Cacar air

Lagi musim banget ya… anak saya sekarang sudah semuanya (4 orang) kena 🙂

Variasinya juga sudah banyak sekarang ini. Yang paling kecil, Kaitlyn, tidak muncul banyak bentolan merah. Tapi, mulutnya penuh dengan sariawan….
Kasihan sekali, sampai tidak bisa makan selama 3 hari. Kadang kalau melihat orang makan, dia tergiur, pegang sendok, menyuapkan nasinya… tapi kemudian tidak berani memasukkannya ke mulut. Akhirnya dia malah membantu menyuapi kakak-kakaknya 😀 padahal dia sendiri sedang kelaparan 🙁 tapi syukurlah berarti anak ini baik hatinya walaupun dia sendiri sedang kesusahan.
Alhamdulillah masih bisa minum bubur & vitamin, sehingga kondisi badannya tidak terlalu parah sekali.

Yang nomor 2, Sarah, sekali waktu terpergok oleh kita sedang menjilati lukanya, halah seperti kucing he he 😀 kita kaget dan terpekik sehingga dia juga jadi kaget, “lhoo, kok lukanya dijilat ?”.
“Habisan, enak jadi enggak begitu sakit”

Dan terjadilah… besoknya, kerongkongannya penuh dengan cacar, sehingga minum pun dia kesakitan. Aduh anak ini… mau ketawa, ya enggak bisa lah, wong anaknya lagi kesakitan luar biasa begitu.

Yang nomor 3, Umar, berbeda lagi. Sekujur badannya penuh cacar, tapi dia tetap saja gembira dan heboh. Kita geleng-geleng kepala sambil senyum melihatnya. Hanya perlu hati-hati saja kalau sedang memeluknya, jangan terlalu keras, karena bisa memecahkan cacarnya dan membuat si jagoan ini jadi meringis.

Si sulung, Anisah, tidak kena cacar selama berminggu-minggu adik-adiknya sakit. Tercetus dari mulutnya, “Wah Sarah enak yaa, kena cacar jadi bisa libur sekolah lama. Anisah juga pingin dong kena cacar”.
Dan… kemarin ini tiba-tiba muncul banyak cacar di badannya, dan dia juga menderita dari demam dan sakit. Yah, kesempatan untuk menjelaskan kepada si kakak, tidak baik untuk hasad 🙂 dan sebaiknya kita selalu bisa mensyukuri nikmat sehat yang sedang ada pada kita.

Saya sendiri ? Kebagian demam juga, dan ada beberapa cacar yang muncul. Tapi berbeda dengan anak-anak yang bisa libur, saat ini sedang tidak bisa karena ada banyak komitmen yang harus dipenuhi 🙂 Yah dinikmati saja lah, he he.

35 thoughts on “Cacar air

  1. satu rumah kena cacar? wayah…
    saya tengah demam juga, cuma ya tetap dipaksain masuk orang dikejar2 mulu 🙂

  2. Hah? anaknya 4 dan kena cacar?
    bapaknya juga kena cacar? masa blom pernah kena cacar? berarti waktu dulu gak pernah libur 1minggu dong 🙂

    Waduhhhh, katanya banyak minum air kelapa ijo , tapi itu dulu, kalo sekarang dengan obat2 yang bagus (dan mahal ) tentu bisa lebih cepat

  3. andriansah – trims tipsnya, saya baru dengar anjuran minum kelapa ijo.
    .
    Mengenai obat, kemarin ini ada obat salepnya untuk anak-anak, tapi yang generik sedang habis. Saya tanya, berapa harganya masing-masing? Dijawab oleh staf apotik, yang generik harganya Rp 4000, dan yang paten harganya …… Rp 100.000
    .
    Tentu saja kemudian saya mencari obat yang generiknya di apotik sebelahnya, he he

  4. dah pada sembuh belum ms anak2nya?? emang sengsara trkena cacar, inget waktu smp kena cacar pas ujian semester:(( ampe skrg masih ada bekasnya gara2 kalo dah kering guatelnya minta ampun.

    Moga cepet sembuh n ga ninggalin bekas:)

  5. Sarah..kamu..waduh, jadi inget waktu kena cacar dulu,..ga boleh kena angin, jadi dikurung di kamar +di tutupin semua kaca, jadi pengap bnaget deh…! Alhamdulillah…bae tanpa meninggalkan bekas..cuma bekas di ingata saja yang tidak pernah dilupakan hehehe…!! Lekas Sembuh yaa…kan mao ke Dufan apa ke Depan?

  6. Terima kasih untuk sharing informasinya.
    Pengalaman pribadi saya sendiri memang cacar air sangat menyiksa, harus tinggal di dalam rumah selama 1 minggu penuh, ngga boleh mandi, cuman boleh cuci muka, badan dan kaki pakai handuk basah.

    Semoga imunisasi cacar air dapat diberikan kepada semua anak-anak Indonesia sehingga tidak mendapat penderitaannya 🙂

  7. alhamdulillah belum kena dan semoga tidak kena, juga pada anak-anak saya nanti… amien… Btw, informasi mengenai kelapa hijau pada komen sebelumnya memang saya sendiri baru mendengar, kalo kelapa ijo buat keracunan sih iya ga bisa terbantahkan lagi, tapi kalo untuk cacar air… hmmm harus cari2 informasi lebih jauh nih…

  8. Saya kena sewaktu saya kuliah 13 th yll…trauma yg meninggalkan bekas…saat ini ada benjolan ditenpat yg pernah ada luka cacarnya yg nampaknya terus membesar dan suka gatal..Jika penulis atau pembaca tahu obat alternatif utk menhilangkannya, kasih tahu saya ya. Untuk Operasi saya takut berdampak kemana2.
    Trims buat tulisan yg bagusnya…!!!

  9. yang paling kecil baik banget pak 😀

    “Kadang kalau melihat orang makan, dia tergiur, pegang sendok, menyuapkan nasinya… tapi kemudian tidak berani memasukkannya ke mulut. Akhirnya dia malah membantu menyuapi kakak-kakaknya padahal dia sendiri sedang kelaparan tapi syukurlah berarti anak ini baik hatinya walaupun dia sendiri sedang kesusahan.”

  10. buat temen-temen yang lain kalo kena cacar supaya ga meninggalkan bekas,waktu bekas cacarnya mau kering sebaiknya diolesi jagung muda yang sudah diparut. mudah-mudahan ga meninggalkan bekas kalo sdh pakai itu. trs cacar kan rasanya gatal tp usahakan tidak menggaruk untuk menghindari bekas cacar .

  11. katanya sih lebih baik terkena sejak dini, kalau sudah besar akibatnya lebih parah. if im not mistaken also kalau sudah kena tidak akan kena lagi.

  12. VLC Converter is so far the most easy-to-use conversion program to convert vlc files with super speed and lossless quality. If you happenly want to convert vlc files, I strongly recommend you this powerful VLC converter.

    If you need a VLC to MP3 converter, I strongly recommend you this powerful VLC to MP3 converter which can extract audio from vlc files and convert to audio formats like mp3, wma, wav, etc.
    vlc to dvd Creator is an easy-to-use DVD authoring software and the best VLC to DVD converter to convert VLC to DVD, burn DVD disc, DVD folder and ISO file from all popular media formats like MP4, AVI, WMV, MOV, MPG, MPEG, DAT, MKV, FLV etc.
    The almighty vlc to mp4 converter is specially designed for VLC users to convert vlc to mp4 and other video and audio formats like avi, wmv, mpeg, mpg, flv, mkv, mp3, wma, wav, etc with super speed and lossless quality.

  13. Cacar mudah sekali menular, jadi sebaiknya yang sehat berjauhan dan tidak kontak fisik dengan yang sedang terkena cacar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *