Ubuntu Linux untuk Sekolah Terbuka & Pondok Baca Arcamanik

Terimakasih untuk kawan-kawan dari komunitas Linux & Ubuntu Bandung yang telah turut memungkinkan ini menjadi kenyataan. Terlampir adalah surat terimakasih dari ibu Ida Sitompul dan sedikit rincian mengenai situasinya.

Bravo ! 😀

Dengan bantuan anak-anak muda dari Komunitas Linux, kami menset up enam komputer dengan sistem thin client (LTSP). Saya membeli 2 komputer baru dual core, dan empat yang lebih murah untuk clientnya. Saya menghabiskan hanya 8 juta untuk keenam komputer itu dan 600 ribu untuk 5 meja komputer serta beberapa ratus lagi untuk LAN card dan pernak-pernik kecil lainnya. Total 9.000.000. Saya masih punya 3.000.000 lagi yang sengaja saya cadangkan untuk jaga-jaga, kalau-kalau sistem yang kami bangun tidak jalan.

Alhamdulillah sudah beberapa minggu ini anak-anak SMP terbuka sudah bisa menggunakan komputer untuk pelajaran TIK. Salah satu guru TIK mereka adalah Ibu Enggar (a.k.a Mrs. Kuncoro W). Ibu Guru mengajar hari Sabtu karena hari kerja lainnya ibu guru bekerja di Jakarta, demikian pula Pak Edi Hudoyo, guru TIK lainnya.

Sabtu, jam 7 pagi, anak-anak kelas 7 datang ke perpustakaan. Jam 8.30 anak-anak kelas 2 yang baru belajar bahasa Sunda dengan pak Gimmi, dosen Psikologi Unpad, berdatangan untuk belajar TIK. Ganti anak-anak kelas satu pindah ke Gedung Salsabil untuk belajar Bahasa Sunda. So things work out very well.

Terimakasih pada teman-teman who make it possible.

Salam,
ida

30 thoughts on “Ubuntu Linux untuk Sekolah Terbuka & Pondok Baca Arcamanik

  1. salut *angkat topi*, sekarang linux memang sudah sangat user friendly.. apalagi hanya sebagai pengguna.. (keponakan saya yg umur 4 tahun aja udah bisa bermain2 dengan linux 🙂 )

  2. Penasaran dengan spek 4 komputer sisanya. Penasaran juga dengan kurikulum TIK untuk SMP. Jaman sekarang anak SMP sudah canggih ya…

  3. Syukurlah segalanya berjalan lancar. Kebayang mbak Ida bakalan senyum terus… 🙂

  4. mumpung ada orangyang paham linux khusus ubuntu, bagaimana caranya agar ubuntu 7.10 bisa diinstall printer canon ip1700, Sy coba2 belum bisa2 saja. Mohon pencerahan….

  5. assalamualaikum ..
    salam ubuntu… saya salah satu pengembang ubuntu di Malang sedang mengajar di salah satu sekolah sd di malang juga …
    Kebetulan kami juga pengen mengembangkan jaringan LTSP tapi sampai sekarang kami belum bisa membobolnya (belum sukses) distro yang kami gunakan edubuntu 7.04 server . saya pengen berbincang lebih banyak dengan anggota linux di bandung cos biar bisa juga ma ubuntu 🙂
    1. cara manualinya gmn ?
    2. punya YM! r call person deh !

    kami mengharap bantuan anda terima kasih

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  6. Mas…boleh minta tutorialnya ga….

    Soalnya saya lagi implementasi LTSP tapi sampai saat ini belum berhasil juga…..

    Saya sangat mengharapkan bantuan Mas
    Terima kasih buat bantuannya Mas…

  7. Linux sekarang semakin diterima oleh masyarakat Indonesia, mungkin karena gratis ya.. Mungkin ga suatu saat linux bisa menguasai pasar seperti windows?

  8. dimanan alamat komunitas linux dan ubuntu bandung, saya tinggal dijatinangor dan ingin belajar ubuntu, haturnuhun

  9. bravo ubuntu pak 😀
    bangga nih sya makek ubuntu juga, walau kadang giselingi dengan debian…
    tapi masih sodaraan juga sih..
    sukses selalu pak harry 🙂

  10. walaupun artikelnya adalah artikel 4 tahun yg lalu, gpp lah saya komentari ya Sob. ni mau tanya, gimana kabar dari Sekolah Terbuka & Pondok Baca Arcamaniknya sekarang? penasaran pengen tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.