Old & New

Ketika akan posting hari ini, saya baru sadar bahwa situs ini lenyap. Kosong melompong. Hanya menampilkan indeks directory nya di server, yang polos tiada berisi suatu apa pun.

Kena hack? Bisa jadi.
Padahal ini dihosting di sebuah server yang sudah di harden.

Untunglah ini bukan masalah, karena situs ini rutin di backup 🙂
Dalam waktu kurang dari 5 menit, data situs dari backup nya selesai saya restore – dan situs ini kembali berjalan sebagaimana semula.

Ada beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dari sini :

(1) Server yang secure itu percuma, jika aplikasinya belum secure. Tetap saja para hacker/cracker akan bisa masuk.

(2) Backup data itu sangat penting.

Oh ya, perusak situs ini adalah cracker, BUKAN hacker.
Hacker itu bisa jadi adalah seseorang yang banyak ingin tahu, senang mengutak-atik berbagai hal, senang mencoba-coba — namun, hacker TIDAK merusak.

Seseorang yang desktruktif / senang merusak tidak layak untuk menyandang predikat hacker.

OK, itu berita yang baru. Apa berita yang lama?

Tidak terlalu spesial sih. Saya hanya menemukan blog saya yang lama di Internet Archive. Lalu, saya putuskan untuk memindahkannya ke blog ini.

Ternyata, saya pertama kali ngeblog itu adalah tanggal 3 Januari 2001 🙂

Semua posting di blog lama tersebut akan mulai saya posting di kategori old-blog.

Memang blog itu luar biasa menarik. Tanpa sadar, ternyata sudah 8 tahun saya ngeblog ! Wow… rasanya baru kemarin saya membuat script blog saya sendiri, dan mengetikkan posting pertamanya.

Saya tertawa membaca posting saya tentang kamera digital pertama saya, pada tanggal 7 Maret 2001. Kamera tersebut merk Intel, dan memiliki kapasitas simpan memory sebesar 8 MB. Yak, 8 Megabytes saudara-saudara – BUKAN Gigabytes 😀

Kapasitas cuma secuil segitu bisa ngapain???“, mungkin itu pertanyaan kita semua.
Ternyata, bisa menjadi ratusan buah foto kenangan. Ya, sebagian besar foto-foto di halaman tersebut adalah berasal dari kamera digital yang super cemen ini 🙂
(ya, saking cemennya, bahkan foto-foto tersebut tidak ada metadatanya sama sekali / nama kamera yang digunakan tidak muncul. Pakar IT kita bisa kelabakan kalau menemukan foto-foto ini)

Selain tawa, dengan terharu saya juga menemukan kembali catatan-catatan perkembangan anak-anak saya. Berbagai memori yang sudah mulai terlupakan muncul kembali dengan manis. Inilah harta saya yang paling berharga.
Tanpa blog, semua kenangan itu akan pudar & lenyap seiring dengan berjalannya waktu.

Jadi, mari kita jangan ngehack blog orang lain. Mari kita ngeblog saja yuk. Mari 🙂

232 thoughts on “Old & New

  1. kameranya masih berfungsi gak pak? kalo masih berfungsi, itu harga paling berharga nomer 2 pak, lol’d.

    btw, ngeblog terus y pak^^d

  2. boss setelah baca posting ini saya langsung backup blog saya
    takut di crack juga 😀

    klo saya ngeblog sejak maret 2008 dan klo baca postingan2 awal kadang trsenyum2 sendiri (bukan orang gila) karna itu adalah bagian perjalan saya ngeblog dan postingan2 itu tidak akan saya hapus. banyak kenangan disana 😀

    BTW, klo sampeyan backupnya kemana? klo saya backup online di https://blogbackupr.com, ada saran saya harus backup kemana (online)?

  3. @Nardi – masih mas, hehe. Betul, itu barang unik dan penuh kenangan sekali.
    .
    Dulu kita tidak sadar betapa bergunanya kamera tersebut. Malah saya agak mengeluh, karena sementara yang lain bisa menikmati suasana, saya malah sibuk memfoto disana sini.
    .
    Ternyata sekarang ini kami baru menikmati hasilnya. Saudara-saudara saya, begitu tahu saya memposting foto-foto jadul di flickr, pada berlomba-lomba mengcopy nya ke account Facebook mereka, hehe. Lalu jadi ngobrol2 lagi deh, nostalgia mengenai zaman dulu 🙂
    .
    Thanks

  4. @Ihsan – blog jadul saya juga banyak postingan yang konyol-konyol, hehehe…. kadang saya jadi nyengir2 malu sendiri membacanya 😀
    .
    Tapi saya setuju, enggak perlu dihapus. Biarlah jadi bahan refleksi perjalanan kita selama ini. Palingan ya musti siap diketawain saja oleh semua orang ha ha.
    .
    Saya backup otomatis ke server yang lain dengan software Unix seperti cron. Saya malah baru dengar soal https://blogbackupr.com/, bagus nih !
    .
    Terimakasih ya untuk sharing infonya. Saya sedang coba juga.
    Makin banyak backup yang ada, makin bagus. 🙂
    .
    Kalau ada lagi info tentang layanan backup lainnya, silahkan sharing disini juga ya. Trims

  5. aku ngeblog, makanya aku eksis. Yoi mas, blog emang dahjadi bagian yang ga terpisahkan dari hidup..keep blogging yha mas

  6. Luar biasa mas sufehmi ini, sudah 8 tahun ngeblog tapi sampai sekarang masih dan kian eksis saja. Saya juga jadi terinspirasi kenapa ya nggak cerita mengenai kedua buah hati saya lewat blog?
    Makasih mas, tolong mampir ya mas dan kasih masukannya.

  7. I want to use this article, can you please translate this article in English? Cause translating in google or babel fish is not so accurate and it’s so weird. Thank you for your effort.. I appreciate it

  8. It’s glad to have this blog back to normal again 🙂
    .
    Kemaren pas maen ke sini kok tampilannya aneh? Apa salah ketik link ya? Oooh ternyata emang ada kerusakan teknis
    .
    Stop hacking, start blogging…or at least commenting on people’s blog, hehe
    .
    Happy 8th anniversary anyway 🙂

  9. @Wahyu — selamat mulai ngeblog mas. Semoga bisa banyak memberi dan mendapat manfaatnya 🙂

  10. @Ratno38 – semoga terus enjoy ngeblog 🙂
    .
    Saya sudah mampir ke blognya, jadi ingat dengan Subvert & Profit serta User/Submitter.
    Lumayan, sekali klik bisa dapat Rp 5000. Tapi mungkin perlu account Paypal untuk transfer dananya
    .
    Semoga bermanfaat.

  11. @Yonna – thanks for the belated wish, he he. Terimakasih untuk sumbangan commentnya 😀

  12. Ass.Wr.Wb
    8 tahun?,keren.bisa survive dan trs nulis.
    hebat.salut.
    salam kenal.bloger baru.
    wassalam.

  13. Postingnya menarik baget ni, saya suka banget..
    saya yajin pasti bermanfaat.
    Salam kenal ya.
    Silahkan berkunjung ke BLOG HEBOH dan kirim komentar untuk mendapatkan backlink GRATIS karena BLOG HEBOH menggunakan sistem DOFOLLOW alias KASIH COMMENT = TUKERAN LINK. hehehe..

    Oh iyah satu lagi gabung jadi pengikut saya yah..
    Di tunggu yah kedatangannya,.

  14. ck…ck…ck… 8 tahun
    saya aja baru mulai dari 2006
    itu juga gak aktif-aktif banget, cuma sekedar punya aja

  15. terjawab sudah..apakah priyadi.net di crack dan ga pny back up….? 😀

  16. Walau telat: saya turut mengucapkan selamat hari jadi ke-8 blog Mas Harry Sufehmi. WOw..sebuah perjalanan yang panjang dan penuh liku-liku…lama sekali yah..

    Padahal tahun 2001 waktu blog ini lahir, saya belum melek internet. Mungkin baru melek komputer, itupun dgn komputer sekon (alias butut) yang saya beli dgn tabungan sisa uang kuliah. Sedang mas Harry udah ngeblog..salut bisa eksis sampai sekarang.

    Dan..juga terima kasih atas dukungan komenya di blog saya mengenai diskusi dan perdebatan tentang tulisan Bernaridho di PC Media yang menjelek-jelekkan dunia F/OSS.

    Salam kenal mas, jabat hangat penuh persaudaraan dari Kalsel.

  17. itu yang paling saya takuti om,,,gimana kalau blog kesayangan saya ini di crak, tempat curhat saya gak ada lagi 😀

  18. buset deh kapasitas 8MB ? fotonya resolusi berapa jadinya ? wah kualitas gambarnya ga tajam-tajam dong. Btw kok saya baru denger yah Intel ada kameranya ? maap ga begitu ngerti brand kamera selain yang umum-umum seperti Nikon, Canon, dll

  19. The content are not totally clear to me. I must tell you one thing also and it is the fact that the comments given by the visitors are also quite interesting one.

  20. I must try to use this article in the near future,it can become more famous if it can be translate this article in English? It’s glad to have this blog in my favourite one.
    Thanks

  21. i want to suggest to the owner of this post to please post his blogs in english so that every person whether he knows your language or not can understand the concept and can give his proper views..
    i have also faced the same problem. i also could not understand what actually you are trying to say

  22. Please try to translate this article in English. If you can do it then this article can become more famous in future. I also could not understand what actually you are trying to say.
    Thanks………….

  23. nice post with the beautiful concept.The language is not exactly clear out to everyone but it sounds very funny to read these funny words.

  24. Backup nya bagaimana pak. blog saya di WP dan blog spot
    kasih tutorialnya. biar bisa dilaksanakan segera

    terimakasih

  25. I think you should prefer English language in your article so that everyone can easily understand the article.Thanks for the post…….

  26. wah jadi keder juga kalo kena hack, harus rajin2 backup nih, dulu pernah kejadian penyedia layanan hosting kabur entah kemana, 2 domain 2 hosting ilang begitu saja. Isinya belom di backup pula, langsung lemes pokoke.

  27. Artikelnya bagus dan menarik uyy..
    hehehe..

    ngomng2 silahkan berkunjung ke BLOG HEBOH dan berkomentar ria ya, soalnya BLOG HEBOH make sistem Dofollow

    Oh iyah satu lagi gabung jadi pengikut saya yah..
    Di tunggu yah kedatangannya,.

  28. duhhh jadi merinding aja baca tulisannya, saya masih 8 hari aktif nge-blog, ntar kalo udah 8 tahun jadi apa ya….. 🙂
    ehmm… tipsnya juga menarik buat pemula seperti saya, makasih infonya, akan selalu saya backup data biar kalo kena hack gak pusing… hihihiii

  29. I hope that this site will install a translation widget very soon so readers who don’t understand your language can read/ A lot of readers will really appreciate it.

  30. Kalo blog-nya pake mesin wordpress, udah ada plugin wp-backup – bisa schedule otomatis kirim backupnya ke email kita daily/weekly/monthly.

  31. waduh ngeblog sejak 2001? berarti mas har termasuk pionir dunia blog indonesia ya? padahal di tahun itu banyak warga indo yg bangga sekali karena udah punya….email… (termasuk aku) hehe

  32. LMFAO, Thats good. “exclusive drillin’ rights!”
    BTW, we got the same name.

  33. Wah mas ternyata sudah akrab dengan dunia internet begitu lamanya. Hebat dan saya jadi malu sekaligus minder karena masih pendatang baru. Tapi cerita ini sangat menginspirasi saya pribadi.

  34. *Cepat-cepat buat backup blog*

    Walau masih numpang di wordpress, tapi siapa tahu kan..
    Tahun 2001 saya lagi ngapain ya di Internet?

  35. wah kalo bro siih masih untung punya bek up an
    jadinya tgl upload ulang
    kalo aku smpet error ga bisa diakses sm sekali dan datanya di hostingan itu
    ilaaaaaang
    beteee nya..

  36. pertamanya salam kenal
    ke duanya blog wolking
    ke tiganya minta pertimbangan rekan blogger semuanya
    ke 4 hmmmm cari gres info aja

  37. Salam kenal semuanya. Saya juga seorang blogger. Salam kenal juga buat admin blog ini, blognya informatif.

  38. Itulah petingnya membuat backup data. Kadangkala memang saya pribadi entah lupa atau malas melakukan hal yang satu ini. Tapi lewat tulisan ini saya kembali diingatkan tentang pentingnya melakukan hal yang satu ini. Terima kasih atas sharingnya mas

  39. Betul bos, ternyata backup rutin blog sangat penting juga. n buat yg suka nghack mending ngurusin blognya sendiri aja deh, kan kasihan yg pada susah2 ngeblog malah dihilangin

  40. Alhamdulilah.. masih ke back up… mantav boz.. soalnya blm semua postingan boz kebaca nih hihihihi… Salam Semar ah…. welekeded

  41. Wah mas, ternyata ada hikmahnya juga yah? soalnya mas jadi mengenang masa-masa lalu…

    But yang penting dah dibackup, klo aku dulu cuma lupa passwordnya aja… Bukan masalah gede sih….

  42. Memang beneran ada kamera yang seperti itu ya..? Tapi masih bisa pake external memori kan..?
    BTW, trims atas posting ini…jadi ada pelajaran untuk selalu rutin membackup situs…
    Salam kenal dari culun…ditunggu kunjungan baliknya…

  43. Pernah mengalami hal yang sama, tapi blog saya bukan di hack, melainkan karena kebodohan saya yang sering melakukan trial and error. Untung di backup dulu 😀

  44. saya juga sering kena gitu
    ga tau gimana tiba2 lenyap dari hostinga semua.
    cape juga..coz backupannya cuma yg pertama bikin jadi msh sedikit postingannya
    wew..ngeblog udah 8 tahun?
    pantes kereen gini..ajarin dumsss..
    n_n

  45. I like the look of your blog content, which is discussed in it.
    I will visit again some time to see the new information from you

  46. haha…gile…8 tahun bo…sabar banget ya…ternyata jadi blogger hebat itu emang perlu waktu lama….hihi…saya juga harus sabar nih…hehe…sabar…sabar…

  47. Wah ga percuma saya kunjungi Blog bapak, emang manfaat banget, walaupun ada beberapa yang saya ga’ mudeng, kaya’ soal ISP, DNS etc tuh… Maklum pak masih newbie. Terima kasih untuk selalu mau berbagi dengan kami.

  48. saya baru tahu kalo blog bisa hilang dari dunia maya. berarti gue harus backup dong.

  49. Trims infonya semua sobat, q yg newbie ini (baru ngeblog awal tahun ini) jadi pengen segera backup blog-blogku

  50. gimana cara backup nya mas?????????????
    saya takut kena crack kaya blog mas……..
    lebih baik ngeblog daripada ngehack

  51. Some New Media outlets are good at that, too, but this is the Old Media, We at Old Media New Tricks offer congratulations to her on the new job…

  52. Wah blogger senior banget nih bapak… Banyak yang bisa saya pelajari nih di web bapak. Thks buat semua ilmunya. Tetap sharing and Good Luck.

  53. kameranya masih berfungsi gak pak? kalo masih berfungsi, itu harga paling berharga nomer 2 pak, lol’d.
    btw, ngeblog terus y pak^^d

  54. wah!!………di mana mana orang banyak yang gak peduli sama program keamanan………..tips supaya komputer aman dari haker&cracker jangan mengunjungi website berbahaya…..tanpa kita sadari…misalnya kita ingin download program anti spyware….kemudian kita mengetik kata kunci anti spyware di google……menurut pengamatanku website berbahaya ada di link pertama & kedua maka pentingnya memasang wot (add ons firefox) dari 5 program keamanan,yaitu:adblock_plus,betterprivacy,stealther,wot,&noscript

  55. Memang sepertinya seru jika kita bisa melihat kembali apa yang pernah kita lewati dan tertulis rapih dalam bentuk jurnal online seperti ini.

    Namun mungkin tidak semua orang mempunyai daya tulis yang ‘mumpuni’ seperti bapak ya ..

    Dari dulu saya selalu berniat untuk ngeblog – dan ngeblog tapi suatu saat selalu berhenti dan berhenti.

    Mungkin memang perlu kesadaran dan niat yang kuat supaya tetep bisa terus menulis 🙂

  56. Ko’ bisa gitu ya mas… mungkin kena hack itu mas…. makasih juga infonya mas… ntar tak ikutin saran mas

  57. kalau aq ngeblog pertamakali tahun 2006 ga terasa tahun 2009 sudah mau habis, mas gimana rasanya ngeblog di tahun 2001, kalau bisa di share sama kita2.
    tahun 2001 koneksi belum secepat sekarang mas
    harga internet masih mahal, dll

  58. betul mas..saya 100%setuju..saya juga pernag beberapa kali mengalami…cuma bedanya..blog-ku bukan kena hack(meskipun ada kemungkinan itu)..tapi karena error servernya..maklum hosting gratisan..hosting baru lagi…sayangnya sy gak memback-up blogsaya..tapi untunglah blog sy postingannya cuma bebrapa dan file-nya masih ada…sekarang sy usahakan back up data…tapi kadang males..soalnya blog-nya banyak..sibuk banget..he3…

  59. pengalamanku yang nggak menyenangkan juga,.. 🙂 malah di waktu aku masih belum ngerti apa apa masalah hosting,.. di crack,.. nyonyor dah jadinya,.. 🙁

  60. Iya mas saya juga pernah ngalami…emang creker ayam kurang kerjaan.. Dan tega2nya..
    Mungkin satu.satunya cara ya kata mas harus rajin bek ap..manual atopun otomatis…sedih bukan kepalang kalo sampe kenangan..jd hilang…

  61. Thank you for the informations you have provided us. We are looking forward to share of the information with you..

  62. mantep infonya…
    lebih lagi yang bahas tentang hacker.bener hacker TIDAK merusak.banyak salah kaprah yang menyudutkan hacker.saya sering baca ulasan tentang hacker,dan sebagian menyatakan hacker bukan perusak.tapi masih saja banyak kalangan yang beranggapan beda…

    makasih infonya mas..

  63. Wah, wah, Ternyata lama sekali mas Fehmi ini ngeblog. Saya sendiri baru satu tahun lebih sedikit. 😀

    Salam kenal. Semoga tetap terus berkarya.

    -Keep Blogging-

  64. interesting article, I really liked your article. I will keep visiting to read your article quality. if you’re willing I hope you can visit my blog. I am very excited to read and read your article. from your loyal fans.Tika

  65. Dunia blogging adalah dunia yg dinamis, suatu saat akan datang para blogger tangguh datang kepada anda, bersaing dan bahkan melebihi anda. Stay blogging and make unique article..

  66. I like your post.It is very nice and informative.I want to know about this in detail.I am looking for your next post.THanks and keep updating such nice articles…

  67. hmm.. mungkin ini berita lama yaa.. tapi gak mengapa saya juga mninggalkan jejak disini.. salam kenal dari blogger manado

  68. Luar biasa , ini yang bisa saya ucapkan ketika melihat artikel-artikel yang ada di website ini, mudah-mudahan saya bisa seperti anda

  69. Salam kenal mas..
    Memang smua data musti di back up takutnya terjadi hal2 yg tak diinginkan.
    Memang blog semacam diary online kalee, jadi smua kenangan msh tersimpan rapi..:)

  70. hehehehe … ikutan tertawa mass ..
    baca artikelnya jadi terharu dah ..
    moga aja saya bisa mengikuti jejak anda …
    salut mas …..

  71. Finally i translated this page and its such a sweet sharing its lovely to see your old stuff after years it no undoubtedly brings very sweet and some sour old memories in our minds

  72. Suka Duka Nge-Blog…, sudah terlewati donk..! tinggal yang baru2 seperti sy ini.., yang masih banyak tantangannya. By the way. Nice blog.!

  73. DWG Converter let you batch convert DWG Files into DXF files and vice versa without AutoCAD. This DWG file Converter is also a AutoCAD drawing file version converter, supports both low to high and high to low. DWG Converter supports version from AutoCAD R2.6 to latest version AutoCAD 2010.

  74. I absolutely admire the author for attributing their time for this astounding article. Surely many readers can benefit on this topic. Thank you.

  75. Setuju backup data itu penting..tapi kenapa ya sy males banget melakukannya…btw.koq bisa ya..expert seperti anda blog-nya kena hack..:)giman kalo yang amtir kayak say..:)

  76. hiks. saya ngiri neh. post2 saya nda ada yang berkesan neh. alnya saya punya blog lumayan banyak tapi nda ada yang bertema diary mas. duh

  77. Nice posting bro.. Mengingatkan kita supaya selalu berusaha menjaga “hal kecil tapi berharga” yang kita miliki.. Thanks..

  78. terimakasih berbaginya mas, bisa menjadi pengingat bagi saya untuk lebih berhati-hati mengantisipasi segala hal….salam 🙂

  79. masukan yang sangat berarti. jadi teringat waktu fb saya kena hacker yang mungkin juga seorang cracker. entah di sebut apa. sebab setelah di hack, fb saya di isi dengan status yang aneh2. untungnya teman-teman yang ada di dalamnya langsung saya hubungi. jadi ga ada yang bertanya aneh-aneh.

  80. setuju banget gan. daripada ngehack blog orang lain lebih baik saling membantu sesama blogger indonesia contohnya saya yang masih baru…

  81. apa ada gunanya menghack blog atau wesite seseorang, menurut saya itu tidak memberikan keuntungan, mungkin kalau blog atau web xxx boleh juga tuh di hack, bagi bagi hasilnya

  82. hahahaa.. ane sampe senyum2 sendiri baca nya mas.. waw.. dah brapa taun anda ngeblog? master banget dunk.. 🙂
    ayo semangat lagi ramaikan dunia blog indonesia.. hiihiihiii.. (ngomong nya kaya udah master aja.. hee)..

  83. http://thermalspray.in/arc_
    I wanted to check up and allow you to know how great I loved discovering your web blog today. I will consider it a honor to work at my workplace and be able to use the tips provided on your blog and also be involved in visitors’ responses like this. Should a position regarding guest article writer become on offer at your end, you should let me know.
    spray.php

  84. Thanks for sharing your ideas. One thing is that learners have a solution between fed student loan along with a private education loan where it really is easier to select student loan debt consolidation reduction than with the federal education loan.

  85. The subject and content were just great. I think that your insight is deep, its just well thought out and really happy to see someone who knows how to put these thoughts down so well.

  86. Many people like read articles and good articles can attract more people to read and help more pelple. this article belong to good article adapt to any people read. no matter men women or children ,younger of oler .this article is very meaningful from every aspect , such article is our like .thanks you give us so good article. We will support always.

  87. I definitely like this post a lot. This is pretty informative and even very well done.Thanks a lot for this.Anyway I invite you to check my web page too if you want.Summer time is approaching and we get the best fit flop online shop of the world wide web.We are experts in fit flops oasis and really reliable. Best wishes again for your website.

  88. semoga dengan melihat artikel ini bisa menjadi inspirasi dan semangat saya.

    regards Admin: Sundulbet.com
    www: sundulbet.com beg for his visit.

  89. I’m very happy to read this. This is the type of manual that needs to be given and not the random misinformation that’s at the other blogs. Appreciate your sharing this best doc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *