Anak dengan masalah pencernaan

Kebetulan 3 dari 4 anak saya sempat mengalami masalah pencernaan semasa kecil. Antara lain; nutrisi tidak terserap dengan baik (sehingga terlihat kurus & sering perlu tambahan vitamin), mudah diare, dll.

Kami jadi sering berkonsultasi dengan spesialis pencernaan. Berbagai dokter jelas membawa pesan sponsor – mereka memberikan resep dan susu yang luar biasa mahalnya.

Namun ada juga dokter yang masih memegang sumpahnya, dan berusaha memberikan yang paling tepat untuk kebutuhan pasiennya. Dari mereka saya menemukan 2 produk yang sangat membantu ini :

  • Preda : merupakan bubur bayi yang diformulasikan secara khusus, sehingga sangat mudah diserap oleh pencernaan anak. Dulu hanya tersedia di apotik-apotik besar, namun kini kelihatannya sudah semakin luas tersedia
  • VitaPlus : susu untuk anak yang memiliki masalah penyerapan nutrisi – dan harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan Pediasure/dll. Biasanya tersedia di Ahad mart dan Alfa mart.

    btw; pembuat susu ini, Sari Husada, juga membuat susu “generik” – dalam kemasan aluminium foil sederhana dan berharga murah. Bagi yang membutuhkan susu untuk anaknya namun tidak sanggup membayar susu bermerk, bisa mencobanya. Setahu saya, susu “generik” ini saat ini baru tersedia di Makro saja. Itupun ditaruh di rak sebelah bawah, sehingga mudah terlewatkan.

Semoga bermanfaat.

27 thoughts on “Anak dengan masalah pencernaan

  1. Itu prego apa preda ya?
    Anak saya kemarin masalah pencernaan diberi resep bubur preda produksi kalbe farma.

  2. anaknya gak alergi susu sapi ya mas ?

    Boleh tahu alamat-alamat dokter-2 anak sepsialis pencernaan ?

  3. Kenapa bayi saya (4bulan), sdh sebulan ini (bahkan pernah dirawat karna dehidrasi, ….karena tiap minum susu dan makan bubur biskuit selalu dimuntahkan kembali…susu sudah saya ganti 3x, ada yang bisa membantu?? thx before.

  4. Wah yang komentar mas Yopi terlewat belum saya jawab – anyway sekalian saya jawab saja, untuk Wila saya sarankan untuk membawa bayinya ke dokter gizi.
    .
    Untuk solusi cepatnya, coba alihkan ke ASI kembali.
    .
    Untuk mas Yopi, anak saya saat ini sedang dikonsultasikan ke seorang dokter gizi yang menurut saya bagus sekali. Saya coba cari dulu alamatnya ya.

  5. Anak saya berumur 2 thn 11 bln. Sejak usia 2 thn 1 bln dia sesekali sembelit. Semakin tambah usia, sembelitnya semakin sering. Dulu sy pernah membawanya ke dokter gizi ketika usia 2 thn krn berat badannya yg kurang. Setelah itu dokter memberinya suplemen yg mengandung zat besi tinggi. Krn sering sembelit maka saya hentikan. Sekarang volume sembelitnya semakin sering. Kalau susah pup dia jadi sulit makan. Padahal setiap hari selalu makan buah terutama pepaya. Saya juga memberinya fruitblend, vegeblend, & susu yg mengandung fos gos. Tapi kenapa dia masih sembelit ya?

  6. akhir2 ini anak saya setiap makan dan nyusu,dimuntahkan kembali.Saya sempat stress,apa penyakit anak saya ini? Ada yg bs membantu solusinya?

  7. anak aku satu tahun sembilan bulan sudah 3bln ini klu pup selalu keras pkknya bermasalah padahal susunya sudah diganti sudah konsul dokter spesialis ank tp msh juga seperti itu gimana ya dimana alamat dokter gizi itu

  8. Memang saat ini banyak sekali dokter-dokter yang hanya mementingkan kantongnya sendiri.

    Informasi diatas mengingatkan supaya masyarakat lebih berhati-hati dan menseleksi kualitas dokter jaman sekarang.

    Terima kasih untuk sharing

  9. Curcuma adalah herbal yang paling tepat untuk masalah pencernaan anak, karena berasal dari herbal tradisional.

  10. dear all,
    anak saya bermasalah dengan penyerapan makan, tolong dong ada yang tau tidak ya dokter spesialis pencernaan yg bagus. trimakasih untuk infonya.

  11. Aku termasuk orang tua yg agak phobi ma dokter spesialis, pd beberapa kasus ia kasus obat dosis tinggi, ngga banyak omong and kasih tarifnya selangit

  12. haii haii
    kl boleh tau, ada saran nama dokter spesialis pencernaan dmn yah??
    saya mau konsul ke dokter, tp susah cr dokter anak spesialis pencernaan
    thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *