03.04.38;
    Fri, 15 Aug 2008 03:04:39 -0700 (PDT)
    Received-SPF: pass (google.com: domain of highqualityinfo5@gmail.com designates 209.85.217.31 as permitted sender) client-ip=209.85.217.31;
    Authentication-Results: mx.google.com; spf=pass (google.com: domain of highqualityinfo5@gmail.com designates 209.85.217.31 as permitted sender) smtp.mail=highqualityinfo5@gmail.com; dkim=pass (test mode) header.i=@gmail.com
    Received: by gxk12 with SMTP id 12so2542035gxk.7
    for harry di rimbalinux titik com ; Fri, 15 Aug 2008 03:04:38 -0700 (PDT)
    …… cut …… some domainkeys details …..
    Received: by 10.151.102.21 with SMTP id e21mr3595577ybm.131.1218794644867;
    Fri, 15 Aug 2008 03:04:04 -0700 (PDT)
    Received: by 10.150.201.9 with HTTP; Fri, 15 Aug 2008 03:04:04 -0700 (PDT)
    Message-ID: c9d98bbb0808150304w600d0f2fv5a54aa9cf542b667@mail.gmail.com
    Date: Fri, 15 Aug 2008 17:04:04 +0700
    From: “Top Info” highqualityinfo5@gmail.com
    Subject: Long weekend jalan2 keluar kota? temuin logonya nikmatin discountnya! Cuma dari Telkomsel!!!
    In-Reply-To: MAIL1epoINaz17BCRoa0000fe2e@mail.jatis.com

  2. Ditembak aja Spammer bos….!! biar matek aja sekalian kan aman dah..!!!

    Maksute di tembak IP na loh..bkn orang nya.. =)) [Ddos kali yey]

    peace..:D

  3. Iya… blog saya beberapa kali down.. dan dikomplen temen-2 dari luar kota… setelah tak tanya di admin yang mengelola blog saya… katanya servernya kena spam 🙁

    wah..wah.. saya yang nggak ngerti banget tentang hal ini juga ikut sewot

    Salam ajah dari malang

    Heri

    ***
    kalo sempat coba tengok2 ini bang;

    http://cantigi.wordpress.com/2008/08/19/ibsn-ibsn/

  4. Mas Harry…
    thanks atas infonya yang sangat berharga.
    Saya mau tanya nih:
    Email yang saya kirim (terutama ke yahoo mail) seringkali nyasar ke folder spam. Kalau ke gmail sih aman2 saja
    Karena itu, setiap kali mengirim email ke teman2 yang pakai yahoo mail, saya terpaksa pakai alamat email lain. Agar tak masuk spam. Tapi itu pun kadang tak berhasil.

    Bagaimana ya cara mengatasinya?
    Mohon pencerahannya

    Jonru
    http://www.jonru.net

  5. @rama – betul sekali mas. Spammer ini cuma membuang-buang bandwidth kita secara percuma.
    .
    Kemarin ini saya ngobrol2 dengan seorang client saya, beliau adalah staff di salah satu BUMN tertua di Indonesia. Beliau curhat ke saya, ternyata 80% dari traffic internet mereka adalah spam & virus !
    .
    Dia yang jadi di komplain oleh Direkturnya. Kebetulan direkturnya baru pulang dari Singapura, dan merasakan nikmatnya internet yang kencang disana. Lalu dia komplain, kok internet kita lambat?
    .
    Saya bilang ke client saya tersebut, ok kita coba bantu deh untuk mengatasinya. Jadi nanti mereka tidak perlu upgrade bandwidth, tapi kecepatan aksesnya bisa tetap meningkat. Yaitu cukup dengan membasmi spam di server mereka tersebut 🙂

  6. @Jonru – solusi untuk kasus2 di Yahoo adalah dengan men setup DomainKeys untuk domain name Anda.
    .
    Sayangnya, ini memang tidak mudah dilakukan oleh orang awam. Dan setahu saya, harus dilakukan di server kita sendiri. Tidak bisa (jarang ada) bisa di setup di layanan webhosting biasa. Tapi coba tanyakan saja, syukur2 ternyata webhoster Anda bisa mengadakannya.
    .
    Salah satu yang bisa dilakukan oleh webhoster Anda adalah mensetup record reverse-lookup di server DNS mereka. Secara ringkas, jika record reverse-lookup sudah disetup oleh webhoster Anda, maka server penerima email dari Anda (termasuk Yahoo) bisa memverifikasi bahwa benar pengirim email tersebut adalah dari domain ybs.
    Lalu setup agar software email Anda menggunakan SMTP server dari webhoster Anda.
    .
    Beberapa mailserver menolak email yang dikirim dari IP address yang tidak ada hasil dari reverse-lookup nya.
    .
    Mohon maaf penjelasan ini agak teknis, mudah-mudahan tidak terlalu sulit untuk dipahami.
    Trims.

  7. #affan: tuh.. itu pak affan spam ironport tuh. :mrgreen:
    #sufehmi-pada komentar rama: “dikomplain” bukan “di komplain” :p

  8. salah satu domainku juga dianggap sapam oleh aksimet, jadi gak bisa comment di blog wordpress. PAdahal saya gak pernah melalukan spamming. Ada yang tahu cara atasinya??

  9. memang tindakan spam tidak terpuji, email saya saja tidak tahu dari mana, hampir setiap hari dikiri email, email ya juga email porno, dasar kurang ajar.

  10. apa mengirimkan email marketing dengan cara memasukan dalam BCC juga termasuk SPAM ??

  11. sama bos..bukan cuma spam email..saya juga sering dapat sms spam..nawarin binis internet..nah ini yang buat sy marah..emangnya mereka gaktahu kalo sy owner bisni internet juga..masa’aq ikut mereka..betul gak..?he3..:)

  12. memang spammer menyebalkan terutama yang spam lewat sms ke hape sama nyepam komentar blog. mereka memang harus dikasih pelajaran karena perbuatan mereka.

  13. Totally free MTS file converter provides the simple to operate way to trim you need segment, crop the movie play region to suit your players, and merge several clips into one file for your successive enjoyment.

  14. Thanks, I have just been looking for info about this subject for a while and yours is the greatest I have discovered till now. But, what about the bottom line? Are you certain in regards to the supply?

  15. spam kerjaan yang mudah tapi merusak rumah tangga orang lain, bikin orang repot. dan akhirnya berakibat ke kita juga yang nyepam,, banned id..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *