Open Source CRM

Hari ini saya mengevaluasi berbagai CRM Open Source untuk salah satu client. Di luar dugaan saya, ada banyak kejutan yang saya temukan:

1. Compiere kini sudah bisa menggunakan database PostgreSQL. (dulu hanya bisa menggunakan Oracle)

2. Ada banyak software CRM dan ERP yang open source, dan kualitas mereka sudah jauh lebih bagus dibandingkan terakhir kali saya memantau bidang ini.

3. Yang terbaik (YMMV) adalah … vTiger CRM dan SugarCRM.
Satu kelebihan vTiger CRM adalah menyediakan modul untuk customer, sehingga customer service bisa nyaris 100% dipindahkan ke Internet.

Cukup mengesankan, CRM dengan kualitas setara bisa berharga ribuan dolar, namun kita bsia dapatkan cuma-cuma.

Catatan tambahan:
client saya tertarik dengan SFA (Sales Force Automation) yang mobile, dengan memanfaatkan PDA. Setelah saya periksa, hanya SugarCRM Professional yang bisa menghasilkan output khusus untuk PDA, sehingga aksesnya bisa lebih cepat. Namun, SugarCRM Professional harganya mencapai ribuan dolar.
Alternatifnya, bisa menggunakan solusi dari Software on Sail boats, kelihatannya mereka banyak mendapat rekomendasi karena kualitasnya. Dan harganya pun sangat terjangkau.

Kini, tidak ada alasan lagi untuk memberikan customer service yang buruk, karena sudah banyak CRM berkualitas dan free yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan Anda.

37 thoughts on “Open Source CRM

  1. Pak harry Sufehmi,

    Saya tertarik atas tulisan bapak ttg CRM.

    Boleh saya diinfokan ttg software CRM apa saja yang bisa compatible dgn perusahaan Farmasi ??
    Mengingat banyaknya software2 CRM yang tersedia.

    Mohon sharingnya

    salam
    wresni Catur

  2. Setiap perusahaan berbeda kebutuhan dan kulturnya, jadi pertanyaan ini kemungkinan hanya Anda sendiri yang akan bisa menjawabnya.

    Tips:
    tentukan dulu tujuan Anda (contoh: dengan memasang software CRM, maka saya ingin agar: (a) income perusahaan naik 100% (b) call center bsia menjawab 70% incoming call dengan waktu tunggu kurang dari 5 menit (c) dst)

    Maka ini akan memungkinkan Anda untuk memilih software CRM yang tepat.

  3. Hi.. untuk software CRM, saya menjual Software yang namanya Goldmine dan HEAT. Goldmine sudah banyak dipakai di perusahaan besar yang memiliki bag. Call center / CSV /Telemarketing/telesales.
    kelebihan dan fungsi dari HEAT dapat saya jelaskan lebih lanjut.
    dan kedua software tersebut, saya jamin bisa menjawab kebutuhan di Perusahaan Saudara sekalian. dan Perusahaan puas, pelanggan pun jadi lebih banyak, Pendapatan meningkat.
    trims
    Email ke saya saja, apabila mau keterangan lebih lanjut mengenai CRM.
    pricilia_viska@co.id

  4. malam pak harry
    dimana mendapatkan freeware tersebut dan gmn caranya ?
    dan apa bedanya freeware sama kita beli ?
    terimakasih

    tologn dijawab ya

    thanks

  5. @ata – Semua link ke software open source CRM tsb sudah ada di posting saya di atas. Silahkan bisa dicek lagi.

  6. wah, kebetulan ne pak.. Tugas Akhir saya kan akan membredel SugarCRM. Tapi ama dosen pembimbing, diminta cari studi kasus.

    Mungkin ada yang bersedia perusahaannya ta jadikan studi kasus buat implementasi CRM, ditambahi dengan fitur Business Intelligence..

    Bingung nyari studi kasus..

  7. menurut saya CRM yg penting adalah strategi bisnisnya, jadi CRM software nya yg beradaptasi. untuk itu software harus customizeable

  8. Hallo Pak Harry

    Software vtigercrm atao sugarcrm bisa untuk predictive analyze ga?

    tanks

  9. @john – kalau akuntansi ada banyak, tapi yang pas dengan keperluan Indonesia, ini yang jarang. Malah saya belum ketemu yang cukup bagus.
    .
    @kiki – kalau yang ini saya kurang tahu, maaf.
    .
    @iwan – saya kurang tahu persis, mungkin tidak. Tapi saya kira tidak terlalu masalah; karena ada source codenya, jadi fungsi tsb bisa kita tambahkan sendiri.

  10. Pak, saya baru mengenal istilah CRM ini. Setelah baca sana-sini, apakah ini solusi yang tepat untuk sistemisasi perusahaan saya? Saya sebuah perusahaan alarm yang sedang berkembang, dan saya memerlukan solusi untuk keep on track progress dengan client-client saya (penawaran? pemasangan? invoice? dst) Juga jadwal” servis dll. Apakah ini solusi yang tepat?

  11. @Indra – saya kira betul sekali. Tracking semua hal tersebut di atas sangat menyita pikiran & waktu, dan masih bisa meleset juga.
    .
    Dengan bantuan sistem CRM, maka semua ini bisa dibantu ditangani oleh sistem.
    .
    Pada saat ini saya sedang cukup intensif menggunakan OTRS (http://otrs.org) di satu client saya. Sebetulnya, OTRS ini lebih merupakan aplikasi helpdesk (ticketing). Namun, karena ada fasilitas workflow (sederhana) nya, ternyata cukup bagus untuk dimanfaatkan juga sebagai aplikasi CRM 🙂
    .
    Semoga bermanfaat.

  12. Hallo Pak Harry !
    yang mau saya tanyakan apasih pak kelebihan dan kekurangan crm itu sendiri kalau saya menerapkanya di perusahaan property?

  13. pak Harry, saya sekarang ini sedang belajar vTiger CRM v 5.04. sulitnya minta ampun. apakah pak Harry bisa membantu saya untuk mendapatkan manual booknya?

    Best Regards

    Yoann Aditya,

  14. Setuju dengan Anton. Pada dasarnya CRM itu yang penting adalah mampu mengikuti situasi / flow bisnis suatu perusahaan, jangan sampai malah perusahaan yang harus ikuti software CRM nya.
    Namun usahakan hindari bangun CRM dari zero krn resikonya sangat besar, oleh karena itu tahapan untuk implemetasi software CRM tidak boleh diabaikan.
    Salam,

    Wendi
    http://crm-indonesia.blogspot.com

  15. Mhn pencerahannya Pak Harry,

    Saat ini kbtln saya sdg mencari software CRM utk diaplikasikan di perusahaan kami. Beberapa fitur yg kami butuhkan adl:
    – Software tsb databasenya bisa menggunakan MySQL
    – Bisa Web-base
    – Kalau bisa menu2 di web-base-nya bisa di customize.

    Mohon informasinya Pak, software apa ya yg memenuhi kriteria di atas?

    Terima kasih sebelumnya.

  16. Untuk p jhon buat sharing aja, software accounting yg simple tapi cukup lengkap ada yaitu frontaccounting, dibangun dengan bhs program php dan mysql, ada bahasa indonesia nya. silahkan lihat di http://frontaccounting.com.

    salam

    egie djangkaru

  17. Wow,great! This article is really excellent! You must see !

    Blu-ray Burner software is a powerful and best video Blu-ray DVD burner and Blue-ray burner tool.It can help you burn videos to Blu-ray Disc (BD) and also enable you to burn all these videos to Blu-ray disc and create your own Blu-ray movie.

  18. Perkembangan CRM memang semakin menarik. Kalau dulu CRM dianggap sebagai software mahal, sekarang sudah banyak bermunculan CRM gratis seperti Vtiger. Bahkan, sekarang sudah ada istilah on-demand CRM yang dipelopori oleh salesforce.com, dimana kita tidak perlu membeli software-nya, tapi cukup dengan sistem sewa. Lebih hemat jadinya.

  19. Aslm..

    Om Harry kebetulan saya sedang mencari aplikasi berbasis e-CRM nah, kalau blh saya mau minta tutorial lengkap cara penggunaan SugarCRM dan vTigerCRM om?

  20. Very interesting article. Content has been written in very nice manner. I enjoy reading this kind of stuff. Thanks for sharing good knowledge.

  21. Numpang comment, Buat pak Dedy salam kenal. mungkin kita bisa saling share pak, saat ini sy sedang bangun sistem CRM dg database engine menggunakan MySQL. sy bs di hub : 0813-889-83-668 / 087780643826. trims. YOS IT-Consultant

  22. Bagi teman2 yg sedang membutuhkan module aplikasi customize able pendukung sistem CRM spt :
    1. SMS Gateway
    2. SMS Blast/Masking (sms menggunakan SENDE|R ID Persh.)
    3. Database Nomor2 Handphone (calon customer) seluruh
    indonesia berdasarkan wilayah yang dikehendaki yang dpt
    dijadikan target market share.

    kami Smart Brilliant IT-Consultant siap membantu anda, silahkan hub di : 0813-889-83-668 / 0877-806-438-26. c/p. : YOS

  23. I discovered more new stuff on this weight loss issue. Just one issue is a good nutrition is extremely vital whenever dieting. A huge reduction in junk food, sugary food, fried foods, sweet foods, pork, and white colored flour products can be necessary. Keeping wastes organisms, and toxins may prevent desired goals for losing weight. While a number of drugs momentarily solve the condition, the awful side effects are certainly not worth it, and so they never give more than a short lived solution. This is a known undeniable fact that 95 of dietary fads fail. Many thanks sharing your opinions on this blog site.

  24. Ada temen saya baru masuk kerja langsung disuruh handle ERP, kebingungan handle databasenya. lebih recommended open source atau gak ya om? kalau kasusnya seperti itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *