Pentingnya Sertifikasi Halal

:: Suatu hari saya sedang menikmati berbagai rekaman ceramah dari berbagai ustadz, yang tersedia di Internet. Salah satunya cukup membuat kaget – sang ustadz meledek sertifikat Halal MUI. Ucapnya, "buat apa air putih saja dikasih sertifikat (halal) ??"

Ustadz yang satu ini belum tahu, bahwa, lazimnya, air mineral itu diproses melalui banyak filter – dan salah satunya menggunakan tulang babi 🙂

Ulama adalah ahli soal agama & akhirat. Namun, kita masih hidup di dunia. 
Maka, kita musti bekerjasama dengan ahli dunia juga. Tidak bisa cuma mengandalkan ulama saja, hasilnya ya jadi seperti begini 🙂

Nabi Muhammad saw sendiri sudah mengingatkan soal ini sejak 14 abad yang lalu :

"Kalian lebih mengetahui urusan dunia kalian"
(HR Muslim)

Nampaknya ustadz ini sedang lupa dengan hadits tersebut. 

Kita bersyukur bahwa MUI dulu membuat LPPOM MUI, bekerjasama dengan para ahli di berbagai bidang ini (kimia, makanan, dst). Sehingga kini kita bisa menikmati hasilnya, yaitu sertifikat jaminan Halal.

UNSUR HARAM DIMANA-MANA

Salah satu akibat dari lepasnya keunggulan teknologi dari tangan umat Islam kepada umat lainnya adalah berbagai teknologi & produk yang mengandung unsur-unsur haram. 

Sampai bahkan air putih saja bisa mengandung babi 🙂 
bukan main besar mudhorotnya. Mudah-mudahan suatu hari, umat Islam bisa kembali menjadi penguasa teknologi.

Beberapa contoh lainnya :

# Nasi Goreng : bisa dicampur angciu (semacam arak).

# Rokok : filternya mengandung darah babi.

# Permen : bisa mengandung gelatin dari babi atau sapi yang tidak (disembelih dengan cara) halal.

# Obat batuk : bisa mengandung alkohol dengan kadar yang cukup tinggi.

# Kapsul obat : bisa mengandung gelatin.

# Sushi : nasinya dicampur dengan sake atau mirin : http://aritunsa.com/angciu-rhum-mirin-apakah-halal/

# Keju : bisa mengandung Whey, dan banyak yang haram.

# Bakso : di oplos dengan daging babi.

# Kosmetika : jika mengandung zat yang haram, maka bisa masuk melalui mulut (contoh: lipstick), atau diserap kulit.

# Roti / Bakery : sangat banyak bahan haram yang bisa menjadi komponennya – alkohol, rum, lard (lemak babi), gelatin, dst. 
Untuk amannya, asumsikan semua produk bakery itu haram – kecuali jika ada sertifikat halalnya.

# dst

PENUTUP

Produk dari produsen non-muslim / muslim yang tidak paham soal ini (halal haram) wajar jika tercampur dengan berbagai unsur yang haram. 
Dan sudah merebak kemana-mana. Berbagai contoh di atas mudah-mudahan cukup memberikan gambaran mengenai bagaimana parahnya situasi di Indonesia sebelumnya.

Dengan adanya sertifkasi halal MUI, dan kini juga ada dari NU, maka kita bisa lebih tenang dalam mengkonsumsi berbagai produk yang ada 🙂

Dan alhamdulillah kini momentum sertifikasi Halal makin kencang – terus makin banyak produsen & restoran terkenal yang sudah dinyatakan halal. 
Mereka mulai menyadari bahwa sertifikasi / jaminan Halal adalah peluang bisnis bagi mereka, dan kita jadi diuntungkan juga dengan kesadaran tsb.

Ini musti kita syukuri, situasinya sudah jauh lebih baik daripada 2 tahun yang lalu. 
Dan tentu saja jadi aneh jika sertifikat Halal malah dicela oleh umat Islam sendiri, apalagi oleh ulamanya. Mudah-mudahan tidak terjadi lagi di masa depan.

www.halalmui.org/newMUI/halal_mui_files/logo.png

Post imported by Google+Blog for WordPress.

134 thoughts on “Pentingnya Sertifikasi Halal

  1. yang ane kadang gak ngerti tuh…banyak loh tempat makan terkenal tapi sertifikasi halalnya belum ada/ gak ada/ telat adanya…jadi masalah besar kadang ane sendiri…kok pemerintah kalau soal beginian kurang aware..tapi masalah ijin konser dll cepet banget responnya…padahal menyangkut orang banyak

  2. Aslm. Salam kenal mas. Terima kasih infonya. Bnyk sekali info yg menarik bg sy. Saya setuju dgn sertifikasi halal. Tapi untuk postingan ini, bukankah lebih baik menyertakan link referensi yg menyebutkan bahwa filtrasi air menggunakan tulang babi? Karna sepengetahuan saya filtrasi menggunakan semacam pasir2 atau kain yang sy baca dr wikipedia. Maaf brgkali sy salah sumber.

  3. Baru terbuka pikiran saya. Sebelum ini saya beropini bahwa seharusnya MUI menerbitkan sertifikat haram bukan sertifikat halal. Karena semua makanan hukum asalnya adalah halal kecuali yang haram seperti disebutkan dalam ayat tertentu si Al Quran. Rupanya ada pemikiran seperti ini.
    Terima kasih sudah share Mas +Harry Sufehmi

  4. Sangat disayangkan masih rendahnya pengawasan pemerintah dalam mengawasi peredaran produk yang berlabel halal. Mengingat Indonesia dengan jumlah peduduk muslim terbesar di dunia, ini harusnya menjadi masalah serius.

  5. Beberapa waktu lalu saya mendengar obatpun mau disertifikasi halal. Namun menteri kesehatan menolak. Apa mungkin ternyat obat yang selama ini kita konsumsi ‘tidak halal’ ya…

  6. kenapa ga haram yang di labelkan? toh kalo secara logika yang haram lebih sedikit daripada yang halal? kenapa harus yang banyak yang dilabelkan,, hehe,, mungkin karena manusia udah ga saling percaya lagi ya :p

  7. It’s great to find sites with a lot of information .I was trying to get these details for the longest interval, and found your site.
    Thanks for the share that you’ve done.

  8. memang penting setrifikasi halal yang memang makanan itu benar2 halal…kn kasian konsumen yang ketipu dengan hal kyak begitu..

    info yang menarik…

  9. Baru faham saya… sebelum ini, saya selalu bingung, kenapa ada orang yang menginginkan sertifikat haram.

    Ternyata antara lain karena asumsi, bahwa semua makanan adalah halal. Yang haram hanya sedikit. Saya baru paham sekarang.

    Terimakasih Mas +Amri Shodiq untuk sharingnya yang sudah mencerahkan saya.

  10. jadi begitu pentingnya sertifikat halal… tulisannya menarik selain ulasan tentang kehalalan, ternyata produk makanan apapun dapat berpotensi menjadi haram karena ada kandungan yang halal.

    makasih pencerahannya..

  11. Trimaksih pak harry infonya … Sertifikat halal sangat penting,,, untuk sebuah perusahaan yg mengeluarkan product“ … sharing yg sangat bermanfaat …

  12. ya betul sekali, harus pandai-pandai dalam memilih makanan di jaman yang serba dihalakan, makasih informasinya mas harry. salam kenal

  13. terima kasih gan informasinya …. memang jaman sekarang ini banyak orang yang melakukan berbagai macam cara demi keuntungan pribadi…

  14. Terimakasih atas sajina informasinya, semoga sukses dan terus maju..
    Jika berkenan, berkunjunglah ke blog kami, mudah mudahan bermanfaat untuk anda.

  15. sekarang ini semakin banyak produk yang dijual dimasyarakat tanpa jelas halal haramnya, maka perlu adanya pengawasan pemerintah dan MUI mengenai kehalalan suatu produk…,

  16. informasi yang sangat bermanfaat senang bisa berkunjung dan kami tunggu artikel terbarunya.

  17. sangat penting sekali menurut saya sertifikasi ini gan, karena bisa jelas, masalah nanti setelah dapet sertifikasi lalu produsennya mengganti dengan bahan yng haram, itu merupakah tanggungan dosa buat si pembuat, sip makasih

  18. terkadang di era yang sekarang ini bicara yang namanya halal itu emang sangat relevan apalagi kita tidak tahu pasti dengan adanya lebel halal di suatu makanan itu emang bener-bener halan apa tidaknya ya semua itu terpulang dari pihak penyajian makanan

  19. sertifikat halal memang sangat penting apalagi jika kita berada di tempat yang penduduknya mayoritas non muslim otomatis jika tidak ada cap halal kita akan susah memilih panganan

  20. Harus dibuat verifikasi yang ketat sehingga konsumen benar-benar merasa haknya mendapatkan makanan yang halal dapat terpenuhi

  21. astaghfirrullah.. orang orang jaman sekarang memang mendekati akhir zaman. naudzubilamindalik..
    klo nganggur mampir ke toko jersey bola online saya ya gan dijamin murah dan mantabs
    JGOShop

  22. astaghfirrullah.. orang orang jaman sekarang memang mendekati akhir zaman. naudzubilamindalik..
    klo nganggur mampir ke toko jersey bola online saya ya gan dijamin murah dan mantabs
    jersey grade original

  23. Sesuatu Yang Haram sudah seharusnya dilarang, maka dari itulah muncul istilah halal, yang dalam artian tidak menghalalkan semua hal.

  24. Untuk sertifikasi halal memang sebaiknya dicantumkan dalam setiap produk makanan, tapi tetap harus dikonsultasikan dengan petugas medis terkait, jangan sampai hanya masalah politis saja…

  25. mungkin ustad itu wawasannya kurang…terutama wawasan
    tentang pruksi air mineral tersebut..sehingga ia tak tahu kalau
    produksi air putih saja mengandung unsur yang diharamkan.
    terlepas dari itu…alangkah baiknya jika seorang ustad yang notabene
    tokoh agama mendukung program MUI tersebut…
    ini ustad kok malah meremehkan hukum fiqih…
    kalau tokoh agamanya saja sudah menyepelekan hukum fiqih…
    lalu bagaimana dengan umatnya yang masih awam….?

  26. memang penting setrifikasi halal yang memang makanan itu benar2 halal…kn kasian konsumen yang ketipu dengan hal kyak begitu..
    info yang menarik…

  27. Selamat datang di website kami, kami merupakan Agen Obat Tradisional

    Dan Herbal yang sudah terpercaya. Di website ini anda bisa memesan

    obat yang anda butuhkan dengan cara yang mudah, aman dan terpercaya,

    karena kami memilki sistem penjualan kirim barang terlebih dahulu

    setelah barang sampai, baru anda transfer pembayaran.

  28. sertifikat halal memang perlu, tapi cukup satu lembaga yang boleh menilai tingkat hala atau tidak sebuah produk makanan, sehingga tidak terjadi clash ditengah-tengah masyarakat, karena banyak bermunculan, badan-badan yang katanya juga berhak untuk menilai halal atau tidaknya suatu produk makanan.

  29. salam kenal gan .sekedar info ni gan . kami dari sarana99.com sedang mengadakan kontes seo .siapa tau agan berminat ..

    Berita menarik buat teman teman para blogger yang lagi binggung mencari uang tambahan, BURUNA IKUTI KONTES SEO SARANA99 DAN MENANGKAN TOTAL HADIAH SEBESAR Rp.35.000.000,-

    Jangan biarkan diri anda tertinggal dengan yang laen nya.!! segera daftarkan diri anda di kontes seo sarana99 ini ..pendaftaran gratis
    tunjukan skill yang anda punya….

    kontes seo ini mengunakan kata kunci (keyword ) SARANA99.COM AGEN TEXAS POKER DAN DOMINO ONLINE INDONESIA TERPERCAYA.

    Yang di selenggarakan pada tanggal : 1 mei 2014 – 31 july 2014

    Total hadiah 35 juta rupiah kepada 20 pemenang.

    Hadiah Pertama = Rp 10.000.000,-
    Hadiah Kedua = Rp 7.000.000,-
    Hadiah Ketiga = Rp 5.000.000,-
    Hadiah Keempat = Rp 3.000.000,-
    Hadiah Kelima = Rp 2.000,000,-
    Hadiah Ke 6-10 = Rp 1.000.000,-
    Hadiah Ke 11-20 = Rp 400.000,-

    CONTAC US

    TWITTER : @sarana99cs

    FACEBOOK : FACEBOOK.COM/SARANA99

    YM : SARANA99SEO_CSYAHOO.COM

    PIN BB : 7B30874C

    PHONE : +855 7827 8392

    DAFTRA KAN DIRI ANDA DI http://WWW.SARANA99SEO.COM

  30. Seharusnya pemerintah selaku pemegang keputusan, dan pengatur regulasi di dalam negeri. Bisa memberi kenyaaman dan keamana ddari setiap warganya…. apalagi masalah makanan yang tentunya amat penting… trimssss…

  31. Haram itu jelas & Halal jugak jelas. Maka kalau yang nggak jelas tinggalkan saja. Itu lebih baik.

  32. Sebelumnya salam kenal untuk Admin.
    Memang sangatlah penting jika makanan maupun minuman di negara kita yang mayoritas beragama muslim harus memiliki sertifikat halal dari MUI. Namun yang perlu kita pertanyakan, apakah Orang2 yang berada dalam Lembaga MUI itu juga memang benar2 memegang amanah dan tanggung dengan baik. Karena jika kita melihat info di banyak media, Orang2 yang berada di lembaga seperti Haji dan Umroh saja sudah tidak malu apalagi takut untuk berkorupsi, dan yang terbaru tentang pengadaan Al-quran yang juga tidak luput dari korupsi.

  33. I think this is one of the most significant information for me. And i am glad reading your article. But should remark on few general things, The website style is perfect, the articles is really nice : D. Good job, cheers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *