Kuliah gratis

note: bagi yang mencari cara kuliah formal gratis, berikut ini adalah beberapa links yang bisa dicoba :

Informasi PMDK di berbagai universitas.
Info beasiswa dari ITS.
Info beasiswa dari MilisBeasiswa.com

Info beasiswa dari blog Beasiswa

Kuliah D3 gratis.
Kuliah gratis dari Universita Hamfara.
Kuliah gratis di UI.


Kini ada banyak universitas luar negeri yang menyediakan materi kuliahnya secara cuma-cuma. Tapi untuk menemukan semuanya tentu akan memakan waktu dan cukup membingungkan.

Syukurlah dengan Open Course Ware finder, maka kini Anda bisa menemukan berbagai materi kuliah yang free dengan sangat mudah.

Selamat menikmati.

134 thoughts on “Kuliah gratis

  1. pengen minta penjelasan tentang kuliah gratis di luar negri donk!!!!
    dimana aja,n klo beasiswa gimana caranya?

  2. aku berminat degan kuliah gratis.,tapi bagaimana caranya,aku pengen,trims

  3. tolong saya dikasih tahu gimana caranya agar bisa kuliah gratis baik di dalam maupun luar negeri. soalnya saya dari keluarga kurang mampu sekarang saya kelas 3 sma

  4. saya guru bahasa inggris ingin lanjut ke S2 tolong informasinya

  5. help! please!
    gimana caranya kuliah gratis nun jauh di Inggris, untuk ilmu-ilmu kebumian dan kelautan

  6. saya ingin melanjutkan pendidikan saya ke jenjang perguruan tinggi, namun saya terbentur oleh masalah biaya, tolong berikan solusi untuk saya bagaimana agar saya dapat mengikuti kuliah gratis

  7. Gimana caranya kuliah gratis di wilayah jateng, khususnya di daerah Kudus, UMK. Ada beasiswa tertentu gak ya, buat yang kurang mampu di bid. keuangan dan yang berprestasi?

  8. BAGAIMANAKAH CARANYA SAYA BISA KULIAH S2 GRATIS DI DAERAH YANG DEKAT DENGAN RUMAH KAMI, DAN TEMPAT KERJA (guru SMP). DAN SESUAI JURUSAN (PKn).USIA 41 TH (5 OKT 66)
    RUDI WIBOWO,S.Pd
    Perumahan Pakis Jalio. Blok.L.01 68419
    telp. 0333-429054
    kantor smpn 1 banyuwangi. Jl. Jend. A.Yani.74 Banyuwangi
    0333-421964 fax . 0333-412246

  9. Bisa kasih tau lebih jelas tentang kuliah gratis di luar negeri?? Saya mau mengambil S1 di USA atau Australia. Gimana caranya ya??? Tolong di jawab!! Terima kasih sebelumnya!

  10. Tolong berikan informasi ttg kuliah gratis,karena saya sangat berminat!!!!Bagaimana caranya kuliah gratis?Universitas apa saja yang menerima kuliah gratis??Sebelumnya saya mengucapkn terima kasih

  11. Gw pgen truz skolah….
    tp ga ada duit….
    HeLp me pLease…!!!!!!!!!!

  12. sayalulusan smk,jurusan mesin.nilai uan saya 6.8untuk bhs inggris,7 untuk bahasa,9untukmatematika. kira kira adakah orang/pihak yang bisa menyekolahkan saya. karena saya dari keluarga tidak mampu

  13. saya pingiiiiin banget melanjutkan studi s2 di prancis, comment le facon (gimana caranya ya?) mudah-mudahan ada yang bisa bantu.

  14. Tolong carikan kuliah di luar negeri dengan beasiswa/gratis donk beserta persyaratannya…Saya emank masih sma klas 1.tapi saya kepikiran dunia kerja terus.Tolong bantu kasih informasinya ya…

  15. aku selalu ingin belajar terus, buatku belajar adalah kebutuhan hidup. aku ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tapi aku terbentur masalah dana….

    saya mohon dkasih informasi dan kesempatn buat kuliah gratis baik dalam maupun luat negeri

  16. aku selalu ingin belajar terus, buatku belajar adalah kebutuhan hidup. aku ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tapi aku terbentur masalah dana….

    saya mohon dkasih informasi dan kesempatan buat kuliah gratis baik dalam maupun luat negeri
    saya baru lulus sma th 2007, nilai rata-rata saya 9.05, dan saya juara olimpiade ekonomi th 2006 di kota saya.
    mohon bantuannya, terima kasih….

  17. Saya ingin sekali melanjutkan pendidikan saya ke jenjang perguruan tinggi, namun saya terbentur oleh masalah biaya, tolong berikan solusi untuk saya bagaimana agar saya dapat mengikuti kuliah gratis dan kalau bisa di bandung.
    terimakasih.

  18. Salam Kenal,

    Pendidikan kualitas tidak gratis. Tetapi ada penyelenggara kuliah gratis dan kualitas. Mungkin penasaran dan pelu diuji klik saja informasinya di blog saya (Kuliah Gratis dan Lulusa jadi Pengusaha – Program S-1 dan D-3 “200 orang”!).

    Ayo Indonesia Bangkit!

    (Atas kesempatannta terimakasih)

  19. tolong saya ingin kuliah gratis di bidang IT tapi yang gratis atau murah karna kondisi finansial keluarga tidak memungkinkan

  20. salam kenal, tolong, aku kepengin sekali kuliah gratis tapi gimana sich caranya, dan aku kepingin jurusan kedokteran, sekarang aku masih duduk di bangku SMA, tolong kasih aku alamat agar aku dapat konvirmasi dari sana
    tolong

  21. Tolong berikan informasi ttg kuliah gratis,karena saya sangat berminat!!!!Bagaimana caranya kuliah gratis?Universitas apa saja yang menerima kuliah gratis??Sebelumnya saya mengucapkn terima kasih, rata2 nilai UN saya 8,44 saya lulusan SMKN tahun 2007

  22. aku pengen banget kulia tapi ga punya uang,
    iiiinnngiiin banget
    tapi jangan kan kulia makan aja susah
    tolong kabulkan permohonan saya
    sumpah!!!
    saya bener2 ingiiiin kulia
    saya berharap akan ada keajaiban yang datang untuk saya
    saya berharap sekali dari adanya program ini
    karena saya tidak tau harus berbuat apa lagi untuk mkeraih cita2 saya
    please…………..
    semoga yang mendengarkan dan mengabulkan diberkati oleh Tuhan yang Maha Esa.
    Tooollloooong banget.
    Tolong e-mail saya kalo pemintaan saya terkabul.
    Trima Kasih

  23. Salam kenal,
    Langsung saja, saya merupakan sarjana peternakan (S1) dan mempunyai keinginan untuk melanjutkan pendidikan program pasca (S2), akan tetapi biaya untuk melanjutkan pendidikan tersebut cukup tinggi. Jadi, saya berharap ada instansi baik pemerintah maupun swasta yang bersedia untuk membantu saya. Atas perhatian dan kesediaan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

  24. Ass,,
    Saya mahasiswa D3 Teknik Refrigerasi dan Tata Udara Politeknik Negeri Bandung, sangat ingin sekali kuliah ke luar negeri tentunya di jurusan yang telah saya tekuni, karena saya pikir dg kuliah di luar negeri dapat menambah nilai jual saya di dunia kerja.
    Apapun bentuk perhatian & bantuan anda akan menjadi sangat berarti untuk saya.

  25. saya mau tanya tentang cara kuliah di amrik dan cara pembuatan visanya(visa student)

  26. Saya sangat membutuhkan kuliah gratis untuk daerah Jawa Tengah dan DIY
    Saya sangat Bertanggung Jawab dan selalu siap untuk berusaha keras saya memiliki motivasi dan semangat yang sangat tinggi tetapi saya tidak memiliki dana untuk meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi(Universitas) Saya sangat mengharapkan bantuan seseorang untuk membantu saya meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi.

  27. Saya pengin kuliah tapi tidak ada biaya. kalau ada kuliah gratis aku mau banget, apalagi yang tidak harus tatap muka. Ada nggak ya …………………………….? Beritahu saya donggg.

  28. Ada informasi mengenai kuliah gratis yang di biayai oleh pemerintah mengenai teknisi komputer untuk jaringan pendidikan nasional. diseluruh indonesia dengan cara penunjukan perguruan/politeknik tertentu dengan persyaratan usia tidak boleh lebih dari 25 tahun tapi ada juga yang memberikan maksimal usia 30 tahun. saya adalah guru T.I.K. yang sudah mengajar selama 4 tahun dari tahun ajaran 2004/2005 sampai sekarang 2007/2008. saya mengajar mengandalkan pengetahuan dan pengalaman di bidang komputer yang bisa dikatan untuk kurikulum T.I.K. tingkat SMP/MTs saya sudah menguasai, hanya saja karena Ijazah yang saya punya adalah cuma SMEA (tingkat SLTA) saya ingin melanjutkan tetapi dengan biaya seminimal mungkin. dengan adanya beasiswa diatas saya sangat gembira namun setelah melihat persyaratan umum yang terpampang dengan batas maksimal usia 25 tahun jelas saya tidak akan bisa masuk karena usia saya sudah 31 tahun. adakah jalan keluar untuk bisa diikutsertakan kedalam beawsiswa tersebut tanpa persyaratan batas usia karena saya memang sudah menjadi pengajar T.I.K. selama 4 tahun di MTs. Jamiatul Khairot Cipetir Cikidang Kab Sukabumi.

  29. Saya adalah tammatan MAS (Madrasah Aliyah Pondok Pesantren K.H.A Dahlan Sipirok.jurusan IPA, lulusan Tahun 2000, berkeinginan besar untuk kulliah hingga sampai saat ini keinganan untuk kulliah belum kesampaiaan, kerena terbentur dengan dana, saya berkeinginan besar untuk mengambilil fakultas Hukum, bagi pihak yang memberikan kesempatan (Beasisiwa) untuk calon mahasisiwa, dengan harapan besar Organisasi, instansi, perusahahn yang berkenan memeberikan beasiswa kepada saya, maka saya sangat berterimakasih sebesar2nya, tentu penuh dengan harapan besar dan keinginan kami..?/ saya untuk mendapat bantun beasiswa dari pihak mnapun.

    Terimakasih,

    Hormata saya,

    Erwin Saputra. H
    (calon Beasisiwa)

  30. assalamualaikum…….
    tamat SMA nanti dengan nilai yang baik adalah harapan saya yang selama ini selalu saya lantunkan dalam setiap sholat.sebagai anak yang berbakti,tentunya saya ingin sekali membahagiakan orangtuaku.hari demi hari,tak terasa UN sudah di ambang pintu……
    suatu ketika saya berkesempatan untuk mewujudkan keinginanku itu,sebagai anak yang kurang mampu saya sangat mengharapkannya.Beasiswa Depag yang ditunggu2 oleh puluhan teman seangkatanku,termasuk saya sendiri,ternyata hanya dibatasi 7 orang saja ikut Tes,maklum saya salah santri Pest.IMMIM PUTRA MAKASSAR.jurusan IPA Ma thn ajaran 2007/2008.saya heran kenapa saya tidak termasuk dalam 7 orang tersebut,pdahal saya sebenarnya bisa bersaing dengan mereka…
    denagan ini saya berharap saya di beri info,bilamana ada lembaga,instansi,atau perusahaan yang ingin membantu saya.akan sangat berharga,dan insyaallah akan saya manfaatkan sebaik mungkin kesempatan yang diberikan itu.dan doaku juga akan terus mengalir untuknya….
    terima kasih,
    hormat saya….
    abd. rahman.
    makassar
    pest.immim putra.

  31. asslamua’alikum.wr.wb
    saya siswi kelas 3 Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bogor angkatan 2008/2009. tidak terasa Ujian Nasional semakin dekat, hari-hari ku selama klas 1 dan 2 di sekolah ku isi dengan berbagai kegiatan Organisasi, OSIS, PMR, dan karena aku aktif di sekolah aku pun menjadi perwakilan sekolah untuk masuk kedalam orangisasi luar sekolah yang dibawah naungan Dinas Kesehatan. sya terpilih menjadi pengurus Peer Counselor Kota Bogor atau Kader Kesehatan Remaja Kota Bogor, selain itu saya juga masuk organisasi Forum Komunikasi Palang Merah Remaja Kota Bogor dibawah naungan PMI Cabang. saya memang aktif dalam oganisasi…dan banyak guru serta teman2 saya yang mengatakan alngkah baiknya saya melanjutkan sekolah ke perguruan Tinggi..
    saya diam..selalu diam disaat mereka menyuport saya.
    karena jangankan untuk melanjutkan kuliah..biaya sekolah saya pun sejak SMP sampai MAN ini…penuh dengan pengorbanan, sebenar’y tanpa usaha dan tekad saya sendiri untuk melanjutkan ke MAN…mungkin saya tidak kan pernah menikmati ilmu yang sya dapat sekarang,,
    kemapauan akademik saya memang tidak menentu..tapi saya tidak pernah putus asa untuk bersaing lebih baik..
    Cita-cita sayaingin menjdi GURU Satra dan Bahasa Indonesia..
    karena saya sangan menyukai sastra..
    ingin sekali saya mewujudkannya tanpa membebani kedua orang tua saya…
    kalaupun ada rezeki.. saya benar2 ingin melanjutkan sekolah..
    do’akan sya semoga UN nanti lulus dengan nilai yang dapat membanggakan kedua orang tua saya.
    wasslm

  32. ku lagi nyari universitas politeknik yg bs bnt dlm mslh biaya, mungkn ga sepenuhnya sih, tp bs bnt sy, maslahnya di indonesia muadah di tebak sih katanya gratis eh ujung@nya duit, ya kalau ada sih mohon bantuannya. masih banyak rakyat yang ingin sekolah sampai perguruan tinggi tp di indonesia tak jauh dari uang( ingat uangnya uang sogok)

  33. As aq lg nyari kulia gratis skrng aq lg di pesantren th 2008 aq lulus saya ingin sekali kulia jurusan sastra indonesia dan ortupun krng mampu kalo aq kulia ambil umum tolong pliiiis bantulah saya tpi ini betulkan gratis jangan boongya nanti dosaloh gak cukup ituloh bahkan masuk neraka (pliiiiiiiisss kasihila saya kesempatan)

  34. ku lg cari imformasi kuliah gratis ke luar negeri yakni singapura untuk program s1 dan s2.masalah ortu saya gak mapu untuk membiayai kuliah lagi dan saya sudah lulus smu thn 2006.kakak saya sudah menyelesaikan s1 nya.saya butuh informasi dan syarat – syarat pendaftarannya.sebab di indonesia biaya kuliah mahal dan ortu km sudah gak mampu lg untuk membiayai.atas informasi dan permaklulamannya.terima kasih.

  35. saya kuliah s2 di IAIN Walisongo, sekarang semester 2, mohon bagi pengunjung internet kalau ada solusi mendapatkan bantuan kuliah mohon kirim ke email saya,chabib_mranggen@yahoo.com atau hub saya 081325427453. saat ini saya sangat membutuhkannya untuk dapat meneruskan kuliah,

  36. Mudah-mudahan ada orang Pemerintah atau Konglomerat yang melihat blog ini…

    Saya juga ingin bisa kuliah S1 gratiis…..hikss..hikss :'(
    Membantu pekerjaan perusahaan atau instansinya juga mau..asal bisa kuliah S1 gratiiss…
    Saya bisa komputer hardware, software & maintaining..
    administrasi, koresponden, rekruitmen, analisa personal, dll.. walaupun bukan ahli…

    Kuliah…mahal amat sih kamu…!! hikss.. :'(

  37. Kuliah…mahal amat sih kamu…!! hikss.. :’(
    .
    Saya punya kawan yang “hanya” lulusan SMA — tetapi dia adalah atasan saya 🙂
    .
    Selain itu, keahlian komputernya juga JAUH lebih hebat daripada saya, yang lulusan S2 ini.
    .
    Kuliah ***bukan*** jaminan sukses.
    .
    Justru kebalikannya — banyak yang jadi terpuruk karena ybs kuliah.
    .
    Jaminan sukses adalah sikap hidup kita yang positif — pantang menyerah, RAJIN, HEMAT, ramah, bisa bekerjasama, dst.

  38. saya pelajar dari boyolali saya menginginkan kuliah,tetapi ga da dananya,saya pengin buangetssss kuliah biar ortu ku bangga ma aq,,,,,,,,please tolong aq……………………!!!!!!

  39. Saya lulusan smk jur teknologi hasil pertanian,saya pernah berprestasi juara 1 lomba ketrampilan siswa tingkat jateng,saya ingin sekali dapat beasiswa dperguruan tinggi,mohon infonya.trims

  40. tolong beri saya informasi bagaimana caranya untuk bisa mengikuti tes atau semacamnya demi mendapat beasiswa (kuliah gratis) untuk kuliah di Prancis atau di Australia. Ke kedutaan langsung kah? atau kemana? dan apa perlengkapan yang harus saya bawa?
    terima kasih.

  41. saya piingin banget lulus smk ikut kuliah gratis, gimana caranya biar bisa kuliah gratis

  42. saya murid kelas 3 SMK N purwodadi jurusan saya Teknik Komputer dan jaringan. saya kepingin kuliah tapi gak da duit tuk ngelanjutin. Ada gak kuliah gratis untuk saya, karena saya pingiiiin banget kuliah!!!!!!!!!

  43. saya sangat ingin kuliah, dan saya sangat berharap kuliah gratis bisa mewujudkan mimpi saya yang satu ini.

    bagaimana caranya saya bisa kuliah gratis?

    apa persyaratannya?

  44. ass,wr,wb, tmn2.. cita2 dan impian tinggi harus diperjuangkan, jgn mnyerah. faktor biaya bukan satu2nya penentu keberhasilan. Saya juga mau ngelanjut kuliah S2, tapi smpai skrag sy gk patah smangat. Coba ikut2 bantu dosen, n jalin hbgan krja sm n dptkn informasi dng mrka. Insya Allah da ja lowongan. Sukses bkn tuk org yg mampu, tp yang mau!!! Nti kalo da info saya kasih tau deh… Wassalam 😉

  45. tolong cariin kuliah gratis jurusan manajemen perkantoran & perawat

  46. hay kak…………
    kak ni aku kan klas3 dr smkn2 dr sragen.sbnre sih aku pingin kliah tapi aku gak punya ckup dana n gak tau dimana tempat kuliah yg co2k m jursan ku.kakak tau g?aku jrsan listrik!

  47. saya inginmelanjutkan kuliah saya yang terengkelai arena masalah biaya. bagi yang bisa membantu,semoga kebaikan anda bisa di balas sama yang Maha Kuasa

  48. ada cita-cita yang belum kesampaian, tahun 1997 saya lulus dari D3, 1992 saya sampai kejakarta bekeja sebagai tukang koran dan ngamen, setelah lulus, saya mengkoordinir anak-anak jalanan untuk belajar setiap sabtu dengan bersama relawan yang kami sebut Saturday Academy, saya kepingin ambil kuliah lagi untuk lanjutin S1, bagaimana caranya ( mau cari beasiswa ).

  49. Tolong kasih tahu bagaimana caranya kita bisa masuk ui tanpa biaya sampai selesai, dan juga disediakan asrama dan komsumsi dengan gratis

  50. Saya minta kepada semuanya agar bisa memberikan saya penjelasan dan informasi kepada saya tentang kuliah gratis, Kalo bs di dalam negeri atau luar negeri pun juga gak apa -apa, tahun 2008 saya pernah kulyah satun tahun mengambil D1, jurusan B. inggris dan komputer, saya pengen banget bisa kulyah lagi di universitas yang ada di indonesia atau di luar negeri,

    Biodata
    Nama : Adefaizal
    Gender : Male
    Umur : 19 tahun
    Alamat : Pekanbaru, Provinsi Riau, Indonesia
    Telp. : 085265356066
    Email : ade_supm@yahoo.com
    Thank’s atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih,

  51. salam sejahtera untuk semua,
    saya acep saepulloh pria klahiran sumedang juni 87 lulus MA tahun 2006. dan hingga saat ini saya ingin kuliah agar saya bisa merintis cita2 saya sebagai guru. saya punya misi kenapa saya ingin menjadi guru. yai9tu, saya ingin mencerdaskan anak indonesia. tapi sayang, hingga saat ini cita2 tsb saya tangguhkan menyangkut soal biaya, saya berharap kapada siapa saja yang bisa memberi saya info bahkan bantuan mengenai kuliah tanpa biaya mhon hub saya. di acef_saefuloh@yahoo.co.id ataw telepon 0227914176. trimakasih banyak.

  52. gimana caranya bisa kuliah gratis, aku mau ngambil jurusan psikology plizzzz tolong cariin, saya pengen kuliah sambil ngebantuin ortu abiznya ortu udah tua sekalian ngebantuin ade yang sekarang udah masuk smp bentar lagi mau kelulusan masuk sma makin banyak aja deh biayanya.

  53. Salam Semuanya….
    Hati kecil saya ingin kuliah lagi S2 tapi,,,,biaya saya tidak ada biaya u/ kuliah S2…. tapi bagaimana cara kuliah gratis?

  54. Wooooooooy udah tahun 2009 nie. Apa masih berlaku tuh informasi?

  55. aku pengeiiiin.tapi syaratnya gimana?oy disana banyak peluang kerja untuk bisa dijadikan kerjaan sampingan nggak.

  56. Saya lulusan D3 Matematika dari Salah satu perguruan tinggi swasta Di Medan, dan skarang saya merantau di papua. saya sangat membutuhkan uluran tangan saudara/i untuk membantu saya melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi (S1).

  57. Assalamuallaikum,saya pelajar kelas 3 sma,ingin melanjutkan ke jenjang yg lebih tinggi,tp tidak punya biaya.
    Nilai rapor saya pas2an.Bisa dapat beasiswa ga?

  58. saya sangat menginginkan kuliah tapi mengingat saya anak pertama dari sembilan bersaudara jadi jauh sekali rasanya
    keinginan saya salah satunya yaitu bisa kuliah bagian teknik informatika / yang sejurusan dengan komputer
    soalnya sudah jadi hobby aku main komputer apa lagi mengotak atiknya

  59. gimanasih caranya???
    disini didaerah kalimantan selatan banyak siswa-siswa lulusan sma/skn/man yang berprestasi tetapi mengingat kondisi ekonomi terbatas jadi mereka memilih bekerja
    gimana ya caranya agar mereka bisa kuliah???

  60. asslmualaikum
    apakah lulusan tahun kemarin masih bisa ikut pmdk beasiswa bersama lulusan baru di tahun ini???
    atau adakah cara lain untuk bisa melanjutkan ke perguruan tinggi tanpa di punggut biaya dan bisa mendapat biaya hidup???
    saya ingin sekali melanjutkan kuliah….?!
    saya ingin bisa menjadi lebih berguna.
    trimakasih,,wslm

  61. assalamu alaykum…..

    hy…All of you….

    i am iful a student of IMMIM BOARDING SChOOL…
    i am still first grade of SHS(Senior High School)..
    i want to join with this program,,so,no,i want to improve myself first to be succes…

  62. asalamualaikum,,q ingin bgt kuliah gratis diluar negri tp ap daya q orang g berpunya,,adakah kesempatan untuk orang seperti q untuk menuntut ilmu gratis keluar negri,,q benar2 sangat berharap smua ini jadi kenyataan agar dapat mnjadi orang yang berguna bagi bangsa negri ini dan smua orang yg q sayangi,,walaupun usia q bru 23thn namun q ingin memiliki sesuatu dalam hidup q ini yang sangat berguna adalah ilmu pendidikan yang tida habisnya dan bukan karna ilmu yang ingin q tuntut merupakan keinginan om q yang sudah dipanggil oleh yang maha kuasa ALLAH swt,,q benar2 berharap dan tida hentinya berdoa dan berusaha

  63. asslm…
    saya fatimatul astini lulusan dari SMAN 1Salaman TA 2008/2009. Saya ingin sekali bisa melanjutkan kuliah,tetapi biaya kuliah saat ini sangatlah mahal, orang tua saya tidak sanggup lagi membiayai saya karena keadaan ekonomi keluarga saya yang kurang mampu. tetapi saya ingin sekali mencapai cita-cita saya menjadi orang yang sukses. mengingat pekerjaan orang tua saya sebagai buruh, saya menjadi sadar bahwa saya tidak mungkin bisa kuliah tanpa beasiswa/kuliah gratis. oleh karena itu saya sangat mengharapkan bantuan untuk biaya kuliah saya. saya berharap kepada siapa saja yang bisa memberikan bantuan untuk biaya kuliah saya, mohon hub saya di no 085643265265. saya mengucapkan terima kasih kepada siapapun yang membantu saya.

  64. Saya ingin sekali untuk kuliah tapi tidak ada dana,tolong donk info kan ke saya tentang kuliah gratis / dapat beasiswa.Atau telepon 085246940/081346663606.Terima kasih banyak…

  65. hai tolong carikan informasi bagaimana saya bisa kuliah gratis diluar negeri,, tolonng khabrin saya y.. thnaks

  66. asss…
    saya ingin seklali kuliah tapi saya tidakk mempunyai biaya. mohon bantuannya agar saya bisa menghirup udara kampus. bagaimana caranya? terimakasih

  67. saya ingin sekali kuliyah, tapi tidak mampu karena biayanya sangat mahal, apa lagi di luar pulau kalimantan.

  68. Ini kuliah gratis adalah ide yang sempurna untuk mayoritas karena ada banyak yang akan mendapatkan keuntungan dari itu dan mereka bahkan tidak akan menghabiskan banyak uang.

  69. sekarang aku kelas 2 SMA MUHAMMADIYAH SALATIGA setelah aku lulus nanti, aku bercita-cita ingin kuliah di UGM tapi aku gak punya uang….aku tinggal di PA tapi aku ingin sekali masuk UGM.
    UGM tolong donk ajak aku masuk situ dengan gratis……….

  70. Pingback: toko
  71. apakah bisa saya kuliah jurusan kedokteran dengan gratis sambil mondok dipesantren gratis..soalnya saya gak ingin terus menerus membebani orang tua

  72. I am not much into reading, but somehow I got to read lots of articles on your blog. It’s amazing how interesting it is for me to visit you very often.

  73. I have seen alot of people make an effort to discus and write regarding this subject… and i have seen lots of failures… but you have hit the nail to the HEAD…. I agree totally together with am looking forwardto your view on other subjects

  74. I have to admit, this is not a subject that I am usually involved in, but as soon as I started out reading through, I found it to be a genuinely interesting blog site.

  75. Mantap penjelasannya, apalagi masa pandemi pendidikan jarak jauh sangat penting perhatikan hal2x seperti ini, thanks telah berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *