Masalah Tenaga Kerja

Seorang kawan saya di Inggris mengeluhkan beberapa masalah di Indonesia, seperti perbudakan manusia / human trafficking. Ini masalah yang sangat serius. Juga disebut soal mengenai perbudakan anak-anak, dst. Tidak ada perbedaan pendapat disini. Human trafficking adalah salah satu kejahatan yang paling keji.

Kemudian soal tersebut dilanjutkan mengenai penerapan gaji minimum (UMR : upah minimum regional) di banyak perusahaan.
Nah, saya pikir ini adalah hal yang sudah berbeda jauh. Tidak bisa disamakan sama sekali dengan perbudakan manusia.

Misalnya, di banyak kasus, seringkali UMR merupakan kebutuhan untuk kelangsungan bisnis itu sendiri.
Contoh: pada sebuah usaha yang baru dimulai, tentu sulit untuk langsung bisa menggaji pegawainya dengan tinggi. Bisa-bisa justru bisnis tersebut kolaps sebelum sempat berkembang.
Dan jika usaha tersebut kolaps, maka yang rugi tentu para pegawai sendiri, yang jadi kehilangan sumber nafkahnya.

Investor biasanya tidak terlalu masalah – dia masih bisa mencoba usaha lainnya lagi di tempat yang berbeda. Tapi bagi para pegawainya, di zaman krisis seperti ini, belum tentu akan langsung bisa mendapatkan pekerjaan lagi.
Ada banyak orang lulusan S1 ataupun S2 sekalipun yang tetap saja tidak berhasil mendapatkan pekerjaan untuk menafkahi keluarga mereka.

Ini hanya satu contoh saja dari berbagai kasus.
Di satu sisi, memang ada banyak pengusaha jahat yang mengeksploitasi manusia. Misalnya kita bisa search “nike sweatshop” di Google, dan salah satu yang bisa kita temukan adalah video dokumentasi kasus tersebut di Indonesia.
Namun, di sisi lain, masih ada juga pengusaha yang mau berusaha membuka lapangan pekerjaan yang jujur / halal, dan peduli dengan para pegawainya.
Sekedar melihat masalah secara sepotong-sepotong, seperti UMR, pegawai kontrak, dst; itu bisa menjadikan kita keliru dalam menyimpulkan suatu masalah. Yang baik bisa jadi kita kira jahat, dan yang jahat jadi bisa bebas melakukan berbagai kejahatannya.

Anyway, terlampir adalah cuplikan reply saya kepada ybs via Facebook. Semoga bisa bermanfaat untuk memperluas wawasan kita semua, dan saya sendiri, dalam topik ini.

Soal gaji minimum — ini juga terjadi di Inggris. Kebetulan saya ikut bergabung di UNISON, serikat pekerja terbesar di UK.
Dan mereka rutin memprotes soal ini.

Tapi setelah diperhatikan lagi, ada beberapa hal yang tidak diangkat oleh UNISON ini :

(1) Performa pekerja : salah satu kolega saya dulu adalah “slacker” – dia tidak mengerjakan tugas-tugasnya (kewajibannya). Namun, dia sangat gigih menuntut haknya.

Ini saya kira juga tidak adil. Dan, kita SEMUA yang kena getahnya – termasuk pekerja lainnya.
Pada kasus saya, pekerjaan ybs jadi terpaksa dikerjakan oleh saya dan kawan2 yang lainnya.

(2) Sifat bisnis : adalah meminimalkan cost, karena (antara lain) untuk mengantisipasi resiko yang tidak bisa diduga.
Saya kira Anda sebagai pelaku bisnis juga sudah sangat paham soal ini.

Pada setiap bisnis, perlu ada pengembangan, karena yang jalan di tempat cenderung akan kena seleksi alam dan punah. Dan tentu pekerja juga yang akan rugi karena lenyap pekerjaannya.

Untuk pengembangan bisnis untuk kelangsungan bisnis ini sendiri, perlu biaya. Perlu ada reserve/cadangan yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan ini.

Saya pernah diskusi dengan adik saya soal ini. Dia bertanya kepada saya, apakah salah jika kita menggaji pekerja kita dengan standar UMR (Upah Minimum Regional) ?

Saya bilang, tidak selalu salah.
Misalnya, pada kasus ketika pekerja tidak berprestasi (ref: poin 1 diatas). Kedua, untuk kelangsungan bisnis itu sendiri juga. Jika pegawai digaji tinggi, tapi kemudian karena itu bisnis jadi kolaps, tentu kasihan mereka juga.

Nah untungnya di dalam Islam ada solusinya, yaitu bagi hasil. Jadi, pegawai kami mungkin gajinya UMR, namun yang berprestasi akan tetap betah bekerja di perusahaan kami. Banyak yang seumur hidupnya menjadi pegawai kami, karena kami berbagi hasil profit kami dengan mereka.

Sekilas dilihat gaji mereka UMR – tapi mereka bisa membeli rumah (ada yang tingkat dua pula), mobil, malah ada yang bisa membuat usaha sendiri lagi (toko, angkot, dst) — dan tetap menjadi pegawai kami.

Kembali ke soal gaji minimum — di Inggris ini tidak terlalu masalah, karena ada jaring sosial – social security.
Bagi yang pemasukannya kurang, akan dibantu oleh negara.

Juga berbagai fasilitas / kebutuhan dasar disediakan oleh negara.
Sekolah? gratis. Rumah sakit? gratis. Rumah? bisa gratis juga – banyak kawan saya yang tinggal di council housing. Makanan? ada berbagai skema subsidi seperti children benefit, dll.

Jadinya adil – walaupun bisnis menggaji UMR, tapi mereka membayar pajak; yang kemudian disalurkan oleh negara kepada yang membutuhkannya.

Ini yang tidak ada di Indonesia.
Gaji pegawai UMR, lalu ya sudah. Musti bisa hidup dari situ.
Sialnya lagi, media massa & masyarakat malah mengajarkan gaya hidup hedonistic. Spend more, and more, and more. (**)
Budaya kartu kredit mulai merebak untuk mendukungnya. Mulai bermunculan kasus seperti orang bergaji Rp 2 juta namun hutang kartu kreditnya mencapai Rp 100 juta, dst.

Anyway, berbagai pengusaha jujur yang jadi kena getahnya — dituduh zalim karena menggaji UMR.
Padahal ybs masih ada banyak biaya-biaya lainnya : membayar pajak lagi, yang penyalurannya wallahua’lam kalau di Indonesia; pajak bangunan, pajak ini, pajak itu, biaya2 siluman, dst.

Ada juga banyak pengusaha yang menggaji minimum DAN memperlakukan pegawainya dengan tidak manusiawi. Misalnya; search “nike sweatshop” di Google, biasanya akan ketemu video dokumenter tentang kondisi kerja di berbagai pabrik Nike di Indonesia — dimana para pekerjanya bahkan tidak boleh untuk sekedar ke toilet, dst.
Tapi sayang sekali jika semua yang menerapkan gaji minimum jadi dikira zalim semua seperti para penjahat ini, seperti yang dikira oleh adik saya dulu.

Adakalanya kadang gaji minimum itu perlu untuk kebaikan pegawai itu sendiri. Seperti paradox ya? Tapi seperti yang sudah saya jelaskan diatas, untuk beberapa kasus itu sangat masuk akal.
Dan, dalam Islam ada berbagai skema untuk tetap membuat situasinya menjadi adil. Jadi, sekedar melihat sepotong-potong (seperti UMR, pegawai kontrak, dst) itu kadang membuat kita keliru dalam mensikapi sesuatu. Kita perlu lihat situasinya secara lebih lengkap terlebih dahulu.

Sekarang tinggal berharap agar negara juga bisa turut urun rembuk dalam hal kesejahteraan pegawai ini.
Mudah-mudahan pemerintah Indonesia masa jabatan 2009 – 2014 mau lebih memperhatikan soal social security ini, amin.

(**) Perusahaan kami menerapkan berbagai skema untuk membantu meningkatkan kualitas hidup pada pegawai kami. Salah satunya adalah tabungan pegawai — beberapa pegawai kadang mengalami kesulitan dalam me manage keuangannya. Setiap gajian selalu ludes tidak bersisa, terpakai untuk hal-hal yang tidak perlu.
Akibatnya selain ybs & keluarga tidak bahagia, performanya di kantor juga menurun.

Untuk pegawai yang membutuhkannya, misalnya seperti pada kasus diatas, gaji mereka sebagian kami langsung tabungkan.
Jika mereka betul-betul memerlukannya, kemudian baru diberikan.

Sekilas mungkin terkesan kejam, namun sekarang mereka sudah mulai menikmati hasilnya. Misalnya, ada salah satu supir kami yang sekarang sudah punya rumah sendiri, kendaraan, anak tiga, dan hidupnya senang.
Ya, supir kami sudah memiliki rumah sendiri. Padahal sebelumnya gajinya ludes terus tidak bersisa, rumah kontrakan, dst.
Bisa ditebak dengan mudah bahwa sampai saat ini ybs terus bekerja sebagai supir di perusahaan kami.

Dan berbagai skema lainnya – dana beasiswa untuk anak-anak pegawai yang berprestasi, dst.

Diskusi dengan kawan saya tersebut kemudian berlanjut. Salah satu komentarnya yang menarik adalah soal “pemerataan pendapatan”. Saya kemudian berkomentar sebagai berikut :

pemerataan pendapatan
—–

Tujuan ini saya kira kurang feasibel.
Di zaman Nabi saw saja tetap ada yang kaya & miskin.

Yang lebih feasible saya kira adalah meningkatkan kualitas hidup.

Jadi, baik kaya maupun miskin, tidak masalah. Tetap saja bisa hidup dengan bahagia.
Nah, ini adalah yang sangat bisa dicapai dengan menerapkan berbagai ajaran Islam dengan benar.

Bagi yang mungkin kurang kenal dengan berbagai prinsip Islam dalam soal kehidupan, saya akan coba jelaskan dengan ringkas.

Islam menekankan pada kebahagiaan batin. Dalam Al-Quran disebutkan bahwa yang akan masuk surga adalah orang-orang yang tenang & bahagia jiwanya; “nafs al-muthmainnah“.
Islam tidak melarang orang menjadi kaya, faktanya beberapa sahabat Nabi adalah orang-orang terkaya di zamannya. Namun, Islam mengajarkan bahwa manusia, siapa saja, bisa berbahagia terlepas dari status finansialnya. Miskin maupun kaya, semuanya bisa bahagia. Karena kebahagiaan itu adanya di pikiran dan di hati.

Dengan disiplin mental yang tepat, maka dalam situasi apapun, siapa saja bisa tetap bahagia. Ini yang diajarkan oleh Islam. Dan ini saya kira jauh lebih feasibel daripada berusaha menyamaratakan pendapatan semua orang – dimana situasi ini kalaupun berhasil tercapai, juga tetap belum menjamin bahwa semua orang pasti akan bahagia.

Wow sudah hampir jam 12 malam. Oke selamat tidur dulu. Semoga sedikit coret-coretan saya ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian.

496 thoughts on “Masalah Tenaga Kerja

  1. I must admit that this is one great insight. It surely gives a company the opportunity to get in on the ground floor and really take part in creating something special and tailored to their needs.

  2. Suatu ajaran yang baik sepantasnya menjadi landasan bagi orangtua dalam mendidik anak-anaknya. Dengan prinsip dasar yang benar, anak-anak dapat memiliki bekal dalam menghadapi masa depan termasuk ketika mereka harus menyelesaikan masalah dalam kehidupannya.

  3. Sudah saatnya para pemuda Indonesia mulai giat berwiraswasta untuk membuka lapangan kerja baru. Perbudakan manusia adalah salah satu dari imbas kemiskinan dan dengan memberi peluang kerja bagi orang lain kita juga bisa memberi kebaikan bagi bangsa negara dan agama.

  4. Hello and thanks a lot for so many great advices. your website helped me a lot. a great insight that gives a company an opportunity to create special environment.

  5. betul… betul… betul…
    the most important things in life is happiness… even there’s alot of money or no money at all. :’)

  6. yang parah sekarang sudah jarang mas pegawai tetap,, semua perusahaan menggunakan sistem kontrak

  7. masalah pelik antara 2 kepentingan yang bertentangan, pengusaha dan pekerja. UMR yang sudah minim pun masih sangat banyak yang tidak terpenuhi. Nasib buruh makin terpuruk di negara nya sendiri yang katanya kaya raya ini.

  8. Masalah tenaga kerja ngga akan ada habis-habisnya. Manusia akan dieksplorasi sedalam2nya, terbukti dengan sistem outsourcing tenaga kerja, pertama-tama di dunia barat dan sekarang sudah mulai umum di Indonesia. Siapa yang salah ? pemerintah juga ikut andil dlm hal ini. UU tenaga kerja mengakibatkan perusahaan lebih memilih menggunakan outsourcing sebanyak2nya. Artikel yang bagus mas.

  9. Suatu ajaran yang baik sepantasnya menjadi landasan bagi orangtua dalam mendidik anak-anaknya. Dengan prinsip dasar yang benar, anak-anak dapat memiliki bekal dalam menghadapi masa depan termasuk ketika mereka harus menyelesaikan masalah dalam kehidupannya.

  10. Ada ndak sih hubungannya dengan pindahnya Sony dari Indo kenegara lain ?

    Aku masih bingung nih !

    Regards

  11. Sudah saatnya kita mencetak [atau menjadi] enterpreneur. Bangsa ini tidak akan bisa berkembang pesat jika mentalitas birokrat yang maunya cuman dilayani dan melayani asal-asalan

  12. luar biasa mas harry sufehmi…
    memang UMR menjadi masalah pelik juga…karena banyak juga pengusaha2 yang menggaji karyawannya di bawah UMR.. ya tujuan itu, meminimalkan cost, memaksimalkan profit..Tapi sayangnya para pengusaha nakal ybs, menghalalkan segala cara demi mencapai hal tersebut…

    Mari bersama berjuang memperbaiki masalah ketenagakerjaan Indopnesia, hem kalau perlu.. 10 persen rakyat indonesia, jadi pengusaha aja, biar semua makmur 😀 hehehe
    salam hangat
    ALFRED

  13. Harap maklum…pemerintah berusaha keras … hargailah itu … coba lihat di lapangan parkir gedung dewan ..SEPERTI PAMERAN MOBIL MEWAH SAJA ..

  14. suadah saat nya di galakkan wiraswasta…dan Blogger mania biar para penggangguran kita bisa ngeruk dolar via internet..iya to..?

  15. seharusnya kita menjadi orang2 yang pandai mengatasi dan meminimalkan dampak bencana…
    bencana, sepertinya gencar melatih kewaspadaan kita…

    Mitigasi Bencana, hal yang perlu dan penting di tanah Indonesia

  16. Kita akan menjadi sebuah bangsa yang besar dan terhormat, klo Bangsa kita sudah bisa memperkerjakan bangsa lain bukan diperkerjakan..
    Semangat…!!!!!

  17. yupz sekarang masalah tenaga kerja adalah masalah pelik bagi bangsa ini, disamping lapangan pekerjaan yg tidak memadai juga kadang kerjaan yg tidak seimbang dengan penghasilan yg minim,,,saja pemerintah terpilih dalam ini sby dan boediono bisa menjamin kesejahteraan rakyat indonesia,,,,

    salam

    fikri

  18. thx artikel nya bagus. Walau permasalahan tenaga kerja yang dibahas di atas terjadi pula pada diri sya, tapi kembali lagi pada rezeki yang sudah diatur oleh Allah SWT dan selalu berusaha mensyukuri apa yang sudah sya dapat selama ini. sukses selalu!

  19. Wah, wah, wah…, kayaknya Mas Harry menguasai banget bidang ini ya…!!!
    Eamng bener Mas Harry. Thanks Mas Harry atas ILMU nya. Mudah2an 5 Tahun kedepan Indonesia lebih baik.
    Salam PERSAHABATAN.

  20. artikelnya bagus banget mas…
    tp saya ingin bertanya sedikit pada anda,
    bagaimana tanggapan anda tentang outsourcing,
    saya rasa memang outsourcing merugikan pihak pekerja,
    hal ini saya alami sendiri pak, dimana waktu itu saya dimana untuk bekerja di sebuah perusahaan yang cukup ternama..
    saat itu pihak outsourcing menggaji saya 1 juta rupiah..
    padahal rekan dan atasan saya mengatakan gaji saya 1.6 juta
    dan mereka tidak dapat bertindak apa2..
    karena yang mengurus masalah tenaga kerja itu pihak direksi..
    jadi menurut bapaka bagaimana?, mohon pencerahannya pak..
    🙂

  21. bagi saya mas, kaya adalah kewajiban. paling tidak kita harus punya niat untuk kaya. perkara nanti bisa kaya apa tidak, rejeki sudah ada yang mengatur.

    amal yang paling mudah yaitu menyantuni fakir miskin, yatim piatu, atau menyumbang masjid, dan semua itu bisa kita lakukan ketika kita kaya. sedangkan untuk beramal ilmu seperti mas harry, susahnya minta ampun karena kita harus pinter terlebih dahulu.

  22. @Rizki – sebuah perusahaan yang cukup ternama..
    saat itu pihak outsourcing menggaji saya 1 juta rupiah..
    padahal rekan dan atasan saya mengatakan gaji saya 1.6 juta
    dan mereka tidak dapat bertindak apa2..
    karena yang mengurus masalah tenaga kerja itu pihak direksi..
    jadi menurut bapak bagaimana?, mohon pencerahannya pak..

    .
    Pertanyaan yang sangat bagus 🙂
    .
    Situasi ini akan jadi lebih jelas jika kita melihat dari sisi seberang – yaitu perspektif perusahaan.
    .
    Yang sering terjadi kira-kira adalah seperti ini :
    .
    (1) Perusahaan membutuhkan 1 (satu) orang pegawai – sekarang juga.
    (2) Lowongan pekerjaan ditampilkan di koran : biaya = jutaan rupiah
    (3) Ada 500 lamaran kerja yang masuk ….
    (4) Setelah dipilah-pilah, kemudian diputuskan untuk interview 60 orang… (wow, siap2 gempor)
    (5) Jika beruntung – maka akan ditemukan kandidat yang cocok untuk kebutuhan perusahaan tsb.
    .
    Total biaya untuk ini ? Jutaan rupiah
    Total waktu untuk ini ? Bisa satu minggu – satu bulan, padahal mereka butuh cepat.
    .
    Kadang, malah poin 5 itu tidak terjadi; tidak berhasil didapat satu kandidat pun yang cocok !
    Akhirnya, terpaksa perusahaan mengulang lagi dari poin 1 …..
    .
    (ini kisah nyata – kawan saya direktur sebuah bank mengeluh karena mengalami ini, ketika bank tersebut akan launching unit bisnis yang baru…..)
    .
    Nah, tapi ini belum tentu selesai.
    Kadang, ceritanya belum selesai, tapi masih berlanjut lagi, seperti :
    .
    (6) Pegawai tersebut bermasalah
    (7) Rekan-rekan kerjanya jadi terganggu
    (8) Suasana kerja menjadi tidak nyaman. Semangat kerja tim turun drastis
    (9) Bagian SDM sibuk menjalani prosedur — surat peringatan pertama, kedua, dst
    (10) Sementara itu, kinerja tim sudah drop total, dan pemasukan perusahaan terganggu. Client & customer protes.
    (11) Pegawai ybs tetap bermasalah, akhirnya terpaksa dipecat.
    (12) Kembali ke poin 1 ….
    .
    Total biaya untuk ini ? Tidak terhitung, apalagi jika client/customer jadi pada kabur karena ini.
    Total waktu terbuang percuma ? Bisa berbulan-bulan…
    .
    Nah, di tengah berbagai kejadian seperti ini, muncul berbagai perusahaan Outsourcing.
    Mereka menawarkan skenario sbb :
    .
    (1) Perusahaan membutuhkan 1 (satu) orang pegawai – sekarang juga.
    (2) Outsourcer mengirimkan seorang kandidat yang sesuai dengan kebutuhan Perusahaan
    (3) Kandidat tsb bermasalah ? Perusahaan komplain — lalu Outsourcer mengirimkan gantinya
    .
    Ketika kita bandingkan 12 poin awal dengan 3 poin setelahnya – well, memang jadi sangat menarik ya…
    .
    Anyway, situasi buruk pada saat sekarang adalah kesalahan banyak pihak, termasuk kita semua.
    .
    Para pencari kerja seringkali tertipu oleh kampus mereka — mereka kira dengan membayar mahal kampus/universitas, maka otomatis adalah jaminan mendapat pekerjaan yang bagus.
    Apa yang terjadi? Ternyata, yang diajarkan di kampus berbeda TOTAL dengan kenyataan di lapangan ….
    .
    Akibatnya, perusahaan jadi kesulitan mendapatkan pegawai yang mereka butuhkan.
    Walaupun ada SANGAT banyak pencari kerja.
    .
    Lalu ada banyak rekan-rekan kita pegawai yang, sayangnya, etos kerjanya sangat berantakan. Seperti yang saya bahas pada poin 6 – poin 11; itu bukan cuma isapan jempol. Itu adalah kejadian nyata di banyak tempat.
    .
    Sialnya, gara-gara para oknum ini, akibatnya pencari kerja yang benar profesional jadi ikut kesulitan mendapatkan pekerjaan yang layak… 🙁
    Perusahaan yang membutuhkan mereka jadi tidak berhasil menemukan mereka
    .
    Jadi kira2nya demikian mas. Semoga menjelaskan.
    .
    Tapi jangan tanya saya bagaimana solusinya… saya juga bingung 🙂
    Situasinya sudah terlalu berantakan….
    .
    Jadi bagi yang mampu, saya sarankan untuk berwiraswasta saja.
    .
    Terimakasih.

  23. disaat pencari kerja menyatakan lapangan kerja terlalu sedikit, kami di hr malah susah nyari kandidat.

    seperti seleksi menteri itu loh… the right man in the right place and in the right time.

    akhirnya terjadi saling bajak membajak kandidat antar perusahaan. jadi semakin ruwet…

  24. Seseorang bertanya tentang Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris Translation. Yang satu ini sangat bagus. Tidak ada penerjemah akan sempurna. Tapi yang mengagumkan bahwa kita dapat menggunakan teknologi ini. Ini akan menjadi lebih baik. Thanks for cerita

    Hey English / Indonesian people try this translator:

    http://www.indotranslate.com/

  25. Hello and thanks a lot for so many great advices. your website helped me a lot. a great insight that gives a company an opportunity to create special environment.

  26. Mas Harry, ulasan tentang masalah tenaga kerja yang sangat lengkap nih. Begitulah kondisinya, masih perlu banyak pembenahan di sana sini. Yang penting tetap optimis!

  27. permaslahan rakyat kelas bawah mau di bahas ampe gimana pun ga akan abis”nya.
    gw si capek ngeliat perusahaan/ karyawan yg semena”

    sekarang yg bs di lakukan mendidik generasi penerus agar memiliki prinsip dan moral yg benar dalam bekerja.
    yg perusahaan ato karyawan semena” pasti kebanykan susah di ajarin, tunggu uda kena batunya aja kwkwkw

  28. Manusia memiliki banyak aspek yang dapat mempengaruhinya dalam bertindak. Sejak lahir, manusia telah dibekali dengan potensi dan kemampuan yang dapat digunakan dan dikembangkan selama hidupnya di dunia ini. Namun, ada manusia yang tidak dapat menemukan potensi dirinya akibat berbagai faktor, antara lain lingkungan yang tidak mendukung dan keyakinan di dalam dirinya sendiri. Semoga setiap pengusaha dapat membantu setiap pegawainya untuk dapat menemukan potensi dirinya selama ia bekarja untuk pengusaha tersebut. Cara ini dapat membantu membentuk pegawai yang mandiri, bahkan inovatif dan kreatif, sehingga ia tidak pernah kuatir bila kondisi perusahaan menurun bahkan bangkrut sekalipun.

  29. halo,saya buyung pemilik web direktori-iklan.com, salam kenal,menarik banget nih infonya, sangat membantu aku yang masih pemula di dunia internet. Lain kali jangan lupa kunjungan & komentar baliknya ya

  30. setuju, harta tidak bisa menentukan tingkat kebahagiaan seseorang tapi kebahagiaan lahir dari jiwa yang selalu bersyukur.

  31. ya memang beda mestinya. harga beras disini dg disana beda kan? belum yg lain-lain. disini dengan $ 2 satu keluarga (4 orang) dah bisa makan, di luar untuk 1 orang aja nggak cukup. tapi upah/gaji di Indo bisa naik, ya justru lebih baik lah

  32. Masalah tenaga kerja sudah menjadi masalah mengakar, khususnya outsourcing. Make money online merupakan salah satu solusi terperangkap di dunia tenaga kerja Indonesia, Hanya opini pribadi ku 🙂

  33. masalah tenaga kerja memang salah satu kendala yang besar untuk memajukan Indonesia, bahkan upah minimun yang sangat minimun ini menimbulkan banyak masalah lain, seperti Korupsi kecil-kecilan, banyak sekali pegawai dengan tingkat rendah sampak menengah yang pergi berbelanja di suatu tempat untuk keperluan kantor akhirnya menaikan harga pada nota sehingga mereka mendapat sisany, tapi yang mendasari hal ini juga terkaitnya jumlah penduduk indonesia yang sekian besar, bila tidak dapat kerja karena kalah bersaing yah rela dibayar lebi murah, ini semua merupakan kekurangan dari sistem yang sedang berjalan

  34. Dari dulu sudah diramalkan bahwa sistem ekonomi kita baiknya didasarkan pada KOPERASI. Menarik tuh prinsip bagi hasil. Saya juga pernah berpikir demikian, soalnya bisa memacu motivasi kerja karyawan. Dengan bagi hasil, karyawan ikut merasa memiliki bisnis dan berusaha menjaganya untuk tetap survive. Kalau perlu, ketika perusahaan merugi, kita juga bikin bagi rugi, supaya karyawan memperbaiki kinerjanya haha… Sayangnya, kenapa sistem ini nggak pernah berlaku di perusahaan-perusahaan Indonesia yak? Bahkan dalam perusahaan-perusahaan asli Indonesia sendiri. Satu masalah yang terlintas dari saya adalah bagaimana mengukur kinerja seseorang. Kalau dari divisi penjualan sih bisa terukur daru volume penjualan. Tapi kalo dari divisi-divisi lain? Misalnya kalau di dapur media, adilkah kinerja orang diturunkan dari jumlah artikel atau program yang dia buat? Bisa saja satu artikel/program membutuhkan effort lebih besar dari 5 artikel/program yang kecil.

    Oia, Sekedar info nih. Tanggal 26 November 2009 Brad Sugars, pengusaha internasional dan business coach ternama dari Australia akan datang ke Indonesia, tepatnya di Jakarta International Expo, Arena Pekan Raya Jakarta, Kemayoran. Dia akan berbagi pengalaman dan teknik-tekniknya membesarkan bisnis. Info tentang Brad Sugars bisa di lihat di alamat ini.

    Untuk reservasi hubungi:
    Studio Samuan
    Rukan Permata Senayan Blok D-33
    Telp : 021 3713 6165
    0857 153 20001 (Ning Mahayu)
    Fax : 021 5794 1173

  35. Artikelnya TOP mas ! dan memang sungguh sungguh situasi dilematis…

    Ada bos yang semena mena terhadap karyawan, ada juga karyawan yang semena mena terhadap bos

    This is fact !

  36. isini dengan $ 2 satu keluarga (4 orang) dah bisa makan, di luar untuk 1 orang aja nggak cukup. tapi upah/gaji di Indo bisa naik, ya justru lebih baik lah

  37. Artikel yang bagus, supaya artikel ini dapat menjadi inspirasi buat anak-anak indonesia untuk terus memajukan bangsa kita.

  38. selamanya akan selalu jadi masalah mas… kita penduduknya berjibun begini, malah semua otomatisasi. ya gag cocok…kita butuhnya proyek2 padat karya

  39. Kitapun bisa lebih baik andai saja kita duduk bersama (Pemerintah, Pengusaha & Pekerja), dimana tentunya Pemerintah harus berperan lebih aktif tanpa harus memihak/netral (acuan penggunaan data2 biaya hidup suatu daerah, dll). Dan semua pihak harus berkomitmen bahwa hal ini semata2 untuk kepentingan bersama dan bukan kepentingan politik sesaat saja.
    .
    Salam

  40. Saya seorang karyawan juga, tapi sekarang sedang berfikir untuk wirausaha. gimana yah caranya wirausaha tanpa modal? saya cuma punya skill aja

  41. betul sekali,pak…kayaknya mencari pekerjaan belakangan ini semakin sulit…untuk itu membuka usaha sendiri adalah jaan keluar terbaik..tapi seringkali modal usaha menjadi kendala buat uyang mau buka usaha..
    trims info-nya pak..sangat membantu sekali…
    salam hormat…

  42. Sudah saatnya para pemuda Indonesia mulai giat berwiraswasta untuk membuka lapangan kerja baru. Perbudakan manusia adalah salah satu dari imbas kemiskinan dan dengan memberi peluang kerja bagi orang lain kita juga bisa memberi kebaikan bagi bangsa negara dan agama.

  43. setuju, ga mungkin semua orang rata pendapatannya. sdh takdir manusia ada yg kaya ada yg miskin harta. tapi yg lebih penting adalah kaya amal ibadah karena itu bekal untuk akhirat

  44. wah…kayaknya kalo pemerataan pendapatan ini menurut saya hampir mustahil ya…yang masih mungkin menurut hemat saya adalah mempertipis kesenjangan sosial..itupun kalo di Indonesia masih susah sekali kayaknya…Tapi sulit bukan berarti gak bisa..asal benar-benar niat…
    oke..thx info-nya mas harry..
    salam hormat…Dari yang baru belajar ngeblog…

  45. wah..artikel mas fahmi ini seperti menyindir diri saya..he3..:)..terutama pada kalimat “Ada banyak orang lulusan S1 ataupun S2 sekalipun yang tetap saja tidak berhasil mendapatkan pekerjaan untuk menafkahi keluarga mereka”…tapi itu dulu..setelah 1,5 tahun akhirnya sy dapat kerja juga..tapi kahirnya sy resign n mulai ngeblob buat cari uang..he3..
    Salam sukses mas fahmi..sy tunggu artikel berikutnya…

  46. hmm..masalah tenaga kerja emang jadi isu negatif Indonesia sejak dulu kala….Lihat saja TKI kita di luar negeri kita yang banyak disiksa bahkan sampai meninggal…Itu tdk akan trjadi jika pemerintah bisa mnciptakan lapangan pekerjaan kepada rakyatnya..Sangat memprihatinkan..
    Artikelnya sangat bagus,mas harry..
    THX…

  47. betul sekali mas..Soal UMR emang seperti pedang bermata dua…di satu sisi buruh harus mendapatkan upah yang layak..di sisi yang lain kalo perusahaan tidak mampu gimana lagi…ntar malah bangkrut..n banyak pengangguran lagi..
    salam hormat buat mas harry sufehmi…sy tunggu artikel berikutnya…

  48. setuju pak, semoga kearifan pemerintahan dapat tumbuh lagi meskipun itu hanya harapan yang sangat sulit digapai

  49. postingan yang bagus. Memang masalah tenaga kerja tidak akan habis di perbincangkan di negeri kita ini. Siapakah sebetulnya yang salah, manusia yang malas untuk mencari kerja ataukah sistem di negara kita ini yang membuat banyak warganya untuk mencari kerja.

    Tapi menurut pandangan Islam sih, bila ingin kaya harus berdagang. Jadi mungkin kawan2,teman2 yang lain mari kita berbisnis sajah, selain Sunnah nabi banyak juga manfaatnya.

    thanks…..

  50. Seems to be fine information, I wish if translate this page also works for people like me. Anyhow good effort.

  51. Wah, artikel yang menarik..Jadi ingin melanjutkan membaca ke posting selanjutnya..
    Walaupun sudah dibahas berkali – kali tapi masalah ini akan sangat sulit untuk diatasi…
    Saya juga bertanya – tanya seperti healt fitness gyms…
    Siapakah yang sebetulnya salah? Manusia yang malas untuk mencari kerja atau sistem kerja suatu negara yang membuat banyak warganya mencari kerja..

  52. pekerjaan selau jadi masalah….???

    hufft…kapan indonesi bisa maju..kalo yang jadi permasalahan terus mengenai pekerjaan..

  53. andai ajha semua itu seperti game.? bisa di mainkan dengan se enak hati,,? pasti pada gak ada namanya masalah..?

  54. salam kenal….

    mungkin karena pekerjaan itu sangat penting ,,karena pekerjaan sumber dai kita makan…

  55. memang, di bangsa ini, tenaga kerja sangat kurang penghargaanya, sungguh menyedihkan sekali

  56. Yah memang bingung kalau membahas tentang perbudakan tenaga kerja.
    Di negara kita ini banyak orang-orang yang mengorabankan dirinya untuk di bentak-bentak, di perintah secara keras.Yang jelas mereka di lakukan dengan cara yang tidak mengenakan.sungguh tidak mengenakan.
    Ada di sekitaran daerah saya, tetangga saya kerja di sebuah pabrik sepatu, kerjanya dari jam 06.00 pagi sampai 17.00.
    Dia di pekerjakan di maki-maki dengan kata-kata yang cukup kasar, di tunju-tunjuk.
    sampai-sampai tetangga saya itu, karena dia mungkin merasa sakit hati setiap hari di perlakukan seperti itu, akhirnya dia keluar dari pekerjaanya.

  57. Suatu ajaran yang baik sepantasnya menjadi landasan bagi orangtua dalam mendidik anak-anaknya. Dengan prinsip dasar yang benar, anak-anak dapat memiliki bekal dalam menghadapi masa depan termasuk ketika mereka harus menyelesaikan masalah dalam kehidupannya.

  58. Iya ini posting yang jempolan terutama untuk rekan-rekan yang sudah mempunyai titel tetapi masih juga mengganggur. Kamu pasti bisa, tunjukkan bahawa ini lho hasil dari pendidikan yang aku peroleh. Sukses teruuuus…………….

  59. di indonesia lebih baik jadi pebisnis saja. jadi karyawan kapan suksesnya. skrg sudah ada bisnis online. Kita bisa jual apapun di Internet dgn jangkauan sd 13% penduduk Indo yg berinternet. Its time for entrepreneurship.

  60. Di Indonesia baru populer sekarang setelah banyak pabrik meninggalkan tanah air pindah ke vietnam. Padahal, di luar negeri hal ini sudah populer dari tahun 90 -an. Mo nangis rasanya kalo baca hal ginian :'(

  61. jangan pernah mau jadi buruh terus..mulai berpikir untuk jadi pengusaha agar bisa menciptakan lapangan kerja..dan jangan lupa untuk berbagi ilmu bagi yang sudah sukse 😀

  62. semoga masalah tenaga kerja dan kemiskinan di negeri ini cepat terselesaikan, atau paling tidak bisa terkurangi secara signifikan

  63. Satu lagi mungkin pak, kalo umr naik (swasta) pasti dari Pns naik juga, perbandingannya kalo umr swasta naik nggak masalah yang kerja di swasta pasti bersyukur, nah kendalanya kalo sempat Pns naik wah berabe pasti ujung2nya roda perekonomian pasar akan parah dengan melambungnya harga karena pns naik, sedih gue 🙁
    kalo gini caranya mau lah jadi pns

  64. sip, untuk pointer kalimat yang terakhir. saya setuju bahwa hidup memang harus ada yang kaya dan miskin. namun kebahagian tidak harus hilang karena status finansial seseorang.

    untuk yang umr??? kayaknya belum pantas memberi komen, masih belum paham masalahnya. but thanks for share

  65. Mungkin akan lebih baik bila masing – masing individu mengoptimalkan kemampuannya masing-masing sehingga akan bisa lebih menghargai tenaganya sendiri maupun orang lain.
    Sipp… maju terus…

  66. cukup atau tidak tergantung hati mungkin ya mas jadi yang penting nggak dicela sama orang kaya dan dicemburui sama orang miskin biarlah yang penting hati seluas samudera

  67. kaya dan miskin memang sebuah realita yang tak dapat kita hindari tapi marilah terus mengembangkan diri dan berihktiar kemudian bertawakkal kepada Nya

  68. sekarang tergantung niat baik kita dan pemerintah…salah benar itu bagai fenomena …mana terlebih dahulu telur apa ayam….

  69. yup semua pasti ada kaya dan miskin karena itu keseimbangan dalam hidup…coba bayangkan jika semua orang di dunia ini kaya? sapa yang mau bekerja keras?

  70. memang kita harus memikirkan untuk menciptakan lapangan kerja sendiri untuk negeri kita tercinta, supaya banyak orang yang tidak punya pekerjaan bisa dapat pekerjaan.

  71. masalah masalah lagi soal tenaga kerja, memang serba salah, klau kasih gaji tinggi pengusaha yang bisa bangkrut , kalu dak dikasih gaji tinggi kurang gaji untuk pegawai, bisa gamuk mereka

  72. artikel yg bermanfaat ini…
    iaa semoga mslh tenaga kerja akan membaik dan gak terlalu susah mencari kerja ke depannya…
    AMIN

  73. interesting article, I really liked your article. I will keep visiting to read your article quality. if you’re willing I hope you can visit my blog. I am very excited to read and read your article. from your loyal fans.Tika

  74. Yah,,inilah Indonesia,,semua berawal dari sebuah keserakahan,,Indonesia seharusnya bisa memberikan gaji yang layak untuk karyawan, gaji yang layak untuk guru,,saya sebagai calon seorang guru,,mengharapkan semoga Kebijakan pemerintah dimasa yang akan datang akan lebih baik,,amiin..

  75. Human trafficking has been a big problem for almost all countries all over the world. I am against of any forms of human trafficking particularly the child slavery. Children must be in school and studying instead of working. They have the rights to be in school and if the parents can’t support then the government must help them. I hope the government will do something about it and eventually children will be in school.

  76. Taruhan Yuk, RUU tenaga kerja yang kemaren gak jadi disyahkan, berani diketok palu sama DPR sekarang gak ya 🙂

  77. hi thanks a lot for so many great advices. your website helped me a lot. a great insight that gives a company an opportunity to create special environment. thanks

  78. memang semuanya harus bali lagi pada diri kita masing2, bagaimanpun apabila bekerja di perpabrikan atau dimanapun, itu akan sangat mengecewakan, apalagi masalah UMR daerah tsb salary bulalanan, sudah saatnaya kita buka mata hati dan pikiran (hehe nescafe) buka Lowongan pekerjaan untuk orang lain dan membuka peluang untuk sahabat2 kita, jangan tunggu besok…. berwirausahalah mulai dari hari ini, ini sangat singkron dengan ucapan Nabi besar kita Muhammad SAW, beliau mengajurkan kaummnya untuk berniaga/jualan…. dan saya rasa, bekerja pada orang lain (ussualy work) sangat membosankan, apalagi jiwa leadership saya tinggi 😛

    thanks for articles

    Bagus banget

  79. memang semuanya harus bali lagi pada diri kita masing2, bagaimanpun apabila bekerja di perpabrikan atau dimanapun, itu akan sangat mengecewakan, apalagi masalah UMR daerah tsb salary bulalanan, sudah saatnaya kita buka mata hati dan pikiran (hehe nescafe) buka Lowongan pekerjaan untuk orang lain dan membuka peluang untuk sahabat2 kita, jangan tunggu besok…. berwirausahalah mulai dari hari ini, ini sangat singkron dengan ucapan Nabi besar kita Muhammad SAW, beliau mengajurkan kaummnya untuk berniaga/jualan…. dan saya rasa, bekerja pada orang lain (ussualy work) sangat membosankan, apalagi jiwa leadership saya tinggi 😛

    thanks for articles

    Bagus banget

  80. Perdagangan Manusia yang terjadi di mana-mana tidak hanya di Indonesia dan Inggris. Ini salah satu masalah terbesar yang kita miliki di negara kita juga. Hal ini sangat tergantung pada pemerintah tentang bagaimana memberantas masalah ini. Ide saya adalah jika hanya ada pekerjaan cukup untuk lokal maka tidak ada alasan bagi sesama saya untuk pergi ke tempat yang lain dan terlibat dengan perekrut ilegal dan berakhir menjadi budak dan perdagangan manusia.

  81. issuse Labos bukan hal baru bagi negara-negara seperti Indonesia, India, Afrika, dan Filipina. perdagangan manusia dan perbudakan bisa terjadi di mana-mana. Saya rasa semua kesalahan dengan pemerintah yang tidak melakukan apa-apa untuk memecahkan masalah. Jika ada pekerjaan cukup untuk adegan lokal kemudian tidak perlu untuk perdagangan manusia. Saya berharap negara-negara cepat atau lambat seperti Indonesia tidak akan pernah menderita masalah perdagangan manusia.

  82. Aku mengerti mana Anda berasal. Ini sangat sulit untuk memecahkan masalah-masalah tenaga kerja ini terutama jika perusahaan yang dilindungi oleh sejumlah orang baik lokal maupun internasional.

  83. artikel ney sangat mendidik banget,,,thankz yah,,,kalo saya bisa y,,saya pengen buka usaha sendiri biar bisa menciftakan lapangan kerja bagi yang penganguran,,,

  84. Masalah dalam perdagangan manusia dan isu-isu perburuhan lainnya di negara kita dan di seluruh dunia adalah hal yang kompleks. Perlu solusi menyeluruh dan implementasi.

  85. wah benar-benar harus di pikirkan yah… mau nya sih saya mau jadi wiraswasta saja…. tapi cari celah dulu, mau bergerak di bidang apa 😀

  86. Aku akan menjadi lawan dari setiap perdagangan manusia dan pelanggaran tenaga kerja. Kita semua harus mengikuti kebijakan pemerintah kita.

  87. perdagangan manusia merupakan masalah utama di seluruh dunia dan hanya dapat diatasi oleh pemerintahan yang baik dan lapangan kerja cukup di negeri ini.

  88. Masalah Ketenagakerjaan merupakan masalah seluruh dunia dan pemecahan itu butuh waktu. Perlu belajar yang menyeluruh dan solusi jangka panjang

  89. masalah masalah lagi soal tenaga kerja, memang serba salah, klau kasih gaji tinggi pengusaha yang bisa bangkrut , kalu dak dikasih gaji tinggi kurang gaji untuk pegawai, bisa gamuk mereka.

  90. Masalah dalam perdagangan manusia dan isu-isu perburuhan lainnya di negara kita dan di seluruh dunia adalah hal yang kompleks. Perlu solusi menyeluruh dan implementasi.

  91. mengenai pemerataan pendapatan ini sepertinya kurang pas dalam dunia pertenaga kerjaan,
    karna kita tahu bahwa di dunia ini terdiri dari para orang yang punya kualifikasi/spesifikasi yang berbeda,
    jadi tidaklah mungkin jika dilakukan pemerataan..

  92. FLV Joiner is a fast and easy-to-use FLV Video Joiner software. This online Flash FLV Joiner can join and convert FLV, SWF and any other videos to almost any other video or audio formats with super high conversion speed and excellent output quality, such as: convert FLV to WMV, convert FLV to MPEG, convert FLV to MP4, convert FLV to AVI, convert FLV to MP3, convert Youtube to iPod and so on.

    More Information: http://www.flipvideoconverter.org/

  93. aku setuju ama yg ini nih: masalah masalah lagi soal tenaga kerja, memang serba salah, klau kasih gaji tinggi pengusaha yang bisa bangkrut , kalu dak dikasih gaji tinggi kurang gaji untuk pegawai, bisa gamuk mereka.

    btw … temen2 yg pengen tau tentang aneka puding kunjungi kami tuk mengetahui resep puding nya 🙂

  94. @puding:ya seharusnya tidak harus tinggi atau kurang tinggi donk,kan bisa disesuaikan dengan hasil kerjanya,asal di kasih pengertian karyawan bias ngerti kok[menurut saya yg karyawan ini]hehe..

  95. Perbudakan manusia adalah salah satu dari imbas kemiskinan dan dengan memberi peluang kerja bagi orang lain kita juga bisa memberi kebaikan bagi bangsa negara dan agama.

  96. Because is very stable, it shows the download/upload speed on the dock icon (very helpful) and it manages downloads very well.
    Give it a try, you won’t regret it.

  97. emang sebaiknya kita punya usaha sendiri, contohnya aku ini seorang pns tapi untuk hidup layak ya harus punya usaha sampingan pokoknya usaha dulu urusan ketrampilan..ngikut. soalnya banyak yang punya ketrampilan tapi gak brani untuk berbisnis atau berwiraswasta.kalo karyawan usahanya keras untuk membesarkan majikan atau perusahaan tapi kalo wiraswasta usahanya keras ya untuk diri kita sendiri… syukur bagi dpt merekrut org lain

  98. meskipun kebahagiaan seseorang tidak diukur oleh uang tapi tanpa uang kita tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup.Ada yang jadi buruh, tkw dsb. untuk menanggulangi kemiskinan diperlukan kreatifitas dan ketrampilan sdmnya.

  99. mantap … nya diskusi …
    terima kasih Pak .. I admire the valuable information you offer in your articles. I will bookmark your blog and have my children check up here often. I am quite sure they will learn lots of new stuff here than anybody else!

  100. I am very happy to find this post very useful for me, as it contains lot of information. I always prefer to read the quality content and this thing I found in you post. Thanks a ton for sharing !
    Cool Gift Ideas

  101. but returned again on provision that has been set by Allah and always tried to appreciate what could have been sya. success

  102. Oh boy, I needed that!! I saw you at Wembley last year, and have seen you four times before that. I love you guys and love your music. What a great way of putting on a gig. It was awesome, and really enjoyed the whole experience. When will you be returning to the UK to play again? BTW, love the new track, it has really grown on me x

  103. Masalah tenaga kerja … ? Masalah saya banget tuh… masi bingung cari kerjaan yang ‘cocok’ neh. hehe…

  104. makanya sekarang banyak yg beralih ke usaha sendiri.. smua pada gak mau jadi pegawai rendahan mas..

  105. Thanks for this blog . Champion Industries is a manufacturer & exporter of wire mesh,welded wire mesh,perforated sheet,chain link fencing,wire netting,expanded metal,vibrating screen,crimped wire mesh .

  106. em really thanks for this blog for posting so . Champion Industries is a manufacturer & exporter of wire mesh,welded wire mesh,perforated sheet,chain link fencing,wire netting,expanded metal,vibrating screen,crimped wire mesh .

  107. thank you fot the most interesting article .
    Bleached cotton, 100 % pure cotton exporters Snowflakes is the brand name of Absorbent Bleached Cotton.

  108. Thanks for this article .
    Bleached cotton, 100 % pure cotton exporters Snowflakes is the brand name of Absorbent Bleached Cotton.

  109. The post is written in very a good manner and it entails many useful information for me. I am happy to find your distinguished way of writing the post. Now you make it easy for me to understand and implement the concept. Thank you for the post.

  110. .Interesting post and thanks for sharing. Some things in here I have not thought about before.Thanks for making such a cool post which is really very well written.will be referring a lot of friends about this.Keep blogging

  111. I recently came across your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I dont know what to say except that I have enjoyed reading Great work you have done by sharing them to all. simply superb. Thanks for a nice share you have given to us with such an large collection of informationwww.webmarketingagency.com.au/web-marketing

  112. This is a very intriguing post, I was looking for this knowledge. Just so you know I found your web site when I was searching for blogs like mine, so please check out my site sometime and leave me a comment to let me know what you think.

  113. SURE-LOC sights have been used by champions (and everyday shooters) to win gold, capture titles and hunt for big game around the world.Describes how this Red Dot sight was develped to enhance naturally shooting stance and greatly improve your accuracy. http://discountarcheryequipment.info How to Saw Wood With a Handsaw. A clean cut depends on a steady hand. Follow these steps for cutting wood safely with a handsaw.Gerber’s Sport Saw comes in two versions. One has a coarse blade that’s a natural for cutting wood. The other has a fine blade made especially for sawing http://sawshop.info Natural approaches to eye care, &eye diseases. Alternative treatment options for glaucoma, macular degeneration, cataracts &more.When it comes to beauty the eyes have it. Simple healthy tips and tricks for your eyes. dark circles, makeup removers and more. http://eyesearscare.info Dunlop 65u Ball – Great distance off the tee and great feel on the iron shots. Putts very true. Very durable cover – did not scuff easily. Comments: I know and my friends also know Dunlop makes great tennis balls but sometimes when you open new can of DUNLOP balls some of the ball already get http://tennis-supplies.info Online shopping for Dartboards from a great selection of Sports & Outdoors & more at everyday low prices.Find 100s of Bristle & Electronic Dart Boards at DartBoards.com. Shop and save on Dart Boards, Darts and other Dart Accessories every day! http://gameroom-ideeas.com

  114. Can you please tell me if your website is available in English as well please? My best friend lives in Indonesia (Jakarta) and has done for many years – I like to read up as much as I can on everything to do with the country. Thanks

  115. Setuju mas,,andai saja syariat Islam itu kita tegakkan,,maka insya Alloh tidak ada bentuk kedzoliman lagi..tidak hanya di sektor bisnis saja, melainkan di segala aspek kehidupan..Nampaknya pemerintah kita harus benar2 menilik hal ini..

  116. iya mas, miris saya mendengar masalah tenaga kerja, terutama human traficking 🙁
    semoga pemerintah bisa mengatur permasalahan ketenagakerjaan lebih dalam dan cepat 🙂

  117. Menurut teman saya, hidup itu indah jika kita menghadapinya dengan santai tapi penuh semangat. Dan hidup akan terasa berat bila kita menjalaninya dengan beban dan putus asa.
    Obat Keputihan

  118. Saya rasa yang terpenting sekarang adalah terus memerbaiki kwalitas diri baik dari tenaga kerja maupun para pelaku bisnis, sehingga tidak akan terjadi salinh menyalahkan dan saling menuntut karena keduanya paham hak dan kewajiban masing – masing…

  119. This postis very knowledgeable for me and also for all readers.I consider that this is the best post.I invite to all readers if read like this.

  120. The depth and quality of this post is really awesome. It is very knowledgeable information that could be very much helpful in IT as well as e-business industry.

  121. No doubt this is an excellent post I got a lot of knowledge after reading good luck. Theme of blog is excellent there is almost everything to read, Brilliant post

  122. fantastik banget mas,, keadaan dan kenyataan dunia kerja terkadang selalu membingungkan, tergantung dari sudut mana kita menyikapinya, tidak ada orang yang paling merdeka selain mereka yang memilih ber wira usaha, belajar trus menerus, berinovasi , dan berkreasi jga berusah terus menerus adalah kunci untuk mnjadi usahawan yang mandiri, dengan banyaknya wira usahawan, mka aka nsemakin luas lapangan pekerjaan, semoga saja kita bisa menjadi bagian dari kemajuan negri ini,,

  123. There is currently some useful information that regarding to health problem around this subject on the net and some are most definitely better than others. You have caught the detail here just right which makes for a refreshing change – thanks

  124. There are many companies in Indonesia that exploit human beings and have no regard for anyone. I think the labor issues need to be tackled with greater urgency and by drafting stricter laws. But implementation of the laws is more important.

  125. Seperti apa yang dibilang dosen saya, banyak orang menuntut hak tapi melupakan kewajibannya…
    semoga sepenggal kalimat itu bisa kita jadikan refleksi diri 😀

  126. Labor issues is not only for Indonesia, there are other countries particularly on Asia and Africa who have experience slavery and human trafficking issues in related with labor problems.

  127. Memang situasilah yang menyebabkan human trafficking tapi benar kita tidak boleh menyerah pada situasi. Jalan keluar pasti tetap ada walaupun sangat sulit untuk dilalui.

  128. The net and looking for some articles that might help me. And then, I found this one. This is really a big help and very informative. Brain-based learning is great! Such a great article to recommend. Thanks

  129. This is a very intriguing post, I was looking for this knowledge. Just so you know I found your web site when I was searching for blogs like mine, so please check out my site sometime and leave me a comment to let me know what you think

  130. I found very interesting about these article.It has some real facts which we are seeing in our daily life.SoI had a great time reading around your post as I read it extensively. Excellent writing! I am looking forward to hearing more from you.

  131. I think the labor issues need to be tackled with greater urgency and by drafting stricter laws. But implementation of the laws is more

  132. bukannya memikirkan tenaga kerja. tnaga kerja yang ada malah tidak diurus dgn baik. Para TKI kurang terjamin keselematan mereka

  133. I agree with you. This post is truly inspirational. I like your post and all you share with us is up to date and quite informative, i would like to bookmark the page so i can come here again to read you, as you have done a wonderful job

  134. The result is a supercell storm and these storms are the most intense type of thunderstorm. I think it is rather easy to see from the other comments as well that this post is well written and useful.

  135. This is a great article thanks for sharing this informative information. I will visit your blog regularly for some latest post.I am very interested for this post.This site is so helpful.

  136. Very informative post. I feel like I have a personal tutor that I already have lot knowledge about the word press and its hierarchy. Thank for sharing your idea.

  137. Great write-up, I am a big believer in commenting on blogs to assist the weblog writers know that they’ve added ice wine

  138. Very well said! Thanks for sharing this, it helps me a lot and I’m sure others too. I will follow your next post . Keep posting!

  139. Interesting post and thanks for sharing. Some things in here I have not thought about
    before.Thanks for making such a cool post which is really very well written.
    will be referring a lot of friends about this.Keep blogging.

    Schertz Homes

    Spring Branch Pool Homes

  140. You have shared a nice blog. I really want ot say you thanks for sharing this nice article with us. This one is enlightened blog post. Thanks a lot for sharing your valuable views through this blog. I bared so recurrent fascinating stuff in blog. designer mens clothes

  141. Labors are the important part of our society. We cannot even think about today’s society without any labors because they have built it with their hand. So, I always respect labors…..

  142. I’ve been browsing on-line greater than 3 hours lately, but I by no means discovered any fascinating article like yours. It is beautiful value enough for me. In my opinion, if all website owners and bloggers made good content as you probably did, the net will be a lot more helpful than ever before.

  143. In reality, slavery still occurs today but it is not as obvious like that of in the past. After all, almost all things are being sugar-coated nowadays. I’m telling you, this does not only occur in Indonesia as it also happens in other Asian countries.

    Nifty Files

  144. I was just in lookup of this info for some time. subsequent to half-dozen hrs of I am grateful that I have identified this blog. As a final point one thing not a crap, which we examine incredibly usually. The weblog is lovingly operated and updated. So it need to be, thank you for this welcome transform.wholesale gaming computer power supply

  145. I must show my thanks to the writer just for rescuing me from such a crisis. As a result of looking throughout the world-wide-web and seeing thoughts which were not productive, I assumed my entire life was well over. Being alive devoid of the solutions to the difficulties you’ve resolved as a result of your entire site is a serious case, as well as the kind which could have in a negative way affected my entire career if I had not discovered the website. Your personal natural talent and kindness in dealing with almost everything was helpful. I’m not sure what I would have done if I hadn’t come upon such a point like this. I am able to at this point relish my future. Thanks so much for your high quality and effective help. I will not hesitate to propose your web site to any individual who needs to have counseling on this problem.

  146. Pingback: Texas DUI Lawyer
  147. Nice post on this topic. I like your blog very much because it has very helpful articles on various topics like different culture and the latest news. I am a googler and search on many topics. By searching I found this nice website. Thanks for sharing.

  148. Saya percaya bahwa perdagangan manusia juga terjadi di negara lain dan tidak hanya di Indonesia. Sebagai soal fakta, yang lain hanya hati tentang hal membuat negara-negara Asia lebih menonjol dengan aspek negatif.

  149. value of offering a quality source for free. Thanks for sharing this slide!
    I recently came across your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I don’t know what to say except that I have enjoyed reading.It is a very informative and useful post… Thank you it is good material to read this post

  150. ya iya pak,kalau ada yg bisabeli rumah , apalagi tingkat 2itu sudah pastiu korupsi. gaji umr cm cukup buat sebulan. kurang malah…

  151. Pingback: Family click here
  152. value of offering a quality source for free. Thanks for sharing this slide!
    I recently came across your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I don’t know what to say except that I have enjoyed reading.It is a very informative and useful post… Thank you it is good material to read this post

  153. this site interest me a lot because of your good insight about the topic.
    its informative with lots of ideas
    cialis

  154. Learning how to cope with stress without a cigarette in hand is difficult when we first quit smoking. But with a few tools and some practice, you’ll find it’s less challenging than you might have expected.

  155. The post is very nicely written and it contains many useful facts. I am happy to find your distinguished way of writing the post. That is great for lot of people.

  156. Interesting post and thanks for sharing. Some things in here I have not thought about
    before.Thanks for making such a cool post which is really very well written.
    will be referring a lot of friends about this.Keep blogging.

  157. the best article, but i want to make you read about Bali if you visiting to Bali island: The island of Bali has long been characterized in the west as the last “paradise” on earth a traditional society insulated from the modern world and vicissitudes, whose inhabitants are endowed with exceptional artistic talents and consecrate a considerable amount of time and wealth staging sumptuous ceremonies for their own pleasure and that of their gods-now also for time delectation of foreign visitors

  158. Hello i read this blog post and understand that they give us a most useful information.i am so glad to read this post and enjoy also.hope in future we found more useful information like this.
    Thanks
    Penny Auction Site

  159. Pingback: garasje
  160. Easy way to stop Auto run, Your pen drive.
    We are use pen drive for data transfer. But computer attack too many virus by pen drive. When we connect with PC pen drive will auto run and virus attack our PC, How we close auto run please see here. >>> Start > Run, Here write “gpedit.msc” then ok, you see new windows. Here “User Configuration” Left side Click on +,Then Administrative Templates Click on left side +, and click system . Now you see right side “ Turn off Autoplay ” Duble click here >>See Turn off Autoplay on > Here select “All Drives” >> Enabled >> Apply >> OK. Now Restart your PC. Note: Don’t open Pen Drive with Duble Click, Scan anti Virus, Open My Computer Then Open Pen Drive from Address bar popup menu select your Pendrive for open.
    free shipping nike air max shoes

  161. Labor issues has always been the most common problems that we are most experiencing today. I hope this issue will resolve soon before the end of this year.

  162. I’ve been reading your blog a few times and this is the first time I feel like I need to comment. Very nice writing indeed. Thank you for your sharing useful article. This ideas is very useful for me. I am currently doing researches on various topics.

  163. this is my favorite web site.The postings are very unique and also out standing performance with the new creativity and excellency with the new different ideas and concepts.Really I am waiting for some more new posts from you.Keep up your excellency

  164. kita memang harus adil menilai, baik juragan maupun buruh punya hak dan kewajiban….. buruh jangan hanya menuntut kenaikan gaji, sedangkan kerja mereka tidak mereka perbaiki…

  165. Create a network of people to support you. Be in it for the long haul. Relationships become stronger over time. Everyone wants to do business with people they like, so be likable. Milan Lucic Jersey

  166. superb informations sharing. Your web-site is very cool. I am impressed by the details that you’ve on this website. It reveals how nicely you understand this subject. Bookmarked this website page, will come back for more articles. olive garden coupons

  167. Thanks for an additional great article. In which else could anyone have that sort of facts in this a perfect way of writing? I own a presentation subsequent week, and I’m to the appear for such info.

  168. Excellent read, I just passed this onto a colleague who had been doing a little research for this topic. Anf the husband actually bought me lunch because I ran across it for him. Therefore i should thanks for the free lunch I got.

  169. Such post will always be inspiring i choose to read quality content so I very happy to find many good point throughout the post, writing is merely great, we appreciate you the post.

  170. This kind of post will almost always be inspiring and I choose to read quality content i really thrilled to find many good point in the post, writing is merely great, appreciate the post.

  171. We appreciate you an additional great article. Where by else could anyone have that kind of facts within this a perfect way with words? I’ve a presentation subsequent week, and I’m to the appear for such info.

  172. Excellent read, I just passed this onto a colleague who had been performing a little research for this topic. And he actually bought me lunch because I found it for him. I really should thank you for the free lunch I managed to get.

  173. I merely passed this onto a colleague who had previously been conducting a little research about this topic. And that he actually bought me lunch because I came across it for him. And so i should thank you for the free lunch I obtained.

  174. There is definitely a great deal of that you can study the following. The minds are really superior because of this. I see an excellent foreseeable future with this

  175. I wish to appreciation for this particular enlightening read through; I truly take pleasure in revealing a great. I will come back all over again. Cheers..!!

  176. Surely an incredible web site you may have inside listed here indeed. appreciate it to the reveal as well as present to my best mate. Astounding indeed.

  177. I adore publications very much considering that I discovered lots of particulars from it. It is now that I comprehend that I could also attain something notable online. Thanks for designing this fantastic internet site.

  178. Wonderful site post concerning this matter,For a nice and just lately within your blog site a few times at this moment.I merely want to claim howdy along with exhibit my personal thanks for the tips given.

  179. If you are a player looking to improve yourself or if you’re a coach looking for wasy to better your strategies and instruction, we feel confident that this material will be well worth your time. Visit our site to find articles, tips and reports designed to help you improve your football skills.

  180. I admire this site post concerning this matter,For a nice and just lately within your blog site a few times at this moment.I merely want to claim howdy along with exhibit my personal thanks for the tips given.

  181. Thanks for discussing your ideas. I’d personally also like to mention that video games have been ever evolving. Modern tools and revolutions have assisted create practical and fun games. These kind of entertainment video games were not that sensible when the concept was being tried out. Just like other kinds of know-how, video games also have had to advance by many years. This is testimony towards fast growth of video games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *