Ngadino, Pembersih Jamban yang Mampu Pergi Haji

Saya telah ditampar, secara virtual, pada hari ini. Setelah membaca berita yang terlampir dibawah. Menentang semua logika & perkiraan, seorang pegawai negeri bagian kebersihan bisa pergi berangkat menunaikan ibadah haji.
Walaupun saya sudah naik haji, namun istri saya belum. Jadi masih ada “hutang” juga sebetulnya.

Mudah-mudahan saya bisa meniru teladan Pak Ngadiono ini dengan baik. Amin.

Republika – Kamis, 22 Nopember 2007
Ngadino, Pembersih Jamban yang Mampu Pergi Haji

Pekanbaru-RoL–Ngadiono (47) hanyalah seorang penjaga sekolah dasar yang menyambil sebagai pembersih jamban di sebuah pasar tradisional di Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau. Tapi siapa yang menyangka petugas kebersihan ini mampu pergi haji? Sebab gaji sebagai penjaga sekolah dan upah membersihkan kakus tidaklah seberapa.

“Dia mampu karena niat dan keinginannya yang kuat,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Rokan Hulu Hj Efie di Ujungbatu seperti dilaporkan Antara, Kamis. Saat melepas jamaah calon haji (JCH) di lingkungan Dinas Pendidikan Rokan Hulu, Efie tidak mampu membendung air matanya, ikut menangis bersama Ngadiono, ayah tiga anak itu. Ngadiono akan berangkat ke embarkasi Batam melalui lapangan udara Pasir Pengaraiyan pada 25 November bersama 346 JCH asal Rohul.

Warga transmigran yang gigih itu merupakan pegawai negeri sipil golongan 1C sebagai penjaga SDN 002 Kecamatan Ujungbatu sejak 1993. Gaji yang kecil dan tidak cukup untuk menghidupi keluarganya tidak mematahkan semangatnya untuk pergi ke Tanah Suci Mekkah untuk menunaikan ibadah haji, keinginan yang telah lama tertera di hatinya.

“Saban siang, sepulang dari sekolah saya membersihkan jamban di Pasar Ujungbatu. Bertahun-tahun pekerjaan ini saya jalani dan uangnya saya kumpulkan untuk haji. Insya Allah lusa saya berangkat,” katanya dengan mata berkaca-kaca. (pur)

40 thoughts on “Ngadino, Pembersih Jamban yang Mampu Pergi Haji

  1. subhanAllah, benar2 patut diteladani semangatnya, semoga Allah merahmati pak Ngadino.

  2. subhanallah, jadi ikutan merinding baca tulisan ini.
    kalo Allah sudah memanggil hambanya, gag ada sesuatu yang bisa menghalangi.

    * pengin ikutan nyusul *

  3. @geblek – iya mas. Tapi saya menolak “gelar” haji dituliskan di nama saya, karena itu tidak perlu dibanggakan. Apalagi pada saat sekarang ini, dimana banyak haji namun kelakuannya sangat jauh dari Islam.
    .
    @All – semoga semua niat baiknya dikabulkan Allah swt, amin.

  4. Subhanallah…. Pak Ngadiono doakan saya agar bisa menyusul bapak … Thanks kang harry untuk sedikit tambahan pencerahan.

    @all-Semoga benar2 bisa menjadi teladan bagi kita semua, Amin.

  5. To Mas Harry, hehe iya gelar Haji di nama emang sepertinya di Indo aja tradisinya gitu, kenapa gak sekalian aja Pak Syahadat, Shalat, Zakat, Puasa dan Haji Fulan :d.

  6. alhamdulillah, memang kalau sudah ada niat pasti bisa! 🙂

    tahun kemarin aye nonton tv tentang perjuangan seorang bapak2 tukang tambal ban yang ingin naik haji, selama 20 tahun ngumpulin duit seratus duaratus perak buat naik haji, dan akhirnya bisa.

    Jadi terharu sekali,

    Tapi setelah itu acara nampilin cerita seorang Germo dan tukang nagih utang bisa naik haji setelah ngumpulin duit selama 10 bulan.

    Ugghh jadi kepikiran kalau punya uang “semua orang” bisa naik haji.

    Walau mungkin kadar “haji” nya berbeda.

  7. Tadinya tidak ingin percaya, tapi ternyata kasus-kasus yang sifatnya agak diluar jangkauan akal juga memang ada ya? Meskipun kasus-kasus semacam ini langka.

  8. Allahu akbar.. Maha besar Allah dengan segala Nikmat dan karunia-Nya.
    Alhamdulillah juga buat Njenengan yg sudah menginjak Tanah Suci.

    Memang kalo ada kemauan pasti ada jalan selama itu di dukung dengan doa dan usaha yg gigih.

    *ambil kaca dulu ah*

  9. waduhhh ini bukan cuma ditampar ms, tapi di gaplok make godam. semoga bisa meneladani tindakan beliau. eh ms harry naik hajinya pas di inggris ya?? bareng pak ono & pk aji yg dr ipb itu ga’??

  10. @ndahmaldiniwati – lho kenal sama pak ono & pak aji juga tho. Terutama dengan pak ono suparno, kami sekeluarga kawan baik dengan beliau. Wah kapan bisa ketemuan lagi dengan mereka ya 🙂
    .
    Kebetulan saya naik haji sebelum ke Inggris, alhamdulillah. Dan mudah-mudahan bisa segera kesana lagi, kali bersama dengan istri.

  11. Banyak kok orang semacam bapak yang diatas, kalau sudah punya tekad, punya cita-cita pasti akan melakukannya dengan sekuat tenaga untuk mewujudkannya. Yang penting hidup hemat tapi bergizi.

    Saya sendiri sering nabung untuk niat naik haji, akhirnya kepake terus duitnya … hehehe. Dulu tergiur sama majalah masakan, buku-buku sama beli makanan yang enak-enak di benhil. Gimana yach … lewat pasar benhill … lihat makanan, lihat tukang koran. Ke toko buku, yach sepertinya semua isi toko buku itu pengen dibeli semua.

    Mudahan-mudahan naik haji walaupun ga tahu tahun kapan.

  12. Salam kenal,

    hmm… pembersih jamban aja mampu naik haji… apalagi ogut yah…

    Ternyata bukan masalah uang, kerjaan atau nasib …. tapi masalah tekad.

    Trims.

  13. JASA LIMBAH ISKANDAR JASA LIMBAH ISKANDAR..OK BANGET..Melayani Limbah Anda Anda SEJABOTABEK : Limbah Industri; Perkantoran; Gedung/Apartmen t; Perumahan; Sedot WC; Air Kotor; Saluran mampet;Rembesan & Bikin Septictank;juga menyediakan MESIN PENGOLAH LIMBAH Hubungi : ISKANDAR No. Tlp. 021-74631310 & 021-70492265

  14. Maha besar Allah dengan segala Nikmat dan karunia-Nya.
    Alhamdulillah juga buat Njenengan yg sudah menginjak Tanah Suci.

    Memang kalo ada kemauan pasti ada jalan selama itu di dukung dengan doa dan usaha yg gigih.

  15. Thanks for your posting. What I want to point out is that when searching for a good on the web electronics go shopping, look for a site with complete information on important factors such as the personal privacy statement, safety measures details, any payment procedures, along with other terms as well as policies. Usually take time to look into the help and also FAQ pieces to get a greater idea of the way the shop operates, what they can do for you, and the way you can make use of the features.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *