Sistim SMS Pemilu Pilpres 2009 : 100% Powered by Open Source

Tim SERIS - SMS Election Result Information System

Alhamdulillah, tadi malam telah selesai satu pekerjaan besar, yaitu Sistim SMS Pemilu Pilpres 2009, yang diberi nama SERIS.
Sistim ini memungkinkan tabulasi Pemilu yang :

  1. Cepat : dalam waktu singkat, data dari puluhan ribu TPS sudah masuk. Kami sendiri cukup surprise πŸ™‚ memang dengan SMS pasti akan lebih cepat, namun performa sistem SERIS kemarin ini melebihi bahkan ekspektasi kami sendiri.
  2. Luas : kerjasama dengan Telkomsel memungkinkan SERIS untuk menjangkau 95% dari wilayah Indonesia. Salah satu sesi Technical Meeting
  3. Transparan : Alur proses di sistim SERIS adalah full 100% otomatis, end to end. Mulai dari pengiriman SMS, masuk ke jaringan provider (Telkomsel), proses di sistim SERIS, sampai penayangan tabulasi – sistim berjalan dengan lancar tanpa intervensi.
  4. Akurat : proses perhitungan otomatis di engine SERIS sangat akurat, karena proses parsing yang minim resiko kekeliruan deteksi; dan didukung oleh berbagai algoritma verifikasi & validasi internal.
  5. Secure : sistim SERIS di desain untuk semaksimal mungkin mendekati tingkat keamanan 100%. Infrastruktur SERIS terisolir dari Internet & jaringan publik, tayangan data di push dari jaringan internal secara rutin (sehingga jika di deface maka akan cepat kembali sebagaimana semula kembali), aliran SMS terisolir hanya pada jaringan internal provider (Telkomsel) & SERIS, dan berbagai metode keamanan lainnya. Mencapai tingkat keamanan 100% adalah hal yang mustahil, terutama dengan keterbatasan waktu pada proyek ini. Namun kami berusaha semaksimal kemampuan kami untuk mengusahakan pencapaian yang sedekat mungkin pada target tersebut. Mudah-mudahan kami telah berhasil melakukannya.
  6. Accountable : aliran data dicatat & direkam secara redundant di berbagai titik. Ditambah lagi dengan proses snapshot yang dijalankan setiap beberapa menit, yang memungkinkan kita untuk mengetahui gambaran situasi internal sistem pada suatu titik waktu & lokasi tertentu. Usaha untuk melakukan tampering pada berbagai titik pada sistem akan bisa diketahui dengan mudah misalnya dengan melakukan crosscheck pada berbagai audit logs tersebut. Diagram Sistem
  7. Murah : sistim ini, walaupun berskala nasional, namun total biayanya sangat murah. Penggunaan teknologi Open Source membantu pencapaian ini secara signifikan – engine Database SERIS misalnya; walaupun hanya menggunakan 1 buah server fisik, namun performanya sangat bagus (23.000 transaksi/detik) tidak kalah dengan rekannya di jaringan Telkomsel (18.000 transaksi/detik) yang terdiri dari beberapa server. Teknologi Open Source kini sudah sangat mature, dan memungkinkan kami untuk memanfaatkan potensi sistim secara amat maksimal. Total server yang digunakan di sistim ini hanya 7 buah, serta beberapa switch, hub, dan firewall.
  8. Easy to Use : Siapa sih yang tidak kenal dengan SMS ? πŸ™‚ Ini adalah salah satu alasan pemilihan teknologi ini – siapa saja bisa menggunakannya. SMS memang jelas kalah sexy jika dibandingkan dengan jargon-jargon seperti OMR, ERP, EAI, dst – tapi pada proyek dengan profil pengguna yang sedemikian ekstrim variasinya, maka sistim ini harus melakukan penekanan yang besar pada aspek kemudahan penggunaan.
  9. Easy to Deploy : Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Ini adalah fakta.
    Sebuah sistim yang akan digelar pada kondisi geografis seperti ini harus melakukan fokus kepada kemudahan deployment. Sistim SERIS di desain untuk bersifat centralized, sehingga beban pada sisi client menjadi amat sangat minim. Pada gilirannya ini memudahkan deployment, tanpa mengorbankan aspek-aspek lainnya.

  10. Powerful : walaupun hanya ada sedikit waktu untuk melakukan tuning, engine Database SERIS mampu menangani 23.000 transaksi per detik. Sedangkan frontend SERIS (tayangan tabulasinya) mampu melayani 15.000 request per detik.

Tim SERIS berfoto bersama di Ready Room

Tentu saja sistim ini masih belum sempurna. Development sistim berlangsung intens dalam waktu hanya 2 minggu. Secanggih apapun sumber daya yang ada, dengan time constraint seperti ini maka kita hanya bisa berusaha untuk mendekati kesempurnaan.

Beberapa pelajaran yang kami dapatkan & hal-hal yang masih bisa disempurnakan :

  1. Dokumentasi & Komunikasi : kesibukan dengan hal teknis membuat aspek ini agak terabaikan. Akibatnya, stakeholder sistim, KPU, seringkali tidak mendapat informasi yang memadai mengenai sistim SERIS dan perkembangannya. Ditambah lagi dengan gangguan dari berbagai pihak yang mungkin mempunyai kepentingan / conflict of interest, membuat proyek ini beberapa kali nyaris dibatalkan. Alhamdulillah, kami bersyukur bahwa stakeholder sistem ini memberikan dukungan yang sangat besar untuk proyek ini, sehingga berbagai masalah yang muncul seputar hal ini bisa diatasi bersama-sama.
  2. Performa : mungkin menurut Anda performa sistim SERIS ini sudah bagus, namun secara pribadi, kami masih belum puas πŸ™‚
    Diperkirakan bahwa, dengan ketersediaan waktu dan sumber daya, sistim ini masih bisa mencapai peningkatan performa sampai, minimal, 3x lipat.

Terkapar !

Pada saat ini para personil tim SERIS sedang terkapar di berbagai penjuru Jakarta & Bogor πŸ˜€ , setelah bekerja keras selama berhari-hari untuk membangun sistem ini. Mereka adalah (diurut berdasarkan alfabet):

  • Abdullah Andi Koro : network admin, veteran di komunitas Open Source dan Internet. Bantuannya sangat besar dalam menjamin bahwa berbagai jaringan yang ada (provider/Telkomsel, internal, internet) bisa berfungsi dengan baik, terkoneksi di titik-titik yang diperlukan, berjalan dengan lancar & optimal.
  • Digit Oktavianto : system administrator, kami kenal dari komunitas Open Source (Linux Aktivis, MySQL, Ubuntu, dst). Banyak membantu juga dengan berbagai hal seputar database. Kecepatan kerjanya amat banyak membantu menyelesaikan berbagai masalah pada saat yang kritis.
  • Harry Sufehmi : system architect, saya bertugas mendesain arsitektur sistem, dan mengawasi agar sistem bisa bekerja secara optimal. Saat ini juga mendapat amanah sebagai Wakil Ketua II AOSI (Asosiasi Open Source Indonesia), dan anggota beberapa komunitas (Blogger, Ubuntu, Linux Aktivis, dst)
  • Johan Rukmana : Flash developer, interface tabulasi pemilu hasil karyanya dipuji oleh KPU, dan pada saat ini sedang dalam proses transfer untuk dihosting di server KPU sendiri.
  • Riyogarta Pratikto : lead developer, penggagas awal dari sistim SERIS. Anggota komunitas developer (PHP), Open Source (Ubuntu Indonesia), dan blogger. Juga berfungsi rangkap sebagai interface kami ke IFES, Telkomsel, dan KPU πŸ™‚ Foto bersama Tukang Internet :)
  • Rizki : system administrator, anggota komunitas Open Source (MySQL, Linux). Nicknamenya di komunitas adalah crazynuxer. Kalau sedang terlihat lowong, biasanya langsung ditarik ke tempat saya, dan dipaksa untuk melakukan optimisasi performa sistem πŸ˜€
  • Wibisono Sastrodiwiryo : senior developer, dikenal dari komunitas Blogger dan Developer (PHP). Fungsinya amat vital dalam pembangunan sistim ini. Mampu bekerja dengan sangat cepat dan secara maraton ketika diperlukan pada waktu-waktu kritis di proyek ini. Juga banyak memberikan masukan & input yang berharga pada pengembangan sistem. Sekaligus merangkap Seksi Dokumentasi Proyek πŸ™‚ foto-foto yang Anda nikmati di artikel ini adalah hasil karya beliau.
  • Yanmarshus : QA (quality assurance), tugasnya mungkin adalah yang paling penting dalam tim ini. Advokat distro Slackware πŸ™‚ beliau bertugas menjamin bahwa sistim ini bisa memiliki kualitas tinggi, walaupun ada keterbatasan waktu & sumber daya yang signifikan.

Sebelum menutup mata (baca: terkapar di tempat tidur), saya ingin menghaturkan ucapan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah memungkinkan berlangsungnya tugas ini dengan lancar :

Screenshot SERIS

  • IFES : LSM dari Amerika ini memberikan bantuan hibah dana, konsultasi, dan dukungan moril kepada tim SERIS. Selama berbulan-bulan saya berhubungan dengan mereka, tidak sekalipun ada usaha mereka untuk mengintervensi proyek ini. Mereka bahkan justru membantu kami mengatasi usaha intervensi dari pihak lainnya. Karena itu maka proyek SERIS ini bisa dijalankan oleh tim kami dengan independen. Secara ringkas, tanpa IFES, maka sistim SERIS ini tidak akan terwujud. Secara khusus terimakasih saya sampaikan kepada Adam, Pak Anhar, Mike, Hank, Mauri, dan rekan-rekan lainnya di IFES. Let it be known that your help is much appreciated. Thanks guys.
  • KPU : terimakasih dan penghargaan kami sampaikan kepada KPU, untuk kepercayaan yang telah diberikan mereka kepada kami, wakil dari berbagai komunitas, untuk membangun sistim Pemilu Nasional ini. Berkat kepercayaan ini maka kami, komunitas, jadi bisa membuktikan bahwa kami pun bisa berkarya dan berkontribusi untuk negara ini. Secara khusus terimakasih kami haturkan kepada Pak Aziz, untuk semua bantuan dan dukungannya kepada tim kami. Kemampuan diplomasi Anda adalah inspirasi & contoh yang sangat berharga bagi saya pribadi.
  • Telkomsel : What can I say – these are a bunch of spectacular guys. Terimakasih kepada Pak Sarwoto dan Pak Irfan, untuk dukungan bagi proyek ini dari sisi senior management. Dedikasi mereka terhadap kesuksesan proyek nasional ini adalah inspirasi bagi kita semua. Terimakasih kami haturkan pula kepada kawan-kawan, comrade, kami di tim Telkomsel — Tetra, Faisal, Nugroho, dan banyak lagi. Anda sekalian adalah kawan seperjuangan kami dalam tugas negara ini. Kami tidak mampu menyampaikan rasa terimakasih kami secara memadai untuk semua kerjasama dan bantuan yang telah Anda berikan. Our millions of thanks are yours.

Sebetulnya masih banyak lagi pihak yang membantu dan turut urun rembuk dalam pekerjaan ini. Beberapa kontribusi mereka bahkan jauh lebih signifikan daripada kontribusi saya pribadi.

Namun, mereka meminta, malah memaksa, saya untuk tidak memaparkankan nama-nama & kontribusi mereka. Mereka adalah pahlawan sejati pada tugas, dan amanah nasional ini. Saya amat bahagia mengenal mereka, dan salah satu kebanggaan terbesar saya adalah pengakuan mereka terhadap saya sebagai “kawan” mereka.
Thanks a zillion guys. You know who you are.

Demikian ringkasan catatan dari proyek SMS Pemilu Pilpres 2009 ini. Saya mohonkan maaf jika ada kekurangan atau kesalahan dalam penulisan artikel ini. Silakan sampaikan pesan Anda pada form komentar, maka saya akan koreksi secepatnya. Terimakasih.

Hidup Open Source Indonesia ! πŸ™‚
.
.
.

589 thoughts on “Sistim SMS Pemilu Pilpres 2009 : 100% Powered by Open Source

  1. Maksud elo? Yang sesi gangbang itu? Walah, artikel ini entar ratingnya jadi 18+ dong, hahaha πŸ˜€

  2. wohoo.. keren bang! semoga bisa tetep tanggung sampe akhir.. =D

    btw, flash kan ngga open source =P

  3. @Iang : Hihihihi.. Yang 100 % Open Source kan Sistemnya.. Hahahahaha..
    Eh kalo Web nya di itung masuk sistem nya gak sih? Wah Johan protes dia ntar kalo di bilang tidk dalam bagian sistem. Wkwkwkw

    *Ngeles mode = on*

  4. duh.. kok salah tulis ya?

    itu mustinya tangguh, kok malah jadi nulis tanggung? maap maap..

  5. @iang
    memang ga semua opensource sih , tapi hampir 90% lebih opensource kok πŸ™‚
    dan core systemnya opensource

    @all
    trima kasih atas semua yang telah membantu πŸ™‚

  6. Selamat,

    bangsa ini butuh orang-orang seperti Anda semua, tak hanya pintar untuk diri sendiri, tetapi bermanfaat untuk kemajuan bangsanya.

  7. @iang – kalau flash nya dibuka sourcenya, jadi open source juga kan πŸ˜‰ tapi memang tetap saja bukan open standards sih, haha

  8. halah kok dibahas xD cuma komentar iseng..

    btw, kalau tak keberatan, publish rancangan arsitekturnya dong =D

    sekali lagi selamat! semoga tetep tangguh sampe akhir *nah skr nulisnya bener*

  9. Mantap sekali pak, semoga kedepan bisa semakin banyak kiprah ketangguhan aplikasi open source yang mewarnai kapabilitas sistem publik di Indonesia.

    Selamat buat rekan-rekan & team yang sudah berkontribusi.

  10. Manteb bener pak… ikut bangga neeh…
    mudah2an rancangan arsitekturnya open source juga πŸ˜‰
    *ngarep mode on*
    Sukses selalu buat tim pak harry…

  11. Setuju sama Iang…
    Rancangan arsitekturnya dipublish dong.. He…he..

    Btw, proses pemasukan datanya udah selesai yah? *kok dari postingan ini kesimpulan saya kerjaan di SERIS sudah rampung…

    Dan tak lupa… Selamat atas kerja kerasnya demi nusa dan bangsa… πŸ™‚

  12. Salam,
    Sebagai warga negara saya ingin ucapkan TERIMAKASIH.
    Sebagai pecinta open-source saya ingin sampaikan SELAMAT atas keberhasilannya.
    Semoga kisah sukses ini bisa disebarluaskan melalui berbagai media.

  13. Mantabs
    Selamat buat para developernya
    Semoga menambah ‘iman’ terhadap produk2 opensource

    Sistem IT sudah bagus
    Tinggal memperbaiki bugs di sistem penyelenggaraan pemilunya πŸ™‚

  14. wah…
    keren da.
    selamad yak buat proyek nasionalnya.
    semoga proses pemilu benar2 lancar dan kontribusi ICT bisa benar2 dihargai dalam konteks mengakselerasi proses yang ada πŸ™‚

    sekali lagi bravo buat team πŸ™‚

  15. Alhamdullilah, cuma itu yang patut di ucapkan. Buat tim sendiri kalo ada yang minta di open source in, kayak na masalah yang pertama(dokumentasi) tu harus di rapi2in boz. Gw maklum la karena k terbatasan waktu dokumentasi agak kececer, apa lagi si digit no, sebulan lagi kalo dah ga pegang system na jadi lupa …..lupa cuma inget kuncinya …. eh capenya

    BTW sukses la, smoga 2014 sistem pemilu keseluruhan bisa dipegang anak2 FOSS semua gw yakin dalam sehari KPU bisa selesaikan perhitungan Real jadi ga lama nunggu2 jadi alesan buat ngasih selamet sama yang menang.

  16. cukup kaget melihat tnp.kpu.go.id dibuka ternyata sudah menggunakan SMS.
    bersyukur SMS dijadikan data yang valid dan dipergunakan perhitungan sementara.

    lebih kaget lagi hari ini bahwa sistem yg dibangun menggunakan produk opensource yg dibangun oleh anak bangsa.
    pokoknya salut dan selamat buat tim SERIES.

  17. Contoh kerja yang “banyak kerja gak banyak omong” alias “less talk, full action only”
    Selamat dan terima kasih atas sumbangsihnya, dan mudah2an makin tumbuh kepercayaan pada open source.
    Salam dan selamat beristirahat sampai kerjaan besar lainnya.

  18. @Hail – sori saya klarifikasi komentar Anda dulu — pertama; ada kesalahpahaman mengenai cara kerja sistem. Rekan saya akan membantu menjelaskan secara khusus, karena saya di bidang infrastruktur (bukan aplikasi).
    .
    Secara ringkas – tidak ada manipulasi data, hanya perbedaan dalam cara menafsirkan data yang ada.
    .
    Kedua – sistim ini adalah perhitungan SEMENTARA.
    .
    Perhitungan suara yang SAH tetap adalah perhitungan suara yang MANUAL. Ini adalah UNDANG-UNDANG.
    .
    Silahkan bisa Anda konfirmasikan lagi dengan KPU.

  19. @Hail 2 MegaPro

    Salam mas, saya ingin menjelaskan tentang:
    .
    1. Perbedaan suara yang muncul di kabupaten dan di total suara kecamatan dalam kabupaten tersebut adalah karena ada TPS yang mendaftar tanpa menyertakan kode kecamatan, hasilnya adalah sistem kami hanya dapat meletakan TPS tersebut dibawah kabupaten dan tidak bisa mendeteksi kecamatannya.
    .
    2. Angka minus adalah sebagai akibat dari proses ralat suara. Mekanisme ralat kami berikan dengan cara mengirim ulang informasi yang benar tanpa menhapus informasi yang sebelumnya. Untuk membuat penjumlah suara yang benar maka sistem akan meng-insert zero-sum record berupa angka minus dari record sebelumnya. Semua kami tampilkan berikut ralatnya sebagai bukti akuntabilitas bahwa TPS bersangkutan pernah melakukan ralat.
    .
    3. Angka nol akibat dari TPS yang sudah mendaftar tapi tidak mengirimkan rekap suara atau sudah mengirimkan tapi tidak sampai ke sistem kami akibat melewati tenggat waktu jam 12 malam tanggal 8 juli.
    .
    4. Penghitungan sistem kami tidak akan merugikan siapapun karena penghitungan sistem ini bukan hasil resmi tapi hanya sebagai alternatif untuk disempurnakan sebagai sistem yang lebih baik dikemudian hari.
    .
    Demikian mas penjelasan saya, sekali lagi janganlah memandang hasil dari sistem ini sebagai hasil resmi, tak ada maksud merugikan siapapun. Tujuan utama kami adalah untuk menunjukan bahwa sistem dapat bekerja dengan cepat dan transparant. Kita bisa tunjukan siapa yang mendaftar dengan baik dan siapa yang mengirim rekap dengan baik juga.
    .
    FYI: saya sedang membuat tulisan dari aspek teknisnya, nanti kalau sudah jadi akan saya post ke blog saya.
    .
    Terima kasih

  20. @Mas Harry

    Bangga karena sistem yang besar dah tangguh berbasiskan teknologi Open Source.. Semoga ini jadi penyemangat penggiat open source di Indonesia.. Oya, whitepapernya di open juga dong.. πŸ˜€ biar bisa banyak belajar nih.. πŸ˜€

    @Hail
    Apakah Anda tidak bisa menghargai jeri payah tim yang berjuang semaksimal mungkin.. Saya percaya, mereka berjuang bukan untuk kandidat tertentu.. atau merugikan yang lain.. emang siapa yang bisa menentukan keakuratan sebuah sistem? bahkan jika sistem itu tanpa campur tangan manusia? g ada?

  21. @MU – sistim ini sudah di audit oleh THP Group. Dan sistim ini sudah di approve oleh KPU.
    .
    Jika Anda ada komplain, silakan dialamatkan kepada mereka.
    .
    Thanks.

  22. berita kelanjutannya kok ndak ada yah … πŸ™‚

    maksudnya kok ada missing link πŸ™‚ ada berita yg unreveal gitu lho πŸ™‚

    transparant dong ah

  23. @mas harry
    selamat yah mas buat SERISnya
    duh ga tengok2 blognya taunya …cakep dah sistemnya

    ah itu ada si digit, paling muda yah, keren git…mantap ente!!

    sabar mas ngadepin orang yang kek Hail dan MU..
    waktu kami jadi team QuickCount pemilu kemarin dikcmatan sini juga gitu
    yang ga puas, malah nyalahin kami sbg developpernya..

    lanjutkan terus pak harry :)..

    congrat!!!

  24. @Hail – LU takut ya!? Kenapa LU tutup alamatnya??
    .
    Kita terikat perjanjian dengan KPU — bahwa yang berhak mempublikasikan hasil Pemilu Pilpres 2009 adalah –HANYA– KPU semata.
    .
    btw – kok gak pakai nama asli mas? “LU takut ya!?” πŸ™‚ πŸ˜€

  25. Sukses untuk Mas Harry dan seluruh tim.

    Jadi ingat h-1 *dasar Bair gak tau waktu :D* kontak via YM, saya nanya sesuatu, malah dijawab ama curhatan hehee..

    Tapi saya sudah yakin kalau teknis sih kalau tim mantab kayak begini insya Allah bisa ditangani, justru terbukti yg paling ditakutkan masalah non teknis-nya itu.

    Btw sekali lagi sukses.

  26. Hai Wibi & Harry. SISTEM Kalian, CLEAR kirman sms terakhir yg kalian pakai. Ini HARI masih TERBUKA TERNYATA!!!
    Jelas KIRIMAN SMS TIDAK VALID tetap SISTEM kalian TELAN!!*

    HA.. HA… πŸ™‚

    *CLUE dari KPPS

  27. @MU
    Sekedar info, SMS memang tetap masuk hingga saat ini, namun proses SERIS hanya memproses data-data yang masuk hingga 8 Juli 2009 pukul 24.00.

  28. @MU
    :), hehehe kalem mas πŸ™‚ , dari team tidak ada yg memihak manapun dan data yang diolah adalah yang dari hasil sms , dan system adalah pilot project sedangkan hasilnya itu masih sementara dan penjelasan lebih lanjut silahkan baca disclaimer .Kami hanya berusaha membantu dari sisi system dan lainnya yg bisa kami bantu. Atau mungkin mas MU punya solusi yang lebih baik mungkin ? siapa tahu bisa dipakai untuk event selanjutnya πŸ™‚ , dan ikut menyumbang untuk bangsa dan sebagai proses belajar bersama

  29. Kumpulan orang2 hebat, kl ngumpul pasti menghasilkan sesuatu yang hebat… KPU beruntung dibantu orang seperti juragan semua…..

    Salam

  30. Saya mau komentar sebenarnya, tapi langsung ketawa-ketiwi begitu membaca beberapa komentar di atas. Selain nampaknya tombol Caps atau Shift mungkin rusak, logika yang bertabrakan, hingga kemampuan untuk dengan segera mengambil kesimpulan tanpa membaca lebih banyak hingga akhirnya salah alamat. (*Bahasa kampung saya, “Mas… Salah kamar WOooiii!!”, hehe)

    Namun menarik juga untuk dicermati komentar-komentar tersebut. (Sebab saya yakin mereka bukan satu-satunya yang begitu)

    Sebab nampaknya ada beberapa saudara-saudara kita yang kurang memahami arti sebuah proyek IT yang berhubungan dengan pemilihan umum (semoga link tulisan populer ini bisa sedikit membantu sebagai perbandingan ketika Pak Obama dari US terpilih jadi presiden).

    Selebihnya, saya yang tidak ikutan pekerjaan berprestasi dan prestisius ini saja sudah bangga bahwa opensource sudah dapat dipakai dengan amat baik sekali oleh putra bangsa dan pemerintahannya.

    SALUT!!!

  31. Aku ALAMATKAN kalian, JELAS karena BERMASALAH!! Kayak yg si Hail tulis! Meski KALIAN berlindung dari kata “PILOT PROJECT” dan Disclaimer!!
    Aku juga ALAMATKAN ke KPU, yang mau pake SISTEM kalian! Apa meraka TAKUT ILANG MUKA, kalah ama QuickCount!!
    Aku juga pengen tahu siapa tu THP yg kalian claim AUDIT sistem kalian. JANGAN2 cuman STEMPEL kalian!!

    Hu.. Hu..

  32. @MU,

    Kasihan, jagomu kalah kamu jadi ngamuk disini. Kalau kamu menuduh orang, disaat yang sama mungkin kelakuan kamu seperti itu

  33. Pokok e tobbbb… markotobb … Meskipun jagoan ku kalah … Saludd Sama Mas Harry dkk ..

  34. Pingback: Pemilih.com
  35. Wah open source dah merambah ke pemerintahan ya. Awal yang bagus untuk menuju Open Source Totality. Proyek2 dari pemerintah bakal melirik ke Open Source nantinya. Good way

  36. kenapa di detik hari ini praktisi ITB Dedy Syafwan menyebutkan sistem ini malu-maluin? apa yang salah ya? bisa ditanggapi pak?

  37. @Harry, LU tak perlu tanya!
    Sudah cukup utk TAHU JELAS siapa yg terlibat di sistem SMS Pilpres.. DAN CUKUP BUKTI VALID tdknya SISTEM LU..
    Biar yg di ATAS yg follow-up. INI POLITIK BUNG!!

  38. Bravo!!!

    Sekali lagi komunitas Open Source menjawab tantangan di saat-saat dibutuhkan…

    Selamat & Sukses. Keep the good works…

  39. @bils – beliau belum tahu sisdur proyek ini πŸ™‚ jadinya komentarnya juga lumayan meleset.
    .
    Saya sudah coba kontak beliau via Facebooknya. Mudah2an kita bisa segera clearkan miskomunikasi ini.
    .
    Thanks.

  40. Mudah-mudahan pak Harry segera dapat kontak dengan beliau agar clear dan untuk bahan improvment dikemudian hari.
    alangkah baiknya bila pakar-pakar seperti anda semua saling membahu untuk kontribusi bagi negeri dan kebaikan.

    salam sukses pak Harry!!!

  41. boleh di-share, kenapa pilih pakai SMS, bukan something-over-GPRS atau alternatif lain yang lebih reliable?

  42. kok itu semua total e 100 persen yach…

    semua daerah milih to…???

    ndak ada yg golput…???

  43. salute dan penghargaan setinggi-tingginya kepada tim pengembang SERIS..moga ini bisa bermanfaat bagi PEMILU di Indonesia..yah..selamat terkapar aja hehehe

  44. wahhh keren bisa kita download ngak ? jadi mau oprek oprek :0 kalau boleh si :)… oia, salute buat semangat membuat produk kerakyatannya πŸ™‚

  45. Dari vivanews.com
    http://politik.vivanews.com/news/read/74173-kpu_diduga_telah_diintervensi_asing

    Emang IFES tuch beri manfaat apa utk Republik ini? Jelas dia beri manfaat kamu, karena yg bayar kan?

    Maju tak gentar, bela yang BAYAR!!

    ———————————- quote —————————–
    Bagi Jeirry, perhitungan tabulasi suara nasional secara elektronik oleh lembaga asing bisa dilihat sebagai bentuk intervensi asing terhadap KPU. Menurutnya sangat rawan KPU bekerjasama dengan lembaga yang kredibilitasnya masih diragukan.

    Jeirry menilai, model kerja lembaga asing itu sangat ‘mengerikan’. Karena semuanya dikerjakan oleh IFESm mulai dari perencanaan hingga implementasinya di lapangan, tapi hasilnya memakai nama KPU.

    Jeirry mengaku sejak awal sudah memperingatkan betapa berbahaya jika soal perhitungan suara yang merupakan kepentingan negara ini dikerjakan oleh lembaga asing, apalagi KPU hanya menerima rekapnya. “Kita tidak pernah tahu berapa sebenarnya yang dari TPS,” kata Jeirry.

  46. SERIS itu cuman coba2 yach!! Kasihan KPPS jadi kelinci percobaan.

    Duh.. duh…

    http://pemilu.detiknews.com/read/2009/07/10/114536/1162617/700/malu-maluin-penghitungan-cepat-kpu-sebaiknya-dihentikan-segera

    “Dedy menambahkan, tidak seharusnya KPU menjadikan ajang seserius pemilu sebagai sarana uji coba teknologi. “Seharusnya mereka menjadikan pilpres media untuk menunjukkan bahwa IT bisa digunakan untuk membantu pemilu, mempercepat masyarakat bisa melihat real count,” kata Dedy kesal”.

  47. wah selamat mas atas sukses nya hajatan kemarin. tapi saya sedih soalnya jagoan saya kalah di pilpress kemarin. mudah2an saja yang terpilih sekarang merupakan yang terbaik oleh bangsa dan Allah SWT

  48. Mas, developer SERIS,, Lisensi dari System SERIS itu apa ya??

    Saya boleh make gratis atau bayar dengan biaya tertentu?? Kayaknya menarik deh..

    Trima kasih sebelumnya..

  49. luar biasa anak muda indonesia. bagaimana bangsa kita tidak makmur jika mempunyai banyak anak muda brilian

  50. Ternyata Sistem SMS Pemilu Pilpres 2009 buatan anak bangsa yah.. jadi salut…
    semoga banyak anak bangsa seperti mereka

  51. nasib yang di dapur emang selalu kena damprat ma orang2 ga jelas
    kalo mo protes ya mbok ke KPU ma IFES sana …

    salut buat tim series, dan emang kalau saja waktunya cukup dan “wajar”
    tentu sistemya bisa menjadi lebih baik dan lebih proper lagi
    *proyek sangkuriang gini emang nyebelin* πŸ˜›

    anyway ditunggu lho ulasan teknis buat sharing ke komunitas. setting kernel, web, db, network dll (yg ga ‘confidencial’ tentunya) πŸ™‚ eh wibi yah yg mo bikin?

  52. @daus – Ini adalah email saya ke Dedy Syafwan via Facebook πŸ™‚
    .
    Penyebabnya ada beberapa :
    .
    (1) Surat edaran / instruksi untuk menggunakan SERIS ini baru diedarkan 1 hari SEBELUM Pemilu Pilpres 2009 πŸ™‚
    .
    Surat edaran tersebut harus disebarkan ke 451.000 TPS.
    Di SELURUH Indonesia.
    .
    Jadi, ketika ada 104.000 TPS (20%) yang terdaftar, sebetulnya itu justru adalah keajaiban πŸ™‚
    Target kami sendiri adalah hanya 4% dari seluruh TPS.
    .
    Jadi ini adalah masalah administrasi & logistik. Bukan masalah sistem.
    .
    (2) Laporan perhitungan suara dari TPS dihentikan pada pukul 24:00 tanggal 8 Juli 2009.
    .
    Ini adalah Undang-Undang, jadi mau tidak mau kami harus menghentikannya.
    .
    Padahal, laporan perhitungan masih terus mengalir masuk dengan cukup cepat sampai berjam-jam setelah itu.
    .
    Nah, menilik hal-hal diatas, jadi pendapatan sebesar 18 juta suara itu sangat jauh diatas ekspektasi kami, alhamdulilllah.
    .
    Apalagi ketika dibandingkan dengan ICR – memakan waktu berminggu-minggu, namun pencapaiannya tetap saja masih dibawah sistem ini.
    .
    Harapan kami, mudah-mudahan dimasa depan surat edaran / instruksi dari KPU bisa disebarkan jauh lebih awal. Sehingga kemudian TPS yang berpartisipasi bisa mendekati angka 100%.
    .
    Terimakasih.
    .
    .
    Salam, HS

  53. @andika – boleh di-share, kenapa pilih pakai SMS, bukan something-over-GPRS atau alternatif lain yang lebih reliable?
    .
    Coverage πŸ™‚ SMS Telkomsel mengcover 95% dari luas Indonesia.
    .
    Untuk GPRS, Telkomsel hanya menjamin sampai level ibukota kabupaten.
    Tentu ini masih belum memadai jika kita ingin menjangkau sampai level TPS.

  54. Karena semuanya dikerjakan oleh IFES, mulai dari perencanaan hingga implementasinya di lapangan
    .
    Hehe… ini sumber informasinya dari mana ya ? πŸ™‚
    .
    IFES itu hanya membantu dari sisi donasi, saran/advice, dukungan moril.
    .
    Desain sistem sampai implementasinya semua dikerjakan oleh Tim SERIS πŸ™‚
    .
    Sayang ya, Koordinator Nasional JPPR / TePI saja keliru sampai separah ini. Bagaimana dengan yang awam?

  55. @All – Terimakasih banyak untuk ucapan selamatnya. Ini amat kami hargai.
    .
    Tolong sebarkan juga berita mengenai SERIS ini, karena sepertinya masih banyak yang belum tahu – Facebook, Kaskus, media massa, dll.
    .
    Tujuannya adalah, agar makin banyak yang tahu, bahwa Pemilu itu BISA dilakukan secara Transparan, Cepat, Murah, dan Akurat.
    .
    Dan, berbasis teknologi Open Source πŸ˜‰
    .
    Terimakasih banyak sekali lagi.

  56. Mengenai Transparansi – sepertinya Indonesia adalah negara Pertama di dunia yang menggunakan jasa SMS untuk melaporkan hasil Pemilu.
    .
    Dan, proses perhitungannya adalah 100% otomatis. Peran manusia hanya ada di awalnya; mengirim SMS. Setelah itu, semuanya diproses oleh sistem tanpa intervensi.
    .
    Ini adalah hal yang luar biasa. Di dunia dimana di berbagai negara kadang hasil Pemilu sudah bisa diketahui satu hari sebelumnya (!), Indonesia justru mengimplementasikan teknologi yang transparan & bebas intervensi.
    .
    Bersama dengan ini kami dari Tim SERIS menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada beberapa pihak di KPU (**), yang telah mendukung terwujudnya hal ini.
    .
    Semoga Pemilu & Pilkada Indonesia untuk selanjutnya bisa terus transparan, dan bebas intervensi.
    Mari kita doakan, dan usahakan bersama-sama.
    .
    (**) Tidak semua komponen KPU punya niat jahat, dan kebalikannya juga, tidak semua komponen KPU mempunyai niat baik.
    .
    Tim SERIS dalam pekerjaan ini berfokus pada komponen-komponen di KPU yang jelas itikad baiknya, dan berkerjasama bersama mereka. Alhamdulillah, bersama-sama maka kami jadi bisa melakukan hal ini.

  57. @bleketux / @okto / @niwatori / dkk – Ya, pada saat ini saya sedang dalam proses pembuatan whitepaper sistem ini dalam b.Indonesia & b.Inggris.
    .
    Nanti saya akan rilis juga untuk publik.
    .
    Thanks.

  58. Keren Oom!!!!!!!! Seneng deh, diantara berita pemilihan umum yang hampir semuanya bikin sumpek ada yang seger-seger kayak gini. Aside from all harsh judgement yang diberikan kepada tim SERIS, terbukti kan anak bangsa mampu mengaplikasikan teknologi untuk kepentingan orang banyak. Oya, ditunggu whitepapernya! πŸ™‚

  59. 1. Sabtu, 20/06/2009 koran bisnis menyebut :
    KPU uji coba layanan SMS di Bandung

    2. Minggu, 28 Juni 2009 09:29, warta egov menyebut :
    KPU Lakukan Uji Coba Teknologi SMS Untuk Tabulasi Nasional Pilpres

    apakah dua berita di atas mengacu ke SERIS atau yg lain ?

  60. salut utk TIM yg terlibat SERIS,
    aplikasi yg hebat dan sangat mendukung transparansi pemilu,
    semoga dapat digunakan di semua negara,
    sebuah peluang bagus untuk membangun jaringan semacam komite independen pengawas pemilu,
    toh mas harry sudah pernah buka ssh-putty-trik-gprs yg kemarin dapat dijadikan acuan juga πŸ˜€
    sediakan alamat/nomor/email khusus dan publikasikan,
    sourceforge sudah menanti πŸ˜€

    wassalamu’alaikum

    sinung

  61. di blog/situs sebelah :
    1. seris-behind-the-scene
    2. seris-sistem-sms-untuk-pengiriman-hasil-perolehan-suara-pilpres-2009
    3. 784-kpu-luncurkan-tabulasi-nasional-pemilu-via-sms
    disebutkan ada surat edaran,

    mengapa di situs resmi KPU surat edaran perihal SMS pemilu belum dipublish ?

  62. Sukses utk tim seris.

    Utk lbh fair dg berita, bisa di jelaskan kendala teknis yang terjadi sesuai kata dr ketua KPU. sehingga sistem SMS cuma 40ribu aja? statement anda soal sistem ini menurut saya terlalu marketingable. anda menggunakan socket http aja? php curl ? utk koneksi ke telkomselnya. dr eksperiment dalam sms gateway ke operator2 itu, kannel lbh reliable utk ini. (note. Sistem yg dibangun di content provider banyak yg open source dan itu menangani beban yg lbh dr yg seris kerjakan)

    Salute
    Ben

  63. Mantap mas, semoga makin terbuka mata pemerintah akan nikmatnya open source. πŸ˜€

    Sayang penghitungannya dihentikan, moga-moga 2014 bisa lebih siap.

  64. Pingback: Ordinary lad
  65. Jadi tertarik untuk memulai dunia TI,
    jdi bosan dengan ads ads an. he..he..

    tapi tidak tahu dimana harus memulainya nie…

    Selamat ya Mas Harry

  66. Semakin mulus suatu pekerjaan akan menuai pengakuan kepiawaian anda dan temen2. yang bernada miring gak usah didengar karena jelas2 tersirat bahwa hal tsb bukan kritik tapi iri / kesel. Iri karena MERASA bisa bikin spt ini tapi kok bukan dia yg kepilih :D. Kesel atas kesuksesan perhitungan ini menambah pembuktian bahwa capresnya gagal :D. Padahal dengan atau tanpa SERIS kalau capresnya kalah ya kalah aja, kelaut ya kelaut aja, nothing to to with the systems.
    Bagi yang mempertanyakan keakurasian laporan lebih2 lagi itu orang pasti GUOB.. eh maksud saya KURANG PINTER :D. udah jelas soal laporan SANGAT tergantung dari pengirim SMSnya ya gak bisa mempersalahkan SERIS donk.
    Suatu hal yg baik mas Wibi telah mengantisipasi berbagai hal misal SMS yang kurang lengkap dll berarti walau tanpa pengalaman sebelumnya dalam membikin electoral SMS sudah dapat mengantisipasi apa yg mungkin terjadi .. salut.

    Salut juga kepada Harry dkk atas ketekunan dan kecepatan membuat sistem (ajegile 2 minggu maaann) dan atas kesabaran dalam mendapat tekanan2 dari saat membuat, mengimplementasi sampai pada menghadapi komentar2 disini. Its so rare people could survive to work under such pressures and those are you are, guys.. Semoga Allah mencatat kemulyaan tekad dan ketabahan rekan2 semua.

    Tak lupa selamat buat Riyo yg udah jadi inisiator, jadi bumper, jadi ini, jadi itu. Untung anaknya lahir sebelum proyek ini. kalau sesudah wah 99% saya yakin anaknya dikasih nama proCell… eh salah.. SERIS.. yah..

    Sukses terus kawan2.. jelas banget bangsa kita butuh orang2 brilian seperti anda semua.

  67. @sinung – sangat mendukung transparansi pemilu
    .
    Finally, somebody is getting the point πŸ˜‰ πŸ˜€
    .
    Ya, inilah alasan kenapa kami mau mati-matian memperjuangkan proyek ini sampai berjalan dengan sukses. Walaupun dihadang oleh para oknum, dari awal, sampai bahkan setelah akhir proyek ini.
    .
    Mari kita dukung transparansi pemilu, apakah itu melalui SMS, SERIS, ataupun teknologi-teknologi IT Tepat-Guna (bukan akal-akalan) lainnya.

  68. @Benjamin – Utk lbh fair dg berita, bisa di jelaskan kendala teknis yang terjadi sesuai kata dr ketua KPU. sehingga sistem SMS cuma 40ribu aja?
    .
    Terus terang saya tidak paham bagaimana kesimpulan ini bisa terjadi. Karena di sistem jelas tercatat jauh melebihi itu.
    .
    Dugaan saya, ada oknum yang memberikan informasi yang keliru tersebut kepada bpk. Ketua & media.
    .
    Anyway, lebih baik kita perjelas dulu konteksnya – target awal SERIS ini adalah 4% dari TPS. Berarti, hanya sekitar 18.000 TPS.
    Ini karena menilik penyebaran surat edaran / instruksi penggunaan SERIS yang sangat terlambat (H-1) ke TPS.
    .
    Ketika kemudian bisa ada 104 ribu TPS yang terdaftar, maka saya kira ini adalah prestasi luar biasa. Salut dan penghargaan kami sampaikan kepada para personil TPS, yang dengan sangat antusias mendukung & memanfaatkan sistem ini !
    .
    statement anda soal sistem ini menurut saya terlalu marketing
    .
    Terlihat begitu ya ? πŸ˜€ hehe, niatnya sih sebetulnya supaya lebih positif saja.
    .
    Bukan apa-apa, sepanjang proyek ini sangat banyak blunder yang terjadi & dilakukan oleh berbagai pihak. Dimana beberapa blunder tersebut bisa juga dilihat sebagai usaha untuk menjegal usaha gotong royong ini.
    Kalau saya mau fokus ke situ, bisa jadi bahan empuk media massa bahkan sampai berbulan-bulan setelah proyek ini.
    .
    Tapi, saya lebih suka fokus kepada hal yang positif saja. Kesalahan-kesalahan tersebut saya anggap tidak sengaja. Dan itu sudah berlalu. Jadi, mari kita melihat ke masa depan.
    .
    Mudah-mudahan Pemilu berikutnya bisa menikmati teknologi yang lebih Cepat, Aman, Murah, Akurat, dan Transparan (CAMAT) lagi. Amin !

  69. dah tahu lum kabar terbaru….tim mega-pro gugat kpu gara2 nih tekhnologi……????
    lucu ya…..biasa….mega gitu loh….

    “kunjungan balik…saatnya ibu lebih mandiri…..
    saya punya dagangan bagus cari mitra masarkan
    pembalut sehat dan menghasilkan”

  70. @Dana – Sayang penghitungannya dihentikan, moga-moga 2014 bisa lebih siap.
    .
    Sebagaimana saya bahas di komentar sebelumnya – aliran SMS harus dihentikan pada hari H pkl 24:00, karena ini adalah undang-undang; hasil perhitungan dari TPS sudah harus berhenti pada waktu tersebut.
    .
    Maka kami kemudian melakukan hal tersebut.
    .
    Lha, ternyata justru jadi bahan empuk untuk dipelintir di media massa ya. πŸ™‚

  71. @sinung – sourceforge sudah menanti πŸ˜€
    .
    Mohon maaf, sejak beberapa hari yang lalu ada beberapa oknum yang berusaha merebut source code SERIS **dan** mengklaim software ini sebagai buatan mereka.
    .
    Kami sedang berusaha mengamankan ini dulu. Jangan sampai hasil kerja keras teman-teman kami justru diklaim menjadi hasil kerja orang lain (oknum pula).

    .
    Terimakasih, semoga bisa dimaklumi.

  72. @Abah – thanks berat untuk apresiasinya πŸ™‚
    .
    Yang Abah katakan itu benar sekali. Seringkali, 2 orang dari 7 anggota tim justru musti sibuk mengurusi hal-hal “non-teknis” πŸ™‚
    Untung jantung saya sudah pengalaman kena serangan jantung beberapa waktu yang lalu, jadi ketika kena lagi berkali-kali di proyek ini sudah rada kebal, he he (sambil pegang dada kiri)
    .
    Apresiasi terbesar adalah untuk rekan-rekan anggota tim SERIS. They are the DREAM TEAM – tidak setiap hari saya bisa menyaksikan tingkat kepakaran yang sedemikian tinggi dan dieksekusi dengan kecepatan serta presisi yang begitu luar biasa. I was breathless many times during the project. πŸ™‚
    Luar biasa. Salut dan terimakasih saya ucapkan untuk mereka.
    .
    Semoga di masa depan mereka bisa mendapat kesempatan lagi untuk berkontribusi kepada negara ini. Amin !

  73. mas harry, selamat atas sukses tim seris-nya. baca artikel ini+komen2nya, agak kebayang ‘sirkus’ selama 2 minggu itu πŸ˜€

    just out of curiosity, format sms-nya kaya gimana si? aplikasinya kira2 gimana kalo utk pileg yg calonnya ribuan itu?

  74. @rani – hahaha, “sirkus” πŸ˜€ benar juga sih, ada banyak melibatkan salto, jumpalitan ke berbagai arah, dan manuver menghindari tembakan-tembakan dari arah yang tidak terduga-duga πŸ˜€
    .
    Kiriman SMS dari TPS dibagi dua, yaitu Registrasi :
    .
    REG [keycode]#[kode kecamatan]#[kode kelurahan]#[jumlah DPT]
    .
    Kiriman perhitungan suara dari TPS :
    .
    REKAP [capres1]#[capres2]#[capres3]
    .
    Ya, sistim ini menganut dan menjalankan konsep KISS (Keep IT Simple, Sayang) πŸ™‚ dengan sangat saklek.

  75. Bangganya saya dengan orang-orang seperti mas. Indonesia tidak hanya sekedar meghasilkan koruptor, tapi juga manusia berkualitas seperti mas dan team.

  76. @rani – kalau untuk pileg, bisa via SMS, tapi biayanya menjadi SANGAT mahal. Kami hitung2 kemarin, biaya SMS nya bisa mencapai lebih dari 20x lipat biaya sistemnya.
    .
    Memang kalau kita hitung dalam satuan Megabyte; 1 MB pengiriman data via GPRS biasanya terkena biaya Rp 500.
    Via SMS ? Ternyata lebih dari Rp 1.500.000 πŸ™‚
    .
    Lalu kenapa tidak via GPRS saja? Ternyata tidak mudah juga, karena coverage GPRS hanya terjamin s/d ibukota kabupaten. Di bawah itu, sudah tidak jelas lagi.
    .
    Solusinya sebenarnya ada. Tapi nanti sajalah, kami sudah bosan ide kami dicuri dan lalu diakui oleh orang lain, he he πŸ˜‰

  77. Wah bisa 23000/s dgn satu PC ? hebat.

    Saran aja, kalau bisa hasil load test-nya dishare disini juga sekalian konfigurasi / script testnya saja, sehingga bisa lebih meyakinkan lagi & membuktikan bahwa claimnya benar.

    sekali lagi selamat.

  78. bisa sharing!? gimana cara dan hasil ngetes-nya bisa mencapai 23.000 tps? cuma pake echo test bukan yah?

  79. Wah…… salut deh…. sampe merinding bacanya……. terus berjuang….. selamat buat bp sufehmi,erqee dan temen-temen semua…. betul kata bapakku… jangan kau tanyakan apa yang kau akan kau dapat tapi apa yang telah kau berikan pada bangsa ini. Semoga Alloh selalu memberikan kesehatan pada temen-temen kita ini amin……… keep on fighting….

  80. Bravo semuanya, sekalian mau tanya boleh ga…. sekarang dikantor saya sedang menggunakan sistem sms juga, tapi banyak sekali error yang terjadi (duplikasi sms karena sms yang pertama tidak ada balasan dari server sms, jadi user secara psikologis mengirim ulang smsnya), ketika ditanya mereka masih agak bingung gitu, padahal kalo dilihat jumlah tertinggi yang mengirim SMS cuman 400-an SMS itu juga dalam waktu 1 jam. Menurut mereka seh servisnya down sendiri (sebabnya mereka ga tau) @#$#%$%#$%@#$^%$^$

    Ko, jadi curhat gini ya….. hahaha salam kenal deh semuanya

  81. Sistem nya bagus, cepat, akurat dan memabntu kinerja tabulasi KPU. Tapi kok masih ada ya tim sukses salah satu capres yang protes?

  82. Jawara-jawara IT indonesia kayanya udah pada menampakan batanh hidungnya,, bis bosen liat roy suryo mulu,,, majuuuuuuu…

  83. Jadi tertarik untuk memulai dunia TI,
    jdi bosan dengan ads ads an. he..he..

    tapi tidak tahu dimana harus memulainya nie…

    Selamat ya Mas Harry

  84. mantap mas projeknyanya, mas2 nya terpilih untu sekali 5 tahun dan dari sekian banyak orang2 cerdas.

    moga aja blognusantara.com kedepan bisa ngasi banyak manfaat untuk negri ini dan para temen2

    makasih, salam kenal samua ………

  85. mas..koq sistem nya gak jalan lagi yah?..saya dengar beberapa waktu lalu sistem tersebut dihentikan? kenapa yah? trus ada apa dengan pemangilan IEFS ?

  86. Setelah baca2 tim pembuatnya, keren abis. Salut…. Sebenarnya Open Source memang begitu powerful, tinggal siapa yang “ngracik”. Tapi banyak orang masih nggak mau melirik karena terbuai dengan software2 bukan opensource yg ada.

    Selamat atas keberhasilan membangun sistem SERIS-nya

  87. wah baru tahu ada yang ini, benarkan pasti ada kritikan πŸ™
    kalau kritikan membangun sih gpp
    tapi kalau kritikan ngelantur πŸ™

  88. hebat euy…
    terlepas dari intrik2 politik & kepentingan lain..
    bravo buat open source… !!!!

  89. wah hebat sekali mas usaha nya. saya salut. semoga tetap berjaya apapun yang terjadi. semoga di masa yang akan datang bisa bikin sesuatu yang lebih dahsyat lagi

  90. mas, mengenai keamanan, kalo yang sering kedengeran belakangan, mengenai sms bomber gimana tuh?di internet banyak jasa kaya begitu…ada proteksi untuk hal ini ga?soalnya menyangkut politik uang, yang punya duit banyak bisa beli pulsa banyak buat bom sms kan kalo gitu?soalnya, disadari apa ga, hasil polling bisa mempengaruhi pilihan orang yang lihat poling juga kan….

  91. Mantaps…terima kasih buat inspirasinya
    hidup open source jg..moga makin terus berkembang
    Terima kasih sekali kalo sistem ini bisa di-sharing ilmunya lebih lanjut..:D

  92. Mantap open source indonesia, anak indo memang jago-jago. asik dong bisa lihat hasilnya dirumah sendiri. Ga perlu repot, cukup sms dari rumah saja.

  93. selamat atas suksesnya proyek ini…
    semoga menjadi sumbangsih positif buat bangsa ini…
    hidup open source..!

  94. @free public : sms yang bisa masuk ke sistem ini hanya yang telah terdaftar dengan bantuan KPU. Jadi, tidak bisa sembarang orang mengirim sms.

  95. @ceuceusovi – btw..proyek berapa M ni ya..? πŸ™‚
    .
    1 M saja enggak πŸ™‚ malah JAUH dibawah 1 M πŸ˜€
    .
    Sistim IT yang powerful & handal itu tidak musti mahal. Terimakasih kepada teknologi Open Source yang sudah ada dan tinggal kita gunakan.

  96. Salut buat bapak bapak yang sudah bekerja keras demi kemaslahatan negeri kita. Tetep semangat ya!!!

  97. sukses terus maz….aku bangga juga ternyata orang2 indonesia cerdas2…

    “kunjungan balik…saatnya ibu lebih mandiri…..
    saya punya dagangan bagus cari mitra masarkan
    pembalut sehat dan menghasilkan”

  98. Akhirnya selesai juga mbaca dua ratus delapan belas comment di atas. *terharu, bisa juga baca comment segitu panjang*
    .
    Salut pisan buat tim SERIS Mie. πŸ™‚ Semoga gak kapok bikin sistem open source kaya gini lagi.

  99. @heryudi – Akhirnya selesai juga mbaca dua ratus delapan belas comment di atas. *terharu, bisa juga baca comment segitu panjang*
    .
    Hahaha…. terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk membacanya πŸ˜€

  100. yuup pemilu kali ini sedikit keren dengan menggunakan fasilitas modern,,tapi masih aja ada berita penolakan hasil pilpres,,huh payah

  101. Waaah, mau pake sistem apapun klo manusianya sendiri kurang bertanggung jawab pemilunya kacau deh…

  102. seperti banyak yg bilang bahwa banyak orang Indonesia yang cerdas dibidak IT dan ini mungkin salah satu buktinya… mantap bos.. ditunggu terobosan2 lainnya yang tentunya membuat kita semua bangga

    salam kenal dari Karawang

  103. wah bagus juga referensi nya …sundul balik dong kedatangan ku….ada script bisnis , premium template untuk wordpress and joomla, music ,video streaming,ada fasilitas short url juga lg… , kumplit bgt deh pokok nya….^ ^
    di tunggu yah

  104. salut dan bangga kepada anak muda indonesia.mudah-mudahan bangsa kita jadi berkembang dan menjadi bangsa yg maju
    jika mempunyai banyak anak muda yang punya ide-ide brilian….

  105. Sistim Pilpres SMS memiliki masa depan yang besar. Sistem masih belum sempurna, namun hasil yang positif dan saya pikir dia memiliki masa depan yang besar.

  106. waou…hebat maz… jadi pengen belajar seperti si maz, dapet ilmu kaya gitu dari mana ya maz. salut deh 2 jempol sip. hidup Open source indonesia

  107. Assalamualaikum Mas Harry,

    Apa kabar mas ??

    Mas minta tips2x nya dong gimana bisa memulai open source ?? ?? Apa harus punya skill programming ??
    Sebenernya interest mo belajar open source, mudah2xan bisa diinfo juga klo ada kursusnya yang mur-mer .. πŸ™‚

  108. Numpang lewat… btw kece banget blogna pemilu abis…
    semoga ga ada second putaran lagi…
    jangan lupa berkunjung balik ya

  109. @Tino – halo mas, apa kabar? Jadi ketemu lagi disini πŸ™‚
    .
    Untuk kursus Open Source, bisa coba http://NurulFikri.com dan http://Ardelindo.com
    .
    Pada saat ini kerjaan saya di Open Source lebih banyak bersifat manajerial. Nyaris tidak ada coding.
    Jadi, ya, Open Source itu juga bisa jadi seperti bisnis seperti bisnis lainnya juga.
    .
    Salam sukses selalu.

  110. wah… selamat yah…. bangga jadinya karena tidak membutuhkan campur tangan pihak asing dalam hal ini.

    dan yang paling membuat kagum yaitu menggunakan open source, sangat mengagum kan…

    selamat sekali lagi

  111. Jarang2 ada orang indonesia seperti anda, dan saya merasa bangga menjadi orang indonesia karena bisa punya teman sehebat anda :). Indonesia gak bakal kekurangan IT profesional lg

  112. siip postingannya…
    semoga kedepan presiden terpilih bisa mendengarkan aspirasi rakyat, dengan mengedepankan rakyat, memberantas kkn, dan pembangunan serta pekerjaan layak bisa didapatkan oleh pemuda-pemudi indonesia,,,,selamat ya kerja kerasnya telah berhasil,,,,saudara ikut andil untuk bangsa dan negara kita….

    salam

    fikri

  113. Wahh,mas orang indo yg huebat deh pokoknya πŸ˜€

    bwt,sistim pemilu 5 tahun lagi gimana yah

    hihihi, meskipun kyknya saya telat comment di postingan yang satu ini, tetep saya comment deh πŸ˜€

  114. Wahh,mas orang indo yg huebat deh pokoknya πŸ˜€

    btw,sistim pemilu 5 tahun lagi gimana yah

    hihihi, meskipun kyknya saya telat comment di postingan yang satu ini, tetep saya comment deh πŸ˜€

  115. Dari pada jagoan itu cuma satu yang kenal… Salam saja untuk Riyogarta Pratikto, hehe…
    Salut untuk tim SERIS, dan semoga di masa mendatang SERIS bisa menjadi “alat” standar untuk Pemilu yang lebih baik…
    *maaf, komennya terlambat*

  116. keren juga kalo diimplemestasikan pemilu 5 tahun mendatang…
    masalahnya mungkin pada penggunannya nanti..

  117. Semoga pemilu mendatang proyeknya jatuh ke tangan SERIS juga bos.. cuman kudu ati2. prosedur pengadaan brg n jasanya mesti ditempuh…. hehe..

  118. salut buat tim…..kapan yah saya bisa ngebangun sistem kaya gitu……perlu belajar extra keras nih !

  119. Selamat atas kerja keras nya membangun sistem seris..semoga porgrammer open source indonesia tambah jaya..amin

  120. Ternyata mas Harry salah satu penggagas sistem SMS Pemilu tho. Salut mas buat kerja keras yang menghasilkan kebaikan buat semua. BTW Mas Harry di foto tu yang mana ya? πŸ™‚ Jadi penasaran saya mas.

  121. Open Source selalu mengutamakan semangat kebersamaan. Sukses selalu Mas…
    Mudah2an tahun depan sistem kampanye kita lebih canggih lagi

  122. I am a big fan of Open Source software and this is yet another example of it. SERIS looks a very good system, I am impressed that by just doing SMS you can do your vote and the result could be announced in minutes, everything done by system with very minimum intervention of human can help to elect the right person with the maximum votes.

  123. akhir2 ini perkembangan tekno anak2 bangsa sangat membanggakan. semangat terus pantang mundur

  124. Very nice post.Ini adalah hal yang luar biasa. Di dunia dimana di berbagai negara kadang hasil Pemilu sudah bisa diketahui satu hari sebelumnya (!), Indonesia justru mengimplementasikan teknologi yang transparan & bebas intervensi.
    .
    Bersama dengan ini kami dari Tim SERIS menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada beberapa pihak di KPU (**), yang telah mendukung terwujudnya hal ini.

  125. siip postingannya…
    semoga kedepan presiden terpilih bisa mendengarkan aspirasi rakyat, dengan mengedepankan rakyat, memberantas kkn, dan pembangunan serta pekerjaan layak bisa didapatkan oleh pemuda-pemudi indonesia,,,,selamat ya kerja kerasnya telah berhasil,,,,saudara ikut andil untuk bangsa dan negara kita….

  126. Salut untuk tim SERIS, dan semoga di masa mendatang SERIS bisa menjadi β€œalat” standar untuk Pemilu yang lebih baik…

  127. Used Google translate to read your site, nice work. Its amazing how many people out there all over the world into coding.

  128. Semoga kedepannya makin banyak orang indonesia yang ikut mengembangkan program2 open source seperti yg dilakukan oleh mas sufehmi dan kawan2

  129. semoga aja perkembangan open source tidak melahirkan close source baru. kesal juga lihat open source yang berubah matre

  130. bangsa ini butuh orang-orang seperti Anda semua, tak hanya pintar untuk diri sendiri, tetapi bermanfaat untuk kemajuan bangsanya.

  131. Selamat,

    bangsa ini butuh orang-orang seperti Anda semua, tak hanya pintar untuk diri sendiri, tetapi bermanfaat untuk kemajuan bangsanya.

  132. hidup open source. saya sebagai pengembang web juga lebih memilih open source. kayak scripting PHP. males sentuh asp atau net atau berbau microsoft.

  133. Wow! That’s really a very nice work by this little team. I am very much impressed by their work. And i also wana say something about the who is taking rest. I think he has no fear coz he has done his work. Good Luck guys.

  134. Semoga demokrasi dinegeri ini semakin berkembang menuju arah yang lebih baik dan akhirnya mampu mensejahterakan rakyat negeri ini

  135. sep2 semangat semua! maju trus indonesia ! semoga indonesia tidak menjadi negara konsumen terus…aku doain sukses semuanya..

  136. bagus itu. tapi asal di OPREK code nya lebih dalam, supaya gak dikenali orang 2 komunitas. bisa Bobol sistemnya πŸ™‚

  137. Took me time to go through all of the feedback, however I actually loved the article. It proved to be very useful to me and I am certain to all the commenters right here as well! It’s all the time nice when you cannot solely be told, but additionally entertained! I am certain you had enjoyed penning this blog post.

  138. FLV Joiner is a fast and easy-to-use FLV Video Joiner software. This online Flash FLV Joiner can join and convert FLV, SWF and any other videos to almost any other video or audio formats with super high conversion speed and excellent output quality, such as: convert FLV to WMV, convert FLV to MPEG, convert FLV to MP4, convert FLV to AVI, convert FLV to MP3, convert Youtube to iPod and so on.

    More Information: http://www.flipvideoconverter.org/

  139. Begitu komentar banyak untuk membaca. Ini adalah pos besar. Berharap akan ada lebih banyak dan lebih terbuka sistem di Indonesia

  140. aku setuju ama ini :

    semoga kedepan presiden terpilih bisa mendengarkan aspirasi rakyat, dengan mengedepankan rakyat, memberantas kkn, dan pembangunan serta pekerjaan layak bisa didapatkan oleh pemuda-pemudi indonesia,,,,selamat ya kerja kerasnya telah berhasil,,,,saudara ikut andil untuk bangsa dan negara kita….

    tadi lg nyari2 resep puding akhrinya dapet jg yg bagus,,, buat aneka puding dulu ah

  141. Interesting post and thanks for sharing. Some things in here I have not thought about before.Thanks for making such a cool post which is really very well written.will be referring a lot of friends about this.Keep blogging

  142. Very useful. It was worth the effort. Thanks for very detailed information.nice to read your blog.very inspiratif and informatif.nice to find your blog

  143. selamat atas pertisipasinya membuka inspirasi yang lebih bagus. kira kira siapa ya presiden dimasa mendatang???????????

  144. Tentu saja sistim ini masih belum sempurna. Development sistim berlangsung intens dalam waktu hanya 2 minggu. Secanggih apapun sumber daya yang ada, dengan time constraint seperti ini maka kita hanya bisa berusaha untuk mendekati kesempurnaan.

  145. maju terus bos, ini bagain dari usaha penetrasi komputer dan internet di akar rumput. saatnya masyarakat indonesia menikmati teknologi dengan harga murah tapi tidak murahan.

  146. Maksud Elo? Yang ITU SESI gangbang? Faridrock, artikel Entar Suami Jadi ratingnya 18 + dong, hahaha I heard you would be doing at least 10 concerts throughout the year. Why there are only so few here? Aren’t the dates been confirmed yet?

  147. @ Iang Hihihihi: .. Yang kan Open Source 100% Sistemnya .. Hahahahaha .. Eh kalo web nya Di Sistem Masuko nya gak itung sih? Johan Wah ntar kalo Protestan Di hari Bilang tidk Dalam Sistem Bagi. Wkwkwkw Hey I object your name I instrument agree for your insert please prepare bill!

  148. @ Ga Iang semi opensource Memang sih, TAPI kok 90% Lebihan menghambat systemnya memberikan dasar opensource opensource They have managed the news to be kept securely, but the industry is such a peek, lol… I hope there is no more bad rumor.

  149. Good blog , thanks for this blog . Champion Industries is a manufacturer & exporter of wire mesh,welded wire mesh,perforated sheet,chain link fencing,wire netting,expanded metal,vibrating screen,crimped wire mesh .

  150. Great article . thank you . Bleached cotton, 100 % pure cotton exporters Snowflakes is the brand name of Absorbent Bleached Cotton.

  151. Banyak sekali yang komen, saya scrol down kebawah untuk cari form komen perlu waktu lama…selamat gan…blognya banyak peminat

  152. Brillant,,, canvas artwork comes with a price these days but not all companies charge a great deal for the quality if you look around …. With photography, as with all art and most things in life, beauty is in the eye of the beholder..
    I agree with this and when you get a photo on canvas to show this its then you that can realize the beauty of the work not only what the canvas printer has achieved but the work that the photographer has accomplished to

  153. very much for taking your time to create this very useful and informative site. I have learned a lot from your site. Thanks!! I think you have done an excellent job with your site. I will return in the near future.

  154. bener bagus nih.. Jasa Penerjemah | Penerjemah Resmi | Jasa Penerjemah Tersumpah dan Penerjemah Tersumpah | Penerjemah Resmi | Jasa Penerjemah Tersumpah

  155. Tapi kalau melihat kinerja perusahaan dengan scheme ini, worth it lah saya kira. Semangat kerja selalu tinggi, dan hasil kerjanya juga jadi selalu memuaskan.

  156. I agree with your analysis. The key point here is probably not how the market can fix social issues caused by its own practices, but how our societies find a way to analyse, assess and solve a great number of issues which are conditioning the continuity of the humankind.

  157. You have done a great job by sharing this informative post. I would like to appreciate your good work and also would like to encourage you to keep it up.

  158. I like your post very much.This is job which is very much impressive.I am looking for this type of post.Now I found it and really very happy.

  159. Berkat kepercayaan ini maka kami, komunitas, jadi bisa membuktikan bahwa kami pun bisa berkarya dan berkontribusi untuk negara ini. ,,

    bagus dan sgt menyentuh tulisan ini..mari bangkit

  160. aliran data dicatat & direkam secara redundant di berbagai titik. Ditambah lagi dengan proses snapshot yang dijalankan setiap beberapa menit, yang memungkinkan kita untuk mengetahui gambaran situasi internal sistem pada suatu titik waktu & lokasi tertentu….

    maju terus pantang mundur mas…
    sukses , nice info !!!

  161. Your article very interesting, I have introduced a lot of friends look at this article,
    the content of the articles there will be a lot of attractive people to appreciate,
    I have to thank you such an article.

  162. aliran data dicatat & direkam secara redundant di berbagai titik. Ditambah lagi dengan proses snapshot yang dijalankan setiap beberapa menit, yang memungkinkan kita untuk mengetahui gambaran situasi internal sistem pada suatu titik waktu & lokasi tertentu….

  163. Post is nicely written and it contains many good things for me. I am glad to find your impressive way of writing the post. Now it becomes easy for me to understand and implement the concept. Thanks for sharing the post.

  164. Exactly what I was looking for, thanks for putting up. β€œThere are many victories worse than a defeat.” by George Eliot.

  165. I feel strongly about it and love learning more on this topic. If possible, as you gain expertise, would you mind updating your blog with more information? It is extremely helpful and beneficial to your readers Nice article.

  166. Interesting topic for a blog. I have been searching the online market place for fun and uncovered your website. Fabulous post. Thanks a ton with regard to sharing your knowledge! It is great to see that some people still put in hard work into managing their sites. I’ll be sure to check on back again real soon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *