Alamak, Wisma Bumiputra

Ini gedung benar-benar minta ampun. Sama sekali tidak bisa saya rekomendasikan 🙂

Ceritanya, ada client disitu, dan kita bereskan infrastruktur IT nya. Baru kemudian kita menyadari berbagai masalah di gedung tersebut.

Pertama, lift nya yang rada mengerikan. Hanya dalam beberapa kunjungan kesitu, saya sudah pernah terjebak di dalamnya. Di tengah ketegangan, seorang penumpang lift berusaha mengkontak petugas melalui emergency speaker.

Tidak ada respon.

Orang-orang mulai panik. Saya mulai kesal.
Di tengah itu semua, tiba-tiba ada penumpang yang berusaha membuka pintu lift – dan berhasil. Kita semua langsung berhamburan keluar menyelamatkan diri.

Sejenak sebelum kita keluar, terdengar suara petugas dari speaker, “Halo? Halo? Halo?”
Yang dijawab dengan ketus oleh para penumpang “telat pak !” 😀

Kedua, listrik padam setiap jam 18:00 ??
Jika server Anda perlu hidup 24 jam, lupakan untuk menjadi tenant di gedung ini. Sebenarnya, pengurus gedung bisa menghidupkan listrik setelah pkl 18:00 misalnya untuk lembur, dengan biaya “hanya” Rp 300 ribu / jam saja.

Such a great deal. Not.

Ketiga, listrik byar-pet ????
Ini saya saksikan sendiri – ketika sedang mengutak-atik komputer di lokasi, tiba-tiba listrik & lampu semua **byar**. Lalu langsung hidup lagi seperti tidak ada apa-apa.
Namun sejak itu, bahkan printer heavy-duty seperti dot matrix dari Epson mulai bertingkah aneh.

Apalagi komputer para user.

Ketika berbincang-bincang dengan customer, ternyata ini kejadian yang biasa menurut ybs. Tapi, dia tetap tercengang ketika melihat lampu printernya berkelap-kelip dengan genit.
Dan kita tetap kesulitan membuat paham bahwa besar kemungkinan bahwa komputer-komputernya terus bermasalah (beberapa network card, sebuah komputer, beberapa printer, sebuah server gateway internet, dst) adalah karena masalah listrik tsb.

Keempat, parkir mobil !
Saya kaget setengah mati ketika menemukan bahwa tempat parkir untuk tamu di areal gedung ini sangat, amat sedikit. Waduh, mau ditaruh dimana mobil saya ?

Lalu saya bertanya baik-baik ke seorang satpam. Dijawab oleh ybs, bahwa saya boleh parkir di basement gedung – yang jelas-jelas ada rambu bertulisan “HANYA UNTUK TENANT” (atau semacam itu) di pintu masuknya. Saya tanya soal itu dan dijawab tidak masalah, maka saya masuk ke basement dan mulai berputar-putar mencari parkir.

Setelah cukup lama mencari, akhirnya ketemu lokasi parkir yang kosong. Dengan perasaan lega, saya kemudian mulai manuver untuk memparkir mobil.

Selesai mobil di parkir, seorang satpam datang menghampiri saya. “Halo pak, mau parkir?”
Saya bingung, “Iya pak.” Lha jelas-jelas saya **sudah** parkir 🙂
“Disini khusus tenant pak”
Saya: “Oooh, iya, saya juga baca, tapi saya disuruh parkir disini sama security diatas”
Satpam: “Oh tidak bisa pak. Disini cuma untuk tenant”
Saya: “Haahh??”

**bengong**

Saya: “Iya deh”

Terpaksalah saya keluar lagi dari tempat parkir tersebut, dan dari basement. Ketika melewati satpam yang menyuruh ke basement tersebut, saya komplain. Dia bengong.
Saya juga bengong, lho kenapa juga dia bengong? Jelas dia salah tho? Bingung saya jadinya 😀

Belakangan, ketika proyek sudah mendekati selesai, saya baru tahu bahwa agak jauh di belakang gedung, ada tanah kosong yang sudah dikonversi menjadi lapangan parkir.

Doh! Kenapa juga saya malah disuruh parkir di basement ?? 😛

Saya sudah memberitahukan kepada client saya tersebut, bahwa BPPT juga menyewakan ruang kantor dengan rate yang ekonomis. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa bermanfaat bagi ybs.

34 thoughts on “Alamak, Wisma Bumiputra

  1. sabar pak… susahnya ngeladeni klien ya. apalagi klien yg di cerita atas itu, sewa kantor ga representatif, listrik mota-mati, dari mana pegawainya bisa kerja dengan tenang. belum lagi customer perusahaan ybs, parkir aja susah lift macet, gimana mau berminat masuk yak… untung njenengan nggak kerja disitu ya, bisa jengkel waktu coding lampu mati belum sempat ngesave, hehehe..
    tapi untung deh pak, listrik mati jam 6. ngga perlu lembur kan? 🙂

  2. saya kebetulan pernah ngantor di wisma indofood dan beberapa kali ke wisma bumiputera untuk ke atm bca. atm berada di lobi gedung dan kesan pertama adalah untuk gedung setinggi wisma bumiputera kok sempit amat lobi nya? dan mata sempat tertuju ke lift yang memang kuno (ini memang gedung kuno juga bukan?) dan saya bersukur belum pernah mengalami seperti anda. cukup di lobi saja deh…. 🙂

  3. Apa kabar pak? 😛

    Dapet pengalaman buruk nih kayaknya 😀 kalo lift rusak, parkir gak ada dll sih masi agak wajar di Indonesia 😆 tp kalo mati lampu jam 6 maghrib? 😕

    kok kayak film horor ya 🙁

    *btw masi berterima kasih nih buat gagahput3ra.usefulz.com-nya beberapa tahun yg lalu 🙂 skrg lg berusaha di-revive lg mas setelah absen lama banget.

  4. @samsul – trims untuk simpatinya 😉
    .
    tapi untung deh pak, listrik mati jam 6. ngga perlu lembur kan?
    .
    Ini justru menyusahkan tim saya. Bekerja pada saat jam kantor itu cenderung tidak efektif, karena :
    .
    [ 1 ] Sering ada interupsi.
    Client bertanya ini-itu. Tentu wajar (dan musti) kita layani.
    Tapi akibatnya kita jadi lupa, “beuh, tadi sampai dimana saya troubleshooting nya ??”. 🙂
    Dan berbagai interupsi lainnya.
    .
    [ 2 ] Merasa diawasi.
    Ada beberapa anggota tim yang grogi jika bekerja sambil ada hembusan nafas klien dari belakang tengkuknya 🙂
    Kadang jadi salah terus.
    .
    Hasilnya cukup jelas – client ini adalah salah satu yang paling lama penyelesaian pekerjaannya. Minta ampun betul saya.
    .
    @belalang – mudah-mudahan kantor Anda tidak pindah ke gedung itu, amin 😀
    .
    @gagahput3ra – lampu mati itu ternyata katanya juga dilakukan di beberapa gedung lainnya. Alamak… hari gini, gitu lho 🙂
    .
    Tentang blognya, santai saja mas. Tidak ada kewajiban apa pun kok 🙂
    Enjoy.

  5. wah kacau juga owner gedungnya ya bang…masak lift yg notabene dipake sehari-hari kok ngak diupgarde…apa ngak bahaya itu ?

  6. Gila itu pengurus gedungnya pada mabok kali mas hari. untung mas dan penumpang lainnya bisa selamat.

  7. gw pikir gedung kantor gw dah paling parah kondisi listrik, jaringan, lift dan tempat parkirnya…..ternyata masih ada yg lebih sedikit 😀

  8. Saya pernah ada interview di salah satu outsource yg berada di Wisma Bumiputera, kalo ga salah berada dilantai 18, saya lupa namanya, kalo ga salah ada mandiri2nya..
    Mereka mengaku mempunyai klien company oil yg tersebar di jabotabek..mereka menawarkan saya disalah satu kliennya yg berada didaerah cikarang dengan gaji antara 3.5 – 5juta tapi dengan syarat saya harus membayar uang administrasi sebesar 500ribu..!!
    Saya tanya “saya langsung masuk kerja..??” di jawab “iya”..”tanpa melalui proses seleksi..??” tanya saya lagi …dijawab “iya”..
    Saya curiga..saya bilang lagi “saya saat ini tidak mempunyai uang sebesar itu..saya tanya lagi “kapan terakhir..??” mereka jawab ” sebenarnya hari ini terakhir” kemudian mereka menambahkan “kalo ga ada uang sebesar segitu bisa kok pake DP..” pake DP segala…??? dasar gila…!!
    akhirnya saya bilang pikir2 dulu..tapi mereka memberi batas waktu sampe besok..(bodo amat dalam hati saya)
    Ketika saya keluar dari ruangan kantor mereka , saya tidak boleh berlama-lama diluar oleh salah satu pegawai mereka yg bertugas diluar , saya diharuskan langsung turun ke lantai bawah.
    Bener2 Mencurigakan..!!

  9. ndak papa bang … yang sabar aja

    nebeng cerita :
    Saya pernah di pamerin ‘senjata’ sama satpam baru nya client lama saya..
    Entah apa maksudnya, ngancem atau gak sengaja pamer kekuasaan

    Setelah ditelusuri, ternyata sepele,.. gara-gara koordinasi yang kacau Antar bagian. Jadinya mispersepsi…

    Tentang fasilitas gedung yang banyak masalah 😀 :
    wah… kirain cuman di daerah aja hehehe….

  10. hehehhe.. gedung yang aneh..
    btw, saya sudah cekj di BPPT, kebetulan kakak saya bekerja disana sebagai geologist specialist untuk gempa. ternyata sudah full mas.

  11. Wah nyebelin banget tuh pengalaman mas Fehmi. Kalau aku di Surabaya dulu pernah ngalami hal yang menyebalkan juga. Pas mau nonton di Sutos (Mall baru buka), parkiran penuh banget, sampai ga bisa masuk. Mutar-mutar aja ga dapat tempat. Sampai terpaksa pulang, tiket nonton terbuang percuma. Pas minta pertanggung jawaban pihak pemiliki gedung, jawabnya enteng aja : Maaf mas ga bisa diganti tiketnya. Ga ada perasaan bersalah sama sekali. Nasib. Sabar ya mas…

  12. @uwiuw – iya, apa musti menunggu lift nya jatuh dulu seperti di ratu plaza juga baru kemudian di upgrade? Ngeri saya.
    .
    @fikri – alhamdulillah…
    .
    @feha – iya, bersyukurlah 😉
    .
    @dadan – wuih, itu security apa preman ? 🙂
    .
    Re: daerah vs jakarta, saya sebetulnya lebih senang tinggal di daerah. Anak-anak saya juga dari waktu ke waktu selalu tanya “Pa, kapan kita pulang kampung lagi ??”. Mereka enjoy banget saban kita ke daerah (pulang kampung ke silungkang, ke solo, jogja, dst).
    .
    Tapi mau apa, bisnis saya semuanya di Jakarta sih. Nasib.. he he 🙂
    .
    @edo – saya baru dapat kabar dari kawan, ada yang cancel barusan. Jadi ada lowongan tuh 🙂 sekitar 60 m2 kalau tidak salah.
    .
    @Yasrama – haha, mirip seperti di jakarta juga.
    .
    Di daerah Kota ada gedung yang kalau lewat dari jam 10:00 maka kita tidak akan dapat parkir lagi.
    Saya pernah kesana mendapat parkir sekitar 5 menit sebelum jam 10:00, lalu ketika turun dari mobil saya melihat ada suami dengan istrinya yang baru tiba dengan penuh senyum, dan mulai mencari parkir juga.
    .
    Lalu saya pergi berbelanja, dan sekitar 2 jam kemudian saya selesai dan kembali ke mobil.
    Saya melihat lagi pasang tersebut, masih berputar-putar mencari parkir 😀 dan mukanya sudah kusut sekali. Ya ampun… kasihan.
    .
    Tapi memang orang sabar pasti banyak dapat berkah / rezeki, ini pengalaman saya pribadi juga. Trims.

  13. Parah banget gedung itu, bener2 baru tau. Kudu mesti banget diberesin manajemennya. Sabar aja ya Mas, bacanya aja bikin saya nelen ludah terus apalagi sampe ngebayangin atau mungkin mengalami, aduh enggak deh. Jangan ke situ lagi Mas.

  14. Saya tidak pernah pergi ke wisma ini tapi ada pengalaman sangkut dalam lift jugak. Nasib baik, tak lama sangat, dalam 15 minit sudah operasi balik.

  15. Wah..itu sih namanya manajemennya kurang baik dan SDMnya tidak di training dengan baik..bagaimana mau melayani klaim nasabah jika pelayanan dri sisi itu saja sudah bermasalah

  16. Gan Thanks for the information, it’s been a few days I look for this information, it really helped me. from now on I will bookmark this blog so that I could go back and see the latest information.
    may agan agan or blog visitors also need right information from me, please see my artilek very Kindly visit our website
    http://www.168sdbet.com
    thank you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *