Seminar: Strategi Karir IT

Kemarin (31 Agustus 2005), saya diundang oleh kawan-kawan di Fasilkom UI untuk menjadi pembicara di seminar mereka. Saya lupa judul seminarnya (duh, pikunnya kumat), tapi yang jelas saya diminta untuk membagi sedikit pengalaman dalam berkarir di bidang IT.
Apa yang kira-kira penting untuk diperhatikan bagi para mahasiswa, bagaimana agar kans untuk sukses menjadi lebih besar, dan seterusnya. Maka, kemudian saya buat sebuah presentasi singkat berjudul [ Strategi Karir IT ]

Pada kesempatan tersebut saya mengingatkan bahwa masa kuliah itu bukan waktu untuk bersenang-senang. Ini adalah awal dari masa perjuangan kita, jadi mulai belajar untuk bekerja keras. Karena seringkali dunia kerja lebih keras lagi daripada itu. Disampaikan beberapa tips untuk mempersiapkan diri (saya lupa mengingatkan untuk belajar b.Inggris – tips: ikut milis-milis berbahasa Inggris dan aktif), untuk mencari kerja (sayang saya lupa memberikan beberapa tips untuk membuat CV yang bagus), dan kemudian membangun karir.

Peserta cukup membludak dan sesi tanya-jawab terus berlanjut bahkan setelah acara usai. Anak-anak UI memang beda ya 🙂 pertanyaan-pertanyaannya sangat kritis. Malah ada yang dengan yakin mengatakan bahwa saya salah dalam salah satu poin presentasi saya. Ha ha… sambil nyengir, kemudian saya jelaskan lebih lanjut mengenai poin yang bersangkutan.
Ada juga yang komplain, kenapa pembahasannya cuma mengarah kepada karir sebagai pegawai, bukan wiraswastawan. Saya tersenyum dan mengatakan bahwa topik itu bisa menjadi topik seminar tersendiri. (cuma itu yang sempat saya katakan karena waktu seminar sebetulnya sudah lama habis)
Tapi saya kagum dengan keberanian mereka. Semoga sukses semuanya.

Bagian kedua dari posting ini akan menampilkan beberapa pertanyaan yang sempat saya catat, berikut dengan jawabannya.
Stay tuned.

22 thoughts on “Seminar: Strategi Karir IT

  1. #1 – tips belajar b.Inggris sudah saya cantumkan di posting ini (ikut milis b.Inggris dan aktif disitu), sedangkan untuk CV bisa dilihat disini. Contoh CV saya bisa dilihat disini.

    #2 – kita tanya ke om Abi yuk..

    #3 – link-nya sudah ada di posting saya ini (dalam format HTML). Kalau dalam format PowerPoint bisa diminta ke panitia acara kemarin.

  2. Pak Harry, saya salah satu peserta seminar itu. Saya berterima kasih atas tips-tips yang sudah Bapak berikan. Saya juga mau minta tips-tips yang kata Bapak di atas belum sempat diberikan waktu seminar kemarin. Kalau bisa dikirim ke milisnya FUKI Fasilkom UI (fuki_fasilkom@yahoogroups.com) atau lewat email saya, atau kalau tidak bisa, lewat blog ini juga tidak apa-apa.
    Terima kasih.

  3. om Harry, kalau tips untuk membangun , mengelola dan maintain software house ada nggak ?,
    jadi posisi kita bukan sebagai pegawai lagi, tapi yang punya software house.

  4. Pak, Saya sekarang masuk ke semester 4. Apakah sudah telat bagi Saya untuk memperluas/membangun jaringan?

  5. @Wita – seingat saya, saya baru mulai membangun jaringan utama saya sekitar semester 5 atau 6. Jadi Anda masih lebih dulu daripada saya 🙂
    .
    Semoga sukses.

  6. kirim dong contoh CV dan contoh penulisan surat lambaran Dong perlu bangt nich

  7. Betul apa yang anda katakan. Kita tidak boleh meremehkan masa – masa kuliah kita, karena disitulah kita mendapatkan ilmu yang lebih dalam lagi tentang bidang yang kita ambil.
    Setelah lulus pastinya kita semua mau memulai karir kita masing – masing. Tapi apalah karir tanpa pekerjaan?
    Aku cuma mau kasih info, bagi yang lagi mencari kerja, coba buka http://www.jobkita.com deh. Di http://www.jobkita.com terdapat banyak lowongan pekerjaan yang qualified, termasuk lowongan – lowongan untuk bidang IT.
    Selamat membangun massa depan dan jangan pernah menyerah ya.

  8. Om harry mau tanya, kalo ngambil CISCO Network skr prospek nya gimana…? lalu apa aja les les yang relevan untuk mahasiswa di jurusan Telecommunication Engineer supaya nantinya menjadi lulusan yang kompeten…..

  9. wah saya baru ngeh, ternyata file nya tidak ada lagi ya…
    .
    Terimakasih untuk notifikasinya, saya akan upload ulang dulu.
    .
    Nanti saya kabari lagi.
    .
    Trims.

  10. Pak, Link ke file presentasinya tidak berfungsi. saya coba download, tapi “Error 404”.

    -Adi Ginting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *