Cloud : Ekspektasi & Realita

Cloud : Ekspektasi & Realita. :: selama ini kita mendengar berbagai gembar-gembor, yang mengesankan bahwa cloud adalah solusi untuk semua masalah IT. Ini membuat ekspektasi yang keliru bagi banyak orang. Cloud adalah solusi untuk banyak hal, namun, tidak semuanya juga bisa diselesaikan oleh Cloud. Sebelum menggunakan berbagai layanan Cloud yang ada, kita musti pertimbangkan baik-baik terlebih dahulu, apakah memang ini solusinya ? Jika ya, lalu layanan Cloud mana yang paling cocok ? Dst.

Artikel seputar pengalaman Reddit.com adalah salah satu favorit saya, karena dengan gamblang menceritakan kisah nyata sebenarnya berbagai hal seputar Cloud : http://highscalability.com/blog/2013/8/26/reddit-lessons-learned-from-mistakes-made-scaling-to-1-billi.html

Contoh :

"EC2 is not a magic bullet. You suffer from higher network latency and noisy neighbors"

"Amazon doesn’t even know what some of their limits are"

Ini adalah informasi yang sangat berharga. Dengan informasi ini, maka, kita tetap bisa memanfaatkan berbagai layanan Cloud, tanpa terjerumus ke berbagai kelemahan / problemnya.

Berikut ini adalah beberapa contoh skenario & pengalaman berbagai kawan-kawan saya :

(#) Cloud tapi lambat : seorang kawan yang memiliki situs yang cukup terkenal, dengan bangga bercerita bahwa situsnya itu berjalan diatas layanan cloud sebuah provider. Saya ikut gembira atas kesuksesannya, dan bertanya lebih lanjut mengenai berbagai hal seputar layanan cloud tsb. 

Namun, makin banyak informasi yang saya dapatkan, situasinya jadi makin mencurigakan….sampai akhirnya ybs celetuk, "tapi, kok masih lambat ya?"
Maka kemudian saya meneliti layanan cloud tsb.

Ternyata… sebenarnya cuma semacam produk VPS 🙂 

Bisa di "resize" memang berbagai resources nya (CPU, RAM, disk, dst) sesuai dengan kebutuhan, namun, VPS biasa & berbagai solusi virtual machine juga bisa melakukannya 🙂

Dan dalam kasus ybs, karena popularitas situsnya, sekedar "resizing" / scale up adalah solusi yang akan sangat banyak memboroskan budgetnya. 
Yang lebih ekonomis adalah melakukan performance optimizations di software server & aplikasinya, sehingga situsnya bisa berjalan lebih cepat dengan spec yang sama / kurang.

(#) Cloud tapi mahal : kawan lainnya mengeluh bahwa dia kena tagihan mahal sekali dari provider cloudnya. Dia bingung karena daftar harga layanan cloudnya terkesan murah sekali, tapi, ternyata akhirnya mahal.

Setelah saya periksa, ternyata sebetulnya dia tidak memerlukan cloud. Kebutuhannya bisa dipenuhi hanya dengan sebuah dedicated server, yang biaya sewanya pun hanya sepersekian dari tagihannya tersebut.

Dan tagihannya itu mahal karena besarnya bandwidth yang dia gunakan. Maka saya sarankan dia menggunakan sebuah produk dedicated server dengan bandwidth yang berlimpah (virtually unlimited). Solusi yang lebih tepat, dan jauh lebih ekonomis bagi ybs, daripada produk Cloud tsb.

(#) Cloud tapi ubah ulang aplikasi : daripada ubah total aplikasi PHP Anda agar bisa menggunakan database NoSQL (key/value) di Cloud, Anda bisa :

### Scale out PHP : tahukah Anda bahwa PHP bisa di scale out sampai (pretty much) infinity ?

### Gunakan fitur NoSQL di MySQL : sehingga performa MySQL naik dari 20.000 qps menjadi sekitar 750.000 qps + aplikasi tetap bisa query dengan syntax SQL seperti biasa. Win + win. 

(ini adalah fitur built-in di MySQL 5.6, atau bisa juga dengan menggunakan plugin HandlerSocket : http://yoshinorimatsunobu.blogspot.com/2010/10/using-mysql-as-nosql-story-for.html)

### Sharding MySQL :  daripada coding ulang NoSQL, yang juga memiliki keterbatasan (walaupun sangat tinggi), sekalian saja coding ulang aplikasi agar bisa sharding MySQL = scale out sampai nyaris unlimited.

Kesimpulan : Cloud menawarkan berbagai kemudahan & kenyamanan, namun, kita tetap perlu memahami seluk beluk dari produk Cloud tsb. Agar ekspektasi kita bisa tetap realistis, dan tidak mengalami kekecewaan, yang sebetulnya adalah karena salah paham kita sendiri, di kemudian hari.

High Scalability – High Scalability – Reddit: Lessons Learned from Mistakes Made Scaling to 1 Billion Pageviews a Month

Jeremy Edberg , the first paid employee at reddit, teaches us a lot about how to create a succe…

Post imported by Google+Blog for WordPress.

28 thoughts on “Cloud : Ekspektasi & Realita

  1. Termakan trend dan buzzwords. Inilah fenomena yang saya temui dibanyak lokasi, tidak hanya di negara berkembang. Rasanya perlu ditekankan kembali untuk kita kembali ke falsafah dasar penyediaan layanan berbasis IT: gathered business requirements, critically assessed the requirements vs. provided available options, make a decision based on objective and measurable key points. Yang terakhir ini seringkali terlupakan ketika berbicara mengenai trend dan hasrat untuk terlihat keren.

  2. Healthy living tips are very useful for everyone, especially in today’s life style. In these days online forms are easy available for any weight loss related queries, here is one famous site for Dr oz Diet tips and answers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *