Jews for Palestine – Pelajaran mengenai “generalisasi”

Luar biasa, sangat mengharukan. Saya menemukan surat pembaca dari berbagai tokoh Yahudi di Inggris, yang menyatakan kecaman mereka terhadap Israel.

Di tengah semua kemarahan, emosi, ketidak adilan, dan kekejaman di sepotong kecil tanah bernama Gaza; alhamdulillah masih ada sekelompok orang-orang yang masih bisa berpikir dengan rasional dan kritis. Dan mengutamakan hati kecil mereka daripada egonya.

Terlampir adalah surat mereka ke koran Guardian di Inggris :

We the undersigned are all of Jewish origin.

When we see the dead and bloodied bodies of young children, the cutting off of water, electricity and food, we are reminded of the siege of the Warsaw Ghetto. When Dov Weisglass, an adviser to the Israeli prime minister, Ehud Olmert, talked of putting Gazans “on a diet” and the deputy defence minister, Matan Vilnai, talked about the Palestinians experiencing “a bigger shoah” (holocaust), this reminds us of Governor General Hans Frank in Nazi-occupied Poland, who spoke of “death by hunger”.

The real reason for the attack on Gaza is that Israel is only willing to deal with Palestinian quislings. The main crime of Hamas is not terrorism but its refusal to accept becoming a pawn in the hands of the Israeli occupation regime in Palestine.

The decision last month by the EU council to upgrade relations with Israel, without any specific conditions on human rights, has encouraged further Israeli aggression. The time for appeasing Israel is long past. As a first step, Britain must withdraw the British ambassador to Israel and, as with apartheid South Africa, embark on a programme of boycott, divestment and sanctions.

Ben Birnberg, Prof Haim Bresheeth, Deborah Fink, Bella Freud, Tony Greenstein, Abe Hayeem, Prof Adah Kay, Yehudit Keshet, Dr Les Levidow, Prof Yosefa Loshitzky, Prof Moshe Machover, Miriam Margolyes, Prof Jonathan Rosenhead, Seymour Alexander, Ben Birnberg, Martin Birnstingl, Prof. Haim Bresheeth, Ruth Clark, Judith Cravitz, Mike Cushman, Angela Dale, Merav Devere, Greg Dropkin, Angela Eden, Sarah Ferner, Alf Filer, Mark Findlay, Sylvia Finzi, Bella Freud, Tessa van Gelderen, Claire Glasman, Ruth Hall, Adrian Hart, Alain Hertzmann, Abe Hayeem, Rosamene Hayeem, Anna Hellmann, Selma James, Riva Joffe, Yael Kahn, Michael Kalmanovitz, Ros Kane, Prof. Adah Kay, Yehudit Keshet, Mark Krantz, Bernice Laschinger, Pam Laurance, Dr Les Levidow, Prof. Yosefa Loshitzky, Prof. Moshe Machover, Beryl Maizels, Miriam Margolyes, Helen Marks, Martine Miel, Diana Neslen, O Neumann, Susan Pashkoff, Hon. Juliet Peston, Renate Prince, Roland Rance, Sheila Robin, Ossi Ron, Manfred Ropschitz, John Rose, Prof. Jonathan Rosenhead, Leon Rosselson, Michael Sackin, Ian Saville, Amanda Sebestyen, Sam Semoff, Prof. Ludi Simpson, Viv Stein, Inbar Tamari, Ruth Tenne, Norman Traub, Eve Turner, Tirza Waisel, Karl Walinets, Renee Walinets, Stanley Walinets, Philip Ward, Naomi Wimborne-Idrissi, Ruth Williams, Jay Woolrich, Ben Young, Myk Zeitlin, Androulla Zucker, John Zucker

Para Yahudi ini justru menyarankan boikot, penarikan investasi, dan hukuman-hukuman bagi Israel. Mudah-mudahan kita bisa menjalankan saran-saran mereka tersebut.

Juga, semoga kita bisa selalu ingat untuk tidak menggeneralisir bahwa “semua Yahudi itu jahat”. Di antara mereka, masih ada segelintir kecil yang hatinya turut menangis untuk rakyat Palestina. Tidak itu saja, mereka juga secara aktif menentang penjajahan & kezaliman Israel terhadap Palestina.

Beberapa bahkan membayar sikap mereka tersebut dengan nyawanya.

Quran tidak mengajarkan kita untuk membenci Yahudi. Namun, untuk waspada terhadap tipu daya dan makar dari sebagian mereka.
Memvonis seluruh Yahudi jahat karena kejahatan sebagian dari mereka adalah generalisasi. Ini termasuk pada ketidak adilan – dan jelas ini tidak dibenarkan oleh Islam. Islam adalah agama yang sangat menitik beratkan fokus pada keadilan. Jangan sampai kita terjerumus kepada menzalimi sebagian pihak, hanya karena kebencian & emosi kita.

Satu contoh lagi adalah Neturei Karta. Slogan mereka adalah “Orthodox Jews United Against Zionism” (*).
Ketika beberapa diantara kita mungkin hanya duduk di belakang meja dan bersimpati tanpa banyak melakukan sesuatu, para anggota Neturei Karta aktif dan gencar turun langsung ke lapangan menentang Zionisme. Luar biasa.

Yahudi juga manusia. Mereka mampu untuk melakukan kebaikan. Namun, sebagian mereka juga mampu melakukan kejahatan, seperti manusia lainnya juga. Kita musti bisa bertindak secara adil terhadap semua ini.

Satu contoh Yahudi yang pantas untuk ditindak adalah Howard Schultz. Chairman, president, dan CEO dari Starbucks, Schultz dengan aktif mendukung negara Israel, dan mengkampanyekan keberadaannya. Tentunya dia bukan tidak tahu mengenai berbagai kejahatan Israel. Namun tetap saja Schultz mendukung Zionisme.

Yah, alhamdulillah menemukan informasi ini. Menuruti himbauan dari rekan-rekan Yahudi di Inggris di atas, sekarang saya jadi sangat malas untuk ngopi di Starbucks.
Yuk kita ramaikan saja Bakoel Koffie, atau warung-warung lainnya.

Hari ini saya mendapat pelajaran yang sangat berharga mengenai kemanusiaan, empati, nurani, keadilan dan logika. Semoga bisa bermanfaat juga untuk Anda.

(*) Zionisme sebetulnya adalah salah satu bentuk ekstrimisme / zealotry dalam beragama. Dalam teks agama Yahudi sendiri sebetulnya tidak ada mengharuskan mereka untuk kembali lagi ke tanah Palestina. Zionists memilih penafsiran yang ekstrim, plus implementasi yang tidak kalah ekstrimnya lagi. Hasilnya, seperti yang sudah dan sedang kita saksikan, adalah derita berkepanjangan dari rakyat Palestina.

Neturei Karta, walaupun beraliran Orthodox, namun bisa memahami teks / ajaran agama mereka dengan baik / tidak ekstrim. Karena itu mereka bisa menyadari kekeliruan Zionists, dan tidak turut terjerumus kesitu.

Mudah-mudahan kita bisa meniru teladan mereka ini – terhindar dari berlebih-lebihan / ekstrimisme dalam beragama.

143 thoughts on “Jews for Palestine – Pelajaran mengenai “generalisasi”

  1. It’s wonderful to find another great article from you, Bang?! 🙂
    .
    I wonder….those noble Jews are considered as infidel from some Zionists or what…
    .
    Few months ago, some Orthodox clerics came to Indonesia to attend 60th commemoration of Palestine’s colonialism. They and us (Indonesian) cursed Zionist for all things they’ve been doing to Palestinians. If I’m not mistaken, Amien Rais was one of the Indonesian public figure attended such meeting
    .
    I ask your permission to forward this article. I don’t want to be the one who’s excited about this article hehehe. Thanks

  2. Ini … kayak deja vu tahun 2001, waktu ada sekelompok umat Yahudi berdemo menentang kejahatan kaum zionist. Dan … lucu … masih ada umat muslim Indonesia yang mengajak untuk “netral” :). Entah kalau kita terkena virus demam berdarah; apakah beliau2 juga menyuruh netral dan berkoeksistensi damai dengan virus perusak itu.
    Bakoel Kofie yo! Yang ini bukan Yahudi punya, tapi jelas yahud punya!

  3. Mudah-mudahan term “ekstrimisme dalam beragama” tidak dijadikan jargon dalam menuduh sodara-sodara muslim yang punya pemikiran dan aksi gaya berbeda dengan yang menuduh.

    Kalau saya lebih suka jargon “pemahaman yang keliru”. Jargon “ekstrimist dalam beragama” sendiri cenderung bernada ekstrim.

    Katakanlah Amrozi yang dengan senyum tidak menyesali perbuatannya di Bali. Menyebut Amrozi sebagai “mempunyai pemahaman yang keliru” saya kira lebih enak dikuping daripada di labeli sebagai “ekstrimist agama”.

    … dst, contoh-contoh lain.

  4. @Yonna – Kemungkinan besar, ya, mereka juga dianggap sebagai sesat oleh Yahudi lainnya. Karena itu ini jadi lebih mengharukan lagi — Yahudi sendiri adalah ras minoritas dimana-mana, namun mereka berani untuk menjadi minoritas di dalam ras minoritas ini. Tidak cuma melulu mengikuti arus saja – tapi kalau perlu justru menentang arus.
    .
    Keberanian seperti ini pantas untuk menjadi teladan bagi kita semua.
    .
    Permission granted 🙂 thanks.

  5. @Koen – deja vu ya, hihihi… maklum soalnya saya kuper sih 🙂 baru tahu soal yang beginian hehe.
    .
    Analogi soal Zionisme = Virus, ini menarik 😀
    Dan pas banget !

  6. @Maiden – saya cuma manut saja sama boss 🙂 Nabi saw memerintahkan kita untuk tidak “berlebih-lebihan” dalam beragama. Jadi saya ikut-ikutan menggunakan istilah / padanan dari istilah tersebut.

  7. Sebetulnya ( ini pemahaman saya pribadi )

    bangsa yahudi adalah bangsa yang sudah tidak bisa diperbaiki lagi.
    Dengan Alasan : Sangat banyak nabi dan rasul yang diutus khusus untuk bani israil. kesemuanya itu membangkang. Bahkan ada yang emmbunuh nabinya sendiri.

    Ingat kisah Samiri dengan nabi Musa. AS ?

    Tapi kalau tidak semua Bangsa Israil alias Yahudi itu jahat saya setuju. Karena Nabi Muhammad saw sendiri melindungi Yahudi Medinah yang tunduk dengan aturan islam

    terimakasih dari http://myrazano.com
    mohon kunjungan dan dukungannya

    salam

  8. Israel. Cukup itu saja. Klo mau bawa2 nama yahudi, maka cukup yahudi israel. itupun sebenarnya ga semuanya. Zionis. Setuju kang.
    Soal boikot, justru kita agak sedikit bermalas-malasan kayaknya melakukan hal itu. Ga kayak sodara-sodara kita non-muslim atau muslim non-indonesia yg bener-bener komit. Jgn cuma omdo. Klo mau bantu, bantu dg apapun yg qt bisa. Dan yg plg minim adalah boikot, tak hanya doa. wallahu a’lam.

  9. jadi kita harus netral?

    kayaknya namanya zionis semua itu sama aja..
    soal boikot gue setuju.. 😉

  10. Betul. Menurut om gugel, perkiraan jumlah orang yg beragama (sekaligus suku bangsa) yahudi adalah 14 juta. Menurut CIA fact, 76% dari 7 juta penduduk Israel adalah Yahudi, dimana sekitar 1 juta lebih berada dan tinggal di luar Israel dg konsentrasi terbesar ada di New York. Kalau dilihat ini, berarti cuma 5 juta dari 14 juta orang Yahudi yg mendukung penjajahan.
    Karena itu pada dasarnya, apa yg disampaikan dalam Quran merupakan peringatan bagi orang2 beriman, dan kali ini peringatannya berupa contoh sikap 40% dari suatu suku bangsa yg membuat kerusakan di muka bumi. Dan sesungguhnya, rentetan kejadian di Gaza kali ini bukan saja disebabkan oleh Zionis asli, tp juga Zionis2 ikutan yg turut serta dalam memblokir dan membuat kelaparan penduduk Gaza. Orang2 tersebut mengaku berbuat kebaikan, sesungguhnya mereka hanyalah berbuat kerusakan di muka bumi!

  11. @aziz – saya mengajak kita untuk adil, bukan netral 🙂
    .
    Sekilas sama, tapi kadang bisa berbeda jauh lho.

  12. @Rully – Orang2 tersebut mengaku berbuat kebaikan, sesungguhnya mereka hanyalah berbuat kerusakan di muka bumi!
    .
    Spot on – betul sekali.

  13. Salam…

    kita memang harus membedakan antara penganut (agama) Yahudi dengan orang (yahudi) Israel…

    namun, memang benar juga.. kaum yahudi itu kaum yang paling bandel, Allah telah berkali-kali mengutus Nabi ke kaum tsb. namun tetap saja begitu.

    saya juga setuju mengenai pendapat tidak semua yahudi itu jahat, namun kita tetap berhati-hati saja.

    mohon kunjungan dan dukungannya di
    http://bhaltazor.wordpress.com/

  14. thx atas update dan pencerahannya.

    israel dan yahudi pendukung zionis harus ditindak, sebaliknya yang menentang harus kita dukung. bahkan nabi pun masih membiarkan yahudi hidup koq.. (coba bayangin kalo nabi perintahkan untuk memusnahkan yahudi, udah sejak jaman dahulu yahudi musnah)

    setuju dengan bagian : “mengajak fair dan bukan netral”

    aq jadi sedikit merasa bahwa penutupan sinagog di jl kayoon surabaya kemaren terlalu ekstrim (walau mungkin akan berbeda bila dilihat dari sisi regulasi)

    dan ini beda jelas beda treatmentnya dengan yang mendukung zionis dan yang injek-injek kemanusiaan di palestine sana

  15. Memang betapapun orang Yahudi juga manusia. Mereka juga manusia. Pasti ada yang baik, dan juga ada yang jahat. Sayang sekali, orang Palestina mungkin sudah terlalu sering dikhianati oleh Pemerintah Israel, bukan orang Yahudi, secara keseluruhan. Karena itulah, orang Islam di berbagai belahan dunia jadi susah membedakan antara Pemerintah Israel dengan orang Yahudi secara keseluruhan.

  16. betul memang kita tidak boleh untuk menjustifikasi bahwa orang yahudi itu semuanya jahat, karena di setiap komunitas pasti ada dua sisi yang berdampingan, seperti ada yang jahat dan ada yang baik, dan saya kira itu adalah sunatullah !

  17. Kayak kita yg beragama Islam, ketika sekelompok kecil orang melakukan tindakan Teror, kita kan juga jengkel ketika orang trs menggeneralisasi bahwa semua orang Islam adalah Teroris.
    Sepengetahuan saya kelompok Jews Against Zionist adalah anti negara Israel, krn menurut pendapat mereka: Tuhan menghukum orang Yahudi dengan mennyebarkan mereka seluruh dunia (tidak mempunyai negara), jadi jika orang Yahudi mendirikan Negara (Israel), itu sama saja dengan menentang Tuhan. CMIIW

  18. @Iwan – Kayak kita yg beragama Islam, ketika sekelompok kecil orang melakukan tindakan Teror, kita kan juga jengkel ketika orang trs menggeneralisasi bahwa semua orang Islam adalah Teroris.
    .
    Betul sekali ! 🙂
    .
    Salut untuk kemampuan Anda menyadari hal tsb. Trims.

  19. Yah ngeyel, alias berlebih-lebihan, inkulsif, nggak mau ndenger orang lain, maunya benar di setiap pemikirannya.

  20. Tentang anjuran boikot itu sepertinya cukup mengkhawatirkan orang-orang di Israel sana, apalagi yang berhubungan dengan teknologi, seperti diskusi ini http://weblogs.asp.net/rosherove/archive/2006/09/27/U2U-refuses-to-work-with-Israelis-due-to-_2600_quot_3B00_War-crimes-and-apartheid_2600_quot_3B00_-in-Israel.aspx.

    Lalu beranikah kita beramai-ramai atas nama solidaritas kemanusiaan berhenti menggunakan teknologi hasil ciptaan orang-orang Israel. Kalau saya pribadi kadang berpikir untuk berpindah konsentrasi utama bahasa dari PHP ke yang lainnya, seperti Ruby, Python, atau Java. Atau mungkin ada yang mau buat bahasa baru, PAP(People Abandon PHP) kandidat yang bagus, mirip PHP kan (People Hate Perl).

    Oh ya, juga dari Intel ke AMD. Tapi untungnya dari dulu memang saya lebih suka AMD :).

  21. Jangan lupa, jangan beli atau nyimpen uang dollar, sebab dollar adalah kekeatan yahudi

    Juga tidak bersurfing didunia maya dengan memggunakan fasilitas
    internet milik yahudi atau sedikit demi sedikit di kurang dan pindah ke fasilitas yang netral

  22. Assalamualaikum…
    Pencerahan yang bagus boz…. Tapi kita tetap harus berhati-hati juga, mungkin ada sesuatu dibalik semua itu, seperti Al-Quran sampaikan bahwa sampai kapanpun “mereka” tidak akan ridlo dengan Islam.
    Salam kenal boz… (sekedar saran : mungkin di halaman boz bisa dipasang banner untuk support Palestina/Gaza)

    BTW terima kasih atas pencerahannya… keep posting, jangan lupa mampir untuk beropini ya boz…. BERKATA BEBAS

  23. Jadi kata kunci nya (seperti artikel diatas) adalah

    sebagian, generalisasi

    Thanks Pak Sufehmi 🙂 (baca : tersenyum)

  24. bangsanya sendiri aja ga suka sama tentara2 yahudi yang anarkis, knapa kita diam aja????
    brantas yahudi nakal!!!!

  25. Memang kita harus berlaku adil kepada setiap orang termasuk kaum yahudi, seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah. Namun kita harus juga waspada kepada setiap pihak yang selalu mengintai kelemahan kita dan siap menghancurkan Islam. Konon ada yang mengatakan organisasi Rotary Club dan Lions Club itu di bawah kendali kaum Yahudi… betul???

  26. Melihat peta palestina, 70% wilayah yang tadinya milik Palestina kini menjadi milik israel. Miris sekali.

  27. Setujuu… gak semua orang Yahudi itu jahat. Nabi Musa, Harun, Zakaria, Yahya dan Isa juga Yahudi. Para pengikut mereka yang sholeh juga Yahudi. Cuman karena Allah sudah mewanti-wanti dalam Al Qur’an bahwa mereka ga akan pernah ridho kepada kita sampai kita mengikuti millah mereka.. ya kita harus hati-hati lah. Apalagi kalau terhadap Yahudi yang termasuk golongan Zionis, bukan sekedar hati-hati, tapi wajib diperangi.

  28. Dalam beberapa literatur memang banyak disebutkan rencana-rencana licik dan kejam kaum Yahudi untuk menguasai dunia…mereka adalah orang-orang yang tidak mensyukuri nikmat Allah SWT. Pantaslah Nabi Yakub (kalau tidak salah) menyebut mereka anak-anak setan. Semoga Allah melindungi kita dari hasutan dan kejahatan syetan dan sekutunya….

  29. sebenarnya saya juga heran .. kenapa dari 70% tanah palestina bisa direbut oleh kaum yahudi ?? apakah ini bukan termasuk penjajahan ??

  30. bener gan,,,,,,,ga semua yahudi jahat,,,,,gimana orang nya aja kali,,,,,di negara kita aja masih banyak yang kelakuannya lebih dari yahudi yang jahat,,,,,,,,

  31. aku cuman berpendapat klo masalah jahat ato ga jahat tuh dari personal kita sendiri2 kaleeee,,,,,,yang penting kita umat muslim tetap bersatu karena kita bersaudara,,,,

  32. israel dan yahudi pendukung zionis harus ditindak, sebaliknya yang menentang harus kita dukung. bahkan nabi pun masih membiarkan yahudi hidup koq.. (coba bayangin kalo nabi perintahkan untuk memusnahkan yahudi, udah sejak jaman dahulu yahudi musnah)

  33. Thank you, you answered the question I have been searching for which was whether or not to place keywords when blog commenting.

  34. Jangan kita terlalu percaya. Mungkin saja ini adalah strategi yahudi mengalihkan opini dunia. karena walau bagaimanapun tabiat yahudi dari dulu sampai kiamat tidak akan berubah. Mereka tidak akan senang sebelum kita mengikuti millah mereka

  35. Good for those jewish folks because pacifism is a must. The internet operators, as one of the most informated people on the world, have the duty of spread the true.

  36. Wah saya ga nyangka ceo starbuck malah pendukung ekstrem yahudi,, bener ga usah lah kalo gitu ngopi disana, sama aja uang yg kita pay dijadiin senjata untuk palestina, lebih baik ngopi di kopi luwak aja kan indonesia asli, saya sependapat sekali kalo memang tdk semuanya orang yahudi itu jahat,,,trims infonya

    salam

    fikri

  37. Jangan kita terlalu percaya. Mungkin saja ini adalah strategi yahudi mengalihkan opini dunia. karena walau bagaimanapun tabiat yahudi dari dulu sampai kiamat tidak akan berubah. Mereka tidak akan senang sebelum kita mengikuti millah mereka

  38. israel dan yahudi pendukung zionis harus ditindak, sebaliknya yang menentang harus kita dukung. bahkan nabi pun masih membiarkan yahudi hidup koq.. (coba bayangin kalo nabi perintahkan untuk memusnahkan yahudi, udah sejak jaman dahulu yahudi musnah)

  39. di dalem negerinya sendiri masyarakat israel juga ada yang protes…pemerintahannya nih gak bener banget…P90X

  40. makasih infonya ni, memang ndak semua,kayak lagunya basofi tidak semua laki2……….. he…he…. mereka menyarankan boikot masa kita ndak ikutan

  41. memang sudah takdirnya sih, kalo negara israel ngga akan tenteram sampai kiamat..adanya tokoh Yahudi di Inggris, yang menyatakan kecaman mereka terhadap Israel merupakan salah satu bukti nyata terusiknya ketentraman dari dalam..

  42. Jangan kita terlalu percaya. Mungkin saja ini adalah strategi yahudi mengalihkan opini dunia. karena walau bagaimanapun tabiat yahudi dari dulu sampai kiamat tidak akan berubah.

  43. israel dan yahudi pendukung zionis harus ditindak, sebaliknya yang menentang harus kita dukung. bahkan nabi pun masih membiarkan yahudi hidup koq..

  44. Wow,great! This article is really excellent! You must see !

    Blu-ray Burner software is a powerful and best video Blu-ray DVD burner and Blue-ray burner tool.It can help you burn videos to Blu-ray Disc (BD) and also enable you to burn all these videos to Blu-ray disc and create your own Blu-ray movie.

  45. pasti ada satu atau dua buah salak yang tidak busuk di sebuah keranjang yang penuh salak busuk.

    thanks udah share mas

  46. Yahudi-yahudi yang bertandatangan disurat itu rata-rata berpendidikan tinggi… saya rasa semakin pintar manusia biasanya memang diimbangi dengan penalaran moral yang jauh lebih baik

  47. interesting article, I really liked your article. I will keep visiting to read your article quality. if you’re willing I hope you can visit my blog. I am very excited to read and read your article. from your loyal fans.Tika

  48. memang sudah sepantasnya seperti itu . bahkan kaum yahudi sendiri mengutuk sikap israel yg brutal tersebut

  49. Sangat banyak nabi dan rasul yang diutus khusus untuk bani israil. kesemuanya itu membangkang. Bahkan ada yang emmbunuh nabinya sendiri.

  50. kenapa anda tidak mengkritisi US yang memfitnah islam…
    mengeneralisasi islam adalah teroris?
    kenapa membela yahudi? 😀
    dapet duit dr ASIa Foundation ya?

  51. There have been many people who contributed. From what I see is a very large and diverse list with all sorts of important people I have ever heard in my life again and hear her read this post.

  52. that is a pretty intense letter there, I am not sure why the big fuss but hey i guess that people have the right to express there feelings.

  53. gak semua yahudi mendukung zionis, krna zionis emng bejad dan pantas dihukum….tp sayangnya AS pun bertekuk lutut trhadapnya….

  54. melegakan segala kalo hal seperti itu masih ada di sana. ini merupakan sudut pandang baru yang membuktikan bahwa mereka masih manusia juga, bukan hanya setereotip yang berkembang selama ini. thx

  55. Tentunya harus yakin ( dalam firman Allah ) yang maknanya :”Yahudi dan Nasrani tidak akan diam sampai kita mengikuti mereka”. Jadi tetaplah kita harus berhati-hati. Bisa jadi mereka mengambil sikap seperti itu untuk aksi Zionisme, tapi sikap mereka terhadap Islam tetap seperti yang Allah firmankan. Wallohu ‘alam.

  56. hello to everyone who has blog.first I congratulate the blog owner.he is got excellent blog.actually I read all your articles from weary and your writing very attractive waiting to continue thanks

  57. Hello just wanted to give you a quick heads up. The text in your post seem to be running off the screen in Internet explorer. I’m not sure if this is a formatting issue or something to do with browser compatibility but I thought I’d post to let you know. The style and design look great though! Hope you get the problem resolved soon. Thanks

  58. sea fácil para los spammers obtener acceso y alimentar y spamear mi red social. ¿O que tal esta joya que cosech

  59. Hello everyone … I read all your articles from weary and your writing very attractive waiting to continue thanks…
    Regards
    _ Lalit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *