Zaman Fitnah

:: Ada komentar di sebuah forum yang meremehkan fitnah, "cuma fitnah". Ini sangat, amat memprihatinkan. Fitnah itu lebih besar dosanya dari pembunuhan, dan maraknya fitnah adalah salah satu tanda akhir zaman. Karena fitnah itu membuat yang benar jadi salah, dan yang salah jadi benar.

"Sesungguhnya menjelang datangnya hari Kiamat (terjadi) banyak fitnah, bagaikan potongan malam yang gelap gulita. Seseorang yang di pagi hari dalam keadaan beriman, dan di sore harinya menjadi kafir. (Ada) yang di sore harinya dalam keadaan beriman, dan di pagi harinya menjadi kafir. ..(hingga sabda beliau): Jika (rumah) salah seorang dari kalian dimasuki (fitnah), maka jadilah seperti yang terbaik dari kedua anak Adam (yakni: Habil).”
(HR. Imam Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan al-Hakim)


Namun, kini banyak sekali umat Islam yang tidak hanya meremehkan fitnah, malah ikut aktif menyebarkannya. Padahal, dosanya besar sekali :

"Tidak akan masuk surga Nammaam (orang yang suka menyebar fitnah)”
(HR Bukhari dan Muslim).

Rasulullah saw bersabda, “Inginkah kalian aku beritahukan manusia terburuk diantara kalian?” Para sahabat menjawab: Ya, Beliau SAW bersabda, “Yaitu orang-orang yang ke sana ke mari menyebar fitnah, yang memecah belah di antara orang yang saling mencintai dan meniupkan aib kepada orang-orang yang tidak berdosa/bersalah"
(HR Ahmad)

Jadi kalau belum tahu kebenaran sebuah berita dari Whatsapp / Facebook / dst, jangan disebarkan. Daripada jadi mendapat kavling di Neraka, karena ikut serta menjadi penebar fitnah.


Dan jika #penebar fitnah saja sudah demikian besar dosanya, bayangkan sendiri bagaimana besar dosanya #pembuat fitnah.

===
Dalam terminologi syar’i, fitnah disebut dengan An Namimah.Yaitu menyebarkan-nyebarkan berita di antara manusia untuk memburuk-burukan seseorang dan menanamkan permusuhan, kebencian dan kedengkian.

Allah SWT menempatkan dosa membuat fitnah lebih buruk dampaknya daripada membunuh. Firman Allah: "… fitnah itu besar (dahsyat) dari melakukan pembunuhan …" ~ Surah al-Baqarah, ayat 217.
===

Rasulullah SAW bersabda: "Seseorang hamba yang membicarakan sesuatu yang belum jelas baginya (hakikat dan akibatnya), akan dilempar ke neraka jahanam sejauh antara timur dan barat."
(HR Muslim)



Post imported by Google+Blog for WordPress.

13 thoughts on “Zaman Fitnah

  1. shubhanallah,,, ternyata fitnah itu luar biasa dampak buruknya… semoga kita terhindar ini fitnah dan memfitnah orang lain.. terima kasih admin sudah mau berbagi ilmu keislaman dengan kami semua. semoga sukses ya,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *