ISP : Fix Your Bloody DNS

Sedikit penjelasan; ISP = Internet Service Provider, penyedia layanan akses Internet kita.
DNS = Domain Name System, yaitu layanan dari ISP yang memungkinkan kita untuk mengakses berbagai website – seperti google.com, yahoo.com, dll.

Sekilas cara kerja DNS : ketika kita mengetikkan (misalnya) google.com di browser, maka browser akan menghubungi DNS milis ISP. DNS server kemudian akan memberikan alamat (IP address) yang sebenarnya dari google.com. Yah, seperti alamat rumah nya lah. 🙂

Nah, bermodalkan dengan alamat (IP address) tersebut, maka kemudian browser akan menghubunginya. Jika alamatnya benar, maka akan tersambunglah koneksi dengan server Google. Dan dengan cepat kita segera bisa menikmati berbagai layanan dari situs Google.com di browser kita.

OK, sejak beberapa waktu yang lalu, beberapa kali saya membantu beberapa kawan-kawan untuk memindahkan situs-situs mereka ke server saya. Kebetulan saya memiliki beberapa server di luar negeri untuk private customers. Jadi dengan senang hati saya bantu sebisa saya.

Ada yang servernya overload karena situsnya terlalu populer, sehingga saya pindahkan ke high-capacity server saya. Kini sudah berjalan dengan sangat cepat (testing terakhir : situsnya bisa diakses dalam waktu setengah detik).

Ada lagi yang pindah karena server lamanya bermasalah. Sepanjang hari down, dan lalu sesekali bisa muncul. Tentunya ini sangat menyebalkan bagi pengunjung situs tersebut. Kini sudah selesai  dipindahkan ke server saya, dan situsnya sudah up & running lagi.

Namun, semuanya mengalami masalah yang sama; yaitu ketika baru pindah, customer mereka pada protes bahwa “situsnya kok BELUM pindah ??”

Hah ?

Tentu saja kita jadi bingung.
Lha sudah jelas situsnya sudah di server saya, dan sudah bisa kita akses dari browser kita. Kenapa dibilangnya belum pindah ya ?

Ketika ini pertama kali terjadi lumayan membuat pusing juga. Berbagai setting di server kita cek. Tapi semuanya sudah benar. Tapi, kenapa customer tetap tidak konek ke server yang baru ?

Ternyata, ini semua karena DNS nya beberapa ISP …………..!

Jika Anda sempat membaca sekilas penjelasan mengenai DNS di awal posting ini, tentu akan menyadari bahwa setiap harinya ada banyak pelanggan ISP, dan masing-masing mereka setiap harinya browsing ke banyak situs = ada banyak sekali akses ke DNS server milik ISP ybs.
Nah, untuk mengurangi beban, maka kebanyakan DNS server melakukan caching – yaitu menyimpan data-data alamat dari berbagai situs di memory. Dengan demikian, maka DNS server nya bisa memiliki performa yang optimal.

Setiap DNS server memiliki setting cache yang berbeda. Ada yang menyimpan alamat situs selama 1 hari, sebelum melakukan refresh. Ada yang refresh rate nya adalah 1 jam. Ada yang refresh rate nya beberapa jam.

Sialnya bagi kami, beberapa ISP besar ternyata men set refresh rate DNS server mereka selama 1 minggu …….. !

Hasilnya bisa ditebak – customer yang menggunakan ISP besar tersebut tetap diarahkan ke server situs yang lama.
Karena DNS server ISP nya masih menyimpan alamat situs yang lama, yang jelas sudah basi. 1 minggu gitu lho.

Alhasil, selama 1 minggu, kawan saya tersebut terpaksa menebalkan kupingnya, dimarahi oleh para customernya. Padahal, dia tidak salah apa-apa.  :) 
Hehehe… nasib

Yang terakhir kemarin ini adalah sebuah situs yang cukup dikenal masyarakat yang juga pindah ke salah satu server saya. Setelah pindah dan semuanya kita test berjalan ok, lalu dilaporkan oleh tim IT nya ke manajemen mereka.
Oleh manajemennya dicoba dibuka. Lha, ternyata masih membuka situs di server yang lama.

Kontan saja tim IT nya kena semprot 😀

Sambil menahan tawa (kasihan), saya mencoba menjelaskan duduk perkaranya. Alhamdulillah bisa dipahami oleh ybs. Walaupun jelas dia kebingungan tentang bagaimana caranya dia akan menjelaskan ke manajemen.

Tentu akan sulit sekali menjelaskan bahwa kesalahan ada di ISP mereka – perusahaan dengan revenue milyaran rupiah setiap bulannya !
Bisa-bisa malah kena semprot lagi oleh manajemen, karena dikira mengada-ada 🙂

Karena itu saya membuat posting ini, untuk membantu menjelaskan situasi tersebut.
Kesalahan bukan di pihak Anda, namun pada ISP Anda. Kontak ISP Anda, dan tuntut mereka untuk membetulkan DNS servernya. Jelaskan bahwa Anda menuntut untuk soal ini di eskalasi sampai ke level engineer & manajemen dari ISP ybs.

Bukan apa-apa, melakukan caching DNS selama 1 minggu mungkin relevan di zaman dulu, ketika server masih lambat. Bandwidth masih luar biasa mahal. Dst.

Tapi, sekarang ? Rp 4 jt saja sudah dapat server dual-core dengan RAM berukuran ribuan megabytes. Sudah jauh sangat mampu untuk melayani request DNS dengan baik. Bandwidth yang diperlukan untuk melakukan refresh juga sudah jauh lebih murah harganya.

Kalaupun mau caching, maksimum 1 hari saja.  Jangan sampai lebih.
Karena ini sudah menyangkut hajat hidup orang banyak. 

Ya, siapa sangka. Internet kini sudah menjadi hajat hidup banyak orang 🙂

So ISP, if you still cache for more than 1 day – Fix Your DNS !  People are suffering because of it.

NB: jika DNS server ISP Anda bermasalah, sambil menunggu mereka membereskannya, Anda bisa menggunakan DNS server milik AWARI. Yaitu 203.34.118.10 dan 203.34.118.12

Terimakasih banyak kita ucapkan kepada kawan-kawan di AWARI, yang telah menyediakan layanan ini tanpa biaya untuk kita semua !

432 thoughts on “ISP : Fix Your Bloody DNS

  1. Huuhuhuu sapa tuch ISP yg msh pake cache 1 minggu,
    hari gini gitu Lho 😉
    Mang kek’y ISP gede udah terlalu nyAman dgn banyak’y jumlah pelanggan, kalo msh sdikit yg komplain ya No problem ;(

  2. Selain menggunakan punya AWARI, bisa juga menggunakan OpenDNS http://www.opendns.com, 208.67.222.222 dan 208.67.220.220. Sudah saya gunakan sejak sebelum AWARI menyediakan server DNS gratis. Punya kantor lelet setengah mampus.

  3. iya memang kadang gitu pak. bete juga tuh!
    btw saya pernah coba ganti DNS ISP dengan DNS AWARI untuk warnet saya dirumah, katanya DNS itu sudah memblok situs2 yang tidak baik, memang sih bisa diblok tapi sayangnya aksesnya terasa sangat lambat. kenapa ya?

  4. memang openDNS masih jadi solusi untuk berinternet di Indonesia…klo pake DNS ISP pasti lama apdetnya…klo openDNS kita malah bs refresh sendiri 😀

  5. iya, ngapain juga harus caching 1 minggu? hari gini gitu loh 🙂

    dns awari masih gunakan openDNS untuk blocking database, sementara ini kita lagi kembangkan sistem agar kita sediakan sendiri segala sesuatunya. Sabar dikit teman2, karena kedepan kita usahakan agar semuanya di lokal-kan sehingga akses bisa lebih cepat.

    ID

  6. Pak, boleh tahu server2 dedicated (atau colo?) milik bapak di luar negeri menggunakan layanan dari siapa? Via email juga boleh. Saya lg mencari beberapa (ya, lebih dari 1) provider yang handal.

  7. untung koneksi flash saiia selalu ake open dns, jadi ga ngerasain hal begitu, coba pake defaultnya, bisa-bisa tiap pindah server nunggu 1 minggu baru kelar wkwkwkk…

  8. masih ada tooh mas yg cachingnya sampe 1 minggu (-:… bagusnya juga niih bikin posting terbuka agar si ISP bisa ambil Tindakan dan Update donk bos masa hari gini masih aja chacenya 1 week 😛

  9. Dah nyoba DNS-nya AWARI. Menurut gue sih oke sebagai alternatif. Tapi sayang, blog saya nggak bisa diakses kalau pake DNS tsb. Hik..hik..hik

  10. wah..nendang nih infonya….sip….!!!!salam kenal mas..baru pertama kesini nih….hehhehe

  11. Iya nih mas harry, domain gratisan .co.cc saya di DNS Ind*s*t selalu diarahkan ke 000webhost, padahal kalau pake dns awari maupun opendns sudah bener. Apakan ISP ini juga nge-cache dns berminggu-minggu juga?

  12. This post is nice and unique but that comment is so funny. DNS-nya Menurut gue sih oke sebagai alternatif sayang, blog saya nggak bisa diakses kalau pake DNS tsb. wah..nendang nih infonya….sip….hehhehe What are things i don’t about it. it is really imagine.

  13. Beberapa hari yang lalu, ada client hosting saya juga yang agak bingung setting DNS. Sebenernya sih salah setting aja. Dia udah beli domain di suatu layanan web hosting. Kemudian karena saya beri layanan hosting gratis di Hosting Paling Murah, dia hostingnya pindah ke hosting saya. Saya beri tahu bahwa dia harus ganti DNS sesuai alamat yang saya kasih.

    Karena kasih tahunya via YM, ternyata si teman saya ini salah ketik mungkin. Jadi udah nunggu 2 hari, website domainnya belum juga bisa diakses. Lama juga dia nanya-2 kenapa udah 2 hari belum bisa konek. Saya bilang, normalnya 2 hari pasti udah jalan.

    30 menit kemudian, dia bilang ternyata dia yang salah input. Hahaha.

  14. mantabs infonya.
    Klo server DNS ISP belum di-refresh trus kita ganti ip dns yang diberikan dari ISP dengan dns lain misalnya openDNS, bisa gak ya?

  15. wah makasih info alternatif DNS nya mas. DNS speedy sering ngadat kl buka blog

  16. @All – wah, tidak sangka ternyata topik ini relevan dengan banyak orang ya 😀
    .
    Berarti masalahnya memang cukup banyak terjadi di lapangan.
    .
    Tahu2 sudah kebanjiran komentar disini. Saya coba balas dulu sebisa saya.
    Trims.

  17. @Pengunjung – saya berpindah2, tergantung dari kualitas datacenter ybs.
    .
    Pada saat ini saya sedang menggunakan Softlayer.com, VolumeDrive.com, dan iWeb.com

  18. Tapi bukankah DNS itu server yang kerjanya paling berat pak harry secara (halah secara…) dia yang digebuk user pertama kali ketika mau konek ke sebuah situs? saya pakai telkom (termasuk speedy) rasanya DNS telkom lambat. lha dicache aja lambat apalagi enggak. atau justru bottleneck di I/O ya?

    Ngeliat OpenDNS jadi kepikiran kalau ada penyedia freeDNS yang handal tapi mesinnya di IIX saja. lha kalau resolve harus keluar rasanya kejauhan.

  19. @sumodirjo – DNS itu adalah salah satu protokol yang paling ringan & optimized 🙂 saya tahu karena kebetulan sempat dapat tugas mengurusi soal ini di kantor yang lama. Sempat mengalami masa2 transisi dari Bind 8 ke 9, dan segala suka dukanya. Dan ini dengan hardware yang JAUH lebih lemot daripada hardware saat ini.
    .
    Ada banyak cara untuk membuat DNS jadi bagus performanya. Kalau masih lemot juga, saya tidak keberatan sih diminta tolong untuk membantu meningkatkan kecepatannya, hehe.
    .
    Free DNS yg di IIX — silakan bisa coba DNS nya Awari, seperti yang tercantum di posting ini 🙂

  20. blog saiia udah berkali2 di update, tapi cache yg keliatan masih postingan lama, te*k*msel emang kacau dah :((

  21. Mas Sufehmi, saya juga mo komplain tuh ama indosat broadband. Masak sih akses cctv via internet kadang gak bisa, pas saya coba pake telkomnet instan ama speedy eh bisa.
    Iklan di blog saya juga kalo saya akses pake indosat kadang muncul kadang gak. Cabe deh….

  22. kang servernya ini bayar atau gak ya ???

    kang klu mau mendirikan ISP sendiri di Papua butuh dana berapa bnayk ya ??? saya mau buka usaha akses internet tanpa batas neh.apa aja ya yang dibutuhkan ???

    tolong kunjungi blog saya ya
    http://zicoe1985.blogspot.com/

    atau kirim lewat email saya aja biar lebih jelas saya bacanya.makasih banyak kang

  23. @the admins – eh maaf, itu bukan DNS saya 🙂 tapi miliknya AWARI 🙂
    .
    Yuk kita sama2 terimakasih kepada mereka.

  24. waduh, gue ngalamin yang sama nih..
    CSS gue udah 2 hari nyangkut, udah gue update terus via FTP tetep aja tampilannya yang lama.

    gue pake si merah nih, om – apakah sama dengan ISP yang diomongin di sini? :d

  25. Saya pakai ind*sat..Pastesan setiap saya mengunjungi situs .co.cc selalu dibawa ke 000webhost selama beberapa hari sama seperti komen no 14.
    saya kira browser saya yg bermasalah, soalnya temen saya tidak masalah mengunjungi .co.cc. ternyata ISP yg saya pakai penyebabnya. Thank’s infonya mas, membantu sekali.

  26. makasih mas.. saya tuh katrok banget soal ini (maklum IRT) jadi pas Indosat M2 ngadat cuma bisa nangis2… karena sakaw gak bisa online… alhamdulillah nemu website ini …
    makasih ya mas…

  27. Wah sudah ada free DNS di indonesia toh, duh ketinggalan kereta gw…
    Bener gan, ISP sini mm payah…
    Gini aja, kalo kita diomel-omelin sama client, ya ganti kita telpon tuh cs ato support, ganti kita omel-omelin juga..
    Biar adil hehehehe…

    Nais info gan…

  28. infonya menarik, entar dicoba soalnya aq make koneksi indosat juga yg suka ngadat 🙂

  29. >Sialnya bagi kami, beberapa ISP besar ternyata men set refresh rate DNS server mereka selama 1 minggu …….. !

    Maksudnya, si caching DNS mengoverride TTL (menjadi lebih lama)?

    >Kalaupun mau caching, maksimum 1 hari saja. Jangan sampai lebih.
    >Karena ini sudah menyangkut hajat hidup orang banyak.

    Override TTL juga (menjadi lebih singkat)?

    Caching yang standard mengikuti durasi sesuai TTL dari DNS master. Jika tidak dioverride, lama atau sebentar murni diatur keinginan pemilik domain.
    Btw, saya cek ns2.indosat.com mengoverride “cuma” 4 hari.

  30. >Btw, saya cek ns2.indosat.com mengoverride “cuma” 4 hari.

    Sori salah liat.
    ns2.indosat.com ga ada mengoverride SOA data dari DNS master. refresh, expire dan min-ttl nya ga berubah.

  31. dns iki opo to, pakanan opo gethuk to, aku iki ora mudeng, mbok yo aku dikasih tau bung harry, lho wong aku iki sekolahe cuma stmj tok, bagiane mung narik kabel. blognya bung harry enak di baca, sambel karo bumbune opo bung…salam blogger.

  32. Terima kasih infonya mas harry.
    Saya pengguna baru telkomselFlash, tetapi kenyataan tidak seperti yang di janjikan. Saya masih heran kenapa telkomselflash tetap menggunakan dns punya indosat. setiap kali melakukan koneksi menggunakan umtsmon, file /etc/resolve akan berubah isinya menjadi:
    nameserver 202.155.46.66
    nameserver 202.155.46.77

    Inikan DNS server punya Indosat, pantes saja yang bisa konek hanya ke indosatm2.com, ga bisa ke web yang lain.
    Gmana mas harry, ganti DNS secara manual untuk koneksi di ubuntu. dah diganti manual tetapi berubah terus… bingung dah …

  33. @farid – halo mas, silakan pilih menu System – Preferences – Network Connections
    .
    Lalu klik di settingan koneksi Telkomsel Flash, dan klik tombol Edit.
    .
    Di tab “IPV4 Settings”, pastikan opsi “Method” adalah “Automatic DHCP Addresses Only”
    .
    Lalu silakan isikan DNS server yang diinginkan. Atau gunakan DNS Awari, seperti yang dicantumkan di posting ini.
    .
    Semoga bermanfaat.

  34. Mas Hary, atau siapa saja

    saya punya problem Face Book saya ngadat di laptop saya,gak mau dibuka, padahal kalau dibuka di tempat lain (warnet dll) tidak ada masalah. ketika dibrowsing FBnya hanya sampe halaman depan sebab ketika dimasukkan user name dan paswdnya dia gak mau lanjut.

    Saya sdh mengatasinya dg menghapus cookies, history dsb tapi tetap aja ngadat. Saya juga nyuruh teman buka FBnya di laptop saya, hasilnya sama, ngadat. saya juga nyoba ngntak Pusat Bantuannya FB tapi jawabannya bukan jawaban teknis. saya Bingung dibuatnya.

    Tolong dong, gemana ngatasinya, masak sih saya harus nginstall ulang windows saya.

    Oya saya menggunakan Windows XP SP2, utk browsing sy gunakan Fire Fox, Google Chrome, Opera dan tentu sama IE, makinya gonta ganti ato kdang2 bersamaan. ditambah dg tools2 seperti hematnet, faster fox dsb. utk sedikit mempercepat lajunya.

    Saya menggunakan jasa IM2 broom unlimited 100 ribuan, jalannya lelet, tapi saya puas2kan karena kemampuan saku saya memang segitu.

    Sedang hardware, sy pake laptop axioo Intel Core2D dan Modem Sierra Wirelless 881U

    Selanjutnya:

    Mas Harry dulu pernah menyediakan layanan Percepat Internet, yg terkenal dg Browsing Internet 10x lebih Cepat dan Stabil, tetapi belakangan, sebelum sempat saya nikmati, saya mendapat email yg isinya layanan tersebut dihentikan karena ada yg memanfaatkanny utk kejahatan.

    Pertanyaan saya apakah layanan itu sampai sekarang masih di off kan? Gemana solusi menambah kecepatan di IM2 broom unlimited

    Terima kasih, saya sangat membutuhkan bantuannya.

  35. mas harry, saya punya masalah yang mirip tapi kemungkinan ga sama persis.

    saya amati dari dulu ada beberapa website yang ga pernah bisa diakses lewat Telkomsel Flash (misalnya bitdefender.com, dan beberapa situs2 lainnya). Di Firefox tulisannya “can’t find server at http://www.bitdefender.com“. Saya ping juga ga bisa (ga ketemu).

    Tapi saya cek IP nya di http://baremetal.com/cgi-bin/dnsip ketemu (66.40.145.26). dan saya buka di http://66.40.145.26/ bisa.

    Gimana ya cara ngakalinnya? kayanya DNS nya ga lengkap gitu kesannya.

  36. @studuatiga – ya, DNS berbagai ISP sering bermasalah, seperti yang saya tulis disini.
    .
    Solusinya, coba gunakan DNS Awari saja. (tercantum di artikel ini)
    .
    @arya – masalahnya lumayan aneh juga ya… pengalaman saya, kejadian seperti itu biasanya karena ada semacam trojan di komputer. Solusinya, sayangnya, ya hanya install ulang Windows.
    .
    Ya, server / layanan Internet Cepat itu sampai sekarang masih off. Saya masih belum menemukan cara untuk mencegah layanan tersebut dari penyalah gunaan.
    .
    Karena ketika disalahgunakan, saya yang kena getahnya. Apalagi sekarang soal CyberCrime di Indonesia sudah ditangani serius oleh polisi. Bagus sih, cuma tentu saja saya tidak mau jika saya kena getahnya.

  37. Makasih mas hary, saya sdh nemukan akar masalahnya, ternyata dia bermasalah sama proxynya.

    Tadinya sy juga sdh mulai mbackup file2 penting untuk persiapan instalasi windows, tapi tiba-tiba sy berubah fikiran dan mencoba trik di bawah ini dan berhasil, waaah gembira sekali rasanya.

    1) sy install ulang semua browsing, kecuali IE.
    2) sy masukkan froxy 212.93.193.72 port : 443 (Arab Saudi punya). di Mozila FF.
    3) sy masukkan froxy 193.37.152.216 port: 3128, (Germany punya ) pada Opera

    Hasilnya Facebook tidak bisa berjalan di Mozila , sedangkan pada Opera bisa jalan dg normal.

    Kemudian sy tukar lagi froxy yg di Mozila FF ke Opera ternyata hasilnya sama, bahwa froxy yg arab punya menjadi biangnya. Padahal kecepat froxy ini lumayan juga

    Hanya saja khusus utk froxy yg jerman punya rupanya itu proxi milik pengelola situs porno, karena selalu memunculkan gambar porno di beberapa celah situs yg kita buka.

    Saya berharap jika ada komentar utk perilaku kedua proxy tsb

    Terima kasih mas harry, pikiran2 Anda dibutuhkan untuk pencerdasan kita semua.

  38. Manage DNS, dengan metode ini kita dapat memasukkan nama server dari hosting yang kita pakai.
    jadi lebih terlihat profesional karena alamat hosting yang asli akan tertutup dan selanjutnya
    akan digantikan oleh namaanda.com (mis Domain)
    kalo mau tahu lagi tentang manajemen DNS submit aja ke
    mr-amateur.co.cc bagian tips-triknya…

  39. Manage DNS, dengan metode ini kita dapat memasukkan nama server dari hosting yang kita pakai.
    jadi lebih terlihat profesional karena alamat hosting yang asli akan tertutup dan selanjutnya
    akan digantikan oleh namaanda.com (mis Domain)

    kalo mau tahu lagi tentang manajemen DNS submit aja ke
    mr-amateur.co.cc bagian tips-triknya…

  40. makasih ya mas info-a…
    saya mau nanya…
    kalo disuatu server web terlalu banyak website yang hosting…
    apa berakibat loading server itu jd lambat??
    terus hosting yg bagus itu dmana mas??
    makasih y mas…

  41. cache gmn caranya yah? makasi 🙂 mw provider mana aja pake DNS ini tetep jalan kn?

  42. @Belajar SEO – saya pernah kejadian di salah satu server saya sendiri (saya ada perusahaan webhohsting juga), masih sedikit customernya tapi sudah lambat.
    Ketika itu server tersebut paling baru berisi sekitar 10 customer.
    .
    Ternyata, ada salah satu customer yang mendadak situsnya populer 🙂
    .
    Akibatnya, server tersebut sempat down karena kebanjiran traffic.
    .
    No problem, kami kemudian optimize server tersebut. Tidak lama kemudian, server tersebut kembali berjalan dengan lancar.

  43. Saya ambil kesimpulannya Teori bekerja DNS

    Pengelola dari sistem DNS terdiri dari tiga komponen:

    1. DNS resolver, sebuah program klien yang berjalan di komputer pengguna, yang membuat permintaan DNS dari program aplikasi.
    2. recursive DNS server, yang melakukan pencarian melalui DNS sebagai tanggapan permintaan dari resolver, dan mengembalikan jawaban kepada para resolver tersebut;
    3. authoritative DNS server yang memberikan jawaban terhadap permintaan dari recursor, baik dalam bentuk sebuah jawaban, maupun dalam bentuk delegasi (misalkan: mereferensikan ke authoritative DNS server lainnya)

    thanks before…

    Semoga bermanfaat.

    Salam dari kami :
    KOMUNITAS PELAJAR ILMU KOMPUTER INDONESIA

  44. wew 1 minggu? sapa tuh? -matida-
    bukannya 2hari resolve DNS itu sudah terlalu lama? ini malah 1 minggu refresh cachenya huuuu… payah…
    Gan kalo pake A record untuk ngatur settting domainnya apa juga nunggu DNS yg kita pake refresh baru nyambung?

  45. Apa itu DNS? Suatu Server yang digunakan untuk me-resolve atau menerjemahkan suatu nama domain ke IP dan sebaliknya.
    Mengapa memakai Open DNS? Karena Open DNS mempunyai banyak kelebihan.
    Kelebihan Open DNS.
    1. Menangani permintaan client dengan sangat cepat
    2. Dapat memblokir situs-situs yang diinginkan lewat pengaturan IP-Public.
    3. DLL
    Kesimpulan OpenDNDS dapat mempercepat akses internet dengan kelbihan yang dimilikinya.
    Bagaimana caranya memakai open DNS? Coba anda daftar di http://www.opendns.com
    Kemudian setting IP anda…. dengan preffered DNS 208.67.222.222 Alternate DNS 208.67.220.220
    Selamat Mencoba….

    Salam dari kami :
    KOMUNITAS PELAJAR ILMU KOMPUTER INDONESIA

  46. Iya nech, sering nggak refresh klo pake koneksi ISP langsung, pake openDNS langsung bisa. Wah ini perlu dicoba juga punya AWARI.

  47. info yg bagus dan berguna sekali, semoga membantu pencerdasan bangsa, tp yg plg penting bgm tehnologi informasi tsb berharga semakin lbh terjangkau, shg semakin lbh byk lg yg bisa mendapatkan info2 berguna spt ini shg percepatan pencerdasan itu dpt terjadi,thx

  48. aduh jadi nambah ilmu tentang DNS nih, dikampuz pernah diberi materi tentang DNS tapi masih bingung, sekarang aja masih bingung :((

  49. masih ada tooh mas yg cachingnya sampe 1 minggu (-:… bagusnya juga niih bikin posting terbuka agar si ISP bisa ambil Tindakan dan Update donk bos masa hari

  50. harus nya kita lbh meningkat kan antisipasi terhadap bencana alam,tp semua itu yg di atas aja yg mengatur ya…kita pasrah diri kepada sang pencipta…

  51. Sampai sekarang masih tetap di cache. Payahnya, kalau pake OPEN DNS terkadang masih belum keupdate. Ada saran?

  52. sebenarnya, kalo situs kita pindah ke server lain, berarti domain harus menunjuk ke ns server yang baru, itu normalnya diperlukan 2×24 jam, biasanya solusi saya ke client untuk dapat melakukan akses melalui IP Address dulu,..dan solusi untuk dapat refresh dengan cepat, biasanya si pemilik hosting server sudah dapat mengatasi masalah dns server dengan merubah level TTL menjadi 3300 dari normalnya 86400, itu semua dapat diatur di edit DNS zone- WHM , kalo itu sudah dilakukan dengan bener, dalam waktu 0.5-1 jam, situs itu sudah bener2x pindah di server yg baru.., saya biasa melakukan ini..karena kalo client mau pindah hosting kesaya rata2x bawel dan maunya situsnya dapat diakses secepatnya di server yg baru dan tidak mau melalui IP Address

  53. ketinggalan satu lagi ney…abis di ubah TTL nya , jangan lupa 5 hari kemudian dirubah lagi ke ukuran sebenarnya.., itu sih urusan si pihak hosting bukan anda :), jadi menurut hemat saya,..lain kali pihak IT Perusahaan kalo bingung ditanya managemen kenapa masih DNS yg lama, bisa langsungg meminta ke pihak hosting site untuk menurunkan ttlnya dulu supaya DNS yang baru bisa diakses dengan cepat.

  54. Saya juga pernah mengalami punya serve yang sering down.
    Karena belum pengalaman saya biarin saja sampai berlarut larut , maklum gratisan.Akhirnya dapat Hosting yang handal dari luar.
    terima kasih atas informasinya pak,thanks.
    Bisnis rumahan

  55. Great information is wish my indonese language was a bit better, to me it seams as hard to learn as Croatian, which i am currently struggling with.

  56. Davetiye

    Investor biasanya tidak terlalu masalah – dia masih bisa mencoba usaha lainnya lagi di tempat yang berbeda. Tapi bagi para pegawainya, di zaman krisis seperti ini, belum tentu akan langsung bisa mendapatkan pekerjaan lagi.
    Ada banyak orang lulusan S1 ataupun S2 sekalipun yang tetap saja tidak berhasil mendapatkan pekerjaan untuk menafkahi keluarga mereka.

  57. davetiye

    Investor biasanya tidak terlalu masalah – dia masih bisa mencoba usaha lainnya lagi di tempat yang berbeda. Tapi bagi para pegawainya, di zaman krisis seperti ini, belum tentu akan langsung bisa mendapatkan pekerjaan lagi.
    Ada banyak orang lulusan S1 ataupun S2 sekalipun yang tetap saja tidak berhasil mendapatkan pekerjaan untuk menafkahi keluarga mereka.

  58. davetiye
    Investor biasanya tidak terlalu masalah – dia masih bisa mencoba usaha lainnya lagi di tempat yang berbeda. Tapi bagi para pegawainya, di zaman krisis seperti ini, belum tentu akan langsung bisa mendapatkan pekerjaan lagi.
    Ada banyak orang lulusan S1 ataupun S2 sekalipun yang tetap saja tidak berhasil mendapatkan pekerjaan untuk menafkahi keluarga mereka.

  59. Arya Software Solutions is premier IT Service provider based in Navi Mumbai, India. We provide all type of software services like software development, website design and development,domain registration,web hosting,search engine optimization.

    Online MLM Software

  60. ha.. ha…!
    akhirnya aku tahu sedikit masalah dns dan isp, maklum bukan orang it..
    thanks ya mas Harry..
    btw, kok mas Harry baik banget sih mau berbagi server, boleh dong saya ikutan..

  61. I had massive problem with DNS by my provide, so i decided to make a list of open DNS provider, which is also nice when you are travelling, then you dont have to change DNS all the time in Outlook.

  62. waduh, gue ngalamin yang sama nih..
    CSS gue udah 2 hari nyangkut, udah gue update terus via FTP tetep aja tampilannya yang lama.

    gue pake si merah nih, om – apakah sama dengan ISP yang diomongin di sini? :d

  63. Wow, this is the first time I have used Google translate to read a foreign language page, very interesting.

  64. Who is actually assigning the DNS addresses to the ISP’s is i done by national supervisory unit, or can ISP decide them selves?

  65. Let’s take the instance where things are just not going well at all. You don’t have to if you don’t want to. When you sit down with it, what’s the purpose.

  66. iya memang kadang gitu pak. bete juga tuh!
    btw saya pernah coba ganti DNS ISP dengan DNS AWARI untuk warnet saya dirumah, katanya DNS itu sudah memblok situs2 yang tidak baik, memang sih bisa diblok tapi sayangnya aksesnya terasa sangat lambat. kenapa ya? Mucing

  67. terima kasih atas ilmunya, maklum bukan bidang saya jadi kurang ngerti juga padahal sudah dijelaskan dengan sangat jelas
    thanks ya om pak admin

  68. artikel yang bagus nih, btw anyway, boleh kagak saya copas lalu saya terjemahin dalam bahasa blog saya 😀
    boleh ya pak admin, pleaseeeee

  69. mungkin memang harus pake IP DAN dns YANG berbeda kali supaya koneksi makin siiip…. thanks infonya

  70. Waduh, gue ngalamin yang sama nih..
    CSS gue udah 2 hari nyangkut, udah gue update terus via FTP tetep aja tampilannya yang lama.

    gue pake si merah nih, om – apakah sama dengan ISP yang diomongin di sini? 😀

  71. Artikel yang sangat membantu saya, terima kasih yah, tambah terus artikelnya yang bermutu. thanks

  72. hehehe, koq saya baru tahu ni artikel ya. napa gak dari dulu-dulu? hhfffff kan kalo gini tahunya telat, tapi gapapa lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. makasih mas infonya. skg jadi lumayan tahu masalah DNS dan temennya atu lagi tuh namanya siapa? oiya ISP

  73. Thanks to your information. Will always go back to visit this site for additional updates.

  74. jadi pengaruh setting DNS dari ISP mempengaruhi lama ato tidaknya terdeteksi.
    jadi rekomen ISP yg bgs apa donk…

  75. interesting article, I really liked your article. I will keep visiting to read your article quality. if you’re willing I hope you can visit my blog. I am very excited to read and read your article. from your loyal fans.Tika

  76. Thanks to your information. Will always go back to visit this site for additional updates.

  77. memang harus diakui internet bagaikan kebutuhan primer terlebih bagi mereka yang bekerja secara online itu adalah satu hal yang wajib.

  78. Makasih atas infonya mas Harry…ntar kalo over capacity boleh minta bantuan mas Harry ya…

  79. Nice post having excellent contents.I have been searching for this type of posts.Thanks a lot.Keep up the good works.

  80. nice article and i really enjoy the site i visit this site first time and good information are give us

  81. Happy to find this post. Its a very useful post for me, as it contains lot of information. I always prefer to read the quality content and this thing I found in you post.

  82. Happy to find this post. Its a very useful post for me, as it contains lot of information. I always prefer to read the quality content and this thing I found in you post.

  83. The blog was absolutely fantastic! Lot of great information which can be helpful in some or the other way. Keep updating the blog,looking forward for more contents…Great job.

  84. I want to congratulate you on some nice posts. You have excellent contents.I have been searching for this type of posts.Thanks a lot.Keep up the good works.

  85. Great information is wish my indonese language was a bit better, to me it seams as hard to learn as Croatian, which i am currently struggling with….

  86. DNS dari Awari itu apa masih berlaku sob??segera dicoba, siapa tahu bisa mempercepat koneksi inet saya yang super lambretta ini

  87. Lengkap banget penjelasannya, memang jaman sekarang internet sudah menjadi kebutuhan utama, apalagi yang nyari duit pasti dah selalu nongkrong di Internet

  88. I just have to say, I enjoy reading your post. Maybe you could let me know how I can bookmark this? I feel I should let you know I found your page through yahoo.

  89. Reading this has clarified so much for me. I have had this problem before and had no idea why. Sometimes if I look at websites n my work computer they are different to when I look at them on my home computer but now it all makes sense!

  90. mau nanya mas…
    saya pakai modem UMG181 n paket tsel unlimited. dapat sinyal 3G n speednya 7.2mbps, tp koq kecepatan download cm 7kb/s… modemnya yang jelex ato gmn mas? tks

  91. The blog was absolutely fantastic! Lot of great information which can be helpful in some or the other way.Keep updating the blog, looking forward for more contents…Great job, keep it up..

  92. Great information is wish my indonese language was a bit better, to me it seams as hard to learn as Croatian, which i am currently struggling with….

  93. Thanks for sharing these wonderful comic videos with us. they are really funny. will look after for some more updates.

  94. It’s really a nice and helpful piece of information. I’m glad that you shared this helpful info with us. Please keep us informed like this.

  95. makasih mas atas info yg sangat bermanfaat dan menambah wawasan ini. Terus posting yg bagus dan saya tggu posting selanjutnya mas.

  96. I am very glad that I find your regular post here. Which seems to be very important and it made good time pass for me. I will always give a nice thrust look in to you from my bookmark feed.

  97. Could not be written any better. Reading this post reminds me of my old room mate! He always kept talking about this. I will forward this post to him. Pretty sure he will have a good read. Thanks for sharing!

  98. Your post is really good providing good information.. I liked it and enjoyed reading it. Keep sharing such important posts.

  99. Resources like the one you mentioned here will be very useful to me! I will post a link to this page on my blog if you don’t mind! Because I am sure my visitors will find that very useful!

  100. Very nice and helpful information has been given in this article. I like the way you explain the things. Keep posting. Thanks..

    A silver eagle monster box is the box containing 25 plastic coils; each tube contains 50 silver eagle coins. http://vaultwholesale.com sells coins that are at par with the American dollars and can be sold at the same market price.

  101. Sharing yang bagus. Walaupun saya newbie, tapi saya membaca sampai selesai. Dan terima kasih atas ilmu yang telah mas Harry bagi.

  102. If you are one of those who wish to reduce fat in some parts of your body then http://www.5thavesurgery.com/ is the best place you can come to. They have the best technique that is Zeltiq NYC, which uses excess cooling temperature to kill your body fat.

  103. Nice blog friends i have something for you nice site if you are having a holiday tour in your mind .This Accommodation is the place you want to be in it has exciting things and great service providers .

  104. Hi, there is something i want to share with you for everyone looking for a great Holiday destination i had one for you . Check out this site it has very attractive and beautiful place. It will give you all that you looking for if you dreaming to have a great holiday for yourself.

  105. Nice blog friends i have something for you nice site if you are having a holiday tour in your mind .This Accommodation is the place you want to be in it has exciting things and great service providers .

  106. Hello there is a piece of information for you if you are interested in going to have vacation in your mind then. This site will offer you quite beautiful and has exciting things to offer in terms of beautiful scenes and comfort services . Hope you all like it.

  107. With Bros DVD to iPhone 4s Converter, you can free convert/rip DVD to iPhone 4S online and here guide you how to rip dvd to iphone 4S now!
    Note:DVD to iPhone 4S Converter has powerful editing functions like trim video, crop video, effect video, add watermark, etc.
    Enjoy your life with DVD to iPhone 4S Converter now!

  108. Precision has a great product line including ground perforators, punches blanks, punches ejectors, die buttons, economy ejector pins, punch blank close space, ejector components, punches pilot, tool blanks, core pins, stepped close space, punches stepped, EDM die blanks, perforators economy bevel-headed, nitride ejector pins. They offer all the products and services online at http://ppunch.com.

  109. mas harry ini kalau buat artikel kualitasnya pasti dijamin oke dan menguntungkan kita-kita para blogger nih……kalau kemarin sih gue taunya cuma kepanjangannya dns doang tapi sekarang……?

  110. With thanks just for posting this specific, It’s easily just what exactly When i was researching just for on yahoo. I’d a large amount moderately hear viewpoints at a guy, slightly than a company internet page, that’s why I favor blogs consequently drastically. Bless you!

  111. Waah Mantep Tenan Pak dhe !!!!!!

    Blog ini cukup ramai sekali , penataannya juga cukup bagus ditambah dengan artikel yang bagus pula , sungguh sangat sempurna !!! Salam Kenal !!!
    Jangan lupa berkunjung ke blog saya
    Terima kasih.

  112. This is a really good read for me, Must admit that you are one of the best blogger I ever saw. Thanks for posting this informative article.

  113. introduce,
    god my name, I’m from bali.
    This article really helped me 🙂 I became widespread knowledge.
    Thank you very much

  114. Horizon Therapy founded by Kim Randhawa, a psychotherapist in Leamington. She is mental health specialist Leamington or problems related to mental health like depression, mental abuse etc. Here you can get cognitive behavioral therapy Leamington at a very affordable price. Visit Horizontherapy and meet Kim Randhawa, She will help you in removing out from the problems. Fing Psychotherapist and couselling in leamington and U. K.

  115. I have learn some just right stuff here. Certainly worth bookmarking for revisiting. I surprise how much attempt you set to make the sort of magnificent informative site.

  116. Betpark – Betpark GiriÅŸ – Betpark Güncel Adres – Betpark Yeni GiriÅŸ – Betpark Güncel Adres

  117. Freebet Veren Siteler – Canli Bahis Siteleri – Canli Casino – Roulette – Güvenilir Canlı Bahis Siteleri

  118. Betpark – Betpark GiriÅŸ – Güvenilir Canli Bahis Sitesi Betpark – Betpark Promosyonları – Betpark Bonusları – Betpark Güncel GiriÅŸ – Betpark Yeni Adres -> http://bonusparki.com

  119. Betpark Canlı Bahis Sitesi Güncel Giriş Adresi İle Casino Ve Spor Bahisleri ile Daha Fazla Kazan!!!

  120. Betpark – Betpark GiriÅŸ – Betpark Bonus – Betpark Promosyon – Freebet Veren Siteler – Deneme Bonusu Veren Siteler – En iyi Bahis Siteleri – En Guvenilir Siteler – Kolay Para Çekilebilen Siteler – Canli Casino – Canli Bahis Siteleri Hepsi ve daha fazlası için ->http://bonusparki.com

  121. En iyi Bahis Siteleri – Freebet Veren Siteler – Deneme Bonusu Veren Siteler – En iyi Bahis Siteleri – En Guvenilir Siteler – Kolay Para Çekilebilen Siteler – Canli Casino – Canli Bahis Siteleri Hepsi ve daha fazlası için ->https://3eniyi3bahis.com

  122. Freebet Veren Siteler – Deneme Bonusu Veren Siteler – En iyi Bahis Siteleri – En Guvenilir Siteler – Kolay Para Çekilebilen Siteler – Canli Casino – Canli Bahis Siteleri Hepsi ve daha fazlası için ->http://bonusparki.com

  123. Betpark – Betpark GiriÅŸ – Betpark Bonus – Betpark Promosyon – Betpark Güvenilir Canli Bahis – Freebet Veren Siteler – Deneme Bonusu Veren Siteler – En iyi Bahis Siteleri – En Guvenilir Siteler – Kolay Para Çekilebilen Siteler – Canli Casino – Canli Bahis Siteleri Hepsi ve daha fazlası için ->http://bonusparki.com

  124. It’s fantastic that you are getting ideas from this post as well as from
    our argument made at this time.

  125. Hiya! Quick question that’s entirely off topic. Do you know how to make your site mobile friendly?
    My weblog looks weird when viewing from my iphone4.
    I’m trying to find a template or plugin that
    might be able to resolve this problem. If you have any suggestions, please share.
    Cheers!

  126. Hello there, You have done an excellent job. I’ll definitely digg it and
    personally suggest to my friends. I’m confident they’ll
    be benefited from this site.

  127. Wow, superb blog layout! How long have you been blogging for?
    you make blogging look easy. The overall look of your website
    is wonderful, let alone the content!

  128. I read this piece of writing completely on the topic
    of the difference of hottest and earlier technologies, it’s remarkable article.

  129. The prizes listed are for winners who decide on an annuity choice,
    paid over 30 years.

  130. I was very pleased to uncover this page. I need to to thank you
    for your time due to this fantastic read!! I definitely
    enjoyed every little bit of it and i also have you
    saved as a favorite to check out new things on your web site.

  131. I was recommended this blog by my cousin. I’m not sure whether
    this post is written by him as nobody else know such detailed about my difficulty.
    You are incredible! Thanks!

  132. The Centennial State is rapidly becoming a single of
    the most attractive markets for bettors and operators.

  133. Wow, marvelous blog layout! How long have you
    been blogging for? you made blogging look easy.

    The overall look of your site is magnificent, let
    alone the content!

  134. Does your site have a contact page? I’m having problems locating it but, I’d like to send
    you an e-mail. I’ve got some recommendations for your blog you
    might be interested in hearing. Either way, great blog
    and I look forward to seeing it improve over time.

  135. Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account
    it. Look advanced to far added agreeable from you!

    By the way, how can we communicate?

  136. Today, while I was at work, my cousin stole my iphone and tested to see if it can survive a 30 foot drop,
    just so she can be a youtube sensation. My iPad is now broken and she has 83 views.
    I know this is completely off topic but I had to share it with someone!

  137. Nice post. I was checking constantly this blog and
    I’m impressed! Extremely helpful information specifically the last part 🙂 I care for such info
    a lot. I was seeking this particular information for a very long time.
    Thank you and good luck.

  138. We’re a group of volunteers and opening a new scheme in our community.
    Your website offered us with valuable info to work on. You
    have done an impressive job and our whole community will be grateful to you.

  139. Hi, everything is going perfectly here and ofcourse every one is sharing information,
    that’s actually fine, keep up writing.

  140. Hi, after reading this amazing paragraph i am as well cheerful to
    share my know-how here with colleagues.

  141. I blog frequently and I seriously appreciate your content.
    The article has truly peaked my interest. I will bookmark your site and keep checking for new information about once a week.
    I subscribed to your RSS feed too.

  142. Spot on with this write-up, I honestly believe that this amazing site needs a
    lot more attention. I’ll probably be returning to see more, thanks for the info!

  143. When someone writes an article he/she maintains the idea of a user in his/her mind that how a user can be aware of it.
    Therefore that’s why this article is great.
    Thanks!

  144. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems
    as though you relied on the video to make your point. You
    obviously know what youre talking about, why throw away your intelligence on just posting
    videos to your blog when you could be giving us something enlightening to read?
    Earn CAKE through yield farming or win it in the Lottery
    AirDrop ShibaInu Coin
    You can open the box and get SHIB for free! A total of 4,
    420,866,489 SHIB will be distributed. Only active account with SHIB
    or ETH transaction can join AirDrop. You can earn SHIB with referral
    program.

  145. They are simply the principal reason why men are still alive and happy today.?????They remove pressure from the heart of those who embrace them because they give a kind of pleasant feeling that is heaven on earth.

  146. ??? ????????? ???????? ???????
    ???????? ????? ??????? ? ???, ??? ??????? ??????? ?? ?????
    ???? ???????? ????? ??? ????????????????
    ?????? ? ???????????? ????????, ?
    ????? ????? ?????? ???????????? ??????????? ??????????.
    ?????????? ???????? ?????? ? ??????? ????????? ???????????????? ????? ???????????.

    ??????????, ?????????? ????? ?????,
    ????? ??????????? ???????? ? ???????????.
    ??? ????????? ? ???? ??????? ? ?????

  147. When I initially left a comment I seem to have clicked on the -Notify me when new comments are added- checkbox and now whenever a comment is added I get 4 emails with the exact
    same comment. Perhaps there is a means you are able to remove me
    from that service? Thanks a lot!

  148. I blog often and I genuinely thank you for your content. The article has really peaked my interest.
    I’m going to bookmark your blog and keep checking for new details about once per week.

    I opted in for your RSS feed as well.

  149. I like the helpful information you supply in your articles.
    I will bookmark your blog and take a look at once more right here regularly.
    I’m slightly sure I will learn many new stuff
    right right here! Best of luck for the next!

  150. Generally I don’t read article on blogs, however I wish to say that this write-up very compelled
    me to try and do so! Your writing taste has
    been amazed me. Thank you, very great article.

  151. Hey just wanted to give you a quick heads up. The words in your article seem to be running off
    the screen in Internet explorer. I’m not sure if this is a format issue or something to do with internet browser compatibility but I figured I’d post to let you know.
    The style and design look great though! Hope you get the problem fixed
    soon. Cheers

  152. Over the following three weeks I despatched
    around 30 emails to the developer with lists of queries – some major, some
    very minor and specific to the layout of our site.

    After trying around at many hosted booking
    options for a paintball site client I chose the pro version of the booking calendar plugin as the value is a bargain and the look and layout superb.
    It has helped me to design a simple booking setup for my clients website.
    The quantity of help I acquired was amazing, quick responses that really helped me remedy
    a few of the issues I had. Very fast and useful assist too.
    On buying the Hotel Edition, the help I’ve acquired has been fabulous, the response time fast and the way
    of the workers precisely what I was needing. My shoppers are going to be very happy, as this can assist their business
    dramatically.

    Online slots that pay – RAJASLOTO
    https://magalierenehayes.com

    RAJASLOTO – Ten Ways To Have (A) Extra Appealing Slot Online With Highest Rtp
    Online Slots 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *