Petisi oleh @TizaMafira ini sangat menolong hypermart :: solusi yg lebih tepat adalah…

Petisi oleh @TizaMafira ini sangat menolong hypermart :: solusi yg lebih tepat adalah :

# Buat aturan hukum bahwa Hypermart WAJIB menggunakan kantong plastik yang biodegradeable / bisa terurai dengan cepat.

# Buat aturan hukum agar produsen produk, jika menggunakan kemasan plastik, maka WAJIB menggunakan kemasan dari plastik yang biodegradeable

# Pemerintah : Sediakan tempat sampah dalam jumlah cukup/banyak DAN pastikan selalu terawat == dikosongkan dengan teratur, diperbaiki jika rusak, dst.

Satu pertanyaan : pernah melihat tempat sampah di daerah-daerah / perkampungan kumuh dekat sungai….. ? Kira-kira kemana mereka membuang sampahnya…. ? Disimpan di dalam rumahnya kah ?Β 

FAKTA :

(#) Kantong plastik adalah salah satu biaya / cost terbesar di berbagai bisnis retail

(#) Memaksa customer untuk membayar kantong plastik == MENYUMBANG untuk Hypermarket

(#) Memaksa Hypermarket untuk menggunakan plastik biodegradeable == menaikkan ongkos mereka (+ ramah lingkungan) == insentif bagi Hypermarket untuk edukasi & kampanye BYOB (Bring Your Own Bag) kepada para customernya.Β 

Saya menolak untuk MENYUMBANG kepada Hypermarket.

Terimakasih.

https://www.change.org/id/petisi/carrefour-hero-hypermart-dan-supermarket-lainnya-kantong-plastik-jangan-gratis

Carrefour, Hero, Hypermart, dan supermarket lainnya: Kantong Plastik Jangan Gratis!
Jakarta memiliki masalah serius dengan sampah. Jumlah sampah yang dihasilkan setiap hari bisa mencapai 6,000 ton dan tumpukannya bisa sebesar 30,000…

Post imported by Google+Blog for WordPress.

7 thoughts on “Petisi oleh @TizaMafira ini sangat menolong hypermart :: solusi yg lebih tepat adalah…

  1. Di Inggris, sampai saya pergi dari sana tahun 2005, supermarket & hypermarket semua menggunakan kantong plastik – dan TIDAK ada banjir karenanya.

    Plastiknya tidak bayar / gratis.

    Tapi, tetap saja saya lebih pilih untuk belanja di Co-op, supermarket yang sekaligus koperasi (milik rakyat, bukan shareholders / pribadi) – karena kantong plastik mereka biodegradeable.

  2. kebalik kali.. perusahaan retail dikenai kewajiban bantu pengelolaan sampah. bisa lewat mekanisme CSR atau pajak khusus sampah, spt PPJU.

  3. Itu sih sudah πŸ™‚ kita semua juga sudah, via PBB, pajak daerah, dst — dan lalu menjadi budget pemda, termasuk untuk mengurus sampah.

    Jadi, memang ada masalah besar juga di sisi Pemda nya.

  4. dana yg dikelola pemda itu kan sifatnya ada dua: yg diskresi penuh pemda, sama yg terikat peraturan (specific, kayka PPJU, dll). sptnya kok pengelolaan di sisi yg diskresi penuh pemda ini, output/manfaat buat publiknya mlempem.. musti digeser ke specific-roled.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *