Gempa : Persiapkan Untuk Yang Paling Besar

Gempa Padang kemarin menyayat hati kita semua. Sekian banyak korban telah berjatuhan. Ditambah lagi dengan beberapa kabar mengenai kesulitan penyampaian bantuan kepada yang membutuhkannya.
Dan, kemudian muncul berita bahwa masih akan ada gempa besar lagi. Gempa Padang ini ternyata bukan yang terakhir.

Dikutip dari Washington Post :

“Kerry Sieh, an American seismologist at Singapore’s Nanyang Technological University, said Sumatra’s current seismic spasms began in 2000 and have since produced about 30 quakes. Far worse is yet to come”

Over the centuries, he said, the Mentawai patch has had long periods of calm followed by several decades of intense and dangerous activity.
By using coral to measure changes in sea level and other factors, Sieh and fellow scientists have identified three distinct periods of activity, each roughly 200 years apart, since the early 14th century.

Sumatra’s current seismic turmoil, he said, marks the fourth such episode and, like previous ones, will probably end with a massive quake. The last catastrophic temblor was in 1833.”

Pendapat Kelly Sieh ini juga dibenarkan beberapa pakar gempa Indonesia, yang menyatakan bahwa masih ada energi tektonik yang masih belum terlepaskan, dan bisa kembali meledak sewaktu-waktu.

Apakah kita mau mengalami gempa Padang ini lagi ? Kalau soal keinginan, tentu tidak. Namun, takdir tidak bisa ditolak.
Nah, satu hal yang BISA kita lakukan adalah mempersiapkan diri, agar ketika gempa terjadi kembali, maka korban bisa kita hindarkan.

Jangan sampai kembali jatuh korban sampai sebanyak dan separah berbagai gempa yang sudah terjadi. Kita, bangsa Indonesia, harus bisa belajar dari pengalaman kita.

Indonesia perlu memiliki sebuah badan Pusat Manajemen Bencana.

Badan ini perlu melakukan antara lain :

  • Pencegahan : Beberapa bencana sebenarnya bisa dihindari. Atau, paling tidak bisa dihindari jatuhnya korban.

    Contoh: aturan mengenai pembuatan gedung (harus tahan gempa, kabel listriknya anti korslet, dst), pemasangan detektor tsunami, pemasangan detektor badai, dst

  • Respons & Koordinasi : Pada saat bencana, badan ini menjadi pusat koordinasi untuk semua pihak yang terlibat dalam respons / bantuan dalam bencana tersebut.

    Dengan demikian, maka bantuan bisa :

    1. Cepat : sampai ke korban
    2. Tepat : untuk korban, bukan untuk yang lain
    3. Sesuai : dengan kebutuhan korban
  • Pemulihan : Paska bencana, badan ini bertugas untuk membantu pemulihan. Sehingga para korban bisa segera kembali pada suasana pra bencana dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Mudah-mudahan badan ini sudah ada, dan bisa makin optimal dalam menjalankan tugasnya. Atau, jika belum ada, bisa segera dibentuk, dan bisa segera berfungsi sebelum bencana berikutnya terjadi.

Terlampir adalah email saya ke milis Telematika seputar hal ini :

From: Harry Sufehmi
To: Telematika@yahoogroups.com
Cc: “Onno W. Purbo”

> bahwa kegiatan bantuan baru akan efektif berdaya guna apabila ada
> sinergi dan kerjasama diantara kita

Apakah sudah ada pusat koordinasi untuk semua kegiatan bantuan di Sumatera Barat ?

Jika belum, mungkin bisa mencoba Sahana, software Disaster Management : http://www.sahana.lk/

Software ini sudah digunakan di berbagai kegiatan bantuan kemanusiaan di beberapa bencana.

Semoga bermanfaat.

NB: Ada kemungkinan gempa-gempa yang lebih besar akan terjadi lagi di masa depan di Padang,

Dari : http://www.washingtonpost.com/wp-dyn/content/article/2009/10/01/AR2009100102113.html?hpid=artslot

“Kerry Sieh, an American seismologist at Singapore’s Nanyang Technological University, said Sumatra’s current seismic spasms began in 2000 and have since produced about 30 quakes. Far worse is yet to come”

Over the centuries, he said, the Mentawai patch has had long periods of calm followed by several decades of intense and dangerous activity.
By using coral to measure changes in sea level and other factors, Sieh and fellow scientists have identified three distinct periods of activity, each roughly 200 years apart, since the early 14th century.

Sumatra’s current seismic turmoil, he said, marks the fourth such episode and, like previous ones, will probably end with a massive quake. The last catastrophic temblor was in 1833.”

Jadi ini adalah seri gempa ke empat.

Tentunya kita berharap bisa belajar dari 3 pengalaman sebelumnya.
Tapi, apakah pemerintah kita mau ?

Dikutip :

“There is NO place in the world that has more wake-up calls than Padang,” Sieh said. But getting governments to focus on catastrophes out of immediate view is difficult.”

“Earthquakes in and around Sumatra are “becoming more frequent and of higher intensity,” said Haryadi Permana, a geologist at the Indonesian Science and Technology Agency. A massive quake is likely in the coming decades, he said, but “it is impossible to predict when.”
He said scientists have long warned that Padang and other towns were under threat, but “the government never cared about that.”

Sebaiknya bisa ada Badan Nasional Manajemen Bencana. Atau, paling tidak propinsi Sumatera Barat mengadakannya sendiri.

Negara / propinsi lainnya sudah ada beberapa yang mengimplementasi skema ini, jadi kita tidak perlu membuat dari awal. Kita bisa ambil & belajar dari pengalaman mereka.
Beberapa bahan bacaan :

http://star-tides.net/node/511
http://www.mscema.org/index.php?name=Downloads&c=2

Mudah-mudahan jika ada bencana nasional lainnya yang terjadi — apakah itu banjir, badai, gempa, kebakaran, dll; maka kita sudah siap.

Tidak terjadi kepanikan menghadapinya, bisa segera mengatasinya, dan kemudian bisa segera pulih kembali dari bencana tersebut.

Salam, HS

On 10/3/09, Pataka ID wrote:
> Salam,
>
> Kemaren dan hari ini via TNI AL (kapal cepat jenis LST) telah mengangkut
> puluhan truck dari TNI, PU, BNPB yang diantaranya terdapat sejumlah alat
> pengolah air (water treatment). Coba ditelusuri, besar kemungkinannya apa
> yang dicari dan dibutuhkan sudah ada di lapangan tapi belum terinformasikan.
> Kami di Yayasan AirPutih sekarang ini memulai membangun jaringan (orang dan
> lembaga sesama aktivis & inisiatif penanggulangan bencana) untuk saling
> bertukar informasi dan data serta membantu menyebarluaskannya pada yang
> lain. Lakukan hal yang sama di lingkungan & organisasi anda. Kadang karena
> kesibukan & konsentrasi pada bidang tugas dan keahlian masing2 kita jadi
> lupa bahwa kegiatan bantuan baru akan efektif berdaya guna apabila ada
> sinergi dan kerjasama diantara kita, karena satu sama lain akan saling
> terkait dan saling membutuhkan sumber daya dan keahlian yang dimiliki.
> Tidak bisa berdiri sendiri.

909 thoughts on “Gempa : Persiapkan Untuk Yang Paling Besar

  1. seharusnya kita menjadi orang2 yang pandai mengatasi dan meminimalkan dampak bencana….
    bencana, sepertinya gencar melatih kewaspadaan kita…

    Mitigasi Bencana, hal yang perlu dan penting di tanah Indonesia

  2. aturan mengenai pembuatan gedung (harus tahan gempa, kabel listriknya anti korslet, dst) …

    di Jepang memang begitu aturannya, malah harus disimulasi dulu dgn konstruksi yg akan dibuat dan bahan2 yg akan dipakai.
    Tapi ini kan mahal sekali !

    Apalagi kalau bangunan2 yg sudah berdiri saat ini perlu \rombula\ alias dirombak bangun ulang

  3. Perlu dipikirkan juga dari segi budaya. Kultur merantau orang Minang itu sebetulnya cocok buat daerah rawan bencana seperti di Indonesia. Kalo memang tanah air rawan bencana, maka perluaslah diaspora genetika dengan merantau, sehingga keturunan dan budaya tidak musnah kalau tanah air tersapu bencana.
    Begitu juga orang orang di perantuan, pastilah orang yang paling concern dan punya kemampuan secara finansial untuk membantu keluarga di tanah air yg terkena bencana.

  4. Mungkin tata kota daerah rawan bencana, seperti di pantai barat Sumatra dan pesisir selatan Jawa perlu di tata kembali, dengan mulai membangun bangunan yg tahan gempa dan letak2 bangunan tsb

  5. Sudah saatnya memang bangunan di indonesia memperhatikan faktor gempa agar dapat mengurangi korban ketika gempa terjadi.

  6. harus nya kita lbh meningkat kan antisipasi terhadap bencana alam,tp semua itu yg di atas aja yg mengatur ya…kita pasrah diri kepada sang pencipta…

  7. Kita menangis di karenakan saudara kita terkena musibah, tapi pasti semua ada hikmahnya, mungkin Tuhan memberikan itu agar kita lebih peduli terhadap saudara2 kita yang lain, musibah yang dimulai gempa Aceh, Jogja, Jabar kmrn, dan sekarang Sumatera Barat, kita harus bersatu, karena kita adalah bersaudara

  8. Innalillahi Wainnaillahi Rojiun…
    mari teman2 kita berdoa selalu, agar semua cobaan ini bisa kita hadapi bersama

  9. Gw ngerasa dunia ini makin berubah, mungkin gara-gara efek global warming, mulai sekarang jangan lah kita merusak bumi ini, dimulai dari lingkungan sekitar aja dulu, jangan buang sampah sembarangan, lebih2 di sungai, gw pengen nangis ketika gw liat orang buang sampah seenaknya di daerah sekitar jakarta

  10. gempa I di bulan puasa merupakan peringatan agar kita lebih tekun beribadah, perbanyak amal ibadah, berserah diri ketika gempa itu adalah perlindungan terbaik.

  11. Bencana datang ga diundang pergi tak diantar…kaya jailangkung aza…tp plz bapak2 ahli geologi spy bs meramalkan gempa dengan akurat…terimakasih

  12. Dibalik bencana pasti ada hikmahnya, semoga kita lebih memperhatikan kekuatan bangunan karena kita berada di zona yang rawan gempa bumi

  13. Saya denger denger kalau Bali bakal diguncang gempa berkekuatan 8.8…. SEREM bgt!

    Semua ga terjadi deeeh!!!

  14. menurut para ahli…indonesia termasuk berada pada sabuk bumi yang sangat perpontensi terjadi gempa….mm ngeri juga ya…d

  15. tadi malam juga ada isue lampung akan di guncang gempa hebat, tetapi ternyata tidak terjadi…., jadi tetap waspada dgn isu2 yang tidak tau asal usel dan kebenrannya

  16. maaf bukannya saya sok tahu 😀 , tapi menurut saya hal ini mungkin memang akan terjadi.

    Gempa yang diikuti oleh sapuan air atau sunami…

  17. Andai warga sumbar belajar dulu tips ini pasti tidak akan banyak korban jiwa,,,sumbar dan sekitarnya telah terjadi gempa,,,semoga saja kedepan Indonesia tidak terjadi gempa lagi

    salam

    fikri

  18. sangat perlu diperhatikan, hendaknya pemerintah meningkatkan kecerdasan tanggap darurat sipil seperti di australia, penanganan cepat, bersih( tidak ada korupsi ) , tepat sasaran. karena dilandasi rasa kemanusiaan yang tinggi. yang lain, siaga aja deh termasuk hue.

  19. Semoga bencana alam tidak terus berlangsung di negara kita. Dan pemerintah supaya lebih memperhatikan keadaan para korban. Saya turut Berduka cita atas korban2 gempa.
    @elang: Kemarin disini juga ada isu lewat sms bahwa daerah surabaya dan malang akan terjadi gempa berkekuatan 8 SR. ternyata tidaj terjadi. Saya harap yang melakukan isu tersebut jika bermaksud baik ya gak apa2 tai jika bermaksud iseng supaya sadar akan akibat isu tersebut.

  20. buktikan kita berdaya
    tunjukkan kita punya cinta

    Pelanggan esia :
    ketik SUMBAR kirim ke 5000

    Telkomsel :
    ketik SUMBANG kirim ke 5000

    XL :
    ketik SUMBAR kirim ke 2000 (untk bantuan rp 2000, atau)
    Ketik SUMBAR kirim ke 5000

    Indosat :
    ketik SUMBAR kirim ke 5000

    FLEXI :
    ketik PEDULI kirim ke 5000

    Selamatkan korban gempa dari kelaparan dan kehausan via SMS, Untuk pelanggan Telkomsel, Indosat, Xl, Axis, Flexi dan Esia dapat berpartisipasi membantu korban gempa padang……

  21. turut berduka cita sedalam dalamnya.bencana alam tidak henti hentinya menghantam negri tercinta ini.kita sebagai manusia hendaknya sadar bahwa tuhan telah menegur kita.hendakny kita mulai mulai berbenah diri dan berkaca dari kesalahan terdahulu.artikelnya bagus banget.link kamu udah gw tarok di web gw di http://kamera-pengintai.blogspot.com kalo bisa di backlink ya..makasih banyak.

  22. Meramalkan gempa bisa dgn memantau aktifitas gempa2 kecil dan gempa2 di area lempeng sekitarnya. Gempa di atas M 5 bbrp kali trjadi di sulut, sulteng, ambon, manokwari, timor leste. Dari riwayat gempa yg blm prnah adalah bali dan jawa timur

  23. memang berat hidup di dalam garis ring of fire. jadi siap2 aja di goncang gempa. eh kalimantan ada gunungnya ga sih?

  24. Perlu kesadaran sebagai manusia yang bertuhan dan sebagai manusia yang diberi ilmu pengetahuan. Sebagai manusia yang bertuhan, semoga menjadi bahan renungan untuk lebih dekat kepada-nya. Sebagai manusia yang diberi ilmu semoga memacu untuk mempersiapkan diri dengan antisipasi yang lebih baik untuk mengurangi dampak buruk gempa.

  25. Tiada bosan bosannya mengajak sahabatku untuk melangkah….

    “Demi Masa sesungguhnya manusia itu merugi”

    Sebab tiadalah semua ini kecuali kembali kepada Fitrah Diri
    Mari bersama kita saling mensucikan diri menuju Illahi Robby
    Membersihkan diri melangkah menemukan diri sebenar diri
    Mulai menghampiri DIA tulus ikhlas karena CINTA
    Meraih keselarasan diri dalam Ketenangan Jiwa
    Menjadi Manusia seutuhnya meliputi lahir bathin
    Dahulu datang putih suci bersih
    Mudah mudahan kembali suci putih bersih

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

  26. Karena tuhan sayang dengan kita maka tuhan pasti memperhatikan kita. Dengan cara menguji tingkat kesabaran dan ketabahan kita.

    Bencana yang terjadi akhir-akhir ini adalah sebuah ujian yang harus kita hadapi untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar yaitu meningkatnya keimanan kita.

    semoga saudara-saudara saya dan saudara kita semua diberika kekuatan untuk menghadapi ini semua.

    Salam satu jiwa Arema.

  27. BismilLah.
    Saat membaca judul ini, saya kaget … serem sekali, subhanalLoh. Tapi setelah dibaca, lho koq lain ya … ah seringkali memang pikiran kita berbeda, bahkan mungkin juga berbeda dengan para pembaca.

    “Persiapkan Untuk Yang Paling Besar” itu bagi saya adalah persiapan Hari Akhir. Hari dimana semua kehidupan akan dimusnahkan oleh Alloh Ta’ala. Dan hari itu adalah hari terburuk bagi siapa saja yg masih hidup. Semoga Alloh menyelamatkan diri kita keburukannya, Amin.

    Sains saat ini begitu “mempesona” alam pikiran kita. Sehingga hampir2 meniadakan “kelembutan” hati dan cuma meninggalkan “kekhawatiran” yg sangat. Sayangnya kemudian pikiran galau kita ditimpa oleh materialisme sempit, sehingga “hanya” memikirkan keselamatan badaniah. Lalu dimanakah keselamatan rohani kita?

    Ada banyak syariat yg telah ditinggalkan manusia, dan kita berbangga dengan hal ini. Semuanya bermuara pada “kerakusan” mulut manusia. Tak adakah Alloh Ta’ala dihadapan kita? Sadarkah bahwa Tuhan telah hilang dari lubuk hati kita, bahkan saat2 gempa melanda …

    Hanya teriakan takbir, sejenak setelah aman … takbir pun hilang. Seminggu, dua minggu … sebulan, dua bulan … kembalilah maksiyat, seperti kembalinya biawak ke lubangnya. Masjid hanya jadi tumpahan pengungsi. Saat kumandang adzan … sedikit sekali yg “berusaha” menghadiri jama’ahnya. Sedikti sekali, bahkan lebih sedikit saat ibadah shubuh ditegakkan … subhanalLoh …

    Untuk paragrap yg terakhir itu … adakah teknologi kita yang sanggup mengubahnya ? Manajemen apa yg hendak kita tawarkan, wahai saudaraku ? Bila muslimin tegak di masjid, mereka akan tegar hadapi musibah … walLohu a’lam.
    NB: Untuk pemeluk agama selain Islam, mungkin hampir sama pengertiannya.

  28. Ternyata bumi kita semakin renta, alam semakin lemah, dan manusia semakin tak berdaya, semoga semua kejadian ini memberikan i’tibar dan renungan kepada kita semua, artikel yang sangat informatif mas, i like it……….

  29. menurut para ahli…indonesia termasuk berada, ternyata bumi kita, Hanya teriakan takbir, sejenak setelah aman … takbir pun hilang. Seminggu, dua minggu … sebulan, dua bulan … kembalilah maksiyat, seperti kembalinya biawak ke lubangnya. Masjid hanya jadi tumpahan pengungsi!!!

  30. Menurut saya saat ini Indonesia sedang mengalami cobaan untuk menjadi negara yang lebih kuat lagi.. di sini kita semua diuji oleh yang maha kuasa sejauh mana rasa solidaritas kita sesama bangsa Indonesia.. Apakah kita bangsa sanggup memikul tanggung jawab sebagai bangsa yang besar nantinya.

  31. Manusia tidak boleh putus asa, Tuhan memberi cobaan tidak akan melebihi kemampuan ummatNya..Ikhtiar dan Berdoa

  32. Mungkin tata kota daerah rawan bencana, seperti di pantai barat Sumatra dan pesisir selatan Jawa perlu di tata kembali, dengan mulai membangun bangunan yg tahan gempa dan letak2 bangunan tsb

  33. Perlu dipikirkan juga dari segi budaya. Kultur merantau orang Minang itu sebetulnya cocok buat daerah rawan bencana seperti di Indonesia. Kalo memang tanah air rawan bencana, maka perluaslah diaspora genetika dengan merantau, sehingga keturunan dan budaya tidak musnah kalau tanah air tersapu bencana.
    Begitu juga orang orang di perantuan, pastilah orang yang paling concern dan punya kemampuan secara finansial untuk membantu keluarga di tanah air yg terkena bencana.

  34. Beberapa bulan yang lalu saya diperkenalkan dengan band yang bernama GRIBS. Band ini beraliran rock, mungkin lebih tepatnya 80’s Rock. Ini persepsi saya pribadi, jadi mungkin keliru, so CMIIW. Anyway, kira-kiranya demikian?

  35. hidup ini hanya layaknya bermain. sekarang makan terus mandi kerja, tidur dan seterusnya. terus diulang tanpa henti.
    namun apakah itu tiada arti, sangat berarti bagi yang tau apa itu arti yang dia alami.
    so perisapkan diri untuk mengerti apa yang kamu alami.

  36. Dari hasil yang saya pantau selama merasakan dan berada di lokasi gempa 30 September 09. Bangunan yang banyak roboh adalah mesjid. Ini artinya pondasi, tiang dan dinding yang dibuat tidak memiliki kontruksi yang sangat kuat. padahal ini tempat ibadah yang dominan dibangun dengan dana swadaya. Setidaknya harus diperhatikan juga kontruksi bangunannya.

    Mentang2 untuk masjid, bangunannya koq asal…piye iki dot com?

  37. Perlu dipikirkan juga dari segi budaya. Kultur merantau orang Minang itu sebetulnya cocok buat daerah rawan bencana seperti di Indonesia. Kalo memang tanah air rawan bencana, maka perluaslah diaspora genetika dengan merantau, sehingga keturunan dan budaya tidak musnah kalau tanah air tersapu bencana.
    Begitu juga orang orang di perantuan, pastilah orang yang paling concern dan punya kemampuan secara finansial untuk membantu keluarga di tanah air yg terkena bencana.

  38. qt prihatin dengan keadaan bumi indonesia..sungguh diluar dugaan..dalam 2 bulan dilanda gempa terus..kaya goyang dombret..qt sedang diuji ksabaran oleh Allah swt..semoga bangsa indonesia dapat menjalani dengan tabah amien…

  39. Semoga gempa yg ada di indonesia segera berakhir..
    Dan smoga semua sodara qt yg meninggal dunia karena gempa, diberikan tempat yg istimewa disis-Nya dan yg msh hidup diberi kesabaran dan kekuatan dalam menjalani kehidupannya..amin

  40. saya berasal dari sumbar, tepatnya padang, pusat kota memang banyak yang rusak.,
    mudah2an sumbar cepat pulih.,

  41. kita sbg manusia hanya bisa berusaha, berdoa dan berserah diri kpd Tuhan. Berusaha ttp tenang, berusaha mmenolong sesama, untuk menghindarkan jml korban yg byk. Berdoa agar musibah td menimpa kita….berdoa untuk sodara2 yg trkena musibah. berserah diri pd tuhan…stlh segala daya upaya kita curahkan…toh semuanya milik tuhan..dan akan kembali kpd tuhan

  42. di Jakarta sore tadi Gempa lagi, semoga ini peringatan bagi kita kita semua agar lebih Tawakal dan berserah diri kepada Nya karena hanya Allah yang paling menguasai segalanya..

  43. semoga perkiraan bahwa akan terjadi gempa lagi yang lebih dahsyat tidak pernah terjadi, kalaupun Tuhan menghendaki hal itu terjadi semoga kita bisa lebih dewasa, cerdas, dan lebih tanggap menghadapi permasalahan yang ditimbulkan bencana tersebut. Semoga Sumatra Barat bisa kembali menjadi daerah yang cantik lagi seperti dulu.

  44. setiap musibah selalu ada hikmah. Setiap hikmah harus dijadikan pelajaran. Dan itu semua memang nyata dan terjadi berulang2. Tinggal kita saja, bisa mengambil hikmah itu atau tidak.

  45. belajar dari berbagai bencana yang ada,seharusnya pemerintah mulai berpikir untuk membenahi manajemen bencana sehingga selalu siap dalam menghadapi bencana yang setiap saat muncul..terlebih lagi indonesia rawan akan gempa…dan masyarakat juga harus mulai bisa “bersahabat” dengan gempa bumi..

  46. Berulang kali kita diguncang gempa dan berulang kali juga kita tidak siap. Kenapa kita tidak pernah mau belajar.
    Tanyakan kenapa?

  47. Mari kita persiapkan diri kita dengan bekal ilmu dan amal, seandainyapun kita menjadi korban gempa, toh kita sudah siap dengan bekal amal shalih..amiin

  48. Bencana bukan karena adzab, Allah terlalu mencintai Indonesia, selalu mengingatkan kita untuk tidak terlalu jauh lupa pada-Nya.

    Semoga kita bisa mengambil hikmah dari semua yang terjadi pada negeri kita…. Amin.

  49. termasuk tanda2 kiamat besar ini boz… seharusnya semakin sadar donk bangsa ini.. pergaulan dikalangan remaja juga semakin mengerikan

  50. jika kita hubungkan dengan yang kita lakukan pasti banyak hikmah yang terkandung dari kejadian tersebut dan mungkin itu peringatan buat kita semua…

  51. Info yang sangat berguna.. Jadi ngeri bila terus – terusan seperti ini, bukan apa – apa kasihan yang terkena musibah.. apalagi jika bantuan yang diberikan malah dipersulit, atau dilama-lamakan menumpuk digudang. udah banyak tuh yang di lansir di media-media cetak maupun elektronik. bantuan terus bertambah tetapi korban semakin dalam kesedihan karena gak menerimanya.. moga-moga aja mereka terus diberi ketabahan.. Amin.

  52. gw kebetulan tinggal di sumatra nieh..mungkin untuk masyarakat sekitar ring of fire harus terus menerus di ingatkan akan kemungkinan datang nya gempa yang bisa terjadi setiap saat. dan pemerintah harus bijaksana dan bukan terkesan menakut nakuti masyarakat

  53. tapi biasanya pemerintah kita mana mau mikir gituan?peduli gempa pas dekat2 pemilu..buktinya kepedulian partai hampir nihil di gempa kali ini.

  54. termasuk tanda2 kiamat besar ini boz… seharusnya semakin sadar donk bangsa ini.. pergaulan dikalangan remaja juga semakin mengerikan

  55. kalo di lihat dari sisi ilmu alam negara kita berada di antara di 3 lempeng (CMIIW) ya memang sudah lumrah akan sering terjadinya gempa.

    kalo di liat dari sisi agama/spritual sepertinya Allah sudah mulai jenuh liat kelakukan umat manusia yang sudah tidak punya norma2 lagi. sex sudah tidak ada batasnya lagi, bayangkan aja anak smp udah ada yang ga perawan lagi. wew….mau gmn lagi.. arus modernisasi tidak bisa dibendung,seharusnya mulai dari diri dan rumah sendiri harus membentengi diri. sekian dan terima kasih 😀

  56. mungkin karena di tanah air ini, selama ini telah di lakukan proses penambangan secara besar-besaran dengan tanpa memperdulikan faktor keseimbangan alam, setiap hari kandungan bumi di keluarakan, seperti besi,tembaga,emas,batu bara,minyak dan lainnya, dan dari semua itu tanpa kita menjadi ahli geologi juga bisa membuat logika sederhana , bahwa proses penambangan secara gila-gilaan itu mengakibatkan keroposnya bagian bumi, karena system metabolisme yang telah di bentuk alam yang telah membuat bumi ini kuat dan padat, jadi tak karuan, kropos,tak stabil, lebih banyak yang keluar dari yang masuk,…etc

    Di negara-negara lain juga di lakukan penambangan yang tidak kalah besarnya di banding penambangan di tanah air, tapi mungkin saja mereka lebih cermat dan memperhitungkan faktor keseimbangan alam , sedangkan , di tanah air mungkin orang berfikir persetan dengan keseimbangan alam, yang penting untung dan kaya….

    kalau cuma pasrah, sudah kehendak Tuhan, maka orang tidak akan belajar menciptkan solusi 😀

  57. Walaupun gempa besar menewaskan 6.000 orang telah mengguncang kotaku, Jogja, tapi sampai sekarang saya masih was-was kalau terjadi gempa lagi.. Semoga artikel anda bermanfaat bagi semua.. Prepare for the worst memang penting.. Trims..

  58. semoga arwah para korban diterima disisiNya, dan yang ditinggalkan dapat lebih tabah menghadapi cobaan ini.
    Penanganan gempa diharap makin lama makin membaik

  59. aduhhh kalau memang bener akan ada gempa lagi, semoga bisa mencegah korban ga sebanyak yang kemarin2 itu..

    nyiris bgt liat gempa yang kemaren itu…

    mungkin kita juga harus sudah mulai latihan, sikap menghadapi gempa seperti di jepang *secara negara itu kan juga sering bgt terkena gempa*

  60. Memang sebaiknya mulai sekarang kita harus waspada. kalaupun memang harus menghadapi gempa yang akan datang. kita semua bisa meminimalisir korban jiwa.

  61. Sepertinya Pemerintah Indonesia tetap saja tak jauh lebih baik dalam penanganannya yaa…seringkali yg datang pertama kali membantu dan mengatasi adalah pihak swasta dan lembaga nirlaba internasional…kenapa tak belajar saja dari mereka dari segi manegerial nya yaaa….

  62. Lha pemerintah malah korupsi aja pekerjaannya, di negara-negara berkembang itu jarang ada sosok negarawan yang mikirin kesusahan rakyat, kebanyakan politisi busuk yang cuma mikirin perutnya sendiri. Gempa terjadi mereka cuma pura2 prihatin saja…

  63. Sebaiknya kita meniru teknologi Jepang, ada aturan gedung2 konstruksinya tahan gempa, di sana memang begitu aturannya, malah harus disimulasi dulu dgn konstruksi yg akan dibuat dan bahan2 yg akan dipakai.

  64. di Jepang memang begitu aturannya, malah harus disimulasi dulu dgn konstruksi yg akan dibuat dan bahan2 yg akan dipakai.

  65. ” the Mentawai patch has had long periods of calm followed by several decades of intense and dangerous activity.” I have always been interested in the patch and in fact done a report on it for
    University

  66. setuju sekali, pak.
    memang banyak dari kita berharap bahwa kejadian ini tidak terulang tapi hal ini rasanya tidak mungkin. yang penting adalah bagaimana kita bisa menghadapinya dengan benar2 siap saat gempa ataupun bencana datang.

  67. setela pdang sekarang giliran maluku yang kena gempa…ole krn itu sy mengajak teman2 untuk menyalurkan dana bantuan krn kita ketaui bersama indonesia rawan gempa dan anda di kepulauan manapun bisa terkena gempa jadi kesimpulannya mari kita saling menolong sesama anak bangsa.wassalam

  68. tawakal dan pasrah kepada Allah,tinggalkan maksiat,mudah-mudahan bencana tidak menimpa kita lagi,tapi yakinlah dibalik bencana pasti ada hikmah dari Allah SWT

  69. Gempa, hal yang seharusnya sudah menjadi hal yang patut diantisipasi. Untuk saat ini yang saya lihat sudah ada kesadaran akan gempa yang kuat.
    Contohnya di Sumatra Utara, di daerah saya saja kondisi cuaca buruk sudah membuat warga untuk tetap antisipasi jika gempa datang.

  70. Wah, bagus nih artikelnya sangat membantu sekali. Lain kali jangan lupa untuk mengunjungi http://www.direktori-iklan.com dan http://www.referensi-iklan.com ya!!! Di sana Anda dapat memasang iklan atau mempromosikan website Anda secara GRATIS dan dapat pula meningkatkan traffic website Anda secara singkat !!!Tersedia juga berbagai ebook dan software premium untuk didownload secara FREE juga.Nah, jangan lupa beri komentarnya ya ! dan tukar/pasang linknya juga. Salam Sukses Selalu !!!

  71. I guess these Earthquakes and disasters threat the tourism there. Anyway national tourism is the U.S. is far more developed and secure. Check this site out if you need to know where and how would you like to spend your vacations.

    http://www.raveable.com/

  72. Semoga kita semua bisa mengatasi permasalahan ini dengan lebih baik, dan yang ditimpa musibah semoga mereka diberi ketabahan dan yg meninggal diterima disisi Allah SWT, Amiin…

  73. Menjaga lebih baik, daripada mengobati.
    Jaga lingkungan, jaga diri, keluarga dan masyarakat dari perbuatan2 maksiat. Agar alam ini juga senang dgn kita.

  74. Memang benar. Sesuatu hal baik, pastinya ada persiapan. Pendapat Anda saya setuju sekali.

    Jangan sampai kita “anget-anget tahi ayam”. Pas da gempa di Padang, kita semua berfikir, merenung. Tapi baru berapa minggu, bulan dah ilang semua. Usaha ini harus terus dilaksanakan. Secar kontinyuitas. Ass

  75. Harusnya persiapan penanganan gempa sudah direncanakan jauh hari sebelumnya. Gempa itu tidak akan membunuh orang, yg membuat timbulnya korban adalah karena ulah manusia sendiri, bangunan yang runtuh, itu kan sebenarnya ada aturan yang harus diikuti

  76. واتقوا فتنة لا تصيبين الذين ظلموا منكم خاصة واعلموا أن الله شديد العقاب
    Takutlah kalian kepada fitnah yang tidak hanya menimpa orang-orang yang zholim diantara kalian secara khusus”. (QS. Al-Anfal : 25).

    seharusnya semua elemen bangsa ini, mulai dari pemimpin hingga seluruh lapisan masyarakatnya meresapi ayat ini yang mengisyaratkan bahwa Tuhan tidak menimpakan musibah/bencana hanya kepada orang2 yang zalim, tetapi juga kepada orang-orang disekitarnya. karena itu, sudah sepatutnya gempa yang terjadi bertubi2 di bumi pertiwi ini untuk menggerakkan nurani kita untuk melakukan tobat secara keseluruhan serta berkaca pada masing2 diri; apakah kita sedang berlaku zalim? Jangan sampai kita yang berlaku zalim, korup, berlaku munkar, namun pada gilirannya mengundang murka Allah, Tuhan alam semesta, yang akibatnya menimpa semua orang di sekitarnya…..

  77. Wilayah Indonesia memang dilalui patahan yg menyebabkan gempa. Seharusnya pemerintah bisa meminimalkan korban dan kerusakan dengan membuat aturan mengenai bangunan rumah, ktr , mall dll agar dpt menahan gempa, gitu loh.

  78. Hanyalah mengatasi apa yang telah terjadi, dengan rencana kedepan untuk lebih tanggap agar dapat mengurangi jumlah korban. Belajarlah lebih banyak kepada orang Jepang!

    Iaman

    Pemancar TV dot com

  79. Dunia sudah semakin tua, banyak keindah duniawi yg telah dirusak oleh oknum2 yg tidak mengerti keindahan. Hanya diri kita sendiri yg bisa menularkan hal2 baik kepada lingkungan. Inilah coba yg diberikan kepada kita

  80. Bencana alam memang datangnya selalu gak terduga, kita sebagai umat manusi hanya bisa berdo’a saja supaya bencana tersebut tidak terjadi di tempat tinggal kita…

  81. bencana terjadi karena perbuatan manusia yang telah melampaui batas membuat kerusakan di bumi sudah sepantasnya untuk instropeksi diri.limits

  82. Harusnya dari sekarang pemerintah melakukan tender pembangunan rumah tahan gempa ..biar lebih aman..

  83. Setiap warga mestinya berupaya untuk bersiaga dalam menghadapi bahaya gempa seperti ini yang mungkin datangnya tak diduga-duga.
    Jika perlu tiap desa nmengadakan latihan menghadapi bahaya gempa. Tak harus menunggu dari bupati atau Gubernur.
    Terima kasih artikelnya.
    Salam dari Surabaya

  84. Gempa merupakan fenomena alam yang tak bisa diduga. oleh karena itu mereka yang tinggal di tempat berbahaya harus mendapatkan penjelasan yang memadai cara menghadapi bahaya gempa agar korban dapat diminimalisir.
    Latihan perlu diadakan secara berkala.
    Salam dari Jombang

  85. Ya kalo sudah tahu daerah gempa, usahaka tidak tinggal dsitu, ato kalo terpaksa tinggal buat rumah dari kayu. Cari aman aja deh.

  86. Memang sudah saatnya untuk mulai membina masyarakat kita agar tanggap bencana gempa bumi. Nyatanya, memang tidak ada tempat yang benar2 aman di bumi Indonesia ini dari gempa bumi. Kecuali Pulau Kalimantan. So, sudah saatnya, prilaku masyarakat dibina agar tanggap bencana gempa bumi…

  87. kita hanya bisa berdoa supaya tidak terjadi bencana . .
    klo pun terjadi seperti yang dikatakan mas..berharap agak badan berwenang dapat bertindak efektif dan efisien..

  88. Semua kondisinya sama saat terjadi bencana di negeri ini. Apa itu? Jawabnya “KOORDINASI AMBURADUL” bantuan tidak segera disebar hanya masalah prosedur. Ini memprihatinkan sekali!!

  89. Setiap warga mestinya berupaya untuk bersiaga dalam menghadapi bahaya gempa seperti ini yang mungkin datangnya tak diduga-duga.
    Jika perlu tiap desa nmengadakan latihan menghadapi bahaya gempa. Tak harus menunggu dari bupati atau Gubernur.
    Terima kasih artikelnya.

  90. Article must be awesome except i dont understand them. Base on the number of comments. Wish I can read them.

  91. gempa, tsunami, cicak, buaya.. rusak negara ini karena maksiat manusia. bertobatlah..

    salam kenal bos dari dudi tasikmalaya.

  92. Antisipasi bisa kita lakukan untuk gempa:
    1. Setiap bangunan yang hendak didirikan harus dirancang anti gempa.
    2. Pendidikan gempa dimasukkan dalam kurikulum sekolah.
    Saya yakin kalau dua hal itu bisa dilakukan akan meminimalisir korban gempa.

  93. Semoga gempa dan bencana alam lainya tidak akan terjadi lagi, walaupun itu terjadi, jangan sampai jatuh korban yang terlalu banyak…

  94. Siaga….itulah mestinya kata yang tepat untuk di ingat. Gempa sumatera terjadi beruntun karena berada dalam daerah pertemuan lempeng australia, asia, amerika sehingga terjadi tabrakan.
    Semoga aja tidak terjadi patahan lempeng di laut yang akan berakibat pada tzunami.

  95. kalo memang sampai saat ini belum ada teknologi yang sanggup meramalkan dengan tepat kapan dan dimana terjadinya gempa, mungkin yang bisa kita lakukan hanyalah bersiap lahir dan batin bila suatu saat jadi korbannya..heppy blogging, nice article mas

  96. Sebaiknya gempa tidak di lihat dari segi alam saja melainkan dari segi yang lain. Dan itu yang terpenting…..

  97. Gempa bumi dan bencana lainnya akan datang bahkan akan lebih hebat lagi. Persiapkan diri kita. Karena itu tanda-tanda alam menuju Indonesia Raya

  98. berhubung Indonesia sering dilanda gempa, baiknya ada pelatihan menghadapi gempa bumi bagi anak-anak SDN

  99. semoga kita bisa mengambil semua hikmah dari kejadian2 alam yang ada dan menimpa kita ya 🙁

  100. Mudah-mudahan kita dapat memetik hikmah dari semua kejadian ini dan juga sadar untuk selalu menjaga lingkungan sehingga tidak semakin rusak.

  101. Kita semua memang turut prihatin dengan bencana alam yang memilukan di Padang ini. Semoga dengan langkah-langkah preventif yang disebutkan di atas dapat membuat kita (lain kali) lebih siap dalam menghadapi gempa bumi, agar tragedi Padang tidak terjadi lagi.

    Blog yang bagus. Salam kenal.

  102. Kita harus selalu siap menghadapi kemungkinan yang paling buruk sekalipun dalam hidup ini, , , ,!

  103. wah jadi ngeri nih…
    Tapi masalah bencana dan apa yang akan terjadi sama bumi kita ini selanjutnya, tidak ada satupun manusia yang mengetahui dan menolaknya.
    Kita sebagai manusia hanya bisa tabah dan tawakal serta waspada terhadap apa yang akan terjadi….

  104. Wah mudah2an tidak ada korban yang banyak lagi dari gempa padang.

    Saat ini beredar isu akan terjadi gempa dijakarta. Wah serem untuk dibayangkan

  105. Artikel yang bagus, mas. Bencana gempa kadang memang susah di prediksi. Tapi dengan melihat kondisi negara kepulauan Indonesia yang banyak gunung berapinya ini. Sudah saatnya Indonesia dalam membangun gedung atau rumah, hendaknya membuat bangunan yang anti/tahan gempa seperti di Jepang.

  106. Karena gempa dimana2, skrg kalau ada truk besar yg lewat di sebelah.. Jadi berasa trauma juga…
    Moga2 gempa Padang dapat diambil sebagai pelajaran buat kita2.

  107. Thanks for the review.I Found Gempa bumi berlaku hampir terus-menerus di seluruh dunia di tempat-tempat seperti California dan Alaska di Amerika Syarikat, dan juga di Chile, Peru, Indonesia, Iran, Azores di Portugal, New Zealand, Greece dan Jepun.

  108. Sering kali kita terenyuh oleh bencana alam, tapi tidak pernah berpikir mengapa hal tersebut sampai terjadi. Ada kalanya sebagian orang berharap terjadi bencana karena tekanan hidup yang keras. Adalah baik jika kita memikirkan sesuatu kepada saudara kita sebelum bencana terjadi.

  109. Benar sekali, indonesia memang memerlukan Badan PUsat Manajemen Bencana sehingga dapat memberi informasi adanya kemungkinan terjadinya gempa atau bencana lanjutan lainnya. Selain Badan ini juga dapat berperan sebagai badan yang memberikan responsif yang cepat kepada korba bencana secara cepat. Indonesia memang beberapa tahun ini sering dilanda oleh gempa. Dua minggu yang lalu daerah saya (Bima-NTB) juga kena gempa. Perlu adanya kewaspadaan yang tinggi untk mengantisipasi kemungkinan terjadinya gempa.

    Motivation and Self Improvement

  110. Semoga gempa tidak terjadi lagi, btw kalo sekarang semua pada bawa HP, apa tidak bisa di SMS aja ya kalau gempa akan terjadi atau tsunami.

  111. You have a ton of spam you may want to spend some time going through your comments and removing it!

  112. Perlu dibentuk Badan Tanggap Darurat yg bertugas mengkoordinir menanggulangi bencana di seluruh nusantara

  113. mungkin kita juga harus sudah mulai latihan, sikap menghadapi gempa seperti di jepang, karena negara itu kan juga sering dan berpengalaman bgt terkena gempa.

  114. gempa adalah bencana yang tidak bisa diduga datangnya.. alangkah baiknya jika semua sigap…. atas bencana ini…

  115. bencana adalah sesuatu yang tk bisa kita hindari ….

    kedatangannya pun tidak pernah kita duga sebelumnya

  116. Udah pernah ngrasain gempa saya, jadi ga takut, cz jadi cuma takut sama Allah. Tapi waktu gempa Jogja dulu, yang lambat bukan badan recorverynya,tapi lambat karena macet, banyak yang mau ngasih bantuan, tapi jalanan malah macet. Kalau di SUMBAR kemarin macet ga ya???

  117. aku orang jogja yang pernah ngalami gimana rasanya gempa, mau tidak mau, siap ga siap, jika gempa besar terjadi kita harus rela menghadapinya.
    artikael yang bagus tnx

  118. Setuju. Belajar dari kesalahan, memperbaiki untuk terus lebih siap dan lebih antisipatif. Semoga yang berwenang membaca tulisan ini…

  119. bersiap aja pada kejadian yang lebih buruk, karna negara kita emang berada pada patahan bumi, dan bumi sudah mulai bosan dengan penghuninya!

  120. kiamat yang sebenarnya pasti datang dan hanya ALLAH SWT saja yang tau kapan terjadinya manusia hanya bisa meramal tanpa bisa memastikan. kita harus sadar bahwa musibah yang terjadi di negara kita ini adalah suatu peringatan agar kita banyak banyak mengingat kematian.
    setiap jiwa yang bernyawa pasti akan mati, terlepas dari kapan datangnya kiamat dan musibah gempa, kematian tetap akan menjemput.
    semoga kita di wafatkan dalam keadaan islam.
    Amin

  121. waduh, kayaknya bekal yang paling penting buat kita adalah iman dan takwa kepada agama kita masing…
    tapi, semoga aja nggak ngalami gempa dech….
    nggak enak khaan soalnya…

  122. bencana di negeri ini akhir-akhir ini semakin sering, sebaiknya waspada di manapun kita berada, persiapkan sedini mungkin langkah-langkah untuk meminimalkan korban jiwa, bila perlu dilakukan program latihan pengatasan gempa di setiap daerah

  123. kita memang tahu klo tanah yang kita pijak ini adalah temapat paling tidak aman di bumi, nah setelah kita tau itu seharusnya kita akan terus waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana. sorry mas, bukanya berpikir negatif tapi saya sering sedih jika melihat saudara kita yang dilanda bencana tetapi bantuan datangnya selalu terlambat ga tahu apa masalahnya, begitu ditanya selalu jawabnya sarana dan prasarana.. kita harusnya sadar kita sering kena bencana jd harusnya pemerintah menambah anggaran untuk bencana alam. mungkin itu saja saran saya.. maaf jika agak berbau politis… akhir kt salam kenal dari saya mas.

  124. Pingback: New and Used car
  125. seharusnya kewaspadaan terhadap gempa selalu di jaga, karena sulit di prediksi….info yg bagus makasih…

  126. hmmm pemerintah harus lebih bergerak cepat dan mewaspadai peringatan dari negara luar…mungkin salah satunya bisa dengan kerjasama dan mencari persiapan atau solusi yang terbaik bagi rakyat.

    Sedangkan kita hanya bisa mempersiapkan diri untuk lebih dekat dengan ALLah, perbanyak amal ibadah ditengah bumi yang sudah gerah akan tingkah laku manusia. thank infonya sob

  127. gempa itu merupakan salah satu peringatan dari Allah agar kita semua sadar bahwa hidup di dunia ini tidaklah kekal. Dan memang benar kita harus siap dengan gempa yang lebih besar, terutama siap bekal spiritual kita.

  128. semoga apa yang sudah terjadi dapat menyadarkan kita semua termasuk pemerintah agar dapat mengambil tindakan untuk meminimalisirkan dampak yang ditimbulkan.
    Salam

  129. wah…info-nya bermanfaat sekali ,bos…sebenarnya ngeri ya negara kita…bencana gak ada putus-putusnya…Tapi kita harusnya bisa belajar dari Jepang yang notabene negara langganan gempa dan tsunami…oke, salam hormat buat bang harry sufehmi..

  130. Gempa tidak dapat dipresiksi,jadi yang harus kita lakukan hanyalah selalu waspada akan terjadinya.akan lebih baik jika pihak2 yang berwenang,misalnya pemda yang daerahnya rawan gempa untuk melakukan simulasi gempa secara rutin untuk masyarakatnya,sehingga warga dapat lebih paham apa yang harus dilakukan bila gempa benar2 terjadi

  131. wah..jadi ngeri nich setelah baca artikel ini..jangan-jangan emang benar kata orang..bumi ini udah tua n udah mendekati akhir zaman…makanya,ayo kita bertobat….
    btw, informasinya sangat berkualitas dan sangat bermanfaat…
    salam kenal dari blogger pemula

  132. hmm…kita semua tahu negara kita emang pertemuan 3 lempeng..dan berpotensi mengakibatkan gempa dan berbagai macam fenomena alam yang lain…tapi yang buat sy gak habis pikir..kenapa bencana itu datangnya beberapa tahun belakangan ini..kayaknya kalo dulu gak separah ini dech..

  133. betul sekali ulasan di atas
    tapi sangat disayangkan hinggga sekarang pemerintah Indonesia masih buta dan tuli terhadap pembentukan badan khusus seperti ousat manajemen ini T.T
    Sedih sekali rasanya, karena pemerintah kita tidak pernah mau belajar dari kesalahan (tsunami Aceh, gempa padang I, gempa yogya), padahal presidennya sama…

    mari doakan supaya pemerintah cepat tanggap akan pentingnya perbaikan Sistem Penanggulangan Bencana Alam yang Baik yang berujung pada terwujudnya badan PUsat Manajemen bencana ini

    salam hangat

  134. Sebaiknya kita meniru teknologi Jepang, ada aturan gedung2 konstruksinya tahan gempa, di sana memang begitu aturannya, malah harus disimulasi dulu dgn konstruksi yg akan dibuat dan bahan2 yg akan dipakai.

  135. seharusnya kita harus melakukan tindakan yang nyata untuk para korban,dan mencegah agar dampak negatif musibah bisa di minimalisir dan tidak mewabah ke bagian lain.

  136. sebuah cobaan dari yang kuasa agar kita selalu mengingatnya..bisa aja terjadi di lan tempat.siap2 aja menrima cobaan nya..karena itu sebuah ujian bagi tingkat keimanan kita,.naik atau malah turun

  137. suatu bencana tidak terkira kapan akan datang, maka dari itu kita semua harus siap-siap menghadapinya dan pintar membaca situasi alam sekitar kita, yang kadang mengalami mengalami perubahan secara mendadak…….

  138. Ya. Pemerintah harus mulai ambil langkah Antisipasi sebelum kejadian, bukannya malah kelabakan setelah kejadian.
    Bukankah lebih banyak orang Islam di jajaran pemerintahan?
    Bukankah Nabi Yusuf AS telah mengajarkan langkah antisipasi?
    Bukankah mereka juga seharusnya mengambil pelajaran dari apa yang dilakukan Nabi Nuh AS?

  139. Sudah terlalu banyak bencana yang dialami oleh negeri kita yang tercinta ini ! , semoga tidak ada lagi hal yang serupa yang terjadi , kita hanya mampu berdoa bersama 2

  140. seharusnya dengan seringnya kita terkena gempa bisa membuat kita menjadi pakar gempa baik berupa pencegahan kerusakan, sikap ketika terjadi dan saat pemulihan

  141. Ya. Pemerintah harus mulai ambil langkah Antisipasi sebelum kejadian, bukannya malah kelabakan setelah kejadian.
    Bukankah lebih banyak orang Islam di jajaran pemerintahan?
    Bukankah Nabi Yusuf AS telah mengajarkan langkah antisipasi?
    Bukankah mereka juga seharusnya mengambil pelajaran dari apa yang dilakukan Nabi Nuh AS

  142. bingung deh kalo udah gini
    rakyat gak bisa berbuat apa-apa
    pemerintah malah ribut sana sini sambil nyuci tangan dan kaki agar terlepas dari berbagai skandal
    puyeng-puyeng

  143. Apapun yang terjadi kita mesti pasrah terhadap cobaan yang diberikan Oleh Tuhan, Maka dari itu kita memang harus wajib mendekatkan diri kepadanya. Dengan rawannya bencana di Indonesia saya yakin pemerintah pasti sudah memberikan langkah-langkah agar meminimalisir korban akibat bencana Alam.

  144. Betapa menyedihkan daerah disana, penduduk nya katanya kekurangan bahan pangan dan katanya algi seperti tidak ada kehidupan. Air saja sulit untuk di temui..

    Semoga cepat bangkit dan jangan lupa berdo’a.
    Amin…

  145. Setuju. Belajar dari kesalahan, memperbaiki untuk terus lebih siap dan lebih antisipatif. Semoga yang berwenang membaca tulisan ini…

  146. bencana pasti adanya tp kita tidak tau kapn bencana tersebut akan datang dan dimana…yang perlku kita lakukan saat ini mempersiapkan diri secara lahir dan bathin..:D

  147. kadang ada beberapa hal yang gak bisa dinalar tapi emang itu harus dilakukan…. seluruh bangsa Indonesia wajib bertobat..!!! terutama para koruptor….

  148. Very interesting post. I’ll be spending more time with certain areas. Well done and good luck with your work.

  149. satu hal yang paling penting dalam persiapan menghadapi situasi saat gempa, yaitu ancaman tsunami..sementara di padang jalur evakuasi untuk lari ke t4 yang tinggi masih belum ada, ada tapi sangat sedikit dan sangat sempit jika masyarakat lari…

  150. Sependapat.
    Tapi saya pernah mendengar juga beberapa cersi lain yang menyebutkan bahwa Indonesia berada di sebuah lempengan tua yang sewaktu-waktu bisa bergeser mengakibatkan gempa yang dahsyat.
    Kalimantan yang selama ini aman-aman saja dari bencana gempa ditargetkan menjadi yang paling awal akan terkena bencana tersebut, karena lempengan tersebut berada jauh di bawahnya.
    Hooo semoga saja cersi tersebut salah.

  151. kalo kita pikir bukan saatnya kita menghindari maut, tetapi persiapan menyongong mautlah yang sangat diperlukan. 🙂

  152. Semoga gempa belakangan ini bukan termasuk azab.. tapi hanya ujian.. karena yang dapat ujian adalah hamba-hamba yang disayang Allah SWT .. Amin

  153. Sudah saatnya di indonesai dikembangkan rumah murah dan ringan. sebenernya udah ada seperti rumah dengan tembok poliboard yang diisi dengan gabus atau semacam sponse ditengahnya sehingga kuat, tahan rayap, dan anti gempa.

  154. Jepang sudah banyak pengalaman dengan gempa dan tsunami.. mungkin kita juga bisa belajar dari mereka..

  155. ya alhamdulillah di solok kemarin tepatnya guguk sarai tidak parah.padahal aku sempat ketir2 karena mertua ada disana.saya harap pemerintah lebih dini soal mengingatkan akan terjadinya gempa lewat tanda2 semaksimal mungkin

  156. Gempa memang bencana yang tidak bisa dihindari..waspada, tenang dan segera menyelamatkan diri secepat mungkin jika gempa mulai terasa.

  157. Iya nih sepertinya dinegeri kita ini terlalu banyak teori dan eksennya kurang. Kalau sudah terjadi gempa baru dibahas secara detail. Harusnya antisipasi dong sedini mungkin sebelum terjadi gempa.Yaudahlah yang penting marilah kita bersama-sama bersihkan hati, ikhlaskan niat dan satukan rasa untuk membantu saudara-saudara kita yang lagi menerima ujian dari Allah.

  158. harus nya kita lbh meningkat kan antisipasi terhadap bencana alam,tp semua itu yg di atas aja yg mengatur ya…kita pasrah diri kepada sang pencipta…

  159. mudah mudahan tidak terjadi lagi gempa di Indonesia, baru-baru ini terjadi lagi gempa di Haiti. kasihan yang terkena gempa, semoga baik baik aja

  160. Mungkin tata kota daerah rawan bencana, seperti di pantai barat Sumatra dan pesisir selatan Jawa perlu di tata kembali, dengan mulai membangun bangunan yg tahan gempa dan letak2 bangunan tsb

  161. Indonesia memang memiliki banyak wilayah yang rawan gempa. Kita harus senantiasa waspada dan belajar dari pengalaman sebelumnya. Semua usaha tersebut kita lengkapi dengan doa yang tidak pernah putus. Semoga Indonesia dijauhkan dari segala bentuk bencana.

  162. ya, saya setuju dengan di bentuk nya badan Pusat Manajemen Bencana.
    Maka dari itu kita bisa lebih waspada lagi, terhadap bencana atau tragedi alam yang akan kita hadapi lagi.
    Tapi mudah-mudahan itu tidak akan terulang lagi.
    Dimana kita harus menjaga dan melestarikan bumi ini, maka insya allah kita akan aman.

  163. Je viens de terminer la lecture d’une série d’articles écrits par un auteur bien connu, et ce à plusieurs titres d’ouvrages en version imprimée et une longue liste de crédits d’écriture.

  164. Thank’s bro.. Gw mo download kebetulan domisili di padang. Kalo bisa minta tutornya ya bro dalam penggunaan software yang dimaksud diatas…

  165. Very nice and interesting blog. Its very informative for me. I like your blog. I have saved your blog in my favorite’s list. I ‘ll try to read your all posts. Thanks for sharing such a nice post.

  166. Ive tried Logbook Loans and had no problems. Its a no credit check loan that can be obtained in less than 24 hours and appeals to anyone who may have had problems obtaining credit in the past.
    logbook loans

  167. Indonesia memang memiliki banyak wilayah yang rawan gempa. Kita harus senantiasa waspada dan belajar dari pengalaman sebelumnya. Semua usaha tersebut kita lengkapi dengan doa yang tidak pernah putus.
    Bencana, sepertinya gencar melatih kewaspadaan kita…Semoga Indonesia dijauhkan dari segala bentuk bencana.

  168. Bencana lagi yach….. wah…Indonesia memang memiliki banyak wilayah yang rawan gempa. Kita harus senantiasa waspada dan belajar dari pengalaman sebelumnya.
    Bencana, sepertinya gencar melatih kewaspadaan kita…Semoga Indonesia dijauhkan dari segala bentuk bencana.

  169. kita emang bertetangga dengan gempa mas, gimana gak bertetangga. lha wong diapit 3 pertemuan lempeng dunia e. fiuhhh mudah2n pemerinta memberikan atensi untuk dapat memasukkan bencana ini suatu pelajaran formal di sekolah. khususnya SD.

  170. gempa memang perlu mendapat perhatian serius karena gempa sering sekali terjadi di berbagai daerah di Indonesia, terimakasih untuk semua informasinya mas

  171. kita seharusnya mencontoh Jepang negara yang paling sering dilanda gempa, cuma ya kendala ekonomi dan tekhnologi menghambat kita

  172. Sebenarnya negara yang paling rawan gempa itu bukan jepang yah.. tapi Indonesia… Kalau lihat titik gunung berapinya jauh leibh banyak…

  173. bencana alam datangnya tiodak terduga dan sewaktu-waktu datang secara tiba-tiba kita seharusnya bisa menangulangi dengan memasang alat pendeteksi gempa.

  174. semoga buat yang kena benca diberikan ketabahan dan himah yang besar untuk semuah manusia, alam marah dan minta di jaga dan dilestarikan kemabli, dengan menterbelakangi ekomomi…

  175. Gempa memang bencana alam yang dapat menimbulkan kerusakan yang dasyat, sudah selayaknya mendapat perhatian serius dari semua pihak. Terima-kasih atas semua informasinya. Salam

  176. Gempa dan bencana yang lain kita tidak bisa prediksi, itu sebabnya kita harus persiapan persiapan sebelumnya, seperti baru baru ini longsor akibat hujan deras

  177. interesting article, I really liked your article. I will keep visiting to read your article quality. if you’re willing I hope you can visit my blog. I am very excited to read and read your article. from your loyal fans.Tika

  178. kita seharusnya mencontoh Jepang negara yang paling sering dilanda gempa, cuma ya kendala ekonomi dan tekhnologi menghambat kita

  179. yang terpenting dalam mengatasi gemapa adlah kita harus antisipasi, kemungkinan akibat buruk yang askan diakibatkan oleh gampa, jangan sampai bisa menghacurkan dan merugikan lebih banyak

  180. Gempa dan bencana yang lain kita tidak bisa prediksi, itu sebabnya kita harus persiapan persiapan sebelumnya, seperti baru baru ini longsor akibat hujan deras

  181. semoga buat yang kena benca diberikan ketabahan dan himah yang besar untuk semuah manusia, alam marah dan minta di jaga dan dilestarikan kemabli, dengan menterbelakangi ekomomi…

  182. This is so sad. Thank you for the translator and I understood what happened. I must say this post is very helpful for all of us when we experience disaster like this. I hope it won’t happen again because it’s a sad situation.

  183. Gempa dan bencana yang lain kita tidak bisa prediksi, itu sebabnya kita harus persiapan persiapan sebelumnya, seperti baru baru ini longsor akibat hujan deras

  184. uang hasil korupsi pegawai pajak digunain aja buat bikin alat canggih yang bisa ngedeteksi gempa kan triliunan tuh jumlahnya

  185. Wilayah indonesia sebagian besar berada di lempengan gunung berapi… banyak gunung berapi aktif baik di darat maupun di laut. pendidikan tentang gempa harus di berikan sejak dini. Jepang contoh baik buat penanganan gempa.

  186. gempa bumi menimbulkan dampak yang sangat luar biasa. saya setuju indonesia perlu memiliki pusat manajemen bencana.

  187. @voucer hotel, masa kaya begitu? banyak kok negara lain yang lebih b*j*t dari pada indonesia, tapi mereka baik-baik aja…

    mungkin bener apa yang di bilang Surabaya Web Design, karena indonesia itu letaknya di lempengan gunung berapi

    salam kenal sebelumnya dari home recording tutorial

  188. watches it is very useful tools to protect our time.If you never pay attention to yourself

    ,please grasp this chance.a few days ago,I bought a

  189. sudah sepantasnya Indonesia meniru gaya bangunan di jepang yg berorientasi pada bangunan yg tahan gempa….

    walaupun demikian kita juga harus mempersiapkan juga sisi batinnya

  190. rules about the making of the building (must be earthquake resistant, anti-shorting electrical cables, etc.) …

    Japan was once the rules are, in fact must be simulated first with the construction will be written and bahan2 that will be used.
    But it’s expensive!

    Especially if bangunan2-me-up when it needs \ rombula \ alias rebuild dismantled

  191. 30-41,42

    Menurut saya saat ini Indonesia sedang mengalami cobaan untuk menjadi negara yang lebih kuat lagi.. di sini kita semua diuji oleh yang maha kuasa sejauh mana rasa solidaritas kita sesama bangsa Indonesia.. Apakah kita bangsa sanggup memikul tanggung jawab sebagai bangsa yang besar nantinya.

  192. FLV Joiner is a fast and easy-to-use FLV Video Joiner software. This online Flash FLV Joiner can join and convert FLV, SWF and any other videos to almost any other video or audio formats with super high conversion speed and excellent output quality, such as: convert FLV to WMV, convert FLV to MPEG, convert FLV to MP4, convert FLV to AVI, convert FLV to MP3, convert Youtube to iPod and so on.

    More Information: http://www.flipvideoconverter.org/

  193. harus nya kita lbh meningkat kan antisipasi terhadap bencana alam,tp semua itu yg di atas aja yg mengatur ya…kita pasrah diri kepada sang pencipta…,,,,,

  194. Dimulai dari lingkungan sekitar aja dulu, jangan buang sampah sembarangan, lebih2 di sungai, gw pengen nangis ketika gw liat orang buang sampah seenaknya di daerah sekitar jakarta

  195. harus nya kita lbh meningkat kan antisipasi terhadap bencana alam,tp semua itu yg di atas aja yg mengatur ya…kita pasrah diri kepada sang pencipta…Thanks

  196. saya pernah merasakan bagaimana panik dan juga takutnya saat bencana gempa. th 2006 jogja diguncang gempa,ribuan nyawa melayang,pederitaan kami setelah gempa justru banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk menngisi parut mereka sampe buncit.
    Rasa kesal pada sebagian aparat yang begitu tega memakan hak para korban gempa membuat kami para korban gempa makin menderita.
    Munkin ini juga perlu dibenahi oleh pemerintah selain memasang alat deteksi anti gempa!
    Mohon maaf bila ada kata-kata saya yang kurang enak didengar karna saya tidak pandai merangkai kata indah selayaknya kata-kata sang pujangga!

  197. tahukah anda bahwa gempa itu salah satu kuasa Tuhan jadi berbuatlah yang terbaik di setiap hari

  198. There is NO place in the world that has more wake-up calls than Padang,” Sieh said. But getting governments to focus on catastrophes out of immediate view is difficult.

  199. In our country we don’t have much experience regarding that kind of situations. I’m appreciate to this kind of topic so that I can share it to my family. Good to read keep it up.

  200. Well, that’s really a sad news. Thanks for sharing it and please do keep on posting. God bless you.

  201. Mudah-mudahan badan ini sudah ada, dan bisa makin optimal dalam menjalankan tugasnya. Atau, jika belum ada, bisa segera dibentuk, dan bisa segera berfungsi sebelum bencana berikutnya terjadi.

  202. kita harus orang2 yang banyak dan meminimalkan dampak bencana ….
    bencana, tampak penuh semangat latihan kewaspadaan kita …
    mitigasi bencana, perlu dan penting di tanah Indonesia Do you make money out of this blog? just curious

  203. Jadi ngeri NIH …… This blog shows you some of the top tips and information on how to go about SEO, link building, articles and search engine news.

  204. Ini benar-benar indah. Saya sudah mengikuti situs Anda untuk quiite kadang-kadang dan tidak pernah gagal membuat saya takjub. Informasi Anda benar-benar pendidikan.

  205. a really quality post. In theory I’d like to write like this too – taking time and real effort to make a good article… but what can I say… I procrastinate alot and never seem to get something done.

  206. Juga Dari Segi Budaya Perlu dipikirkan. Kultur merantau Orang Minang sebetulnya ITU Daerah Rawan Bencana cocok Buat Pembongkaran di Indonesia. Tanah Air Rawan Bencana Kalo Memang, Maka perluaslah diaspora merantau denga Genetik, keturunan sehingga kalau regular tidak memberikan Budaya Pujaan Hati tersapu Bencana Tanah Air. Juga di Begitu orangutan orangutan orangutan perantuan, pastilah kemampuan Yang Punya keprihatinan pagar diberikan Secara finansial Keluarga untuk membantu di Tanah Air YG Bencana terkena. It’s a very creative way to use those stuff and turn it into something beautiful and worth money. Great job

  207. cuma mau corat-coret aja… bingung mau komen apaan. masalahna gempa or bencana, jadina serem …

  208. Your website is really useful for many people I think. You helped me in various situations because I many times I have found the useful information which was really important for me in your site. Reading this your post I have known many new things about the firefighter trainings which I have not known before. It is really great that you share for us such useful stuff. Thanks a lot one more time for the useful information and I will be waiting for more great news from you in the nearest future.

  209. sudah sepantasnya Indonesia meniru gaya bangunan di jepang yg berorientasi pada bangunan yg tahan gempa….

    walaupun demikian kita juga harus mempersiapkan juga sisi batinnya

  210. Baru baru ini lagi terjadi gempah dan tsunami di mentawai 100 orang lebih meninggal 500 org lebih hilang menurut berita.

  211. Thanks for this information of this blogs . Champion Industries is a manufacturer & exporter of wire mesh,welded wire mesh,perforated sheet,chain link fencing,wire netting,expanded metal,vibrating screen,crimped wire mesh .

  212. Great article . thanks for this article .
    Bleached cotton, 100 % pure cotton exporters Snowflakes is the brand name of Absorbent Bleached Cotton.

  213. Gempa salah satu bencana alam yang terjadi karena pembentukan bumi, gempa tidak bisa di tebak kapan akan terjadi. Kita hanya bisa berdoa agar semua bahagia dan damai selalu.

    Salam kenal

  214. Meramalkan gempa bisa dgn memantau aktifitas gempa2 kecil dan gempa2 di area lempeng sekitarnya. Gempa di atas M 5 bbrp kali trjadi di sulut, sulteng, ambon, manokwari, timor leste.

  215. sudah sepantasnya Indonesia meniru gaya bangunan di jepang yg berorientasi pada bangunan yg tahan gempa….

    walaupun demikian kita juga harus mempersiapkan juga sisi batinnya

  216. Kalo misalnya diliat di peta dunia,, indonesia memang negara kepulauan. Bila es di kutub utara mencair,, kayanya akan ada banyak pulau yang hilang. trus penghuninya mau kemana?

  217. Thanks for such a comprehensive list! I really admire the amount of work you put into your blog posts, it’s what sets yours aside from most other blogs!

  218. This is a very nice and useful post, It’s very fantastic! I’ve never seen such a thing in my life! I’m looking carefully every detail to find it unique! Do better:) And Now I am going to bookmark this And will definately come back again soon.

  219. This is a very nice and useful post, It’s very fantastic! I’ve never seen such a thing in my life! I’m looking carefully every detail to find it unique! Do better:) And Now I am going to bookmark this And will definately come back again soon.

  220. negara kita merupakan negara rawan terhadap bencana alam, sudah seharusnya segla faktor pencegahan kita lakukan, jangan sampai saat terjadi bencana hanya menghitung mayat2 yang mungkin bisa di hindari,,,

  221. kita pasti sedih karena saudara kita lagi kena musibahh,, seharusnya kita menjadi orang2 yang pandai mengatasi dan meminimalkan dampak bencana….
    bencana, sepertinya gencar melatih kewaspadaan kita…
    Mitigasi Bencana, hal yang perlu dan penting di tanah Indonesia,,,,

  222. negara kita termasuk negara yang gak cepat belajar, setiap kali ada bencana baru sibuk. persiapannya seradak seruduk, akhirnya saling menyalahkan. selalu begitu berulang lagi dan lagi, kacoooo….

  223. Thanks for taking the time to offer your meticulous counter-points. As you know, my perspective more closely aligns with yours.

  224. Intimately, the post is in reality the greatest on this valuable topic. I agree with your conclusions and will thirstily look forward to your incoming updates. Just saying thanks will not just be enough, for the fantastic lucdity in your writing. I will instantly grab your rss feed to stay informed of any updates. Admirable work and much success in your business enterprise!

  225. Gempa Padang kemarin menyayat hati kita semua. Sekian banyak korban telah berjatuhan. Ditambah lagi dengan beberapa kabar mengenai kesulitan penyampaian bantuan kepada yang membutuhkannya. I Like it Thanks

  226. Yes, well written article. I could find out some useful information on your blog guys. This is really useful for everyone. I love this post. Thanks for sharing it.

  227. Every time we talk about earthquake it gives some fear. It is because we are all afraid to die and disaster like earthquake is really scary. isn’t it?

  228. Great article and your blog template is so cool. Is this template free or not? If so, Where could i download this template? if not, how much does it cost? Thanks a lot!

  229. I am making a cheesecake in Turkey, but obviously cant get digestive bisuits here, so which brand could i use that are similar that i could find in a small Gempa or bim?

  230. This article provides a light in which we can observe reality.
    This is very nice and provide in-depth information. thank you for this nice article.

  231. Youre so cool! I dont suppose Ive learn anything like this before. So nice to find any individual with some unique ideas on this subject. realy thanks for starting this up. this web site is one thing that is wanted on the internet, somebody with just a little originality. useful job for bringing one thing new to the web!

  232. Giliran amerika yg sekarang kena gempa … emang kita ini ibarat berdiri di atas tumpukan bara api yang rapuh.

    Kunjungi blog kami untuk mencari nama untuk anak anda..

  233. Pingback: seo
  234. Pingback: cung mua
  235. Pingback: promotional items
  236. Pingback: gosipbola.com
  237. We fully appreciate your website post. You will discover dozens of ways we could put it to proper use with minimum effort on time and financial resources. Thank you really regarding helping have the post reply many concerns we have experienced before now.

  238. Pingback: Alkaline water
  239. Pingback: Sanook Snook
  240. Great article you’ve written, is this your first website blog or have you been doing this a while? I’d be interested in reading some more of your things. Links please

  241. hey buddy,this is one of the best posts that I’ve ever seen; you may include some more ideas in the same theme. I’m still waiting for some interesting thoughts from your side in your next post”

  242. Enjoyable to be visiting your web site again, it has been many weeks for me. Well this article which i am waited for too long. I want this article to complete my assignment in the classes, also it includes same subject with your content. Thanks, great write about this.

  243. There is so much that you can use this for. The ideas to use this are endless. I see so many taking advantage of this

  244. hey buddy,this is one of the best posts that I’ve ever seen; you may include some more ideas in the same theme. I’m still waiting for some interesting thoughts from your side in your next post

  245. tata kota daerah rawan bencana, seperti di pantai barat Sumatra dan pesisir selatan Jawa perlu di tata kembali, dengan mulai membangun bangunan yg tahan gempa dan letak2 bangunan tsb

  246. “This is a good posting, I was wondering if I could use this write-up on my website, I will link it back to your website though. If this is a problem please let me know and I will take it down right away”