Juragan Ayam Potong dari Godean

Dengan keuletannya, Tujo Hadi Sumarto merambah dari pengumpul ayam menjadi pengusaha besar ayam potong yang sukses.

Terik matahari menyengat kulit. Namun, di depan deretan toko di Jalan Godean Km. 7,5, Yogyakarta, kesibukan beberapa pria mengangkati kantong pakan ternak ke atas sebuah mobil pikap tak menyurut. Di antara mereka terlihat seorang lelaki setengah baya yang ikut bermandi keringat membawa zak-zak itu sambil menghitung tumpukan yang sudah berada di atas mobil, siap dikirim ke para pembeli.

Mengenakan kaus oblong, celana panjang, dan sandal kulit imitasi, ia tak berbeda dengan para pengangkut lainnya. Suaranyalah yang membedakan. Dengan tegas ia mengomandani aktivitas di siang itu. Dialah Tujo Hadi Sumarto, 50 tahun, satu dari pengusaha besar perdagangan ayam potong dan pakan ternak di Jogyakarta.

Setiap hari, Tujo, yang lebih dikenal dengan nama kecilnya Paidi, bisa menjual 25 hingga 30 ton ayam potong ke Jakarta, Bogor, dan beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Untuk menunjang usahanya, ia memiliki 20 truk besar dan Colt pikap, serta 10 buah sepeda motor. Tersedia pula gudang seluas 4.000 meter persegi dan tiga lokasi kandang dengan kapasitas sekitar 4.000 ekor ayam. “Untuk melanyani pembeli di sekitar sini,” ujarnya.

Uang yang berputar dalam bisnis ayam potong itu ditaksir rata-rata mencapai Rp. 200 juta per hari. Dari ayam ini, Tujo telah memetik hasilnya: dua rumah besar jadi tempatknya berteduh — salah satunya yang bernilai Rp. 850 juta baru dibangun di atas tanah seluas 550 meter persegi. Mau ke mana-mana ia tinggal menstater tiga mobil menterengnya, dua buah Baby Benz dan satu buah BMW.
Cerita Paidi bukanlah kisah Cinderella. Keberhasilan pengusaha ini bisa ditiru siapa pun yang punya tekad sekuat Tujo. Hanya lulusan sekolah rakyat (setingkat sekolah dasar), lelaki ini membangun bata demi bata istananya dengan sikapnya yang menghalalkan kerja keras, tekun dan berhemat selama bertahun-tahun.

Mewarisi bakat dagang dari ayahnya, mula-mula Paidi sekadar membantu menjual ayam potong milik ayahnya. Pada 1969, ia memulai bisnis sendiri sebagi pedagang ayam keliling. Berbekal sedikit uang dari ayahnya dan sebuah sepeda onthel dengan keranjang di belakangnya, ia keluar-masuk kampung mengumpulkan ayam dan menjualnya ke pasar-pasar di sekitar Wates, Nanggulan, Godean, Muntilan, hingga Jogjakarta.

Untuk menjual 70 ekor ayam kampung hidup, Paidi harus menggenjot sepedanya kadang sampai 35 kilometer. Ia tak berkeluh kesar. “bagaimana lagi, saya harus menjalani pekerjaan itu dengan telaten. Mau melanjutkan sekolah, orang tua tidak mampu, jadi saya mengikuti jejak orang tua berjualan ayam,” tuturnya.

Genjotan onthel-nya mengalirkan rezeki. Dalam tempo 10 tahun, sepedanya bisa pensiun karena digantikan sebuah mobil Colt pikap. Jangkauan pemasarannya jelas membesar hingga ke pelosok desa di sekitar Jogjakarta. Jumlah ayam yang dijualnya meningkat hingga sekitar 500 ekor ayam kampung setiap hari.

Pada saat marak usaha peternakan ayam potong, ayah tiga orang itu memberanikan diri menjadi peternak. Itu dilakukannya pada 1990. Dua tahun kemudian, seiring dengan makin sulitnya mencari ayam kampung, dagangannya dialihkan menjadi ayam negeri. Jogjakarta dianggapnya tak lagi cukup besar, maka luar daerah pun dibanjirinya dengan ayam potong yang disebar memakai truk sewaan. Hanya beberapa tahun ia menyewa, setelah itu Paidi memakai Colt L-300 pikap yang dibelinya sendiri.

Sikap wiraswasta teruji di kala krisis ekonomi mendera. Saat itu, ada peternak yang mengelola 80 ribu ayam potong yang bangkrut karena tingginya harga pakan ayam. Paidi mengambilalihnya. Truknya dijual untuk tambahan modal. Perhitunganya terbukti tepat. Ketika itu, lantaran banyak pedagang dan peternak jatuh bangkrut, pasokan ayam otomatis menurun drastis sehingga harganya melambung tinggi. Tujo pun menuai untuk melimpah.

Keberhasilan Paidi meniti buih pada saat terhadi krisis moneter tak lepas dari sikapnya yang hemat dan berhati-hati. Ia tak pernah hanya terbawa arus kebiasaan meminjam uang di bank atau membeli barang dengan sistem kredit. Dengan merendah, ia mengaku sebagai orang yang penakut. “Kalau pemberani, mungkin sudah sukses dari dulu karena belum banyak pedagang sehingga saingannya sedikit,” katanya.

Namun, sikap penakutnya itu justru menolongnya karena membuat ia tak teherat utang selama masa krisis, sementara pedagang lain jatuh karena utang menumpuk. “Saya tidak suka kredit. Membeli mobil pun saya lakukan secara kontan. Kalaupun terpaksa kredit benar-benar saya perhitungkan jangan sampai nantinya tidak mampu membayar,” paparnya panjang lebar. Selama berbisnis, Paidi tercatat baru sekali meminjam uang, yaitu dari PT. Sarana Jogja Ventura. Bantuan pembiayaan Rp. 200 juta itu diterimanya setahun lalu untuk menyelesaikan pembangunan rumah.
Ada lagi beberapa sifat Paidi yang cocok dengan iklim usaha yang dijalaninya. Ia, misalnya sangat menjunjung kejujuran dan menjaga kepercayaan orang. Hasilnya? Dengan bangga ia menuturkan bisa gampang berjual-beli hanya dengan menggunakan telpon. “Kadang, kalau mengambil ayam, saya hanya menyuruh sopir dengan membawa memo atau DO (delivery order), mereka sudah percaya,” katanya. Kemudian ayam-ayam itu langsung dikirim lagi ke pedagang yang memesan. Tentu, tak semua kliennya seperti dirinya. Sekali it pernah kena getok. Suatu ketika ia mendapat pesanan satu truk telur ayam senilai Rp. 18 juta. Barang langsung dikirim, tapi pembayaran tak kunjung sampai hingga kini.

Satu lagi sifatnya yang susah-susah gampang untuk ditiru adalah tidak kemaruk. Ia tetap menjalani hidup sederhana, tak ada secuil kemewahan pun di tempat kerjanya di Jalan Godean, yang hanya berupa lima unit toko seluas 4 kali 3 meter. Satu ruangan digunakan untuk kantor dan yang lain menjadi gudang sekaligus toko pakan ternak yang dinamainya “Wawan Poultry Shop”, mengambil nama salah seorang anaknya.

Di sana cuma ada sebuah meja tulis tua dilapisi kaca yang pojoknya sudah pecah, tiga kursi lipat, dua kursi kayu dan dua bangku panjang. Di sisi lain ruangan itu terlihat sebuah lemari dokumen besi bersusun empat dan sebuah kulkas. “Saya tidak senang dipuji, karena itu saya tidak mau mengubah penampilan. Sejak dulu yang begini, punya atau tidak punya, ya seadanya dan biasa saja,” ceritanya
Tak cuma hubungannya dengan pelanggan yang harus dipelihara, tapi juga mitra kerja dan kesejahteraan para karyawannya. Sebanyak 40 orang karyawannya loyal kepadanya karena mendapat gaji dan fasilitas yang cukup. Bonus dan piknik bersama selalu menunggu mereka di setiap akhir tahun. Seperti tahun ini, ramai-ramai mereka piknik ke Jawa Timur memakai dua bus.

Dengan modal ketekunan, kejujuran, dan sikap hemat itulah Paidi menyongsong masa depan bisnis ayam potong yang menurut dia kini agak lesu. Apalagi pedagang semakin banyak sehingga tingkat persaingan makin tinggi. Kendati begitu, ia mengaku tidak mengalami penurunan omzet, tapi selama setahun terakhir sulit meningkatkan omzet. Pada tahun depan, dengan diberlakukannya perdagangan bebas dan penetapan harga standar, persaingan tentu akan semakin ketat.

“Pada saat itu, kualitas harus menjadi modal utama kami, dan servis kepada pelanggan menjadi sangat penting,” kata Paidi dengan gaya bicara yang tenang. Dan, ia beruntung sudah mengantongi modal hubungan baik yang selalu terpelihara dengan para pedagang dan peternak yang menjadi mitra kerjanya. “Saya berdagang selalu menggunakan ini (menunjuk ke dada). Jadi, bagi saya, pembeli, berapa pun dia membeli, saya perlakukan sama karena pembeli adalah raja. Selain itu, ramah-tamah tidak boleh ditinggalkan,” katanya sambil tersenyum. Sikap ramah-tamah dan bersahabat itu, tuturnya, penting untuk menjaga tali persaudaraan. Kalau sudah begitu, menurut dia, pelanggan akan sungkan lari ke tempat lain. Nugroho Dewanto, L.N. Idayanie (Yogyakarta)

Sumber : Majalah Tempo, Edisi 16 – 22Desember 2002

107 thoughts on “Juragan Ayam Potong dari Godean

  1. Assalaamu’alaikum Bang,

    Masih ingat aku? 😀

    Membaca kisah pak Paidi ini mengingatkanku pada bisnis ternak ayam abah ku sendiri, yang akhirnya berujung pada kegagalan puluhan juta karena pada masa itu beliau kurang bersabar menghadapi panca roba ditambah kurangnya dukungan dari (istri beliau sendiri-ibu tiriku).

    Makasih sudah posting ini Mas, membuatku ingat diri sendiri untuk terus belajar dan tidak putus asa, insyaAllah 🙂

  2. Assalamu’alaikum wr.wb
    wah luar biasa cerita sukses pa Paidi ini, usaha mulai dari kerja keras yang jarang sekali orang mau melakukannya. dia juga seorang yang pantang menyerah, ulet dan jujur.
    saya sebagai mahasiswa di bidang peternakan kalau diberi kesempatan saya ingin seperti pa paidi ini, karena cita2 saya ingin menjadi seorang peternak yang sukses.

    untuk artikelnya terima kasih banyak…
    insyaAllah bermanfaat

  3. Ass.Wr.Wb.
    Mas Harry, membaca kisah Pak Paidi ini, ingin sekali saya dapat berbincang2 langsung dengan beliau. Apakah Mas tau alamatnya di Godean, Jogyakarta itu? Mohon bantuan Mas. Kalau mungkin saya malah ingin berkunjung ke Jogya. Trima kasih banyak atas infonya. Saya tunggu ya…..
    Wass.Wr.Wb.

  4. @Ima – halo Ima, betul sekali, kesabaran itu syarat wajib untuk semua pengusaha (apa pun usahanya).
    .
    Dan dukungan istri itu vital, tanpa itu maka sulit untuk sukses. Dan kalaupun tetap berhasil sukses, biasanya kemudian tetap tidak bahagia.
    Laki-laki itu sebetulnya lemah kok 😀
    .
    @panji – jangan menunggu diberi kesempatan, tapi buatlah kesempatan itu sendiri.
    .
    Paman saya ada yang sekarang juga peternak sukses. Awalnya ternyata mudah sekali – beliau bikin sendiri kandang ayamnya, lalu memulai dari beberapa ekor ayam.
    .
    Kini beliau adalah salah satu peternak terbesar di daerahnya.
    .
    @Lisa – wsww, alamatnya sudah ada mbak di artikel ini (Jl. Godean km 7,5), atau bisa tanya ke orang-orang dimana lokasi “Wawan Polutry Shop”.
    Semoga dapat bertemu langsung dengan beliau.

  5. Hebat..
    Menjadi ionspirasi sukses bagi saya yg sedang menjalani hidup jadi entepreneur.
    Go… dengan artikel2 yang membangun…

  6. Kalau membaca cerita sukses pengusaha seperti di atas saya sering merinding, sangat menginspirasi! Semakin membulatkan tekad saya untuk segera meninggalkan status saya sebagai karyawan di sebuah perusahaan di jakarta. Untuk para lulusan kuliah, cobalah untuk berwiraswasta dalam bidang apapun itu. Bangsa ini membutuhkan para entrepreneur baru. Salut untuk Pak Tujo! Semoga semakin maju bisnisnya!

  7. Malam Mas, dengan membaca blok mas hari ini saya jadi tertarik untuk beternak ayam potong..

    boleh saya minta data pak Paidi ?

    saya mau belajar dengan beliau.

    HP. 0811255196 ( Tolong Hub saya mas ) d sms saja …:)

  8. @Darmilis – semua detail pak Paidi yang saya ketahui sudah ada di artikel tsb diatas.
    .
    @Junaidi – betul mas, pekerjaan yang tampak kumuh seringkali justru yang paling kencang duitnya. Karena orang terkecoh dengan penampilannya (salah sendiri menilai sesuatu kok dari penampilan saja).
    .
    Paman saya memulai usahanya dari kandang ayam di dalam rumah. Sekarang jumlah ternaknya sudah mendekati 1 juta ekor.
    .
    Semoga sukses!

  9. Senengnya punya usaha sendiri… Salut buat pak Paidi..
    Maju terus Pak…
    Semoga sy bisa menjadi seperti njenengan Pak…. 🙂

    BR,

  10. Saya bisa menyediakan ayam potong 1 s.d 3 ton per hari dengan harga sangat kompetitif. Jika berminat, hubungi saya di 08561512634. Thx.

  11. artikel yg pas banget, n saya beruntung bisa membaca kisah p. paidi peternak ayam. kenalkan saya andi, alhamdulillah saya sudah 6 bln ini beternak ayam kampung jawa, jmlnya sudah 41 yg besar, dan yg kecil barusan menetas 12 ekor, kalau boleh minta dong no telp p.paidi, sehingga aku bisa ngangsu kawerung ternak pitik,
    yen bisa kirim di artikelnya di emal saya ini zalfa01@yahoo.co.id atau sms ke 03587609995
    terima kasih banget… saya tunggu kabarnya

  12. Salam Kenal pak, saya Niel sangat kagum dengan usaha bapak.Dan saya sangat mengharapkan tuntunan dan bimbingan dari bapak.
    Saya adalah sangat baru dalam berjualan ayam potong di jakarta.

  13. selamat pagi bapak paidi.
    setelah saya baca artikel bapak saya terkesan dengan kerja keras bapak dibidang ternak ayam.
    singkat kata,saat ini saya juga menjadi peternak ayam seperti bapak,tapi bedanya bapak mudah sekali menjual hasil ternak sedangkan saat ini saya sangat sulit menjual hasil ternak ayam saya dengan maksimal apalagi dengan semakin banyaknya peternak didaerah saya.
    dengan ini saya mau menawarkan hasil ternak ayam saya kebapak mungkin bapak bisa membantu menyalurkan hasil ternak ayam potong didaerah saya.
    bila bapak paidi tertarik dengan tawaran diatas, bapak bisa menghubungi saya di 081333431125 atas nama ANDRIY.

  14. matur nuwun pak..itu sangat membantu saya jadi pengen usaha ternak ayam pak/…….sekali lagi matur nuwun…monggo

  15. Bagi anda yang ingin jadi pengusaha peternakan ayam, silakan hubungi saya, modal cuma 100 rb doank sudah bisa punya peternakan ayam, nggak perlu repot bikin kandang, nggak perlu repot merawat , nggak kena bau ayam, ayam nggak akan mati/sakit , keuntungan yg diperoleh maksimal tidak seperti usaha peternakan pada umumnya.

    “This opportunity is real, real business, real ranch, real chicken, real income”.

    Daripada 100 rb anda sia-sia hanya untuk belanja, habis dimakan dalam sekejap, atau di bank, habis dimakan bunga bank dll.

    Maka lebih cepat, lebih baik.

    kontak saya : globalwranch@yahoo.co.id

  16. asslm. wr. wb. salam kenal pak.
    dengan membaca kisah yg ada di atas saya semakin ingin melakukan usaha ayam ini.
    tapi saya belum memiliki pengetahuan lebih dalam tentang ternak ini pak. dengan kebesaran hati bapak, saya ingin belajar banyak dengan bapak Paidi dan bimbingannya dalam usaha ayam ini. trmksh bnyak sblmnya.

  17. selamat pagi…

    setelah membaca artikel diatas saya jadi tertarik untuk belajar mengenai ayam potong, bisa tolong dibantu no. telepon Pa Paidi yang dapat dihubungi Pa, terimakasih sekali untuk perhatian dan bantuannya.

    Salam,

    Panji

  18. smoga saya bisa menjadi pak tujo generasi baru………..aaammiiiiin, salut utk pak tujo dari godean

  19. salam..
    saat ini saya menjual CD cara berternak ayam potong yang benar, hanya dengan harga 50 ribu/CD (blm ongkos kirim). jika ada yang berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com. tersedia juga CD Agrokomplek lainnya di bid. PETERNAKAN, PERTANIAN, PERKEBUNAN, dan PERIKANAN. tinggal pilih yang sesuai dengan keinginan teman-teman. download katalog CDnya di http://tinyurl.com/cdbudidaya2

    terima kasih

  20. Salam kenal,kami dari suplayer pakan ternak ayam,dan obat2an buat ayam boiler dan kampung,ingin menawarkan kepada bpk/ibu semua info lengkap bisa hub kami ke 08562879531

  21. mhon informasi….d mana utk bisa mendapatkan jumlah besar \ usus ayam dn jeroannya\…trims infonya….
    hub/sms : 085354000750

  22. mhon informasi….d mana utk bisa mendapatkan jumlah besar usus ayam dn jeroannya..untuk daerah semarang dn sekitarx .trims infonya….
    hub/sms : 085354000750

  23. wah emg segala sesuatu yang di kerjakan dgn niat sungguh2 dn dgn kerja keras pasti akn mendapatkan hasil yang sepadan dgn kerja keras nya..

  24. Salut buat pak Paidi….semoga saja wacana bapak bisa menjadi cambuk bagi saya agar bisa lebih bersabar…saya juga peternak di daerah Kab.Asahan…baru saya jalani selama 7 tahun….stelah membaca artikel pak paidi saya menjadi semangat…mudah2an saya bisa sperti pak paidi…

  25. Kami Supplier Pabrik Menerima Limbah BULU AYAM dan BULU BEBEK..kondisi BERSIH & KERING.. Dalam Jumlah Besar dan Rutin..Franco Gudang Surabaya..Serius
    Hubungi Rudy 081-8519162

  26. ‘sukses’

    hari yg bahagia but bpk………………????????????
    aq doain agar masrkt indonesia puya kemandirian n kj kers seprti bpk……….wsslm

  27. Wah jadi termotivasi setelah membaca artikel ini, smoga saya bisa mengikuti jejak pak paidi ….amin

  28. Keep your Contacts and SMS safe! Actually, the contacts and SMS have more values than a cell phone’s own value. You can pay money to buy a new iPhone, but cannot buy your lost contacts and SMS back. So it’s important for you to backup your contacts and SMS in iPhone. And we recommend you backup contacts and SMS regularly. Our backup software can help you take a snapshot for your contacts and SMS. Your important personal information will be never lost.

  29. maaf pak,,ada informasi tentang kandang kosong tidak,,kalu ada mohon hubungi saya,,saya saat ini sedang mencari kandang broiler yang bisa saya sewa,,kalau bisa yang ada di dekat daerah2 jogja…
    terimakasih pak,,,
    semuanya juga boleg,,kalau semisal ada info kandang broiler kapasitas 5000 ekor mohon di infokan ke saya,,
    terimakasih,,,

  30. Salam Kenal …
    Makasih banyak atas artikel nya.. artikel ini dapat menjadikan motivasi bagi peternak ayam.

    Kalo sempet mampir ke site saya ya pak..

  31. ass….
    saya ingin bertanya,kemanakah saya harus menjual ayam broiler saya,saya kesulitan memasarkan ayam saya,,jumlahnya tidak banyak,sekitar 500 ekor.
    mohon bantuannya,semoga posting saya dapat diterima,,jika berkenan hubungi saya,085223627806..
    terimakasih,
    wasalam

  32. perjuangannya menginspirasi. Pak Tujo menjalani pekerjaannya sebagai pengumpul ayam dengan ikhlas dan ridho. mungkin sebagian orang akan malas, apabila bekerja sebagai pengumpul ayam, tapi tidak untuk Pak Tujo, beliau justru bekerja dengan keras dan semangat, dan keikhlasannya membuahkan hasil yang luar biasa sekarang 🙂

  33. Thanks for taking the time to discuss and share this with us, I for one feel strongly about it and really enjoyed learning more about this topic. I can see that you possess a degree of expertise on this subject, I would very a lot like to hear much more from you on this subject matter – I have bookmarked this page and will return soon to hear additional about it.

  34. Sy broker ayam potong,”mitra satria”bg teman2 di wilayah riau(siak,pelalawan,pekanbaru) yg btuh ayam potong minimal 500kg bisa sy kirim setiap hari hubungi 081378335067

  35. This one has got my sight by the quality of the work and for it nice tittle.Thanks for the great sharing with the great clearance.Hope to find some more update here.Keep it up here.

  36. Valuable information for all. And of course nice review about the application. It contains truly information. Your website is very useful. Thanks for sharing. Looking forward to more!

  37. This is awesome work throughout.No one can ignore the hard work require to create such kind of stuff.Thanks for the informative sharing and hope many more are yet to come.

  38. You have defeated my hope; I am totally charmed with your information it will help me in my essay writing services or essay writing services writing. Thank you so much. I will beyond any doubt keep in touch.

  39. kepada yth juragan ayam potong
    saya ternak ayam mandiri 500 ekor untuk pemasarannya belum bisa bagaimana solusinya pak

  40. Apakah Anda mencari bisnis pinjaman? pinjaman pribadi, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, hutang konsolidasi pinjaman, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura, dll… Atau Anda telah menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk alasan apapun. Kami adalah pemberi pinjaman swasta, pinjaman untuk bisnis dan individu di tingkat bunga yang rendah dan terjangkau suku bunga 2%. Jika tertarik? Hubungi kami hari ini di (danieljohnhome@gmail.com) dan mendapatkan pinjaman Anda hari ini
    Salam
    Daniel Yohanes investasi tim

  41. Hello friends, I am here to share some important information about how I got a loan from an Islamic loan organization based in Italy a week ago so that my people in Indonesia who may need a loan this new year 2016 to start a business or do other things can find a reliable place to get a loan , Actually, I never believed that I could get a loan from any online or internet lender because I always thought they were all scams. But the story changed two weeks ago when a friend told me about how she got a business loan from them. Even when I find it hard to believe, but I told myself I had to try and see what will happen and I signed up for a loan of $70,000 USD. I contacted them. To my surprise, my loan approved and I received a loan after 3 days. One thing I like about them is that all their processes simple and clear. No hidden costs. No guarantee is required from me because I filed an unsecured loan. Their staff are the ones who have the fear of God. So, my brothers at home and abroad, I want to use this opportunity to advice you to contact them immediately via email at (islamiccreditunion@gmail.com) and one of their staff will immediately respond to you. Please share this information so that others can find out about them and get a loan from them. If you need any more information from me about how I got my loan from them, do not hesitate to contact me at my private email via herman228811@gmail.com May almighty Allah bless this new year for us.

  42. Pingback: more information

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *