RescueTime.com – cara canggih meningkatkan produktivitas pribadi Anda

rescuetime-top-tagsSelama beberapa minggu ini software RescueTime.com telah terpasang di laptop saya. “Lho, RescueTime.com itu bukannya website? Kok software?“. Ya, ini kombinasi layanan yang unik – software di komputer Anda akan mencatat apa saja yang Anda kerjakan. Lalu kemudian Anda bisa melihat laporannya di RescueTime.com

Terus terang tadinya saya extra pesimis dengan slogannya – “Ridiculously Easy Time Management Software”.
Kebetulan saya sudah pengalaman mencoba berbagai macam software serupa. Mulai dari Borland SideKick (omg – masih ada yang bahkan menjual software ini !), Lotus Organizer (probably the best PIM out there), Google Calendar, iCal (sync dengan calendar di handphone saya), dst.
Semuanya sangat membantu, tapi selalu saya merasa masih ada yang kurang. Selalu saya merasa bahwa performa & produktivitas saya pribadi masih bisa ditingkatkan lagi.

Jadi karena perasaan tersebut, saya pasang RescueTime.com di laptop saya, walaupun dengan agak sedikit segan. Bukan apa-apa, saya berusaha agar tidak terlalu banyak aplikasi terpasang di laptop saya. Ribet.
Apalagi ini justru berjalan terus, dan ketika saya konek ke Internet, softwarenya juga secara rutin mengirim data-data aktivitas saya ke server RescueTime.com

rescuetime-apps-sitesTernyata instalasinya cukup simpel. Berjalan dengan cepat, dan softwarenya langsung berjalan. Hanya menanyakan username & password saya satu kali, lalu tidak ada lagi mengusik kita. Saya perhatikan, softwarenya juga cukup stabil. Lalu saya cek sekilas disitusnya, datanya juga sudah mulai masuk di account saya. Oke, mari kita biarkan dulu dia berjalan selama beberapa hari.
Lalu saya lupa, dan baru teringat lagi belakangan.

Secara ringkas, inilah yang terjadi :
Minggu pertama : shock πŸ˜€
Dua minggu selanjutnya : optimalisasi cara kerja dan prioritas pekerjaan
Minggu ketiga : Sukses.

Secara detail – apa yang terjadi ??

Setelah satu minggu, saya baru ingat bahwa saya telah memasang software RescueTime.com. OK, iseng ah, coba kita lihat, hasilnya seperti apa sih ? Saya buka RescueTime.com, dan login ke account saya. Dalam waktu singkat, langsung terbuka beberapa panel yang menampilkan rangkuman performa / produktivitas saya selama ini.

Dengan kejam, RescueTime.com, tanpa tedeng aling-aling, melaporkan bahwa produktivitas saya, dari skala -2 sampai 2, hanya 0.2 !! πŸ˜€

Seperti kata alexfarran di Twitter :

Rescuetime is unforgiving. It can’t be bargained with. It can’t be reasoned with. It doesn’t feel pity, or remorse, or fear.

Bisa terasa muka saya memerah ketika itu, hahaha. Hanya 0.2 ?? Apa yang terjadi ?? πŸ˜€
Penasaran, saya kemudian mengutak-atik situs RescueTime.com lebih lanjut lagi, meneliti latar belakang dari skor yang cukup menggemaskan tersebut.

Beberapa hal yang saya temukan :

  • Facebook ! Ketika itu saya sedang seru-serunya mengawali petualangan di Facebook. Dan karena Facebook bukan dianggap kegiatan yang produktif (suatu yang yang bisa, ehem, diperdebatkan) maka total produktivitas saya terjun bebas. Karena memang, ketika itu, cukup banyak waktu saya yang terpakai untuk mengakses situs yang satu ini.
  • Plurk : Saya kira hampir semua orang sudah tahu bagaimana adiktifnya situs yang satu ini πŸ˜€
    Secara ringkas – bisa saya katakan dengan gembira bahwa saya sudah bebas dari kecanduan Plurk, berkat kekejaman RescueTime.com πŸ˜€
  • Situs / software yang belum terdeteksi : RescueTime.com bukanlah sesuatu yang sempurna. Ada kalanya dia tidak tahu apakah suatu situs yang kita buka / software yang kita gunakan itu termasuk produktif atau tidak. Akibatnya, cukup banyak kegiatan saya yang diberi nilai 0 (nol), netral.
    Untungnya ini bisa kita koreksi dengan mudah — kita bisa dengan sangat cepat memberitahu RescueTime.com, bahwa suatu situs / software adalah kegiatan produktif / tidak.

Jadi ternyata inilah RescueTime.com. Dia bukan software pengatur jadwal kita, tapi hanya sekedar mencatat saja. Sederhana kan ? Tapi, dilakukannya dengan sangat efektif, dan dengan hasil yang sangat mudah untuk kita pahami.

rescuetime-category
Selama 2 minggu kemudian, saya sibuk sendiri merubah berbagai kebiasaan kerja saya. πŸ˜€
Sekitar setiap 2 hari saya memeriksa lagi performa saya. Jika masih ada yang terlihat waktu yang terbuang, saya tahu terbuang karena apa, dan selama berapa lama.

Luar biasa – rasanya baru kali ini saya benar-benar merasakan memegang kontrol terhadap waktu yang saya gunakan. Maklum, dasar pelupa, jadi sering tidak sadar dengan hal-hal seperti ini. RescueTime.com mencatat semuanya untuk saya, dan menjadi pengingat yang cukup menohok πŸ˜€

rescuetime-efficiencyPada minggu ketiga saya memeriksa lagi skor produktifitas saya, dan berapa nilai saya kali ini ? 1.65 saudara-saudara sekalian πŸ˜€
Dari skor maksimal 2.0, skor 1.65 ini memasukkan saya ke Top 2% skor di RescueTime.com.

Alhamdulillah, kini saya bisa bekerja dengan gembira dan tahu bahwa saya telah, dan akan selalu, produktif. RescueTime.com akan selalu membantu menyampaikan kekurangan-kekurangan saya dengan tanpa segan-segan dan perasaan bersalah sama sekali. Dan karena itu maka saya jadi akan selalu bisa memperbaiki diri saya sendiri.

Sangat direkomendasikan – software RescueTime.com tersedia untuk Linux, Windows, maupun Mac OS X. Selamat mencoba !

197 thoughts on “RescueTime.com – cara canggih meningkatkan produktivitas pribadi Anda

  1. yaap..produktivitas saat ini menjadi sangat penting karena kita gak bisa memprediksi masa depan

  2. @Hielmy,

    Ada kok yang buat Linux, malah di launchpad.net πŸ™‚

    Thanks buat infonya mas Harry, kayaknya score saya 0.000001… πŸ™‚

  3. deuh..
    kl kanda aja awal2 cuma kena 0.2 persen, lalu orang kayak saya brapa yah?
    gyuh…

  4. Wah asyik nih. buat orang yang sering melakukan kegiatan yang kurang produktif, ehm…seperti saya, software ini pasti sangat membantu.

    Kalo kita berambisi mengejar skor tertinggi (2.0), secara tidak langsung kegiatan kita jadi sangat produktif dan otomatis hasilnya bagus ya…? hmmm…baru tahu saya ada software seperti ini.

    makasih infonya mas…

  5. sepertinya ada salah kaprah penggunaan kata “canggih”. πŸ™‚
    .
    dari baca tulisannya, kata yang tepat adalah “simpel” atau “sederhana”, bukan “canggih”. menurut KBBI daring, canggih = rumit, pelik.

  6. @ryosaeba – menarik πŸ™‚ pengertian saya tadinya, yang canggih itu bisa juga sederhana. Atau dianggap sederhana.
    .
    thanks sharingnya.

  7. Mas Harry, salam kenal… Infonya bagus banget. Tapi kayaknya belum pede tuh mo nyobain…

  8. Kunjungan perdana, sayang sekali aku cuma punya Hp nokia 3110c ntuk ngeblog jadi ndak bisa pakai software tsb.
    Kasihan..dech aku
    No !! Ndak perlu mengasihani diri sendiri tetap semangat ngeblog.
    Salam dahsyat untuk semuanya.

  9. makasih pak harry atas infonya
    mw coba atur waktu nih..
    facebook keknya bakalan jadi tingkatan pertama yang bikin score terjun bebas..

    seminggu lagi ta posting diblog saya deh hehe!

  10. Wah, ternyata menarik sekali. Info yang bagus, terutama buat yg aktivitas ngenetnya tinggi. Kayak game tinggi2an score tapi efeknya nyata. Bisa dicoba nih.

  11. Funny, the title was in english and the post is foreign to me. It says, ‘obama don’t bring him down’ and then this is all in another language. First time I ever saw that.

  12. boleh juga nieh..harus pandai-pandai menata diri..apa yang efektif kita kerjakan..dan mana yang efisien dalam penggunaan

  13. Terima kasih atas sharingnya mas karena memang selama ini saya sedang mencari bagaimana caranya untuk mengentahui tingkat efektifitas produktifitas kita. Nice info!

  14. salam kenal…
    wah artikelnya sangat membantu, saya mau coba biar produktivitas saya meningkat…

  15. wooo nice info bro salam kenal ya bro salam bro masih newbie nich bro bisa dicoba tuh website hehehhe keren bro informasinya heheheh ^^

  16. manajemen diri memang penting banget, karena kita manusia mudah banget lalai kalau sedang keasyikan sesuatu. Belum pernah coba sih pake software2 gitu, selama ini mencoba untuk memanage diri sendiri tanpa bantuan apapun, paling juga istri yang selalu mengingatkan, dan jangan lupa Allah.

  17. awalnya saya juga addict sama plurk bro, hal itu karena kita kecanduan dan ketagihan utk menaikkan karma. Tpi lama kelamaan saya kok seperti dikerjai plurk. Akhirnya saya hapus akun saya disana. dan saya bersyukur krn tlah terbebas dari ‘penyakit’ yg tak membawa manfaat itu.. πŸ˜€

  18. Wow these are looking great..Thanks for your good information keep it online and one more think your blog load faster.can you share where you host your blog..

  19. Produktivitas sangat penting untuk kemajuan. Kita memang perlu mengatur waktu kerja agar tidak terbuang percuma dan produktivitas dapat meningkat. Apalagi bila kita menyempatkan diri memperhatikan kesehatan kita dengan berolahraga. Olahraga golf merupakan kegiatan yang dapat dijadwalkan secara tetap sekaligus dapat digunakan untuk membangun relasi bisnis. Dengan demikian, produktivitas waktu dapat diatur tidak saja pada saat penggunaan internet, tetapi juga pengaturan jadwal untuk kegiatan lain yang bermanfaat.

  20. YAHOO MAPS is the most powerful software for Mapping which can able to open Almost any mapping file format! YAHOO MAPS is the best solution for mapping, drawing and calculating geographical distances. Cutting and filling of volume calculations or other advanced capabilities like contour generating from surface data, image rectification and viewing shed analysis from surface data triangulation and gridding of 3D point data is possible with this astonishing YAHOO MAP software. For details visit…. YAHOO MAPS

  21. emang terkdang kita kelihatannya kerja sibuk tapi sebenarnya gak produktif,kadang tujuan mau blogwaking eh malah gara2 baca iklan akhirnya jalan2 gak karuan hehehe thanks infonya

  22. Pengaturan waktu kerja secara tepat sebenarnya sangat penting. Waktu yang telah berlalu tidak dapat digantikan. Waktu yang akan datang belum dimulai. Jadi, kita hanya memiliki waktu saat ini, detik ini. Kita dapat memanfaatkan software Rescue Time tersebut untuk mengevaluasi cara kita mengatur waktu untuk aktivitas kerja kita.

  23. interesting article, I really liked your article. I will keep visiting to read your article quality. if you’re willing I hope you can visit my blog. I am very excited to read and read your article. from your loyal fans.Tika

  24. Waktu sangat berharga karena kita tidak pernah dapat mengulang waktu yang telah berlalu. Oleh karena itu, manajemen waktu sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Informasi melalui posting ini sangat bermanfaat. Selamat dan sukses untuk kita semua.

  25. Perangkat Lunak adalah besar untuk digunakan. Saya dapat mendeteksi produktivitas situs yang berbeda, ini adalah seperti seorang ahli statistik.

  26. This is very very interesting blog where you find rescue time . thanks for this blog . Champion Industries is a manufacturer & exporter of wire mesh,welded wire mesh,perforated sheet,chain link fencing,wire netting,expanded metal,vibrating screen,crimped wire mesh .

  27. Thanks for this article . Bleached cotton, 100 % pure cotton exporters Snowflakes is the brand name of Absorbent Bleached Cotton.

  28. wah tools yang unik dan menarik untuk dicoba tapi aku gak begitu suka kelakuan aku dikomentari walauun sama benda mati πŸ˜€

  29. Thanks for informative post. I am pleased sure this post has helped me save many hours of browsing other similar posts just to find what I was looking for. Just I want to say: Thank you! Dude.. I am not much into reading, but somehow I got to read lots of articles on your blog. Its amazing how interesting it is for me to visit you very often.

  30. Wah..software yang bagus untuk memonitor kerja dan effisiensi yang telah kita lakukan guna menunjang kemampuan peningkatan produktifitas kita.

  31. wah saya juga dah nyobain ni software bro memang cukup mengesankan tapi sayang rewardnya bukan berbentuak uang xixixixixi

  32. salam kenal …mantap informasinya lengkap disertai tabel, data, dan fakta, please keep update

  33. Turn out it’s a generic error message whenever Safari have problems executing a function.
    So it could be that the function doesn’t exist. Or the function name is mispelled. Or any other function-calling related problems.
    Great, looks like this will cause more questions than it answers…

  34. Wah seru nih. Saya sih masih banyakan akses Fb. hahaha.. Tapi coba ah lihat lagi lebih rinci pake tools ini. Makasih Mas. πŸ˜€

  35. wah kebetulan sekali, saya baca2 post bang Harry sangat bermanfaat. saya bisa coba buat meningkatkan produktifitas saya di kantor nih. πŸ˜€ salam kenal ya pak.

    salam

    randy – spring bed bagus dot com

  36. good idea gan ini bisa membuat kita terkendali dan menjadi produktif dengan menyingkirkan kegiatan yang tidak perlu dikerjakan. terima kasih sudah berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *