Blogging to your success

Di milis muslimblog, ada seorang kawan yang mengeluh sulitnya menjadi penulis. Bagaimana penulis tidak diapresiasi,tidak mendapat kompensasi yang layak, sulit untuk dapat “menjual” tulisannya.

Saya mencoba memberi solusi sambil menyemangati. Saya berbagi cerita, bagaimana kini saya justru mendapatkan banyak tawaran menulis. Padahal dulu saya sempat lama gagal mempublikasikan berbagai tulisan saya.

Sedikit latar kisah, ketika masih SMA/kuliah saya sudah senang menulis. Tulisan saya pernah dimuat di Mikrodata (RIP), Info Komputer, majalah kampus, dll. Setelah beberapa waktu, saya bekerja di Birmingham City Council, saya mulai memiliki waktu senggang dan ingin mulai menulis lagi. Tapi, saya tidak berhasil menemukan jalur untuk memasukkan tulisan saya tersebut.
Jadi, lalu saya teruskan saja nge-blog seperti biasa. Memang saya dasarnya hobi menulis, jadi enjoy saja.

Oh ya, pada awalnya saya membuat pangsit.com (kini domainnya sudah diserobot oleh registrarnya sendiri, alamak), modelnya seperti slashdot.org. Lalu kemudian saya membuat blog engine saya sendiri di pangsit.com/misc/weblog.php3 kalau tidak salah (deuh extensionnya euy masih php3, he he).
Belakangan saya baru pindah ke wordpress, di situs yang sedang Anda lihat ini. Jadi saya sudah nge blog kira-kira selama 6 tahun.

Nah, sekitar 2 tahun terakhir ini ada suatu hal yang menarik. Saya cukup sering mendapatkan tawaran untuk menulis di berbagai media ! Lebih banyak daripada yang bisa saya penuhi pada saat ini. Belum lagi tawaran untuk bekerja diluar negeri – Singapura, Amerika, dll. Sudah ada juga yang menawarkan membuat buku, tapi waktu saya sama sekali belum ada untuk ini.
Penasaran lah jadinya. Lalu saya coba korek-korek, darimana mereka tahu saya ?

Ternyata, dari blog saya ini. (dan juga pangsit.com, dan harrysufehmi.com).
Bengong juga jadinya. Merasa agak bersalah karena pada saat ini banyak yang belum bisa saya penuhi requestnya. Yang bisa saya oper, saya coba oper ke ke kawan-kawan lainnya. Yang tidak bisa, ya sudah mau diapakan. Beberapa kali ada yang kemudian saya follow-up, jika waktu sedang memungkinkan.

Ternyata tidak hanya saya sendirian yang menemukan ini. ComputerWorld UK juga menulis bahwa “Blogging can boost your career“.

Jadi, tunggu apalagi? Mari kita nge-blog dengan semangat !

Kutipan dari milis muslimblog @ egroups.com :

On 7/25/07, Yon’s Revolta wrote:
> Terharu, bercampur senang, tapi ada sedikit rasa sedih. Ya, ketika seorang teman memberikan kabar dalam dalam sebuah forum “Jual Novel Untuk Menikah”. Terharu dan senang ketika mendengar kabar itu. Sebuah kebahagiaan tersendiri ketika dia akan bersegera menjemput bidadarinya. Rasa sedih muncul ketika membayangkan nasib penulis di negeri ini yang kadang banyak tidak beruntung. Tidak bisa hidup layak. Saya tak tahu tentang “nasib” seorang teman itu. Mungkin, itu satu-satunya jalan baginya untuk mendapatkan rupiah, bekal menikah kelak.

Jadi penulis itu memang sulit. Pekerjaannya menyenangkan (bagi yang hobi), tapi di Indonesia sulit untuk dijadikan mata pencaharian. Lha, di luar negeri saja yang sukses juga tidak banyak kok, masih JAUH lebih banyak yang gagal.

Karena itulah beberapa tahun yang lalu saya memutuskan untuk menjadikan menulis sebagai kegiatan sampingan dulu. Rencananya suatu saat nanti ini yang akan menjadi kegiatan utama saya, tapi bukan sekarang.

Sekarang adalah waktu untuk berbagi melalui media blog, sambil membangun jaringan & kredibilitas.

Well, at least demikian rencananya.
Tapi apa yang terjadi?

Manusia boleh berencana, Allah yang menentukan hasilnya.

Saat ini saja, tawaran menulis sudah bermunculan sendiri. Kekuatan blog memang luar biasa… rata-rata tawaran tersebut datang karena mereka menemukan tulisan di blog saya ! Saya cuma bisa tercengang sendiri.
Godaan untuk menulis jadi sangat besar, tapi pada saat ini saya sedang fokus untuk mensukseskan gerakan open source di Indonesia dulu. Kalau dibawa nafsu, maunya sih menulis saja sepanjang hari 🙂

Jadi ?

1. Bangun jaringan. Situs penulis-lepas nya mas Jonru saya kira sudah menuju ke arah yang sangat tepat, dan juga lain-lainnya.

2. Nge-blog dengan penuh semangat ! 🙂

3. Profit !
Di dunia & akhirat (insyaAllah)

Semoga sukses.

Salam,
Harry

200 thoughts on “Blogging to your success

  1. wah, saya setuju..!!
    satu lagi, jangan jadikan blogging sebagai beban.
    jika memang ‘mood’ ya silakan tulis artikel.

    tapi jika memang sedang sibuk/banyak kegiatan, jangan memaksakan diri…karena dari pengalaman, jika sedang tidak mood nulis lalu dipaksa nulis, hasilnya tidak optimal. istilah ‘kerennya’ tidak ada ‘ruh’-nya 😉

    just my gocap

  2. Ada pernah kasi tahu ke saya.

    “Do what you like, even if you don’t get pay for it. Someday, if you doing it good enough, they will pay for you to do it!”

  3. halo. ada kenalan yg biasa menulis biografi?gak perlu penulis biografi tokoh2 terkenal sih. tp utk biografi rakyat jelata aja. kl ada, tlg infokan ya. trm ksh 🙂

  4. Saya masih tetap belum percaya dengan efek sebuah tulisan, dalam hal ini nge-blog, terhadap hubungan saya dengan orang di ‘luar’ sana. Dan saya juga masih merasa seperti mimpi, ketika suatu saat saya dapat SMS permintaan untuk menulis artikel untuk sebuah buku.

    Kalau Indonesia mau maju, memang harus banyak penulis kan? 😀

  5. jd penulis di indonesia emang blm dpt apresiasi yg layak. tapi, aku tetep jadi penulis. sekarang jg lagi ngejalanin profesi itu wlpn side job. bukannya gara2 ngeblog sih, tapi ikutan milis. intinya dunia maya ternyata emang bisa nge-boost karir! Hidup warnet! (He, he … habis blm punya jaringan sendiri di rumah). pengennya sih bisa jadi self publisher. sekarang lagi bikin bucil alias buku kecil (pengennya sih buku besar, tapi mentok2nya di dana. klise,sih. Tapi …). dobel kerjaan emang nantinya. penulis iya, bisniswoman iya. (cieee bisniswoman :)) tapi, bakal lebih hepi! puas lahir batin. isi dan peredaran kan kita yg kontrol.ngikuti jejaknya mas jonru ceritanya.

    salam ukhuwah,
    Nafiisah FB
    (mbak, mas kalo sempet nonton “Memori Duit Lecek” ya di SCTV)

  6. Betul sekali Mas, nge-blog bisa jadi pintu peningkatan karir. Alhamdulillah, employer saat ini mencari saya lewat blog….

  7. Terimakasih telah memberikan semangat baru bagi saya untuk kembali menulis di alam maya, setelah 2 tahun absen…..

    Keep on struggling mas Herry, semoga bersedia nulis komentar di musida.web.id. Merupakan kehormatan besar bagi saya jika ada komentar tokoh blogger seperti mas Herry di web saya.

  8. Sepintas, di blog anda banyak sekali yang bermanfaat.
    Aqu copas yang link ke journal gratis-nya hatur nuhun Kang
    saya yakin anda akan banyak mendapat pahala, dan untuk
    memperpanjang efek pahalanya, aku pasang juga alamat
    nya di blog aqu. Syukron katsiron…..

  9. I have tried translating this page and reading it but it gives me an error. Can some one point me to a good translating service.

  10. @Iklan Rumah – apa ya, sebentar…. registrar pangsit.com adalah totalnic.net kalau tidak salah, sekarang sudah diambil alih oleh pacnames.com
    .
    Hindari registrar ini.
    .
    Semoga bermanfaat.

  11. I am a big supporter of blogging and the whole blogging community. It is an integral part of today’s society and representative for everything America stands for.

  12. I have been looking for this article. I read it months ago, and I was looking for it again to re-iterate some things I was talking to a friend about. Glad I found it. Good work.

  13. Hi, I wonder what language this is. Though, by most of the comments I can tell that it is a very warm forum and people like to share the information here. Good Luck!!

  14. Wah mantap mas Harry.

    Menulis memang menyegarkan bagi jiwa, dan membiasakan kita untuk memberi yah.

    Saya suka dengan tulisan-tulisan mas. Saya sendiri sangat yakin jika masa depan blogger di Indonesia sangat bagus. Mestinya memang orang yang rajin ngeblog secara otomatis akan bagus kemampuan menulisnya.

    Gimana nggak, lah wong tiap hari nulis. 🙂

    Lam kenal yah mas!

    Iklan Gratis

  15. Saya setuju dan nggak setuju mas…

    Setuju bahwa menulis memang mengansyikkan dan bisa kurang diapresiasi di luar sana, apalagi dulunya.

    Namun dengan internet, apalagi membiasakan diri ngeblog, maka menjadi penulis menjadi cukup mudah dan menyenangkan. Asalkan mau terus menulis, dan mau belajar sedikit bagaimana cara menulis yang bagus tentu bisa menjadi penulis.

    Dan mengenai apresiasi, kita sudah melihat banyak sekali penulis online yang kaya raya menjual ebook mereka.

    Justru sekarang, menulis adalah favorite untuk menjadi sukses sambil menikmati hidup, yah mas? 🙂

    Mengenai “blog can boost your career” saya sangat setuju mas, ngeblog memang hebat dan dahsyat. Bisa dipakai latihan menulis dan hebatnya bisa dipakai membangun “branding” serta alat promosi yang HEBAT!

    Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

  16. Blogging is just fun where you can put all your ideas and share it with the world. It’s just amazing. Thanks for sharing this article. 🙂

  17. Mengenai “blog can boost your career” saya sangat setuju mas, ngeblog memang hebat dan dahsyat. Bisa dipakai latihan menulis dan hebatnya bisa dipakai membangun “branding” serta alat promosi yang HEBAT!

    saya juga setuju 😀

  18. To be a writer is not easy. You can’t ask Mother Fairy to make you a professional writer in a night :P. Writing needs time. If you can invest your time daily, it will be a great treasure in the future. Spent your time blogging, or writing diary or even reading books that will increase your idea and thought. Good luck on your writing.

    cheap laptop computer

  19. Yep, you got that right. Blogging can boost up your career in writing or media. Besides that, you can make money from blogging. A nice killing two birds with one stone 😉

  20. You make some excellent points about blogging…and there really is a LOT of money involved when you get good! Thanks for the post.

  21. Ah!!! at last I found what I was looking for. Somtimes it takes so much effort to find even tiny useful piece of information.Nice post. Thanks

  22. SWF to WMV Converter can easily help you to convert SWF to WMV, AVI, MOV, MPEG, FLV, MP4, MP3, Animated GIF, GIF, etc. So that they can be played in Windows Media Player or edited by video editing software.

  23. wah mantap udah 6 tahun ngeblog ya? wajib belajar sama mas harry nih. selalu bagi2 ilmunya ya mas?

  24. kalo buat penulis saya setuju banget,mas…Emang blogging bisa mendukung karir..Tapi kalo buat profesi yang lainnya..masa’bisa sich,mas..?Kalo memperbaiki keuangan sich..otomatis..he3…Btw,sy seperti dpt pencerahan setelah beberapa kali berkunjung ke blog keren ini..Mas Harry ini kaya pengalaman ya…n smart…
    Salam hormat dari yang baru belajar ngeblog…

  25. betul mas…jangankan buat penulis…sy yang cuma nulis postingan blog aja merasa lebih bisa nulis dengan baik setelah ngeblog..oya pangsit.com di serobot regristrarnya sendiri? Koq bisa,mas…?he3 🙂 Ada-ada saja…
    Salam kenal bang Harry..tulisan anda banyak meng-inspirasi saya…

  26. Emang blogging bisa mendukung karir..Tapi kalo buat profesi yang lainnya..masa’bisa sich,mas..?

    Bisa lah 🙂

    Contoh: ada salah satu blogger yang profesinya adalah ahli Geologi.

    Berkat blognya, maka kini ybs sering menjadi nara sumber untuk berbagai wawancara / interview TV seputar bidang Geologi 🙂

    Dan masih banyak lagi contoh lainnya ! 😀

  27. Mas Harry, articles di blog ini sangat membantu khususnya blogger pemula seperti saya>>>sebagai sesama anak negeri bantuannya dong gimana cara naikan Link Popularity dan Page Rank?? Trims atas helpnya

  28. As a total newbie in this area, I learned a lot from your articles here. I just have to say a sincere thank you.

  29. The article or the body of the article should also written in english not only the title.

  30. wah inspiratif banget mas, saya juga pinginnya nulis mulu tiap hari, tapi karena kesibukan offline. jadi ya gak bisa terlalu dipaksain, tapi tetap semangta dan akan selalu saya jaga insyaAllah

  31. wah menulis memang kadang terasa sulit mas, ini membuat inspirasi kepada saya. saya juga memulai intuk membuat blog sdh lama namun tak pernah serius untuk mengurusnya, lagi-lagi karena susahnya menulis. tapi banyak hal seperti ini yang membuat inspirasi menulis jadi semangat lagi..

  32. Terimakasih Mas, jadi semangat nich ngeblognya. Ternyata jadi penulis juga menyenangkan. Bisa minta tip gak mas gimana cara menulis dengan bahasa yang tertata dan rapi ?
    Atau buatin artikel dengan tema bagaimana menulis artikel yang baik ?

  33. @Umar – Bisa minta tip gak mas gimana cara menulis dengan bahasa yang tertata dan rapi ?
    .
    Kuncinya cuma satu – latihan 🙂
    .
    Saya sudah nge-blog sejak tahun 2001. Dulu, tulisan saya pun amburadul dan tidak keruan. Dan isinya rata-rata hanya curhat, he he
    .
    Sejalan dengan waktu, tanpa saya sadari, sekarang ternyata bagi saya sudah mudah untuk membuat artikel yang berguna dan menarik.
    .
    Oh ya, saya juga sering berkunjung ke berbagai blog kawan-kawan saya. Dari mereka, saya mendapat banyak contoh yang bagus-bagus.
    .
    Selamat berlatih ! 🙂

  34. Mas, benar2 artikel yang sangat bermanfaat ,apalagi untuk saya sebagai blogger pemula..
    SEMANGAT ng- blog… 😀

  35. Hi !!!!!!!!!
    I agree with Speed, very informative…
    Thank you for sharing your article! I will look forward for the next one. Sometimes it takes so much effort to find even tiny useful piece of information.
    Thanks a lot.
    Keep posting like this….

  36. Mas Harry…
    Saya pun sampai saat ini masih bingung, karena ga nyangka ada beberapa penerbit menawarkan saya untuk menulis tentang kegiatan yang saya geluti.
    Kalau nulis di blog, saya kan seingetnya aja…. Tapi kalau nulis untuk sebuah buku, tentunya ada kaidah2nya.
    Nah …. saya coba tulis tapi dah berbulan2 ga kelar2.
    Maklum petani bisanya pegang pacul ketimbang pegang pulpen.
    Mungkin ada saran mas Harry
    Terima kasih sebelumnya,

  37. @Petani – halo pak, pertama-tama saya ucapkan selamat untuk blognya yang sangat baik sekali. Senang melihatnya, dan saya yakin banyak bermanfaat untuk banyak orang. Semoga bisa terus berbagi, amin.
    .
    Kembali ke topik – menulis buku memang berbeda dengan menulis di blog. Ada berbagai “pakem” yang musti diperhatikan. Dan itu tidak mudah jika kita belum berpengalaman.
    .
    Nah, saya usul Anda bisa bekerja sama dengan penulis yang sudah berpengalaman. Seperti Jonriah Ukur, atau Merry Magdalena.
    Jadi, content nya dari blog Anda. Sedangkan editing dilakukan oleh mereka.
    .
    Tentu ada biaya kerja bagi editor ybs, untuk itu silahkan bisa Anda negosiasikan langsung dengan ybs. Contoh: xx % dari profit, atau skema lainnya.
    .
    Demikian ide dari saya, mudah2an bisa membantu.

  38. Hello everybody…!!!!!!

    Its great to see these valuable things specially for us.
    Many many thanks to the author for spending their precious time to write this article.
    Keep up the fantastic work…
    Great going….
    Keep posting like this…….

  39. A big thanks to the author for posting us a great informative stuffs.
    Excellent stuffs presented here.
    Thanks a lot for sharing this blog with us….

  40. Great post dude..!!

    Such a lovely post you have represented here.
    Its good to see the valuable information for us.
    Nice post…
    Thanks for sharing all the stuffs with us.

  41. artikel yang sangat menarik sekali pak, saya juga mengalami kesulitan dalam menulis, alhamdulliah karena beljar bikin blog, sedikit-sedikit akhirnya saya paksakan untuk bikin beberapa artikel, walaupun blm bagus hasilnya yang penting ditulis dulu

  42. artikelnya sangat menginspirasi pak,terima kasih atas sharingnya. mudah-mudah saya juga bisa menulis sebagus tulisan bapak

  43. Ada kalanya semangat akan turn apabila kita menghadapi kendala, tetapi kenapa tidak kita coba untuk berani menghadapinya:)

  44. makaish mas penyemangatnya saya juga senang nulis… tapi memang ketika tulisan kita dinilai dengan pasar bukan dengan kualitas sehingga tulisan kita misal fi tolak oleh penerbit rasanya kok gimana gitu….
    apalagi kalo redaksinya ngomong tulisan mas bagus, sangant menarik dan saya suka tapi saat ini belum ada pasarnya…

  45. Salam kenal mas..
    Sungguh tulisan yang sangat menarik dan menjadi penyemangat bagi blogger lainnya termasuk saya pribadi.

    Sebagai pemula saya masih sangat jauh dari mas Harry, tetapi memang saya juga telah merasakan manfaat-manfaat dari tulisan-tulisan sederhana yang saya tulis di blog.. Setidaknya saya sudah mulai berpenghasilan serta banyak sahabat melalui tulisan-tulisan di blog tersebut.

    Terima kasih atas artikelnya.. 🙂

  46. Jadi terharu baca postingannya mas, kaya ikutan seminar. Jadi nambahin buat saya untuk nulis (ngeblog). Mas aja bisa saya juga harus bisa. Mohon do’anya ya mas. terima kasih

  47. mantep pak! nambah smangadh nih… bener2 gak nyangka juga ternyata kekuatan blog sedahsyat ini,.. ACTION segera pak! makasih sekali supprotnya…

  48. Thanks for providing and giving exclusive suggestions about blogging. The post is extremely good to know some new features along with such useful information’s. I have heard about your article from my adult sex dating online partner. I have stumbled upon your content and enjoyed each segment.

  49. You have solved our situations in writing appropriate things. I am pleased by your encouraging post. Eventually, I have got job to write for Chelsea Charms. Accidentally stumbled upon to your content and delivered to my bookmark. Enjoy the New Year.

  50. I am being amazed by the issue that you have been clearly described with actual purpose of writing. I am a blogger and thinking about writing a blog base on adult friend finder issue. I wish that after finishing the stuff, I will able to find extra traffic. I wish you a Happy New Year.

  51. Terima kasih telah berbagi mas…

    Alhamdulillah dengan perantaraan tulisan, saya pun dapat penghasilan dari google Adsense, bisa dapat penghasilan dari jualan ebook panduan usaha yang isinya tentu saja ditulis juga, dsb.

    Alhamdulillah… Semoga makin sukses… dan terus berbagi! 😉

  52. untuk ngisi waktu kosong,,, blogging emg kerjaan yg enak,,, selain bisa mengasah kreatifitas, bisa juga nambah ilmu dari baca2 artikel2 blogger lainnya…

  53. I really like your beautiful fashionable ideas which you have use in this blog .. This blog provide exceptional and helpful information for which I was searching..

  54. I really like your blog . I admit the point that you have mentioned here . And It’s very informative. I really appreciate that .Thank you for sharing with us .

  55. Jadi semangat nulis artikel sndiri nih, dr kemaren2 ane ad yg bkin sndr, rewrite dsb. Hehe,., Ok deh bang ane coba saran ente 😀

  56. wah…aku harus tetap semangad.. 😀 bikin posting.
    yang lain bisa aku jg harus berjuang untuk BISA!
    thank sharing nya… salam knal. 😀

  57. saya kadang-kadang juga minder pak kalo tulisan saya cuma dibaca tapi enggak dikomentar 🙁

  58. Awalnya saya kurang suka menulis. Karena lagi belajar blogging jadinya membiasakan diri nulis artikel. Ternyata rasanya seneng dan puas kalau sudah nulis 1 artikel. Walaupun cuma artikel sederhana..hehehe. Terima kasih inspirasinya…

  59. Thanks for discussing your ideas. I would also like to say that video games have been ever before evolving. Technology advances and innovations have assisted create realistic and interactive games. These types of entertainment video games were not actually sensible when the concept was first of all being tried out. Just like other kinds of electronics, video games way too have had to grow through many generations. This is testimony to the fast progression of video games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *