Virus di Linux

Salah satu pertanyaan lainnya yang paling banyak ditanyakan di berbagai seminar mengenai Open Source / Linux adalah tentang virus – apakah ada virus di Linux ?

Secara teknis, ya, ada virus di Linux. Itu adalah fakta yang tidak bisa dibantah.
Namun itu belum menjelaskan – karena SEMUA sistim komputer pasti bisa dibuatkan virusnya. Yang lebih penting untuk diketahui adalah kemudahan penularannya. Karena jika ada banyak virus, namun tidak menyebar, maka sama saja seperti dengan tidak ada virus kan?

Karena itu mari kita ubah pertanyaannya :
Apakah mudah bagi virus untuk menyebar di Linux ?

Jawabannya : Tidak 🙂
Bagi seekor virus, sangat sulit untuk menyebar di platform Linux.
Apalagi sampai pada level epidemik, dimana bisa ada jutaan komputer yang terinfeksi setiap harinya. Ini akan sangat sulit terjadi di Linux, dan memang belum pernah ada yang berhasil melakukannya.

Terlampir adalah sebuah email diskusi soal ini dengan kawan saya :

menurut saya linux tidak kebal terhadap virus, hanya bedanya dengan
windows:
– windows sudah lebih banyak yang pakai (pembuat virus tentu saja ingin
“ketenaran” semakin banyak yg terinfeksi akan membuatnya lebih bangga)
– varian linux terlalu banyak –> capek bikin virus yang bervariasi per
distro

beberapa reference:
http://www.desktoplinux.com/articles/AT3307459975.html
http://www.theregister.co.uk/2003/10/06/linux_vs_windows_viruses

Artikel2 ini sudah dibuat sejak tahun 2003. Dan saat ini (desktop) Linux jelas sudah JAUH lebih populer daripada 5 tahun yang lalu – sehingga mustinya sudah jauh lebih menarik untuk menjadi target .

Pertanyaannya: dimana virus Linux ? 🙂

Ada beberapa penyebab kenapa virus sulit berkembang di Linux :

(1) Secure default install : closed services :
Berbagai distro Linux sekarang sudah jauh lebih bijak daripada 5 tahun yang lalu. Misalnya, default install Ubuntu bahkan tidak menjalankan SSH server. Default install berbagai distro Linux sekarang tidak ada menghasilkan open listening port.

(2) Secure default install : non-admin default access :
Berbagai distro Linux sekarang mempraktekkan hal ini dengan baik, dan berimbang dari segi kemudahan vs keamanan : dengan implementasi sudo, maka sehari2 user bisa bekerja dengan produktif dengan aman karena bukan sebagai root user.

(3) Application-level firewall :
Merupakan software terpisah di Windows — di beberapa distro ini adalah layanan yang sudah disertakan secara default. Misal: AppArmor di Suse/Imunix/Ubuntu/dll.

App-firewall kini makin penting, karena makin banyak security hole di aplikasi yang di eksploit — bukan lagi di level operating system.

Dan masih ada beberapa hal lainnya.
Bagi pemerhati topik computer security, sangat menggembirakan melihat bahwa ada tindakan-tindakan proaktif dari berbagai vendor Linux. Dan karena disandarkan pada pondasi security yang solid, Unix/Linux, maka hasilnya juga cukup menggembirakan.
Yaitu tercapainya keseimbangan antara security dengan kemudahan pemakaian.

Menilik semua faktor tersebut, saya kira akan sulit bagi sebuah virus untuk dapat berkembang sampai ke level epidemik — sebagaimana yang terjadi dengan berbagai virus di platform Windows.

Salam, HS

Satu lagi pendapat yang menarik adalah dari John Stewart, Chief Security Officer Cisco. Pada pidatonya di konferensi AusCERT 2008, John menyatakan bahwa karena anti-virus yang ada tidak efektif (komputer tetap bisa terinfeksi), maka sebetulnya sia-sia / tidak ada gunanya.

Dikutip :

By Liam Tung, ZDNet Australia
Posted on ZDNet News: May 21, 2008 5:41:27 AM

Companies are wasting money on security processes–such as applying patches and using antivirus software–which just don’t work, according to Cisco’s chief security officer John Stewart.

Speaking at the AusCERT 2008 conference in the Gold Coast yesterday, Stewart said the malware industry is moving faster than the security industry, making it impossible for users to remain secure.

“If patching and antivirus is where I spend my money, and I’m still getting infected and I still have to clean up computers and I still need to reload them and still have to recover the user’s data and I still have to reinstall it, the entire cost equation of that is a waste.

“It’s completely wasted money,” Stewart told delegates. He said infections have become so common that most companies have learned to live with them.

Jadi kuncinya adalah pencegahan. Jika suatu sistem sulit untuk ditembus, maka virus akan sulit untuk bisa menyebar. Dan pada pembuat virus pun jadi kehilangan minat.

Dengan menggunakan Linux, kita sudah secara efektif memblokir berbagai macam virus / trojan / spyware. Kita jadi bisa bekerja dengan tenang tanpa perlu memusingkan soal virus lagi. Sangat menyenangkan bukan ?

193 thoughts on “Virus di Linux

  1. Tapi kalo ada yg bilang virus nyerang linux bisa jadi berita besar loh mas…. bisa bikin heboh… padahal gak tauknya tuh virus masih proof of concept…
    Terima kasih referensinya mas harry.. salam kenal

  2. tapi bener koq selama ini linux aman dari virus. apalagi virus windows gak mungkin masuk ke linux.
    udah pakai ubuntu 2 tahunan, aman dari linux. 😀

  3. Masi pake windows 🙁 kan kerjaan saya berkaitan dengan graphic…mo pake mac dompet belom cukup. hehheee…
    pake windows? virusan teruuuuusssss….udah kayak ternak virus nih 🙁 helpppp

  4. klo menurut saya kayaknya bner2 lebih karena yg make linux masih dikit deh… makanya gak ada yg bner2 jadi epidemi. btw, antivirus buat linux apa aja sih?

  5. Yang namanya persaingan usaha, tentu ada sisi negatifnya juga. Saya yakin virus selalu ada di semua bentuk pemrograman. Ini kan imbas dari persaingan usaha. Tul ngga?!

  6. Kalau ga salah, pernah baca kalo hanya 2 persen virus yang menyerang linux, sisanya OS lainnya

  7. salam kenal mas… saya pernah coba instal linux ke notebook saya… padahal udah berhasil tp kok wkt mau konek ke IM2 gak mau ya?? padahal wkt liat2 di forum ada yang bisa tuh buat koneksi dng IM2. Knp ya?

  8. ooh baru tahu saya, ternyata linux juga bisa kena virus. kata temen saya kok bebas dari virus

  9. @All – terimakasih sudah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentarnya disini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian 🙂

  10. @amirrul – coba pasang Gimpshop deh di Windows mas : http://www.gimpshop.com/
    .
    Ini lumayan untuk jadi gantinya Photoshop 🙂
    .
    Lalu juga pasang berbagai aplikasi open source lainnya yang dicantumkan di situs ini : http://www.opensourcewindows.org/
    .
    Nah, setelah beberapa bulan dan sudah terbiasa menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut : selamat ! Anda sudah siap untuk pindah ke Linux 🙂
    .
    Karena semua aplikasi2 tersebut juga ada di Linux, he he. Dan persis sama.
    .
    Jadi begitu mas triknya untuk bisa pindah dari Windows – ganti dulu aplikasinya. Perlahan-lahan saja, tidak perlu terburu-buru.
    .
    Baru kemudian terakhir Windows nya yang diganti.
    .
    Dan kalau sudah pakai Linux ya enak. Tidak ada lagi masalah dengan virus.
    .
    Selamat mencoba 🙂

  11. @kamal – kelihatannya belum membaca artikelnya sampai selesai ya, he he.
    .
    Anti virus untuk Linux yang berbayar ada beberapa. Kalau yang gratis juga ada, seperti ClamAV

  12. @My Journey – saya pernah bicara dengan kawan di IM2, menurut mereka semua modem dari IM2 itu kompatibel dengan Linux.
    .
    Kalau ada bermasalah dengan modem mereka, silahkan bisa kontak customer support mereka untuk dibantu pemasangannya.

  13. saya udah mencoba kontak ke IM2 di jogja tapi menurut CSnya, mereka gak tau gimana supaya IM2 mau konek ke internet yang menggunakan OS Linux.

  14. Setuju, mas.

    Seperti dulu pernah ditulis Priyadi, linux relatif aman dari virus, tapi bukan berarti 100 persen imun.

  15. mas Harry , dari pengalaman siih \saya pernah ketemu virus di Rhel hingga os tersebut tidak bisa booting dengan Normal, hal itu juga pernah saya tulis di blog saya tahun 2008 😀 *ngarep mas harry mau maen ke blogku* hee hee 😀

  16. Cara menginstall virus di Linux 😀

    Before attempting to compile this virus make sure you have the correct version of glibc installed, and that your firewall rules are set to `allow everything’.

    1. Put the attachment into the appropriate directory eg. /usr/src

    2. Type `tar xvzf evilmalware.tar.gz’ to extract the source files for this virus.

    3. `cd’ to the directory containing the virus’s source code and type `./configure’ to configure the virus for your system. If you’re using `csh’ on an old version of System V, you might need to type`sh ./configure’ instead to prevent `csh’ from trying to execute `configure’ itself.

    4. Type `make’ to compile the package. You may need to be logged in as root to do this.

    5. Optionally, type `make check_payable’ to run any self-tests that come with the virus, and send a large donation to an unnumbered Swiss bank account.

    6. Type `make install’ to install the virus and any spyware, trojans pornography, penis enlargement adverts and DDoS attacks that come with it.

    7. You may now configure your preferred malware behaviour in /etc/evilmalware.conf .

    http://www.gnu.org/fun/jokes/evilmalware.html

  17. betuuulll bgt,,meskipun ada beberapa virus yg sanggup tembus linux tapi gak pernah bertahan lama hidup nya..hehe

    buat antivirus linux, ANSAV juga support kok buat Linux…

    keep share kang…

  18. wah keren artikelnya mas, memang sulit nyari virus di linux, saya dah pake linux (suse) ampir 3 tahun sampe skrg ga pernah ngerasain namanya virus.. beda jauh banget dengan namanya windows.. dimana2 celahnya banyak banget… apa karena windows punya regedit ya??? hehehhe 😀

    numpang copet (copy paste) postingannya mas hehehe…. keren-keren…. keep post mas….

  19. stil stil….

    tapi namanya di program,, yah pastilah muncul atuh demi atuh
    malwarenya…

    kalo kaga muncul bukan di program donk,,:D

    salam kenal bwt smuah..

  20. Stop Dreaming Start Action

    bagus bagus artikelnya
    Pretty nice post. I just came across your blog and wanted to say
    that I have really liked browsing your posts. Anyway
    I’ll be subscribing to your feed and I hope you post again soon!After I read your blog, I think it’s very useful information.
    I’m very delighted to invite you to Student Loan and Stop Dreaming Start Action

    Warm Regards

    yuliantoro

    Stop Dreaming Start Action

  21. Ow.. Begitu, jd walo virus bisa masuk, tapi ga bisa nyebar n ngerusak yg laen= ga ada virus.
    Jd yg file yg rusak kemungkinan file pembawa? Ato file pembawa itu ga terjangkit, karna virusnya ga mampu beraksi??

    Thx yah..

  22. @traveller: hanya kenal nama.(nama virusnya aja).
    tapi dari 4 bulan make zencafe buat warnetq ini. gag pernah muncul satupun client yang memperlihatkan gejala kena virus …………..

    masih aman-aman saja..

    Ada dikit pertanyaan nih ……(numpang pertanyaan 1 mas harry kalo boleh)
    Jadi diantara pilihan OS:
    mahal + banyak virus
    mahal + sedikit virus
    murah(bahkan gratis) + sedikit virus
    pilih yang mana…. hayoo……

  23. satu-satunya alasan Linux masih popular saat ini adalah kerana hampir virus percuma. tidak kemalangan, tidak ada kemungkinan memerlukan pemasangan semula selepas setiap dua hari. Linux jauh lebih boleh dipercayai daripada yang lain. terlepas dari fakta bahawa itu tidak user friendly, visual juga sangat membosankan, masih yang popular.

    affordable master degree | affordable associate degree

  24. stil stil….

    tapi namanya di program,, yah pastilah muncul atuh demi atuh
    malwarenya…

    kalo kaga muncul bukan di program donk,,:D

    salam kenal bwt smuah..

  25. wah artikel yang sangat bermanfaat ini perlu dicopas sebagai bahan referensi, minta ijin boleh kan.

  26. Wow,great! This article is really excellent! You must see !

    Blu-ray Burner software is a powerful and best video Blu-ray DVD burner and Blue-ray burner tool.It can help you burn videos to Blu-ray Disc (BD) and also enable you to burn all these videos to Blu-ray disc and create your own Blu-ray movie.

  27. windows di ciptakan oleh microsoft sedangakan linux di ciptakan oleh semua org, jadi klo ada virus pasti langsung di buat patch

  28. bener donk berarti ada temenn saya yang cinta linux suruh saya pindah ke linux. lha wong lebih kebal virus daripada windows. btw makasih infonya

  29. interesting article, I really liked your article. I will keep visiting to read your article quality. if you’re willing I hope you can visit my blog. I am very excited to read and read your article. from your loyal fans.Tika

  30. Easy-to-use PDF to XLS is the best option for you to convert PDF to XLS. With this PDF to

    XLS Converter, it is much easier to convert encrypted PDF File to XLS as well as convert PDF to Excel, XLSX, XLSM, etc.
    With Best PDF to EPUB Converter, you can enjoy you PDF files on your portable

    devices like: iPhone, iPod, iPad, Sony Reader, and so on.

  31. Virus juga akan mengancam Linux di masa mendatang, sekalipun terlihat konyol, namun para ahli telah mempredeiksi akan ancaman ini.

  32. Basically, windows user has more prone to computer virus than Linux user. Linux don’t recognize .exe files which commonly use as a virus, while most of Windows programs are made up of .exe files which causes it to be more prone to viruses.

  33. 2 weeks ago I installed an older computer a version of Linux but do not know how it was called. From what I remember was something like fedora core or can not remember exactly. Download it on the net and I still had the virus …
    Ascultaţi
    Citiţi fonetic
    Dicţionar – Afişaţi dicţionarul detaliatsubstantiv0.love0.sake0.pet0.honeyadjectiv0.dear0.beloved0.cherished0.precious0.favorite0.darling0.shine

  34. Welcome to PDF to ePub Converter

    The PDF to ePub converter is a perfect and professional software to help you convert PDF to ePub. Meanwhile the PDF to ePub Converter enables you to convert PDF to ePub and ePub to PDF. Many kinds of formats such as HTML, XML, TEXT, Gif, JPEG can be converted by this powerful PDF to ePub converter. And you can use this PDF to ePub Converter to parse PDF file(include all text, image) and rebuild it. Then you will get the perfect output ePub files.

    By the way, the another PDF to EPUB Converter,after conversion by it you can enjoy the eBooks with iPad, iPhone, iPod Touch, Sony Reader, iRex Digital Reader 1000, PocketBook Reader and so on. Meanwhile, the converter suppports converting in batches and with the intuitive and clear interface, it is very easy even for the beginner. So you can have a try of this excellent PDF to EPUB converter. It will benefit you a lot!

  35. I’ve tried to contact to IM2 in jogja but according CSnya, they do not know how to IM2 want to connect to the internet that use the Linux OS.

  36. “Dengan menggunakan Linux, kita sudah secara efektif memblokir berbagai macam virus / trojan / spyware. Kita jadi bisa bekerja dengan tenang tanpa perlu memusingkan soal virus lagi. Sangat menyenangkan bukan ?”

    betul sekali, bekerja menjadi lebih tenang 😀

  37. Man, such an awesome article written over here. Where can I find more articles? Cause honestly, virus are mainly made for windows and not mac or linux. Damn, what’s happening to this world?

  38. wah bisa juga karena semakin sulit membuat virus di linux semakin tertantang pula para pembuat virus.

  39. this is the awesome article – and it would help to those who are really new pc users. i prefer mac than pc

  40. Certainly there has not yet been a widespread Linux malware threat of the type that Microsoft Windows software faces; this is commonly attributed to the malware’s lack of root access and fast updates to most Linux vulnerabilities

  41. keuntungan lain pake linuk adalah lebih merasa aman kalo ada oknum petugas yang nyari2 kesalahan di tempat umum kek di hotspot area tentang keaslian produk…lewat stiker “wedus”, kalo pake linux aman sentosa..

  42. Saya masih pake windows, dan untuk pencegahan menggunakan beberapa antivirus. Semoga tidak sampai kena virus. Terima kasih atas sharenya.

  43. Meanwhile, the converter suppports converting in batches and with the intuitive and clear interface

  44. wish to learn ethical hacking from the experts ? Exciting list of updated topics

    1.Introduction
    2.Footprinting
    3.Enumeration
    4.Scanning
    5.Trojan & Backdoors
    6.Viruses and worms
    7.Google Dorking
    8.Buffer Overflows
    9.Sniffers
    10.Social Engineering
    11.Denial Of Service
    12.Cryptography
    13.Email Attacks
    14.Phishing
    15.Session Hijacking
    16.Webservers attacks
    17.Web Browsers Attacks
    18.Web based password cracking
    19.SQL Injection
    20.Parameter Manipulation
    21.Cross Site Scripting
    22.Physical Security
    23.Botnets
    24.Penetration Testing
    25.Reverse Engineering
    26.Wireless Attacks
    27.Linux Attacks
    28.Credit Card Frauds
    29.Threats and Countermeasures
    30.Next Generation Attacks
    31.Ethical Hacking as a Career

    Contact at

    http://www.infysec.com/training/courses/certified-ethical-cracker

  45. MTS to MOV Converter is a powerful and easy-to-use MPEG to AVI converter, which enables you to effortlessly convert MTS to AVI, MTS to MPEG, MTS to MP4, MTS to 3GP, MTS to WMV, MTS to RM, MTS to RMVB, MTS to FLV(flash), MTS to VCD/SVCD/DVD, MTS to iPod MP4, MTS to PSP MP4 and so forth with high quality. It supports adding watermarks,subtitles to the videos.
    MTS to MP4
    MTS to WMV
    MTS to MPG

  46. kalau virus yang merusak linux sepertinya mustahil, tetapi bisa jadi mungkin. karena sulitnya dan ribetnya sistem linux.

  47. Terima kasih gan atas informasinya, sudah beberapa hari ini saya mencari informasi ini, ini sungguh sangat membantu saya . mulai sekarang saya akan bookmark blog ini agar saya bisa kembali dan melihat informasi yang terbaru.
    mungkin agan atau pengunjung blog agan juga membutuh kan infomasi dari saya, silahkan liat artilek saya yang sangat Mohon kunjungi website kami
    http://www.168sdbet.com
    Terima kasih

  48. saya masih pake windows gan.. soalnya dah terbiasa,, kalau mau beralih ke linux.. mungkin geleng2,, ga tau,, dan harus lama menyesuaikan lg. hehehe

  49. I have been exploring for a little bit for any high quality articles or blog posts on this sort of area . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this website. Reading this info So i’m happy to convey that I have a very good uncanny feeling I discovered just what I needed. I most certainly will make certain to don’t forget this website and give it a glance regularly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *