Masalah Transportasi di Jakarta

Lagi blogwalking, tiba-tiba menemukan posting yang membahas mengenai masalah transportasi di Jakarta. Ketik komentar – lho, kok malah jadi seperti posting artikel blog ya 😀 panjang banget, hehe.

Terlampir adalah komentar saya tersebut, yang aslinya diposting disini .

Semoga bermanfaat.


Tahun 2002, New Delhi (India) sudah memiliki MRT (Mass Rapid Transport system) sebanyak 4 jalur.
Padahal, kotanya lebih lengang daripada Jakarta.

Jakarta ? Baru survei 🙁
Selesainya entah kapan, kalau tidak salah, 2020 untuk jalur pertama (Lebak Bulus – Kota)

Ya, sudah terlambat. Sudah terlanjur deadlock duluan.

Untuk perspektif :

NEGARA Malaysia : 28 juta penduduk
Kota Jakarta : 24 juta penduduk
(ref: Wikipedia)

Jakarta sudah SANGAT amat terlambat memiliki MRT. Seharusnya, kalau menilik contoh New Delhi, kita sudah memiliki MRT dari SEBELUM tahun 2000.

Menilik daftar Gubernur Jakarta selama ini (1), berarti ini eksklusif adalah kesalahan pasangan Sutiyoso & Fauzi Bowo.

Kenapa MRT ?

Karena hanya MRT yang mempunyai cukup kapasitas untuk memenuhi kebutuhan transportasi kota Megapolitan seperti Jakarta.

Per jalur MRT memiliki kapasitas 50.000 / penumpang / jam.
Jadi, setiap jalur MRT akan bisa melayani sekitar 500.000 penumpang / hari.

Ini JAUH diatas solusi lainnya. SELURUH jalur Busway yang ada baru hanya bisa melayani 200 ribu penumpang / hari (2). SANGAT sedikit dibawah kapasitas bahkan 1 jalur MRT.

Padahal, Singapura saja sudah memiliki 4 jalur MRT.

Dan, Busway memiliki banyak masalah yang tidak ditangani dengan benar. Kita sudah coba sendiri, seperti halte yang sangat tidak nyaman, sesak. Bis yang entah kapan muncul & selalu penuh, dst.
Masalah ini tidak ada pada MRT, seperti yang sudah saya coba di Singapura & London.

Solusi selain MRT – busway, monorail, dll – hanya akal-akalan & permainan saja; karena TIDAK akan mencukupi kebutuhan transportasi penduduk Megapolitan Jakarta, yaitu 17.500.000 penumpang / hari (2).

Setelah MRT

Setelah adanya MRT, yang didukung oleh jaringan transportasi publik yang baik & nyaman (Park & Ride, jalur transportasi dari kota-kota satelit, Hilangkan sistim Setoran, dst), maka otomatis pengguna mobil pribadi akan beralih ke transportasi publik.

Saya sendiri ketika sedang bekerja di luar negeri lebih sering menggunakan transportasi publik.
Karena nyaman, biayanya terjangkau, dan tepat waktu.
Sejak 2002, saya juga rutin ke kantor menggunakan sepeda, di jalur khusus sepeda yang disediakan di waterway Birmingham. Padahal, saya memiliki sebuah MPV / mobil ukuran cukup besar.

Jakarta butuh solusi transportasi PUBLIK yang MASSAL & berkapasitas besar. Bukan yang ecek-ecek / kecil-kecilan seperti Busway & Monorail.

Oh ya, beberapa hari yang lalu, ketika sedang terjebak macet di Mampang, saya lihat mobil HUMMER di sebelah saya plat nya adalah “B16 70SO”, dan ada stiker “Granat / Gerakan Anti Narkotika”

Apakah ini mobilnya Sutiyoso ? Jika ya, berarti dia sudah menikmati warisannya sendiri – macet total di Jakarta, bersama saya ketika itu 🙂

Maaf jadi panjang lebar disini 🙂

(1) http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_Gubernur_Jakarta

(2) http://www.ylki.or.id/Articles/view/smart-card-dan-pemiskinan-rakyat

362 thoughts on “Masalah Transportasi di Jakarta

  1. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Jakarta memang terlambat memiliki sarana transportasi massal yang memadai. Dan kini, saya setuju, Jakarta tidak membutuhkan yang ecek2.

  2. sepertinya masalah itu adalah masalah klasik, dan dari dulu hanya PR aja terus. Sepertinya harus ada yang bener-bener serius menangani tanpa tendensi apa-apa

  3. solusi jangan panjang jg perlu dipikirkan yaitu pemerataan pembangunan agar perputaran uang tidak hanya di jakarta, sehingga orang tidak terus berbondong2 ke ibu kota

  4. hmm, jakarta oh jakarta… sebenernya walaupun dibuat transportasi apa aja ga akan nyelesaiin masalah, kecuali penekanannya ada di penjualan kendaraan pribadi yang harus di batasi

  5. Maaf Pak kalau komen ini tidak ada hubungannya dengan transportasi dan macet Jakarta.
    Saya hanya tertarik dengan plat nomornya ‘B16 70SO’. Setahu saya itu kalau bukan punya Pak Henry, maka punya Pak Susno. Tapi dengan ditempelnya stiker Granat maka kemungkinan besar punya Pak Henry. Secara Pak Henry amat dekat dengan Granat (sumber: http://www.insideindonesia.org/edition-75/from-jungkies-to-jihad)

    Yang menarik, plat nomor mobil yang sama (namun tanpa spasi) yaitu ‘B1670SO’ digunakan juga oleh Pak Henry dan Pak Susno secara bersama-sama di mobil yang berbeda. (sumber:http://us.detiknews.com/read/2010/04/22/214315/1343780/10/3-hari-diperiksa-susno-jawab-136-pertanyaan)

    Kok bisa yaa dua mobil punya plat nomor yang sama? Atau mungkin penomoran plat di RI sekarang sudah memiliki karakter berspasi sebagai pembeda databasenya?

    (*Haha, seharusnya saya tanya smaa Pak Susno. Kan beliau lebih ahli soal sistematika kepolisian*)

  6. Macet memang bikin pusing kepala. Sekarang ini pun di Banjarmasin sudah mulai berasa macet. Kalau naik motor, saat matahari di atas kepala, aduhhhh…pusing. Enak yang pake mobil…tapi namanya macet saya pikir gak ada yg enak.

  7. Jadi inget teman saya yg dulu juga udah bertahun2 tinggal di luar negeri… Suatu saat, dia memutuskan untuk balik ke Jakarta for good, dan pernah bilang sama saya kalo dia bakal tetap menggunakan public transport di Jakarta. Bahkan keukeh gak mau punya mobil.

    Pas saya tanya lagi setahun setelahnya, dia bilang impossible mengandalkan public transport di Jakarta (ngantri bus way nya sampe berjam2, macet, etc). Punya mobil satu2nya cara, walaupun tetap kejebak macet… :-S

  8. @amellie – betul banget mbak. Saya pun awalnya punya niatan begitu – karena sudah keenakan naik sepeda ke kantor di Inggris. Waktu kecil dulu saya juga biasa naik Metromini ke sekolah.
    .
    Ternyata, polusinya super parah. Saya yang asma ini jadi tidak berkutik, hehe.
    .
    Akhirnya ya terpaksa naik mobil kemana2. Padahal seram – sampai saat ini, mobil saya sudah 10 kali DI tabrak :-/ dan penabraknya hampir selalu kabur. Yah, pasrah deh andalkan asuransi 🙂

  9. @gnorimies – kalau sudah pindahkan ibukota, namun kemudian transportasi publik nya tidak dirancang juga dengan baik, maka masalahnya cuma akan terulang lagi 🙂

  10. Thanks for your article, i not only like but appreciate you on your article. actually i want to write more but this time i am busy on collect the material about cissp certification for get knowledge more and more. I also offer you to contribute with me for this.
    have a nice day
    Albert

  11. hmm, jakarta oh jakarta… sebenernya walaupun dibuat transportasi apa aja ga akan nyelesaiin masalah, kecuali penekanannya ada di penjualan kendaraan pribadi yang harus di batasi

  12. masalah utama ya manusianya, sebagus apapun sistemnya kalau yang jalaninnya tdk bener ya ngga akan beres-beres

  13. macet = banyak kendaraan, banyak kendaraan = banyak yang mampu beli, banyak yang mampu beli = banyak duit, jadi indonesia sekarang sudah maju dan banyak duit 🙂

  14. penuh sesaknya jakarta merupakan hasil dari pembangunan yg tidak merata,bila setiap daerah di indonesia tidak di anak tirikan ,mungkin masyarakat luar jakarta tidak berbondong bondong untuk mencari nafkah di jkarta,sehingga penuhnya ibu kota negara ini bisa di hindarkan

  15. Djakarta memang sudah sesak berjubel penuh dengan manusia….
    keluhan2 yg seringkali dilontarkan jika beraba dikakarta adalah : Panas & macet.

    bisakah kota jakarta menjadi kota yg adem, aman dsan nyaman bagi warganya….????

  16. Memang terasa sulit mau mengatasi masalah tranportasi di Jakarta, salah satu penyebab adalah dari kita sendiri yang tidak mau menurut peraturan lalu lintas

  17. Hope Jakarta can have its MRT soon. The public will surely benefit if all these things will come true. Traffics will be declined in rate and at the same time, workers and those who go to the city can arrive in their workplace on time. I believe too that MRT is the right solution for transportation. Nice share.

  18. setuju dengan topik dan pembahasan di tulisan diatas…
    tapi ada yang lebih penting sih menurut saya, yaitu mental dari pengguna jalan itu sendiri…
    🙂

  19. yahhh, emang nih, Pemda DKI gak bisa berbuat apa2..
    padahal kan mereka punya kuasa untuk membuat ketetapan2 soal mengatasi kemacetan..

  20. menurut saya siapapun gubernurnya tidak akan mudah menyelesaikan masalah macet di jakarta ini… cuma masalahnya si kumis kita ini janji nya minta ampun waktu kampanye seakan-akan dia memang jagonya ngatasin macet… malu donk ente mas kumis…. malah nyalahin warga…. enak aje ente ngomong

  21. di replace aja deh buswaynya pake truk bak kayu yang sering mangkal di pelabuhan, biar daya angkutnya melebihi mrt nya singapore 🙂

  22. ibarat tubuh, jakarta udah lumpuh, nunggu 10 tahun lagi, udah mati. ini akibat ketidakadilan penguasa masa lalu, pembangunan cuma tertuju pada ibukota, daerah laen seolah “bukan indonesia”. ibukota harus dipindah dan dirancang ulang. minimal, pusat bisnis, pusat pemerintahan yang dipindah.

  23. maap, jumlah penduduk jakarta yang saya tau hasil survey bps terakhir kalo ga salah sekitar 11-15 juta. pas jam kerja, jumlahnya bisa membengkak lagi.

  24. Di akhir tahun 2010 ini baru pemkot berencana bangun MRT, yang menurut saya sudah sangat sangat sangat super telat!! Harusnya udah dari dulu-dulu, mungkin memang sudah tabiat kali ya kalau belum parah2 amat ya gak usah diapa-apain dulu. Dari dulu cuma mengandalkan bus kota untuk transportasi umum, yang sekarang umurnya udah tua dan cuma jadi biang polusi.

  25. Iya jakarta makin kacau, macetnya terutama.. kita mau salahin siapa? Mungkin salah satu penyebabnya pedagang yang terlalu memakan badan jalan. Tapi gak tega juga nyuruh mereka berhenti berdagang. Juga parkir mobil pada yang bener ya?

  26. di jalan2 daerah protokol di jakarta sebaiknya tarif parkir dinaikkan menjadi 50rb/jam, biar smua orang yg bekerja di daerah situ jadi kapok bawa mobil sendiri.

  27. wah kalo bicara macet jakarta sih ga ada abisnya, mending pindahin aja deh ibukotanya, pa lagi klo dipindah ke daerah jonggol, coz deket rumah hehehe 😛

  28. Yes jakarta increasingly chaotic, congested especially .. we want salahin whom? Perhaps one reason traders are too consuming the road. But what’s also told them the heart to cease trading.

  29. solusinya cuman satu. Kurangi atau batasi pembelian mobil pribadi karena banyak banget macet cumn gara-gara mobil pribadi yang mana 1 mobil isinya cuman 1 atau 2 orang. Padahal dengan naik kendaraan umum aja kita bisa hemat banyak hal. Satu hemat biaya, dua bisa bangun lebih pagi dan banyak lagi.

  30. sangat sulit membayangkan Indonesia nantinya akan memiliki mrt karena dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membangunnya… sedangkan uang negara kan udah dikorup oleh tikus berdasi itu… dan masing2 sibuk dengan kekuasaannya… oh nasibmu indonesia…

  31. Maybe if you added a pic or two, a video? You could have such a more powerful blog if you let people SEE what youre talking about instead of just reading it.

  32. 1 hal yang bikin macet adalah sepeda motor. Pemakaian sepeda motor terbayak adalah Indonesia

  33. ternyata tol di Indonesia baru sepanjang 600 km, sedangkan Malaysia yang baru mulai 5 tahun kemudian panjang tolnya sudah 6000 km, ironisnya lagi dibangun oleh TKI. jelas jumlah jalan di Indonesia pertumbuhannya sangat lamban dibanding penambahan kendaraan pribadi.

  34. @Qinz
    sepeda motor ga bisa disalahin juga, justru motor smakin banyak karena orang nyari solusi sendiri-sendiri akibat buruknya angkutan umum dan kemacetan yang sudah terjadi.

  35. Jakarta memang sudah parah, solusinya pindahkan ibukota. rancang dari awal kota yang akan disiapkan sebagai ibukota baru.

  36. jakarta semakin runyam. kemarin sempat ada itu pemindahan ibukota. akhirnya tumpul juga. nampaknya perlu ada penataan ilang ibukota

  37. kita dukung aja mudah-mudahan pemerintah bisa memaksimalkan transportasi di jakarta,saya juga pernah baca banyak rencana pemulihan kemacetan.

  38. ngga cuma dibuat program utk satu masa jabatan gubernur. Krn Ibu kota Negara maka mesti ditangani pemerintah pusat,.

  39. sebetulnya sudah cukup bagus kok transportasi masal di jakarta. mungkin yang perlu dilakukan sekarang adalah kualitas layanannya yang perlu di tingkatkan termasuk sterilisasi jalan dan fasilitas..

  40. wow….your nice information ,I am very happy see your website and your good working in this
    post but this web desing is so nice .thank you for the good sharing.

  41. bangsa ini dikelola oleh sebagian besar oknum yang hanya memikirkan kepentingan hidupnya semata, gak mikir rakyat apalagi mikir masa depan bangsa. cukup dengan upeti dari kalangan terkait, segala program pro-rakyat hilang dari rencana. sudah jelas, bahwa untuk memperbaiki sistim transportasi itu bukan dengan menambah jalan, tapi memperbaiki sistim transportasi umu, tapi nyatanya transportasi umum jauh dibanding negara2 tetangga yg dulunya jauh tertinggal dari indonesia. hmmm…prihatin…

  42. TNo hat is really a nice share.Thanks for sharing this information.You have got a great website design too.

  43. Belum terlambat untuk meneruskan proyek transportasi massal..selagi ada upaya yg terpadu utk pembenahan jalan,pembatasan kendaraan pribadi..juga proyek fasilitas umum yang bersih dari korupsi.

    Nice share gan..!

    Transportasi Darat

  44. aqn setuju bgt tuch dg MRT,,ckrg zmn canggih jgn yg ecek2 za dunx…emg sech pemerintah suka.a yg jadul/tua. bkn hny transportasi tp pemain timnas jg yg tua2..

  45. perlu pembenahan total sistem transportasi jakarta agar tidak terjadi seperti yang sekarang ini terjadi

  46. selama pejabat yang berwenang di bidang transportasi kerja secara profesional pasti semuanya bisa,sayang banyak pejabat yg ga profesional di indonesia,masih banyak korup nya

  47. kalo transportasi di jakarta udh akut,susah di benahinya mending pindahin aja ibukota negara

  48. di indonesia, susah, banyak konflik kepentingan, transportasi mau dibagusin, nanti industri mobil katanya gak laku, malah menurunkan pertumbuhan pembangunan, alasan ini itu, intinya dapetin busway aja udah bagus….

  49. It’s very rare that you find the relevant information on the net but your article did provide me the relevant information. I am going to save your URL and will definitely visit the site again. Thanks for the information.

  50. di benahi juga tuh namanya macet ga bakalan beres-beres……,dananya lebih besar masuk kantong dari pada buat pembenahan…..

  51. kalau lihat jakarta macet cape deh siapapun pemimpinnya ga bakalan bisa tuh benahin mecetnya jakarta….tau tuh kenapa ya….

  52. kalau saja pembangunan merata di daerah mungkin orang tidak akan berbondong-bondong menyerbu ibu kota.

  53. artikel yang menarik…
    ternyata ini juga salah satu kelemahan jakarta
    memang tidak gampang kalau hidup di ibu kota ya …
    mash enak di kota ku ^^

  54. wah… bener gan… menrut ane… jakarta udah terlalu sempit…

    kaya perlu di adakan hari no .. “polusi seting 1 hari di hari kerja”

    bair top

  55. Smoga Pemerintah segera mengambil tindakan…., tadi aja aq liat berita kantor walikota jakarta utara udah retak2 karna penurunan tanah….

  56. Sebenarnya macet sdh jd hukum alam, semakin banyak penduduk & semakin maju teknologinya mk kemacetan akan selalu meningkat. tp klo kita mau sadar diri, kemacetan bisa dikurangi.

  57. Macet memang sudah tdk terhindarkan lg, Munkin dengan perpindahan ibu kota negara salah satu solusinya utk jk panjang atw membuat Jlan layang & jalan bwah tanah tentunya semuanya membutuhkan dana yg tdk sedikit

  58. American partnership will be lost. Once again it seems that the obsessive attention to Iran’s nuclear program is detrimental to

  59. Aneh memang…
    kenapa yang jadi prioritas malah bikin jalan layang…
    bukannya MRT duluan… :hammer

  60. ada buah simalakama pada system lalin qta….d satu sisi qta ingin nyaman n aman brkndara d jalanan tnpa macet, mengurangi polusi dll……tp d sisi lain, mbil2 yg smakin brjibun dgn kpasitas mengangkut sdikit orang diperlukan untuk melancarkan berbagai macam bisnis yg bisa mmbantun atau mmperthankan hajad hidup ribuan orang…..

    manakah yg qta prlu rnungkan dlu……atleast skrang qta pnya pmimpin yg brkewajiban menemukan win win solutionnya…

  61. memang msalh transportasi di jkrta sangatlh mengkhwatirkan,, pha lg klw udah liat kemacetan’y. emz hal itu jg di sebabkan krn banyak’y kendaraan.
    semoga cepat segera ada solusi’y,,,,,

  62. saya setuju sekali, MRT adalah solusi yang paling masuk akal untuk menangani kemacetan jakarta.

    Dulu pernah saya dengar ada rencana menggunakan MRT sudah lama dari sebelum tahun 2000, tetapi entah kenapa pembangunannya kok malah jadi busway dan monorail yang tidak jadi.

  63. Rules and regulations for Car loans in India and UK are far different. Though documents required are same, but procedure is not same. One must note that, sanction of car loans in UK is very speedy.

  64. pendapat saya untuk mengatasi kemacetan ya di jakarta harus di data yang punya mobil satu keluarga 2 saja dan produk yang lama di tarik ini pasti mengurangi kemacetan di jakarta macet di karenakan tidak di batasi sedang kan jalan nya hanya itu itu saja pasti macet ujung nya ,pokok nya ya di batasi yg punya mobil atau motor dan produk lama di tarik .

  65. solusinya yang menggunakan mobil dan motor ya di batasin biar ngak macet soale jalan ngak tambah hanya itu aja makanya macet

  66. I read your post. It was amazing. Your thought process is wonderful. The way you tell about things is awesome. I always wait for your posts. They are inspiring and helpful. Thanks for sharing your information .
    Limo Boston Logan

  67. kemacetan memang meruapakan masalah yang kerap diperbincangkan penduduk kota,terutama jakarta. Gaya hidup orang jakarta cenderung konsumtif datambah tingkat perekonomian yang berada di atas rata-rata daerah lain dapat menjadi salah satu pemicunya,bagaimana tidak?,setiap warganya berfikir untuk memiliki kendaraan sendiri. Bayangkan jika 80% penduduk jakarta punya kendaraan pribadi,di lain sisi fasilitas jalan kurang memadai.ini menjadi persoalan yang tak kan pernah kunjung usai,biarpun ada lebijakan yang mengatur pembatasan jumlah kendaraan,namun sudah sangat telat,mengingat sekarang pun jumlah kendaraan di jakarta melebih luas jalan yang ada.Solusinya adalah dengan adanya fasilitas kendaraan umum seperti busway.

  68. perbedaan yg sangat signifikan antara jakarta dan kota di negara lain yg.
    jika pemerintah kita mau sedikit untuk prioritaskan kebutuhan publik tentu akan lebih nyaman, apalagi kemacetan di jakarta yg sudah menjadi aktifitas seharihari..
    moga aja pemerintah kita mau berubah demi rakyat

  69. Idealnya sistem diperbaiki dan jumlah kendaraan dibatasi. Di Indonesia banyak ahli pastinya, tapi tidak bisa menyelesaikan masalah yang satu ini.

  70. Setelah agak lengang 1 mingguan ( libur sekolah ), mulai Senin lalu Jakarta sudah macet kembali. Untuk hindari macet harus jalan jam 5.30. Yah nikmati aja.

  71. Tentunya ini berhubungan dengan keseriusan pemerintah untuk mengatasi persoalan-persoalan yang dianggap remeh temeh seperti ini. Padahal dari hal kecil lah semua hal yang besar berasal.

  72. andai di indonesia sarana transportasi baik, akan terjadi perpindahan dari kendaraaan pribadi ke angkutan masal, berdoa saja semoga itu segera di realisasikan oleh pemerintah kita

  73. Bukan Jakarta namanya kalau tdk ada macet dan banjir, maslah ini sdh puluhan tahun terjadi di Indonesia, sampai saat ini belum ada penyelsaiannya,mudah2an pemerintah sgera mencari solusinya

  74. jakarta macet dah biasa,,,banyak solusi dan cara yang di tawarkan tetep aja tidak merubah keadaan karena kurangnya kesadaran masyarakat dan semuanya yang terkait

  75. iya pak, seharusnya indonesia punya alat transportasi masal yang kaya jepang.. jadi semua aktivitas lalu lintas hanya ada satu jadi kan tak perlu lagi ada kemacetan dan kecelakaan tentunya dengan pembatasan kendaraan bermotor dan kualitas alat trans portasinya juga harus memadai.. kalau busway saya kira belum mksimal.. perlu ada kebijakan baru utk memaksimalkan busway dan lat taransportasi lainnya.

    link ke blog Q ya pak, Q dah link blog ini loh.. bantu naikin PR blog Q lah pak..

  76. Kemacetan di Jakarta akan semakin memburuk dari tahun ke tahunnya jika tdk ada perubahan struktur untuk mengatasi masalah itu.

  77. Hahaha… jadi ketawa baca posting pak harry. bang yos ikut2an terjebak macet juga ternyata. itulah hasil kerja keras bang yos selama menjabat. nice post, pak.

  78. menurut saya alternatif terbaijnya dngan cara menaikkan tarif parikir. maka dari itu kndaraan pribadi akan brkrang dan beralih mnggunakan kndaraan umum. sehingga volume kndaraan berkurng

  79. Mono rail adalah solusi untuk kemacetan kota besar. Sudah banyak dipraktekkan oleh negara-negara lain. Terimakasih

  80. memang susah kalo sudah terlambat. Didukung oleh kesadaran masyarakat yang rendah. Alhasil macet dimana-mana.

  81. Tentunya ini berhubungan dengan keseriusan pemerintah untuk mengatasi persoalan-persoalan yang dianggap remeh temeh seperti ini. Padahal dari hal kecil lah semua hal yang besar berasal.

  82. setelah jakarta macet, surabaya segera menyusul. kalo menurut saya itu karena terlalu mudahnya mencari SIM (selain terlalu menumpuknya infrastruktur dan jasa di jakarta). asal punya uang langsung bisa bikin SIM, kalo ga punya ya ngutang dulu deh…pa lagi kondisi angkutan umum yang parah ga layak…

  83. mungkin kalo monorail sudah berjalan, transportasi akan lebih baik. kalo mengandakan angkutan jalan raya, kayanya sama aja mnurutku

  84. daripada mumet tinggal di jakarta yg selalu macet mending tinggal di kampung sendiri yg bebas polusi. btw, salam kenal ya, mas!

  85. Jakarta memang tempatnya kendaraan, dan akhirnya membuat kota jakarta jadi macet..lebih kronisnya lagi..solusi untuk masalah kemacetan sampai sekarang belum di temukan..

  86. Selama Ibu Kota mash di jakrta, sulit kayanya jakarta terbebas dari kemacetan. semakin bnayknya org yg memiliki mobil .apalgi mobil skrng sdh sgt terjangkau harganya terutma untuk orang yg menengah ke atas

  87. Mungkin selamanya akan macet terus dan melebar kemana-mana… Karena mental korupsi, setoran, proyek (perbaikan jalan dan pelebaran jalan) selalu akan berulang dan yang “berkepentingan” juga akan menikmati *fee* dan *persenan* dari proyek rutin tersebut…

    Maka hanya kepada Allah kita mengadu..

  88. Saya rasa bagaimanapun moda transportasinya, masalah kemacetan jakarta tidak akan terselesaikan. masalah mungkin bisa selesai apabila Jakarta legowo untuk menyerahkan status ibukota negara ke tempat lain. Sehingga gak numplek jadi satu disitu. Ibukota iya, pusat bisnis juga iya.

    Contoh aja negara lain yang memisahkan pusat bisnis dengan ibukota negara (malaysia, Singapura, thailand, Amerika, Italia, dsb), maka kemacetan dapat ditekan. Jangan paksakan lagi Jakarta, karena Jakarta sudah tidak akan sanggup melawan arus urbanisasi.

  89. I think I must have clicked the wrong link, cause I don’t understand anything on this page 🙂

  90. kalau memang ada isu ibukota akan dipindah, saya stuju banget,,
    soalnya jakarta sudah tidak layak utk dijadikan pusat pemerintahan,, sudah macet parah,, 🙁

  91. tatanan kotanya perlu diperbaiki, dan pusat2 perkantoran jangan ditambah lagi, toh juga masih banyak kota-kota besar lainnya di Indonesia yang bisa dijadikan pusat industri berikutnya, sehingga penduduk kota jakarta tiak bertambah tiap saatnya

  92. Populusi penduduk di Jakarta selalu meningkat drastis tiap tahunnya. Hal ini yang menyebabkan kemacetan dimana-mana apalagi jika hujan, jalanan selalu tergenang oleh air sehingga laju kendaraan semakin padat merayap. Mungkin untuk kedepannya pemerintah segera memikirkan permasalahan ini dengan menciptakan sarana transportasi terbaru untuk menghindari kemacetan di Jakarta.

    Jasa Pembuatan Disertasi

  93. Jakarta memang udah mumet banget, diatur aja semerawut apalagi tidak, bagaimana lagi jadinya yah.

  94. Kalo saran saya mah, mending naikin aja pajak kendaraan bermotor hingga 75 persen, dan perbanyak armada kendaraan umum yang dinaungi sebuah perusahaan transportasi legal, bukan sopir2 tembak. saya rasa masyarakat akan berpikir ratusan kali untuk membeli kendaraan bermotor dan lebih baik naik kendaraan umum.

  95. I have not seen such a fabulous post in a while. I am extremely happy that I found this quality stuff and enjoyed reading it.

  96. pemerintahan indonesia sudah di biar apa adanya saja, nasib baik aku merantau di malaysia dan lagi baik berdoa untuk malaysia saja walaupun bukan negara sendiri tapi penghasilan juga dari malaysia, malaysia jaya, salam 1 malaysia!!!!

  97. Wah kalau membahas perbandingan antara indo dan luar indo, ga ada habisnya mas..

    Kita ambil sisi positifnya aja deh, seperti adat yang masih sangat murni atau apalah..

    Success en regards!

  98. memang sulit indonesia ini mau maju jg susah selama pejabat tinggi nya blom ada yg insyaf…..yah but mw gmn lagi..inilah kampung halaman ku…walopun mang ada niat tinggal di luar ngri aja

  99. kapan mrt dibangun, dan selesai. nanti kburu jakarata tambah padat lagi, hingga mrt tidak mampu mengatasinya

  100. you issues in this sense is obviously a very good site is full suits me very carefully, but with are more intensive follow-up will have mixed commentss and are you teacher mothers ?

  101. I absolutely love your blog and find nearly all of your post’s to be just what I’m looking for. Does one offer guest writers to write content for you? I wouldn’t mind publishing a post or elaborating on a few of the subjects you write related to here. Again, awesome blog!

  102. Solusi macet adalah sistem transportasi massa yang bagus. Klo transportasi massa di Jakarta atau di kota lain di Indonesia sudah bagus, kemana-mana saya naik angkutan umum.

  103. hmm, jakarta oh jakarta… sebenernya walaupun dibuat transportasi apa aja ga akan nyelesaiin masalah, kecuali penekanannya ada di penjualan kendaraan pribadi yang harus di batasi

  104. sekarang dah makin parah nie kondisi jalan di jakarta…. hujan dikit banjir…. bener2 tata kotanya mesti diperbaiki…

  105. ane dan smua rakyat indonesia pasti ngedoain supaya bapak/ibu pemimpin kite smuanya pada memntingkan rakyat nya..
    sekarang kalo kite cuma berkata-kata tapi gak ada action mana terwujud.. usaha dan doa setelah itu biar gimana nantinya..

  106. Mungkin yang sekarang kita bisa hanya berdoa agar para pemimpin kita cepat sadar, yang penting fasilitas umum harus ditingkatkan dulu

  107. masalah transportasi di ibukota memang sangat sulit dikendalikan jika tidak ada kesadaran dari masyarakat itu sendiri.

  108. Iya jakarta makin kacau, macetnya terutama.. kita mau salahin siapa? Mungkin salah satu penyebabnya pedagang yang sedang berjualan tas cantik murah terlalu memakan badan jalan. Tapi gak tega juga nyuruh mereka berhenti berdagang. Juga parkir mobil pada yang bener ya?

  109. memang sudah seharusnya pemerintah menyediakan transportasi umum yang lebih nyaman, sehingga lebih banyak orang untuk memilih menggunakan transportasi umum. sehingga macet pun tidak akan terjadi lagi.

  110. Kalo saran saya mah, mending naikin aja pajak kendaraan bermotor hingga 75 persen, dan perbanyak armada kendaraan umum yang dinaungi sebuah perusahaan transportasi legal, bukan sopir2 tembak. saya rasa masyarakat akan berpikir ratusan kali untuk membeli kendaraan bermotor dan lebih baik naik kendaraan umum.

  111. Saat ini diperlukan ketegasan dari gubernur nya gan, mumpung lagi rame kampanye mau pilkada nih. Harapan saya wlaupun bukan sebagai jakarta adalah pemimpin yg maju sebagai calon gubernur jkt harus mampu memecahkan masalah transportasi ini. Saya yakin kalo niatan itu ada pasti bisa terwujud, asal tak dikorupsi duitnya. sebagai conoh jembatan SURAMADU saja bisa terwujud kok kalo memang niat.

  112. Transportasi adalah kehidupan, kalau jalannya lancar, tertib dan aman2 saja itulah cerminan kehidupan di tempat/kota itu. Bagaimana hub nya dengan Jakarta Memilih kali ini. Jangan Anda salah pilih, sebab resikonya bisa2 kita hidup tapi mati suri, sebab transportasi makin stagnan adanya malah stres atau mempercepat kematian Anda. Ingat..ingat…ingat….

  113. Menurt sy cara yang paling ampuh menangani kemacetan di Jakrta adalah membatsai pemilikan kendaraan beroda empat, skrng banyak sekali mereka yang memiliki kelbihan harta, satu kelurga ada yang memiliki lebih dari 2 kendaraan mobil

  114. Semoga setelah pemilihan ( cawagub ) nanti bisa mendapat Gubernur yang dapat menata kota jakarta, sarana transportasi di tambah dan tak ada lagi kemacetan untuk DKI jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *