Terimakasih, pak Polisi !

Tadi malam sekitar pukul 00:15, saya sedang mengemudikan mobil di daerah Tangerang. Baru kembali dari airport, silaturahmi dengan kawan lama dari Inggris. Jalanan cukup sepi, jadi saya bisa mengemudi dengan tenang. Anak-anak sudah lelap semua di bangku belakang – yang diratakan, sehingga bagasinya menjadi luas; dan tadinya adalah tempat bermain mereka.

Tiba-tiba, ada lampu merah yang diayun-ayunkan di depan saya. Karena kaget, mobil saya hentikan agak mendadak, walaupun sebetulnya jaraknya masih jauh. Ternyata ada beberapa polisi yang sedang berada di tengah jalan. Oh, sepertinya ini razia.

Saya buka kaca dan menyapa polisi yang menghentikan kami, “Ada apa pak?”. Dijawab oleh beliau, “Bisa saya cek surat-suratnya pak? Juga tolong hidupkan lampu dalamnya”.
Karena mobil berhenti mendadak, posisinya agak ke tengah jalan. Saya tanya, apakah perlu dipinggirkan dulu? Mungkin karena sudah tengah malam dan jalanan sepi, petugas polisi tsb menjawab tidak apa / tidak perlu.

Saya berikan STNK & SIM saya, dan lalu lampu dalam saya hidupkan. Beberapa anak-anak bergeser dari posisinya. Helen terbangun dan juga kaget melihat saya dihentikan polisi. Saya cengar-cengir ๐Ÿ™‚

Surat-surat beres, dan isi mobil tidak ada yang mencurigakan, maka kami dipersilakan untuk berjalan kembali. Saya pamit sambil mengucapkan terimakasih.
Sepertinya petugas tersebut agak terkejut. Raut mukanya agak letih. Saya cuma bisa membayangkan bagaimana kalau saya disuruh bertugas di tengah malam, di tengah jalan, seperti itu juga.

Saya ucapkan alhamdulillah masih ada petugas / institusi yang peduli. Saya jelaskan ke Helen, bahwa dengan sering razia seperti itu, mudah-mudahan orang-orang jadi tergerak untuk mengemudi dengan baik. Paling tidak, melengkapi surat-suratnya.

Selain itu, jika dilakukan cukup sering, juga bisa membantu mengurangi kejahatan.
Kebetulan di malam sebelumnya, ada sebuah mobil kami yang pada pagi hari ditemukan sudah terbuka pintu depannya. Untungnya, mobil tersebut dilengkapi dengan sebuah killswitch – sebuah tombol tersembunyi yang harus diaktifkan terlebih dahulu, agar mobil tersebut bisa di starter. Maling amatir itu jadinya gagal menggondol mobil tersebut ๐Ÿ™‚

Anyway, kalaupun mobil tersebut berhasil digondol, tapi kemudian maling tersebut bertemu tim razia, maka tentu usahanya tersebut akan jadi gagal.

Di daerah Tangerang sepertinya cukup sering diadakan razia seperti ini. Demikian juga sekitar daerah Senen, saya sudah beberapa kali bertemu razia seperti itu sekitar pukul 3 pagi.
Setiap kali saya dihentikan adalah sedang dalam keadaan letih, namun saya selalu ucapkan terimakasih. Karena saya tahu bahwa saya sendiri tidak mampu ditugaskan di tengah jalan di tengah malam seperti itu, sambil menghadapi para pengendara yang cemberut karena kenyamanannya berkendara terganggu.

Terimakasih para Bapak Polisi. Semoga bisa terus semakin baik dalam menjalankan tugas-tugasnya.

75 thoughts on “Terimakasih, pak Polisi !

  1. wah ada cerita bagus berurusan ma polisi Jakarta nih ๐Ÿ™‚
    .
    setuju ma kalimat ini “Selain itu, jika dilakukan cukup sering, juga bisa membantu mengurangi kejahatan”. Sebaiknya juga dilakukan di siang hari, sore, pagi (penjahat gak kenal waktu sih?!)
    .
    biasanya denger cerita atau mengalami bertemu ama pak polisi yang baek dan adem itu di daerah Jawa. kalo di Jakarta, ya polisinya galak, ya warganya juga galak hehe
    .
    belum pernah distop untuk dirazia sih?! biasanya kalo pulang malem (tepatnya pulang dini hari) abis kerja, justru ketemu ma hiruk pikuk pasar kebayoran lama (klimaks transaksi bisnis)

  2. wah..kalo saya pernah juga di stop polisi..eh malah dilama lamain urusannya. padahal surat – surat lengkap.

  3. wah..kalo saya pernah juga di stop polisi..eh malah dilama lamain urusannya. padahal surat – surat lengkap.

  4. Cerita yang bagus sekali..
    Kirain tadi mau jengkel dengan Polisi-nya ๐Ÿ™‚

    tanggung jawab itu yang penting

  5. Posting yang menarik. Polisi juga manusia, coba aja kalo seragamnya dicopot, pasti gak ada yg mau org si stop. Baju Cokelat+aksesoris itulah yg punya Power. Orangnya ya sama-sama dg kita, letih kalo ditugasin siang,malam en gak peduli hujan sekalipun. Bahkan saat lebaran, hari-harinya diisi dgn “siap Ndan…” daripada mudik. So would be grateful if we always say Terima kasih pak polisi.

  6. iya, ya…kadang2 kita marah klo dihentikan mr polis…pdhal kan udah tugas mereka…kebtlan di depan ada pos polisi baru, jadi skrng lebih bnyk ngobrol ama mereka…tau juga mrk juga manusia…kadang mrk curhat…beratnya tugas mreka….

  7. asal gak korupsi dan tetap menjaga supaya berlaku terpuji, sapa sih yg gak akan sayang ma pak polisi?

  8. hm, aku setuju sekali pak. Lebih setuju lagi kalo mayoritas razia yang dilakukan polisi kita itu memang benar2 resmi (ada plang pemberitahuan ada razia). Karena aku sering banget kena razia yang “ngga resmi” yang ujung2nya kita semua tau. Mudah2an polisi kita bisa benar2 menjadi abdi masyarakat ya ๐Ÿ™‚

  9. Salut juga buat pak polisinya, mari kita menghargai sesama, mulai dari diri kita menghargai yang lain, bukan dengan minta dihargai.

    Inspiring postnya mas.

  10. Hebat yg punya blog ini masih sabar dan mengucapkan terima kasih. Sepertinya orang nya jg baik ๐Ÿ™‚

    Klo masalah kerjaan tengah malem banyak sih bukan polisi aja, buruh pabrik jg ada yg kena shift malem seperti temen saya, jadi ya itu sih resiko kerjaan, ato yg jagain server bagian shift malem jg ada, dan msh banyak yg lainnya.

    Btw saya sih dah males kalo di stop polisi, biasanya cmn cari duit aja itu pengalaman sy aja loh heheh…

  11. Polisi itu juga manusia yang mengenal baik dan buruk, tapi perlu diingat yang mereka cari bukan kendaraan pribadi yang umum, tapi mangsa yang lebih besar lagi untuk mengejar setoran pada big bos besok pagi. mungkin ??!!

    salam dari http://oyonk.com Blog baru dan blog pertama ( Jan 09 )
    mohon kunjungan dan dukungannya semoga Allah swt merahmati kita semua. amin

  12. saya juga pernah seperti Anda…

    ditilah pas belum punya SIM, nglanggar lampu lagi….^_^

    akhirnya polisi berbaik hati, saya didiskon 75%

  13. Pak polisinya baik tuh… saya sih sebaliknya.. jam 23 di stop.. trus diperiksa…. ditilang deh.. karena simku abis 4 hari yl. hehehe

  14. untung bukan urusan kenapa-kenapa, yang penting selamat aja, sedikit tips dari saya kalo mengendara di tol kalo bisa pake jalur tengah dan kiri soalmya gua habis kena tabrakan beruntun 6 mobil di tol waru ke arah satelit karena yang paling depan ngerem mendadak

  15. eh.. mas kamu itu belum kena aja
    saya sering banget punya kejadian langsung sama polisi. tapi menurut saya semua polisi nggak bener. toh nanti kalo kedapetan razia cuma damai ditempat.
    saya pernah punya pengalaman adek saya kena jambret yang ngejambret naik motor VEGA berdua. waktu dikejar kebetulan ada polisi terus kami teriak jambret sambil nunjuk kearah jambret tadi. Sekedar Informasi, Polisi tadi naik motor RX KING sendirian. jadi sebenernya logikanya pasti ketangkep tu jambret. tapi, yah nggak tau tuh kalo mereka bagi hasil.
    dan menurut saya, kalo bisa Provost tu buat intelnya untuk polisi, supaya polisi yang bikin ulah tu nggak ada lagi. kan yang jelek institusi polisi itu sendiri

  16. We are Rolex watch experts selling only the finest, top level condition, and preowned men’s and ladies’ Rolex watches, used Rolex watches, unused Rolex watches and new Rolex watches on the market. Our top priority is to provide every customer with the highest quality Rolex watch at the lowest price available. Browse our wide selection of Rolexes for sale.

  17. Wow,great! This article is really excellent! You must see !

    Blu-ray Burner software is a powerful and best video Blu-ray DVD burner and Blue-ray burner tool.It can help you burn videos to Blu-ray Disc (BD) and also enable you to burn all these videos to Blu-ray disc and create your own Blu-ray movie.

  18. Our top priority is to provide every customer with the highest quality Rolex watch at the lowest price available. Browse our wide selection of Rolexes for sale.

  19. wah..kalo saya pernah juga di stop polisi..eh malah dilama lamain urusannya. padahal surat โ€“ surat lengkap.

  20. memang susah kalo melihat segala sesuatu dari satu sisi, untuk itulah gunanya konteks. tapi dari cerita tersebut kita dapat mengambil hikmah bahwa apa yang selama ini kita perkirakan, tidak sama dengan kenyataan. makasih udah share mas harry

  21. interesting article, I really liked your article. I will keep visiting to read your article quality. if you’re willing I hope you can visit my blog. I am very excited to read and read your article. from your loyal fans.Tika

  22. FLV Joiner is a fast and easy-to-use FLV Video Joiner software. This online Flash FLV Joiner can join and convert FLV, SWF and any other videos to almost any other video or audio formats with super high conversion speed and excellent output quality, such as: convert FLV to WMV, convert FLV to MPEG, convert FLV to MP4, convert FLV to AVI, convert FLV to MP3, convert Youtube to iPod and so on.

    More Information: http://www.flipvideoconverter.org/

  23. I did not really understand much of what you write here because I do not have very good with English, but I helped my elder sister who is a teacher and was able to discern everything and everything I needed to understand

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *